Toyota = the next Nokia or Sony?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 27 Sep 2021, 10:34
evanbngdor wrote: 27 Sep 2021, 10:17
Masalah idealisme sama filosofi sebenernya ini. Jepun apalagi yang udah terlampau besar, cenderung ngga agile dan apalagi kalo ditambah dengan gaya yg selama ini dijalankan cukup konservatif.

Cuma ya ngga bisa dipungkiri jg kalau Toyota tetap jd tonggak utama dalam pengembangan dunia otomotif. Pasti cepat atau lambat akan mempengaruhi perubahan zaman jg
Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 10:30
benz mobil pertama diciptakan (at least one of, selain daimler). tp skrg dimana posisi nya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. meskipun msh sbg leader in tech adoption (dgn bad sides nya tersendiri, i.e. relatively less reliable).

iphone hp revolusioner pertama, first mover, technological breakthrough. tp skrg dimana posisinya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. krn ada android.

toyota ga punya sejarah, ga spt benz. dan ga punya technological breakthrough other than hybrid. adas system aja bukan dia first mover nya. jd dimana toyota nanti posisinya? other than dia giant dan punya financial resources tak terbatas, dia sebetulnya very vulnerable. just like other giant companies yg sdh mati duluan menurut sejarah. bukan ga mungkin toyota is the next GM.
tapi imho mbah mungkin skrg japs mulai nyadar kalo selama 10 thn terakhir gaya mereka terlalu oldies, konservatif, dan boring dengan nge-cut produksi mobil sport atas nama efisiensi dan fokus memproduksi eco-cars, akibatnya mulai ditinggalin sama konsumen yang lebih muda. ya tetep mereka stay on top tapi mereknya jadi less....exciting. yang beli orang orang tua dan orang tua beliin anaknya.

makanya skrg nama nama itu mulai dibangkitin lagi biar tetep relevan. bahkan produk laris macem camry aja modelnya dibuat makin sleek biar menarik youthful consumer. udah nyadar kalau otomotif gak melulu soal numbers on sales.
yg sering sy perhatiin, merk2 yg punya status "luxury", "status symbol" itulah yg bisa tetap eksis. benz, patek, audemars, rolex, hennessy, lvmh group, dsb. sebab pada akhirnya org senang dipuji, dianggap kaya, berhasil, dst. merk2 itu yg akan tetap survive dan terus rich sbg company.

merk lain yg posisinya di tengah, mrk hrs terus menerus fight dr yg namanya existing rivalry, new comers, and substitutes. yg kalah ya gone.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 10:51
yg sering sy perhatiin, merk2 yg punya status "luxury", "status symbol" itulah yg bisa tetap eksis. benz, patek, audemars, rolex, hennessy, lvmh group, dsb. sebab pada akhirnya org senang dipuji, dianggap kaya, berhasil, dst. merk2 itu yg akan tetap survive dan terus rich sbg company.

merk lain yg posisinya di tengah, mrk hrs terus menerus fight dr yg namanya existing rivalry, new comers, and substitutes. yg kalah ya gone.
betul jg mbah, BMW, benz, audi/porsche gak pernah sikut sikutan walaupun mereka technically bersaing... krn persaingannya udah bkn lagi perkara existence kl di ranah luxury, ya brand mereka bakal terus abadi soalnya, mau pake yang manapun tetep fungsinya sbg simbol status gak berubah.

kl gini ane jg jadi mikir jangan2 existence cap L di toyota jg last resort andaikata mereka lose the game :big_grin: juga first attempt bikin BEV nya di cap L sih soalnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by evanbngdor »

Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 10:30 benz mobil pertama diciptakan (at least one of, selain daimler). tp skrg dimana posisi nya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. meskipun msh sbg leader in tech adoption (dgn bad sides nya tersendiri, i.e. relatively less reliable).

iphone hp revolusioner pertama, first mover, technological breakthrough. tp skrg dimana posisinya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. krn ada android.

