Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:12
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 12:28
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 12:10

ini yasir saya awalnya R15 di up ke R16 om velg nya. jadi bannya jg di up dari 185/60 (std) ke 195/50.
kondisi jalanan gunung nya sama, agak miring karena pinggir2 nya lebih turun. jalan miring + belok, berasa bgt setelah parkir itu

untuk angin, pakai nitrogen dari toko ban nya. kondisi 35psi waktu proses pasang velg & ban, 33,3 psi waktu sebelum jalan.
Oh udh up velg yaaa.
Ya udh jaga di rentang 35 - 38 psi ajah.
tau pressure standart ukuran ban tertentu dari mana ya mbah? buat bahan belajar jg klo ada :big_childish:
Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 24 May 2021, 12:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 13:31
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:12
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 12:28

Oh udh up velg yaaa.
Ya udh jaga di rentang 35 - 38 psi ajah.
tau pressure standart ukuran ban tertentu dari mana ya mbah? buat bahan belajar jg klo ada :big_childish:
Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
2012 - 1NZFE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:53
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 13:31
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:12

tau pressure standart ukuran ban tertentu dari mana ya mbah? buat bahan belajar jg klo ada :big_childish:
Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
I think spt itu, mbah.
Apalagi alatnya nya kita gaktau udh calibrated well atau belum :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 24 May 2021, 12:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 15:20
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:53
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 13:31

Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
I think spt itu, mbah.
Apalagi alatnya nya kita gaktau udh calibrated well atau belum :mky_01:
Dicopy mbah. Amannya 35psi biar ada spare jika memuai karena ada campuran selain nitrogen. Tekanan jg beda sama volume sih, lupa :mky_01:
2012 - 1NZFE
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by blloewy »

dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:53
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 13:31
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:12

tau pressure standart ukuran ban tertentu dari mana ya mbah? buat bahan belajar jg klo ada :big_childish:
Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
Ada yg pake lipindut?
Itu di manual book sama tempelan deket pintu supir ditulis begini.
1. Normal + maks 3 orang dewasa : 35 - 35 psi (depan belakang)
2. Normal + lbh dari 3 orang dewasa : 35 - 44 psi ( depan belakang)
Normal atau standar menurut saya kl msh pake velg standard pabrik plus ban rekomendasi pabrik 185/65 R15.
Itu saya pake LM705 di 35-40 psi sich skrg.
So far aman2 aja.
Btw, LM705 emang sedikit downgrade dari LM704 memang krn ada embel2 sport nya kaya enasave gt :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Spies »

blloewy wrote: 07 Nov 2021, 06:09
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:53
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 13:31

Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
Ada yg pake lipindut?
Itu di manual book sama tempelan deket pintu supir ditulis begini.
1. Normal + maks 3 orang dewasa : 35 - 35 psi (depan belakang)
2. Normal + lbh dari 3 orang dewasa : 35 - 44 psi ( depan belakang)
Normal atau standar menurut saya kl msh pake velg standard pabrik plus ban rekomendasi pabrik 185/65 R15.
Itu saya pake LM705 di 35-40 psi sich skrg.
So far aman2 aja.
Btw, LM705 emang sedikit downgrade dari LM704 memang krn ada embel2 sport nya kaya enasave gt :big_grin:
Enak nggak om LM705?
Saya lagi ngincer buat ban depan lipindut nih
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by blloewy »

Spies wrote: 08 Nov 2021, 08:28
blloewy wrote: 07 Nov 2021, 06:09
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:53

garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
Ada yg pake lipindut?
Itu di manual book sama tempelan deket pintu supir ditulis begini.
1. Normal + maks 3 orang dewasa : 35 - 35 psi (depan belakang)
2. Normal + lbh dari 3 orang dewasa : 35 - 44 psi ( depan belakang)
Normal atau standar menurut saya kl msh pake velg standard pabrik plus ban rekomendasi pabrik 185/65 R15.
Itu saya pake LM705 di 35-40 psi sich skrg.
So far aman2 aja.
Btw, LM705 emang sedikit downgrade dari LM704 memang krn ada embel2 sport nya kaya enasave gt :big_grin:
Enak nggak om LM705?
Saya lagi ngincer buat ban depan lipindut nih
Enak2 aja saya pake om.
Di jalan licin tol sumatera yg beton 80% saya berani 100-120 kpj asal braking ok dan sepi.
Grip di jalan oke kok.
Cuma ya itu kudu hati2 ama sidewall nya aja krn ya typical ban eco.
Dah tu jaga tekanan ban di 35 depan dan 40 belakang kl saya.
kl 44 belakang sesuai rekomendasi manual book kl muatan penuh malah saya ngga PeDe meskipun si LM bilang maks bisa 50-55 psi apa ya :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

AFaIK. ban Eco dgn sidewall 2ply untuk ukuran 16 ke bawah, Ecopia.

dan ban kelas touring sidewal 2ply (di atas eco), ada:
- BS Turanza
- GY Triplemax 2
- Micin primacy

cmiiw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

dinatara wrote: 06 Nov 2021, 12:10
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 10:00
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 06:41 Tanya dong mbah, saya barusan upgrade dari 185/60 R15(dunlop sp 2030) ke 195/50 R16 (turanza t005), itu tekanan ban seharusnya berapa ya?
Awal dari toko ban dikasih 35psi karena langsung dibawa luar kota sendirian (350an km), lalu 2 minggu parkir dan dipake lagi (33,3 psi) kok rasanya pas tikungan jadi miring2 ya mobilnya?
Waktu awal itu gk miring2 feels nya. Apa karena tekanan beda dari awal?

Btw impresi dari dunlop 2030 ke turanza ini bagus, hajar jalan basah pede bgt. Grip feelsnya dapet, ntah karena tipe ban atau ukuran yg lebih lebar. Lebih senyap iya, tp pas kena marka jalan rada bunyi 'nguuung'
Karena size ban lbh lebar dibanding ukuran std (which is udh sesuai sm lebar velg 5,5), jd ban baru lbh ngelipet dikit pas belok.
Ini sy pernah alami dulu ketika up lbh lebar dgn velg yg sama.
Jd better pakai lebar ban yg sama.

Klo pk nitro tekanan 35 psi ideal.
Lbh stabil klo di tol, less floaty.

Dan nitro atau oksigen tanpa kandungan air, tekanannya gak turun naik.
Jd lbh safe.
ini yasir saya awalnya R15 di up ke R16 om velg nya. jadi bannya jg di up dari 185/60 (std) ke 195/50.
kondisi jalanan gunung nya sama, agak miring karena pinggir2 nya lebih turun. jalan miring + belok, berasa bgt setelah parkir itu

untuk angin, pakai nitrogen dari toko ban nya. kondisi 35psi waktu proses pasang velg & ban, 33,3 psi waktu sebelum jalan.
saya sering ganti velg dan ukuran ban, patokan saya ini bukan katanya orang
https://www.toyotires.com/media/3729/ap ... 200723.pdf
https://tiresize.com/pressure-calculator/

Saya yaris joker pernah ganti ukuran ban berbeda. walaupun velgnya masih sama sizenya.
kebanyakan toko ban ga tau soal tekanan angin berdasarkan load index dan ukuran ban.
skrg saya pakai 205 50 16 dari aslinya 195 50 16, ukuran anginnya ternyata mesti dikurangi dari 30 (ukuran pabrik) jadi 27 dan ternyata memang benar ride qualitynya jadi pas. ga lembek dan ga keras. awal2nya disamain koq aneh bgt, pas saya tes pake kapur. itu yg napak cuma tengahnya. setelah 27psi, skrg pas. padahal banyak orang bilang tekanan angin dikurangi berbahaya, disini pentingnya tekanan angin yg proper based on load index.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

vincewonk wrote: 08 Nov 2021, 10:38
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 12:10
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 10:00
Karena size ban lbh lebar dibanding ukuran std (which is udh sesuai sm lebar velg 5,5), jd ban baru lbh ngelipet dikit pas belok.
Ini sy pernah alami dulu ketika up lbh lebar dgn velg yg sama.
Jd better pakai lebar ban yg sama.

