yakali oom, klo begitu mah calon pembeli bisa langsung balik badanteppey wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 9:29jangan jangan 80jt itu cuma satu module?darrelund wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 8:45baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa moduleProfith83 wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 6:59
Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter
1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.
Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries
Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1634
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1634
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
klo Sport respon pedal gas nya setajem itu kah om? & engine brakenya ikut berubah juga klo diganti drivemode nya?Turboman wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 5:19 ya mobil kecil tapi spec :
204 hp
395 Nm
ibarat dikasi mesin 3500 cc V6
gimana gak gila tarikannya
Juga ini kalo ada anggota keluarga yg gak bisa bawa mobil, pake mobil listrik sih harusnya jadi bisa (asal bisa bikin SIM), karena gak ada oper3 gigi......hanya saja Setting drive mode harus masuk ECO......jangan masuk Sport......nanti nabrak tukang mie tektek cilako
........wkwkwkkw
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Mode sport, bejek gas dalam & mendadak ban depan lgs sprint2 kecildarrelund wrote:klo Sport respon pedal gas nya setajem itu kah om? & engine brakenya ikut berubah juga klo diganti drivemode nya?Turboman wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 5:19 ya mobil kecil tapi spec :
204 hp
395 Nm
ibarat dikasi mesin 3500 cc V6
gimana gak gila tarikannya
Juga ini kalo ada anggota keluarga yg gak bisa bawa mobil, pake mobil listrik sih harusnya jadi bisa (asal bisa bikin SIM), karena gak ada oper3 gigi......hanya saja Setting drive mode harus masuk ECO......jangan masuk Sport......nanti nabrak tukang mie tektek cilako
........wkwkwkkw
cobain aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 375
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Ganti baru baterai yg ada di Toyota Camry hybrid harganya 50 juta untuk ukuran 1.6 kwh.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... ak-murahan
Anggap saja prinsipal & dealer ambil untung dari harga baterai 1.6 kwh untuk mengcover biaya gudang, logistik, jasa, dll. jadi mungkin harga sebenarnya cuma 1/3 yaitu 17 juta.
Untuk mobil full listrik, baterai yg disematkan biasanya berukuran 40 kwh. Jadi kalo dihitung, harga baterai mobil listrik full EV 40 kwh itu = (40 / 1.6) kwh * 17 juta = 425 juta.
Di luar negeri untuk ganti baterai utuh mobil listrik dikenakan sekitar $15.000-20.000 sebelum jasa.
https://www.myev.com/research/ev-101/ho ... ttery-last
Menurut artikel itu juga, jarang ada yang ganti baterai utuh di mobil listrik berumur 10 tahun ke atas. Kebanyakan langsung beli mobil baru lagi.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE
Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE
Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
untuk camry hybrid saya bebeerapa kali dapet barang jualan batrenya jebol kalo di toyota emang 50jt karena beli 1 set sama casingnya kalo cuma ganti isinya doank katanya 30jt di bengkel mana ya gak tau karena kemaren cuma nanya doank sama yang punyaAndhyka wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 1:01
Ganti baru baterai yg ada di Toyota Camry hybrid harganya 50 juta untuk ukuran 1.6 kwh.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... ak-murahan
Anggap saja prinsipal & dealer ambil untung dari harga baterai 1.6 kwh untuk mengcover biaya gudang, logistik, jasa, dll. jadi mungkin harga sebenarnya cuma 1/3 yaitu 17 juta.
Untuk mobil full listrik, baterai yg disematkan biasanya berukuran 40 kwh. Jadi kalo dihitung, harga baterai mobil listrik full EV 40 kwh itu = (40 / 1.6) kwh * 17 juta = 425 juta.
Di luar negeri untuk ganti baterai utuh mobil listrik dikenakan sekitar $15.000-20.000 sebelum jasa.
https://www.myev.com/research/ev-101/ho ... ttery-last
Menurut artikel itu juga, jarang ada yang ganti baterai utuh di mobil listrik berumur 10 tahun ke atas. Kebanyakan langsung beli mobil baru lagi.
dan 8th 10th claim cuma teorinya nyatanya banyak yang fail di bawah itu, belom resiko terbakar sendiri kona sendiri ud banyak kasus kebakar sendiri lagi di parkir di garasi di indo belom pernah aja kejadian kebakaran mobil electric sekali kejadian saya jamin lsg ancur jualannya, ditambah disarankan gak boleh kebanyakan fast charging biar batrenya awet
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.
Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.
Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.
Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.
Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.
Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.
Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Nggak gitu ngitungnya. sangat-sangat maksaProfith83 wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 6:59Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter
1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.
Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
jarang-jarang case kondisi mobil umur 10 tahun KM nya masih 80rb.
batre yang asumsinya per 8 tahun siklusnya mesti diganti juga bukan 1 unit batre set utuh kok
kalo soal efisiensi, mobil fosil pasti kalah udahhh.
faktor tantangan EV cuma di infrastuktur untuk pengisian batrenya aja yang belum banyak dan merata, dan selama 8 tahun kedepan pasti teknologi-teknologi batre EV udah makin berkembang jadi semakin reliable dan efisien
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Sebenarnya kona yg awd juga blkgnya multilink pak.Suryaputra wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 2:10 Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.
Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.
Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.
Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil
Cuma karena yg masuk indo fwd, jadinya torsion beam.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Ahh make sense.vincewonk wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 2:29Sebenarnya kona yg awd juga blkgnya multilink pak.Suryaputra wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 2:10 Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.
Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.
Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.
Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil
Cuma karena yg masuk indo fwd, jadinya torsion beam.
Awd klo gak fiss, sekalian rigid axle aja wkwkwkw.
Tangguh ya tangguh sekalian.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Sama di cocross USDM om, yg bengsin 2.0 (M20A) itu belakang torsion beam. Yg hibrid AWD baru FISSSuryaputra wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 2:41Ahh make sense.vincewonk wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 2:29Sebenarnya kona yg awd juga blkgnya multilink pak.Suryaputra wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 2:10 Ada yg notice kah?
Konstruksi kaki belakang konaq ini udah FISS.
Klo yg versi fosil kan msh batang torsi.
Soal batre... saya pikir, even rusak pun di atas 10 thn (apalagi ada garansi 8 thn), dan setelah 8 thn dr sekarang, di masa depan, batre mbl udah makin common dan makin terjangkau.
Bisa jadi.. harganya spt biaya overhaul + parts mesin bensin aja.
Mesin bensin jg klo dah 10 thn dgn kilometer ratusan ribuan, kan biayanya (minimal turun setengah mesin) gede banget.
Yah let see.
Yg pasti klo punya budget dan jd mobil kedua, EV ini opsi menarik sih.
Primary car tetap fossil
Cuma karena yg masuk indo fwd, jadinya torsion beam.
Awd klo gak fiss, sekalian rigid axle aja wkwkwkw.
Tangguh ya tangguh sekalian.
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
itu di batu makam daun juga yang first gen deteriorate nya cepet banget. sampe lumayan rame saking parahnya pernah ada yang 1 jam pake udah drop ya gak tau sih merek lain ya, it's nissan anyway well known for..... gak deh nanti dirajam loyalis nissan.b0ku wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 1:29
untuk camry hybrid saya bebeerapa kali dapet barang jualan batrenya jebol kalo di toyota emang 50jt karena beli 1 set sama casingnya kalo cuma ganti isinya doank katanya 30jt di bengkel mana ya gak tau karena kemaren cuma nanya doank sama yang punya
dan 8th 10th claim cuma teorinya nyatanya banyak yang fail di bawah itu, belom resiko terbakar sendiri kona sendiri ud banyak kasus kebakar sendiri lagi di parkir di garasi di indo belom pernah aja kejadian kebakaran mobil electric sekali kejadian saya jamin lsg ancur jualannya, ditambah disarankan gak boleh kebanyakan fast charging biar batrenya awet
di sini sih EV paling jadi mainan orang kaya doank. harganya 700 jeti. bahkan gak sampe 50% mobil di jalan raya itu kelas 500juta. mostly 200-300 juta. masalahnya EV terjangkau tuh nanti nya macem wuling EV mobil buat lucu-lucuan doang yang pasti gak buat angkut 10 manusia + barang waktu mudik.
