Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by Turboman »

Mungkinkah bisa terlaksana ?

https://oto.detik.com/mobil/d-5763207/d ... t=detikoto

Jakarta - Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengampanyekan elektrifikasi di segala bidang, salah satunya industri otomotif. Menurut roadmap atau peta jalan yang dirancang, pemerintah menargetkan menyetop penjualan sepeda motor konvensional (bensin) di tahun 2040 dan mobil konvensional (bensin dan diesel) di tahun 2050.

- CUT -

IMHO :
Hal ini mungkin sangat terkait dgn upaya Pem menarik investasi industri Batere & mobil listrik di Indo


CMIIW
Last edited by Turboman on 12 Oct 2021, 13:39, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

fyi aja dimana2x lagi berantakan sih :wkkk:

malah eropa katanya mau balik ke jaman batu mau pake batubara lagi :wkkk:

https://www.newsweek.com/gripped-energy ... as-1637291
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by ginting »

b0ku wrote: 12 Oct 2021, 13:52 fyi aja dimana2x lagi berantakan sih :wkkk:

malah eropa katanya mau balik ke jaman batu mau pake batubara lagi :wkkk:

https://www.newsweek.com/gripped-energy ... as-1637291
ingat,,,semua kembali ke duit..
kalau ada duit maka semua akan upayakan green environtment.
kalau sudah cekak duit karena pandemic misalnya, maka urusan itu minggir dulu.

kalau saya sih melihat ke depannya bagaimanapun semua akan electric pada akhirnya.
tapi berapa lama transisinya,, dan bagaimana prosesnya, itu yang masih tarik menarik.
apakah akan shifting krn memang secara alami lebih ekonomis ?
apakah shifting karena dipaksa oleh regulasi ?

sy rasa untuk Indonesia, 5 thn sejak sekarang masih fase intro buat EV, dimana hybrid mulai bermunculan.
10 tahun berikutnya fase penanjakan. kaum menengah sudah berani beli Hybrid atau EV krn makin banyak fasilitas pendukung cas casan.
15 tahun berikutnya fase menuju kematangan (tp blm matang banget, tp sudah agak ngimbang)..
lalu 2050-2060 maka ICE mulai stop yg baru dan tetap mempertahankan mobil yg ada sampai ajalnya.
by then, manufacturer Jepang sekarang juga sudah ready dengan EV dan investasi sdh balek modal.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by evanbngdor »

Selama warga +62 masih demo besar2an kalo tarif listrik per kwh nya naik sampai 2050 nanti sih rasanya agak mustahil ya bisa tercapai.

Rasa2nya tetep prefer bahan bakar minyak ketimbang listrik, meskipun sudah banyak yg bilang mobil listrik secara penghematan itu lebih baik. Belum lg nanti masalah uang transport, kalo bahan bakar minyak ya tinggal reimburse by struk aja, kalo mobil listrik, ngecharge di mana-mana. Reimburse nya gimana

:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

ginting wrote: 12 Oct 2021, 14:40
ingat,,,semua kembali ke duit..
kalau ada duit maka semua akan upayakan green environtment.
kalau sudah cekak duit karena pandemic misalnya, maka urusan itu minggir dulu.

kalau saya sih melihat ke depannya bagaimanapun semua akan electric pada akhirnya.
tapi berapa lama transisinya,, dan bagaimana prosesnya, itu yang masih tarik menarik.
apakah akan shifting krn memang secara alami lebih ekonomis ?
apakah shifting karena dipaksa oleh regulasi ?

sy rasa untuk Indonesia, 5 thn sejak sekarang masih fase intro buat EV, dimana hybrid mulai bermunculan.
10 tahun berikutnya fase penanjakan. kaum menengah sudah berani beli Hybrid atau EV krn makin banyak fasilitas pendukung cas casan.
15 tahun berikutnya fase menuju kematangan (tp blm matang banget, tp sudah agak ngimbang)..
lalu 2050-2060 maka ICE mulai stop yg baru dan tetap mempertahankan mobil yg ada sampai ajalnya.
by then, manufacturer Jepang sekarang juga sudah ready dengan EV dan investasi sdh balek modal.
ya banyak2xin nuklir sih kalo mau green karena ngarepin surya dan angin gak akan cukup akhirnya mereka lari ke BBM itu lari ke coal karena minyak mahal kata mereka daripada mati karena winter mendingan pake coal lagi :mky_01:

maybe semua akan electric cuma kalo masih ngandelin yang namanya batre saya skeptis terlalu banyak kekurangnya dan gak semua orang mau terima kekurangnya, mobil hydrogen sendiri juga sebenernya mobil listrik mungkin kedepan akan ada mobil listrik laen selain batre macem hydrogen siapa tau.......
evanbngdor wrote: 12 Oct 2021, 14:55 Selama warga +62 masih demo besar2an kalo tarif listrik per kwh nya naik sampai 2050 nanti sih rasanya agak mustahil ya bisa tercapai.