Klo pk nitro tekanan 35 psi ideal.
Lbh stabil klo di tol, less floaty.

Dan nitro atau oksigen tanpa kandungan air, tekanannya gak turun naik.
Jd lbh safe.
ini yasir saya awalnya R15 di up ke R16 om velg nya. jadi bannya jg di up dari 185/60 (std) ke 195/50.
kondisi jalanan gunung nya sama, agak miring karena pinggir2 nya lebih turun. jalan miring + belok, berasa bgt setelah parkir itu

untuk angin, pakai nitrogen dari toko ban nya. kondisi 35psi waktu proses pasang velg & ban, 33,3 psi waktu sebelum jalan.
saya sering ganti velg dan ukuran ban, patokan saya ini bukan katanya orang
https://www.toyotires.com/media/3729/ap ... 200723.pdf
https://tiresize.com/pressure-calculator/

Saya yaris joker pernah ganti ukuran ban berbeda. walaupun velgnya masih sama sizenya.
kebanyakan toko ban ga tau soal tekanan angin berdasarkan load index dan ukuran ban.
skrg saya pakai 205 50 16 dari aslinya 195 50 16, ukuran anginnya ternyata mesti dikurangi dari 30 (ukuran pabrik) jadi 27 dan ternyata memang benar ride qualitynya jadi pas. ga lembek dan ga keras. awal2nya disamain koq aneh bgt, pas saya tes pake kapur. itu yg napak cuma tengahnya. setelah 27psi, skrg pas. padahal banyak orang bilang tekanan angin dikurangi berbahaya, disini pentingnya tekanan angin yg proper based on load index.
mantapp :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by wicaksono99 »

dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:53
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 13:31
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:12

tau pressure standart ukuran ban tertentu dari mana ya mbah? buat bahan belajar jg klo ada :big_childish:
Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
Menurut hemat saya nih ya... Nilai tekanan ban yang ada di samping pintu mobil itu digunakan dalam keadaan kondisi ban dingin/temperatur ruang. Kalau om isi angin dari rumah ke pom nitrogen terdekat/spbu itu ban udah naik lagi temperaturnya meskipun itu jarak dekat (rata2 kisaran 30 derajat keatas), ini baru jalan.. Ketika diisi nitrogen/angin temperatur ban naik lagi bisa sekitar 1-2 derajat. Let say om udah oke nih terlihat tekanan 35psi di bannya. Begitu balik lagi kerumah dan didiemin lama lalu kondisi ban dingin itu tekanan ban turun loh bisa ke 32-33 psi.
Jadi kalo om targetnya tekanan ban 35psi cobalah naikan 2 psi dari target (isi tekanan 37psi), nanti kondisi dingin dapet tuh tekanan 35psi dan working temperatur masih dapet di 37. Ini berdasarkan pengalaman saya pakai tpms internal di ban. Saya selalu terapkan cara ini dan rata2 dalam 1,5 bulan baru isi nitrogen kembali karna berkurang 2 psi.

Sialnya mekanik beres banyak yg ga tau prinsip ini. Tiap ke beres honda servis brio punya kk, selalu diturunin tekanan bannya sama mekanik ke 28 (udah cape2 naikin tekanan nitrogen ke 33 psi malah diturunin) dan ini kondisi ban temparatur panas, kalau dingin bakal nyusut lagi tekanannya 😅. Makanya skrng kalau ke beres pasti bilang tekanan ban jangan diutak atik, rotasi ban pun saya kasih tau patternnya. 😄
Peter10
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 07 Apr 2018, 10:06
Location: Tangerang
Daily Vehicle: L15Z

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Peter10 »

blloewy wrote: 07 Nov 2021, 06:09
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 13:53
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 13:31

Klo velg dan ban std, ada di manual book.
Atau di pinggir pintu bagian supir.