dan modelnya... ya cuma menarik buat SJW yang mau punya mobil terus feeling good karena gak keluarin asep. sisanya akan beli HRV atau Innova.
blom menurut ane switching ke EV itu gak melulu soal infrastructure dan harga mobilnya. tapi profil sosio-economic juga.
saya sangat yakin op cost rendah akan jadi marketing gimmick yang sangat menjual di kelas 200-300 juta, dari 300 ribu per bulan pakai avanza, jadi 30 ribu dengan EV, plus dengan market craze pasti skema kredit akan dipermudah dan akan menjangkau orang dengan budget yang pas-pasan yang punya rumah - tanpa garasi, dengan daya listrik..... pas-pasan.
krn kalau mobil 1 miliar aja bisa di isi pertalite/premium, apa yang bikin gak mungkin skenario rumah daya listrik pas-pasan dipake buat charging mobil?
biarpun positifnya nanti pasti kaya internet sih, listrik jadi murah meriah langganannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
kalo wuling mungkin bisa laku disini apalagi buat pegawai2x yang ud ketauan hariannya cuma rumah-kantor PP bisa jadi malah ntar banyak mobil perusahaan pake wuling murah itu buat pegawai noncanvasing karena ud modal mobilnya murah cost bahan bakarnya juga murah, asal jgn batrenya aja cepet ngedropChZ wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 3:16
itu di batu makam daun juga yang first gen deteriorate nya cepet banget. sampe lumayan rame saking parahnya pernah ada yang 1 jam pake udah drop ya gak tau sih merek lain ya, it's nissan anyway well known for..... gak deh nanti dirajam loyalis nissan.
di sini sih EV paling jadi mainan orang kaya doank. harganya 700 jeti. bahkan gak sampe 50% mobil di jalan raya itu kelas 500juta. mostly 200-300 juta. masalahnya EV terjangkau tuh nanti nya macem wuling EV mobil buat lucu-lucuan doang yang pasti gak buat angkut 10 manusia + barang waktu mudik.
dan modelnya... ya cuma menarik buat SJW yang mau punya mobil terus feeling good karena gak keluarin asep. sisanya akan beli HRV atau Innova.
blom menurut ane switching ke EV itu gak melulu soal infrastructure dan harga mobilnya. tapi profil sosio-economic juga.
saya sangat yakin op cost rendah akan jadi marketing gimmick yang sangat menjual di kelas 200-300 juta, dari 300 ribu per bulan pakai avanza, jadi 30 ribu dengan EV, plus dengan market craze pasti skema kredit akan dipermudah dan akan menjangkau orang dengan budget yang pas-pasan yang punya rumah - tanpa garasi, dengan daya listrik..... pas-pasan.
krn kalau mobil 1 miliar aja bisa di isi pertalite/premium, apa yang bikin gak mungkin skenario rumah daya listrik pas-pasan dipake buat charging mobil?
biarpun positifnya nanti pasti kaya internet sih, listrik jadi murah meriah langganannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Ganti gratis apabila sebelum 8 thn yah om?darrelund wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 8:45baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa moduleProfith83 wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 6:59Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter
1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.
Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1634
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
iya om sebelum 8 tahun, klo rusak diganti gratis.Profith83 wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 3:57Ganti gratis apabila sebelum 8 thn yah om?darrelund wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 8:45baterai pun ga perlu ganti full utuh om, cukup ganti module yg rusak saja. karena baterainya ada beberapa moduleProfith83 wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 6:59
Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter
1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.
Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
klo rusak pun diganti gratis kok om jadi no worries
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Kalau lewat 8 thn rusak ganti sendiri yah?
Saya tahunya baterai HP om, kira kira 5 sd 8 thn sudh ngedrop. Yah kira kira pemakaian sisa 70%
Jadi asumsi tiap 8 thn kita ganti baterai atau tiap 10 thn.
