Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Koddy »


babehgue708 wrote:
Sy jg consider di duduk blkgnya sih oom, secara blm pernah disetirin di CX-5, kalau CRV sih ga perlu ditanya, di gen 3 aja enak kok, apalagi gen 5, percaya sy kalau jauh lebih enak :mky_02:
Justru baris kedua mobil paling enak itu generasi RE dan RM. Untuk CR-V Turbo, row keduanya sudah jadi sempit kembali. Ditambah plafon pendek bikin kepala kena plafon.

Buat TS, ga coba consider CX8?
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

Koddy wrote: Sun Dec 08, 2019 23:01
babehgue708 wrote:
Sy jg consider di duduk blkgnya sih oom, secara blm pernah disetirin di CX-5, kalau CRV sih ga perlu ditanya, di gen 3 aja enak kok, apalagi gen 5, percaya sy kalau jauh lebih enak :mky_02:
Justru baris kedua mobil paling enak itu generasi RE dan RM. Untuk CR-V Turbo, row keduanya sudah jadi sempit kembali. Ditambah plafon pendek bikin kepala kena plafon.

Buat TS, ga coba consider CX8?
Waduh, masa sih ? Hmmm, mungkin krn 7 seater donk ya, kalo 5 seater yg 2000cc lbh baik, tp syg beli kalo CRV bkn yg turbo. CX8 nanggung oom, dan mahal jg harganya, sy lbh prefer CX-5 sih, semenjak facelift tipe Touring dan GT hadir lagi, kemungkinan ambil yg GT
Pboyz97 wrote: Sat Dec 07, 2019 16:21 Servis rutin pas service 20rb hari ini kena 3,2 jt om di beres. Sama kalau ban harganya sekitar 2 - 3,5 jt tergantung merek dan kodisi
Ga beda jauh sama honda ya berarti. Oke oom, makasih banyaakkk :big_smile]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Pboyz97 »

babehgue708 wrote: Mon Dec 09, 2019 8:45
Koddy wrote: Sun Dec 08, 2019 23:01
babehgue708 wrote:
Sy jg consider di duduk blkgnya sih oom, secara blm pernah disetirin di CX-5, kalau CRV sih ga perlu ditanya, di gen 3 aja enak kok, apalagi gen 5, percaya sy kalau jauh lebih enak :mky_02:
Justru baris kedua mobil paling enak itu generasi RE dan RM. Untuk CR-V Turbo, row keduanya sudah jadi sempit kembali. Ditambah plafon pendek bikin kepala kena plafon.

Buat TS, ga coba consider CX8?
Waduh, masa sih ? Hmmm, mungkin krn 7 seater donk ya, kalo 5 seater yg 2000cc lbh baik, tp syg beli kalo CRV bkn yg turbo. CX8 nanggung oom, dan mahal jg harganya, sy lbh prefer CX-5 sih, semenjak facelift tipe Touring dan GT hadir lagi, kemungkinan ambil yg GT
Pboyz97 wrote: Sat Dec 07, 2019 16:21 Servis rutin pas service 20rb hari ini kena 3,2 jt om di beres. Sama kalau ban harganya sekitar 2 - 3,5 jt tergantung merek dan kodisi
Ga beda jauh sama honda ya berarti. Oke oom, makasih banyaakkk :big_smile]
Iya om, tapi memang saya akui lebih mahal daripada honda, tapi bedanya gak jauh kok hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
vindo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Thu Dec 24, 2015 8:32

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by vindo »

sebagai pemilik CX-5 saya rekomen Mazda sih om. dulu sempet kepikiran ambil CRV tp setelah liat kualitas dan spek nya busuk, males banget ngambil.

udh 4 tahun pake CX-5 GT puas banget. jadi seneng ngetir, stir nya akurat, udh gitu sy upgrade pakai apple carplay lebih mantep lagi. speaker BOSE nya udh lebih dari cukup

skrg sy pake supir, kalau duduk di belakang emang rada keras. tp nggak tau kenapa sy lebih pede duduk di kabin belakang cx5 daripada alphard saya, kalo duduk di alphard nyaman dan lega sih, cuma sebel sama body roll dan rattling nya.

kalo pas wiken, alphard sy masukin garasi, langsung nyetir sendiri and tancap gas pakai cx5 hehehe
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by jakanjc »

vindo wrote: Tue Apr 14, 2020 5:45 sebagai pemilik CX-5 saya rekomen Mazda sih om. dulu sempet kepikiran ambil CRV tp setelah liat kualitas dan spek nya busuk, males banget ngambil.

udh 4 tahun pake CX-5 GT puas banget. jadi seneng ngetir, stir nya akurat, udh gitu sy upgrade pakai apple carplay lebih mantep lagi. speaker BOSE nya udh lebih dari cukup

skrg sy pake supir, kalau duduk di belakang emang rada keras. tp nggak tau kenapa sy lebih pede duduk di kabin belakang cx5 daripada alphard saya, kalo duduk di alphard nyaman dan lega sih, cuma sebel sama body roll dan rattling nya.

kalo pas wiken, alphard sy masukin garasi, langsung nyetir sendiri and tancap gas pakai cx5 hehehe
saya juga pas liat crv luar dan dalam menarik, luarnya jadi mirip2 mobil amerika, dalemnya lega dan skrg banyak
fitur. Saking penasaran 1 bln yang lalu test drive ke honda pdk indah, pas dibawa di jalan arteri raya sih berasa enak&lincah(sy biasa pake anps/anki), walaupun tenaga bawahnya agak lambat gr2 cvtnya, tapi masih cukup buat stop n go jkt. Pas begitu cobain masuk tol andara-depok, haduh kok berisik banget, Terus di mobil test drive yg saya coba udah ada suara rattle entah dari kabin atau kaki2.Buat BQnya saya gabegitu complaint soalnya gaseparah crv rm dulu, posisi duduk di row kedua enak bgt, deknya rendah jd bisa rebahan dan lega bgt khas honda, headroom yaa mirip2 anps lah gara2 panoramicnya juga itu. Nah yang bikin ilfeel pas selesai td coba2 ketok bumper depan loh kok malah meleyot2(keinget xtrail gen awal2). Pelan2 saya mundur buat spk gantiin ANKI yg ketinggian buat ortu ane naik turun krn udah pake kursi roda. Dan sampe skrg salesnya masih nanyain jg hahaha.
Sekarang jadi bingung , krn best deal buat keluarga besar saya yang ukurannya bongsor2 yaa crv ini, istri sempet tertarik voxy cuman dari pengalaman kaki2 mpv roti tawar cepet KO. Liat2 cx5 sayangnya blm 7 seater dan dirumah ada mazda cx3 cost servicenya lumayan juga, gakebayang kl pelihara 2 mazda di garasi😅
Sementara ini ngakalin ortu buat naik turun ANKI yaa bikin tangga kayu kecil biar ga terlalu ngelangkah tinggi pas naik
'You can go fast, But I can go anywhere'
vindo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Thu Dec 24, 2015 8:32

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by vindo »

jakanjc wrote: Tue Apr 14, 2020 6:56
vindo wrote: Tue Apr 14, 2020 5:45 sebagai pemilik CX-5 saya rekomen Mazda sih om. dulu sempet kepikiran ambil CRV tp setelah liat kualitas dan spek nya busuk, males banget ngambil.

udh 4 tahun pake CX-5 GT puas banget. jadi seneng ngetir, stir nya akurat, udh gitu sy upgrade pakai apple carplay lebih mantep lagi. speaker BOSE nya udh lebih dari cukup

skrg sy pake supir, kalau duduk di belakang emang rada keras. tp nggak tau kenapa sy lebih pede duduk di kabin belakang cx5 daripada alphard saya, kalo duduk di alphard nyaman dan lega sih, cuma sebel sama body roll dan rattling nya.