Tp itu based on angin biasa, buat antisipasi klo terjadi kenaikan tekanan yg bs sampai 40 psi di jalan tol yg panas.

Jd klo pk nitro, ya bisa diup sampai max 40 psi, krn nitro pressure nya stabil.
garis besarnya, tekanan ban itu di range 35-40 psi dengan nitrogen, seberapapun size ban tsb ya?
Ada yg pake lipindut?
Itu di manual book sama tempelan deket pintu supir ditulis begini.
1. Normal + maks 3 orang dewasa : 35 - 35 psi (depan belakang)
2. Normal + lbh dari 3 orang dewasa : 35 - 44 psi ( depan belakang)
Normal atau standar menurut saya kl msh pake velg standard pabrik plus ban rekomendasi pabrik 185/65 R15.
Itu saya pake LM705 di 35-40 psi sich skrg.
So far aman2 aja.
Btw, LM705 emang sedikit downgrade dari LM704 memang krn ada embel2 sport nya kaya enasave gt :big_grin:
om klo dari LM704 ke LM705 downgrade dari sisi apanya?
saya ada rencana ganti ke LM705.
trus pada kasus sy terkait tekanan ban di pintu, standar 33psi pakai gt champiro trus di ganti LM704 baru bisa napak sempurna di 35psi.
tabel di pintu mobil itu untuk semua ban atau ban bawaan saja ya?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by kunaskun »

vincewonk wrote: 08 Nov 2021, 10:38 saya sering ganti velg dan ukuran ban, patokan saya ini bukan katanya orang
https://www.toyotires.com/media/3729/ap ... 200723.pdf
https://tiresize.com/pressure-calculator/

Saya yaris joker pernah ganti ukuran ban berbeda. walaupun velgnya masih sama sizenya.
kebanyakan toko ban ga tau soal tekanan angin berdasarkan load index dan ukuran ban.
skrg saya pakai 205 50 16 dari aslinya 195 50 16, ukuran anginnya ternyata mesti dikurangi dari 30 (ukuran pabrik) jadi 27 dan ternyata memang benar ride qualitynya jadi pas. ga lembek dan ga keras. awal2nya disamain koq aneh bgt, pas saya tes pake kapur. itu yg napak cuma tengahnya. setelah 27psi, skrg pas. padahal banyak orang bilang tekanan angin dikurangi berbahaya, disini pentingnya tekanan angin yg proper based on load index.
baru tau kalau ternyata ada cara ngitung kaya gitu di mobil, karena selama ini saya gunakan cara hitung load rating x pressure itu untuk ban sepeda road bike yg tentu beda 5 psi saja beda banget. selama ini kalau nitrogen di mobil dengan ukuran ban beda sekalipun malah saya isi sesuai standard. toh namanya tekanan gas itu sama saja dimanapun, mau nitrogen atau angin ban campur2 gitu.

iseng coba hitung malah serem banget lihatnya underpressure gitu :big_biglaugh: karena ban kurang tekanan lebih bahaya daripada kelebihan tekanan. cuma ini kan berdasarkan load index ya.
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Spies »

blloewy wrote: 08 Nov 2021, 09:52
Spies wrote: 08 Nov 2021, 08:28
blloewy wrote: 07 Nov 2021, 06:09
Ada yg pake lipindut?
Itu di manual book sama tempelan deket pintu supir ditulis begini.
1. Normal + maks 3 orang dewasa : 35 - 35 psi (depan belakang)
2. Normal + lbh dari 3 orang dewasa : 35 - 44 psi ( depan belakang)
Normal atau standar menurut saya kl msh pake velg standard pabrik plus ban rekomendasi pabrik 185/65 R15.
Itu saya pake LM705 di 35-40 psi sich skrg.
So far aman2 aja.
Btw, LM705 emang sedikit downgrade dari LM704 memang krn ada embel2 sport nya kaya enasave gt :big_grin:
Enak nggak om LM705?
Saya lagi ngincer buat ban depan lipindut nih
Enak2 aja saya pake om.
Di jalan licin tol sumatera yg beton 80% saya berani 100-120 kpj asal braking ok dan sepi.
Grip di jalan oke kok.
Cuma ya itu kudu hati2 ama sidewall nya aja krn ya typical ban eco.
Dah tu jaga tekanan ban di 35 depan dan 40 belakang kl saya.
kl 44 belakang sesuai rekomendasi manual book kl muatan penuh malah saya ngga PeDe meskipun si LM bilang maks bisa 50-55 psi apa ya :big_peace:
Hahaha saya mah jarang banget lari 100 om..
Tapi katanya road noise juga lumayan senyap ya LM705?

