Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: 29 Nov 2021, 20:52
Omnibus wrote:
gardannya pake ams severe gear 75w90, konon bisa >30k km oci nya...
Ini maksudnya >30k baru oci bijimane mbah? Fill & forget gitu? Unlimited km yah? Kl max 40k/2 taon nah baru jelas itu oci nya [emoji28]

Penasaran jg nih ama severe gearnya si ono... selicin apakah? 325 ribu per quartz x 4 kl bs fill & forget sih boljug yah [emoji1787]
hahaha soalnya di label botolnya heboh bgt. ya bisa dibilang menuju fill n forget sih, sama kaya di botol olmes nya, 25,000 miles hehehehe. yg gardan kl ga salah 50,000 miles deh dibilangnya.

oli gardan gimana cara taunya lbh licin apa engga. haha bingung ah.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

ongisnade wrote: 29 Nov 2021, 21:13
Omnibus wrote: 29 Nov 2021, 18:56
ongisnade wrote: 29 Nov 2021, 18:14
Nah kebetulan nih lagi bahas atf/gardan. Kalau ANPS yg cocok apa mbah untuk oli gardan dan atf rencana mau ganti di km 15k yg full synthetic. Kemarin service 10 k kelupaan mau ganti
mbah nanya ke sy mah jawabannya itu2 lagi oli nganu2 lagi mbah :big_biglaugh:

gardannya pake ams severe gear 75w90, konon bisa >30k km oci nya tp kl sy cukup di 20k oci dulu aja. maklum kl kelamaan nanti ga ada oprekan sy nya.
kl atf maaf sy ga tau spec nya anps mbah. kl sy pake merk sama dgn atas yg label/botol biru.
OK mbah terima kasih infonya. Bener yang ini ya.
bener mbah.

lumayan skrg harganya. dulu 275, itu aja udah ruarr biasa.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 29 Nov 2021, 14:58 apalagi di toko asesoris suka jual pemutar stir 1 tangan itu ya ampun literal neraka itu buat komponen steering. klo liat itu barang di mobil temen gw fix ini orang gak bisa nyetir bener :big_biglaugh:
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by bangrosi »

EPB gini kalo misal aki soak bisa direlase gk sih, soalnya skr ada mobil transmisi manual pakai fitur ini aki soak manual kan tinggal dorong buat nyalain mobil.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by BADAK »

bangrosi wrote: 30 Nov 2021, 04:35 EPB gini kalo misal aki soak bisa direlase gk sih, soalnya skr ada mobil transmisi manual pakai fitur ini aki soak manual kan tinggal dorong buat nyalain mobil.
Harusnya bisa, karena daya yg dibutuhkan untuk mengaktifkan dinamo EPB kecil saja. Padahal aki soak itu bukan berarti 100% tewas (tidak ada daya), cuman tidak mampu starter. Seperti yg kita ketahui, pemakaian daya terbesar pada aki mobil itu adalah saat starter pertama kali dalam keadaan mesin dingin. Lain cerita kalo aki tekor, itu udah gak ada daya sama sekali buat aktifin perangkat elektrik. CMIIW
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 02:42
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
makannya sekarang saya kek males gitu tiap ada mobil keluaran baru kek gak minat terlalu ribet gak bisa diapa2xin sendiri buat hal2x spele :big_dunno:

keknya ud cukup puas sama 2 unit tua di rumah sama2x 2012 sama 2013 ud pada mau 10th tapi emang sambil benerin sambil saya improve pelan2x terutama di sektor handling sama remnya jd biarpun tua makin lama peformancenya diatas yang muda ud gitu malah makin gampang di setir dan bikin gak cape dibawah jauh dibanding pake TSS lah apalah yang fitur2x alay gak jelas gitu kalo handlingnya sama remnya jelek juga sama aja boong, tapi kalo kurang power tapi handlingnya enak malah juga gak berasa cape kek freed saya dulu :big_biglaugh:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by slapnuts »

ChZ wrote: 29 Nov 2021, 14:58

di sini soalnya gak biasa perempuan ngurusin mobil sendiri. klo masih muda biasanya krn anak horang kayah (ya bisa beliin anaknya mobil pasti horang kayah) juga dilarang ngurus sendiri. disuruh panggil supir atau bokapnya kalo kenapa napa.

