Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Fri Nov 12, 2021 16:52 Mbah tanya dong, oli mobil klo dipakein ke motor matic selain syarat Jaso MB & sae, ada yg lain lagi gk?
Kebetulan ada ptt 0w30 botol kuning nganggur, bisa dipake di vario 125 (2013) gk ya?
Terima kasih
Sikat.
Interval ganti ikutin aturan ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Fri Nov 12, 2021 17:53
dinatara wrote: Fri Nov 12, 2021 16:52 Mbah tanya dong, oli mobil klo dipakein ke motor matic selain syarat Jaso MB & sae, ada yg lain lagi gk?
Kebetulan ada ptt 0w30 botol kuning nganggur, bisa dipake di vario 125 (2013) gk ya?
Terima kasih
Sikat.
Interval ganti ikutin aturan ajah.
Bisa dipake mbah? Setau saya matic mintanya jaso Mb & sae -30 buat honda.
Interval drain ikut aturan oli nya atau standart drain motor (3000km) ?
2012 - 1NZFE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 0:00
Suryaputra wrote: Fri Nov 12, 2021 17:53
dinatara wrote: Fri Nov 12, 2021 16:52 Mbah tanya dong, oli mobil klo dipakein ke motor matic selain syarat Jaso MB & sae, ada yg lain lagi gk?
Kebetulan ada ptt 0w30 botol kuning nganggur, bisa dipake di vario 125 (2013) gk ya?
Terima kasih
Sikat.
Interval ganti ikutin aturan ajah.
Bisa dipake mbah? Setau saya matic mintanya jaso Mb & sae -30 buat honda.
Interval drain ikut aturan oli nya atau standart drain motor (3000km) ?
Sae sesuai dan buat daily masih ok.
Std drain motor tiap 4 bulan atau 3rb km msh ok.
Karena motor rpmnya tinggi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by fajarrian »

dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 0:00
Suryaputra wrote: Fri Nov 12, 2021 17:53
dinatara wrote: Fri Nov 12, 2021 16:52 Mbah tanya dong, oli mobil klo dipakein ke motor matic selain syarat Jaso MB & sae, ada yg lain lagi gk?
Kebetulan ada ptt 0w30 botol kuning nganggur, bisa dipake di vario 125 (2013) gk ya?
Terima kasih
Sikat.
Interval ganti ikutin aturan ajah.
Bisa dipake mbah? Setau saya matic mintanya jaso Mb & sae -30 buat honda.
Interval drain ikut aturan oli nya atau standart drain motor (3000km) ?
saya pake ptt botol emas 5w30 di vario 2019, pernah pake valvoline 5w30 juga.

kalo motor sering jalan pake aja 3000-5000km, tiap 1000 cek dipstick. saya pake buat setaun sekali, soalnya setaun jalan paling ga nyampe 1000
taaztmania
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Dec 24, 2020 14:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 1kr

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by taaztmania »

lawyerone wrote: Fri Nov 12, 2021 7:32 Setelah sibuk mikirin beli oli apa, barusan liat promo PTT Eco di Tokobiru.

1. 4 botol PTT 0W-20 Eco, 315rb (atau 79rb/botol), dapet sabun cuci sama cairan windshield), plus cashback 25rb. Kalo diitung kira2 1 botolnya 70rb. Yasudahlahya.

Awalnya mau bayar pake Blu, tapi verifikasinya lelet. Batal deh.


Alternatif lain yang tadi sempet bikin ngiler juga, 0W-30 Super 4 botol 550rb potong 130rb, per botol harganya 107rb (mirip harga lama). Tapi apa daya, kilau dapet sabun cuci gratis lebih memukau hahahaha.


