gak yakin....Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 2:09
8th lg harga batre gak segitu.
Inovasi berjalan cepat, sehingga ongkos produksinya jg makin murah.
Itupun jika rusak dlm waktu 8thn.
Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Itu belum lagi katanya per module 80 jt.krniawnhdr wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 1:03maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 10 KM = 80rb KM" ???Profith83 wrote: ↑Fri Nov 19, 2021 6:59Konon baterai harga 80 jt.
Itu kalau dibelikan bensin pertamax anggap 10rb rupiah per liter.
80.000.000/10.000 = 8000 liter
1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 10 KM = 80rb KM.
Nah anggap per tahun 10rb KM. Jadi 8 th BBM gratis.
Kalau saya milih BBM gratis 8 thn drpd tiap 8 thn beli baterai 80 jt
Mobilnya saja mahal banget lagi
8000 liter x 10 km jadinya 80.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 8 tahun dong
Kalau 5 module 400 jt. Yah daripada beli baterai 400 jt mending buat beli bensin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2536
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Kurang kenceng .. ada yg spek 300hp 700Nm ga?Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 2:11Ngerinya itu buat dalkot,
Klo gak sengaja lgs bejek.
Instan 400Nm dan 140Hp dr awal
Klo mesin bensin, atay diesel lah anggap,
Power segede gtu didapat ketika hi rpm
Masa musti nebus porsche taycan
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Baru nonton owner review first generation electric car Nissan Leaf tahun 2011 after 10 years. Ownersnya cukup puas karena trouble free selama pemakaian.
Setelah 10 thn pemakaian memang ada Battery degradation, yg kalau di luar negeri tinggal swab battery wkwkwk.
Setelah 10 thn pemakaian memang ada Battery degradation, yg kalau di luar negeri tinggal swab battery wkwkwk.
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Yah let seeb0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 5:17gak yakin....Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 2:09
8th lg harga batre gak segitu.
Inovasi berjalan cepat, sehingga ongkos produksinya jg makin murah.
Itupun jika rusak dlm waktu 8thn.
Waktu dan demand yg menjawab
Lu jg gak bisa spekulasi, mobil EV gak berkembang atau gini2 aja.
Open minded aja.
Skrg jaman di mana buying power dipengaruhi oleh influencer di dunia maya.
Apalagi wuling sbg kompor otomotif, untuk bikin sesuatu yg relatif terjangkau di kelas nya, dgn fitur lengkap
Last edited by Suryaputra on Sun Nov 21, 2021 6:01, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
80 jt x 5 kotak = 400 jt om???b0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 1:36dia salah angka bro 80jt itu per modulekrniawnhdr wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 1:03
maksudnya gimana nih "1Liter 10 KM, alias 8000 liter x 20 KM = 80rb KM" ???
8000 liter x 20 km jadinya 160.000 KM.
kalo per tahun 10rb KM, jadi setara 16 tahun dong
https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j1
disitu ada 10 kotak cuma dari mappingnya sih keknya kalo beli harga disitu 7rb $an per 2kotak jd pake 5 keknya
itung pake harga sini yang 80jt deh
tipe J1 aja ada 3 x 80jt = 240jt
https://www.hyundaipartsdeal.com/page_p ... ords=375j2
tipe j2 ada 2 x 80jt = 160jt
total 400jt mantap laaah 8th lagi GR yaris moga2x tinggal 400jt jd beli GR yaris aja di banding ganti batre konanya buang aja ke laut
btw ini kode partsnya kalo mau coba cari tau
375J1 SAMA 375J2
Paling bener beli wuling mini EV aja terus satu lagi piara 7 seater macem veloz atau mungkin fortuner atau innova kalo sanggup
Edan 400 jt. .... Anggap saja dipakai EV nya sampai baterai tinggal 40% alias 15 thn itu baru diganti.
Kalau 400 jt saja buat beli bensin dapat 40.000 liter.
40.000 liter x 10 KM/liter = 400.000 KM.
Per tahun kalau 10rb KM, maka setara 40 tahun pemakaian. Ngeri yah ....
Mending uang 400 jt dibuat beli bensin dicicil sampai 40 tahun.
Masak bisa baterai tahan hingga 40 tahun?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Dl mobil matic gak aman,marmut wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 4:29Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 2:11
Ngerinya itu buat dalkot,
Klo gak sengaja lgs bejek.
Instan 400Nm dan 140Hp dr awal
Klo mesin bensin, atay diesel lah anggap,
Power segede gtu didapat ketika hi rpm
tinggal nunggu headline news aja mobil terjun atau bikin alesan rem blong atau nabrak.
abis itu keluar kalimat "mobil listrik tidak aman?"
akakakakaka.....
Tp somehow malah jd psikologi terbalik, ntah gmn skrg org nyarinya matic
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Kalau Baterai harga 400 jt belum masuk keekonomian.Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 6:00Yah let seeb0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 5:17gak yakin....Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 2:09
8th lg harga batre gak segitu.
Inovasi berjalan cepat, sehingga ongkos produksinya jg makin murah.
Itupun jika rusak dlm waktu 8thn.
Waktu dan demand yg menjawab
Lu jg gak bisa spekulasi, mobil EV gak berkembang atau gini2 aja.
Open minded aja.
Skrg jaman di mana buying power dipengaruhi oleh influencer di dunia maya.
Apalagi wuling sbg kompor otomotif, untuk bikin sesuatu yg relatif terjangkau di kelas nya, dgn fitur lengkap
Nanti kalau 5 module harga 80 jt setara pemakaian BBM 8000 liter.
