Aki Ampere VS CCA

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by MSU »

Auanz wrote: 02 Feb 2021, 09:01 jadi intinya bagusan mana nih basah, hybrid atau kering ? setau ane garansi yang paling lama ngasi itu kl ganti aki di shopndrive di kasih 2 tahun garansi. tapi syaratnya 3 bulan sekali arus cek aki ke mereka.

yang ke 2 paling lama bosch deh. mereka ngasih 1 1/2 tahun. yang laen2 rata2 1 tahun.
cmiiw...kalo saya masih demen basah (yg baru diisi air waktu beli)...teorinya umur baru mulai pas air diisi
hybrid / kering ya ok aja apalagi kl ga sempet cek2 mobil, cari toko yg perputaran barangnya cepet aja spy selalu fresh
rekor saya GS premium (isi air pas beli) di diesel 5thn blm mati & di kijang 4thn blm mati jg
skrg yg di kijang lg test incoe...pingin tau umur tahan brp lama
cm sy ganti karena takut koit di jalan tar nyusahin aja
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Dudd88 »

Omnibus wrote: 02 Feb 2021, 12:09
Dudd88 wrote: 02 Feb 2021, 10:46 Kalau cek aki dari indikatornya, yg ada warna biru, merah , putih di aki apakah bisa jadi patokan ya? Aki terakhir ganti th 2018, starter masih enak. Tapi kadang jarum speedometer gerak2 sendiri, padahal mobil diam. Indikator ABS jg kadang mati nyala. Apakah pengaruh aki yg sudah lemah? Tks
indikator sight glass msh bisa jd patokan.

kl yg jarum speedo sama abs itu ga ada hub sm aki sptnya. krn 2 komponen itu sharing data kecepatan kendaraan. kemungkinan ada masalah pada speed sensor (biasanya lokasi sensor di transmisi) atau ada ground point yg sdh ga bagus (bisa krn korosi di terminalnya ataupun kabel nya digigit binatang atau korosi jg).
Ok, tks om, brarti sight glass bisa lah ya jadi acuan. Kebetulan indikator masih bagus. Kebetulan mobil parkir di luar, cuma ada atap aja, sering ada tikus & disemutin :big_childish:
Tapi kalau diperhatiin errornya sering kalau mobil lama gak dipake.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Omnibus »

Salvanost wrote: 02 Feb 2021, 12:15
kunaskun wrote: 01 Feb 2021, 22:07
Omnibus wrote: 01 Feb 2021, 20:20 next time kl ngetes voltase, test sekali lg sambil lampu headlamp dinyalain om, loaded test. kl drop jauh voltase nya sampai 11 koma atau bahkan dibawahnya itu artinya udah minta dilembiru.
kalau mobil zaman now ga bisa digituin. kan lampunya LED semua. irit daya = irit beban. :big_biglaugh:
paling aman si tetep pake tool khusus cek aki, mau yg bentuknya masih analog kaya stavolt atau yg digital.
Gua buka ac nyalain radio nyalain lampu emang drop ke 11-an

Masalahnya Amaron itu load test emang drop ke 11an
Dari baru beli kek gitu

Beda sama aki lain bisa diatas 12

Amaron unik ini yg drop CCAnya bukan voltasenya

Ini post lama saya 2016
Salvanost wrote: 10 Jun 2016, 11:02
impz wrote:
cek di bengkel aja om. biasanya kan bengkel2 sekarang punya alatnya tuh buat cek kemampuan simpan voltase, sama kemampuang charging dari alternator nya.

voltase sih masih wajar, mesin lom nyala 12-an
mesin dah nyala 14-an ==> tapi dari voltase segini sih harusnya masih termasuk normal, om.
hari ini ganti amaron MF
mesin nyala 14,1-14,2
tapi yg gua bingung kok mesin mati 11.9...
tar dicek berkala deh...
moga2 aja bisa awet diatas 2 tahun...