angin ban isi berapa ? bensin isi apa ? kapan ganti oli? gak tau, bokap atau suami atau supir yang ngurusin biasanya. ban kempes juga paling di parkiran mall atau jalan rame banyak yang nolongin security atau tukang parkirnya.

sayang sih di sini kurang dibudayakan perempuan bisa ngurusin mobil sendiri. pdhl di beberapa negara minimal ganti ban sendiri dan cek tekanan angin ban tuh basic skill mengemudi juga gak peduli laki / perempuan.

klo soal muter setir makanya sbenernya kita orang tuh rewel mobil gak ada feel bukan semata karena ego "driving enthusiast" aja, feel setir udah mentok atau belum tuh klo orang yang udah biasa pegang mobil ngerti banget ada feedback / resistance dari roda dan itu penting buat kita ngerti arah geraknya roda kemana.

klo gak tau arah gerak rodanya kemana dan seberapa yah asal diputer aja pokoknya belok. jadi gak pake feel nyetirnya, bodyroll kemana-mana, throttle pedal pun diinjek asal either terlalu pelan atau terlalu kenceng krn gak ngerti belok seberapa mobilnya. makanya saya tuh curiga jangan2 EPS punya kesan ringkih tuh bukan cuma karena emang komponennya tp usernya jg gak nyadar klo nyetir asal puntir doang.

apalagi di toko asesoris suka jual pemutar stir 1 tangan itu ya ampun literal neraka itu buat komponen steering. klo liat itu barang di mobil temen gw fix ini orang gak bisa nyetir bener :big_biglaugh:
Benar Mod, mungkin karena mostly perempuan menganggap mobil ya cuma benda mati untuk transportasi dari A ke B, that's it. Makanya mereka merawat ya seleganya mereka, dan sangat jarang perempuan hobi dan aware dunia beginian. Bahkan ada sodara cewek pakai yaris lele, dia selalu ngikutin jadwal servis berkala bukan per bulan (6Bulan) tapi per kilometer, yes, dia ganti oli ketika kilometer sudah 10rb dengan TGMO itu sesuai anjuran. Sudah dijelasin kalau oli bisa kadaluarsa dsb, masa bodoh dia... yaudahlah terserah mau numpuk sludge ya silahkan..hahaha
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by pradit_d »

Penasaran endingnya gmn nih, terutama dr segi biaya habis brp ya? Ane jg pengguna mobil lain yg pake epb jg soalnya.
Klo mau jujur, pas awal2 pake epb berasa ada kurang afdol karena ga ada tarikan rem parkir sampe bunyi krek yg satisfying bgt itu. Blm lagi pencetan epb berasa ringan bgt n bahkan anak balita aja bisa pencet itu. Lama2 terima aja karena mau ga mau dipaksa ke arah sana
:big_peace:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: 30 Nov 2021, 07:53
KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 02:42
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
makannya sekarang saya kek males gitu tiap ada mobil keluaran baru kek gak minat terlalu ribet gak bisa diapa2xin sendiri buat hal2x spele :big_dunno:

keknya ud cukup puas sama 2 unit tua di rumah sama2x 2012 sama 2013 ud pada mau 10th tapi emang sambil benerin sambil saya improve pelan2x terutama di sektor handling sama remnya jd biarpun tua makin lama peformancenya diatas yang muda ud gitu malah makin gampang di setir dan bikin gak cape dibawah jauh dibanding pake TSS lah apalah yang fitur2x alay gak jelas gitu kalo handlingnya sama remnya jelek juga sama aja boong, tapi kalo kurang power tapi handlingnya enak malah juga gak berasa cape kek freed saya dulu :big_biglaugh:
Bahahahhaha .. maklum kita ud berumur kali neh om .. liat teknologi baru bukannya seneng malah skeptis :mky_07:

Nih gw lagi observe fitur self parking yg modelan lepas tangan dari stir ; mobilnya gerak sendiri parkirin . Kita tinggal neken gas doank ..

Belom lagi si BMW skarang punya fitur memory apa gitu yang klo kita mentok masuk jalan buntu bisa diaktifin buat mundur max 50 meter mobilnya gerak sendiri … asekk sehhh ..