Dengan 8000 liter maka jarak tempuh 80rb KM. Kalau per tahun dipakai 10rb KM maka bisa dipakai 8 thn.
Baru mendapat faktor keekonomian yang menguntungkan.
Bisa juga nanti harganya baterai EV 80 jt untuk Kona yang 39 Kwh. Semoga
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
gak yakin 80jt ngarep turun separo aja baru 40jt kali 5 masih 200jt masalahnya kan di material, bukan produsen nyari cuan dari cost rnd kek hp baru tadiannya mahal lama2x akhirnya jadi murahSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 6:00
Yah let see
Waktu dan demand yg menjawab
Lu jg gak bisa spekulasi, mobil EV gak berkembang atau gini2 aja.
Open minded aja.
Skrg jaman di mana buying power dipengaruhi oleh influencer di dunia maya.
Apalagi wuling sbg kompor otomotif, untuk bikin sesuatu yg relatif terjangkau di kelas nya, dgn fitur lengkap
open minded aja sapa tau dapet supllai vibranium buat bahan batre dari negara wakanda
kalo wuling bisa kasih fitur banyak tapi mobilnya murah dia sendiri aja hemat ongkos R&D liat aja partsnya banyak tempelan dari vendor kan dia gembar gembor sendiri macem cvtnya lah dari bosch belom kalo platfomnya pake cara daur ulang platfom lama, makannya fiturnya melimpah tapi giliran di bawa driving fellnya zonk ya dikira bikin chasis bagus murah , honda aja sekarang daur ulang chasis brio gen 1 sama gen 2 kode chasis aja sama ditambah BRV all new all newnya cuma nambah fitur doank di balik bodynya masih chasis lama juga tuh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
b0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 7:08gak yakin 80jt ngarep turun separo aja baru 40jt kali 5 masih 200jt masalahnya kan di material, bukan produsen nyari cuan dari cost rnd kek hp baru tadiannya mahal lama2x akhirnya jadi murahSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 6:00
Yah let see
Waktu dan demand yg menjawab
Lu jg gak bisa spekulasi, mobil EV gak berkembang atau gini2 aja.
Open minded aja.
Skrg jaman di mana buying power dipengaruhi oleh influencer di dunia maya.
Apalagi wuling sbg kompor otomotif, untuk bikin sesuatu yg relatif terjangkau di kelas nya, dgn fitur lengkap
open minded aja sapa tau dapet supllai vibranium buat bahan batre dari negara wakanda
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
itu mah semua mobil bisa gitu gan mobil listrik mah aman2x aja
yang bikin gak aman tuh batrenya sendiri
liat aja exeperiment diatas
gimana kalo pas kecelakaan ditambah batre itu selama masih ada energi yang kesimpan disirem aer apinya malah makin menjadi makannya saya pernah bilang di indo tinggal tunggu 1x mobil listrik kebakar atau kecelakaan sampe kebakar pasti akan viral karena pemadam akan kebingunan buat madamin apinya
moga2x damkar kita ud ditraining buat ngehandle mobil listrik kalo ada kebakaran
makannya asumsinya ya misalnya bisa costnya aja tinggal separo aja 200jtan, value mobilnya paling tinggal 200-300jt dengan cost repair semahal itu ujung2xnya di scrap yang ada akhirnya malah boros karena ujung2xnya beli mobil baru kalo cyclenya gitu mulu ya buang2x SDA juga, sama sama aja ngerusak lingkunganProfith83 wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 6:00
80 jt x 5 kotak = 400 jt om???
Edan 400 jt. .... Anggap saja dipakai EV nya sampai baterai tinggal 40% alias 15 thn itu baru diganti.
Kalau 400 jt saja buat beli bensin dapat 40.000 liter.
40.000 liter x 10 KM/liter = 400.000 KM.
Per tahun kalau 10rb KM, maka setara 40 tahun pemakaian. Ngeri yah ....
Mending uang 400 jt dibuat beli bensin dicicil sampai 40 tahun.
Masak bisa baterai tahan hingga 40 tahun?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Amazed.
Klo dikasih ban resing, bakal nempel kayanya.
Mobil yg sama bisa dipakai buat ke pasar, ngemall atau naik turun gunung.. or track day di mandalika
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Cape sendiri kalo pikirin gituanb0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 7:21
itu mah semua mobil bisa gitu gan mobil listrik mah aman2x aja
yang bikin gak aman tuh batrenya sendiri
liat aja exeperiment diatas
gimana kalo pas kecelakaan ditambah batre itu selama masih ada energi yang kesimpan disirem aer apinya malah makin menjadi makannya saya pernah bilang di indo tinggal tunggu 1x mobil listrik kebakar atau kecelakaan sampe kebakar pasti akan viral karena pemadam akan kebingunan buat madamin apinya
moga2x damkar kita ud ditraining buat ngehandle mobil listrik kalo ada kebakaran
makannya asumsinya ya misalnya bisa costnya aja tinggal separo aja 200jtan, value mobilnya paling tinggal 200-300jt dengan cost repair semahal itu ujung2xnya di scrap yang ada akhirnya malah boros karena ujung2xnya beli mobil baru kalo cyclenya gitu mulu ya buang2x SDA juga, sama sama aja ngerusak lingkunganProfith83 wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 6:00
80 jt x 5 kotak = 400 jt om???
Edan 400 jt. .... Anggap saja dipakai EV nya sampai baterai tinggal 40% alias 15 thn itu baru diganti.
Kalau 400 jt saja buat beli bensin dapat 40.000 liter.