terus pas ganti aki, aki lama di kutub merah ada oksidasi, kalau ada oksidasi cara tau itu salah aki lama atau salah altenator atau cuma kotor doank gimana ya?
kl aki baru tp pas mesin mati 11 koma itu cuma undercharge. tinggal pakai charger aki yg proper (yg bisa automatic bbrp step, bukan yg cuma panteng 13-14V aja) tinggalin semalaman, paginya udah full. ini kl aki baru ya yg asumsinya health masih 100%.

kl tetep undercharge stlh dipakai bbrp kali berarti charging system bermasalah. bisa pakai alat check aki yg digital krn dia ada ripple test juga utk tau kondisi alternator pas produksi AC current nya stabil ngga.

dan juga hrs dicek voltage drop di setiap titik pakai multimeter, di bawah ini referensi angkanya. kondisi terminal hrs bersih dr korosi, kl ada korosi dibersihkan dulu.

Negative voltage drop (-ve batt vs alternator casing; all accessories on) max. 0.1V @ 1500 rpm.
-> set multimeter ke volt DC mode. kabel merah ke body casing alternator, kabel hitam ke negatif aki. kl tandanya minus abaikan minusnya, baca angkanya saja, anggap absolute value.

Positive voltage drop (+ve batt vs alternator B+; all accessories on) max. 0.3V @ 1500 rpm.
-> set multimeter ke volt DC mode. kabel merah ke positif post alternator (kabel besar yg ada karet penutup merahnya, kabel hitam ke positif aki. kl tandanya minus abaikan minusnya, baca angkanya saja, anggap absolute value.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Omnibus »

Dudd88 wrote: 02 Feb 2021, 12:50
Ok, tks om, brarti sight glass bisa lah ya jadi acuan. Kebetulan indikator masih bagus. Kebetulan mobil parkir di luar, cuma ada atap aja, sering ada tikus & disemutin :big_childish:
Tapi kalau diperhatiin errornya sering kalau mobil lama gak dipake.
semut juga demen tuh ngumpul di terminal kabel. tp lbh mudah handle nya tinggal semprot baygon.

kl tikus sy pernah korban honda vario yg ditaruh di car port (kl mobil di garasi tertutup semua, aman). habis kabel dibawah dek digigitin. sy bersihin n sambung2 lagi, ribet n kesel sm tikus krn tetangga sebelah waktu itu rumah makan suka buang sampah makanan di depan halaman dia, lari dan tinggalnya di kebun saya. :big_bored:

setelah coba perangkap tikus dan racun tikus, ternyata cara yg paling mudah itu pakai ratgone. beli di olshop ada. hati2 kl punya pets atau anak kecil jangan sampai makan itu. tinggal taruh aja di deket jalur tikus, bentuknya block dadu. cara kerjanya bikin pendarahan dalam sampai badan kering ga ada darahnya. jd matinya ga bau. dan biasanya mati di jalan, itu tikus gabruknya bisa dimana aja. bisa jg di sarangnya bawah tanah krn dia bawa itu block racun ke sarangnya, mati kabeh lah. bubye suckaaa .... sebel bgt sm tikus :big_biglaugh:


Image

*not affiliated with ratgone. only satisfied user.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 02 Feb 2021, 13:12
Dudd88 wrote: 02 Feb 2021, 12:50
Ok, tks om, brarti sight glass bisa lah ya jadi acuan. Kebetulan indikator masih bagus. Kebetulan mobil parkir di luar, cuma ada atap aja, sering ada tikus & disemutin :big_childish:
Tapi kalau diperhatiin errornya sering kalau mobil lama gak dipake.
semut juga demen tuh ngumpul di terminal kabel. tp lbh mudah handle nya tinggal semprot baygon.

kl tikus sy pernah korban honda vario yg ditaruh di car port (kl mobil di garasi tertutup semua, aman). habis kabel dibawah dek digigitin. sy bersihin n sambung2 lagi, ribet n kesel sm tikus krn tetangga sebelah waktu itu rumah makan suka buang sampah makanan di depan halaman dia, lari dan tinggalnya di kebun saya. :big_bored:

setelah coba perangkap tikus dan racun tikus, ternyata cara yg paling mudah itu pakai ratgone. beli di olshop ada. hati2 kl punya pets atau anak kecil jangan sampai makan itu. tinggal taruh aja di deket jalur tikus, bentuknya block dadu. cara kerjanya bikin pendarahan dalam sampai badan kering ga ada darahnya. jd matinya ga bau. dan biasanya mati di jalan, itu tikus gabruknya bisa dimana aja. bisa jg di sarangnya bawah tanah krn dia bawa itu block racun ke sarangnya, mati kabeh lah. bubye suckaaa .... sebel bgt sm tikus :big_biglaugh:


Image

*not affiliated with ratgone. only satisfied user.
Tikus yahh

Hal yg ga akan perna terjadi d saya

Scara carport saya jd tempat dunia malam nya meong2 komplek

Makanya mending skalian kolong mobil dijadiin tempat maksiat meong jg aj mbah, gratis, bebas bahan beracun
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 02 Feb 2021, 13:45
Tikus yahh

Hal yg ga akan perna terjadi d saya

Scara carport saya jd tempat dunia malam nya meong2 komplek

Makanya mending skalian kolong mobil dijadiin tempat maksiat meong jg aj mbah, gratis, bebas bahan beracun
kucing bikin bengek, tokainya dimana2, malem2 ribut, kl lagi musim kawin ngehe. wah bisa kelar di tangan ane mbah. bedanya abis itu ane dihukum sm penyayang binatang n jadi duta perkucingan. :mky_04:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: 01 Feb 2021, 22:20 msh bisa sih om, mobil sy led juga sy coba drop juga. aki kl udah lemah dikasih beban asal jangan kecil bgt kaya lampu interior led pasti drop.

ya kl mau tambahin lagi blower AC sama defogger nyalain :big_weee:
nah ini malah baru tau, karena pernah baca spek lampu headlamp itu cuma 19W sebiji kalau ga salah. lampu halogen kan 55w sebiji.
Salvanost wrote: 02 Feb 2021, 12:15
Gua buka ac nyalain radio nyalain lampu emang drop ke 11-an

Masalahnya Amaron itu load test emang drop ke 11an
Dari baru beli kek gitu

Beda sama aki lain bisa diatas 12

Amaron unik ini yg drop CCAnya bukan voltasenya
memang aki ada yang kaya gitu. ada yang CCA duluan, ada yang voltage duluan. cuma pengalaman selama ini pake macem2 modele GS, pasti CCA duluan yg drop.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by kunaskun »

Dudd88 wrote: 02 Feb 2021, 10:46 Kalau cek aki dari indikatornya, yg ada warna biru, merah , putih di aki apakah bisa jadi patokan ya? Aki terakhir ganti th 2018, starter masih enak. Tapi kadang jarum speedometer gerak2 sendiri, padahal mobil diam. Indikator ABS jg kadang mati nyala. Apakah pengaruh aki yg sudah lemah? Tks
indikator aki yg built-in itu hanya menunjukkan salah satu sel aki saja. kan aki itu isinya dari beberapa sel. bisa jadi sel yg ada indikator itu memang bagus kondisinya, eh sel yang lain sudah drop/rusak.

utk speedo dan ABS nyala mestinya ga ada korelasi langsung dengan aki. paling coba cek dulu di scanner.
mkamil wrote: 02 Feb 2021, 10:04 Bosch 55B19L di BRV sejak mid 2018, setahun ini banyak parkir di rumah karena ditinggal ke site jadinya beli charger untuk maintenance aja.
Kondisinya masih lumayan oke dari lancarnya start dan indikator charger (75%) sampai sekarang.

bosch 1.jpg

bosch 2.jpg
charger dan akinya satu merek :big_okay:
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Dudd88 »

Omnibus wrote: 02 Feb 2021, 13:12
Dudd88 wrote: 02 Feb 2021, 12:50
Ok, tks om, brarti sight glass bisa lah ya jadi acuan. Kebetulan indikator masih bagus. Kebetulan mobil parkir di luar, cuma ada atap aja, sering ada tikus & disemutin :big_childish:
Tapi kalau diperhatiin errornya sering kalau mobil lama gak dipake.
semut juga demen tuh ngumpul di terminal kabel. tp lbh mudah handle nya tinggal semprot baygon.