Rasa2nya tetep prefer bahan bakar minyak ketimbang listrik, meskipun sudah banyak yg bilang mobil listrik secara penghematan itu lebih baik. Belum lg nanti masalah uang transport, kalo bahan bakar minyak ya tinggal reimburse by struk aja, kalo mobil listrik, ngecharge di mana-mana. Reimburse nya gimana

:mky_03:
di +1 sih lagi ribut ginian

https://www.yahoo.com/now/california-la ... 00432.html

nebang pohon suruh pake gergaji batre, terus motong rumput suruh pake batre, genset gak boleh pake bensin dll :wkkk:

ntar kena bencana alam semua grid mampus penduduknya jadi koboy semua :wkkk:
Last edited by b0ku on 12 Oct 2021, 15:05, edited 1 time in total.
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 18 Jun 2012, 14:22

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by dany_pos »

b0ku wrote: 12 Oct 2021, 14:58
ginting wrote: 12 Oct 2021, 14:40
ingat,,,semua kembali ke duit..
kalau ada duit maka semua akan upayakan green environtment.
kalau sudah cekak duit karena pandemic misalnya, maka urusan itu minggir dulu.

kalau saya sih melihat ke depannya bagaimanapun semua akan electric pada akhirnya.
tapi berapa lama transisinya,, dan bagaimana prosesnya, itu yang masih tarik menarik.
apakah akan shifting krn memang secara alami lebih ekonomis ?
apakah shifting karena dipaksa oleh regulasi ?

sy rasa untuk Indonesia, 5 thn sejak sekarang masih fase intro buat EV, dimana hybrid mulai bermunculan.
10 tahun berikutnya fase penanjakan. kaum menengah sudah berani beli Hybrid atau EV krn makin banyak fasilitas pendukung cas casan.
15 tahun berikutnya fase menuju kematangan (tp blm matang banget, tp sudah agak ngimbang)..
lalu 2050-2060 maka ICE mulai stop yg baru dan tetap mempertahankan mobil yg ada sampai ajalnya.
by then, manufacturer Jepang sekarang juga sudah ready dengan EV dan investasi sdh balek modal.
ya banyak2xin nuklir sih kalo mau green karena ngarepin surya dan angin gak akan cukup akhirnya mereka lari ke BBM itu lari ke coal karena minyak mahal kata mereka daripada mati karena winter mendingan pake coal lagi :mky_01:

maybe semua akan electric cuma kalo masih ngandelin yang namanya batre saya skeptis terlalu banyak kekurangnya dan gak semua orang mau terima kekurangnya, mobil hydrogen sendiri juga sebenernya mobil listrik mungkin kedepan akan ada mobil listrik laen selain batre macem hydrogen siapa tau.......
Lupa ama geothermal? Satu2nya renewable energy yg bisa beroperasi 24/7 n indonesia punya potensi besar sih klo dimanfaatkan
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by evanbngdor »

b0ku wrote: 12 Oct 2021, 14:58
evanbngdor wrote: 12 Oct 2021, 14:55 Selama warga +62 masih demo besar2an kalo tarif listrik per kwh nya naik sampai 2050 nanti sih rasanya agak mustahil ya bisa tercapai.

Rasa2nya tetep prefer bahan bakar minyak ketimbang listrik, meskipun sudah banyak yg bilang mobil listrik secara penghematan itu lebih baik. Belum lg nanti masalah uang transport, kalo bahan bakar minyak ya tinggal reimburse by struk aja, kalo mobil listrik, ngecharge di mana-mana. Reimburse nya gimana

:mky_03:
di +1 sih lagi ribut ginian

https://www.yahoo.com/now/california-la ... 00432.html

nebang pohon suruh pake gergaji batre, terus motong rumput suruh pake batre, genset gak boleh pake bensin dll :wkkk:

ntar kena bencana alam semua grid mampus penduduknya jadi koboy semua :wkkk:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Genset pake batere, menggunakan listrik untuk menghasilkan sebuah listrik di saat pasokan listrik utama tidak tersedia
:mky_03:

Di luar pulau jawa aja masih ada yang sumber listrik utama nya itu dr genset
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

dany_pos wrote: 12 Oct 2021, 15:04
Lupa ama geothermal? Satu2nya renewable energy yg bisa beroperasi 24/7 n indonesia punya potensi besar sih klo dimanfaatkan
kalo bisa di andalkan sih harusnya ud jd sumber utama disini entah kenapa keknya gak jelas perkembangannya :big_bored:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by rakyatwkwkland »

evanbngdor wrote: 12 Oct 2021, 14:55 Selama warga +62 masih demo besar2an kalo tarif listrik per kwh nya naik sampai 2050 nanti sih rasanya agak mustahil ya bisa tercapai.