Mau tau aja skalinya rusak tuh fitur benerinnya brapa duit :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 02:42
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
1 tangan di armrest, 1 tangan sambil puterin tuh pemutar setir. di taksi onlen banyak sih gituan. gw bingung mereka dapet feel roda waktu belok gimana... pantes ud bawaan pake mobil elsegese yang bodyrollnya kacau nyetirnya pake gituan makin kacau dah.

ah klo ente mah ud kenyang gituan ya miara baling baling jerman.... :big_weee:
b0ku wrote: 30 Nov 2021, 07:53
makannya sekarang saya kek males gitu tiap ada mobil keluaran baru kek gak minat terlalu ribet gak bisa diapa2xin sendiri buat hal2x spele :big_dunno:

keknya ud cukup puas sama 2 unit tua di rumah sama2x 2012 sama 2013 ud pada mau 10th tapi emang sambil benerin sambil saya improve pelan2x terutama di sektor handling sama remnya jd biarpun tua makin lama peformancenya diatas yang muda ud gitu malah makin gampang di setir dan bikin gak cape dibawah jauh dibanding pake TSS lah apalah yang fitur2x alay gak jelas gitu kalo handlingnya sama remnya jelek juga sama aja boong, tapi kalo kurang power tapi handlingnya enak malah juga gak berasa cape kek freed saya dulu :big_biglaugh:
klo perlu sekarang gw kayaknya mau ganti mobil 10-15 taun sekali aja :big_biglaugh: itupun kalo udah biaya perbaikannya gak masuk akal. selama blom mogok ya gak ganti deh. minimal klo performance udah diapa apain tetep gak ngejar yang baru, baru deh ganti.

soalnya mobil sekarang technical update major nya tuh 10 taun keknya malah makin kesini dibuat makin lama lagi. mobil jepang tuh enak ganti model - facelifted model itu ud final form yang pasti udah refined semua mekanikal-elektrikalnya gak kena bug user awal :big_biglaugh:

yang pusing mobil jerman bisa 3x major update :big_biglaugh:

mobil baru sekarang gw juga jujur agak males ngikutin abis yang diunggulin fitur melulu.
slapnuts wrote: 30 Nov 2021, 08:22 Benar Mod, mungkin karena mostly perempuan menganggap mobil ya cuma benda mati untuk transportasi dari A ke B, that's it. Makanya mereka merawat ya seleganya mereka, dan sangat jarang perempuan hobi dan aware dunia beginian. Bahkan ada sodara cewek pakai yaris lele, dia selalu ngikutin jadwal servis berkala bukan per bulan (6Bulan) tapi per kilometer, yes, dia ganti oli ketika kilometer sudah 10rb dengan TGMO itu sesuai anjuran. Sudah dijelasin kalau oli bisa kadaluarsa dsb, masa bodoh dia... yaudahlah terserah mau numpuk sludge ya silahkan..hahaha
nanti dijual ex wanita, low KM, perawatan bengkel resmi. dipake tau tau indikator oli nyala, dibuka jeroan mesin sludge semua :big_grin:

nah adik saya bahkan gak ngerti lepas pasrah ke bengkel resmi, terus ud 4 taon pake mobil gak pernah diganti dong oli CVTnya :big_bored: untung gak kenapa napa.

udah paling bener klo ada anggota keluarga perempuan, gak hobi mobil, cuma butuh daily commuter, gak ada anggota keluarga laki laki yang emang hobi, beli toyota/honda mainstream udah paling bener.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 10:54
Bahahahhaha .. maklum kita ud berumur kali neh om .. liat teknologi baru bukannya seneng malah skeptis :mky_07:

Nih gw lagi observe fitur self parking yg modelan lepas tangan dari stir ; mobilnya gerak sendiri parkirin . Kita tinggal neken gas doank ..

Belom lagi si BMW skarang punya fitur memory apa gitu yang klo kita mentok masuk jalan buntu bisa diaktifin buat mundur max 50 meter mobilnya gerak sendiri … asekk sehhh ..

Mau tau aja skalinya rusak tuh fitur benerinnya brapa duit :upss:
soalnya ud pengalaman sih saya dulu boss koleksi mobil eropa tiap minggu gantian masuk bengkel mending kerjaan rutin rusak mulu canggih2x gak kepake :big_biglaugh:

serlf parking auto reverse juga ujungnya gak kepake karena mobilnya jalanin juga pelan banget kita yang gak sabaran akhirnya handle sendiri apalagi ud biasa parkir atau mundur tempat sempit saya aja kamera mundur kepake kalo ud emang mau saya pepet banget kalo gak mah liat aja tuh spion padahal yang punya kamera munduru di mobil saya cuma pajero jazz sih ud males masangnya biarin aja kek gitu sensor parkir ud bunyi aja saya gk dengerin milih buka pintu ngintip ke belakang lebih akurat :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