kalo pas wiken, alphard sy masukin garasi, langsung nyetir sendiri and tancap gas pakai cx5 hehehe
saya juga pas liat crv luar dan dalam menarik, luarnya jadi mirip2 mobil amerika, dalemnya lega dan skrg banyak
fitur. Saking penasaran 1 bln yang lalu test drive ke honda pdk indah, pas dibawa di jalan arteri raya sih berasa enak&lincah(sy biasa pake anps/anki), walaupun tenaga bawahnya agak lambat gr2 cvtnya, tapi masih cukup buat stop n go jkt. Pas begitu cobain masuk tol andara-depok, haduh kok berisik banget, Terus di mobil test drive yg saya coba udah ada suara rattle entah dari kabin atau kaki2.Buat BQnya saya gabegitu complaint soalnya gaseparah crv rm dulu, posisi duduk di row kedua enak bgt, deknya rendah jd bisa rebahan dan lega bgt khas honda, headroom yaa mirip2 anps lah gara2 panoramicnya juga itu. Nah yang bikin ilfeel pas selesai td coba2 ketok bumper depan loh kok malah meleyot2(keinget xtrail gen awal2). Pelan2 saya mundur buat spk gantiin ANKI yg ketinggian buat ortu ane naik turun krn udah pake kursi roda. Dan sampe skrg salesnya masih nanyain jg hahaha.
Sekarang jadi bingung , krn best deal buat keluarga besar saya yang ukurannya bongsor2 yaa crv ini, istri sempet tertarik voxy cuman dari pengalaman kaki2 mpv roti tawar cepet KO. Liat2 cx5 sayangnya blm 7 seater dan dirumah ada mazda cx3 cost servicenya lumayan juga, gakebayang kl pelihara 2 mazda di garasi😅
Sementara ini ngakalin ortu buat naik turun ANKI yaa bikin tangga kayu kecil biar ga terlalu ngelangkah tinggi pas naik
saya sih blm pernah test drive CRV, cuma liat di pameran aja koq udh langsung illfill...wkwkwk


ganti CX7 atau CX9 aja om. enak banget tuh pasti mobil. kalo ada duit lebih sih sy pengen ambil CX9 nya, tp sayang dirumah udh pelihara alphard. jd dua2 nya mobil gede, bingung kalo lagi jalan ke tempat rada sempit
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by jakanjc »

vindo wrote: Tue Apr 14, 2020 7:06
jakanjc wrote: Tue Apr 14, 2020 6:56
vindo wrote: Tue Apr 14, 2020 5:45 sebagai pemilik CX-5 saya rekomen Mazda sih om. dulu sempet kepikiran ambil CRV tp setelah liat kualitas dan spek nya busuk, males banget ngambil.

udh 4 tahun pake CX-5 GT puas banget. jadi seneng ngetir, stir nya akurat, udh gitu sy upgrade pakai apple carplay lebih mantep lagi. speaker BOSE nya udh lebih dari cukup

skrg sy pake supir, kalau duduk di belakang emang rada keras. tp nggak tau kenapa sy lebih pede duduk di kabin belakang cx5 daripada alphard saya, kalo duduk di alphard nyaman dan lega sih, cuma sebel sama body roll dan rattling nya.

kalo pas wiken, alphard sy masukin garasi, langsung nyetir sendiri and tancap gas pakai cx5 hehehe
saya juga pas liat crv luar dan dalam menarik, luarnya jadi mirip2 mobil amerika, dalemnya lega dan skrg banyak
fitur. Saking penasaran 1 bln yang lalu test drive ke honda pdk indah, pas dibawa di jalan arteri raya sih berasa enak&lincah(sy biasa pake anps/anki), walaupun tenaga bawahnya agak lambat gr2 cvtnya, tapi masih cukup buat stop n go jkt. Pas begitu cobain masuk tol andara-depok, haduh kok berisik banget, Terus di mobil test drive yg saya coba udah ada suara rattle entah dari kabin atau kaki2.Buat BQnya saya gabegitu complaint soalnya gaseparah crv rm dulu, posisi duduk di row kedua enak bgt, deknya rendah jd bisa rebahan dan lega bgt khas honda, headroom yaa mirip2 anps lah gara2 panoramicnya juga itu. Nah yang bikin ilfeel pas selesai td coba2 ketok bumper depan loh kok malah meleyot2(keinget xtrail gen awal2). Pelan2 saya mundur buat spk gantiin ANKI yg ketinggian buat ortu ane naik turun krn udah pake kursi roda. Dan sampe skrg salesnya masih nanyain jg hahaha.
Sekarang jadi bingung , krn best deal buat keluarga besar saya yang ukurannya bongsor2 yaa crv ini, istri sempet tertarik voxy cuman dari pengalaman kaki2 mpv roti tawar cepet KO. Liat2 cx5 sayangnya blm 7 seater dan dirumah ada mazda cx3 cost servicenya lumayan juga, gakebayang kl pelihara 2 mazda di garasi😅
Sementara ini ngakalin ortu buat naik turun ANKI yaa bikin tangga kayu kecil biar ga terlalu ngelangkah tinggi pas naik
saya sih blm pernah test drive CRV, cuma liat di pameran aja koq udh langsung illfill...wkwkwk


ganti CX7 atau CX9 aja om. enak banget tuh pasti mobil. kalo ada duit lebih sih sy pengen ambil CX9 nya, tp sayang dirumah udh pelihara alphard. jd dua2 nya mobil gede, bingung kalo lagi jalan ke tempat rada sempit
nah itu dia om kl buat beli mobil2 itu overbudget :big_biglaugh:
Kl saya idealnya saat ini 2 mobil, 1 mobil 7 seater buat lukot/mudik plat genap dan 1 mobil plat ganjil mobil compact aja yang lincah buat hari2an jakarta wkwkwkw
'You can go fast, But I can go anywhere'
vindo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Thu Dec 24, 2015 8:32

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by vindo »

jakanjc wrote: Tue Apr 14, 2020 7:32
vindo wrote: Tue Apr 14, 2020 7:06
jakanjc wrote: Tue Apr 14, 2020 6:56
saya juga pas liat crv luar dan dalam menarik, luarnya jadi mirip2 mobil amerika, dalemnya lega dan skrg banyak
fitur. Saking penasaran 1 bln yang lalu test drive ke honda pdk indah, pas dibawa di jalan arteri raya sih berasa enak&lincah(sy biasa pake anps/anki), walaupun tenaga bawahnya agak lambat gr2 cvtnya, tapi masih cukup buat stop n go jkt. Pas begitu cobain masuk tol andara-depok, haduh kok berisik banget, Terus di mobil test drive yg saya coba udah ada suara rattle entah dari kabin atau kaki2.Buat BQnya saya gabegitu complaint soalnya gaseparah crv rm dulu, posisi duduk di row kedua enak bgt, deknya rendah jd bisa rebahan dan lega bgt khas honda, headroom yaa mirip2 anps lah gara2 panoramicnya juga itu. Nah yang bikin ilfeel pas selesai td coba2 ketok bumper depan loh kok malah meleyot2(keinget xtrail gen awal2). Pelan2 saya mundur buat spk gantiin ANKI yg ketinggian buat ortu ane naik turun krn udah pake kursi roda. Dan sampe skrg salesnya masih nanyain jg hahaha.
Sekarang jadi bingung , krn best deal buat keluarga besar saya yang ukurannya bongsor2 yaa crv ini, istri sempet tertarik voxy cuman dari pengalaman kaki2 mpv roti tawar cepet KO. Liat2 cx5 sayangnya blm 7 seater dan dirumah ada mazda cx3 cost servicenya lumayan juga, gakebayang kl pelihara 2 mazda di garasi😅
Sementara ini ngakalin ortu buat naik turun ANKI yaa bikin tangga kayu kecil biar ga terlalu ngelangkah tinggi pas naik
saya sih blm pernah test drive CRV, cuma liat di pameran aja koq udh langsung illfill...wkwkwk


ganti CX7 atau CX9 aja om. enak banget tuh pasti mobil. kalo ada duit lebih sih sy pengen ambil CX9 nya, tp sayang dirumah udh pelihara alphard. jd dua2 nya mobil gede, bingung kalo lagi jalan ke tempat rada sempit
nah itu dia om kl buat beli mobil2 itu overbudget :big_biglaugh:
Kl saya idealnya saat ini 2 mobil, 1 mobil 7 seater buat lukot/mudik plat genap dan 1 mobil plat ganjil mobil compact aja yang lincah buat hari2an jakarta wkwkwkw
kalau gitu cocok mobil kecil nya cx30 atau mazda 3 gan. sayang ini mobil kecil bagasi nya, tas golf saya nggak muat :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

jakanjc wrote: Tue Apr 14, 2020 6:56
saya juga pas liat crv luar dan dalam menarik, luarnya jadi mirip2 mobil amerika, dalemnya lega dan skrg banyak
fitur. Saking penasaran 1 bln yang lalu test drive ke honda pdk indah, pas dibawa di jalan arteri raya sih berasa enak&lincah(sy biasa pake anps/anki), walaupun tenaga bawahnya agak lambat gr2 cvtnya, tapi masih cukup buat stop n go jkt. Pas begitu cobain masuk tol andara-depok, haduh kok berisik banget, Terus di mobil test drive yg saya coba udah ada suara rattle entah dari kabin atau kaki2.Buat BQnya saya gabegitu complaint soalnya gaseparah crv rm dulu, posisi duduk di row kedua enak bgt, deknya rendah jd bisa rebahan dan lega bgt khas honda, headroom yaa mirip2 anps lah gara2 panoramicnya juga itu. Nah yang bikin ilfeel pas selesai td coba2 ketok bumper depan loh kok malah meleyot2(keinget xtrail gen awal2). Pelan2 saya mundur buat spk gantiin ANKI yg ketinggian buat ortu ane naik turun krn udah pake kursi roda. Dan sampe skrg salesnya masih nanyain jg hahaha.
Sekarang jadi bingung , krn best deal buat keluarga besar saya yang ukurannya bongsor2 yaa crv ini, istri sempet tertarik voxy cuman dari pengalaman kaki2 mpv roti tawar cepet KO. Liat2 cx5 sayangnya blm 7 seater dan dirumah ada mazda cx3 cost servicenya lumayan juga, gakebayang kl pelihara 2 mazda di garasi😅
Sementara ini ngakalin ortu buat naik turun ANKI yaa bikin tangga kayu kecil biar ga terlalu ngelangkah tinggi pas naik
maksudnya diketok lalu meleyot? ini yang dimaksud bumper atau fender ?

kalo ditekan mobil sekarang banyakan pasti meleyot oom, bumpernya plastik... fender jg plastic udah jarang yang pake plat, kalo patokannya Xtrail T30 dulu yang jadi kontroversi di Xtrail T30 ya karena fendernya plastic ini.

complaint terbesar dari CRV baru memang suara roda... saran si push diskon ke sales kembaliannya buat beli ban bagusan hahahhaa :mky_01: beneran d rata-rata yang bikin road noise honda busuk itu main suspectnya dari ban. Civic FK yang pake Yokohama Advan dB dan yang pake Turanza aja beda banget.