Saya juga pernah ban belakang diisi 44, ga enak banget hahaha..
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by blloewy »

Spies wrote: 08 Nov 2021, 12:15
blloewy wrote: 08 Nov 2021, 09:52
Spies wrote: 08 Nov 2021, 08:28

Enak nggak om LM705?
Saya lagi ngincer buat ban depan lipindut nih
Enak2 aja saya pake om.
Di jalan licin tol sumatera yg beton 80% saya berani 100-120 kpj asal braking ok dan sepi.
Grip di jalan oke kok.
Cuma ya itu kudu hati2 ama sidewall nya aja krn ya typical ban eco.
Dah tu jaga tekanan ban di 35 depan dan 40 belakang kl saya.
kl 44 belakang sesuai rekomendasi manual book kl muatan penuh malah saya ngga PeDe meskipun si LM bilang maks bisa 50-55 psi apa ya :big_peace:
Hahaha saya mah jarang banget lari 100 om..
Tapi katanya road noise juga lumayan senyap ya LM705?

Saya juga pernah ban belakang diisi 44, ga enak banget hahaha..
Kl senyap iya Om...lumayan senyap banget.
Cuma denger2 u dapatkan senyap itu terpaksa dinding ban lbh lentur u menyerap noise.
Makanya infonya sidewallnya lbh fleksibel aka lebih lentur dibanding LM704.
Nah lbh lenturnya ini apakah artinya lbh lembut dari LM704.
nubie in all things - still need to learn
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

kunaskun wrote: 08 Nov 2021, 11:54
vincewonk wrote: 08 Nov 2021, 10:38 saya sering ganti velg dan ukuran ban, patokan saya ini bukan katanya orang
https://www.toyotires.com/media/3729/ap ... 200723.pdf
https://tiresize.com/pressure-calculator/

Saya yaris joker pernah ganti ukuran ban berbeda. walaupun velgnya masih sama sizenya.
kebanyakan toko ban ga tau soal tekanan angin berdasarkan load index dan ukuran ban.
skrg saya pakai 205 50 16 dari aslinya 195 50 16, ukuran anginnya ternyata mesti dikurangi dari 30 (ukuran pabrik) jadi 27 dan ternyata memang benar ride qualitynya jadi pas. ga lembek dan ga keras. awal2nya disamain koq aneh bgt, pas saya tes pake kapur. itu yg napak cuma tengahnya. setelah 27psi, skrg pas. padahal banyak orang bilang tekanan angin dikurangi berbahaya, disini pentingnya tekanan angin yg proper based on load index.
baru tau kalau ternyata ada cara ngitung kaya gitu di mobil, karena selama ini saya gunakan cara hitung load rating x pressure itu untuk ban sepeda road bike yg tentu beda 5 psi saja beda banget. selama ini kalau nitrogen di mobil dengan ukuran ban beda sekalipun malah saya isi sesuai standard. toh namanya tekanan gas itu sama saja dimanapun, mau nitrogen atau angin ban campur2 gitu.

iseng coba hitung malah serem banget lihatnya underpressure gitu :big_biglaugh: karena ban kurang tekanan lebih bahaya daripada kelebihan tekanan. cuma ini kan berdasarkan load index ya.
paling parah om saya ada liat org pake pajero ganti ban AT jd lebih tebal. padahal menurut load index table itu, harusnya lebih keras.
Ini dia malah ngurangin anginnya katanya keras. ya bgitulah nasib ban Light truck, sidewallnya keras. Bukti kenapa banyak ban pecah di tol karena tekanan angin dianggap sepele.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: 08 Nov 2021, 10:02 AFaIK. ban Eco dgn sidewall 2ply untuk ukuran 16 ke bawah, Ecopia.