Ada yang mau share pengalaman soal PTT 0W-20 Eco ga? Mumpung murah dan bisa jadi primadona hari ini :D
saya pake ptt eco 0w-20 eco di ayla, pake sampe 10rb, buat bolak balik trans jawa, sama pemakaian dalam kota, lumayan enak kok, ngga ada masalah, paling pas masuk km 9000an, kyknya udah mulai ada penurunan
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

lawyerone wrote: Fri Nov 12, 2021 16:09
DOHC wrote: Fri Nov 12, 2021 14:24
lawyerone wrote: Fri Nov 12, 2021 7:32

Ada yang mau share pengalaman soal PTT 0W-20 Eco ga? Mumpung murah dan bisa jadi primadona hari ini :D
perna make di inofa reborn ama honda hrv

di kedua mobil impresi si ptt eco ga enak pake banget... ini oli aneh, baru tuang tarikan jd berat, beberapa ratus km baru mendingan.. beberapa rebu kmudian, mesin orkestra ngeglitik mulu tiap kl di betot gas .. pas 6000an km ditap, ud berbuih heboh

kira2 impresi nya mirip waktu make Daihatsu Genuine Oil yg botol tutup kuning... cuman mending si daihatsu kemana2 karena murah jauhhh
Yahhh, dah sampe rumah barangnya.

Yaudahdeh gapapa, ingetin saya 5 bulan lagi ganti :')

Gapapa, asal olinya aman dan bagus lah ya. Dulu yang pernah ngetes ini oli eco katanya harusnya cukup bagus kan ya wear dll. #menghiburdiri




Tapi gimana ini oli PTT Eco dibanding sama MGO (Idemitsu) 0W-20 atau Helix 5 0W-20? Ad yg punya masukan?

Mumpung belom diganti nih.... Masih keburu balik ke 0W-20 Super tutup emas :D
Kl kburu beli ya pake aj om gapapa

Saya dulu jg kburu nyetok stengah lusin pas lg banyak diskon gila2an, yah pelan2 dipake abisin aj sambil ngedumel :big_biglaugh:

Tp akhirnya abis jg koq stok nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

https://tokopedia.link/15yhslJR8kb
Cocok buat chevy trax nih, kmrn ada yg nanya
Atau mobil yg minta 5w30 spec GM dexos 1 gen2
Bs long drain.

Versi ekonomis nya: https://tokopedia.link/fMxgSxTR8kb

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Sat Nov 13, 2021 0:53
dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 0:00
Suryaputra wrote: Fri Nov 12, 2021 17:53

Sikat.
Interval ganti ikutin aturan ajah.
Bisa dipake mbah? Setau saya matic mintanya jaso Mb & sae -30 buat honda.
Interval drain ikut aturan oli nya atau standart drain motor (3000km) ?
Sae sesuai dan buat daily masih ok.
Std drain motor tiap 4 bulan atau 3rb km msh ok.
Karena motor rpmnya tinggi.
Jadi pengertiannya API SP lebih tinggi dari JASO MB atau gimana mbah?


fajarrian wrote: Sat Nov 13, 2021 0:58
dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 0:00
Suryaputra wrote: Fri Nov 12, 2021 17:53

Sikat.
Interval ganti ikutin aturan ajah.
Bisa dipake mbah? Setau saya matic mintanya jaso Mb & sae -30 buat honda.
Interval drain ikut aturan oli nya atau standart drain motor (3000km) ?
saya pake ptt botol emas 5w30 di vario 2019, pernah pake valvoline 5w30 juga.

kalo motor sering jalan pake aja 3000-5000km, tiap 1000 cek dipstick. saya pake buat setaun sekali, soalnya setaun jalan paling ga nyampe 1000
Kayaknya 3 bulan drain mbah, dipake adek kerja pp +- 40km sehari. Moga aja dipantau dipstiknya
2012 - 1NZFE
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Fertille »

Suryaputra wrote: Fri Nov 12, 2021 6:35
Fertille wrote: Fri Nov 12, 2021 4:19
Suryaputra wrote: Thu Nov 11, 2021 15:34
i think...
- fully syn
- semi syn
- syn technology
mirip2, karena komposisi jenis oli mineralnya tetap ada, namun minoritas.

kecuali klo spt amsoil signature series, yg bilang 100% sintetis.
itu baru betul2 full sintetis, gak ada kandungan mineral nya sm sekali.
kalau Amsoil OE piye om? labeling nya pun 100% sintetis, tapi kalau ga salah pernah baca di BITOG masih ada kandungan grup 3. :big_think:
Makanya wkwkwk.
Gak usah dipikirin.