Dunlop dan BS memang ban berisik... tapi menang di daya tahan.

secara overall package memang ya inilah knp CRV paling laku sejak dulu... overall package nya dapet... sebusuk-busuknya CRV, competitornya ga ada yang kasih offer yang "just right what we need".

Proper buat family, durability oke, aftersales dapet. Utk sekarang harganya jg IMHO paling reasonable... paling murah di antara kompetitor. batumakam Xtrail cuma ada 1 varian di atas 500 juta, CX-5 jangan ditanya paling mahal. Hyundai Santi dah deket 600. CRV pricelist yang prestige emang dah 500 lebih tapi bisa push diskon lebih gede drpd kompetitor...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
catalyticR
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jan 10, 2019 11:51
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Car

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by catalyticR »

babehgue708 wrote: Mon Nov 04, 2019 4:13 Sy masih rada galau antara 2 itu, krn menurut sy keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin stlh sy dengar pendapat oom2 disini bisa membuat sy condong ke salah satu mobil di atas tersebut. :mky_01: Mohon pendapatnya ya oom2 sekaliannn :mky_08:
Ikutan nimbrung om
Diantara pilihan crv ama cx5 ada chance buat modif ngga
Kalo dipake standard ting2 jelas pilih cx5, tapi kalo ada opsi modif contohnya ganti hu, speaker,dvr,tuning atau menambah peredaman di inner fender ambil crv.
Dicoba test drive cx5 dulu aja om, dan cobain fitur emergency brake assist nya, cocok atau ngga, karena cara ngerem tiap orang beda2, dan cobain fitur2 yg lain. Lebih baik lagi cobanya ditol.
Mau pilih crv atau cx5 saran saya lebih baik extend garansinya, lebih worry free untuk parts slow movingnya
Dan kalo ada penambahan antikarat lebih baik cari yg rapi pekerjaannya, biasanya proses pekerjaan antikarat bongkar pasang bumper, doortrim dll (untuk mempermudah penyemprotan), daripada nanti nyalahin bq padahal bongkar pasangnya ga bener, apalagi yg partsnya model klip
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

Halo semuanyaaa, izin bangkitin thread lama nihhh.

Akhirnya kmrn Sabtu di GIIAS, sy test drive CRV Turbo dan CX-5, dua2nya unit yang sudah facelift, pertama coba CX-5 dan kesan pertama pas masuk kabin berasa kualitas pemakaian bahan yang premium dan berasa solid di setiap sisi, tenaga juga ngisi terus pas bejek di track lurus khas mesin NA dgn transmisi konvensional, bantingannya juga cukup keras spt yang member2 sini share juga, compare sama CRV RE ane ya mirip2 lahh, harga yang dipatok utk CX-5 GT 560jtan dan utk STNK sendiri jadi 3-4 bulan dgn alasan unit CBU Jepang. :big_think:

Lalu abis CX-5, mampir ke booth Honda, test drive CRV Turbo yang prestige, pas masuk ke interior tidak sebaik CX-5 dari sisi kualitas interior, tapi tidak keliatan overprice dibanding yang prefacelift berkat speedo digital dan HU OEMnya, pas jalan tenaga ga senatural CX-5 (of course krn ini 1.5 T pake CVT pulak, tp ini mobil kenceng, asli), kalau soal handling CX-5 lebih presisi tapi CRV juga ga jelek2 amat, dan pas ngelewatin speedbumb dan polisi tidur, nah ini berasa langit dan bumi, suspensi CRV menang telak jauh. :big_childish:

Kegalauanpun terjadi, mau ambil CX-5 tapi suspensi CRV lebih enak, tapi mau ambil CRV unitnya juga susah, kalau masuk di 2022 blm tentu PPNBM diperpanjang, dan denger2 yang tipe Turbo NP bisa nyentuh 550jt, compare sama skrg hanya 500jt, kayaknya selisih 50jt itu yang bikin ga worth, dan kebetulan sy cari yang tipe NP, krn ga butuh2 amat sanrup dan honda sensing.

Kebetulan mobil ini juga utk keluarga, dan keluarga sy ga ada masalah sama jok blkg CX-5 yang sempit, tapi suspensi CRV yang bikin kita mikir lagi, apalagi utk jarak jauh hrsnya lebih nyaman naik CRV, kalau road noise kita udah kebal krn udah pake Honda dr taun 90an. :big_biglaugh:

Akhirnya nekat kmrn SPK CRV Turbo NP dan berharap dapat unitnya di taun ini (walaupun agak mustahil), dan dijanjikan kalau ga dapet uang DP full balik 100%.

Kmrn jg iseng2 nanya di Honda lain (gara2 di IG indra fathan ada posting utk mobil Honda, akhirnya ane DM lsg), salesnya lsg info kmrn malem ada unit CRV NP dan ready desember ini dgn harga diskon PPNBM, sy agak curiga sih kok cepet amat ya dan ready lagi, sdgkan kmrn di GIIAS ada bbrp orang yg komplen knp CRVnya lama bgt dtgnya, jd ragu ini beneran ato tepu2. :big_think:

Jd galau skrg, kalau dapet 2022 tanpa diskon harga CRV Turbo NP akan mirip2 sama CX5 GT yang fiturnya lebih banyak dan sisi kualitas lbh baik, value for money jg lbh bagus CX5, walaupun suspensi tidak senyaman CRV, kalau oom2 ada di posisi sy, better ambil mana ya ? Krn sy kmrn SPK CRV krn suspensi lbh enak, dan selisih 60jtan sama CX5 sy anggep trade in bbrp fitur dan kualitas kemewahan yang ga ada di CRV, tp kalau harganya nanti mirip jadi makin bingung ane :big_cry:

Sekilas curhatnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ongisnade »

babehgue708 wrote: Wed Nov 24, 2021 1:21 Halo semuanyaaa, izin bangkitin thread lama nihhh.

Akhirnya kmrn Sabtu di GIIAS, sy test drive CRV Turbo dan CX-5, dua2nya unit yang sudah facelift, pertama coba CX-5 dan kesan pertama pas masuk kabin berasa kualitas pemakaian bahan yang premium dan berasa solid di setiap sisi, tenaga juga ngisi terus pas bejek di track lurus khas mesin NA dgn transmisi konvensional, bantingannya juga cukup keras spt yang member2 sini share juga, compare sama CRV RE ane ya mirip2 lahh, harga yang dipatok utk CX-5 GT 560jtan dan utk STNK sendiri jadi 3-4 bulan dgn alasan unit CBU Jepang. :big_think:

Lalu abis CX-5, mampir ke booth Honda, test drive CRV Turbo yang prestige, pas masuk ke interior tidak sebaik CX-5 dari sisi kualitas interior, tapi tidak keliatan overprice dibanding yang prefacelift berkat speedo digital dan HU OEMnya, pas jalan tenaga ga senatural CX-5 (of course krn ini 1.5 T pake CVT pulak, tp ini mobil kenceng, asli), kalau soal handling CX-5 lebih presisi tapi CRV juga ga jelek2 amat, dan pas ngelewatin speedbumb dan polisi tidur, nah ini berasa langit dan bumi, suspensi CRV menang telak jauh. :big_childish:

Kegalauanpun terjadi, mau ambil CX-5 tapi suspensi CRV lebih enak, tapi mau ambil CRV unitnya juga susah, kalau masuk di 2022 blm tentu PPNBM diperpanjang, dan denger2 yang tipe Turbo NP bisa nyentuh 550jt, compare sama skrg hanya 500jt, kayaknya selisih 50jt itu yang bikin ga worth, dan kebetulan sy cari yang tipe NP, krn ga butuh2 amat sanrup dan honda sensing.

Kebetulan mobil ini juga utk keluarga, dan keluarga sy ga ada masalah sama jok blkg CX-5 yang sempit, tapi suspensi CRV yang bikin kita mikir lagi, apalagi utk jarak jauh hrsnya lebih nyaman naik CRV, kalau road noise kita udah kebal krn udah pake Honda dr taun 90an. :big_biglaugh:

Akhirnya nekat kmrn SPK CRV Turbo NP dan berharap dapat unitnya di taun ini (walaupun agak mustahil), dan dijanjikan kalau ga dapet uang DP full balik 100%.