Saya ngitung diatas kalau baterai harga 80 jt dan 8 thn diganti maka itu setara bensin gratis selama 80rb KM
Yang EV tiap 8 atau 10 thn ganti, dan keluar biaya charging di rumah.
Yang combustibe sudah dibiayai setara beli bensin 8 thn senilai 80 jt (harga batrai EV)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Sudah 8 thn memang tidak diganti utuh, misalnya diganti 30%krniawnhdr wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 2:24Nggak gitu ngitungnya. sangat-sangat maksaProfith83 wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 6:59Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter
1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.
Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
jarang-jarang case kondisi mobil umur 10 tahun KM nya masih 80rb.
batre yang asumsinya per 8 tahun siklusnya mesti diganti juga bukan 1 unit batre set utuh kok
kalo soal efisiensi, mobil fosil pasti kalah udahhh.
faktor tantangan EV cuma di infrastuktur untuk pengisian batrenya aja yang belum banyak dan merata, dan selama 8 tahun kedepan pasti teknologi-teknologi batre EV udah makin berkembang jadi semakin reliable dan efisien
Tapi apa iya sisanya yang 70% kuat sampai kapan?
Kalau cuma kuat 2 sd 3 thn lagi kan repot juga.
Diganti 30% berarti garansinya 30% kan gak mungkin garansi 100%.
Apa gak bingung dan saling percaya dibilang oh baterai yang rusak dulu yang ini, sekarang rusak yang lain ....
Ujung ujungnya yang kita ganti 30% tidak digaransi juga, mending ganti utuh biar garansi 8 thn lagi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Mobil Listrik sudah mulai menjadi alternatif pengganti Mobil ICE, untuk pemakaian dalam kota jarak tempuh battery nya sudah cukup sih, cuma harga Mobil Listrik yg masuk di Indonesia saat ini memang belum mampu bersaing dengan harga Mobil ICE. Kalau sudah punya Mobil Listrik dan punya pengalaman piara Mobil Listrik, kayaknya orang ngak bakal balik lagi pakai Mobil ICE .
Semoga kedepannya akan banyak pabrik Mobil Listrik yg menjual produk Mobil Listriknya yg harganya terjangkau dan bersaing dengan Mobil ICE.
Semoga kedepannya akan banyak pabrik Mobil Listrik yg menjual produk Mobil Listriknya yg harganya terjangkau dan bersaing dengan Mobil ICE.
HR15DE 2014
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Saya pernah tes ioniq thn lalu di mega kuningan, emg buas nariknya.
Btw soal battery, kl dibaca2 skrg ini sih pemenang nya emg pabrikan cina krn disana mereka focus kembangin teknologi battery lfp yg notabene dlu diolok2 sama barat krn berat dan ga praktis tp dg perkembangan zaman, cina bs aplikasikan battery lfp ini di mobil listrik (pelopornya kl ga salah BYD yg bus nya dibeli pemprov dki). Harga mereka saat ini udh di bawah $100 per kwh. Coba lihat BYD blade battery deh, its a game changing battery.
Tesla aja yg gembar gembor battery breakthrough dg tabless dan format 4680 , tnyata sampai skrg msh nemu kendala produksi.
Klo lfp bnr jd battery utk mobil2, indonesia nangis deh krn nikel nya ga kepake
Btw soal battery, kl dibaca2 skrg ini sih pemenang nya emg pabrikan cina krn disana mereka focus kembangin teknologi battery lfp yg notabene dlu diolok2 sama barat krn berat dan ga praktis tp dg perkembangan zaman, cina bs aplikasikan battery lfp ini di mobil listrik (pelopornya kl ga salah BYD yg bus nya dibeli pemprov dki). Harga mereka saat ini udh di bawah $100 per kwh. Coba lihat BYD blade battery deh, its a game changing battery.
Tesla aja yg gembar gembor battery breakthrough dg tabless dan format 4680 , tnyata sampai skrg msh nemu kendala produksi.
Klo lfp bnr jd battery utk mobil2, indonesia nangis deh krn nikel nya ga kepake
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Tesla dah mulai penjajakan untuk beli atau bermitra dgn BYD blade battery.the-mantal wrote: ↑Sat Nov 20, 2021 14:38 Saya pernah tes ioniq thn lalu di mega kuningan, emg buas nariknya.
