solusinya beli kijang kapsul diesel terus mulung minyak goreng bekasTats wrote: ↑Wed Oct 13, 2021 11:54 Sementara ini sy pilih hybrid deh atau phev
Tambang nickel merusak lingkungan
Batre bekas pun beracun
Kalo batre degrading ya bayangin aja baru jalan 100km udah ngecharge jadi repot huahaha
Ev sekali ganti batre minimal 100jt
Alhasil harga bekas turun (topik kesukaan org sini, resale value)
Yg tinggal di apartemen mau ngecharge dimana?
1 charging station aja harganya muahaal, ga mungkin pengelola rela pasang di setiap slot parkir
Di uk dan eropa pun berebutan di charging station karena keterbatasan infrastruktur
Solusi sementara sih scientist cari gimana caranya ada renewable energy berbentuk minyak untuk ice
Misal 100% nabati, walau akan ada negatifnya yaitu hutan2 pada gundul dan ekosistem fawna dan satwa terancam...
Mobil pakai fuel-cell? Hidrogen muahaal pengolahannya, ga ada yg berani invest ke fuel cell
Ya pada intinya sih muter aja begini terus huahahaha
Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sat Jan 18, 2020 3:29
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Nunggu kabar berita truk EV bawa jeruk dari medan ke Jakarta, ntar itu truk nge-charge berapa kali...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
-
- SM Specialist
- Posts: 15539
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
nah itu jg, belum kalau rumah-rumah kecil krn harga rumah makin mahal tapi mobil makin mudah di kredit apalagi utk taksol (yakinlah dengan mindset bisnisnya kredit mobil akan dibuat semakin mudah krn high demand of safety dan comfort yang tdk didapat di public trans plus bisnis unikorn berbasis transportasi yang makin kenceng demandnya)... rumah kecil dengan daya listrik kecil dipaksa charging mobil listrik semaleman, orang AC nyala 2 biji aja belum tentu kuat.Tats wrote: ↑Wed Oct 13, 2021 11:54 Sementara ini sy pilih hybrid deh atau phev
Tambang nickel merusak lingkungan
Batre bekas pun beracun
Kalo batre degrading ya bayangin aja baru jalan 100km udah ngecharge jadi repot huahaha
Ev sekali ganti batre minimal 100jt
Alhasil harga bekas turun (topik kesukaan org sini, resale value)
Yg tinggal di apartemen mau ngecharge dimana?
1 charging station aja harganya muahaal, ga mungkin pengelola rela pasang di setiap slot parkir
Di uk dan eropa pun berebutan di charging station karena keterbatasan infrastruktur
Solusi sementara sih scientist cari gimana caranya ada renewable energy berbentuk minyak untuk ice
Misal 100% nabati, walau akan ada negatifnya yaitu hutan2 pada gundul dan ekosistem fawna dan satwa terancam...
Mobil pakai fuel-cell? Hidrogen muahaal pengolahannya, ga ada yg berani invest ke fuel cell
Ya pada intinya sih muter aja begini terus huahahaha
belum yang pendatang tinggal di kost bisa ditempeleng pemilik kost dan didemo 1 kosan listriknya drop dia pake charging hahahaha.
ya kalau skrg skenario itu gak mungkin skrg karena mobil listrik paling murah 700 juta yang iseng beli jg orang orang kaya dan selebriti youtube buat mainan dan "komitmen" ramah lingkungan, katanya.
terus blm bicara high demand listrik bikin tariff listrik naik, di saat kita bbm kelas pertalite/premium naik 100 rupiah aja udah chaos, apalagi listrik yang semua orang pake.
solusinya lagi lagi subsidi listrik baiklah tp efek samping lagi-lagi utang negara membengkak.
tapi continually pakai bbm juga tidak bijak. serba salah. hahahahaha. kecuali kita tinggal di dunia ideal dimana tempat kerja sangat aksesibel bisa via ontel / jalan kaki.