Kmrn jg iseng2 nanya di Honda lain (gara2 di IG indra fathan ada posting utk mobil Honda, akhirnya ane DM lsg), salesnya lsg info kmrn malem ada unit CRV NP dan ready desember ini dgn harga diskon PPNBM, sy agak curiga sih kok cepet amat ya dan ready lagi, sdgkan kmrn di GIIAS ada bbrp orang yg komplen knp CRVnya lama bgt dtgnya, jd ragu ini beneran ato tepu2. :big_think:

Jd galau skrg, kalau dapet 2022 tanpa diskon harga CRV Turbo NP akan mirip2 sama CX5 GT yang fiturnya lebih banyak dan sisi kualitas lbh baik, value for money jg lbh bagus CX5, walaupun suspensi tidak senyaman CRV, kalau oom2 ada di posisi sy, better ambil mana ya ? Krn sy kmrn SPK CRV krn suspensi lbh enak, dan selisih 60jtan sama CX5 sy anggep trade in bbrp fitur dan kualitas kemewahan yang ga ada di CRV, tp kalau harganya nanti mirip jadi makin bingung ane :big_cry:

Sekilas curhatnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kalau sudah suka lupakan yang 50-60 juta. Saya 2 bulan lalu lupakan ANF (sudah spk) dan ambil ANPS selisih hampir 50 jt, uang spk gak bisa diambil kecuali dibelikan spare part toyota karena sudah dimasukkan di top urgent, gak ada penyesalan dan sekarang puas pake ANPS.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

babehgue708 wrote: Wed Nov 24, 2021 1:21 Halo semuanyaaa, izin bangkitin thread lama nihhh.

Akhirnya kmrn Sabtu di GIIAS, sy test drive CRV Turbo dan CX-5, dua2nya unit yang sudah facelift, pertama coba CX-5 dan kesan pertama pas masuk kabin berasa kualitas pemakaian bahan yang premium dan berasa solid di setiap sisi, tenaga juga ngisi terus pas bejek di track lurus khas mesin NA dgn transmisi konvensional, bantingannya juga cukup keras spt yang member2 sini share juga, compare sama CRV RE ane ya mirip2 lahh, harga yang dipatok utk CX-5 GT 560jtan dan utk STNK sendiri jadi 3-4 bulan dgn alasan unit CBU Jepang. :big_think:

Lalu abis CX-5, mampir ke booth Honda, test drive CRV Turbo yang prestige, pas masuk ke interior tidak sebaik CX-5 dari sisi kualitas interior, tapi tidak keliatan overprice dibanding yang prefacelift berkat speedo digital dan HU OEMnya, pas jalan tenaga ga senatural CX-5 (of course krn ini 1.5 T pake CVT pulak, tp ini mobil kenceng, asli), kalau soal handling CX-5 lebih presisi tapi CRV juga ga jelek2 amat, dan pas ngelewatin speedbumb dan polisi tidur, nah ini berasa langit dan bumi, suspensi CRV menang telak jauh. :big_childish:

Kegalauanpun terjadi, mau ambil CX-5 tapi suspensi CRV lebih enak, tapi mau ambil CRV unitnya juga susah, kalau masuk di 2022 blm tentu PPNBM diperpanjang, dan denger2 yang tipe Turbo NP bisa nyentuh 550jt, compare sama skrg hanya 500jt, kayaknya selisih 50jt itu yang bikin ga worth, dan kebetulan sy cari yang tipe NP, krn ga butuh2 amat sanrup dan honda sensing.

Kebetulan mobil ini juga utk keluarga, dan keluarga sy ga ada masalah sama jok blkg CX-5 yang sempit, tapi suspensi CRV yang bikin kita mikir lagi, apalagi utk jarak jauh hrsnya lebih nyaman naik CRV, kalau road noise kita udah kebal krn udah pake Honda dr taun 90an. :big_biglaugh:

Akhirnya nekat kmrn SPK CRV Turbo NP dan berharap dapat unitnya di taun ini (walaupun agak mustahil), dan dijanjikan kalau ga dapet uang DP full balik 100%.

Kmrn jg iseng2 nanya di Honda lain (gara2 di IG indra fathan ada posting utk mobil Honda, akhirnya ane DM lsg), salesnya lsg info kmrn malem ada unit CRV NP dan ready desember ini dgn harga diskon PPNBM, sy agak curiga sih kok cepet amat ya dan ready lagi, sdgkan kmrn di GIIAS ada bbrp orang yg komplen knp CRVnya lama bgt dtgnya, jd ragu ini beneran ato tepu2. :big_think:

Jd galau skrg, kalau dapet 2022 tanpa diskon harga CRV Turbo NP akan mirip2 sama CX5 GT yang fiturnya lebih banyak dan sisi kualitas lbh baik, value for money jg lbh bagus CX5, walaupun suspensi tidak senyaman CRV, kalau oom2 ada di posisi sy, better ambil mana ya ? Krn sy kmrn SPK CRV krn suspensi lbh enak, dan selisih 60jtan sama CX5 sy anggep trade in bbrp fitur dan kualitas kemewahan yang ga ada di CRV, tp kalau harganya nanti mirip jadi makin bingung ane :big_cry:

Sekilas curhatnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
550jt baru rumor nya kan? CX5 juga paling bakalnya naik lagi.

kalau kemungkinan ada dealer ready kemungkinan sih emang ya ada aja, atau cancelan orang. kalau ragu cek unit aja langsung ke TKP.

kalau saya baca sih om kayaknya lebih sreg dengan overall naikan CRV ya. ya daripada nanti beli CX5 ngebelain katanya value for money, saya sih ambil CRV aja udah gakpapa. technically CRV itu newer car, krn CX5 yang sekarang udah terlalu aging. platformnya udah dari 2012 belum ganti.

beli yang disuka aja, daripada pusing mikir value for money. setiap mobil punya value masing masing yang kita gak tau kok, ya termasuk suspensi CRV yang om rasakan lebih enak itu mungkin value tersendiri yang priceless (buat saya ini strength mobil mobil honda 2017 ke atas, suspensinya bisa enak tanpa musti mengorbankan handling)

sama kayak saya liat civic turbo ya gak rasa mahal orang mesinnya bisa dioprek sampe 300hp tanpa masalah ya sabodo teuing dengan fitur atau kemewahan mazda3.

CRV tenaganya yang kurang rasa natural bisa diobati dengan catless downpipe dan remap. saya baru pasang catless downpipe aja udah lumayan jauh rasanya dari std :mky_01: kalo dibejek malah lupa loh ini mobil pake CVT
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Nov 24, 2021 2:23
550jt baru rumor nya kan? CX5 juga paling bakalnya naik lagi.

kalau kemungkinan ada dealer ready kemungkinan sih emang ya ada aja, atau cancelan orang. kalau ragu cek unit aja langsung ke TKP.

kalau saya baca sih om kayaknya lebih sreg dengan overall naikan CRV ya. ya daripada nanti beli CX5 ngebelain katanya value for money, saya sih ambil CRV aja udah gakpapa. technically CRV itu newer car, krn CX5 yang sekarang udah terlalu aging. platformnya udah dari 2012 belum ganti.

beli yang disuka aja, daripada pusing mikir value for money. setiap mobil punya value masing masing yang kita gak tau kok, ya termasuk suspensi CRV yang om rasakan lebih enak itu mungkin value tersendiri yang priceless (buat saya ini strength mobil mobil honda 2017 ke atas, suspensinya bisa enak tanpa musti mengorbankan handling)

sama kayak saya liat civic turbo ya gak rasa mahal orang mesinnya bisa dioprek sampe 300hp tanpa masalah ya sabodo teuing dengan fitur atau kemewahan mazda3.

CRV tenaganya yang kurang rasa natural bisa diobati dengan catless downpipe dan remap. saya baru pasang catless downpipe aja udah lumayan jauh rasanya dari std :mky_01: kalo dibejek malah lupa loh ini mobil pake CVT
balik lagi kalo ud di compare overall package buat segala kebutuhan mah mendingan honda kemana2x kadang di compare sama bmw merc pun kalah sensible :big_biglaugh:

kecuali mau ngorbanin handling dan kenyamana demi bisa diajak berenang sama lindes sana sini ya beli VRZ aja :big_biglaugh:

gak recomen kalo ANPS karena limbung :big_biglaugh:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by josomba »

babehgue708 wrote: Wed Nov 24, 2021 1:21 Halo semuanyaaa, izin bangkitin thread lama nihhh.