Btw soal battery, kl dibaca2 skrg ini sih pemenang nya emg pabrikan cina krn disana mereka focus kembangin teknologi battery lfp yg notabene dlu diolok2 sama barat krn berat dan ga praktis tp dg perkembangan zaman, cina bs aplikasikan battery lfp ini di mobil listrik (pelopornya kl ga salah BYD yg bus nya dibeli pemprov dki). Harga mereka saat ini udh di bawah $100 per kwh. Coba lihat BYD blade battery deh, its a game changing battery.
Tesla aja yg gembar gembor battery breakthrough dg tabless dan format 4680 , tnyata sampai skrg msh nemu kendala produksi.
Klo lfp bnr jd battery utk mobil2, indonesia nangis deh krn nikel nya ga kepake
Let see.
Infony lbh resisten di suhu tinggi dgn manajemen thermal yg lbh baik, dan gak mudah terbakar.
https://electrek.co/2021/08/05/tesla-bu ... batteries/
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Kona EV di Dyno
ngeliat grafik Hp & Torsi
gak heran ini dibejek awal lgs Sprint ban depan
Grafik Hp nya bisa flat.........wekekkeke.......gelo
ngeliat grafik Hp & Torsi
gak heran ini dibejek awal lgs Sprint ban depan
Grafik Hp nya bisa flat.........wekekkeke.......gelo
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???Profith83 wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 6:59Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter
1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.
Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
dia salah angka bro 80jt itu per modulekrniawnhdr wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 1:03
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???
8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong
https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j1
disitu ada 10 kotak cuma dari mappingnya sih keknya kalo beli harga disitu 7rb $an per 2kotak jd pake 5 keknya
itung pake harga sini yang 80jt deh
tipe J1 aja ada 3 x 80jt = 240jt
https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j2
tipe j2 ada 2 x 80jt = 160jt
total 400jt mantap laaah 8th lagi GR yaris moga2x tinggal 400jt jd beli GR yaris aja di banding ganti batre konanya buang aja ke laut
btw ini kode partsnya kalo mau coba cari tau
375J1 SAMA 375J2
Paling bener beli wuling mini EV aja terus satu lagi piara 7 seater macem veloz atau mungkin fortuner atau innova kalo sanggup
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
8th lg harga batre gak segitu.b0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 1:36dia salah angka bro 80jt itu per modulekrniawnhdr wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 1:03
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???
8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong
https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j1
disitu ada 10 kotak cuma dari mappingnya sih keknya kalo beli harga disitu 7rb $an per 2kotak jd pake 5 keknya
itung pake harga sini yang 80jt deh
tipe J1 aja ada 3 x 80jt = 240jt
https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j2
tipe j2 ada 2 x 80jt = 160jt
total 400jt mantap laaah 8th lagi GR yaris moga2x tinggal 400jt jd beli GR yaris aja di banding ganti batre konanya buang aja ke laut
btw ini kode partsnya kalo mau coba cari tau
375J1 SAMA 375J2
Paling bener beli wuling mini EV aja terus satu lagi piara 7 seater macem veloz atau mungkin fortuner atau innova kalo sanggup
Inovasi berjalan cepat, sehingga ongkos produksinya jg makin murah.
Itupun jika rusak dlm waktu 8thn.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Ngerinya itu buat dalkot,
Klo gak sengaja lgs bejek.
Instan 400Nm dan 140Hp dr awal
Klo mesin bensin, atay diesel lah anggap,
Power segede gtu didapat ketika hi rpm
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 2:11
Ngerinya itu buat dalkot,
Klo gak sengaja lgs bejek.
Instan 400Nm dan 140Hp dr awal
Klo mesin bensin, atay diesel lah anggap,
Power segede gtu didapat ketika hi rpm
tinggal nunggu headline news aja mobil terjun atau bikin alesan rem blong atau nabrak.
abis itu keluar kalimat "mobil listrik tidak aman?"
akakakakaka.....