Barang bagus beli ajah
Lama2 saya ikut aliran om kompre nih. :big_weee:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 4:39
Suryaputra wrote: Sat Nov 13, 2021 0:53
dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 0:00

Bisa dipake mbah? Setau saya matic mintanya jaso Mb & sae -30 buat honda.
Interval drain ikut aturan oli nya atau standart drain motor (3000km) ?
Sae sesuai dan buat daily masih ok.
Std drain motor tiap 4 bulan atau 3rb km msh ok.
Karena motor rpmnya tinggi.
Jadi pengertiannya API SP lebih tinggi dari JASO MB atau gimana mbah?


fajarrian wrote: Sat Nov 13, 2021 0:58
dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 0:00

Bisa dipake mbah? Setau saya matic mintanya jaso Mb & sae -30 buat honda.
Interval drain ikut aturan oli nya atau standart drain motor (3000km) ?
saya pake ptt botol emas 5w30 di vario 2019, pernah pake valvoline 5w30 juga.

kalo motor sering jalan pake aja 3000-5000km, tiap 1000 cek dipstick. saya pake buat setaun sekali, soalnya setaun jalan paling ga nyampe 1000
Kayaknya 3 bulan drain mbah, dipake adek kerja pp +- 40km sehari. Moga aja dipantau dipstiknya
Aman koq.
Jaso mb itu buat akomodasi kebutuhan mesin dgn pendingin udara (tanpa radiator)

Klo vario kan pk radiator (coolant), jd aman ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Spies »

taaztmania wrote: Sat Nov 13, 2021 1:57
lawyerone wrote: Fri Nov 12, 2021 7:32 Setelah sibuk mikirin beli oli apa, barusan liat promo PTT Eco di Tokobiru.

1. 4 botol PTT 0W-20 Eco, 315rb (atau 79rb/botol), dapet sabun cuci sama cairan windshield), plus cashback 25rb. Kalo diitung kira2 1 botolnya 70rb. Yasudahlahya.

Awalnya mau bayar pake Blu, tapi verifikasinya lelet. Batal deh.


Alternatif lain yang tadi sempet bikin ngiler juga, 0W-30 Super 4 botol 550rb potong 130rb, per botol harganya 107rb (mirip harga lama). Tapi apa daya, kilau dapet sabun cuci gratis lebih memukau hahahaha.


Ada yang mau share pengalaman soal PTT 0W-20 Eco ga? Mumpung murah dan bisa jadi primadona hari ini :D
saya pake ptt eco 0w-20 eco di ayla, pake sampe 10rb, buat bolak balik trans jawa, sama pemakaian dalam kota, lumayan enak kok, ngga ada masalah, paling pas masuk km 9000an, kyknya udah mulai ada penurunan
Berapa bulan ini om 10rb km?
Sangar nih oli eco digeber sejauh itu :big_exellent:
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Sat Nov 13, 2021 7:15
dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 4:39
Suryaputra wrote: Sat Nov 13, 2021 0:53

Sae sesuai dan buat daily masih ok.
Std drain motor tiap 4 bulan atau 3rb km msh ok.
Karena motor rpmnya tinggi.
Jadi pengertiannya API SP lebih tinggi dari JASO MB atau gimana mbah?


fajarrian wrote: Sat Nov 13, 2021 0:58

saya pake ptt botol emas 5w30 di vario 2019, pernah pake valvoline 5w30 juga.

kalo motor sering jalan pake aja 3000-5000km, tiap 1000 cek dipstick. saya pake buat setaun sekali, soalnya setaun jalan paling ga nyampe 1000
Kayaknya 3 bulan drain mbah, dipake adek kerja pp +- 40km sehari. Moga aja dipantau dipstiknya
Aman koq.
Jaso mb itu buat akomodasi kebutuhan mesin dgn pendingin udara (tanpa radiator)