kl tikus sy pernah korban honda vario yg ditaruh di car port (kl mobil di garasi tertutup semua, aman). habis kabel dibawah dek digigitin. sy bersihin n sambung2 lagi, ribet n kesel sm tikus krn tetangga sebelah waktu itu rumah makan suka buang sampah makanan di depan halaman dia, lari dan tinggalnya di kebun saya. :big_bored:

setelah coba perangkap tikus dan racun tikus, ternyata cara yg paling mudah itu pakai ratgone. beli di olshop ada. hati2 kl punya pets atau anak kecil jangan sampai makan itu. tinggal taruh aja di deket jalur tikus, bentuknya block dadu. cara kerjanya bikin pendarahan dalam sampai badan kering ga ada darahnya. jd matinya ga bau. dan biasanya mati di jalan, itu tikus gabruknya bisa dimana aja. bisa jg di sarangnya bawah tanah krn dia bawa itu block racun ke sarangnya, mati kabeh lah. bubye suckaaa .... sebel bgt sm tikus :big_biglaugh:


Image

*not affiliated with ratgone. only satisfied user.
Hehe... mantap jg obatnya om. 3 bulan lalu ada tikus mati di sela2 kap mesin. Sampai sekarang belum bisa ngeluarinnya. :big_bored:
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Dudd88 »

kunaskun wrote: 02 Feb 2021, 14:35
Dudd88 wrote: 02 Feb 2021, 10:46 Kalau cek aki dari indikatornya, yg ada warna biru, merah , putih di aki apakah bisa jadi patokan ya? Aki terakhir ganti th 2018, starter masih enak. Tapi kadang jarum speedometer gerak2 sendiri, padahal mobil diam. Indikator ABS jg kadang mati nyala. Apakah pengaruh aki yg sudah lemah? Tks
indikator aki yg built-in itu hanya menunjukkan salah satu sel aki saja. kan aki itu isinya dari beberapa sel. bisa jadi sel yg ada indikator itu memang bagus kondisinya, eh sel yang lain sudah drop/rusak.

utk speedo dan ABS nyala mestinya ga ada korelasi langsung dengan aki. paling coba cek dulu di scanner.
mkamil wrote: 02 Feb 2021, 10:04 Bosch 55B19L di BRV sejak mid 2018, setahun ini banyak parkir di rumah karena ditinggal ke site jadinya beli charger untuk maintenance aja.
Kondisinya masih lumayan oke dari lancarnya start dan indikator charger (75%) sampai sekarang.

bosch 1.jpg

bosch 2.jpg
charger dan akinya satu merek :big_okay:
Noted om, brarti tetap perlu waspada jg ya barangkali sel lainnya rusak
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 06 Aug 2019, 21:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by mkamil »

3 tahun 1 bulan, Bosch 55B19L saya ganti karena indikatornya sudah tidak ada warnanya. Selama 3 bulan terakhir mobil parkir karena saya belum bisa pulang, sebenarnya mobil masih bisa start walaupun kalau kondisi pagi (dingin) agak panjang start nya, kalau sudah digunakan lama normal untuk re-start.

Saya ganti dengan Varta Blue Dynamic ukuran sama 55B19L, mudah2an bertahan lama.CCA Lebih besar sedikit.
0EF5B1AB-4DCD-48DE-92F3-EC4806DC5105.jpeg
0EF5B1AB-4DCD-48DE-92F3-EC4806DC5105.jpeg (1.24 MiB) Viewed 724 times
B9535E3A-18E1-49A3-9CF8-E0ECFE78C083.jpeg
B9535E3A-18E1-49A3-9CF8-E0ECFE78C083.jpeg (1.77 MiB) Viewed 724 times
Oh ya, Bosch Made in South Korea. Varta sekarang lepas dari Johson Controls jadi Clarios yang didalamnya ada Delkor. Apalagi Blue Dynamic tipe entri level. Apakah 2 battery ini rebagde Delkor? :big_think:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by nugroho bagor »

mkamil wrote: 07 Oct 2021, 08:02 3 tahun 1 bulan, Bosch 55B19L saya ganti karena indikatornya sudah tidak ada warnanya. Selama 3 bulan terakhir mobil parkir karena saya belum bisa pulang, sebenarnya mobil masih bisa start walaupun kalau kondisi pagi (dingin) agak panjang start nya, kalau sudah digunakan lama normal untuk re-start.