40.000 liter x 10 KM/liter = 400.000 KM.
Per tahun kalau 10rb KM, maka setara 40 tahun pemakaian. Ngeri yah ....
Mending uang 400 jt dibuat beli bensin dicicil sampai 40 tahun.
Masak bisa baterai tahan hingga 40 tahun?
Fakta nya eropa larang mobil fosil 2030
Indonesia mulai 2050
Kalo ga suka mobil batre yah belom telat kok
dari sekarang mulai riset ciptain mobil bahan bakar non-fosil non-batere
Kalo saya sih mending cari duit aja yg banyak
Biar nanti uda ga ada mobil fosil lagi yah bisa kebeli mobil yg tersedia
Atau minimal bisa beli becak dan gaji orang buat anterin pegi kemana2
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Setujuh.Zaxis wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 9:50Cape sendiri kalo pikirin gituanb0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 7:21
itu mah semua mobil bisa gitu gan mobil listrik mah aman2x aja
yang bikin gak aman tuh batrenya sendiri
liat aja exeperiment diatas
gimana kalo pas kecelakaan ditambah batre itu selama masih ada energi yang kesimpan disirem aer apinya malah makin menjadi makannya saya pernah bilang di indo tinggal tunggu 1x mobil listrik kebakar atau kecelakaan sampe kebakar pasti akan viral karena pemadam akan kebingunan buat madamin apinya
moga2x damkar kita ud ditraining buat ngehandle mobil listrik kalo ada kebakaran
makannya asumsinya ya misalnya bisa costnya aja tinggal separo aja 200jtan, value mobilnya paling tinggal 200-300jt dengan cost repair semahal itu ujung2xnya di scrap yang ada akhirnya malah boros karena ujung2xnya beli mobil baru kalo cyclenya gitu mulu ya buang2x SDA juga, sama sama aja ngerusak lingkunganProfith83 wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 6:00
80 jt x 5 kotak = 400 jt om???
Edan 400 jt. .... Anggap saja dipakai EV nya sampai baterai tinggal 40% alias 15 thn itu baru diganti.
Kalau 400 jt saja buat beli bensin dapat 40.000 liter.
40.000 liter x 10 KM/liter = 400.000 KM.
Per tahun kalau 10rb KM, maka setara 40 tahun pemakaian. Ngeri yah ....
Mending uang 400 jt dibuat beli bensin dicicil sampai 40 tahun.
Masak bisa baterai tahan hingga 40 tahun?
Fakta nya eropa larang mobil fosil 2030
Indonesia mulai 2050
Kalo ga suka mobil batre yah belom telat kok
dari sekarang mulai riset ciptain mobil bahan bakar non-fosil non-batere
Kalo saya sih mending cari duit aja yg banyak
Biar nanti uda ga ada mobil fosil lagi yah bisa kebeli mobil yg tersedia
Atau minimal bisa beli becak dan gaji orang buat anterin pegi kemana2
Inovasi klo sudah mencapai prinsip ekonomi dan memenuhi demand yg ada, perlahan akan melahap hal yg "konservatif" dan akan menjadi hal yg common.
Kita lihat aja
Klo saya sih suka sm inovasi dan sesuatu hal yg baru.
Cuman klo konteksnya EV, "belum" suka sm harga dan infranya aja
Terbukti banget, ketika PSBB 1.0 itu langit ibukota bersih bangettt.
Makanya sy doakan semoga EV bisa segera terjangkau dan infra listrik tersedia sampai ke pegunungan
Klo mikir ngerusak lingkungan, yah pikirin aja ganti oli tiap 6 bln sekali, dikali jumlah mobil yg beredar
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Mknya ganti olinya jgn di rumah, di toko oli / bengkel dijamin go-green & membantu "menciptakan" lapangan kerja ... Dijamin satu tetes oli pun tak terbuang .Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:12Setujuh.Zaxis wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 9:50Cape sendiri kalo pikirin gituanb0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 7:21
itu mah semua mobil bisa gitu gan mobil listrik mah aman2x aja
yang bikin gak aman tuh batrenya sendiri
liat aja exeperiment diatas
gimana kalo pas kecelakaan ditambah batre itu selama masih ada energi yang kesimpan disirem aer apinya malah makin menjadi makannya saya pernah bilang di indo tinggal tunggu 1x mobil listrik kebakar atau kecelakaan sampe kebakar pasti akan viral karena pemadam akan kebingunan buat madamin apinya
moga2x damkar kita ud ditraining buat ngehandle mobil listrik kalo ada kebakaran
makannya asumsinya ya misalnya bisa costnya aja tinggal separo aja 200jtan, value mobilnya paling tinggal 200-300jt dengan cost repair semahal itu ujung2xnya di scrap yang ada akhirnya malah boros karena ujung2xnya beli mobil baru kalo cyclenya gitu mulu ya buang2x SDA juga, sama sama aja ngerusak lingkungan
Fakta nya eropa larang mobil fosil 2030
Indonesia mulai 2050
Kalo ga suka mobil batre yah belom telat kok
dari sekarang mulai riset ciptain mobil bahan bakar non-fosil non-batere
Kalo saya sih mending cari duit aja yg banyak
Biar nanti uda ga ada mobil fosil lagi yah bisa kebeli mobil yg tersedia
Atau minimal bisa beli becak dan gaji orang buat anterin pegi kemana2
Inovasi klo sudah mencapai prinsip ekonomi dan memenuhi demand yg ada, perlahan akan melahap hal yg "konservatif" dan akan menjadi hal yg common.