toyota ga punya sejarah, ga spt benz. dan ga punya technological breakthrough other than hybrid. adas system aja bukan dia first mover nya. jd dimana toyota nanti posisinya? other than dia giant dan punya financial resources tak terbatas, dia sebetulnya very vulnerable. just like other giant companies yg sdh mati duluan menurut sejarah. bukan ga mungkin toyota is the next GM.
Perlu diingat juga bahwa Toyota pendekatannya bukan sekedar jual produk B2C, tp B2B juga apalagi di Indo. Dan banyak faktor2 lain yang memang secara negatif itu pengaruhnya perusahaan tidak agile, tp sekali nya mengubah bisa langsung 'meratakan' perusahaan lain.
ChZ wrote: 27 Sep 2021, 10:34 tapi imho mbah mungkin skrg japs mulai nyadar kalo selama 10 thn terakhir gaya mereka terlalu oldies, konservatif, dan boring dengan nge-cut produksi mobil sport atas nama efisiensi dan fokus memproduksi eco-cars, akibatnya mulai ditinggalin sama konsumen yang lebih muda. ya tetep mereka stay on top tapi mereknya jadi less....exciting. yang beli orang orang tua dan orang tua beliin anaknya.

makanya skrg nama nama itu mulai dibangkitin lagi biar tetep relevan. bahkan produk laris macem camry aja modelnya dibuat makin sleek biar menarik youthful consumer. udah nyadar kalau otomotif gak melulu soal numbers on sales.
Betul ini, cuma tetep euforia nya masih belum kembali 100% untuk semua lini produknya. Cuma memang untuk beralih ke fase ini, perlu terlambat 1 dekade dulu
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re:

Post by Zaxis »

https://www.reuters.com/business/autos- ... 021-09-13/

Bikin BEV pasti gampang buat Toyota mah
Di Tiongkok aja banyak pabrik bev baru tuh
Toyota mungkin uda abis duit rnd hybrid tapi blom balik modal kali
Jadi masih ogah jualan bev
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Duvebriliant0 »

sampe mau di boikot grgr disangka memperlambat EV
https://electrek.co/2021/09/22/toyota-f ... -progress/
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 27 Sep 2021, 11:00
Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 10:51
yg sering sy perhatiin, merk2 yg punya status "luxury", "status symbol" itulah yg bisa tetap eksis. benz, patek, audemars, rolex, hennessy, lvmh group, dsb. sebab pada akhirnya org senang dipuji, dianggap kaya, berhasil, dst. merk2 itu yg akan tetap survive dan terus rich sbg company.

merk lain yg posisinya di tengah, mrk hrs terus menerus fight dr yg namanya existing rivalry, new comers, and substitutes. yg kalah ya gone.
betul jg mbah, BMW, benz, audi/porsche gak pernah sikut sikutan walaupun mereka technically bersaing... krn persaingannya udah bkn lagi perkara existence kl di ranah luxury, ya brand mereka bakal terus abadi soalnya, mau pake yang manapun tetep fungsinya sbg simbol status gak berubah.

kl gini ane jg jadi mikir jangan2 existence cap L di toyota jg last resort andaikata mereka lose the game :big_grin: juga first attempt bikin BEV nya di cap L sih soalnya.
nah semua mau masuk ke luxury segment termasuk si cap L tp akio toyoda nya sendiri yg ngakui kl brand itu ga punya story apalagi history. brand manapun yg stay long di status symbol segment pasti punya history entah sbg yg pertama melakukan itu (first mover) atau pernah terlibat dlm ajang bergengsi (watch landing on the moon or be on top of everest) dan semacamnya. L cuma bersanding di masalah reliability, which is bukan juga syarat utama konsumer yg menginginkan benda luxury. mrk maunya status symbol, kl mau reliable beli aja versi toyota nya atau honda atau apapun. tanpa bermaksud bilang bahwa cap L itu ngga bagus, tp dr segi gengsi sampai kapan namanya cap L ga bisa sekelas three pointed star dr segi image bagi banyak orang. kaya jam grand seiko, sampai kapan juga it's never be the same as rolex.

Screenshot_20210927_115109.jpg
Screenshot_20210927_115109.jpg (168.36 KiB) Viewed 689 times
full article : https://lexusenthusiast.com/2013/05/06/ ... -of-lexus/
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 14:45
nah semua mau masuk ke luxury segment termasuk si cap L tp akio toyoda nya sendiri yg ngakui kl brand itu ga punya story apalagi history. brand manapun yg stay long di status symbol segment pasti punya history entah sbg yg pertama melakukan itu (first mover) atau pernah terlibat dlm ajang bergengsi (watch landing on the moon or be on top of everest) dan semacamnya. L cuma bersanding di masalah reliability, which is bukan juga syarat utama konsumer yg menginginkan benda luxury. mrk maunya status symbol, kl mau reliable beli aja versi toyota nya atau honda atau apapun. tanpa bermaksud bilang bahwa cap L itu ngga bagus, tp dr segi gengsi sampai kapan namanya cap L ga bisa sekelas three pointed star dr segi image bagi banyak orang. kaya jam grand seiko, sampai kapan juga it's never be the same as rolex.