tp kenyataannya justru orang berpendapatan menengah makin kegusur ke pinggir kota makin jauh dr tempat kerjanya yang balik lg ke akhirnya butuh mobil/motor pribadi dengan segala konsekuensi dan risiko... hahahaha
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
IMHO mungkin bisa dimulai dari transportasi umum dulu semuanya pake EV ya, setidaknya bisa mengurangi sekitar 10% dr populasi kendaraan ICE khususnya di kota-kota besar, dan transportasi umumnya harus bener-bener menjangkau sampai ke daerah2 pinggiran.ChZ wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 4:13nah itu jg, belum kalau rumah-rumah kecil krn harga rumah makin mahal tapi mobil makin mudah di kredit apalagi utk taksol (yakinlah dengan mindset bisnisnya kredit mobil akan dibuat semakin mudah krn high demand of safety dan comfort yang tdk didapat di public trans plus bisnis unikorn berbasis transportasi yang makin kenceng demandnya)... rumah kecil dengan daya listrik kecil dipaksa charging mobil listrik semaleman, orang AC nyala 2 biji aja belum tentu kuat.Tats wrote: ↑Wed Oct 13, 2021 11:54 Sementara ini sy pilih hybrid deh atau phev
Tambang nickel merusak lingkungan
Batre bekas pun beracun
Kalo batre degrading ya bayangin aja baru jalan 100km udah ngecharge jadi repot huahaha
Ev sekali ganti batre minimal 100jt
Alhasil harga bekas turun (topik kesukaan org sini, resale value)
Yg tinggal di apartemen mau ngecharge dimana?
1 charging station aja harganya muahaal, ga mungkin pengelola rela pasang di setiap slot parkir
Di uk dan eropa pun berebutan di charging station karena keterbatasan infrastruktur
Solusi sementara sih scientist cari gimana caranya ada renewable energy berbentuk minyak untuk ice
Misal 100% nabati, walau akan ada negatifnya yaitu hutan2 pada gundul dan ekosistem fawna dan satwa terancam...
Mobil pakai fuel-cell? Hidrogen muahaal pengolahannya, ga ada yg berani invest ke fuel cell
Ya pada intinya sih muter aja begini terus huahahaha
belum yang pendatang tinggal di kost bisa ditempeleng pemilik kost dan didemo 1 kosan listriknya drop dia pake charging hahahaha.
ya kalau skrg skenario itu gak mungkin skrg karena mobil listrik paling murah 700 juta yang iseng beli jg orang orang kaya dan selebriti youtube buat mainan dan "komitmen" ramah lingkungan, katanya.
terus blm bicara high demand listrik bikin tariff listrik naik, di saat kita bbm kelas pertalite/premium naik 100 rupiah aja udah chaos, apalagi listrik yang semua orang pake.
solusinya lagi lagi subsidi listrik baiklah tp efek samping lagi-lagi utang negara membengkak.
tapi continually pakai bbm juga tidak bijak. serba salah. hahahahaha. kecuali kita tinggal di dunia ideal dimana tempat kerja sangat aksesibel bisa via ontel / jalan kaki.
tp kenyataannya justru orang berpendapatan menengah makin kegusur ke pinggir kota makin jauh dr tempat kerjanya yang balik lg ke akhirnya butuh mobil/motor pribadi dengan segala konsekuensi dan risiko... hahahaha
Kasus nyata, ada adiknya temen baru nikah, dengan pendapatan dan tabungan mereka, bisa beli rumah di daerah Parung Panjang. Menurut saya udah cukup berani & bagus sih mampu beli rumah seharga 300jt apalagi usia baru 26.
Cuma issue yg mereka hadapi, si istri kerja di SCBD, aman masih ada commuter line, itu salah satu alasan jg kenapa beli di Parung Panjang. Tp si suami kerja di daerah Alam Sutera, mau naik kendaraan umum juga malah repot bener, mau gak mau ya kendaraan pribadi.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 15539
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
nah betul mbah, kl kata temen temen arsitektur saya emang kota yang bagus itu minim kebutuhan untuk penggunaan transport pribadi (koreksi saya kalau salah). aktivitas rutin (sekolah, kerja, kuliah) kemana-mana terjangkau dengan jalan kaki, dan kalaupun tempat kerja jauh akses ke transport umum pun mudah.evanbngdor wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 5:00
IMHO mungkin bisa dimulai dari transportasi umum dulu semuanya pake EV ya, setidaknya bisa mengurangi sekitar 10% dr populasi kendaraan ICE khususnya di kota-kota besar, dan transportasi umumnya harus bener-bener menjangkau sampai ke daerah2 pinggiran.