ChZ wrote: 30 Nov 2021, 11:00
klo perlu sekarang gw kayaknya mau ganti mobil 10-15 taun sekali aja :big_biglaugh: itupun kalo udah biaya perbaikannya gak masuk akal. selama blom mogok ya gak ganti deh. minimal klo performance udah diapa apain tetep gak ngejar yang baru, baru deh ganti.

soalnya mobil sekarang technical update major nya tuh 10 taun keknya malah makin kesini dibuat makin lama lagi. mobil jepang tuh enak ganti model - facelifted model itu ud final form yang pasti udah refined semua mekanikal-elektrikalnya gak kena bug user awal :big_biglaugh:

yang pusing mobil jerman bisa 3x major update :big_biglaugh:

mobil baru sekarang gw juga jujur agak males ngikutin abis yang diunggulin fitur melulu.
nah itu ini keknya 2 unit pengen si keep terus kalo ada rejeki pengen nambah 1 buat mobil sport aja, ini aja malah kepikiran mau bangun GE8 satu lagi manual buat nyaingin GR yaris pake mesin civic turbo moga2x ada rejekinya deh :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ChZ »

b0ku wrote: 30 Nov 2021, 11:19
nah itu ini keknya 2 unit pengen si keep terus kalo ada rejeki pengen nambah 1 buat mobil sport aja, ini aja malah kepikiran mau bangun GE8 satu lagi manual buat nyaingin GR yaris pake mesin civic turbo moga2x ada rejekinya deh :big_biglaugh:
gw rencana mau swap ke K20C1 + manualnya sekalian beli halfcut an klo bisa dapet se kaki kaki dan aerokitnya gak musti beli tithum2an ... convert type R sendiri :mky_03:

soalnya nih FK4 paling 15 thn lagi bisa kayak lancer gampang bgt convert ke evo partnya melimpah enaknya lagi platform sama sama FWD evo aja musti ngebor lantai biar muat gardan awdnya :mky_02:

GE8 pake L15B7 seru sih itu bakal jd setan di trackday ngintilin sportcar 300hp macem WRX STi dan type R :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

ChZ wrote: 30 Nov 2021, 11:24
gw rencana mau swap ke K20C1 + manualnya sekalian beli halfcut an klo bisa dapet se kaki kaki dan aerokitnya gak musti beli tithum2an ... convert type R sendiri :mky_03:

soalnya nih FK4 paling 15 thn lagi bisa kayak lancer gampang bgt convert ke evo partnya melimpah enaknya lagi platform sama sama FWD evo aja musti ngebor lantai biar muat gardan awdnya :mky_02:

GE8 pake L15B7 seru sih itu bakal jd setan di trackday ngintilin sportcar 300hp macem WRX STi dan type R :mky_03:
nah itu dia reinforced chasis, ganti arm kanan kiri pake hardrace barangnya komplit sampe ke mounting2xnya, rem pake BBK, pasang turbo spoon sama pake 6 speed manual, sama pake coilover basisnya type S fl tampang std 275hp cukup lah :big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by sintoni »

Trit Mitsubishi, mobil SUV RWD diesel, eh kok ada 2 Honda pitek penboi ngobrolin mesin disini..

:big_weee:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

sintoni wrote: 30 Nov 2021, 13:13 Trit Mitsubishi, mobil SUV RWD diesel, eh kok ada 2 Honda pitek penboi ngobrolin mesin disini..

:big_weee:
gini2x user mitsu juga loh :big_childish:

biarpun ud di bikin keriting sama mitsu cuma tetep sayang sih sama OPS :big_biglaugh:

malah kepikiran mau di bikin biar bisa speed off road tapi tampang OEM gimana tuh caranya??? :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ChZ »

sintoni wrote: 30 Nov 2021, 13:13 Trit Mitsubishi, mobil SUV RWD diesel, eh kok ada 2 Honda pitek penboi ngobrolin mesin disini..

:big_weee:
lha kan topik utamanya tentang electric parking brake dudu ANPS :big_biglaugh:

user mitsu juga tapi gak pake EPB :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by FR6 »

KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 02:42
ChZ wrote: 29 Nov 2021, 14:58 apalagi di toko asesoris suka jual pemutar stir 1 tangan itu ya ampun literal neraka itu buat komponen steering. klo liat itu barang di mobil temen gw fix ini orang gak bisa nyetir bener :big_biglaugh:
Jatohnya blunder tuh modelan user mobil kek gitu ..