Screenshot_20210927_115109.jpg

full article : https://lexusenthusiast.com/2013/05/06/ ... -of-lexus/
ngomongin "story" dan "history" mbah...

japs brand ini kayaknya yang worth story dan history nya adalah sportscar yang sempat melegenda di 90s... makanya ngotot banget reborn brand marquee yang udah lama dikubur.

masalahnya.... mobil-mobil begini hanya menarik bagi enthusiast but not making money. sales figurenya kecil sekali.

lagi lagi kembali ya mbah, punya history dan story tapi not a status symbol... :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 27 Sep 2021, 14:56
ngomongin "story" dan "history" mbah...

japs brand ini kayaknya yang worth story dan history nya adalah sportscar yang sempat melegenda di 90s... makanya ngotot banget reborn brand marquee yang udah lama dikubur.

masalahnya.... mobil-mobil begini hanya menarik bagi enthusiast but not making money. sales figurenya kecil sekali.

lagi lagi kembali ya mbah, punya history dan story tapi not a status symbol... :big_childish:
iya mbah, jd buyer tuh beli produk itu pure pakai logika bukan pakai hati. ga ada passion atau rasa pride di belakangnya. kl posisinya spt itu akan ada titik jenuh dan mudah bgt suatu brand ditinggalkan jika ada merk baru masuk yg bisa memberikan basic strength yg dimiliki T atau L dan bahkan dikasih menu baru. cuma masalahnya skrg belum ada yg datengnya pake paket serba komplit sekaligus jaringan servis dan resale value nya aja. tp even begitu brv baru aja udah main fitur semenjak mocin masuk dgn segala fiturnya. jd brand yg di tengah2 itu kan paling berat, istilahnya positioning sandwich gitu lho. sandwich tuh atas bawah menggencet, dia hrs innovation nya lebih niat lagi kl mau tetap memimpin pasar. beda sm daihatsu emang dibawah tinggal main jaga harga terjangkau, atau L diatas harus main story n history. yg di middle positioning ini si sandwich kl lengah dikit krn jumawa ya terjadi deh kaya nokia, kaya kodak, Oldsmobile, Plymouth, pontiac, blockbuster, pan am, .......

btw kan sejarahnya toyota dulunya gen 2 pendiri itu kerja di GM makanya banyak teknologi GM dipakai di toyota termasuk matic nya bahkan dulu outsourced ke GM. semoga nasibnya ga sama. di bail out sama pemerintah negaranya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 27 Sep 2021, 14:56
lagi lagi kembali ya mbah, punya history dan story tapi not a status symbol... :big_childish:
justru yg punya strong racing history itu ahond. mulai dr enjin legend yg dipake F1. mobil F1 nya sendiri juga brp kali juara. terbukti pas keluarin nsx baru ga ada yg bilang jelek. nsx lama jangan tanya skrg harganya brp.

beda sm yg keluarin supra, baru keluar udah dicela bikinan bmw lah. dulu keluarin gt86 dibilang bikinan subaru lah. scotty klimis aja cerita ttg celica enjin nya develop by yamaha yg model setelah dia. apakah org akan teringat2 dan nganggap keren sebuah mesin prius? skrg aja diledek2in di mamarika.

jadi hebatnya dimana? 1KR-GTE? atau 2GD remap? wahahahaha
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 15:27
ChZ wrote: 27 Sep 2021, 14:56
lagi lagi kembali ya mbah, punya history dan story tapi not a status symbol... :big_childish:
justru yg punya strong racing history itu ahond. mulai dr enjin legend yg dipake F1. mobil F1 nya sendiri juga brp kali juara. terbukti pas keluarin nsx baru ga ada yg bilang jelek. nsx lama jangan tanya skrg harganya brp.

beda sm yg keluarin supra, baru keluar udah dicela bikinan bmw lah. dulu keluarin gt86 dibilang bikinan subaru lah. scotty klimis aja cerita ttg celica enjin nya develop by yamaha yg model setelah dia. apakah org akan teringat2 dan nganggap keren sebuah mesin prius? skrg aja diledek2in di mamarika.