Akhirnya kmrn Sabtu di GIIAS, sy test drive CRV Turbo dan CX-5, dua2nya unit yang sudah facelift, pertama coba CX-5 dan kesan pertama pas masuk kabin berasa kualitas pemakaian bahan yang premium dan berasa solid di setiap sisi, tenaga juga ngisi terus pas bejek di track lurus khas mesin NA dgn transmisi konvensional, bantingannya juga cukup keras spt yang member2 sini share juga, compare sama CRV RE ane ya mirip2 lahh, harga yang dipatok utk CX-5 GT 560jtan dan utk STNK sendiri jadi 3-4 bulan dgn alasan unit CBU Jepang. :big_think:

Lalu abis CX-5, mampir ke booth Honda, test drive CRV Turbo yang prestige, pas masuk ke interior tidak sebaik CX-5 dari sisi kualitas interior, tapi tidak keliatan overprice dibanding yang prefacelift berkat speedo digital dan HU OEMnya, pas jalan tenaga ga senatural CX-5 (of course krn ini 1.5 T pake CVT pulak, tp ini mobil kenceng, asli), kalau soal handling CX-5 lebih presisi tapi CRV juga ga jelek2 amat, dan pas ngelewatin speedbumb dan polisi tidur, nah ini berasa langit dan bumi, suspensi CRV menang telak jauh. :big_childish:

Kegalauanpun terjadi, mau ambil CX-5 tapi suspensi CRV lebih enak, tapi mau ambil CRV unitnya juga susah, kalau masuk di 2022 blm tentu PPNBM diperpanjang, dan denger2 yang tipe Turbo NP bisa nyentuh 550jt, compare sama skrg hanya 500jt, kayaknya selisih 50jt itu yang bikin ga worth, dan kebetulan sy cari yang tipe NP, krn ga butuh2 amat sanrup dan honda sensing.

Kebetulan mobil ini juga utk keluarga, dan keluarga sy ga ada masalah sama jok blkg CX-5 yang sempit, tapi suspensi CRV yang bikin kita mikir lagi, apalagi utk jarak jauh hrsnya lebih nyaman naik CRV, kalau road noise kita udah kebal krn udah pake Honda dr taun 90an. :big_biglaugh:

Akhirnya nekat kmrn SPK CRV Turbo NP dan berharap dapat unitnya di taun ini (walaupun agak mustahil), dan dijanjikan kalau ga dapet uang DP full balik 100%.

Kmrn jg iseng2 nanya di Honda lain (gara2 di IG indra fathan ada posting utk mobil Honda, akhirnya ane DM lsg), salesnya lsg info kmrn malem ada unit CRV NP dan ready desember ini dgn harga diskon PPNBM, sy agak curiga sih kok cepet amat ya dan ready lagi, sdgkan kmrn di GIIAS ada bbrp orang yg komplen knp CRVnya lama bgt dtgnya, jd ragu ini beneran ato tepu2. :big_think:

Jd galau skrg, kalau dapet 2022 tanpa diskon harga CRV Turbo NP akan mirip2 sama CX5 GT yang fiturnya lebih banyak dan sisi kualitas lbh baik, value for money jg lbh bagus CX5, walaupun suspensi tidak senyaman CRV, kalau oom2 ada di posisi sy, better ambil mana ya ? Krn sy kmrn SPK CRV krn suspensi lbh enak, dan selisih 60jtan sama CX5 sy anggep trade in bbrp fitur dan kualitas kemewahan yang ga ada di CRV, tp kalau harganya nanti mirip jadi makin bingung ane :big_cry:

Sekilas curhatnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Nambahin kekurangan mzd, ini tetangga saya udah bulan ke-7 (dikit lagi bulan ke-8) pake plaat sementara. mobilnya mazda 2 sahaja.

Menurut saya jadi kekurangan, karena mau dipake keluar kota (or even ke jkt) dari seputaran tangerang sudah was2 di jalan takut harus minggir razia dulu. Saya ga gitu paham aturan plaat sementara ini gimana, tapi hanya ngelihat teman saya pakai plaat SSK gini bawa ke seputaran bandung kena minggir dulu buat cek surat kalau lagi ada pos razia.

Belum bolak balik tiap bulan harus pasang copot plaat nomor dan ambil stnk sementara.
Image
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by maastricht889 »

babehgue708 wrote: Wed Nov 24, 2021 1:21 Halo semuanyaaa, izin bangkitin thread lama nihhh.

Akhirnya kmrn Sabtu di GIIAS, sy test drive CRV Turbo dan CX-5, dua2nya unit yang sudah facelift, pertama coba CX-5 dan kesan pertama pas masuk kabin berasa kualitas pemakaian bahan yang premium dan berasa solid di setiap sisi, tenaga juga ngisi terus pas bejek di track lurus khas mesin NA dgn transmisi konvensional, bantingannya juga cukup keras spt yang member2 sini share juga, compare sama CRV RE ane ya mirip2 lahh, harga yang dipatok utk CX-5 GT 560jtan dan utk STNK sendiri jadi 3-4 bulan dgn alasan unit CBU Jepang. :big_think:

Lalu abis CX-5, mampir ke booth Honda, test drive CRV Turbo yang prestige, pas masuk ke interior tidak sebaik CX-5 dari sisi kualitas interior, tapi tidak keliatan overprice dibanding yang prefacelift berkat speedo digital dan HU OEMnya, pas jalan tenaga ga senatural CX-5 (of course krn ini 1.5 T pake CVT pulak, tp ini mobil kenceng, asli), kalau soal handling CX-5 lebih presisi tapi CRV juga ga jelek2 amat, dan pas ngelewatin speedbumb dan polisi tidur, nah ini berasa langit dan bumi, suspensi CRV menang telak jauh. :big_childish:

Kegalauanpun terjadi, mau ambil CX-5 tapi suspensi CRV lebih enak, tapi mau ambil CRV unitnya juga susah, kalau masuk di 2022 blm tentu PPNBM diperpanjang, dan denger2 yang tipe Turbo NP bisa nyentuh 550jt, compare sama skrg hanya 500jt, kayaknya selisih 50jt itu yang bikin ga worth, dan kebetulan sy cari yang tipe NP, krn ga butuh2 amat sanrup dan honda sensing.

Kebetulan mobil ini juga utk keluarga, dan keluarga sy ga ada masalah sama jok blkg CX-5 yang sempit, tapi suspensi CRV yang bikin kita mikir lagi, apalagi utk jarak jauh hrsnya lebih nyaman naik CRV, kalau road noise kita udah kebal krn udah pake Honda dr taun 90an. :big_biglaugh:

Akhirnya nekat kmrn SPK CRV Turbo NP dan berharap dapat unitnya di taun ini (walaupun agak mustahil), dan dijanjikan kalau ga dapet uang DP full balik 100%.

Kmrn jg iseng2 nanya di Honda lain (gara2 di IG indra fathan ada posting utk mobil Honda, akhirnya ane DM lsg), salesnya lsg info kmrn malem ada unit CRV NP dan ready desember ini dgn harga diskon PPNBM, sy agak curiga sih kok cepet amat ya dan ready lagi, sdgkan kmrn di GIIAS ada bbrp orang yg komplen knp CRVnya lama bgt dtgnya, jd ragu ini beneran ato tepu2. :big_think:

Jd galau skrg, kalau dapet 2022 tanpa diskon harga CRV Turbo NP akan mirip2 sama CX5 GT yang fiturnya lebih banyak dan sisi kualitas lbh baik, value for money jg lbh bagus CX5, walaupun suspensi tidak senyaman CRV, kalau oom2 ada di posisi sy, better ambil mana ya ? Krn sy kmrn SPK CRV krn suspensi lbh enak, dan selisih 60jtan sama CX5 sy anggep trade in bbrp fitur dan kualitas kemewahan yang ga ada di CRV, tp kalau harganya nanti mirip jadi makin bingung ane :big_cry:

Sekilas curhatnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Ini quotation omnya menarik sekali. CX5 GT 2021 memang bener2 proper kok om, krn ada improvement NVHnya. Dr feel buka tutup pintu, peredaman atap, material leather beda semua itu.

Bbrp minggu lalu saya iseng tes drive crv 2021 juga om, gile ini mobil seenak itu ya. Saya masih pake CRV RE 2.4 aja rasanya kaya mobil kuno saking kerasnya suspensi-setir berat. Ini crv turbo saya coba cornering dan selap selip di belokan simpang lima kota saya, gile ini mobil bodinya (terutama buntut) bener2 nurut agak mirip CX5 lama. Steering response juga enteng yang masih nurut. Selain itu bantingan suspensinya yg 2021 ini pas banget buat saya, lewat jalan aspal bekas tambalan kabel fiber optic di kota saya geli2 aja rasanya. Waktu keluar dealer itu saya iseng ngerem rasanya alusss banget agak mirip feel ngerem di bmw X1 F48.

Begitu keluar dealer, saya agak gas tipis2 dan ngga nyangka aja power deliverynya cukup njambak dan ga kerasa cvt2nya samsek. Krn jazz GK itu cvt enak, tapi masih nggak serefined crv ini kaya bunyi "nguuung" di awal jalan kalo jazz GK. Efisiensi di samping fuel cons, crv 2021 ini saya cukup appreciate krn refinement di power delivery, cvt, chassisnya oke. Feelnya kaya enteng-gampang disetir, tapi tetep agile bawanya.

