impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
halo
terbesit keinginan beli mobil dari jp . setelah melihat lamanya inden berbagai merk disni, dan belum lagi harga yg makin overprice..
bermodal laptop dan waktu luang w searching2 web eksportir mobil dr jp, ya mmg banyak tp yg ini terlihat cukup terpercaya (toh ya term of payment sebisa mungkin LC)
dan setelah mengunjungi web bea cukai yg memiliki skema memasukkan mobil
*perhitungan diatas sudah include ppnbm dll
so w ingin sedikit buka topik dgn bbrp opening, barangkali ada members sini yg pengalaman baik direct maupun kawan /kerabat pernah.. bole dong share disiini gmn scene nya
yaa sebenernya bisa si pake IU tp buka harga nya juga udah kagak masuk. toh kita juga udah tau harga di JP include shipping nya masuk brp
terbesit keinginan beli mobil dari jp . setelah melihat lamanya inden berbagai merk disni, dan belum lagi harga yg makin overprice..
bermodal laptop dan waktu luang w searching2 web eksportir mobil dr jp, ya mmg banyak tp yg ini terlihat cukup terpercaya (toh ya term of payment sebisa mungkin LC)
dan setelah mengunjungi web bea cukai yg memiliki skema memasukkan mobil
*perhitungan diatas sudah include ppnbm dll
so w ingin sedikit buka topik dgn bbrp opening, barangkali ada members sini yg pengalaman baik direct maupun kawan /kerabat pernah.. bole dong share disiini gmn scene nya
yaa sebenernya bisa si pake IU tp buka harga nya juga udah kagak masuk. toh kita juga udah tau harga di JP include shipping nya masuk brp
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2525
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Itu persenan penyesuaian mksdnya gimana ya mbah ?
CC = 1,500 —> 45.20%
CC > 3,000 —> 27,49%
Jadi kalo CC diatas 3000 malah lebih murah bea masuknya apa gimana ? Wkwkwk
CC = 1,500 —> 45.20%
CC > 3,000 —> 27,49%
Jadi kalo CC diatas 3000 malah lebih murah bea masuknya apa gimana ? Wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Tue Feb 27, 2018 3:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.
Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini
Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Klo ga salah impor harus oleh importir yang udah terdaftar. Makanya IU berani ngambil margin gede soalnya tau ga sembarang orang bisa masukin mobil kesini12HIS wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 10:18 Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.
Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini
Saya juga nitip sendal, moga diskusinya bisa jadi panjang.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT
Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
kayaknya gak bakal sepadan sama pusingnya. saya sih nungguin paket tokoped aja masih suka kesel sama expedisinya, apalagi ini mobil. Belum ditambah berurusan dengan bea cukai yang begitulah....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3405
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Setau saya harus punya surat ijin import. Kemarin teman beli part2 mobil beberapa kali di jepang aja saat ini pengiriman terakhirnya ditahan di custom, trus diminta surat ijin import. Entah kenapa mungkin sudah brp kali kirim jadi disangka pedagang kali. Kalo masukin mah pasti jauh lebih rumit.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Honda Beat
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
mhn maaf ikut nimbrung om, setau ane menurut info temen yg konsultan pajak, impor mobil bekas CBU (used car) oleh orang perseroan gan bukannya msh dilarang ya oleh peraturan Kemenkeu dan Kemendag kecuali CBU new car ato impor bekas ckd #cmiiw
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Tue Feb 27, 2018 3:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Hm pantesan G63 ATPM sama versi IU beda 2 eM lebihHaykelAdityawarman wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 10:56Klo ga salah impor harus oleh importir yang udah terdaftar. Makanya IU berani ngambil margin gede soalnya tau ga sembarang orang bisa masukin mobil kesini12HIS wrote: ↑Sun Dec 12, 2021 10:18 Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.
Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini
Saya juga nitip sendal, moga diskusinya bisa jadi panjang.