jadi hebatnya dimana? 1KR-GTE? atau 2GD remap? wahahahaha
Kalo ikutin history nya Honda di awal GP500 benar-benar gokil ... All out dalam riset, penuh totalitas, kegagalan dan jatuh bangun.
Salah satu kegilaan teknologinya, piston oval ; dengan 4 camshaft, 8 valve per piston-nya :big_chicken:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 15:27
ChZ wrote: 27 Sep 2021, 14:56
lagi lagi kembali ya mbah, punya history dan story tapi not a status symbol... :big_childish:
justru yg punya strong racing history itu ahond. mulai dr enjin legend yg dipake F1. mobil F1 nya sendiri juga brp kali juara. terbukti pas keluarin nsx baru ga ada yg bilang jelek. nsx lama jangan tanya skrg harganya brp.

beda sm yg keluarin supra, baru keluar udah dicela bikinan bmw lah. dulu keluarin gt86 dibilang bikinan subaru lah. scotty klimis aja cerita ttg celica enjin nya develop by yamaha yg model setelah dia. apakah org akan teringat2 dan nganggap keren sebuah mesin prius? skrg aja diledek2in di mamarika.

jadi hebatnya dimana? 1KR-GTE? atau 2GD remap? wahahahaha
nah betul mbah, ahond itu uniknya punya fanbase yang tidak dimiliki oleh japanese mid-tier brand lain. identik dengan balap dari dulu, orang bengkel drag race isinya brio jazz atau civic lama. makanya gak peduli produknya dihina, krn marketnya udah settle. FK8 Type-R juga waktu diluncurin worldwide barangnya ludes semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by adriangaut »

ChZ wrote: 27 Sep 2021, 15:48
Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 15:27
ChZ wrote: 27 Sep 2021, 14:56
lagi lagi kembali ya mbah, punya history dan story tapi not a status symbol... :big_childish:
justru yg punya strong racing history itu ahond. mulai dr enjin legend yg dipake F1. mobil F1 nya sendiri juga brp kali juara. terbukti pas keluarin nsx baru ga ada yg bilang jelek. nsx lama jangan tanya skrg harganya brp.

beda sm yg keluarin supra, baru keluar udah dicela bikinan bmw lah. dulu keluarin gt86 dibilang bikinan subaru lah. scotty klimis aja cerita ttg celica enjin nya develop by yamaha yg model setelah dia. apakah org akan teringat2 dan nganggap keren sebuah mesin prius? skrg aja diledek2in di mamarika.

jadi hebatnya dimana? 1KR-GTE? atau 2GD remap? wahahahaha
nah betul mbah, ahond itu uniknya punya fanbase yang tidak dimiliki oleh japanese mid-tier brand lain. identik dengan balap dari dulu, orang bengkel drag race isinya brio jazz atau civic lama. makanya gak peduli produknya dihina, krn marketnya udah settle. FK8 Type-R juga waktu diluncurin worldwide barangnya ludes semua.
Yang punya history di Indonesia berarti si Kijang ya
Marketnya udah settle, brand udah dari 40an tahun yang lalu sampe sekarang kijang innova (di luar negeri mah namanya innova doang gak pake kijang wkwk)

Gak heran jadi dambaan berbagai kelas
Tapi kijang khusus di Indonesia aja ya, gak mendunia seperti benz, bmw, dll
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by dori2802 »

ikutan oot ah...
dalam pengambilan keputusan ada 3 tipikal perusahaan
1. Over thingking. typikal Perush Jepang, dan di indo astra jg masih cenderung overthingking karena secara prinsipal jg banyak dari jepang
semua hal akan di tanya mendetail, dari metode, kenapa harus ini, harus itu, data nya darimana valid/tidakkah? kenapa tidak pakai data ini/itu, kenapa harus segitu, kenapa ga segini... akan ada banyak data dan perdebatan utk sebuah keputusan atas sebuah peluang yg muncul. initinya mereka jual barang yg secara R&D > 90% oke baru berani launch.
2. Under thinking, ada peluang, hitung kasar --> menguntungkan --> eksekusi. biasanya perusahaan start up. dan Tesla termasuk di dalamnya. perhatikan produk2 tesla banyak masalah (lebih banyak vs produk establish brand lain) saat launch. karena prinsipnya adalah --> buat (sebelum keduluan) --> ada masalah --> perbaiki --> jual lagi. jadi jualan dengan barang yg mngkin secara R&D 60%.
3. tengah2 antara no 1&2. ini yg mana..? ane jg bingung,.. wkwkwk
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 24 Dec 2018, 18:29

