Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Hasilnya
- Cold start temp ke working temp jauuuuh lebih cepet daripada jaman pake TMO 10W-40 Cuma sekitar 2-3 menit jarum temperatur udah naik seperempat. Biasanya 10 menit baru seperempat tuh.
Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
Positif om..
Panas disini kan maksudnya working temp optimal mesin.. Kalo kelamaan naiknya kan malah boros, karena saat mesin masih dingin campuran bbm cenderung dibikin kaya
Setelah mesin berada pada working temp kan suhu mesin stabil karena radiator mulai bekerja
Cmiiw..
Iya sih om bener juga
Tp ane pribadi di 3SZ VE dr TMO 10-40 ke AMS SS 0W-20 ga merasa lebih cepet suhu naik ke working temp, malahan kalo udh tercapai working temp jeda waktu antar ekstra fan nyala lebih lama.
triport13 wrote: ↑Thu Oct 21, 2021 2:43
Iya sih om bener juga
Tp ane pribadi di 3SZ VE dr TMO 10-40 ke AMS SS 0W-20 ga merasa lebih cepet suhu naik ke working temp, malahan kalo udh tercapai working temp jeda waktu antar ekstra fan nyala lebih lama.
Saya ngerasa cukup signifikan sih om bedanya. Memang spesifikasi yg diminta 2ZR-FE saya ini minimal 5W-30, jadi ketika dikasih 10W-40 ya nggak heran kalau saya ngalamin lama panasnya saat cold start. Bahkan latest manual book 2ZR-FE udah mencantumkan minimum requirement 0W-20.
CMIIW, yang ngefek dgn cepat lambatnya mesin meraih working temperature justru yg 10W dan 0W nya kan om, the lower the “W” rating, the faster the oil flows when cold and the easier the engine turns over to start. Selama pake TMO 10W-40 ini mobil naiknya lama banget suhu awalnya, tapi setelah ganti ke 0W-20 nggak jadi gampang panas dalam arti setelah dipake suhunya panas banget. Tentu oli dengan viskositas lebih tinggi punya heat resistance yg lebih baik, tp bukan berarti kalo pake yg encer jadi nggak kuat. Saya berani2 aja sih soalnya sistem cooling masih sehat banget dan so far kemarin nggak ada issue mesin terlalu panas.
Intinya kalo mau pergi jd ga perlu lama2 nunggu manasin mesin
Hasilnya
- Cold start temp ke working temp jauuuuh lebih cepet daripada jaman pake TMO 10W-40 Cuma sekitar 2-3 menit jarum temperatur udah naik seperempat. Biasanya 10 menit baru seperempat tuh.
Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
Positif karena fungsi mesin & pelumasan akan maksimal ketika oil temp mencapai suhu optimal. Mesin yang dingin melulu juga berpotensi menyebabkan oil fuel dilution karena mesin dingin biasa run rich (olinya tercampur bensin sehingga properti pelumasannya menurun).
wah ternyata bener klo mobil kebanyakan ngendon di garasi, bikin fuel dilution.
saya baru saja ngalami, angl livina 2013 , pake oli valvoline synpower 5w30 ganti maret 2021, bbm vpower nitro. oli pake 4500 an udah warna merah. km mobil 96rb, baru x ini fd. ganti oli tiap 5000km, soalnya cuman 3 liter murmer.
dipake pp jkt-sby 2x, selebihnya cuman dipanasi doang wkwkwk. skrg pake oli ptt evotec abu2 5w30 hasil nyetok bli2
triport13 wrote: ↑Wed Oct 20, 2021 13:43
Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
Positif karena fungsi mesin & pelumasan akan maksimal ketika oil temp mencapai suhu optimal. Mesin yang dingin melulu juga berpotensi menyebabkan oil fuel dilution karena mesin dingin biasa run rich (olinya tercampur bensin sehingga properti pelumasannya menurun).
wah ternyata bener klo mobil kebanyakan ngendon di garasi, bikin fuel dilution.
saya baru saja ngalami, angl livina 2013 , pake oli valvoline synpower 5w30 ganti maret 2021, bbm vpower nitro. oli pake 4500 an udah warna merah. km mobil 96rb, baru x ini fd. ganti oli tiap 5000km, soalnya cuman 3 liter murmer.
dipake pp jkt-sby 2x, selebihnya cuman dipanasi doang wkwkwk. skrg pake oli ptt evotec abu2 5w30 hasil nyetok bli2
Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
Positif karena fungsi mesin & pelumasan akan maksimal ketika oil temp mencapai suhu optimal. Mesin yang dingin melulu juga berpotensi menyebabkan oil fuel dilution karena mesin dingin biasa run rich (olinya tercampur bensin sehingga properti pelumasannya menurun).