Saya ganti dengan Varta Blue Dynamic ukuran sama 55B19L, mudah2an bertahan lama.CCA Lebih besar sedikit.

0EF5B1AB-4DCD-48DE-92F3-EC4806DC5105.jpeg

B9535E3A-18E1-49A3-9CF8-E0ECFE78C083.jpeg

Oh ya, Bosch Made in South Korea. Varta sekarang lepas dari Johson Controls jadi Clarios yang didalamnya ada Delkor. Apalagi Blue Dynamic tipe entri level. Apakah 2 battery ini rebagde Delkor? :big_think:
Wah sama om, pakai varta juga, semoga awet ya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Omnibus »

mkamil wrote: 07 Oct 2021, 08:02 3 tahun 1 bulan, Bosch 55B19L saya ganti karena indikatornya sudah tidak ada warnanya. Selama 3 bulan terakhir mobil parkir karena saya belum bisa pulang, sebenarnya mobil masih bisa start walaupun kalau kondisi pagi (dingin) agak panjang start nya, kalau sudah digunakan lama normal untuk re-start.

Saya ganti dengan Varta Blue Dynamic ukuran sama 55B19L, mudah2an bertahan lama.CCA Lebih besar sedikit.

0EF5B1AB-4DCD-48DE-92F3-EC4806DC5105.jpeg

B9535E3A-18E1-49A3-9CF8-E0ECFE78C083.jpeg

Oh ya, Bosch Made in South Korea. Varta sekarang lepas dari Johson Controls jadi Clarios yang didalamnya ada Delkor. Apalagi Blue Dynamic tipe entri level. Apakah 2 battery ini rebagde Delkor? :big_think:
equivalent delkornya cuma 35Ah CCA 310 (38b20L)
Ak01382
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 27 Apr 2017, 21:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Ak01382 »

suhu mau tanya buat Nissan ANGL 2013, uda saatnya ganti aki
sebelumnya pakai GS ASTRA tipe gs-46b24l ( uda 3 tahun 6 bln), pas dicek voltasenya ud di angka 10 doank. uda menghitung bulan.

lagi liat2 ada promo trade in di SND. aki GS astra NS 60 45AH
type Hybrid - Rp 849k atau tipe MF Rp 1.071K

mana yg lebih oke ya. dr mekanik SND kasih saran yg hybrid aja untuk mobil Nissan.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by ilhami »

mantap harganya deh. Harga aki lagi naik.

Dulu pernah dengar grand livina kopling manual bermasalah kena tumpahan air aki. Ambil yang MF aja Om.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by benzz89 »

Ak01382 wrote:suhu mau tanya buat Nissan ANGL 2013, uda saatnya ganti aki
sebelumnya pakai GS ASTRA tipe gs-46b24l ( uda 3 tahun 6 bln), pas dicek voltasenya ud di angka 10 doank. uda menghitung bulan.

lagi liat2 ada promo trade in di SND. aki GS astra NS 60 45AH
type Hybrid - Rp 849k atau tipe MF Rp 1.071K

mana yg lebih oke ya. dr mekanik SND kasih saran yg hybrid aja untuk mobil Nissan.
Kl aki yg terakhir om pakai itu bs bertahan 3 thn 6 bln sih saran ane pake aki itu lg aja om.

Jarang sekali aki yg bs bertahan segitu lama di mesin lipindut yg sdh terkenal "makan aki".

Lipindut ane (2012) dulu gak ada yg bs tembus 2 thn umurnya, 2 thn kurang dikit sdh pst tewas, itu sdh pakai yg aki kering (MF), yg kl tewas gak kasih persiapan sama sekali alias langsung gak bs start sama sekali, msh untung tewasnya di rumah wkt itu.