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Fertille »

Ga sengaja terlintas diberanda. Moment yang pas dengan pembahasan ini.

https://kumparan.com/kumparanoto/akio-t ... warmB2F8BT
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Suryaputra »

Fertille wrote: 28 Sep 2021, 06:57 Ga sengaja terlintas diberanda. Moment yang pas dengan pembahasan ini.

https://kumparan.com/kumparanoto/akio-t ... warmB2F8BT
5-10 tahun lg, mungkin sudah tidak menjabat, bisa aja keputusan nya beda.
beda pemimpin beda kebijakan.
klo di dunia software dan gadget, yess bs jadi next nokia.
diuntungkan di industri otomotif, masih lbh lama untuk merubah trend.

lain toyoda, lain elon,
klo bang elon implement scrum dalam mendevelop bisnisnya.

mari kita lihat :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by b0ku »

the-mantal wrote: 26 Sep 2021, 15:02 Cuma mau ajak diskusi dari mata pengamat manajemen awam... Akankah kisah Toyota berakhir seperti Nokia ataukah Sony?

Style nya mirip sekali, dulu Nokia bersikeras gak mau ikut trend touch screen seperti iphone dan android. Sama kayak toyota yg sekarang adopsi mobil listrik nya ogah2an.

Ataukah akan berakhir seperti Sony yang tadinya market leader elektronik sekarang tergeser jauh oleh pabrikan duo Korea Samsung LG dan sekarang oleh China?
kalo menurut saya akan begitu kalo ud EV semua karena EV gak punya karakter ketika EV baru muncul orang akan ogah pake EV lama karena sudah ketinggalan jaman dan yang baru dan lama karakternya sama aja ditambah yang baru pasti lebih canggih dan nyaman yang lama mau di benerin harganya ud kayak beli baru akhirnya yang lama cepet punah.....

beda sama ICE setiap generasi ada karakternya masing2x makannya banyak mobil lama gak punah2x macem mustang 60an atau honda estilo malah muscle car sendiri banyak yang bangkit dari kubur diambil dari rongsokan di bangun ulang jadi mobil baru

masalahnya sekarang ini EV VS ICE EV sendiri belom lebih unggul dari ICE penjualan mereka juga hasil insentif pemerintah ditambah isu2x positif yang gak 100% bener tentang EV kalo di lepas jadi free market saya bilang EV mah cuma jadi perkedel penjualannya gak akan bisa ngalahin ICE norway sendiri jadi negara pertama yang penjualannya 100% EV tapi insentifnya gila2xan kita liat sekarang ud 100% bentar lagi juga insentifnya di cabut jadi apa cobaaaaa??? :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ChZ »

adriangaut wrote: 27 Sep 2021, 16:22
Yang punya history di Indonesia berarti si Kijang ya
Marketnya udah settle, brand udah dari 40an tahun yang lalu sampe sekarang kijang innova (di luar negeri mah namanya innova doang gak pake kijang wkwk)

Gak heran jadi dambaan berbagai kelas
Tapi kijang khusus di Indonesia aja ya, gak mendunia seperti benz, bmw, dll
mungkin kijang bisa jadi sub-brand sendiri di bawah toyota wkwkwkkww. keliatan sih sekarang pemaen mobil klasik mulai banyak yang koleksi kijang kijang klasik... kapsul atau kisup full ori mulus harganya bisa gak karuan. innova GNKI V diesel matic skrg aj bisa deket deket ama ribon taun sama.

beda ama saingannya si penter... ud discontinue tetep aj brand nya gak bisa sekuat kijang. harga penter tetep gak bisa sekuat kijang.

nah sayangnya itu kijang itu produk localized sih... history nya cuma kuat di indonesia.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by bangrosi »

Yg ditunggu konsumen utk sebuah produk toyota adalah Durability... EV tinggal tunggu saja toyota produksi perlahan pasti konsumen pasti beralih ke toyota walaupun byk pemainnya.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 24 Dec 2018, 18:29

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Fertille »

bangrosi wrote: 28 Sep 2021, 13:22 Yg ditunggu konsumen utk sebuah produk toyota adalah Durability... EV tinggal tunggu saja toyota produksi perlahan pasti konsumen pasti beralih ke toyota walaupun byk pemainnya.
Hmm, agak kontradiksi ya. Kalau ranah nya durability. Karena menurut opini pribadi, durability daitoyo tercipta justru teknologi yang dipakai masih termasuk tradisional lawas (BAHEULA), let's say salah satu penggunakan teknologi chassis ladder frame dan lebih banyak penggunakan non elektrik.

