Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

fajarrian wrote:
kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 11:47
Peter10 wrote:selamat siang om, mo tanya?
klo umur dryer ac brapa lama ya?
terakhir service ac sebulan yang lalu, bersihin evap ma flasing oli tp dryer g di ganti.
di L15Z 2014
makasih
30.000 KM boleh buat penggantian dryer.

om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin

itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by fajarrian »

kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 18:27
fajarrian wrote:
kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 11:47 30.000 KM boleh buat penggantian dryer.

om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin

itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.
wah kayanya freon juga nih, soalnya mendesis dari kisi2 ac.

makasi banyak om, bulan depan pas banget balik bekasi nanti sekalian mampir
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

fajarrian wrote:
kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 18:27
fajarrian wrote:
om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin

itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.
wah kayanya freon juga nih, soalnya mendesis dari kisi2 ac.

makasi banyak om, bulan depan pas banget balik bekasi nanti sekalian mampir
berarti ada bocor. tinggal dicek bocornya di mana.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by azu »

om mau nanya, mobil saya Vios 2007 ini pernah lewat banjir dan pas lewat banjir dengan ketinggian air kira2 setengah ban lebih dan saat itu saya lupa ga matiin AC sehingga lampu indikator Aki menyala, begitu AC saya matikan lampu indikator aki langsung mati.

Setelah kejadian lewat banjir itu, setiap lewat genangan yang tinggi diatas mata kaki dengan kondisi AC nyala lampu indikator akinya selalu menyala dan ketika AC dimatikan langsung lampu indikatornya mati. Sebelum kejadian lewat banjir itu, meskipun lewat genangan agak tinggi dengan AC menyala tidak pernah menyala lampu indikator akinya.

Saya sih curiganya ini dari magnetic clutch AC, karena kalau alternator posisinya cukup tinggi sedangkan kompresor AC letaknya di bawah. kira2 ada yg bisa dilakukan biar kalau lewat genangan si lampu indikator aki itu ga nyala? kalau lihat socket ke magnetic clutch sih masih bagus ya, tapi saya belum cek buka soketnya, dan untuk kabel negatifnya juga langsung dibaut ke ground mesin bukan pakai socket. atau magnetic clutchnya harus diganti? kondisinya sih saat ini masih bagus ya, dan tidak ada bunyi2 juga dari sekitar kompresor.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


azu wrote:om mau nanya, mobil saya Vios 2007 ini pernah lewat banjir dan pas lewat banjir dengan ketinggian air kira2 setengah ban lebih dan saat itu saya lupa ga matiin AC sehingga lampu indikator Aki menyala, begitu AC saya matikan lampu indikator aki langsung mati.

Setelah kejadian lewat banjir itu, setiap lewat genangan yang tinggi diatas mata kaki dengan kondisi AC nyala lampu indikator akinya selalu menyala dan ketika AC dimatikan langsung lampu indikatornya mati. Sebelum kejadian lewat banjir itu, meskipun lewat genangan agak tinggi dengan AC menyala tidak pernah menyala lampu indikator akinya.

Saya sih curiganya ini dari magnetic clutch AC, karena kalau alternator posisinya cukup tinggi sedangkan kompresor AC letaknya di bawah. kira2 ada yg bisa dilakukan biar kalau lewat genangan si lampu indikator aki itu ga nyala? kalau lihat socket ke magnetic clutch sih masih bagus ya, tapi saya belum cek buka soketnya, dan untuk kabel negatifnya juga langsung dibaut ke ground mesin bukan pakai socket. atau magnetic clutchnya harus diganti? kondisinya sih saat ini masih bagus ya, dan tidak ada bunyi2 juga dari sekitar kompresor.
kalo lampu aki nyala bukan dari magnet clutch. coba dicek alternatornya bisa aja ngga mengisi kalo harus nyalain AC atau perkabelan2nya mungkin ada yg digigit tikus
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 17 Mar 2020, 17:34

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Junoz »

Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by wicaksono99 »

kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
New ertiga kan ada heaternya berarti set ke yg paling dingin kah biar kompresor awet? Tapi saya gak bisa dingin2 juga orangnya.. Set 24-25 aja udh kedinginan, ac juga sudah auto climate.
Apa lebih sering pergantian oli kompresor, freon & filter dryer aja kalo sering diset suhu kisaran 23-25 gitu biar lebih awet?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

wicaksono99 wrote:
kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
New ertiga kan ada heaternya berarti set ke yg paling dingin kah biar kompresor awet? Tapi saya gak bisa dingin2 juga orangnya.. Set 24-25 aja udh kedinginan, ac juga sudah auto climate.
Apa lebih sering pergantian oli kompresor, freon & filter dryer aja kalo sering diset suhu kisaran 23-25 gitu biar lebih awet?
Kalo di 18-24 blm kebuka heater. Pas di 25 baru mulai kebuka dikit. Saran sih main di 20-24 aman
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Kl model livina berarti diset di kanan mentok atau 1 strip sebelum mentok om?
Krn livina khan pake MC dan sistem cut off juga plus ac nya jadul msh kenop kompor jd ngga ada pengsturan suhunya berapa pas nya.
Sebagian tukang ac bilang diset di 1 strip sebelum mentok aja, sama sisanya mainkan blower fan di speed 1 atau 2 sdh cukup. Benarkah begitu om spy awet?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

blloewy wrote:
kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Kl model livina berarti diset di kanan mentok atau 1 strip sebelum mentok om?
Krn livina khan pake MC dan sistem cut off juga plus ac nya jadul msh kenop kompor jd ngga ada pengsturan suhunya berapa pas nya.
Sebagian tukang ac bilang diset di 1 strip sebelum mentok aja, sama sisanya mainkan blower fan di speed 1 atau 2 sdh cukup. Benarkah begitu om spy awet?
3 strip sblm mentok jg masih dingin bgt itu Livina kalo normal om.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 29 Mar 2021, 21:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by yogaecho »

Permisi om mau nanya..

Klo kaca mobil berembun pas lagi ngendarain mobil pas hujan, apa ada problem di AC juga ya? Suhu selalu di set paling rendah, tapi power nya di set kecil aja karena AC nya udh dingin bgt [emoji28]
Baru sebulan yang lalu service dan bersihin AC, isi freon dan ganti filter AC nya [emoji16]

Mohon pencerahannya oms, makasih [emoji120]
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Malam om kemuning, mau tanya..

Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
IMG_20220114_005704.jpg
IMG_20220114_005704.jpg (41.42 KiB) Viewed 678 times
IMG_20220114_005659.jpg
IMG_20220114_005659.jpg (60.21 KiB) Viewed 678 times
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

yogaecho wrote:Permisi om mau nanya..

Klo kaca mobil berembun pas lagi ngendarain mobil pas hujan, apa ada problem di AC juga ya? Suhu selalu di set paling rendah, tapi power nya di set kecil aja karena AC nya udh dingin bgt [emoji28]
Baru sebulan yang lalu service dan bersihin AC, isi freon dan ganti filter AC nya [emoji16]

Mohon pencerahannya oms, makasih [emoji120]
Kaca samping? Kena hembusan angin blower yg terlalu lama aja mungkin om.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:Malam om kemuning, mau tanya..

Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
IMG_20220114_005659.jpg
IMG_20220114_005704.jpg
Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Malam om kemuning, mau tanya..

Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
IMG_20220114_005659.jpg
IMG_20220114_005704.jpg
Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.
Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Malam om kemuning, mau tanya..

Kebetulan malam ini habis bongkar area dashboard dan Nemu di jalur housing AC ada seperti minyak. Apakah perlu dikuatirkan? Saya cek jalur sebelah sisi driver berminyak namun sebelah sisi penumpang depan lebih sedikit minyak. Mohon pencerahannya. Terima kasih
IMG_20220114_005659.jpg
IMG_20220114_005704.jpg
Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.
Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?
Mustinya aman kalo yg model California Scent gitu. Dulunya mungkin pernah pake parfum2 yg di grill AC? Ngevape? Tapi ngevape lebih cenderung ke Evaporator berlendir sih.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:
kemuningauto wrote:Ini minyak dari parfum mobil. Jangan pake parfum mobil yg ditempel di grill2 AC, sering bocor masuk lewat saluran blower ini. Akhirnya evapnya bau, berlendir. Lumayan sering soalnya nemu kasus gini haha.
Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?
Mustinya aman kalo yg model California Scent gitu. Dulunya mungkin pernah pake parfum2 yg di grill AC? Ngevape? Tapi ngevape lebih cenderung ke Evaporator berlendir sih.
Gak pernah sama sekali om, mobil dari baru saya yg pake, gak pernah pindah tangan. Agak kaget di funnel AC housing ada semacam Grease gitu. Bukan dari kondensor yg bocor ya om? Karna AC saat baru dinyalakan bunyi siul dan kadang saat kompresor ngangkat siul tipis.