Kita lihat aja
Klo saya sih suka sm inovasi dan sesuatu hal yg baru.
Cuman klo konteksnya EV, "belum" suka sm harga dan infranya aja
Terbukti banget, ketika PSBB 1.0 itu langit ibukota bersih bangettt.
Makanya sy doakan semoga EV bisa segera terjangkau dan infra listrik tersedia sampai ke pegunungan
Klo mikir ngerusak lingkungan, yah pikirin aja ganti oli tiap 6 bln sekali, dikali jumlah mobil yg beredar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Ngeliat tulisan mbah suryaputra ane baru keingetan iya juga ya mobil ICE beside bahan bakarnya, oli2 yg rutin diganti seperti olmes dan oli transmisi jg berpotensi jadi limbah dan mencemari lingkungan yahh... apalagi kalo penanganan limbah olinya kagak beres... Biasanya kalo ane ngeliat war mengenai ICE dan EV ini, kata2 senjata yg biasa suka dikeluarin haters EV adalah "mobil ICE sumber pencemarnya cuma ada di bahan bakarnya, kalo mobil EV ada di listriknya sendiri + baterai"... Lupa ane kalo itu olmes dan oli trans yg sepatutnya diganti rutin jg berpotensi jd pencemarSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:12Setujuh.Zaxis wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 9:50Cape sendiri kalo pikirin gituanb0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 7:21
itu mah semua mobil bisa gitu gan mobil listrik mah aman2x aja
yang bikin gak aman tuh batrenya sendiri
liat aja exeperiment diatas
gimana kalo pas kecelakaan ditambah batre itu selama masih ada energi yang kesimpan disirem aer apinya malah makin menjadi makannya saya pernah bilang di indo tinggal tunggu 1x mobil listrik kebakar atau kecelakaan sampe kebakar pasti akan viral karena pemadam akan kebingunan buat madamin apinya
moga2x damkar kita ud ditraining buat ngehandle mobil listrik kalo ada kebakaran
makannya asumsinya ya misalnya bisa costnya aja tinggal separo aja 200jtan, value mobilnya paling tinggal 200-300jt dengan cost repair semahal itu ujung2xnya di scrap yang ada akhirnya malah boros karena ujung2xnya beli mobil baru kalo cyclenya gitu mulu ya buang2x SDA juga, sama sama aja ngerusak lingkungan
Fakta nya eropa larang mobil fosil 2030
Indonesia mulai 2050
Kalo ga suka mobil batre yah belom telat kok
dari sekarang mulai riset ciptain mobil bahan bakar non-fosil non-batere
Kalo saya sih mending cari duit aja yg banyak
Biar nanti uda ga ada mobil fosil lagi yah bisa kebeli mobil yg tersedia
Atau minimal bisa beli becak dan gaji orang buat anterin pegi kemana2
Inovasi klo sudah mencapai prinsip ekonomi dan memenuhi demand yg ada, perlahan akan melahap hal yg "konservatif" dan akan menjadi hal yg common.
Kita lihat aja
Klo saya sih suka sm inovasi dan sesuatu hal yg baru.
Cuman klo konteksnya EV, "belum" suka sm harga dan infranya aja
Terbukti banget, ketika PSBB 1.0 itu langit ibukota bersih bangettt.
Makanya sy doakan semoga EV bisa segera terjangkau dan infra listrik tersedia sampai ke pegunungan
Klo mikir ngerusak lingkungan, yah pikirin aja ganti oli tiap 6 bln sekali, dikali jumlah mobil yg beredar
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Iya mbahhrakyatwkwkland wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:44Ngeliat tulisan mbah suryaputra ane baru keingetan iya juga ya mobil ICE beside bahan bakarnya, oli2 yg rutin diganti seperti olmes dan oli transmisi jg berpotensi jadi limbah dan mencemari lingkungan yahh... apalagi kalo penanganan limbah olinya kagak beres... Biasanya kalo ane ngeliat war mengenai ICE dan EV ini, kata2 senjata yg biasa suka dikeluarin haters EV adalah "mobil ICE sumber pencemarnya cuma ada di bahan bakarnya, kalo mobil EV ada di listriknya sendiri + baterai"... Lupa ane kalo itu olmes dan oli trans yg sepatutnya diganti rutin jg berpotensi jd pencemarSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:12Setujuh.Zaxis wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 9:50
Cape sendiri kalo pikirin gituan
Fakta nya eropa larang mobil fosil 2030
Indonesia mulai 2050
Kalo ga suka mobil batre yah belom telat kok
dari sekarang mulai riset ciptain mobil bahan bakar non-fosil non-batere
Kalo saya sih mending cari duit aja yg banyak
Biar nanti uda ga ada mobil fosil lagi yah bisa kebeli mobil yg tersedia
Atau minimal bisa beli becak dan gaji orang buat anterin pegi kemana2
Inovasi klo sudah mencapai prinsip ekonomi dan memenuhi demand yg ada, perlahan akan melahap hal yg "konservatif" dan akan menjadi hal yg common.
Kita lihat aja
Klo saya sih suka sm inovasi dan sesuatu hal yg baru.
Cuman klo konteksnya EV, "belum" suka sm harga dan infranya aja
Terbukti banget, ketika PSBB 1.0 itu langit ibukota bersih bangettt.
Makanya sy doakan semoga EV bisa segera terjangkau dan infra listrik tersedia sampai ke pegunungan
Klo mikir ngerusak lingkungan, yah pikirin aja ganti oli tiap 6 bln sekali, dikali jumlah mobil yg beredar
Klo EV lendirnya di reduction gearnya aja, itu jg gantinya dgn interval jauh lbh lama.