Rasa2nya tetep prefer bahan bakar minyak ketimbang listrik, meskipun sudah banyak yg bilang mobil listrik secara penghematan itu lebih baik. Belum lg nanti masalah uang transport, kalo bahan bakar minyak ya tinggal reimburse by struk aja, kalo mobil listrik, ngecharge di mana-mana. Reimburse nya gimana

:mky_03:
Kalo di SPKLU ya pasti bisa dibikin struk macam itu. Ane gatau SPKLU yg dah existing sekarang bagaimana.

Kalo numpang ngecharge bentar di rumah makan, warung kopi, rumah temen ya gaperlu struk lah wong gak bayar :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

rakyatwkwkland wrote: 12 Oct 2021, 15:57
evanbngdor wrote: 12 Oct 2021, 14:55 Selama warga +62 masih demo besar2an kalo tarif listrik per kwh nya naik sampai 2050 nanti sih rasanya agak mustahil ya bisa tercapai.

Rasa2nya tetep prefer bahan bakar minyak ketimbang listrik, meskipun sudah banyak yg bilang mobil listrik secara penghematan itu lebih baik. Belum lg nanti masalah uang transport, kalo bahan bakar minyak ya tinggal reimburse by struk aja, kalo mobil listrik, ngecharge di mana-mana. Reimburse nya gimana

:mky_03:
Kalo di SPKLU ya pasti bisa dibikin struk macam itu. Ane gatau SPKLU yg dah existing sekarang bagaimana.

Kalo numpang ngecharge bentar di rumah makan, warung kopi, rumah temen ya gaperlu struk lah wong gak bayar :ngacir:
paling lama2x tap kartu flazz dulu baru bisa charging lagian kalo di warung kopi listriknya gak kuat kecuali warung kopinya nyolong listrik dari tiang langsung :big_biglaugh:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by Zaxis »

2060 minyak dunia habis

Yah wajar 2050 musti stop produksi mobil petrol & diesel
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

Zaxis wrote: 12 Oct 2021, 19:38 2060 minyak dunia habis

Yah wajar 2050 musti stop produksi mobil petrol & diesel
malah katanya mineral bahan dasar batre lebih terbatas adu2xan aja yang mana abis duluan moga2x sebelom abis ud keluar mesin bahan bakar pisang :big_biglaugh:
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by pernahmiskin »

Kalau sy sih, ngikut alur aja.
Mau fossil energy or renewable energy.

Toh 2050 sebagian dr Kita ga akan berdebat bbm fosil atau renewable.

Tp lebih mentingin masa tua yg sehat dan nyaman, itupun kalau msh di beri umur panjang.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by martinnn »

Bumi semakin sesak ...tidak sustainable untuk 10 milyar orang
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

martinnn wrote: 13 Oct 2021, 08:18 Bumi semakin sesak ...tidak sustainable untuk 10 milyar orang
itulah kenapa sebenernya teknologi luar angkasa penting karena bisa nemu sumber daya baru dan mungkin bisa buat tempat buang limbah sekalian nyari tempat buat koloni baru tapi kok keliatannya malah jalan di tempat dan cuma fokus di bumi nanti mars aja belom sampe sumber daya kita keburu abis jadi gak bisa kesana buat nyari sumber daya baru :big_think:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by lemonadelovers »

b0ku wrote: 12 Oct 2021, 15:30
dany_pos wrote: 12 Oct 2021, 15:04
Lupa ama geothermal? Satu2nya renewable energy yg bisa beroperasi 24/7 n indonesia punya potensi besar sih klo dimanfaatkan
kalo bisa di andalkan sih harusnya ud jd sumber utama disini entah kenapa keknya gak jelas perkembangannya :big_bored:
Infonya Biaya pembangunan mahal. Lokasi di gunung
Tp balik lg klo ad negara lain yg mau bantu pendanaan sampe k alat produksi bsa dibangun jg
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

lemonadelovers wrote: 13 Oct 2021, 09:10
b0ku wrote: 12 Oct 2021, 15:30
dany_pos wrote: 12 Oct 2021, 15:04
Lupa ama geothermal? Satu2nya renewable energy yg bisa beroperasi 24/7 n indonesia punya potensi besar sih klo dimanfaatkan
kalo bisa di andalkan sih harusnya ud jd sumber utama disini entah kenapa keknya gak jelas perkembangannya :big_bored:
Infonya Biaya pembangunan mahal. Lokasi di gunung
Tp balik lg klo ad negara lain yg mau bantu pendanaan sampe k alat produksi bsa dibangun jg
iya katanya susah logistik sama bangun koneksinya ditambah banyakan lokasi strategis ada di lahan hutan lindung :big_bored:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by alexdonovan »