Menarik, apakah lahir sebuah EV yang tangguh :big_childish:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by slapnuts »

Fertille wrote: 28 Sep 2021, 15:58
bangrosi wrote: 28 Sep 2021, 13:22 Yg ditunggu konsumen utk sebuah produk toyota adalah Durability... EV tinggal tunggu saja toyota produksi perlahan pasti konsumen pasti beralih ke toyota walaupun byk pemainnya.
Hmm, agak kontradiksi ya. Kalau ranah nya durability. Karena menurut opini pribadi, durability daitoyo tercipta justru teknologi yang dipakai masih termasuk tradisional lawas (BAHEULA), let's say salah satu penggunakan teknologi chassis ladder frame dan lebih banyak penggunakan non elektrik.

Menarik, apakah lahir sebuah EV yang tangguh :big_childish:
kalau dibilang teknologi Toyota itu lawas, sebenarnya ga juga.
buktinya Civic vs Corolla juga seimbang teknologinya, sama-sama CVT, fitur juga ga jauh beda, yes Civic lebih advanced sedikit dengan mesin turbonya, tapi penjualan di dunia lebih tinggi Corolla, karena apa? image reliable. Jazz vs Yaris juga seimbang teknologinya.
Teknologi DaiToyo yang lawas ya mungkin di kelas LCGC/LMPV, kelas atasnya sudah mirip bahkan lebih advanced dibanding pesaingnya (contoh Hybrid system dsb).
Liat contoh Fortuner, ga lebih lawas dibanding CRV/CX5, fitur iya memang lebih sedikit, tapi apa iya mesin dan transmisi sejadul itu? saya rasa tidak. lebih pede mentokin pedal pake 2GD matik terus menerus dengan matik konven 6 speednya dibanding mentokin terus-menerus pake CVT Xtrail/CRV takut jebol atau slip. Mengenai ladder frame jadul? iya memang naikannya lebih gaenak dibanding monokok, tapi ya memang tujuan dibikin mobilnya untuk durability bukan karena jadul, itulah mengapa Escalade, Suburban, Tahoe, bahkan Land Cruiser/G Class masih memakai ladder frame.
Andaru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 08 Apr 2020, 07:37
Location: Jember
Daily Vehicle: Honda Scoopy

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Andaru »

slapnuts wrote: 28 Sep 2021, 16:48
Fertille wrote: 28 Sep 2021, 15:58
Hmm, agak kontradiksi ya. Kalau ranah nya durability. Karena menurut opini pribadi, durability daitoyo tercipta justru teknologi yang dipakai masih termasuk tradisional lawas (BAHEULA), let's say salah satu penggunakan teknologi chassis ladder frame dan lebih banyak penggunakan non elektrik.

Menarik, apakah lahir sebuah EV yang tangguh :big_childish:
kalau dibilang teknologi Toyota itu lawas, sebenarnya ga juga.
buktinya Civic vs Corolla juga seimbang teknologinya, sama-sama CVT, fitur juga ga jauh beda, yes Civic lebih advanced sedikit dengan mesin turbonya, tapi penjualan di dunia lebih tinggi Corolla, karena apa? image reliable. Jazz vs Yaris juga seimbang teknologinya.
Teknologi DaiToyo yang lawas ya mungkin di kelas LCGC/LMPV, kelas atasnya sudah mirip bahkan lebih advanced dibanding pesaingnya (contoh Hybrid system dsb).
Liat contoh Fortuner, ga lebih lawas dibanding CRV/CX5, fitur iya memang lebih sedikit, tapi apa iya mesin dan transmisi sejadul itu? saya rasa tidak. lebih pede mentokin pedal pake 2GD matik terus menerus dengan matik konven 6 speednya dibanding mentokin terus-menerus pake CVT Xtrail/CRV takut jebol atau slip. Mengenai ladder frame jadul? iya memang naikannya lebih gaenak dibanding monokok, tapi ya memang tujuan dibikin mobilnya untuk durability bukan karena jadul, itulah mengapa Escalade, Suburban, Tahoe, bahkan Land Cruiser/G Class masih memakai ladder frame.
Untuk teknologi yg sama² jadulnya toyota itu sepertinya masih lebih kuat loh om, dulu pernah piara kuda sama kijang lgx sodara pelihara panther. Si kijang ini kayaknya jarang banget ada rusaknya, kedua merk lainnya kalo diperhatiin ada aja entah itu kaki² seperti bearing, balljoint atau kadang printilan² macem kaca, central lock, gauge rpm mati, dan kijang seingat saya tidak pernah mengalami hal tersebut. Yang meskipun masalah² diatas cuma masalah minor sih
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by b0ku »