Klo masalah scrap mbl bekas, ya kan bisa recycle jadi panci dkk nya .
Intinya sih gak usah dipikirin, nikmatin aja perkembangan teknologi dan inovasi.
Saya sih suka banget torsi dan powah instant
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Semua akan suka kok mobil listrik kalau harga keekonomian sudah tercapai.
1. Lebih irit(asumsi harga baterai terjangkau)
2. Suara hening.
3. Tenaga instant
4. 1 thn di youtube fitra gak ganti oli apapun. 15rb KM. Servis berikutnya 2 thn 30rb KM ---> polusi rendah
5. Panas mesin berkurang, asumsi tanpa pembakaran panas berkurang
6. Recycle baterai mungkin harga bisa 20% spt baterai sekarang pakai timah. Tapi entahlah
Ganjalan hanya di:
A. Beli barunya mahal banget, setara 3 avanza
B. Infra masih belum mendukung.
IDE:
Harusnya diatas kap mesin dan atap mobil dikasih solar penerima tenaga matahari. Kan lumayan misal sejam jalan 90KM. Sambil ngecharge 1 jam siang hari MUNGKIN bisa tambah jalan 45KM
1. Lebih irit(asumsi harga baterai terjangkau)
2. Suara hening.
3. Tenaga instant
4. 1 thn di youtube fitra gak ganti oli apapun. 15rb KM. Servis berikutnya 2 thn 30rb KM ---> polusi rendah
5. Panas mesin berkurang, asumsi tanpa pembakaran panas berkurang
6. Recycle baterai mungkin harga bisa 20% spt baterai sekarang pakai timah. Tapi entahlah
Ganjalan hanya di:
A. Beli barunya mahal banget, setara 3 avanza
B. Infra masih belum mendukung.
IDE:
Harusnya diatas kap mesin dan atap mobil dikasih solar penerima tenaga matahari. Kan lumayan misal sejam jalan 90KM. Sambil ngecharge 1 jam siang hari MUNGKIN bisa tambah jalan 45KM
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1779
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Ioniq 5.... Kemungkinan 2 motor soalnya harganya lebih mahalKielConstantine wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 5:53Kurang kenceng .. ada yg spek 300hp 700Nm ga?Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 2:11Ngerinya itu buat dalkot,
Klo gak sengaja lgs bejek.
Instan 400Nm dan 140Hp dr awal
Klo mesin bensin, atay diesel lah anggap,
Power segede gtu didapat ketika hi rpm
Masa musti nebus porsche taycan
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
yang kemaren nolak tanda tangan ya itu pada bikin alternatif diluar batre, bukan listriknya yang masalah, yang masalah adalah batre karena mobil hidrogen yang dijual sekarang juga mobil listrik, tapi anehnya toyota malah lagi usaha nyoba hydrogen combustionZaxis wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 9:50
Cape sendiri kalo pikirin gituan
Fakta nya eropa larang mobil fosil 2030
Indonesia mulai 2050
Kalo ga suka mobil batre yah belom telat kok
dari sekarang mulai riset ciptain mobil bahan bakar non-fosil non-batere
Kalo saya sih mending cari duit aja yg banyak
Biar nanti uda ga ada mobil fosil lagi yah bisa kebeli mobil yg tersedia
Atau minimal bisa beli becak dan gaji orang buat anterin pegi kemana2
dan hydrogen pun kurang praktis karena butuh tabung tetep bahan bakar cairan masih paling praktis apapun materialnya
oli itu jarang di buang sembarangan karena ada valuenya, oli bekas itu salah satu cuan bengkel mereka buang oli tapi malah di bayar karena bisa di pake lagi tapi ya sampe sekarang saya belom tau itu oli dipake buat aparakyatwkwkland wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:44
Ngeliat tulisan mbah suryaputra ane baru keingetan iya juga ya mobil ICE beside bahan bakarnya, oli2 yg rutin diganti seperti olmes dan oli transmisi jg berpotensi jadi limbah dan mencemari lingkungan yahh... apalagi kalo penanganan limbah olinya kagak beres... Biasanya kalo ane ngeliat war mengenai ICE dan EV ini, kata2 senjata yg biasa suka dikeluarin haters EV adalah "mobil ICE sumber pencemarnya cuma ada di bahan bakarnya, kalo mobil EV ada di listriknya sendiri + baterai"... Lupa ane kalo itu olmes dan oli trans yg sepatutnya diganti rutin jg berpotensi jd pencemar
masalahnya di jakarta 60% penyumbang polusinya dari industri belom itungan 1 kapal kargo yang setara 50jt mobil , jgn lupa polusi dari pesawat udaraSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:12
Setujuh.
Inovasi klo sudah mencapai prinsip ekonomi dan memenuhi demand yg ada, perlahan akan melahap hal yg "konservatif" dan akan menjadi hal yg common.
Kita lihat aja
Klo saya sih suka sm inovasi dan sesuatu hal yg baru.
Cuman klo konteksnya EV, "belum" suka sm harga dan infranya aja
Terbukti banget, ketika PSBB 1.0 itu langit ibukota bersih bangettt.