Kasus nyata, ada adiknya temen baru nikah, dengan pendapatan dan tabungan mereka, bisa beli rumah di daerah Parung Panjang. Menurut saya udah cukup berani & bagus sih mampu beli rumah seharga 300jt apalagi usia baru 26.
Cuma issue yg mereka hadapi, si istri kerja di SCBD, aman masih ada commuter line, itu salah satu alasan jg kenapa beli di Parung Panjang. Tp si suami kerja di daerah Alam Sutera, mau naik kendaraan umum juga malah repot bener, mau gak mau ya kendaraan pribadi.
di sini keduanya gak ada. wkwkkwkwkw. saya pernah dari tengah kota jakarta ke BSD waktu GIIAS dulu mengurungkan niat pake bus abis kelamaan nunggunya wkwkwkwk
pdhl semua ya tau morning commute di +62 apalagi tinggal di pinggir kota itu sucks, tapi mau gak mau.
kl transport umum kyknya lebih cocok pake sistem kaya nissan kicks gitu sih, jd gak habis waktu buat charging, soalnya kl bus macem transjakarta gitu butuh batre berapa besar charging semalem gak cukup kayaknya wkwkwkwkkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Iya bener mbah, ambil aja salah satu contoh perumahan Kota Wisata di daerah cibubur, itu dari tahun 1998 sampe skg ya angkutan umum nya cuma bis aja, padahal skg Cibubur bukan kota yg terbelakang. Cuma ya tetep angkutan umumnya ngga ada yg terintegrasi dan memudahkan masyarakat di sana.ChZ wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 6:41nah betul mbah, kl kata temen temen arsitektur saya emang kota yang bagus itu minim kebutuhan untuk penggunaan transport pribadi (koreksi saya kalau salah). aktivitas rutin (sekolah, kerja, kuliah) kemana-mana terjangkau dengan jalan kaki, dan kalaupun tempat kerja jauh akses ke transport umum pun mudah.evanbngdor wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 5:00
IMHO mungkin bisa dimulai dari transportasi umum dulu semuanya pake EV ya, setidaknya bisa mengurangi sekitar 10% dr populasi kendaraan ICE khususnya di kota-kota besar, dan transportasi umumnya harus bener-bener menjangkau sampai ke daerah2 pinggiran.
Kasus nyata, ada adiknya temen baru nikah, dengan pendapatan dan tabungan mereka, bisa beli rumah di daerah Parung Panjang. Menurut saya udah cukup berani & bagus sih mampu beli rumah seharga 300jt apalagi usia baru 26.
Cuma issue yg mereka hadapi, si istri kerja di SCBD, aman masih ada commuter line, itu salah satu alasan jg kenapa beli di Parung Panjang. Tp si suami kerja di daerah Alam Sutera, mau naik kendaraan umum juga malah repot bener, mau gak mau ya kendaraan pribadi.
di sini keduanya gak ada. wkwkkwkwkw.
pdhl semua ya tau morning commute di +62 apalagi tinggal di pinggir kota itu sucks, tapi mau gak mau.
kl transport umum kyknya lebih cocok pake sistem kaya nissan kicks gitu sih, jd gak habis waktu buat charging, soalnya kl bus macem transjakarta gitu butuh batre berapa besar charging semalem gak cukup kayaknya wkwkwkwkkw.