S&D jg setau ane gak mau ksh garansi ke akinya khusus utk lipindut, ini dulu yah, gak tau kl skrng gimana.
Ak01382
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 27 Apr 2017, 21:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Ak01382 »

ilhami wrote: 05 Nov 2021, 15:18 mantap harganya deh. Harga aki lagi naik.

Dulu pernah dengar grand livina kopling manual bermasalah kena tumpahan air aki. Ambil yang MF aja Om.
normalnya berapa si om? saya pikir kalo beda dikit ama beli di toko offline
mending di SND karena dpt garansi 1 thn, dgn catatan 2bulan 1 x check ke t4 mereka. ga boleh kelewat nanti garansi gugur.


benzz89 wrote: 05 Nov 2021, 16:26
Ak01382 wrote:suhu mau tanya buat Nissan ANGL 2013, uda saatnya ganti aki
sebelumnya pakai GS ASTRA tipe gs-46b24l ( uda 3 tahun 6 bln), pas dicek voltasenya ud di angka 10 doank. uda menghitung bulan.

lagi liat2 ada promo trade in di SND. aki GS astra NS 60 45AH
type Hybrid - Rp 849k atau tipe MF Rp 1.071K

mana yg lebih oke ya. dr mekanik SND kasih saran yg hybrid aja untuk mobil Nissan.
Kl aki yg terakhir om pakai itu bs bertahan 3 thn 6 bln sih saran ane pake aki itu lg aja om.

Jarang sekali aki yg bs bertahan segitu lama di mesin lipindut yg sdh terkenal "makan aki".

Lipindut ane (2012) dulu gak ada yg bs tembus 2 thn umurnya, 2 thn kurang dikit sdh pst tewas, itu sdh pakai yg aki kering (MF), yg kl tewas gak kasih persiapan sama sekali alias langsung gak bs start sama sekali, msh untung tewasnya di rumah wkt itu.

S&D jg setau ane gak mau ksh garansi ke akinya khusus utk lipindut, ini dulu yah, gak tau kl skrng gimana.
gt ya om. bedanya mayan banget soalnya hampir 220 k ( bisa buat oli 2-3bottle x 1 L promo)
pengen coba kalo yg hybrid bisa selama ini ga. pemakaian normal2 aja dalkot kadang lukot. gada updgred audio , HID dkk (Std abis)
Ak01382
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 27 Apr 2017, 21:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Ak01382 »

benzz89 wrote: 05 Nov 2021, 16:26
Ak01382 wrote:suhu mau tanya buat Nissan ANGL 2013, uda saatnya ganti aki
sebelumnya pakai GS ASTRA tipe gs-46b24l ( uda 3 tahun 6 bln), pas dicek voltasenya ud di angka 10 doank. uda menghitung bulan.

lagi liat2 ada promo trade in di SND. aki GS astra NS 60 45AH
type Hybrid - Rp 849k atau tipe MF Rp 1.071K

mana yg lebih oke ya. dr mekanik SND kasih saran yg hybrid aja untuk mobil Nissan.
Kl aki yg terakhir om pakai itu bs bertahan 3 thn 6 bln sih saran ane pake aki itu lg aja om.

Jarang sekali aki yg bs bertahan segitu lama di mesin lipindut yg sdh terkenal "makan aki".

Lipindut ane (2012) dulu gak ada yg bs tembus 2 thn umurnya, 2 thn kurang dikit sdh pst tewas, itu sdh pakai yg aki kering (MF), yg kl tewas gak kasih persiapan sama sekali alias langsung gak bs start sama sekali, msh untung tewasnya di rumah wkt itu.

S&D jg setau ane gak mau ksh garansi ke akinya khusus utk lipindut, ini dulu yah, gak tau kl skrng gimana.
akhirnya ane ganti yg Hybrid aja om, 45A.
total costnya = 760k plus uji emisi plus dapet injection cleaner
dapat garansi 12 bulan, 2 bulan 1 x harus ceki2 ke SND

best deal saat ini. untuk yg mau ganti aki SND lg ultah jd promonya mayan worth it
*bukanSelesCumaPelangganYgPuas
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post