slapnuts wrote: 28 Sep 2021, 16:48
Fertille wrote: 28 Sep 2021, 15:58
bangrosi wrote: 28 Sep 2021, 13:22 Yg ditunggu konsumen utk sebuah produk toyota adalah Durability... EV tinggal tunggu saja toyota produksi perlahan pasti konsumen pasti beralih ke toyota walaupun byk pemainnya.
Hmm, agak kontradiksi ya. Kalau ranah nya durability. Karena menurut opini pribadi, durability daitoyo tercipta justru teknologi yang dipakai masih termasuk tradisional lawas (BAHEULA), let's say salah satu penggunakan teknologi chassis ladder frame dan lebih banyak penggunakan non elektrik.

Menarik, apakah lahir sebuah EV yang tangguh :big_childish:
kalau dibilang teknologi Toyota itu lawas, sebenarnya ga juga.
buktinya Civic vs Corolla juga seimbang teknologinya, sama-sama CVT, fitur juga ga jauh beda, yes Civic lebih advanced sedikit dengan mesin turbonya, tapi penjualan di dunia lebih tinggi Corolla, karena apa? image reliable. Jazz vs Yaris juga seimbang teknologinya.
Teknologi DaiToyo yang lawas ya mungkin di kelas LCGC/LMPV, kelas atasnya sudah mirip bahkan lebih advanced dibanding pesaingnya (contoh Hybrid system dsb).
Liat contoh Fortuner, ga lebih lawas dibanding CRV/CX5, fitur iya memang lebih sedikit, tapi apa iya mesin dan transmisi sejadul itu? saya rasa tidak. lebih pede mentokin pedal pake 2GD matik terus menerus dengan matik konven 6 speednya dibanding mentokin terus-menerus pake CVT Xtrail/CRV takut jebol atau slip. Mengenai ladder frame jadul? iya memang naikannya lebih gaenak dibanding monokok, tapi ya memang tujuan dibikin mobilnya untuk durability bukan karena jadul, itulah mengapa Escalade, Suburban, Tahoe, bahkan Land Cruiser/G Class masih memakai ladder frame.
nope itu karena denger nama2x tech yang di pakenya aja faktanya mesin honda sama chasis honda itu lebih presisi biarpun toyota terlihat build quality lebih bagus tapi kalo ud kita ngerasain engineringnya honda jauh lebih enak dan akurat sedangkan toyota kadang tech itu kek cuma asal tempel buat narik minat buyer aja lebih ke marketing bukan ke fell driving, biarpun biasanya honda bakalan ikut jejak toyota ya gak heran makin lama honda juga makin hambar karena dia sendiri mau gak mau ikutin langkah toyota contoh sekarang paling keliatan adalah CITY HB yang ngikut2x yaris lele dan platom brio dan BRV pake platfom lama tapi di tempel muka, mesin dan fitur2x baru biar keliatan all new, malah brio gen 2 masih pake kode chasis DD1, brv baru aja keliatannya masih pake platfom lama liat aja kemungkinan masih DG tapi mungkin angkanya berubah karena mesin baru, semua itu saya bilang resep toyota yang di ikutin honda biarpun honda sendiri masih ada fun to drivenya tapi lama2x males juga :big_bored:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by darrelund »

b0ku wrote: 28 Sep 2021, 23:01
slapnuts wrote: 28 Sep 2021, 16:48
Fertille wrote: 28 Sep 2021, 15:58

Hmm, agak kontradiksi ya. Kalau ranah nya durability. Karena menurut opini pribadi, durability daitoyo tercipta justru teknologi yang dipakai masih termasuk tradisional lawas (BAHEULA), let's say salah satu penggunakan teknologi chassis ladder frame dan lebih banyak penggunakan non elektrik.