Road noise, walaupun honda sll horor dalem hal ini saya akuin crv 2021 road noisenya udah berkurang buanyak padahal bannya bridgestone dueler HL. Entah yg turbo biasa noisenya gmn, karena dapetnya dunlop SP sport maxx 050. Selain itu yg saya temuin lagi, ergonomi kursi depannya tambah enak dan di headrest ketambahan spon lagi jadi empuk. Flawnya 1 hal aja sbnrnya, doortrim bunyi "krek" karena ketarik jendela waktu auto up. Selain itu cukup mengakomodir kebutuhan yang endonesa banget, contoh ac dobel blower sama legroom baris 2 tetep lega.

SUV kelas gini boleh ada macem macem, tapi gimana pun saya pribadi benchmarkingnya tetep ke crv karena basic formnya bagus. Dan saya ga nyangka refinement honda di crv kali ini cocok banget (filosofi kaizen) :big_okay:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Pboyz97 »

babehgue708 wrote: Wed Nov 24, 2021 1:21 Halo semuanyaaa, izin bangkitin thread lama nihhh.

Akhirnya kmrn Sabtu di GIIAS, sy test drive CRV Turbo dan CX-5, dua2nya unit yang sudah facelift, pertama coba CX-5 dan kesan pertama pas masuk kabin berasa kualitas pemakaian bahan yang premium dan berasa solid di setiap sisi, tenaga juga ngisi terus pas bejek di track lurus khas mesin NA dgn transmisi konvensional, bantingannya juga cukup keras spt yang member2 sini share juga, compare sama CRV RE ane ya mirip2 lahh, harga yang dipatok utk CX-5 GT 560jtan dan utk STNK sendiri jadi 3-4 bulan dgn alasan unit CBU Jepang. :big_think:

Lalu abis CX-5, mampir ke booth Honda, test drive CRV Turbo yang prestige, pas masuk ke interior tidak sebaik CX-5 dari sisi kualitas interior, tapi tidak keliatan overprice dibanding yang prefacelift berkat speedo digital dan HU OEMnya, pas jalan tenaga ga senatural CX-5 (of course krn ini 1.5 T pake CVT pulak, tp ini mobil kenceng, asli), kalau soal handling CX-5 lebih presisi tapi CRV juga ga jelek2 amat, dan pas ngelewatin speedbumb dan polisi tidur, nah ini berasa langit dan bumi, suspensi CRV menang telak jauh. :big_childish:

Kegalauanpun terjadi, mau ambil CX-5 tapi suspensi CRV lebih enak, tapi mau ambil CRV unitnya juga susah, kalau masuk di 2022 blm tentu PPNBM diperpanjang, dan denger2 yang tipe Turbo NP bisa nyentuh 550jt, compare sama skrg hanya 500jt, kayaknya selisih 50jt itu yang bikin ga worth, dan kebetulan sy cari yang tipe NP, krn ga butuh2 amat sanrup dan honda sensing.

Kebetulan mobil ini juga utk keluarga, dan keluarga sy ga ada masalah sama jok blkg CX-5 yang sempit, tapi suspensi CRV yang bikin kita mikir lagi, apalagi utk jarak jauh hrsnya lebih nyaman naik CRV, kalau road noise kita udah kebal krn udah pake Honda dr taun 90an. :big_biglaugh:

Akhirnya nekat kmrn SPK CRV Turbo NP dan berharap dapat unitnya di taun ini (walaupun agak mustahil), dan dijanjikan kalau ga dapet uang DP full balik 100%.

Kmrn jg iseng2 nanya di Honda lain (gara2 di IG indra fathan ada posting utk mobil Honda, akhirnya ane DM lsg), salesnya lsg info kmrn malem ada unit CRV NP dan ready desember ini dgn harga diskon PPNBM, sy agak curiga sih kok cepet amat ya dan ready lagi, sdgkan kmrn di GIIAS ada bbrp orang yg komplen knp CRVnya lama bgt dtgnya, jd ragu ini beneran ato tepu2. :big_think:

Jd galau skrg, kalau dapet 2022 tanpa diskon harga CRV Turbo NP akan mirip2 sama CX5 GT yang fiturnya lebih banyak dan sisi kualitas lbh baik, value for money jg lbh bagus CX5, walaupun suspensi tidak senyaman CRV, kalau oom2 ada di posisi sy, better ambil mana ya ? Krn sy kmrn SPK CRV krn suspensi lbh enak, dan selisih 60jtan sama CX5 sy anggep trade in bbrp fitur dan kualitas kemewahan yang ga ada di CRV, tp kalau harganya nanti mirip jadi makin bingung ane :big_cry:

Sekilas curhatnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
sebagai ex user crv re 2.4 2010, cx5 gen 1 2013 dan AN CX5 2018 + sekarang masih piara CRV Turbo pres 2019 pfl saya coba jawab ya

anyway congrats om buat mobil barunya. tipe non pres emg worth sih apalagi fiturnya jauh sm nonpres pfl. cuma minus sunroof sm honda sensing doang. kalo komplen knp crvnya ga dateng2 ya karena kemungkinan besar yg dipesan sm orang2 itu tipe pres, which is inden. karena kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya, mayoritas ambilnya tipe prestige, dengan warna paling laku hitam dan putih. kalo NP penjualannya gak selaku yg prestige di jakarta, jadi barangnya lebih ready menurut saya

sebagai user keduanya. om harus memilih. mau driving feel atau kenyamanan. gak bisa dapet dua duanya, karena kedua mobil ini beda peruntukkan dan punya kelebihan dan kelemahan masing2. kalo om lebih mentingin bq, fitur, driving feel, handling dan tarikkan yg enak pilih cx5. tapi kalo om mentingin kenyamanan, kepraktisan, akomodasi dan keempukkan bantingan suspensi pilih CRV , dan saya setuju sm yg om bilang soal kelebihan dan kekurangan crv dan cx5. kalo crv unggul di akomodasi, row 2 dan row 3 yg lega, storage banyak , panoramic sunroof + nyaman, tapi kurang di bq dan road noisenya yg agak kurang + driving feel dan tarikan yg masih ga seenak cx5. sedangkan cx5 unggul di bq, fitur, driving feel, tarikan dan handling, tapi kurang di akomodasi, storage yg ga sebanyak crv, serta row 2 dan bagasi yg gak seluas dan selega crv + bantingan suspensi yg lebih keras dibanding crv. cuma overall mazda itu produk yg durable kok.saya pernah piara cx5 gen 1 2013 sampe dijual 2019 lalu di km 152 rb gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. sedangkan yg cx5 2018 gen 2, sampe dijual awal bulan ini di km 43rb juga gaada masalah yg aneh2, penggantian paling cuma di aki istop sm shock belakang doang, sisanya masih aman2 aja

nah untuk poin yg saya bold saya setuju bgt, dan jadi alasan kuat mengapa saya harus rela melepaskan cx5 elite 2018 yg sudah menemani keluarga saya selama 3 tahun lamanya tanpa masalah yg aneh2. karena jujur aja, saya sempet galau buat melepas crv atau cx5 untuk digantikan dengan lexux RX 300 2018, kalo saya sendiri, pengennya keep cx5 dan jual crv karena kecewa dengan bq, road noise dan kualitas audio bawaan yg kurang bagus untuk mobil 500jt. cuma apadaya, karena yg make bukan cuma saya, ada ibu saya dan nenek saya + mayoritas disopirin juga sehingga perlu mobil yg lega dan nyaman + perlu 7 seater, jadi kalo sodara saya mau ikut jalan2, bisa nebeng hehehe , dengan berat hati harus melepaskan cx5 elite 2018 yg sebenernya masih enak sekali dipakai, walaupun km nya udh 43rb. inteiror juga masih solid dan no rattle samsek. cuma ya karena faktor yg saya sebutkan sebelumnya, mobil bakal dipake juga sm ibu dan nenek saya which is perlu kenyamanan dan akomodasi sebagai prioritas akhirnya crv dikeep dan cx5 dijual untuk digantikan dengan lexus rx 300 2018

sm kalo soal stnk, sepengalaman saya make mazda dari 2013 - november 2021. 3-4 bulan itu cuma estimasi. realnya bisa lebih dari itu. soalnya saya dulu spk cx5 juga di GIIAS 2018, salesnya juga bilang STNK jadinya 3-4 bulan karena CBU malaysia. cuma pada kenyataannya mobil saya dateng pas agustus, seminggu setelah GIIAS karena kebetulan barangnya ready, tapi platnya jadi pas bulan Januari 2019 which is lebih dari 4 bulan prosesnya :big_slap: . cuma saya bisa toleransi karena emg produknya bagus + pelayanan beresnya cukup memuaskan menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Nov 24, 2021 3:03
balik lagi kalo ud di compare overall package buat segala kebutuhan mah mendingan honda kemana2x kadang di compare sama bmw merc pun kalah sensible :big_biglaugh:

kecuali mau ngorbanin handling dan kenyamana demi bisa diajak berenang sama lindes sana sini ya beli VRZ aja :big_biglaugh:

gak recomen kalo ANPS karena limbung :big_biglaugh:
honda kalo sekarang sih buat usability paling cocok ekivalennya sama VW group. sama sama enak disetir tapi bisa juga buat proper family car anter anak ke sekolah abis itu trackday pulang belanja groceries :mky_01:

klo mazda lebih ke bmw, toyota/nissan lebih ke mercedes.
erwinign wrote: Wed Nov 24, 2021 3:27
Begitu keluar dealer, saya agak gas tipis2 dan ngga nyangka aja power deliverynya cukup njambak dan ga kerasa cvt2nya samsek. Krn jazz GK itu cvt enak, tapi masih nggak serefined crv ini kaya bunyi "nguuung" di awal jalan kalo jazz GK. Efisiensi di samping fuel cons, crv 2021 ini saya cukup appreciate krn refinement di power delivery, cvt, chassisnya oke. Feelnya kaya enteng-gampang disetir, tapi tetep agile bawanya.