dan ban kelas touring sidewal 2ply (di atas eco), ada:
- BS Turanza
- GY Triplemax 2
- Micin primacy

cmiiw
Wah, baru tahu ane ekopeyang 16 inch ke bawah sidewall 2 ply. Benar kah itu oom? Ane kira selama ini cmn 1 ply, apa ane salah liat yak... Coba ah besok pagi tak intip ke boil. Kebetulan pake yg R13 nih. Kalo 2 ply membanggakan jg nih ban eco kere hore satu ini :big_love:

Btw sebenernya kalo micin XM2+ mau dikategorikan sbg ban eco dia jg 2 ply sih dgn catetan kayanya mulai taun produksi 2021 pertengahan kemari. Kalo yg 2021 awal masih 1 ply. Cmn harganya yg dah gak bersaing di kelas eco, lebih ke turanza... :mky_04:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: 08 Nov 2021, 20:47
Suryaputra wrote: 08 Nov 2021, 10:02 AFaIK. ban Eco dgn sidewall 2ply untuk ukuran 16 ke bawah, Ecopia.

dan ban kelas touring sidewal 2ply (di atas eco), ada:
- BS Turanza
- GY Triplemax 2
- Micin primacy

cmiiw
Wah, baru tahu ane ekopeyang 16 inch ke bawah sidewall 2 ply. Benar kah itu oom? Ane kira selama ini cmn 1 ply, apa ane salah liat yak... Coba ah besok pagi tak intip ke boil. Kebetulan pake yg R13 nih. Kalo 2 ply membanggakan jg nih ban eco kere hore satu ini :big_love:

Btw sebenernya kalo micin XM2+ mau dikategorikan sbg ban eco dia jg 2 ply sih dgn catetan kayanya mulai taun produksi 2021 pertengahan kemari. Kalo yg 2021 awal masih 1 ply. Cmn harganya yg dah gak bersaing di kelas eco, lebih ke turanza... :mky_04:
sy prnh pakai micin XM+ generasi 1 dulu.
4 ban di baleno.

2 depan; yg satu sobek samping, yg satu benjol samping.
habis tu agak kapok pakai micin lg, dan baru tau tnyt waktu itu msh 1 ply, padahal harganya lbh tinggi dikit dibanding turanza ar20.

akhirnya... gantinya 2 ban depan micin tsb, balik pakai turanza ar20.
sampai tu baleno dijual awet ban nya.

silent nya 11 12, tapi handlingnya XM+ jelek banget waktu itu, letoy hahaha
klo turanza lbh balance, rigid nya juga dapet, kebisingan mirip" aja
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: 08 Nov 2021, 21:26
rakyatwkwkland wrote: 08 Nov 2021, 20:47
Suryaputra wrote: 08 Nov 2021, 10:02 AFaIK. ban Eco dgn sidewall 2ply untuk ukuran 16 ke bawah, Ecopia.

dan ban kelas touring sidewal 2ply (di atas eco), ada:
- BS Turanza
- GY Triplemax 2
- Micin primacy

cmiiw
Wah, baru tahu ane ekopeyang 16 inch ke bawah sidewall 2 ply. Benar kah itu oom? Ane kira selama ini cmn 1 ply, apa ane salah liat yak... Coba ah besok pagi tak intip ke boil. Kebetulan pake yg R13 nih. Kalo 2 ply membanggakan jg nih ban eco kere hore satu ini :big_love:

Btw sebenernya kalo micin XM2+ mau dikategorikan sbg ban eco dia jg 2 ply sih dgn catetan kayanya mulai taun produksi 2021 pertengahan kemari. Kalo yg 2021 awal masih 1 ply. Cmn harganya yg dah gak bersaing di kelas eco, lebih ke turanza... :mky_04:
sy prnh pakai micin XM+ generasi 1 dulu.
4 ban di baleno.