Matur nuwun um
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1278
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Setau saya juga begitu
Plus kalau masukin mobil harus ada uji tipe juga di kementerian perhubungan
Ngga tau deh klo bisa pake ijin yg dah diurus ATPM apan ngga
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Thu Feb 20, 2014 9:18
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
mantab infonyasilentIm2 wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 1:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
-
- SM Specialist
- Posts: 4720
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Trims pencerahan nya omsilentIm2 wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 1:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnyasilentIm2 wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 1:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2525
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Iya memang … minimal sekelas alpina B5 estate baru berasa worth wkwkwkkenop wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 5:31Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnyasilentIm2 wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 1:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
Tapi kg bisa perorangan ya mau ga mau lewat perusahaan yg terdaftar .. dalam hal ini IU ..
Coba skarang bikin thread cara jadi IU gimana?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
waduhh klo sy mah masih jauh dr impor mobil, paling2 belanja dari aliexpressKielConstantine wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 6:32Iya memang … minimal sekelas alpina B5 estate baru berasa worth wkwkwkkenop wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 5:31Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnyasilentIm2 wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 1:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
Tapi kg bisa perorangan ya mau ga mau lewat perusahaan yg terdaftar .. dalam hal ini IU ..
Coba skarang bikin thread cara jadi IU gimana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1623
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
sepertinya begitu omkenop wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 5:31Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnyasilentIm2 wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 1:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill
kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.
civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali
org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
ini jg termasuk yg maksud sy klo ngga spesial2 amat mobil nya sayang bgt beli dari IU..darrelund wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 7:07sepertinya begitu omkenop wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 5:31Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnyasilentIm2 wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 1:29 Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill
kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.
civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali
org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja
CHR 850 jt, makasih dahh wkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
intinya, udh pada tau sekarang kenapa harga mobil di sini tuh ngeri-ngeri kandarrelund wrote: ↑Mon Dec 13, 2021 7:07
sepertinya begitu om
toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill
kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.
civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali
org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja
CBU kena pajak berlapis
CKD gak semua komponennya local content, yang local content pun itu juga bahan baku nya impor. klo cuma produksi besi besi doang sih pabrik lokal udah banyak, tp bahan baku ya impor.
makanya diskon ppnbm sih sebenernya agak gak signifikan pengaruhnya ke harga. cuma memperlambat inflasi harga nya aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Kalo cuma sekedar pajak dan bea masuk itu mungkin mudah.
Jangan lupa masih ada uji SUT dan SRUT, sebagai syarat untuk mengurus BPKB dan STNK.
Kalo ga salah dulu ada lelang Subaru yang belum ada BPKB dan STNK juga mentok karena ga ada SUT dan SRUT.
Jangan lupa masih ada uji SUT dan SRUT, sebagai syarat untuk mengurus BPKB dan STNK.
Kalo ga salah dulu ada lelang Subaru yang belum ada BPKB dan STNK juga mentok karena ga ada SUT dan SRUT.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
weww ternyata cukup ribet
mending telpon iu terdekat deh kek nya
mending telpon iu terdekat deh kek nya
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Mohon maaf saya salah quote mengenai uji tipe, ini tarif uji tipe menurut website BPLJSKB (balai pengujian laik jalan dan sertifikasi kendaraan bermotor). Websitenya down terus, jadi dapet dari google cache.