Mau naik kendaraan umum dr sana ke pusat kota Jakarta, bisa 3 jam kali, mending bawa kendaraan pribadi
Padahal kalo angkutan umum udah proper dan terintegrasi dari awal direncanakan tata kota, berapa banyak tuh masyarakat yg pasti menggunakan transportasi umum sehari-hari, ngga butuh2 banget kendaraan pribadi untuk daily commuter
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
itu depan rumah saya aja LRT cuma baru sampe ke velodrome rawamangun coba bisa nyambung sama MRT enak kemana2x gak usah keluar mobil saya typical orang yang doyan nyetir kalo pas mau aja karena kalo sering di pake mobilnya juga sayang kalo disuruh daily commute ke kantor saya malah lebih milih naek gojekevanbngdor wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 6:50
Iya bener mbah, ambil aja salah satu contoh perumahan Kota Wisata di daerah cibubur, itu dari tahun 1998 sampe skg ya angkutan umum nya cuma bis aja, padahal skg Cibubur bukan kota yg terbelakang. Cuma ya tetep angkutan umumnya ngga ada yg terintegrasi dan memudahkan masyarakat di sana.
Mau naik kendaraan umum dr sana ke pusat kota Jakarta, bisa 3 jam kali, mending bawa kendaraan pribadi
Padahal kalo angkutan umum udah proper dan terintegrasi dari awal direncanakan tata kota, berapa banyak tuh masyarakat yg pasti menggunakan transportasi umum sehari-hari, ngga butuh2 banget kendaraan pribadi untuk daily commuter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Di sini kan memang begitu, Proyek jalan masing-masing, padahal harusnya bisa diintegrasikan. Kayak Commuter Line / MRT yg diintegrasiin sama transjakarta aja belum proper kan. Tetep aja harus keluar stasiun dulub0ku wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 7:09itu depan rumah saya aja LRT cuma baru sampe ke velodrome rawamangun coba bisa nyambung sama MRT enak kemana2x gak usah keluar mobil saya typical orang yang doyan nyetir kalo pas mau aja karena kalo sering di pake mobilnya juga sayang kalo disuruh daily commute ke kantor saya malah lebih milih naek gojekevanbngdor wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 6:50
Iya bener mbah, ambil aja salah satu contoh perumahan Kota Wisata di daerah cibubur, itu dari tahun 1998 sampe skg ya angkutan umum nya cuma bis aja, padahal skg Cibubur bukan kota yg terbelakang. Cuma ya tetep angkutan umumnya ngga ada yg terintegrasi dan memudahkan masyarakat di sana.
Mau naik kendaraan umum dr sana ke pusat kota Jakarta, bisa 3 jam kali, mending bawa kendaraan pribadi
Padahal kalo angkutan umum udah proper dan terintegrasi dari awal direncanakan tata kota, berapa banyak tuh masyarakat yg pasti menggunakan transportasi umum sehari-hari, ngga butuh2 banget kendaraan pribadi untuk daily commuter
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
- Location: BSD-SBY
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Seru nih, pasti muncul pro n kontra. wkwkwkkw. Mendingan antisipasi aja dgn waktu yg ada, misalnya dgn belajar ttg kendaraan listrik itu, termasuk modifnya gimana, ngerawatnya gmn.Turboman wrote: ↑Tue Oct 12, 2021 6:39 Mungkinkah bisa terlaksana ?
https://oto.detik.com/mobil/d-5763207/d ... t=detikoto
Jakarta - Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengampanyekan elektrifikasi di segala bidang, salah satunya industri otomotif. Menurut roadmap atau peta jalan yang dirancang, pemerintah menargetkan menyetop penjualan sepeda motor konvensional (bensin) di tahun 2040 dan mobil konvensional (bensin dan diesel) di tahun 2050.
- CUT -
IMHO :
Hal ini mungkin sangat terkait dgn upaya Pem menarik investasi industri Batere & mobil listrik di Indo
CMIIW
Ada course menarik nih di edx : https://www.edx.org/course/electric-and ... l-vehicles
kalo ada yg udah ada yg mahir ttg kendaraan listrik bagi2 dunk ilmunya hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
modifnya bypass motor listriknya lsg ke tiang listrik jgn pake batre lagi dijamin jd mobil paling kenceng seplanethenbob wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 10:42
Seru nih, pasti muncul pro n kontra. wkwkwkkw. Mendingan antisipasi aja dgn waktu yg ada, misalnya dgn belajar ttg kendaraan listrik itu, termasuk gimana, ngerawatnya gmn.