Menarik, apakah lahir sebuah EV yang tangguh :big_childish:
kalau dibilang teknologi Toyota itu lawas, sebenarnya ga juga.
buktinya Civic vs Corolla juga seimbang teknologinya, sama-sama CVT, fitur juga ga jauh beda, yes Civic lebih advanced sedikit dengan mesin turbonya, tapi penjualan di dunia lebih tinggi Corolla, karena apa? image reliable. Jazz vs Yaris juga seimbang teknologinya.
Teknologi DaiToyo yang lawas ya mungkin di kelas LCGC/LMPV, kelas atasnya sudah mirip bahkan lebih advanced dibanding pesaingnya (contoh Hybrid system dsb).
Liat contoh Fortuner, ga lebih lawas dibanding CRV/CX5, fitur iya memang lebih sedikit, tapi apa iya mesin dan transmisi sejadul itu? saya rasa tidak. lebih pede mentokin pedal pake 2GD matik terus menerus dengan matik konven 6 speednya dibanding mentokin terus-menerus pake CVT Xtrail/CRV takut jebol atau slip. Mengenai ladder frame jadul? iya memang naikannya lebih gaenak dibanding monokok, tapi ya memang tujuan dibikin mobilnya untuk durability bukan karena jadul, itulah mengapa Escalade, Suburban, Tahoe, bahkan Land Cruiser/G Class masih memakai ladder frame.
nope itu karena denger nama2x tech yang di pakenya aja faktanya mesin honda sama chasis honda itu lebih presisi biarpun toyota terlihat build quality lebih bagus tapi kalo ud kita ngerasain engineringnya honda jauh lebih enak dan akurat sedangkan toyota kadang tech itu kek cuma asal tempel buat narik minat buyer aja lebih ke marketing bukan ke fell driving, biarpun biasanya honda bakalan ikut jejak toyota ya gak heran makin lama honda juga makin hambar karena dia sendiri mau gak mau ikutin langkah toyota contoh sekarang paling keliatan adalah CITY HB yang ngikut2x yaris lele dan platom brio dan BRV pake platfom lama tapi di tempel muka, mesin dan fitur2x baru biar keliatan all new, malah brio gen 2 masih pake kode chasis DD1, brv baru aja keliatannya masih pake platfom lama liat aja kemungkinan masih DG tapi mungkin angkanya berubah karena mesin baru, semua itu saya bilang resep toyota yang di ikutin honda biarpun honda sendiri masih ada fun to drivenya tapi lama2x males juga :big_bored:
Tapi target market juga ngaruh ga ya om? soalnya saya liat kyk di EU/USA toyota ini lebih agresif dalam engineering & fitur. Selain netizen sana mulutnya pedes, kompetitornya juga kuat bgt.

kayak Tacoma yg baru, tiba" mereka ngasih layar full lcd yang biasanya cuma di lexus & pake layar infotainment 14 inch, yang biasanya juga diatas 8 inch itu udah daerahnya lexus.

mesin pake V35A yg itu juga cuma dipake di LC & Lexus, padahal Toyota pickup tapi niatnya kayak bikin Lexus.
Last edited by darrelund on 29 Sep 2021, 01:17, edited 1 time in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by darrelund »

Duvebriliant0 wrote: 26 Sep 2021, 18:46
yang bikin tim F1nya bubar juga karena kaizen stylenya itu... tp sy rasa bener sih klo nanti sampe tertekan banget pasti langsung all out itu ngejer EV
itu Tacoma yg baru juga gitu om, the power of kepepet :big_biglaugh:

tiba" ngasih fitur yg segitu banjirnya (kyk lcd full widescreen speedo & infotainment 14") karena sering disikat sama F150

padahal kedua fitur itu seringkali kita harus beli lexus baru dapet
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by darrelund »

kayaknya klo ngomong begini agak terlalu banyak kemungkinannya om.

Tapi yg pasti klo soal EV pun setelah gebrakan Tesla ya Toyota melek juga om, makanya mereka kerjasama dengan panasonic buat bikin perusahaan yg develop solid state battery. Jadi ya ga tertinggal, tapi karena yota ini perusahaan dengan skala besar tentu banyak sekali faktor yg harus dipikirin untuk buat suatu produk.

dalam kata lain : hampir tertinggal, tapi ya tetep mau maju. Toyota seri bZ itu kan bakal jadi lini EV mereka oom

buat refreshing, ada artikel menarik buat dibaca. Tentang kenapa toyota & lexus punya kesan "ga ngikut jaman"

https://www.thedrive.com/tech/40950/the ... e-touchpad
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post