Jenis Uji mobil bensin/diesel
Uji Rem 1.970.000/1.970.000
Uji Lampu Utama 1.050.000/1.050.000
Uji Speedometer 1.900.000/1.900.000
Pemeriksaan Konstruksi 1.850.000/1.850.000
Uji Klakson 900.000/900.000
Pengukuran Berat Kendaraan 870.000/870.000
Pengukuran Dimensi 685.000/685.000
Uji CO-HC 1.300.000/1.800.000
Uji Emisi Gas Buang EURO 2 13.250.000/14.250.000
Total biaya uji mobil bensin/diesel 23.325.000/26.825.000
Di uji tipe pun yg pasti akan dicek sesuai ga dengan undang undang dan peraturan menteri di Indonesia. Pastikan bannya SNI, kalo masih ban luar yg tidak ada logo SNI lebih baik diganti ban lokal. APAR, P3K, segitiga darurat, wajib ada. Untungnya sih di Indonesia syarat safety minimal sekali, ga ada kewajiban sertifikat NCAP misalnya, dan emisi hanya euro 2. Setelah lulus, dapat SUT, yg lalu dipakai untuk menerbitkan SRUT di balai uji masing2 daerah.
saya belum pernah sih kalo ngurus SUT, tapi kira2 gitu gambarannya.
Nah itu bicara mobil di jalan. Tapi kalo bicara fun toy off the road, kayak dirt bike misalnya.. prosesnya ya cukup sampe bea cukai saja selesai. Ga perlu uji tipe.
Jenis Uji mobil bensin/diesel
Uji Rem 1.970.000/1.970.000
Uji Lampu Utama 1.050.000/1.050.000
Uji Speedometer 1.900.000/1.900.000
Pemeriksaan Konstruksi 1.850.000/1.850.000
Uji Klakson 900.000/900.000
Pengukuran Berat Kendaraan 870.000/870.000
Pengukuran Dimensi 685.000/685.000
Uji CO-HC 1.300.000/1.800.000
Uji Emisi Gas Buang EURO 2 13.250.000/14.250.000
Total biaya uji mobil bensin/diesel 23.325.000/26.825.000
Di uji tipe pun yg pasti akan dicek sesuai ga dengan undang undang dan peraturan menteri di Indonesia. Pastikan bannya SNI, kalo masih ban luar yg tidak ada logo SNI lebih baik diganti ban lokal. APAR, P3K, segitiga darurat, wajib ada. Untungnya sih di Indonesia syarat safety minimal sekali, ga ada kewajiban sertifikat NCAP misalnya, dan emisi hanya euro 2. Setelah lulus, dapat SUT, yg lalu dipakai untuk menerbitkan SRUT di balai uji masing2 daerah.
saya belum pernah sih kalo ngurus SUT, tapi kira2 gitu gambarannya.
Nah itu bicara mobil di jalan. Tapi kalo bicara fun toy off the road, kayak dirt bike misalnya.. prosesnya ya cukup sampe bea cukai saja selesai. Ga perlu uji tipe.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Lexus LFA ada yang masuk Indonesia ga ya? Ini kayaknya cukup Worth it untuk diimpor.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
kalo import sendiri gampang, udah banyak yang masukkan.
"kalo ini mudah, saya tidak akan jadi terkenal"
Henri Poirot
"kalo ini mudah, saya tidak akan jadi terkenal"
Henri Poirot
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
Liat beberapa relasi yg pernah masukin mobil baru maupun 2ndhand dari luar. Semua balik lagi ke "wani piro?" dan "orang dalam"
Pernah ngurus mobil Form A aja bertahun tahun kaga tembus (padahal dokumen lengkap, dok import dari port, release dari pt terkait, dll) dan pas mau ditarik dokumennya berbelit berminggu-minggu. Giliran dijual ke "orang yang tepat", dia kontak ke instansi terkait, 2 hari kemudian langsung keluar itu dokumen.
Pernah ngurus mobil Form A aja bertahun tahun kaga tembus (padahal dokumen lengkap, dok import dari port, release dari pt terkait, dll) dan pas mau ditarik dokumennya berbelit berminggu-minggu. Giliran dijual ke "orang yang tepat", dia kontak ke instansi terkait, 2 hari kemudian langsung keluar itu dokumen.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 762
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: impor mobil secara mandiri/ tanpa IU
punya uang banyak - "aja", gak cukup ya di negeri ini. makanya orang2 rebutan mau jadi pejabat