Ada course menarik nih di edx : https://www.edx.org/course/electric-and ... l-vehicles
kalo ada yg udah ada yg mahir ttg kendaraan listrik bagi2 dunk ilmunya hehe
cara ngerawatnya kalo kata tesla jgn sering2x fast charging colok aja wall charger biar batrenya umurnya panjang itu tertera di manual loh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Udah kayak commuter line aja langsung bypass ke tiang listrik. Bisa2 akselerasi 0-100 km/jam 2 detik doang kali tuhb0ku wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 11:14modifnya bypass motor listriknya lsg ke tiang listrik jgn pake batre lagi dijamin jd mobil paling kenceng seplanethenbob wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 10:42
Seru nih, pasti muncul pro n kontra. wkwkwkkw. Mendingan antisipasi aja dgn waktu yg ada, misalnya dgn belajar ttg kendaraan listrik itu, termasuk gimana, ngerawatnya gmn.
Ada course menarik nih di edx : https://www.edx.org/course/electric-and ... l-vehicles
kalo ada yg udah ada yg mahir ttg kendaraan listrik bagi2 dunk ilmunya hehe
cara ngerawatnya kalo kata tesla jgn sering2x fast charging colok aja wall charger biar batrenya umurnya panjang itu tertera di manual loh
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
0-100 bisa 1det keknya masih legal lah di dragsrtip paling kena tegor karena nyolong listrik sama mobilnya kok belakangnya ada kabel kek gundam mau meluncur ajeeeevanbngdor wrote: ↑Fri Oct 15, 2021 1:19
Udah kayak commuter line aja langsung bypass ke tiang listrik. Bisa2 akselerasi 0-100 km/jam 2 detik doang kali tuh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
bom bom car itu ada yang catu daya nya di lantai nya langsung. Bisa nggak jalan raya dibikin seperti itu aja model nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Oh ada ya bom bom car yg catu daya nya di lantai? Seumur hidup cuma tau nya ccatu daya nya di langit2 makanya ada antena tinggi di mobilnya. CMIIW
Kalo jalan raya dibikin gitu sih infrastrukturnya mesti dirombak besar2an
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
-
- SM Specialist
- Posts: 15539
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
yang aneh jg tuh surabaya kota segede gt gak ada public transport terintegrasi, ane di semarang aja masih ada transsemarang walaupun pernah 1x naik malah gak jelas di berenti berentiin dr bandara ke pusat kota bisa 2-3 x pindah bus akhirnya di 1 halte ane pesen taksol... gak kuat.evanbngdor wrote: ↑Thu Oct 14, 2021 6:50 Iya bener mbah, ambil aja salah satu contoh perumahan Kota Wisata di daerah cibubur, itu dari tahun 1998 sampe skg ya angkutan umum nya cuma bis aja, padahal skg Cibubur bukan kota yg terbelakang. Cuma ya tetep angkutan umumnya ngga ada yg terintegrasi dan memudahkan masyarakat di sana.
Mau naik kendaraan umum dr sana ke pusat kota Jakarta, bisa 3 jam kali, mending bawa kendaraan pribadi
Padahal kalo angkutan umum udah proper dan terintegrasi dari awal direncanakan tata kota, berapa banyak tuh masyarakat yg pasti menggunakan transportasi umum sehari-hari, ngga butuh2 banget kendaraan pribadi untuk daily commuter
d sini mah kyknya ada lahan kosong langsung deh jadi perumahan baru, studi kelayakannya seperti cuma asal approve kotanya makin sesak, imbasnya tata kota makin kacau, pemerintah mau bikin rapi jadi susah sendiri, hasilnya acara gusur menggusur jd makin sering.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 600
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
terserah negara lain mau paksa warganya switch ke mobil listrik, cuma buat Indo baiknya fokus juga dehh nanganin limbah pabrik konvensional, baik limbah udara maupun limbah air, belum lagi ditambah limbah limbah rumah tangga & orang bakar sampah sembarangan.
