Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 08 Feb 2021, 10:45
emang mafia batrey itu lebih parah maenannya palagi mereka lagi diatas angin maen isu lingkungan musti ada yang bawa isu lingkungan nikel juga nih biar pada tau gak sclean yang digebor2x kan apalagi toxic batre bisa ngerusak tanah :ngacir:

dari segi goverment lebih gampang kontrol penduduknya pada rese lsg cut power grid aja lumpuh semua penduuknya gak bisa gerak apalagi yang baru charging 5% :wkkk:

dengan curangnya kendaraan militer mereka pake combustion semua karena bisa di hajar sana sini :ngacir:
kalopun berharap mereka fail paling ya di isu lingkungan ini sih... macem dieselgate :ngacir:

gw jadi mikir 2 hari ini kota gw lagi sibuk berbanjir-banjir dan listrik padam di sejumlah daerah, lagi berandai-andai aja klo ada yang punya EV mau diajak kabur ngungsi ternyata lowbatt gegara semaleman listrik mati kan ya gak lucu...

ujungnya minta tolong tim SAR buat bawa pake dobel kabin diesel :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by vipere »

ngapain mati matian nolak ev..simple. selama mobil bbm masih dijual ya beli mobil yg pake bbm,
kalo sewaktu waktu nanti mobil bbm udah gak dijual lagi, ya beli lah ev mau gak mau juga.

atau mungkin suatu saat bbm naik tinggi karena udah sangat langka banget, misal 50 rb/liter, dan mobil bbm pun masih dijual,
nah ini mungkin musti dihitung cost nya ..cost buat ganti batere suatu saat dengan penghematan kalo pake bbm sebanding apa gak.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 08 Feb 2021, 10:52
b0ku wrote: 08 Feb 2021, 10:45
emang mafia batrey itu lebih parah maenannya palagi mereka lagi diatas angin maen isu lingkungan musti ada yang bawa isu lingkungan nikel juga nih biar pada tau gak sclean yang digebor2x kan apalagi toxic batre bisa ngerusak tanah :ngacir:

dari segi goverment lebih gampang kontrol penduduknya pada rese lsg cut power grid aja lumpuh semua penduuknya gak bisa gerak apalagi yang baru charging 5% :wkkk:

dengan curangnya kendaraan militer mereka pake combustion semua karena bisa di hajar sana sini :ngacir:
kalopun berharap mereka fail paling ya di isu lingkungan ini sih... macem dieselgate :ngacir:

gw jadi mikir 2 hari ini kota gw lagi sibuk berbanjir-banjir dan listrik padam di sejumlah daerah, lagi berandai-andai aja klo ada yang punya EV mau diajak kabur ngungsi ternyata lowbatt gegara semaleman listrik mati kan ya gak lucu...

ujungnya minta tolong tim SAR buat bawa pake dobel kabin diesel :big_biglaugh:
liat aja 10th ke depan case studynya kan dah banyak yang beli tesla, tinggal liat berapa banyak yang balik ke ICE dalam waktu 10th ini :mky_03:
vipere wrote: 08 Feb 2021, 11:00 ngapain mati matian nolak ev..simple. selama mobil bbm masih dijual ya beli mobil yg pake bbm,
kalo sewaktu waktu nanti mobil bbm udah gak dijual lagi, ya beli lah ev mau gak mau juga.

atau mungkin suatu saat bbm naik tinggi karena udah sangat langka banget, misal 50 rb/liter, dan mobil bbm pun masih dijual,
nah ini mungkin musti dihitung cost nya ..cost buat ganti batere suatu saat dengan penghematan kalo pake bbm sebanding apa gak.


gak nolak kalo gak ada wacana BAN ICE malah ngelirik honda E :mky_03:

tapi gak ngepek sih di gw scara 2 unit yang di rumah saya mau pake lama dan saya pake mobil deket2x paling kepikiran beli mobil aneh2x kalo ada rejeki moga2x aja kesampean muscle car butut :big_grin:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Profith83 »