2 depan; yg satu sobek samping, yg satu benjol samping.
habis tu agak kapok pakai micin lg, dan baru tau tnyt waktu itu msh 1 ply, padahal harganya lbh tinggi dikit dibanding turanza ar20.

akhirnya... gantinya 2 ban depan micin tsb, balik pakai turanza ar20.
sampai tu baleno dijual awet ban nya.

silent nya 11 12, tapi handlingnya XM+ jelek banget waktu itu, letoy hahaha
klo turanza lbh balance, rigid nya juga dapet, kebisingan mirip" aja
Hahaha... Kayanya soal handling sama tuh impresinya, agak geol2 gitu ya kalo pindah2 lajur zig zag kecepatan tinggi di jalanan yg rada2 bumpy. Modelannya agak2nya cenderung empuk ya itu ban? Kalo soal silent sih ane tentu ngerasa senyap soalnya kan sebelumnya ane dari ehnasep...

Impresi tambahan dr FR ane tempo hari itu, ternyata ini ban kemampuan ngebelah airnya gak seburuk yg ane perkirakan. Kirain mentang2 gotnya dikit begitu bakal lebih susah ngebelah air gitu. Tp tempo hari nyoba pas ujan2 deres di tol jorr2 yg jalanannya beton rada2 bumpy gitu, nyoba beberapa kali ngehajar genangan air dgn speed 80an km/h ternyata masih lumayan napak, gak terbang2 amat.

Btw, tadi pagi nyempetin ngintip si ekopeyang, ternyata bener lho sidewall nya 2 ply, walau komposisi tread nya tetep cmn 1+2+1. Mantab uga si ekopeyang ini. At least harganya yg lebih mahal sikit dari ehnasep jd agak lebih beralasan lah.
207768.jpg
207768.jpg (835.02 KiB) Viewed 557 times
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by well »

vincewonk wrote: 08 Nov 2021, 10:38
dinatara wrote: 06 Nov 2021, 12:10
Suryaputra wrote: 06 Nov 2021, 10:00
Karena size ban lbh lebar dibanding ukuran std (which is udh sesuai sm lebar velg 5,5), jd ban baru lbh ngelipet dikit pas belok.
Ini sy pernah alami dulu ketika up lbh lebar dgn velg yg sama.
Jd better pakai lebar ban yg sama.

Klo pk nitro tekanan 35 psi ideal.
Lbh stabil klo di tol, less floaty.

Dan nitro atau oksigen tanpa kandungan air, tekanannya gak turun naik.
Jd lbh safe.
ini yasir saya awalnya R15 di up ke R16 om velg nya. jadi bannya jg di up dari 185/60 (std) ke 195/50.
kondisi jalanan gunung nya sama, agak miring karena pinggir2 nya lebih turun. jalan miring + belok, berasa bgt setelah parkir itu

untuk angin, pakai nitrogen dari toko ban nya. kondisi 35psi waktu proses pasang velg & ban, 33,3 psi waktu sebelum jalan.
saya sering ganti velg dan ukuran ban, patokan saya ini bukan katanya orang
https://www.toyotires.com/media/3729/ap ... 200723.pdf
https://tiresize.com/pressure-calculator/

Saya yaris joker pernah ganti ukuran ban berbeda. walaupun velgnya masih sama sizenya.
kebanyakan toko ban ga tau soal tekanan angin berdasarkan load index dan ukuran ban.
skrg saya pakai 205 50 16 dari aslinya 195 50 16, ukuran anginnya ternyata mesti dikurangi dari 30 (ukuran pabrik) jadi 27 dan ternyata memang benar ride qualitynya jadi pas. ga lembek dan ga keras. awal2nya disamain koq aneh bgt, pas saya tes pake kapur. itu yg napak cuma tengahnya. setelah 27psi, skrg pas. padahal banyak orang bilang tekanan angin dikurangi berbahaya, disini pentingnya tekanan angin yg proper based on load index.