wah ternyata bener klo mobil kebanyakan ngendon di garasi, bikin fuel dilution.
saya baru saja ngalami, angl livina 2013 , pake oli valvoline synpower 5w30 ganti maret 2021, bbm vpower nitro. oli pake 4500 an udah warna merah. km mobil 96rb, baru x ini fd. ganti oli tiap 5000km, soalnya cuman 3 liter murmer.
dipake pp jkt-sby 2x, selebihnya cuman dipanasi doang wkwkwk. skrg pake oli ptt evotec abu2 5w30 hasil nyetok bli2
Klo di wilayah subtropis.. iya kemungkinan krn cyl liner msh dingin sehingga ada sebagian fuel yg nempel di liner tdk terbakar sempurna
Tp klo di wilayah tropis kyk kita.. rasanya kecil kemungkinan sih.. krn wall liner itu cepat naik temp nya (bedakan dgn coolant temp yg di dashboard)
Ada faktor lain jg yg mesti diperhatiin terkait km yg lumayan tinggi misal injektor tdk mengabut sempurna sehingga droplet nya besar2; atau injector bocor; atau liner sdh aus sehingga blowby besar dll.. dll..
Klo di wilayah subtropis.. iya kemungkinan krn cyl liner msh dingin sehingga ada sebagian fuel yg nempel di liner tdk terbakar sempurna
Tp klo di wilayah tropis kyk kita.. rasanya kecil kemungkinan sih.. krn wall liner itu cepat naik temp nya (bedakan dgn coolant temp yg di dashboard)
Ada faktor lain jg yg mesti diperhatiin terkait km yg lumayan tinggi misal injektor tdk mengabut sempurna sehingga droplet nya besar2; atau injector bocor; atau liner sdh aus sehingga blowby besar dll.. dll..
wah thanks om sarannya, mungkin memang sudah waktunya service besar. rencana memang nanti kalo udah km 100rb mau masuk bengkel buat service rutin.
terakhir service rutin km 50rb pas garansi mesin habis. selama ini ya cuman ganti oli doang tiap 5rb wkwkwk
gejala ngebul, mesin brebet, oli berkurang belum ada. cuman memang kayaknya kok pake valvoline synpower 5w30 kurang nendang tarikannya.
ganti ptt evotec 5w30 botol abu2 barusan hari ini saya coba italian tune up di tol cipularang jkt-bdg gigi 3-4 (mt), mesin jadi enteng lg tarikan maknyuss.
gan oli merk Mobil 1 bagus ngga ya?, soalnya oli NGO skrg udh ngga pke dri idemitsu lgi. Tpi udh ke pindah ke Mobil 1.
So far udh bbrapa thn belakangan ini livina L11 slalu pke NGO 5w-30 krna puas, dl sempet pke shell(spek sama 5w-30) ngga enak bgt buat high rpm mesin brasa lbh berisik. Ps balik pke NGO, lumayan alus buat high rpm.
Cikaboom wrote: ↑Sat Oct 23, 2021 11:55
Tanya oli.
gan oli merk Mobil 1 bagus ngga ya?, soalnya oli NGO skrg udh ngga pke dri idemitsu lgi. Tpi udh ke pindah ke Mobil 1.
So far udh bbrapa thn belakangan ini livina L11 slalu pke NGO 5w-30 krna puas, dl sempet pke shell(spek sama 5w-30) ngga enak bgt buat high rpm mesin brasa lbh berisik. Ps balik pke NGO, lumayan alus buat high rpm.
Wah gile om nissan royal banget kasih mobil 1. Tp harganya berapaan? Kl mobil 1 asli di retail serem banget harganya, apa mungkin mobil super ya?
Cikaboom wrote: ↑Sat Oct 23, 2021 11:55
Tanya oli.
gan oli merk Mobil 1 bagus ngga ya?, soalnya oli NGO skrg udh ngga pke dri idemitsu lgi. Tpi udh ke pindah ke Mobil 1.
So far udh bbrapa thn belakangan ini livina L11 slalu pke NGO 5w-30 krna puas, dl sempet pke shell(spek sama 5w-30) ngga enak bgt buat high rpm mesin brasa lbh berisik. Ps balik pke NGO, lumayan alus buat high rpm.
Wah gile om nissan royal banget kasih mobil 1. Tp harganya berapaan? Kl mobil 1 asli di retail serem banget harganya, apa mungkin mobil super ya?