Klo vario kan pk radiator (coolant), jd aman ajah.
Dicopy mbah, berarti oli untuk metic non radiator harus beli oli khusus motor ya :big_childish:
2012 - 1NZFE
taaztmania
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Dec 24, 2020 14:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 1kr

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by taaztmania »

Spies wrote: Sat Nov 13, 2021 7:16
taaztmania wrote: Sat Nov 13, 2021 1:57
lawyerone wrote: Fri Nov 12, 2021 7:32 Setelah sibuk mikirin beli oli apa, barusan liat promo PTT Eco di Tokobiru.

1. 4 botol PTT 0W-20 Eco, 315rb (atau 79rb/botol), dapet sabun cuci sama cairan windshield), plus cashback 25rb. Kalo diitung kira2 1 botolnya 70rb. Yasudahlahya.

Awalnya mau bayar pake Blu, tapi verifikasinya lelet. Batal deh.


Alternatif lain yang tadi sempet bikin ngiler juga, 0W-30 Super 4 botol 550rb potong 130rb, per botol harganya 107rb (mirip harga lama). Tapi apa daya, kilau dapet sabun cuci gratis lebih memukau hahahaha.


Ada yang mau share pengalaman soal PTT 0W-20 Eco ga? Mumpung murah dan bisa jadi primadona hari ini :D
saya pake ptt eco 0w-20 eco di ayla, pake sampe 10rb, buat bolak balik trans jawa, sama pemakaian dalam kota, lumayan enak kok, ngga ada masalah, paling pas masuk km 9000an, kyknya udah mulai ada penurunan
Berapa bulan ini om 10rb km?
Sangar nih oli eco digeber sejauh itu :big_exellent:
10rb mungkin sekitar 4-5 bulan, soalnya dipake buat taksol juga :big_grin:
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sesame »

Suryaputra wrote: Sat Nov 13, 2021 7:15
dinatara wrote: Sat Nov 13, 2021 4:39
Suryaputra wrote: Sat Nov 13, 2021 0:53

Sae sesuai dan buat daily masih ok.
Std drain motor tiap 4 bulan atau 3rb km msh ok.
Karena motor rpmnya tinggi.
Jadi pengertiannya API SP lebih tinggi dari JASO MB atau gimana mbah?


fajarrian wrote: Sat Nov 13, 2021 0:58

saya pake ptt botol emas 5w30 di vario 2019, pernah pake valvoline 5w30 juga.

kalo motor sering jalan pake aja 3000-5000km, tiap 1000 cek dipstick. saya pake buat setaun sekali, soalnya setaun jalan paling ga nyampe 1000
Kayaknya 3 bulan drain mbah, dipake adek kerja pp +- 40km sehari. Moga aja dipantau dipstiknya
Aman koq.
Jaso mb itu buat akomodasi kebutuhan mesin dgn pendingin udara (tanpa radiator)

Klo vario kan pk radiator (coolant), jd aman ajah.
Nah saya pernah pake Amsoil SS 5W30 dan Fastron Gold 5W30 masing2 8rb KM dan 6rb KM di Vario 125 LED aman, ga pake top up oli.. bensin antara pertamax turbo ato VPower ato Performance 95 :big_grin:
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by himaatoo »

snoepje wrote: Thu Nov 11, 2021 14:56 Unil Pallas 2000 5w30 MB-Approval 228.51 om

Q8 7000 10w30 MB-Approval 228.31
Siap mbah, hasil searching menunjukan 228.51 comply ke ACEA E6 dan 228.31 comply ke API CJ-4.
Thank you mbah :big_deal:
Suryaputra wrote: Thu Nov 11, 2021 15:34 i think...
- fully syn
- semi syn
- syn technology
mirip2, karena komposisi jenis oli mineralnya tetap ada, namun minoritas.