Road noise, walaupun honda sll horor dalem hal ini saya akuin crv 2021 road noisenya udah berkurang buanyak padahal bannya bridgestone dueler HL. Entah yg turbo biasa noisenya gmn, karena dapetnya dunlop SP sport maxx 050. Selain itu yg saya temuin lagi, ergonomi kursi depannya tambah enak dan di headrest ketambahan spon lagi jadi empuk. Flawnya 1 hal aja sbnrnya, doortrim bunyi "krek" karena ketarik jendela waktu auto up. Selain itu cukup mengakomodir kebutuhan yang endonesa banget, contoh ac dobel blower sama legroom baris 2 tetep lega.

SUV kelas gini boleh ada macem macem, tapi gimana pun saya pribadi benchmarkingnya tetep ke crv karena basic formnya bagus. Dan saya ga nyangka refinement honda di crv kali ini cocok banget (filosofi kaizen) :big_okay:
nahh musti coba punya ane kapan kapan bro udah catless makin lupa lagi ini mobil pake CVT :big_biglaugh: dibejek full throttle rasanya kayak "pindah gigi" malah sedikit rasa-rasa DSG liat rev counternya, tenaga ngisi terus di atas, blom engine note yang jadi kering kayak mesin gede NA, aneh banget beda sama civic pasang catless gak segurih ini engine/exhaust note nya. mungkin efek bigger turbo jd gas buangnya lebih banyak :big_biglaugh: .

yang sp sport maxx050 ane rasain rebound nya sedikit agak kaku dibanding yang dueler H/L ketauannya lewat area puri anjasmoro yang pavingnya gelombang reboundnya agresif banget, noise juga sedikit lebih signifikan... tapi paid off dengan dry grip superb. brakingnya juga lebih sensitif yang sport maxx 050, toel dikit pedal rem malah imho agak terlalu reaktif. coba punya temen yang prestige dueler H/L brakingnya sedikit lebih ngeloyor.

oiya sama sama model pre facelift yang dicoba. blom pernah coba yang facelift.
Last edited by ChZ on Wed Nov 24, 2021 3:44, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Wed Nov 24, 2021 3:27

Ini quotation omnya menarik sekali. CX5 GT 2021 memang bener2 proper kok om, krn ada improvement NVHnya. Dr feel buka tutup pintu, peredaman atap, material leather beda semua itu.

Bbrp minggu lalu saya iseng tes drive crv 2021 juga om, gile ini mobil seenak itu ya. Saya masih pake CRV RE 2.4 aja rasanya kaya mobil kuno saking kerasnya suspensi-setir berat. Ini crv turbo saya coba cornering dan selap selip di belokan simpang lima kota saya, gile ini mobil bodinya (terutama buntut) bener2 nurut agak mirip CX5 lama. Steering response juga enteng yang masih nurut. Selain itu bantingan suspensinya yg 2021 ini pas banget buat saya, lewat jalan aspal bekas tambalan kabel fiber optic di kota saya geli2 aja rasanya. Waktu keluar dealer itu saya iseng ngerem rasanya alusss banget agak mirip feel ngerem di bmw X1 F48.

Begitu keluar dealer, saya agak gas tipis2 dan ngga nyangka aja power deliverynya cukup njambak dan ga kerasa cvt2nya samsek. Krn jazz GK itu cvt enak, tapi masih nggak serefined crv ini kaya bunyi "nguuung" di awal jalan kalo jazz GK. Efisiensi di samping fuel cons, crv 2021 ini saya cukup appreciate krn refinement di power delivery, cvt, chassisnya oke. Feelnya kaya enteng-gampang disetir, tapi tetep agile bawanya.

Road noise, walaupun honda sll horor dalem hal ini saya akuin crv 2021 road noisenya udah berkurang buanyak padahal bannya bridgestone dueler HL. Entah yg turbo biasa noisenya gmn, karena dapetnya dunlop SP sport maxx 050. Selain itu yg saya temuin lagi, ergonomi kursi depannya tambah enak dan di headrest ketambahan spon lagi jadi empuk. Flawnya 1 hal aja sbnrnya, doortrim bunyi "krek" karena ketarik jendela waktu auto up. Selain itu cukup mengakomodir kebutuhan yang endonesa banget, contoh ac dobel blower sama legroom baris 2 tetep lega.


SUV kelas gini boleh ada macem macem, tapi gimana pun saya pribadi benchmarkingnya tetep ke crv karena basic formnya bagus. Dan saya ga nyangka refinement honda di crv kali ini cocok banget (filosofi kaizen) :big_okay:
bener bgt winn, setuju gue sm yg lu bilang di atas, pas poin yg gue bold persis kek yg gue rasain pas nemenin om gue test drive CRV turbo pres fl di GIIAS kemaren. yg gue rasain sebagai ex user RE 2.4 dan user CRV Turbo pres pfl adalah road noisenya jauhhhhhhhhhhhh berkurang dibanding yg pfl. yg fl ini entah knp kerasa kedap buat ukuran honda, beda jauh sm yg pfl kalo dibawa ditol apalagi diatas 80kpj berisik pake banget kabinnya, kek mobil yg gaada peredamnya :big_biglaugh: , yg versi fl ini udh jauh lebih baik soal road noisenya walaupun blm sekedap cx5 + fitur juga gue akuin bagus improvementnya kali ini, which is udh ada honda sensingnya + audionya juga lebih bagus dibanding yg pfl which is jelek pake bgt audio standarnya buat mobil 500 jt , udh gue ganti speaker sm ganti twetter + pasang power atau ampli juga tetep mendem basssnya :big_biglaugh: + yg gue notice juga tarikan bawahnya udh lebih enak dibanding yg pfl, kalo yg pfl kan kudu digas agak dalem dulu baru kerasa tarikannya, kalo digas biasa atau tipis2 agak lemot tarikan bawahnya kalo dalam kondisi std
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: Wed Nov 24, 2021 3:42
erwinign wrote: Wed Nov 24, 2021 3:27
Begitu keluar dealer, saya agak gas tipis2 dan ngga nyangka aja power deliverynya cukup njambak dan ga kerasa cvt2nya samsek. Krn jazz GK itu cvt enak, tapi masih nggak serefined crv ini kaya bunyi "nguuung" di awal jalan kalo jazz GK. Efisiensi di samping fuel cons, crv 2021 ini saya cukup appreciate krn refinement di power delivery, cvt, chassisnya oke. Feelnya kaya enteng-gampang disetir, tapi tetep agile bawanya.

Road noise, walaupun honda sll horor dalem hal ini saya akuin crv 2021 road noisenya udah berkurang buanyak padahal bannya bridgestone dueler HL. Entah yg turbo biasa noisenya gmn, karena dapetnya dunlop SP sport maxx 050. Selain itu yg saya temuin lagi, ergonomi kursi depannya tambah enak dan di headrest ketambahan spon lagi jadi empuk. Flawnya 1 hal aja sbnrnya, doortrim bunyi "krek" karena ketarik jendela waktu auto up. Selain itu cukup mengakomodir kebutuhan yang endonesa banget, contoh ac dobel blower sama legroom baris 2 tetep lega.

SUV kelas gini boleh ada macem macem, tapi gimana pun saya pribadi benchmarkingnya tetep ke crv karena basic formnya bagus. Dan saya ga nyangka refinement honda di crv kali ini cocok banget (filosofi kaizen) :big_okay:
nahh musti coba punya ane kapan kapan bro udah catless makin lupa lagi ini mobil pake CVT :big_biglaugh: dibejek full throttle rasanya kayak "pindah gigi" malah sedikit rasa-rasa DSG liat rev counternya, tenaga ngisi terus di atas, blom engine note yang jadi kering kayak mesin gede NA, aneh banget beda sama civic pasang catless gak segurih ini engine/exhaust note nya. mungkin efek bigger turbo jd gas buangnya lebih banyak :big_biglaugh: .

yang sp sport maxx050 ane rasain rebound nya sedikit agak kaku dibanding yang dueler H/L ketauannya lewat area puri anjasmoro yang pavingnya gelombang reboundnya agresif banget, noise juga sedikit lebih signifikan... tapi paid off dengan dry grip superb. brakingnya juga lebih sensitif yang sport maxx 050, toel dikit pedal rem malah imho agak terlalu reaktif. coba punya temen yang prestige dueler H/L brakingnya sedikit lebih ngeloyor.

oiya sama sama model pre facelift yang dicoba. blom pernah coba yang facelift.
Nahhhh ini ko, ganti catless DP itu engine note berubah ngebass brisik ndak ya?