Makanya sy doakan semoga EV bisa segera terjangkau dan infra listrik tersedia sampai ke pegunungan
Klo mikir ngerusak lingkungan, yah pikirin aja ganti oli tiap 6 bln sekali, dikali jumlah mobil yg beredar
jadi tidak menyelesaikan masalah cuma ganti ke EV malah yang ada makin orang cepet ganti mobil artinya orang lebih konsumtif yang ada pabrik makin meningkat kapasitas produksinya yang ada polusinya tambah banyak dari mereka makannya ujung2xnya saya bilang ngerusak lingkungan juga
kita mah cuma jadi kambing item doank emang udah waktunya bahan bakar cair itu yang harus evolusi jadi lebih ramah lingkungan bukan ganti jadi batre karena batre gak bisa ngejalanin pesawat terbang sama kapal kargo
gak mungkin kan kapal kargo jd kapal listrik kayak kapal induk sekarang jadi kapal listrik tapi pake reaktor nuklir???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
b0ku wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 12:51yang kemaren nolak tanda tangan ya itu pada bikin alternatif diluar batre, bukan listriknya yang masalah, yang masalah adalah batre karena mobil hidrogen yang dijual sekarang juga mobil listrik, tapi anehnya toyota malah lagi usaha nyoba hydrogen combustionZaxis wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 9:50
Cape sendiri kalo pikirin gituan
Fakta nya eropa larang mobil fosil 2030
Indonesia mulai 2050
Kalo ga suka mobil batre yah belom telat kok
dari sekarang mulai riset ciptain mobil bahan bakar non-fosil non-batere
Kalo saya sih mending cari duit aja yg banyak
Biar nanti uda ga ada mobil fosil lagi yah bisa kebeli mobil yg tersedia
Atau minimal bisa beli becak dan gaji orang buat anterin pegi kemana2
dan hydrogen pun kurang praktis karena butuh tabung tetep bahan bakar cairan masih paling praktis apapun materialnya
oli itu jarang di buang sembarangan karena ada valuenya, oli bekas itu salah satu cuan bengkel mereka buang oli tapi malah di bayar karena bisa di pake lagi tapi ya sampe sekarang saya belom tau itu oli dipake buat aparakyatwkwkland wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:44
Ngeliat tulisan mbah suryaputra ane baru keingetan iya juga ya mobil ICE beside bahan bakarnya, oli2 yg rutin diganti seperti olmes dan oli transmisi jg berpotensi jadi limbah dan mencemari lingkungan yahh... apalagi kalo penanganan limbah olinya kagak beres... Biasanya kalo ane ngeliat war mengenai ICE dan EV ini, kata2 senjata yg biasa suka dikeluarin haters EV adalah "mobil ICE sumber pencemarnya cuma ada di bahan bakarnya, kalo mobil EV ada di listriknya sendiri + baterai"... Lupa ane kalo itu olmes dan oli trans yg sepatutnya diganti rutin jg berpotensi jd pencemar
masalahnya di jakarta 60% penyumbang polusinya dari industri belom itungan 1 kapal kargo yang setara 50jt mobil , jgn lupa polusi dari pesawat udaraSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 10:12
Setujuh.
Inovasi klo sudah mencapai prinsip ekonomi dan memenuhi demand yg ada, perlahan akan melahap hal yg "konservatif" dan akan menjadi hal yg common.
Kita lihat aja
Klo saya sih suka sm inovasi dan sesuatu hal yg baru.
Cuman klo konteksnya EV, "belum" suka sm harga dan infranya aja
Terbukti banget, ketika PSBB 1.0 itu langit ibukota bersih bangettt.
Makanya sy doakan semoga EV bisa segera terjangkau dan infra listrik tersedia sampai ke pegunungan
Klo mikir ngerusak lingkungan, yah pikirin aja ganti oli tiap 6 bln sekali, dikali jumlah mobil yg beredar
jadi tidak menyelesaikan masalah cuma ganti ke EV malah yang ada makin orang cepet ganti mobil artinya orang lebih konsumtif yang ada pabrik makin meningkat kapasitas produksinya yang ada polusinya tambah banyak dari mereka makannya ujung2xnya saya bilang ngerusak lingkungan juga
kita mah cuma jadi kambing item doank emang udah waktunya bahan bakar cair itu yang harus evolusi jadi lebih ramah lingkungan bukan ganti jadi batre karena batre gak bisa ngejalanin pesawat terbang sama kapal kargo
gak mungkin kan kapal kargo jd kapal listrik kayak kapal induk sekarang jadi kapal listrik tapi pake reaktor nuklir???
start from ourselves as a civilian
at least punya mindset spt itu dulu.
konkritnya saat ini, gunakan bbm berkualitas atau rendah sulfur.
rawat CC dengan baik (klo udah dikasih dr pabrik), dan pastikan kondisi mesin prima.
klo semua orang kebanyakan mikir terlalu jauh, dan kebanyakan concern ini itu, siapa yg mau mulai perubahan?
justru tugas kita edukasi gmn caranya tetap suka otomotif tapi tetap mikirin love the environment.
ya lihat aja nanti lah, gmn efeknya klo beneran EU implement banned fossil car
toh yg merasakan dampak nya anak or cucu kita semua in long term.
Intinya klo gak suka EV dan kritik.
Gak butuh itu bro
Butuhnya adalah SOLUSI alternatif mbl EV.
Khawatir malah jd toxic diskusinya
Last edited by Suryaputra on Sun Nov 21, 2021 16:41, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Perkara ini, ane pernah baca di mana gitu entah di igeh atau di yutub pernah ada yg bahas beginian di kolom komennya. Konon katanya ya kalo gasalah inget, alasan ga ada pabrikan yg ngasih solar panel di mobil karena luas permukaan atep mobil itu terlalu kecil buat mengubah energi matahari ke jumlah energi listrik yg dibutuhkan si mobil, di tambah lagi kalo gasalah harganya jg terlalu mahal dan bobotnya jg konon cukup berat...