Secara psikologi mereka maunya yg menggampangkan proses nyetir mobil makanya pasang2 alat modelan puter stir gitu dan segala macem aksesoris gapenting laennya ..

Blom lg yg dewain fitur . pake EPS lah ; EPB ; setir berat sendiri lah pas high speed, ringan pas low speed . Blom lagi system2 radar ; bisa rem sendiri lah ; depan pelan mobil kita ikutan pelan .. semi autonomous .. Tuh xpander facelift ketambahan fitur auto start stop engine kan skarang (makanya aki dy ganti yg modelan AGM) .. cangih benerZzz

Tinggal nunggu rusak aja smua .. nyoss :big_biglaugh:

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
saia sebagai pecinta LMPV, jujurly kecewa ini Xpander sama Veloz pake EPB, bakalan gedein biaya repair :big_bored: :big_bored:
kalo PBD kemudian rusak/error masih bisa lah kita gerakin tangan, lha ini, kalo error malah gak bisa jalan..
tapi di sisi lain, improvement keduanya bikin yahud bgt interiornya, mevvah tapi low budget :big_exellent:
IMHO, harusnya mobil rakjel kaya saia macem LMPV bisa tahan bantik sampe 10 tahun, Pajero itungannya muda tuh, di bawah 10 tahun udh amsyonggg...

buat kaum mendang-meding, please dewain arah semburan AC lengkap + ventilasi luar, kepake bgt ini buat saia :mky_02: :mky_02:
Oh iya, soft touch jg gpp, repairnya gampang & bukan critical..
jangan lupa, isofix buat kursi bayi, safety is number one baby!! :big_love: :big_okay:
rock01092004
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 29 Sep 2013, 21:38

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by rock01092004 »

ChZ wrote: 29 Nov 2021, 09:29 dulu pernah kejadian juga HRV abis ganti battery malah nyangkut di car port. kebetulan bersamaan dengan keyless ignition sensornya rusak.

diderek ke beres caranya dibongkar rem belakangnya apa gimana gitu... saya gak liatin prosesnya waktu itu masih di luar kota.

sejujurnya EPB ini fitur canggih modern yang sangat mengkhawatirkan... gak bisa di manual override (ya override nya harus buka pake kunci L segala). dari dulu pertama muncul bingung juga kenapa rem parkir manual itu musti digantiin elektronik yang lebih rawan kenapa-napa. ya memudahkan sih krn jadi 1 dengan autohold tapi gak sebanding dengan risk nya.

klo kaum mendang mending sih cuma tau liat coba pake waktu masih baru. giliran gini gini ya mingkem semua.
setuju banget nih..masih fortuner ane yg rem nya masih manual🤭🤭🤭😁
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by BADAK »

Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
Attachments
Nota pembayaran
Nota pembayaran
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 15 May 2012, 13:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Schweppes »

BADAK wrote: 30 Nov 2021, 22:11 Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
Wah, terimakasih om atas informasinya. Lgs kasih tahu ke orang tua terkait masalah ini, soalnya bokap masih sering nyetir sendiri kemana-mana, khawatir kalau sampai trouble EPBnya, karena usia udah lanjut enggak mungkin juga dia ngolong ngelepas manual. Minimal kalau error dia udah tahu untuk segera call bengkel mitsu terdekat
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

BADAK wrote: 30 Nov 2021, 22:11 Setelah menginap semalam di pedalaman, mobil diambil mekanik mitsu keesokan pagi nya. Kemungkinan dilakukan manual release ditempat, setelah itu mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan diagnosa n testing. Untunglah dinamo masih normal semua, jadi tidak perlu ada penggantian parts. Cuman tetap dibongkar bagian yg berhubungan dgn EPB untuk memastikan semua masih normal. Kata mekanik sih motor nya macet, kemungkinan karena mobil jarang dipakai. Sempat deg2an jg kalo sampai ganti parts yg bisa sampai belasan juta. Biaya bongkar n visit location DC 550rb.