Menarik sih upgrade simpel gitu apalg suara knalpot ttp alus enak jd. Waktu itu di gajahmada test drive padahal udah service due lho, masih tetep enak (odo 99xx)

CVT terenak honda tak rasain br crv 2021 ini enak, kedua CVT hrv 1.8. Jazz GK enak tapi biasa, odesi RC CVT aneh banget :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Nov 24, 2021 3:42
honda kalo sekarang sih buat usability paling cocok ekivalennya sama VW group. sama sama enak disetir tapi bisa juga buat proper family car anter anak ke sekolah abis itu trackday pulang belanja groceries :mky_01:

klo mazda lebih ke bmw, toyota/nissan lebih ke mercedes.

emang sih setiap keluar produk baru berapa kali mereka mention benchmarknya ke VW :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote: Wed Nov 24, 2021 3:43
jelek pake bgt audio standarnya buat mobil 500 jt , udh gue ganti speaker sm ganti twetter + pasang power atau ampli juga tetep mendem basssnya :big_biglaugh: + yg gue notice juga tarikan bawahnya udh lebih enak dibanding yg pfl, kalo yg pfl kan kudu digas agak dalem dulu baru kerasa tarikannya, kalo digas biasa atau tipis2 agak lemot tarikan bawahnya kalo dalam kondisi std
bass mendem udah pasang woofer belum? peredam udah nambah? tweeter sama speaker bawaan itu fungsinya bukan bikin makin ngebass, kalo mau ngebass ya musti woofer. klo aliran SQ ya wajar bass gak terlalu dikejar. biasa 2-way / 3-way biasa tanpa woofer pasti ngejarnya SQ.

tarikan bawah yang pfl harus digas agak dalem? coba ganti bensinnya. L15B7 ini sensitif banget sama bensin, sekali isi ron92 aja timingnya mundur sekali.

atau kadang efek mobil masih baru olinya masih baru juga bisa klo sama-sama pake epro turbo 0w20 sih gampang bgt degrade nya. gak bisa compare sih kalo mobilnya beda kondisi.
Last edited by ChZ on Wed Nov 24, 2021 3:55, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

erwinign wrote: Wed Nov 24, 2021 3:47
Nahhhh ini ko, ganti catless DP itu engine note berubah ngebass brisik ndak ya?

Menarik sih upgrade simpel gitu apalg suara knalpot ttp alus enak jd. Waktu itu di gajahmada test drive padahal udah service due lho, masih tetep enak (odo 99xx)

CVT terenak honda tak rasain br crv 2021 ini enak, kedua CVT hrv 1.8. Jazz GK enak tapi biasa, odesi RC CVT aneh banget :big_biglaugh:
kalo cold start agak berisik tapi barely noticable sih. klo jalan masuk 3000 RPM baru berasa tuh suara kering kering enak diterusin sampe 6 ribu nikmat banget :big_love:

dan di atasnya CRV masih ada civic dan accord. malah imho paling balance feeling antara response dan kehalusannya itu di accord CV :big_grin:
b0ku wrote: Wed Nov 24, 2021 3:48

emang sih setiap keluar produk baru berapa kali mereka mention benchmarknya ke VW :mky_01:
oh jadi beneran ya pantes rasanya tuh tiap liat honda baru selalu kok bau bau VW/audi, apalagi new civic dan accord interiornya audi banget disetir juga halusnya kayak mobil mobil audi dan VW :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by hackers11 »

Pboyz97 wrote:
erwinign wrote: Wed Nov 24, 2021 3:27

Ini quotation omnya menarik sekali. CX5 GT 2021 memang bener2 proper kok om, krn ada improvement NVHnya. Dr feel buka tutup pintu, peredaman atap, material leather beda semua itu.

Bbrp minggu lalu saya iseng tes drive crv 2021 juga om, gile ini mobil seenak itu ya. Saya masih pake CRV RE 2.4 aja rasanya kaya mobil kuno saking kerasnya suspensi-setir berat. Ini crv turbo saya coba cornering dan selap selip di belokan simpang lima kota saya, gile ini mobil bodinya (terutama buntut) bener2 nurut agak mirip CX5 lama. Steering response juga enteng yang masih nurut. Selain itu bantingan suspensinya yg 2021 ini pas banget buat saya, lewat jalan aspal bekas tambalan kabel fiber optic di kota saya geli2 aja rasanya. Waktu keluar dealer itu saya iseng ngerem rasanya alusss banget agak mirip feel ngerem di bmw X1 F48.

Begitu keluar dealer, saya agak gas tipis2 dan ngga nyangka aja power deliverynya cukup njambak dan ga kerasa cvt2nya samsek. Krn jazz GK itu cvt enak, tapi masih nggak serefined crv ini kaya bunyi "nguuung" di awal jalan kalo jazz GK. Efisiensi di samping fuel cons, crv 2021 ini saya cukup appreciate krn refinement di power delivery, cvt, chassisnya oke. Feelnya kaya enteng-gampang disetir, tapi tetep agile bawanya.

Road noise, walaupun honda sll horor dalem hal ini saya akuin crv 2021 road noisenya udah berkurang buanyak padahal bannya bridgestone dueler HL. Entah yg turbo biasa noisenya gmn, karena dapetnya dunlop SP sport maxx 050. Selain itu yg saya temuin lagi, ergonomi kursi depannya tambah enak dan di headrest ketambahan spon lagi jadi empuk. Flawnya 1 hal aja sbnrnya, doortrim bunyi "krek" karena ketarik jendela waktu auto up. Selain itu cukup mengakomodir kebutuhan yang endonesa banget, contoh ac dobel blower sama legroom baris 2 tetep lega.


SUV kelas gini boleh ada macem macem, tapi gimana pun saya pribadi benchmarkingnya tetep ke crv karena basic formnya bagus. Dan saya ga nyangka refinement honda di crv kali ini cocok banget (filosofi kaizen) :big_okay:
bener bgt winn, setuju gue sm yg lu bilang di atas, pas poin yg gue bold persis kek yg gue rasain pas nemenin om gue test drive CRV turbo pres fl di GIIAS kemaren. yg gue rasain sebagai ex user RE 2.4 dan user CRV Turbo pres pfl adalah road noisenya jauhhhhhhhhhhhh berkurang dibanding yg pfl. yg fl ini entah knp kerasa kedap buat ukuran honda, beda jauh sm yg pfl kalo dibawa ditol apalagi diatas 80kpj berisik pake banget kabinnya, kek mobil yg gaada peredamnya :big_biglaugh: , yg versi fl ini udh jauh lebih baik soal road noisenya walaupun blm sekedap cx5 + fitur juga gue akuin bagus improvementnya kali ini, which is udh ada honda sensingnya + audionya juga lebih bagus dibanding yg pfl which is jelek pake bgt audio standarnya buat mobil 500 jt , udh gue ganti speaker sm ganti twetter + pasang power atau ampli juga tetep mendem basssnya :big_biglaugh: + yg gue notice juga tarikan bawahnya udh lebih enak dibanding yg pfl, kalo yg pfl kan kudu digas agak dalem dulu baru kerasa tarikannya, kalo digas biasa atau tipis2 agak lemot tarikan bawahnya kalo dalam kondisi std
HU barunya udah android aundroid auto/apple carplay kah om crv?
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by jakanjc »

Kalo udah yakin sama CRV Turbo, go for it om.. CX5 jg bukan mobil yang jelek, tapi balik lagi masing2 mobil punya kelebihan & kekurangan dan yang terpenting disesuaikan sm kebutuhan kita juga.
Saya juga ex user CRV RE 2011 dan sekarang alhamdulillah bisa kesampean lagi punya CRV Turbo Pres Facelift 2021 kurang lebih udah pake hampir 7 bulan (rejeki anak soleh, spk diawal-awal Ppnbm disahin, gasampe 1 bulan sejak spk, mobil udah sampe di garasi beserta platnya :big_comfort: ). Secara build quality, bantingan suspensi, kekedapan kabin, tenaga&irit mesin CRV turbo ini udah kerasa bgtlah big improvement laah dibandingkan generasi sebelumnya, apalagi 2 generasi sebelumnya. Dan memang betul sih crv turbo facelift ini lumayan cukup kedap dibandingkan yg non facelift.

Mudah2an om juga beruntung spt saya, bisa dapet unit lebih cepet dari estimasi seharusnya. Info dari sales saya, lebih banyak yg indent type prestige dibandingkan NP utk di Jakarta. Jadi kemungkinan no. urut antriannya, yang NP lebih pendek.
'You can go fast, But I can go anywhere'