Ohya mngkin jga om mobil super, modelan botol nya sih kya bgni gan.
03316B63-B049-4D91-899A-705E6B465E2B.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Cikaboom wrote: ↑Sat Oct 23, 2021 11:55
Tanya oli.
gan oli merk Mobil 1 bagus ngga ya?, soalnya oli NGO skrg udh ngga pke dri idemitsu lgi. Tpi udh ke pindah ke Mobil 1.
So far udh bbrapa thn belakangan ini livina L11 slalu pke NGO 5w-30 krna puas, dl sempet pke shell(spek sama 5w-30) ngga enak bgt buat high rpm mesin brasa lbh berisik. Ps balik pke NGO, lumayan alus buat high rpm.
Wah gile om nissan royal banget kasih mobil 1. Tp harganya berapaan? Kl mobil 1 asli di retail serem banget harganya, apa mungkin mobil super ya?
ExxMob kan udah jalanin pabrik ex Federal
pasti mrk mau tempur all out lawan Sh & Pert.....means semua kelas bisa dimasuki
Siapa tahu mrk juga akan masuk kelas She Merah / Mesran Prima XP
Mohon petunjuk nya minimal pake oli SAE berapa ya ini? Di manual book nya di rekomendasikan sae 20W-50. Gak kebayang berat tarikannya nanti [emoji28]
Rencana mau ganti di 5k/6bln selanjutnya pakai SAE oli yg blh dipake minimal. Btw, mobil nya proton persona.
Makasih om2 semua [emoji16][emoji120]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by yogaecho on Mon Oct 25, 2021 12:11, edited 2 times in total.
yogaecho wrote: ↑Mon Oct 25, 2021 11:55
Malam om2 semua,
Mohon petunjuk nya minimal pake oli SAE berapa ya ini? Di manual book nya di rekomendasikan sae 20W-50. Gak kebayang berat tarikannya nanti [emoji28]
Rencana mau ganti di 5k/6bln selanjutnya pakai SAE oli yg blh dipake minimal. Btw, mobil nya proton persona.
Makasih om2 semua [emoji16][emoji120]
w30 masih ok, om
Dgn ambience temp yg ada di indo (sesuai kebutuhan mesin tsb).
0w30
5w30
10w30
Should be No issue.
Yg ptg tuh radiator + fan sehat,
dan biasakan selalu drain max 2 thn sekali
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yogaecho wrote: ↑Mon Oct 25, 2021 11:55
Malam om2 semua,
Mohon petunjuk nya minimal pake oli SAE berapa ya ini? Di manual book nya di rekomendasikan sae 20W-50. Gak kebayang berat tarikannya nanti [emoji28]
Rencana mau ganti di 5k/6bln selanjutnya pakai SAE oli yg blh dipake minimal. Btw, mobil nya proton persona.
Makasih om2 semua [emoji16][emoji120]
w30 masih ok, om
Dgn ambience temp yg ada di indo (sesuai kebutuhan mesin tsb).
0w30
5w30
10w30
Should be No issue.
Yg ptg tuh radiator + fan sehat,
dan biasakan selalu drain max 2 thn sekali
Okee om klo aman di buntut w30, tinggal cari oli 5w30 yg lagi diskon aja pas mau drain [emoji1787]
yogaecho wrote: ↑Mon Oct 25, 2021 11:55
Malam om2 semua,
Mohon petunjuk nya minimal pake oli SAE berapa ya ini? Di manual book nya di rekomendasikan sae 20W-50. Gak kebayang berat tarikannya nanti [emoji28]
Rencana mau ganti di 5k/6bln selanjutnya pakai SAE oli yg blh dipake minimal. Btw, mobil nya proton persona.
Makasih om2 semua [emoji16][emoji120]
w30 masih ok, om
Dgn ambience temp yg ada di indo (sesuai kebutuhan mesin tsb).
0w30
5w30
10w30
Should be No issue.
Yg ptg tuh radiator + fan sehat,
dan biasakan selalu drain max 2 thn sekali
Okee om klo aman di buntut w30, tinggal cari oli 5w30 yg lagi diskon aja pas mau drain [emoji1787]
Makasih [emoji120]
Itu mksd saya drain air radiator yaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Om ada yg pernah pake oli KIXX G1 5W30? Gmn om impresinya? Compare dg TQ9000 future 5W30 better mana? Harga beti soalnya d toko ijo. Buat d Yasir bakpao, ganti per 6k/6bln. Terima kasih