Kalau ada EV seharga Avanza + 100 jt orang masih mau beli.
Terutama yang dipakai untuk grab.
Lumayan kalau bisa jalan 300 KM alias 30 liter bensin.
EV per 10 KM biaya listrik 2000 VS Pertalite per 10 KM biaya nya 7500.
Per 10KM irit 5.500 x 30 liter = 165 rb per hari.
Sebulan 25 hari kerja = 165rb x 25 = 4jt 125rb
Setahun 4jt 125rb x 12 = 49jt 500
5 thn = 49jt 500 rb x 5 = 250 jt an.

Kalau asumsi 5 thn garansi baterai dan harga baterai baru 50 jt. Alias 5 thn sekali keluar 50jt.

Asumsi diatas per hari 300 KM. senilai penghematan per 5thn 250 jt.
Kalau per 5 thn senilai 50 jt. alias 1/5 nya dr 250 jt -----> maka seperlima dari 300 KM alias 60 KM per hari.

Alias 18rb KM per tahun itu setara dengan penghematan 50 jt untuk beli baterai 5 thn sekali
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by MaddMaxx »

nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.
nickel.jpeg
nickel.jpeg (70.87 KiB) Viewed 988 times
kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan? :big_think:

source: https://www.statista.com/statistics/264 ... y-country/
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by mr_mytplx »

pengendiesel wrote: 08 Feb 2021, 10:42
Waduh, ampun suhu!! Saya belum pernah ke jalan dinding itu :big_biglaugh:

Mungkin bisa share povnya om sehingga bilang TSLA is too big to fail. Mulai dari definisi too big to fail itu sendiri menurut om seperti apa, serta data dan fakta yang mendukung sehingga TSLA bisa dikategorikan ke kelompok tsb. Sapa tau saya jadi tertarik memasukkan TSLA ke portfolio :big_peace:

Soalnya buat saya, sekedar harga saham ngelipat 5x dan lagi diagung2kan oleh semua orang, gak otomatis jadi too big to fail.
The "too big to fail" (TBTF) theory asserts that certain corporations, particularly financial institutions, are so large and so interconnected that their failure would be disastrous to the greater economic system, and that they therefore must be supported by governments when they face potential failure.

Kl ga di suntik pemerintah US dan dibantu kebijakan subsidi dan promosi mobil listrik ud almarhum itu TSLA.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Profith83 »

MaddMaxx wrote: 08 Feb 2021, 12:16 nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.

nickel.jpeg

kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan? :big_think:

source: https://www.statista.com/statistics/264 ... y-country/
Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.

Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Jambangan »

Gimmick doang nih mobil listrik
Sekarang masih belum tertarik
Ga tau ya 10-20 tahun lagi
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Jambangan »

Sepeda Motor listrik jg kyk gitu
Kyk mainan
Harga mahal pula
Produsen besar belum ada yg main motor listrik di indo ya??
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by eriwow »

Sebenernya yg menarik dr ev ini bukan soal kendaraan hanya dipakein batre tok... tapi potensi yg bisa dikembangkan dari perubahan sumber tenaga yg asalnya engine ( ice) ke elektrik (batre). Bisa dibayangkan Semua kontrol sangat mudah dilakukan karena penggunaan yg murni elektronik (motor, selenoid dll) yg jatuh lebih efisien dibandingkan kalau pakai katakanlah campuran batre dan engine.
Sekali lagi ini hanya untuk term kendaraan sebagai alat bantu perpindahan dr poin A ke poin B.