Percuma kalo mobil dipaksa pindah ke listrik tapi dari dalem mobil kita masih ngeliat orang asal buang buang busa cuci baju atau sampah plastik ke sungai, bakar sampah sembarangan, masuk ke daerah penyangga masih ketemu modelan bis antar kota "tinta cumi-cumi", belum lagi kalo nongkrong di pinggir sungai airnya warnanya gak jelas & isinya sampah ngambang mulu.
Sebelum pemerinta latah ngomongin mobil listrik mending kerja bareng-masyarakat dulu untuk cari jalan keluar dan saling mengedukasi gimana caranya proses buang limbah rumah tangga maupun limbah rumah pabrik yang aman, mudah dan murah.
Kasian mobil ICE selalu dikambinghitamkan sebagai penyebab kerusakan lingkingan, padahal masih banyak juga penyebab-penyebab kerusakan lingkungan lain yang jarang di-highlight
Percuma kalo mobil dipaksa pindah ke listrik tapi dari dalem mobil kita masih ngeliat orang asal buang buang busa cuci baju atau sampah plastik ke sungai, bakar sampah sembarangan, masuk ke daerah penyangga masih ketemu modelan bis antar kota "tinta cumi-cumi", belum lagi kalo nongkrong di pinggir sungai airnya warnanya gak jelas & isinya sampah ngambang mulu.
Sebelum pemerinta latah ngomongin mobil listrik mending kerja bareng-masyarakat dulu untuk cari jalan keluar dan saling mengedukasi gimana caranya proses buang limbah rumah tangga maupun limbah rumah pabrik yang aman, mudah dan murah.
Kasian mobil ICE selalu dikambinghitamkan sebagai penyebab kerusakan lingkingan, padahal masih banyak juga penyebab-penyebab kerusakan lingkungan lain yang jarang di-highlight
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 600
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Setuju Om, ngeri lho kalo liat video-video tambang nikel,Tats wrote: ↑Wed Oct 13, 2021 11:54 Sementara ini sy pilih hybrid deh atau phev
Tambang nickel merusak lingkungan
Batre bekas pun beracun
Kalo batre degrading ya bayangin aja baru jalan 100km udah ngecharge jadi repot huahaha
Ev sekali ganti batre minimal 100jt
Alhasil harga bekas turun (topik kesukaan org sini, resale value)
Yg tinggal di apartemen mau ngecharge dimana?
1 charging station aja harganya muahaal, ga mungkin pengelola rela pasang di setiap slot parkir
Di uk dan eropa pun berebutan di charging station karena keterbatasan infrastruktur
Solusi sementara sih scientist cari gimana caranya ada renewable energy berbentuk minyak untuk ice
Misal 100% nabati, walau akan ada negatifnya yaitu hutan2 pada gundul dan ekosistem fawna dan satwa terancam...
Mobil pakai fuel-cell? Hidrogen muahaal pengolahannya, ga ada yg berani invest ke fuel cell
Ya pada intinya sih muter aja begini terus huahahaha
buat yg belum pernah nonton yaa kurang lebih sebagian penambangan nikel mirip-mirip sama penambangan emas freeport, gunung/bukit & hutan bisa dibabat abis & dikeruk sampe jadi lembah, dampak alamnya lebih besar daripada penambangan minyak, kalau tidak salah penambangan minyak baru menghadapi resiko besar kalau ada kebakaran atau kebocoran pipa, sedangkan penambangan nikel yaa sampai limbah-limbahnya pun merusak alam & membuat sedimentasi di sungai/laut, serta siapakah yg mau merehabilitasi gunung-gunung/bukit-bukit yang sudah jadi lembah karena sudah dikeruk habis. CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Mending lahan kosong, deket rumah saya malah ada waduk alami yg cukup besar itu diuruk entah berapa besar gunung yg diambil buat nguruk itu waduk yang skg dijadiin cluster sekitar 100 rumah.ChZ wrote: ↑Fri Oct 15, 2021 6:54 yang aneh jg tuh surabaya kota segede gt gak ada public transport terintegrasi, ane di semarang aja masih ada transsemarang walaupun pernah 1x naik malah gak jelas di berenti berentiin dr bandara ke pusat kota bisa 2-3 x pindah bus akhirnya di 1 halte ane pesen taksol... gak kuat.
d sini mah kyknya ada lahan kosong langsung deh jadi perumahan baru, studi kelayakannya seperti cuma asal approve kotanya makin sesak, imbasnya tata kota makin kacau, pemerintah mau bikin rapi jadi susah sendiri, hasilnya acara gusur menggusur jd makin sering.