kecuali klo spt amsoil signature series, yg bilang 100% sintetis.
itu baru betul2 full sintetis, gak ada kandungan mineral nya sm sekali.
Jadi memang balik lagi ke phraseology yang dipakai masing-masing perusahaan olinya ya mbah, walaupun ujung-ujungnya sama juga gak full sintetis atau full sintetis tapi ada embel-embelnya.
Makasih mbah insightnya :big_peace:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

himaatoo wrote: Sat Nov 13, 2021 17:40
Siap mbah, hasil searching menunjukan 228.51 comply ke ACEA E6 dan 228.31 comply ke API CJ-4.
Thank you mbah :big_deal:

Kalau Q8 Ft7000 udah comply API CK-4
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

himaatoo wrote: Sat Nov 13, 2021 17:40
snoepje wrote: Thu Nov 11, 2021 14:56 Unil Pallas 2000 5w30 MB-Approval 228.51 om

Q8 7000 10w30 MB-Approval 228.31
Siap mbah, hasil searching menunjukan 228.51 comply ke ACEA E6 dan 228.31 comply ke API CJ-4.
Thank you mbah :big_deal:
Suryaputra wrote: Thu Nov 11, 2021 15:34 i think...
- fully syn
- semi syn
- syn technology
mirip2, karena komposisi jenis oli mineralnya tetap ada, namun minoritas.

kecuali klo spt amsoil signature series, yg bilang 100% sintetis.
itu baru betul2 full sintetis, gak ada kandungan mineral nya sm sekali.
Jadi memang balik lagi ke phraseology yang dipakai masing-masing perusahaan olinya ya mbah, walaupun ujung-ujungnya sama juga gak full sintetis atau full sintetis tapi ada embel-embelnya.
Makasih mbah insightnya :big_peace:
Betul mbah wkwkwk.
Unil pallas atau q8 t7000 beli / setok aja dua2nya mbah.. cobain :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nezzle39
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Sep 30, 2021 15:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet trax

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Nezzle39 »

GDNGAN wrote: Fri Nov 12, 2021 14:24
Nezzle39 wrote:
GDNGAN wrote: Thu Nov 11, 2021 2:59 Kalo saya bukan om, saya lebih kepada aman gak sih klo chevrolet dikasih oli yg gak ada approved Dexosnya. Hehehe

Btw, buntut 20 PTT perf super syn ok gak buat di C26? Bisa dipake sampe brp KM ya?

Maaf nyubi banyak tanya. Hehehe
Thank you esemers!
Pengguna trax jg yah gan? Hahahaha. Emg mw pake oli apaan yg gk dexos om?
Hahaha iyaa gan, abisnya ada beberapa merk yg ada di list gm dex1 gen2, tapi di merk yg sama untuk disini malah gak ada approval gm nya. Trus kaya Amsoil aja dibotolnya dia ada d1g2, tetapi di list gm d1g2 nya gak ada. Hehehe

Pilihan ok nya yg approved d1g2 yg dibawah 150rb kayaknya cuma unil opal ya. yg bedabeda tipis sama unilopal harganya di 180an keatas.

Di traxnya pakai oli apa gan?
Skrg ini lg nyoba pake ravenol om heheh, biasanya pakai q8 special d1 sih, unilopal menarik buat dicoba jg sih next. Udh gk service di beres traxnya?
GDNGAN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Jun 10, 2021 12:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by GDNGAN »

Nezzle39 wrote:
GDNGAN wrote: Fri Nov 12, 2021 14:24
Nezzle39 wrote: Pengguna trax jg yah gan? Hahahaha. Emg mw pake oli apaan yg gk dexos om?
Hahaha iyaa gan, abisnya ada beberapa merk yg ada di list gm dex1 gen2, tapi di merk yg sama untuk disini malah gak ada approval gm nya. Trus kaya Amsoil aja dibotolnya dia ada d1g2, tetapi di list gm d1g2 nya gak ada. Hehehe

Pilihan ok nya yg approved d1g2 yg dibawah 150rb kayaknya cuma unil opal ya. yg bedabeda tipis sama unilopal harganya di 180an keatas.