Dan tetap.....pasar yg akan menentukan apakah EV menjadi penguasa pasar atau hanya jadi proyek gagal karena masih terlalu banyak pe-er yg harus dikerjakan terutama untuk negara yg infrastrukturnya gak mendukung
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Or4cle »

MaddMaxx wrote: 08 Feb 2021, 12:16 nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.

nickel.jpeg

kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan? :big_think:

source: https://www.statista.com/statistics/264 ... y-country/
Its sound great ... tapi agak skeptis dgn hingar-bingar polarisasi politik selama ini.
Selama pejabat hanya memikirkan urusan perut dan partai masing2 bersiaplah Indonesia diobok-obok, masuk ke proxy-war, diadu domba oleh negara lain. Tuh liat agent intelijen Jerman sowan ke markas FPI Petamburan :big_grin:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by b0ku »

Jambangan wrote: 08 Feb 2021, 16:14 Sepeda Motor listrik jg kyk gitu
Kyk mainan
Harga mahal pula
Produsen besar belum ada yg main motor listrik di indo ya??
kalo menurut saya lebih gampang jual skuter listrik macem PCX atau NAMEC harganya masuk pangsa pasarnya juga gemuk tapi bingungnya gak ada yang berani??? :big_think:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Profith83 »

Or4cle wrote: 08 Feb 2021, 16:36
MaddMaxx wrote: 08 Feb 2021, 12:16 nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.

nickel.jpeg

kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan? :big_think:

source: https://www.statista.com/statistics/264 ... y-country/
Its sound great ... tapi agak skeptis dgn hingar-bingar polarisasi politik selama ini.
Selama pejabat hanya memikirkan urusan perut dan partai masing2 bersiaplah Indonesia diobok-obok, masuk ke proxy-war, diadu domba oleh negara lain. Tuh liat agent intelijen Jerman sowan ke markas FPI Petamburan :big_grin:
Benar sekali ..... gak yakin di Indo bisa secepat itu membangun infrastruktur.
Poin paling penting adalah selama harga EV tidak bisa setara LCGC + 50 jt. maka agak susah sekali kalau mau laku.
50 jt itu setara pengiritan kalau setahun pakai 18rb KM dan pakai pertalite.
Beda harga BBM dan listrik selama 5 thn itu 50 jt.

5 thn sekali ganti baterai 50 jt.
Nah kalau harga baterai 100 jt, akan susah juga orang berpindah
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by kunaskun »

Jambangan wrote: 08 Feb 2021, 16:14 Sepeda Motor listrik jg kyk gitu
Kyk mainan
Harga mahal pula
Produsen besar belum ada yg main motor listrik di indo ya??
Honda PCX Electric seingat saya ada, harganya lumayan 40 juta. sempet kepengen tapi pas tau harganya langsung mundur, gila aja.
cuma ganti mesin bensin jadi motor listrik + batere yang cuma berapa puluh kwh gitu malah disuruh bayar mahal.

karena marketnya ga sanggup charge itu motor di rumah, entah daya terpasang ga cukup atau masalah edukasi. realistisnya gitu. ini pikiran gampangnya.

pikiran konspirasi: ngapain susah2, selama masih dibeli jutaan unit setahun, gas terus. :big_biglaugh:
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by jessboy »

Profith83 wrote: 08 Feb 2021, 14:50
MaddMaxx wrote: 08 Feb 2021, 12:16 nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.

nickel.jpeg

kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan? :big_think:

source: https://www.statista.com/statistics/264 ... y-country/
Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.

Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
sama saya juga gak yakin keran export masih ditutup setelah 2024
sudah rahasia umum kalau yg beginian bisa dikompromikan
kecuali dapet pemimpin yg integritas tinggi dan bener2 berpihak ke rakyat dan negara
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by dsign1990 »

kunaskun wrote: 08 Feb 2021, 21:33
Jambangan wrote: 08 Feb 2021, 16:14 Sepeda Motor listrik jg kyk gitu
Kyk mainan
Harga mahal pula
Produsen besar belum ada yg main motor listrik di indo ya??
Honda PCX Electric seingat saya ada, harganya lumayan 40 juta. sempet kepengen tapi pas tau harganya langsung mundur, gila aja.
cuma ganti mesin bensin jadi motor listrik + batere yang cuma berapa puluh kwh gitu malah disuruh bayar mahal.