Udah gitu developernya ngaco pula, saluran pembuangan dialirin ke perumahan sekitarnya (numpang). Entah dibayar berapa itu warga perumahan, kok ngga protes
Nah, pengelolaan sampah basah & kering aja belom beres, itu potensi ledakan gas limbah di TPA aja mungkin ngga ada yg peduli.casabalancas wrote: ↑Fri Oct 15, 2021 7:43 terserah negara lain mau paksa warganya switch ke mobil listrik, cuma buat Indo baiknya fokus juga dehh nanganin limbah pabrik konvensional, baik limbah udara maupun limbah air, belum lagi ditambah limbah limbah rumah tangga & orang bakar sampah sembarangan.
Percuma kalo mobil dipaksa pindah ke listrik tapi dari dalem mobil kita masih ngeliat orang asal buang buang busa cuci baju atau sampah plastik ke sungai, bakar sampah sembarangan, masuk ke daerah penyangga masih ketemu modelan bis antar kota "tinta cumi-cumi", belum lagi kalo nongkrong di pinggir sungai airnya warnanya gak jelas & isinya sampah ngambang mulu.
Sebelum pemerinta latah ngomongin mobil listrik mending kerja bareng-masyarakat dulu untuk cari jalan keluar dan saling mengedukasi gimana caranya proses buang limbah rumah tangga maupun limbah rumah pabrik yang aman, mudah dan murah.
Kasian mobil ICE selalu dikambinghitamkan sebagai penyebab kerusakan lingkingan, padahal masih banyak juga penyebab-penyebab kerusakan lingkungan lain yang jarang di-highlight
Minyak jelantah dibuang ke got rumah, nyuci baju pake deterjen limbahnya dibuang ke got rumah jg, lama2 jadi pendangkalan got & pencemaran jg. Belom banyak juga yang aware hal itu. Nyuci pakaian sebenernya bisa pake baking soda atau buah lerak, kalaupun harus deterjen ya pilih yg ramah lingkungan, banyak kok skg deterjen yg ramah lingkungan.
Composter itu wajib hukumnya buat setiap rumah tangga kalo mau pengelolaan limbah yang lebih baik, ngga usah muluk2. Cukup masukin sisa makanan / kulit buah, sayur, dll. Atau bisa juga dibikin Eco Enzyme yg multifungsi juga. Cuma ya memang agak susah mengedukasi. Tetangga aja ada yg buang sampahnya jadi 1 itu sampah makanan, sampah elektronik (baterai), sampah kering. Ngga sekalian aja sampah masyarakat dimasukin jadi 1
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 15539
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
betul mbah, kalau dipikir pikir sebenarnya beberapa negara yang berani declare mau phase out di tahun berapa itu rata-rata ya secara industri maupun infrastruktur ud siap, bukan latah-latahan doang. minimal masyarakatnya ud gak demo pemerintah urusan perut, tapi urusan biar climate change bill dilolosin parlemen.casabalancas wrote: ↑Fri Oct 15, 2021 7:43 terserah negara lain mau paksa warganya switch ke mobil listrik, cuma buat Indo baiknya fokus juga dehh nanganin limbah pabrik konvensional, baik limbah udara maupun limbah air, belum lagi ditambah limbah limbah rumah tangga & orang bakar sampah sembarangan.
Percuma kalo mobil dipaksa pindah ke listrik tapi dari dalem mobil kita masih ngeliat orang asal buang buang busa cuci baju atau sampah plastik ke sungai, bakar sampah sembarangan, masuk ke daerah penyangga masih ketemu modelan bis antar kota "tinta cumi-cumi", belum lagi kalo nongkrong di pinggir sungai airnya warnanya gak jelas & isinya sampah ngambang mulu.