CMIIW yaa...
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
imho...Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 16:05 Intinya klo gak suka EV dan kritik.
Gak butuh itu bro
Butuhnya adalah SOLUSI alternatif mbl EV.
Khawatir malah jd toxic diskusinya
terkadang ada yang kelupaan dibahas ketika ngomongin ekologi dan energi : urban planning.
ributnya muter di energi alternatif, tapi lupa kenapa sih kita butuh energi? karena commuting di indonesia itu sejujurnya sangat-sangat boros energi. ini faktor utama yang bikin saya skeptis dengan wacana ban total mobil berbahan bakar bensin. di europe sih pasti udah siap karena urban planningnya rata-rata bagus di eropa dan mass transportnya juga jalan. kalo USA masih maju mundur cantik berhubung yang kepilih biden aja. klo trump kepilih lagi gak yakin.
kalo buat temen-temen di jabodetabek dan kota besar lain (mostly kota besar di pulau jawa) pasti ngerasain what a mess living here. waktunya abis di jalan krn tempat kerja terlalu jauh. bakar bensin cuma jadi asap beracun gak jadi horsepower. sesuatu yang walau semua orang di jakarta pakai EV tetap konsumsi energinya akan tetap sangat tinggi. fokus infrastrukturnya bukan supaya kota lebih layak huni, tapi lebih ke nambahin jalan supaya gak macet (yang kenyataannya pertumbuhan jalan juga dikit sih).
idealnya ya pakai mass transport, tapi mass transport di sini (dengan mengeliminasi faktor keamanan dan potensi [cencored] harrassment pada perempuan krn berdesakan) sangat tidak efisien waktu. untuk mencapai jarak yang sama spare waktunya musti 2-3 kali lebih lama, dan sering pindah-pindah. makanya karyawan kantoran begitu ada duit sedikit akhirnya ya beli motor, atau mobil. vicious cycle yang gak habis-habis. plus makin bertambahnya orang urbanisasi ke kota besar krn mencari pendapatan yang lebih layak.
solusi yang agak muluk - muluk dan jangka panjang : pemerataan dan pemberdayaan daerah di luar jawa / jakarta buat mandiri secara ekonomi gak bergantung lagi pada ekonomi jakartasentris. logikanya krn makin minim orang keluar daerah, ya mobilitas makin berkurang, energy use jadi minim. kiriman logistik (yang juga banyak menyumbang carbon footprint) pun bisa diminimalkan. kota besar pun gak harus menanggung beban pertambahan penduduk yang semakin meningkat dengan segala problem sosial-ekonomi termasuk energy nya.
solusi yang gak muluk-muluk : minimalkan penggunaan kendaraan untuk daily commute, if possible tentu saja krn tentu saja ini agak tidak realistis diterapkan mengingat kondisi urban planning tadi. atau, prolong interval ganti mobil atau motor baru hanya demi pamer ke keluarga di kampung waktu mudik. di modif aja biar keliatan kayak baru imho mobil sekarang 10 thn pun masih bisa as good as new jika dirawat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Nah..ChZ wrote: ↑Mon Nov 22, 2021 3:17imho...Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 16:05 Intinya klo gak suka EV dan kritik.
Gak butuh itu bro
Butuhnya adalah SOLUSI alternatif mbl EV.
Khawatir malah jd toxic diskusinya
terkadang ada yang kelupaan dibahas ketika ngomongin ekologi dan energi : urban planning.
ributnya muter di energi alternatif, tapi lupa kenapa sih kita butuh energi? karena commuting di indonesia itu sejujurnya sangat-sangat boros energi. ini faktor utama yang bikin saya skeptis dengan wacana ban total mobil berbahan bakar bensin. di europe sih pasti udah siap karena urban planningnya rata-rata bagus di eropa dan mass transportnya juga jalan. kalo USA masih maju mundur cantik berhubung yang kepilih biden aja. klo trump kepilih lagi gak yakin.
kalo buat temen-temen di jabodetabek dan kota besar lain (mostly kota besar di pulau jawa) pasti ngerasain what a mess living here. waktunya abis di jalan krn tempat kerja terlalu jauh. bakar bensin cuma jadi asap beracun gak jadi horsepower. sesuatu yang walau semua orang di jakarta pakai EV tetap konsumsi energinya akan tetap sangat tinggi. fokus infrastrukturnya bukan supaya kota lebih layak huni, tapi lebih ke nambahin jalan supaya gak macet (yang kenyataannya pertumbuhan jalan juga dikit sih).
idealnya ya pakai mass transport, tapi mass transport di sini (dengan mengeliminasi faktor keamanan dan potensi [cencored] harrassment pada perempuan krn berdesakan) sangat tidak efisien waktu. untuk mencapai jarak yang sama spare waktunya musti 2-3 kali lebih lama, dan sering pindah-pindah. makanya karyawan kantoran begitu ada duit sedikit akhirnya ya beli motor, atau mobil. vicious cycle yang gak habis-habis. plus makin bertambahnya orang urbanisasi ke kota besar krn mencari pendapatan yang lebih layak.