karena marketnya ga sanggup charge itu motor di rumah, entah daya terpasang ga cukup atau masalah edukasi. realistisnya gitu. ini pikiran gampangnya.

pikiran konspirasi: ngapain susah2, selama masih dibeli jutaan unit setahun, gas terus. :big_biglaugh:
yg 40jutaan pcx hybrid om
yg elektrik konon 100jtan dan cuma dijadiin brg rental B2B sama AHM
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by dsign1990 »

jessboy wrote: 08 Feb 2021, 22:28
Profith83 wrote: 08 Feb 2021, 14:50
MaddMaxx wrote: 08 Feb 2021, 12:16 nambahin, indo itu produsen nikel terbesar dunia. bukan tidak mungkin kalo gagasan ET soal Indonesia Battery Holding bisa bikin kita jadi penguasa rante pasok batre di dunia. liat aja sekarang pemerintah lg larang ekspor nikel, uni eropa kelabakan dan bakal ngadu ke WTO. semoga aja semua pejabatnya bisa full bekerja untuk sebanyak-banyaknya kemakmuran negara.

nickel.jpeg

kalo skenario holding batre bisa sukses, bukan tidak mungkin ev akan menggeser ice. gimanapun kalo punya resource, cost nya bisa lebih murah daripada yg gak punya resource. contohnya bbm, di arab sana, bbm sama air mineral murahan bbm, karena mereka punya resource berlimpah. bukan hal mustahil batre disini jg akan lebih murah daripada negara lain yg gak punya resource kan? :big_think:

source: https://www.statista.com/statistics/264 ... y-country/
Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.

Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
sama saya juga gak yakin keran export masih ditutup setelah 2024
sudah rahasia umum kalau yg beginian bisa dikompromikan
kecuali dapet pemimpin yg integritas tinggi dan bener2 berpihak ke rakyat dan negara
kalau ingat ongkos nyapres ane jadi ragu :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Suryaputra »

dsign1990 wrote: 09 Feb 2021, 10:38
jessboy wrote: 08 Feb 2021, 22:28
Profith83 wrote: 08 Feb 2021, 14:50

Idealnya begitu.
Tapi yakin setelah 2024 keran exportnya masih ditutup? Biasanya ganti president maka ganti acara.
Saya curiga thn 2024 keatas keran export dibuka. Itu pemerintah Eropa dan US maunya export dibuka.
Tau sendiri kan bisa ada transaksi tersembunyi.

Contoh di Eropa dan US bangun pabrik baterai "XYZ". Pemegang sahamnya ada sebagian milik orang Indonesia.
hihihihi .... terus terang gak yakin saya. Ini urusan keuntungan Triliun per tahun ... hmmm
sama saya juga gak yakin keran export masih ditutup setelah 2024
sudah rahasia umum kalau yg beginian bisa dikompromikan
kecuali dapet pemimpin yg integritas tinggi dan bener2 berpihak ke rakyat dan negara
kalau ingat ongkos nyapres ane jadi ragu :big_biglaugh:
bep dl 5 thn pertama. :big_think:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by ginting »

b8099ok wrote: 07 Feb 2021, 21:51 Untuk EV sptnya msh perlu upgrade infrastruktur lbh acceptable utk akomodir kebutuhan EV. Sementara yg msh bisa diterima sptnya nissin kicks (elektrik dengan genset).
Bbrp hari lalu sempet test drive, honestly its good. But not now. Let the market decide.
mbah, kalau nanti EV sudah merajai bisnis EV, apakah bebonk garage mau tetap jadi ECU tuner ?
atau shifting juga sediakan jasa lilit ulang dynamo, mbah ? :mky_07: :mky_07:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by b0ku »