Sebelum pemerinta latah ngomongin mobil listrik mending kerja bareng-masyarakat dulu untuk cari jalan keluar dan saling mengedukasi gimana caranya proses buang limbah rumah tangga maupun limbah rumah pabrik yang aman, mudah dan murah.
Kasian mobil ICE selalu dikambinghitamkan sebagai penyebab kerusakan lingkingan, padahal masih banyak juga penyebab-penyebab kerusakan lingkungan lain yang jarang di-highlight
penduduknya jg ud punya kebiasaan hidup seperti jalan kaki, nyepeda ke kantor, naik transportasi umum, memang jadi kebiasaan bukan for the sake of keliatan edgy aja.
peralihan ke elektrik tanpa sistem jaring pengaman sosial dan sistem infrastruktur yang memadai (bukan cm charging port saja), hanya akan memperburuk dan potensi konflik horizontalnya tinggi. our state leaders musti sadar kalau moblis bukan solusi overnight untuk environment yang simsalabim ganti mobil listrik semua maka langit bersih, gak gitu mainnya, ada banyak elemen yang lebih dalam dan musti disiapkan sebelum ngomong mau phase out.
minimal anggaran tuh jangan diborosin buat ngaspal jalan gak jelas tiap taun yang tetep bolong juga for the sake of penyerapan anggaran. tp bikin yang konkrit seperti fasilitas pengolahan limbah dan recycling. makin miris kl kita udah susah-susah misahin sampah plastik dan organik ampe buangnya ya tetep dijadiin 1... atau mikirin gimana jaring pengaman sosial sehingga buat isu gini-gini gak lagi pusing konflik horizontal krn hutan dekat pemukiman penduduk digundulin yang akhirnya penduduknya kena imbas lingkungannya...
ya terlepas dari di negara-negara "maju" produsen moblis, mereka nambangnya jg di negara lain jadi gak ada konflik horizontal di negaranya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
contohnya tambang nikel dan mineral bahan baku mobil listrik yang ngerusak hutan dan bikin tanah jadi gersang gitu ya?????casabalancas wrote: ↑Fri Oct 15, 2021 7:43 terserah negara lain mau paksa warganya switch ke mobil listrik, cuma buat Indo baiknya fokus juga dehh nanganin limbah pabrik konvensional, baik limbah udara maupun limbah air, belum lagi ditambah limbah limbah rumah tangga & orang bakar sampah sembarangan.
Percuma kalo mobil dipaksa pindah ke listrik tapi dari dalem mobil kita masih ngeliat orang asal buang buang busa cuci baju atau sampah plastik ke sungai, bakar sampah sembarangan, masuk ke daerah penyangga masih ketemu modelan bis antar kota "tinta cumi-cumi", belum lagi kalo nongkrong di pinggir sungai airnya warnanya gak jelas & isinya sampah ngambang mulu.
Sebelum pemerinta latah ngomongin mobil listrik mending kerja bareng-masyarakat dulu untuk cari jalan keluar dan saling mengedukasi gimana caranya proses buang limbah rumah tangga maupun limbah rumah pabrik yang aman, mudah dan murah.
Kasian mobil ICE selalu dikambinghitamkan sebagai penyebab kerusakan lingkingan, padahal masih banyak juga penyebab-penyebab kerusakan lingkungan lain yang jarang di-highlight
sangat hijau.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2527
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
Lhaa trus yang hobby offroad-an sama pake mobil buat camping gimana tuh …? pasang penangkal petir di atep mobil buat nge charge batre kali ye .
Pembangkit listrik tenaga petir
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Indonesia Phase out Petrol & Diesel car by 2050.
ya balik ke jaman batu versi mereka bawa gensetKielConstantine wrote: ↑Fri Oct 15, 2021 9:02
Lhaa trus yang hobby offroad-an sama pake mobil buat camping gimana tuh …? pasang penangkal petir di atep mobil buat nge charge batre kali ye .
Pembangkit listrik tenaga petir