Sempat berdiskusi dgn mekanik dr mitsu, dan saya ungkapkan kejengkelan saya thd kejadian yg menimpa saya. Kebetulan saya sudah kenal mekaniknya, karena saya jg parts shop mitsu di kota saya. Saya katakan, kenapa kalau memang EPB ada potensi failed ATPM tidak menyiapkan opsi emergency untuk manual release. Dan ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya di toolkit. Ok lah, saya cukup bisa menerima kalau ternyata ATPM sudah menyiapkan kunci L nya.

Yg kedua saya sampaikan jg, kenapa waktu emergency call mitsu kita hubungi tidak memandu step by step penggunaan kunci L tsb. Malah saya diberikan opsi towing atau diderek. Kemungkinannya memang operator di emergency call memang tidak qualified scr teknis. Mekanik mitsu juga mengatakan, walopun ada kunci L untuk membuka manual release, itu tidak segampang seperti yg kita lihat di youtube. Dia saja perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk berhasil membuka nya. Apalagi dgn keadaan yg menimpa saya waktu hujan dan menjelang malam. Juga kejadian seperti ini sebenarnya jarang banget, bisa 1000:1. Jadi yah... Anggap aja saya yg lg apes, mengalami tanpa tau apa yg harus dilakukan.

Jadi tujuan saya share disini agar rekan2 SM bisa antisipatif, seandainya suatu saat mengalami kejadian yg sama. Kunci L nya sudah disiapkan oleh APTM, jadi bisa diartikan ATPM sudah memprediksi ada potensi suatu saat EPB malfunction, walaupun secara persentase kecil sekali. Ibarat ban bocor bisa terjadi dimana saja n kapanpun, setidaknya kita tidak perlu panik karena sudah punya knowledge apa yg harus dilakukan seandainya terjadi. Bagi owner mobil dgn EPB, tidak ada salahnya dicek apakah kunci untuk manual release sudah tersedia. Jangan lupa, ANPS saya mengalami malfunction EPB tanpa ada gejala awal sama sekali. [emo-have-a-nice-day]
mitsubishi masih prventif sih ada manual releasenya biarpun repot honda aja gak ada malah sempet liat VW keknya yang kudu di bongkar pake jumper dari aki lsg ke servonya :big_biglaugh: cuma kalo honda jarang banget kena kasus stuck banyakan mitsubishi :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 02:42

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
Per hari ini, masi ada mbah kiel

Jawapannya

I
N
N
O
V
A

T
Y
P
E

G
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 01 Dec 2021, 09:09
KielConstantine wrote: 30 Nov 2021, 02:42

Jaman skarang cari mobil keluaran baru yg isinya basic susah bgt seh .. sekalinya ada ya trondolan banget . yaudah nikmati ajalah yg ada mau gimana lg wkwkwkwk
Per hari ini, masi ada mbah kiel

Jawapannya

I
N
N
O
V
A

T
Y
P
E

G
tapi inget ya mbah ..... dizel. bukan benzene. :big_weee: :big_weee:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ChZ »

FR6 wrote: 30 Nov 2021, 16:03 saia sebagai pecinta LMPV, jujurly kecewa ini Xpander sama Veloz pake EPB, bakalan gedein biaya repair :big_bored: :big_bored:
kalo PBD kemudian rusak/error masih bisa lah kita gerakin tangan, lha ini, kalo error malah gak bisa jalan..
tapi di sisi lain, improvement keduanya bikin yahud bgt interiornya, mevvah tapi low budget :big_exellent:
IMHO, harusnya mobil rakjel kaya saia macem LMPV bisa tahan bantik sampe 10 tahun, Pajero itungannya muda tuh, di bawah 10 tahun udh amsyonggg...

buat kaum mendang-meding, please dewain arah semburan AC lengkap + ventilasi luar, kepake bgt ini buat saia :mky_02: :mky_02:
Oh iya, soft touch jg gpp, repairnya gampang & bukan critical..
jangan lupa, isofix buat kursi bayi, safety is number one baby!! :big_love: :big_okay:
dari dulu namanya electric parking brake aja udah aneh. istilah lainnya parking brake itu e-brake (emergency brake). alias jadi last resort kalo mobil kenapa-napa remnya blong lah atau kenapa lah.

lah ini senjata last resortnya aja bisa error kan udah aneh. malah ngilangin esensi parking brake sebagai emergency last resort. segitu yakin kah pabrikan ini dengan sistem trc nya sehingga remnya gak bakal blong? ini tuh kaya ibarat rem angin di truk besar diganti electric brake kan gila :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post