Menurutku agak sulit untuk total ICE phaseout kalo persyaratan dibawah ini belum terpenuhi:
- High-speed charging network sebanyak SPBU sekarang ini
- Charging time to 100% less than 15 minutes
- Range setara dengan full tank ICE bensin (400 km kalo contohnya C24)

Mewujudkan grid segede itu, mesti diitung lagi generation capacity, transmisi, dan distribusi nya. Kalo ternyata power stationnya tetap pake coal, ya sami mawon...
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

alexdonovan wrote: 13 Oct 2021, 09:31 Menurutku agak sulit untuk total ICE phaseout kalo persyaratan dibawah ini belum terpenuhi:
- High-speed charging network sebanyak SPBU sekarang ini
- Charging time to 100% less than 15 minutes
- Range setara dengan full tank ICE bensin (400 km kalo contohnya C24)

Mewujudkan grid segede itu, mesti diitung lagi generation capacity, transmisi, dan distribusi nya. Kalo ternyata power stationnya tetap pake coal, ya sami mawon...
semua itu kalo diluar ud kecapai sih masalahnya tetep batre itu butuh power grid buat di isi kalo darurat ngisinya pake genset balik lagi ujung2xnya jadi ICE lagi kalo menurut saya batre itu bukan sumber daya yang tidak bisa diandalkan :big_bored: yang susah di kalahin dari ICE itu karena ice sendiri itu sebenernya generator sedangkan batre cuma penyimpanan daya listrik, kalo menurut saya bukan masalah mobil listriknya tapi apa yang di pake buat gerakin mobil listrik itu kayak hidrogen MIRAI juga sebenernya mobil listrik tapi sumber tenaganya hydrogen aja :big_bored:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by Zaxis »

b0ku wrote: 12 Oct 2021, 21:25
Zaxis wrote: 12 Oct 2021, 19:38 2060 minyak dunia habis

Yah wajar 2050 musti stop produksi mobil petrol & diesel
malah katanya mineral bahan dasar batre lebih terbatas adu2xan aja yang mana abis duluan moga2x sebelom abis ud keluar mesin bahan bakar pisang :big_biglaugh:
Ga usa dipusingin yg mana abis duluan

Kita mah cuma konsumen tugas nya cari duit yg banyak jadi pas butuh mobil ada duitnya buat beli
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by ilhami »

semua bisa asalkan kita bisa kerja menghasilkan Yen

Yen ono duwite
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

Zaxis wrote: 13 Oct 2021, 10:55

Ga usa dipusingin yg mana abis duluan

Kita mah cuma konsumen tugas nya cari duit yg banyak jadi pas butuh mobil ada duitnya buat beli
kita sih ada diesel satu ngapain pusing paling isi minyak goreng aja kalo minyak bumi abis sekarang aja pada isi 30% minyak goreng :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by ilhami »

sekalian ampas sawit dijadikan pengganti batu bara di PLTU
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by b0ku »

ilhami wrote: 13 Oct 2021, 14:25 sekalian ampas sawit dijadikan pengganti batu bara di PLTU
kesimpulannya minyak bumi abis mineral abis yang jalan cuma diesel sama tenaga uap sama nuklir makin ngebul dah :wkkk:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.

Post by Tats »

Sementara ini sy pilih hybrid deh atau phev
Tambang nickel merusak lingkungan
Batre bekas pun beracun
Kalo batre degrading ya bayangin aja baru jalan 100km udah ngecharge jadi repot huahaha
Ev sekali ganti batre minimal 100jt
Alhasil harga bekas turun (topik kesukaan org sini, resale value)
Yg tinggal di apartemen mau ngecharge dimana?
1 charging station aja harganya muahaal, ga mungkin pengelola rela pasang di setiap slot parkir
Di uk dan eropa pun berebutan di charging station karena keterbatasan infrastruktur

Solusi sementara sih scientist cari gimana caranya ada renewable energy berbentuk minyak untuk ice
Misal 100% nabati, walau akan ada negatifnya yaitu hutan2 pada gundul dan ekosistem fawna dan satwa terancam...

Mobil pakai fuel-cell? Hidrogen muahaal pengolahannya, ga ada yg berani invest ke fuel cell

Ya pada intinya sih muter aja begini terus huahahaha
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post