solusi yang agak muluk - muluk dan jangka panjang : pemerataan dan pemberdayaan daerah di luar jawa / jakarta buat mandiri secara ekonomi gak bergantung lagi pada ekonomi jakartasentris. logikanya krn makin minim orang keluar daerah, ya mobilitas makin berkurang, energy use jadi minim. kiriman logistik (yang juga banyak menyumbang carbon footprint) pun bisa diminimalkan. kota besar pun gak harus menanggung beban pertambahan penduduk yang semakin meningkat dengan segala problem sosial-ekonomi termasuk energy nya.
solusi yang gak muluk-muluk : minimalkan penggunaan kendaraan untuk daily commute, if possible tentu saja krn tentu saja ini agak tidak realistis diterapkan mengingat kondisi urban planning tadi. atau, prolong interval ganti mobil atau motor baru hanya demi pamer ke keluarga di kampung waktu mudik. di modif aja biar keliatan kayak baru imho mobil sekarang 10 thn pun masih bisa as good as new jika dirawat.
anyway, positifnya psbb ini mengubah habit kita jd lebih efisien untuk daily commute.
salah satu contoh:
- yg biasanya itu kasir transmart atau hypermart dkk nya penuh, skrg jd lbh sepi krn orang2 sudah (terpaksa) belanja kebutuhan RT dan leisure scr online
- nonton cinema -> jadi nonton di rumah aja, netflix, disney hotstar+, SaaS drakor, dsb
- dan banyak hal
negatifnya.. disrupsi besar2an dr offline ke online habit..
berakibat, ekonomi / bisnis offline terguncang.
krn salah satu PDB terbesar kan HoReCa & Travel.
tapi memang untuk merubah sesuatu, butuh pengorbanan besar.
jadi kmn2.. wkwkwkwkw
back to trit,
konaq instan powah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1559
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Impressi Test drive Hyundai Kona EV
Nah saya mau nulis mirip kyk gini.ChZ wrote: ↑Mon Nov 22, 2021 3:17imho...Suryaputra wrote: ↑Sun Nov 21, 2021 16:05 Intinya klo gak suka EV dan kritik.
Gak butuh itu bro
Butuhnya adalah SOLUSI alternatif mbl EV.
Khawatir malah jd toxic diskusinya
terkadang ada yang kelupaan dibahas ketika ngomongin ekologi dan energi : urban planning.
ributnya muter di energi alternatif, tapi lupa kenapa sih kita butuh energi? karena commuting di indonesia itu sejujurnya sangat-sangat boros energi. ini faktor utama yang bikin saya skeptis dengan wacana ban total mobil berbahan bakar bensin. di europe sih pasti udah siap karena urban planningnya rata-rata bagus di eropa dan mass transportnya juga jalan. kalo USA masih maju mundur cantik berhubung yang kepilih biden aja. klo trump kepilih lagi gak yakin.
kalo buat temen-temen di jabodetabek dan kota besar lain (mostly kota besar di pulau jawa) pasti ngerasain what a mess living here. waktunya abis di jalan krn tempat kerja terlalu jauh. bakar bensin cuma jadi asap beracun gak jadi horsepower. sesuatu yang walau semua orang di jakarta pakai EV tetap konsumsi energinya akan tetap sangat tinggi. fokus infrastrukturnya bukan supaya kota lebih layak huni, tapi lebih ke nambahin jalan supaya gak macet (yang kenyataannya pertumbuhan jalan juga dikit sih).
idealnya ya pakai mass transport, tapi mass transport di sini (dengan mengeliminasi faktor keamanan dan potensi [cencored] harrassment pada perempuan krn berdesakan) sangat tidak efisien waktu. untuk mencapai jarak yang sama spare waktunya musti 2-3 kali lebih lama, dan sering pindah-pindah. makanya karyawan kantoran begitu ada duit sedikit akhirnya ya beli motor, atau mobil. vicious cycle yang gak habis-habis. plus makin bertambahnya orang urbanisasi ke kota besar krn mencari pendapatan yang lebih layak.
solusi yang agak muluk - muluk dan jangka panjang : pemerataan dan pemberdayaan daerah di luar jawa / jakarta buat mandiri secara ekonomi gak bergantung lagi pada ekonomi jakartasentris. logikanya krn makin minim orang keluar daerah, ya mobilitas makin berkurang, energy use jadi minim. kiriman logistik (yang juga banyak menyumbang carbon footprint) pun bisa diminimalkan. kota besar pun gak harus menanggung beban pertambahan penduduk yang semakin meningkat dengan segala problem sosial-ekonomi termasuk energy nya.
solusi yang gak muluk-muluk : minimalkan penggunaan kendaraan untuk daily commute, if possible tentu saja krn tentu saja ini agak tidak realistis diterapkan mengingat kondisi urban planning tadi. atau, prolong interval ganti mobil atau motor baru hanya demi pamer ke keluarga di kampung waktu mudik. di modif aja biar keliatan kayak baru imho mobil sekarang 10 thn pun masih bisa as good as new jika dirawat.
Imho, kayaknya ev gak menyelesaikan masalah sumber daya alam.
Kuncinya sih di public transport n kalo memungkinkan, pake sepeda.
Percuma juga ev kalo mobil segede bagong, tp yang naik cuma 1 ekor. Tetep aja makan energi n spacenya gak worth it.
Tapi ya....entah taon berapa negara kita bisa spt negara2 lain.
Di jakarta public transportnya bagus banget. Please check surabaya, the 2nd largest city, mass public transportnya bisa dibilang nol.
Saya ke bbrp kota besar di luar sono, merasa jauh lebih bisa mobile ke seluruh penjuru kota tanpa punya kendaraan pribadi.
Di sini? Gak punya kendaraan pribadi berasa kyk gak punya kaki