Di traxnya pakai oli apa gan?
Skrg ini lg nyoba pake ravenol om heheh, biasanya pakai q8 special d1 sih, unilopal menarik buat dicoba jg sih next. Udh gk service di beres traxnya?
Ravenol hdx apa dxg gan? Yg setara kyu8 D1 itu yg hdx apa yg dxg ya gan? Ya gan udah gak diberes gan. Ya harga unil opaljet menggoda kalo liat pds nya ya gan. Hehehe
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

Padahal 4 sepit Xpander ini lumayan loh, halus banget.

Beda sama 4 sepit Yasir ane dulu.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sun Nov 14, 2021 14:18 Padahal 4 sepit Xpander ini lumayan loh, halus banget.

Beda sama 4 sepit Yasir ane dulu.
Sayang bgt yang baru malah jadi cvt nanti :big_dunno:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: Sun Nov 14, 2021 14:24
sintoni wrote: Sun Nov 14, 2021 14:18 Padahal 4 sepit Xpander ini lumayan loh, halus banget.

Beda sama 4 sepit Yasir ane dulu.
Sayang bgt yang baru malah jadi cvt nanti :big_dunno:
Iya nih om, padahal enak2 aja geared metiknya.

Lah baru sadar komen disini, harusnya di trit oli gardan + transmisi.

:big_slap:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

sahabatq8 wrote: Sun Nov 14, 2021 14:24
sintoni wrote: Sun Nov 14, 2021 14:18 Padahal 4 sepit Xpander ini lumayan loh, halus banget.

Beda sama 4 sepit Yasir ane dulu.
Sayang bgt yang baru malah jadi cvt nanti :big_dunno:
asli kecewa bgt jadi cvt

kenapa ya? apa market di kasta ini mindsetnya cvt = kemajuan?

banyak blundernya juga nih xpandir baru

*nunggu Land Cruiser pake cvt juga
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Gak enak 4at nya.

Apalagi klo lg nanjak naik turun gunung, bingung pindah2 gear 1 dan 2

Pas di gear 1, shifting ke gear 2, trus rpm nya drop, loss power dan pindah lg ke gear 1.. trus pas rpm dah max, pindah ke gear 2, loss power dan pindah lg ke gear 1

Seterusnya kyk gtu.

Gak jelas, krn rasio gearnya terlalu renggang dr 1 ke 2.

Di mesin cc kecil, Jauh enakan cvt, dibanding 4at.
Krn cvt di mesin cc kecil, bisa optimize power di titik optimal

Klo tenaga besar, geared AT lbh ok.
Tapi gak 4 speed jugaa, minimal 6 speed, jd power deliverynya lbh halus :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sahabatq8 »

rendr wrote: Sun Nov 14, 2021 15:37
sahabatq8 wrote: Sun Nov 14, 2021 14:24
sintoni wrote: Sun Nov 14, 2021 14:18 Padahal 4 sepit Xpander ini lumayan loh, halus banget.

Beda sama 4 sepit Yasir ane dulu.
Sayang bgt yang baru malah jadi cvt nanti :big_dunno:
asli kecewa bgt jadi cvt

kenapa ya? apa market di kasta ini mindsetnya cvt = kemajuan?

banyak blundernya juga nih xpandir baru

*nunggu Land Cruiser pake cvt juga
Jadi keinget , pernah baca article tentang xpander yang pertama. https://imgx.gridoto.com/file/2017/grid ... avicon.png

"Mitsubishi Xpander enggak memakai otomatis CVT karena berdasar studi yang dilakukan Mitsubishi...
Konsumen Indonesia di segmen Low MPV itu cenderung enggak suka CVT, karena suara raungannya saat akselerasi dan tarikannya memang kurang jika dibanding sama otomatis dengan torque converter" - dikutip dari artikel diatas.

Perubahan baru lebih dari segi produksi bisa lebih murah sih kyknya..