Terima kasih
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: 23 Dec 2016, 01:18

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Jan07 »

Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?
Mustinya aman kalo yg model California Scent gitu. Dulunya mungkin pernah pake parfum2 yg di grill AC? Ngevape? Tapi ngevape lebih cenderung ke Evaporator berlendir sih.
Gak pernah sama sekali om, mobil dari baru saya yg pake, gak pernah pindah tangan. Agak kaget di funnel AC housing ada semacam Grease gitu. Bukan dari kondensor yg bocor ya om? Karna AC saat baru dinyalakan bunyi siul dan kadang saat kompresor ngangkat siul tipis.

Terima kasih
Oke siap. Kondensor ga pengaruh sih, soalnya komponen external ada di depan radiator. Kalo Evaporator bocor bisa, soalnya dia di dalem cabin. Kalo bunyi siul, ada kemungkinan freon kapasitas kurang (bocor).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?
Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
indiglow
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 13 Jul 2018, 15:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet Spin LTZ AT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by indiglow »

kemuningauto wrote: 26 Jan 2022, 18:45
Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?
Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.
Ikutan nimbrung om, ada solusinya ga ini? mobil saya Safe 2019 juga bau asem 30 detik pertama nyala... :(
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 26 Sep 2019, 14:33
Location: BSD-SBY

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by henbob »

zzzprince wrote: 24 Jan 2022, 21:59
zzzprince wrote:Kebetulan mobil tidak pernah pakai parfum AC grill om, selain California scent yg kaleng. Apakah berpengaruh jg?
Gak pernah sama sekali om, mobil dari baru saya yg pake, gak pernah pindah tangan. Agak kaget di funnel AC housing ada semacam Grease gitu. Bukan dari kondensor yg bocor ya om? Karna AC saat baru dinyalakan bunyi siul dan kadang saat kompresor ngangkat siul tipis.

Terima kasih
bantu jawab ya om, kalo salah minta maap.

itu yg basah2 itu baunya seperti oli ac atau parfum? diurut aja om itu yg mirip oli itu disekitar situ aja, atau sampek dalem hosenya.
kalo tes kebocoran bisa pake alat tes ini om
tesbocor.jpg
smoga nemu ya om masalahnya.
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: 23 Dec 2016, 01:18

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Jan07 »

kemuningauto wrote: 26 Jan 2022, 18:45
Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?
Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.
Hah?beneran ini om?Soalnya justru saya akalin semprotin disinfektan biasanya kalo malemnya saya semprot disinfektan,paginya jd ga bau :big_slap:
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: 23 Dec 2016, 01:18

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Jan07 »

indiglow wrote: 27 Jan 2022, 12:00
kemuningauto wrote: 26 Jan 2022, 18:45
Jan07 wrote:Om,saya ada jazz gd3 2005 keluhan ac bau asem itu kenapa ya kira" om ?Saya udah sempet cuci evap yg promo di d*kt*r m*bil namun ga bertaham sebulan acnya bau asem lagi.Kira" permasalahannya dimana ya om ?
Pake disinfektan atau hand sanitizer di mobil? Kalo iya itu penyebab utamanya.
Ikutan nimbrung om, ada solusinya ga ini? mobil saya Safe 2019 juga bau asem 30 detik pertama nyala... :(
Persis om,saya dulu 10-15 detik pertama nyala bau asem,terus solusinya tiap abis dipake malem saya semprotin disinfektan sambil ac nyala biasanya besok pas dinyalain ga gitu bau..Cuma kadang" sekarang lagi dijalan pun suka bau asem :big_slap:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post