Saya setuju kalau dr sisi load index memang tepat, dengan ban yg lebih tebal atau lebar bs membuat kekuatan ban bertambah sehingga anginnya bs dikurangi, namun kalau dr sisi optimalitas ban itu sendiri kalau tekanannya agak ckp rendah atau ckp tinggi akan membuat kinerja tidak optimal, meskipun dr sisi kekuatan mampu menopang.
misal terlalu rendah maka membuat gesekan semakin besar sehingga rawan pecah krn bannya menjadi panas.
krn aspeknya apakah dr load index saja sdh bs mewakili semua?
suhu2 yg ada disini mgkn bs memberikan pencerahan??
br3wox
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: 07 May 2015, 01:58

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by br3wox »

izin tanya… perihal ban space saver 165 80 r17. Apakah ada yang tau bisa kt beli dimana? Karena nampaknya perlu diganti umur ud 10’tahun meskipun blm pernah turun dipake.

Kemudian ada yang menyarankan beli ban moge tapi sy kuatir dengan load index yang signifikan bedanya.

Mohon saran apa bila ada yang punya info ttg hal ini.

Makasih suhuu semua
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 02 Jun 2019, 21:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by suketcell »

:mky_04: Alo suhu2..
Mo tanya ban 185-70-R14.
Nyari nyaman, senyap, jarang tol.
Odo kira2 7ribu km setaon
Ni pake Dunlop SP10
Dana 900an buat 2 pcs
opsi sementara:
Hankook Optimo H 724
Hankook Kinergy Eco2 K435 over budget ternyata hiks...
Laufenn G FIT
Goodyear Duraplus
Accelera Eco Plush
GT Champiro Eco
GT Champiro Eco BXT Plus
Dunlop SP Touring
Ada rekom/review?
Boleh usul yg lain asal masuk budget...
Tengkiu suhu...
Last edited by suketcell on 10 Nov 2021, 09:22, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

suketcell wrote: 10 Nov 2021, 08:37 Alo suhu2..
Mo tanya ban 185-70-R14.
Nyari nyaman, senyap, jarang tol.
Odo kira2 7ribu km setaon
Ni pake Dunlop SP10
Dana 900an buat 2 pcs
opsi sementara:
Hankook Optimo H 724
Hankook Kinergy Eco2 K435
Laufenn G FIT
Goodyear Duraplus
Accelera Eco Plush
GT Champiro Eco
GT Champiro Eco BXT Plus
Dunlop SP Touring
Ada rekom/review?
Boleh usul yg lain asal masuk budget...
Tengkiu suhu...
Di surabaya cb cari falken sincera SN832i om, ini ban murah uenak tenan. Treadwear 500, gotnya gede2, desain sidewall lebih gemuk tp pas
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 02 Jun 2019, 21:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by suketcell »

erwinign wrote: 10 Nov 2021, 08:52
Di surabaya cb cari falken sincera SN832i om, ini ban murah uenak tenan. Treadwear 500, gotnya gede2, desain sidewall lebih gemuk tp pas
Siap om, di sebelah nyaranin Kinergy, eh harga naik 525k
Ada yg 475 tapi 2020

Padahal budget 900an buat 2 biji @450 lebih dikit boleh
Falken termurah sementara 475, ban doang..
Surve lagi...
Thanks
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

suketcell wrote: 10 Nov 2021, 09:36
erwinign wrote: 10 Nov 2021, 08:52
Di surabaya cb cari falken sincera SN832i om, ini ban murah uenak tenan. Treadwear 500, gotnya gede2, desain sidewall lebih gemuk tp pas
Siap om, di sebelah nyaranin Kinergy, eh harga naik 525k
Ada yg 475 tapi 2020

Padahal budget 900an buat 2 biji @450 lebih dikit boleh
Falken termurah sementara 475, ban doang..
Surve lagi...
Thanks
Udah murah banget om 475, krn di bawah harga itu udah kelas achilles yg ga enak banget bahkan kdg achilles lbh mahal dr sincera
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post