ginting wrote: 11 Feb 2021, 15:55
b8099ok wrote: 07 Feb 2021, 21:51 Untuk EV sptnya msh perlu upgrade infrastruktur lbh acceptable utk akomodir kebutuhan EV. Sementara yg msh bisa diterima sptnya nissin kicks (elektrik dengan genset).
Bbrp hari lalu sempet test drive, honestly its good. But not now. Let the market decide.
mbah, kalau nanti EV sudah merajai bisnis EV, apakah bebonk garage mau tetap jadi ECU tuner ?
atau shifting juga sediakan jasa lilit ulang dynamo, mbah ? :mky_07: :mky_07:
malah lahan basah jasa jailbreak buka speed limiter, jasa setting inverter, jasa lepas limiter motor listrik biar bisa di geber sampe kebakaran :ngacir:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by b8099ok »

ginting wrote: 11 Feb 2021, 15:55
b8099ok wrote: 07 Feb 2021, 21:51 Untuk EV sptnya msh perlu upgrade infrastruktur lbh acceptable utk akomodir kebutuhan EV. Sementara yg msh bisa diterima sptnya nissin kicks (elektrik dengan genset).
Bbrp hari lalu sempet test drive, honestly its good. But not now. Let the market decide.
mbah, kalau nanti EV sudah merajai bisnis EV, apakah bebonk garage mau tetap jadi ECU tuner ?
atau shifting juga sediakan jasa lilit ulang dynamo, mbah ? :mky_07: :mky_07:
Tetap dunk, khan pake ECU jg. Bisa lbh advance lagi mainannya malah. Wuakakakaka
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
taniasurya078
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Jan 2017, 17:49

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by taniasurya078 »

Kalau menurut saya tentang kendaraan listrik buka propaganda untuk abad 21 ,kecuali ketika awal 1900 melawan mobil memakai bbm iya tapi bukan konspirasi melainkan harganya mahal,lebih lambat dan pengecasahan lebih lambat menjadikan lebih buruk daripada mobil ford model t.

Kalau ke abad 21 karena memang benar perubahan iklim ,suhu naik ,banyak kerusakan alam. Tapi silver bulluet solusi climate change dengan kendaraan listrik kecuali seperti bis ,truk dan kereta oke . Cwiiw.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by alexand »

EV kalo ganti batere harganya bisa separuh harga mobilnya, hybrid kalo ganti batere juga harganya omaigod karena sepupu saya ganti batere camry kena 80jt di auto 2000, abis ganti batere dia bilang gak ada lagi deh beli mobil hybrid2an pas ganti batere ngibrid tuh duid di dompet...

di indonesia juga ada budaya mudik lebaran, pas ngisi BBM estimasi per mobil bisa kelar dalam waktu di bawah 5 menit, kalo pake EV mau sedia berapa charging station ?

karena faktor di atas saya tetap akan pakai mobil internal combustion engine sampai pada suatu waktu ketemu cost effective yg bagus buat EV, kayaknya itu minimal masih 10 tahun lagi untuk di indonesia
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by b0ku »

taniasurya078 wrote: 15 Jun 2021, 11:23 Kalau menurut saya tentang kendaraan listrik buka propaganda untuk abad 21 ,kecuali ketika awal 1900 melawan mobil memakai bbm iya tapi bukan konspirasi melainkan harganya mahal,lebih lambat dan pengecasahan lebih lambat menjadikan lebih buruk daripada mobil ford model t.

Kalau ke abad 21 karena memang benar perubahan iklim ,suhu naik ,banyak kerusakan alam. Tapi silver bulluet solusi climate change dengan kendaraan listrik kecuali seperti bis ,truk dan kereta oke . Cwiiw.
intinya kita cuma kambing item doank sebenernya masalah utama dari emisi industri sama kapal kargo yang dimana yang punya big corporation malah saya juga curiga mereka lagi ngereserve semua minyak bumi yang tersisa buat bisnis mereka jd kalo semua pake EV otomatis stock minyak bumi yang buat mereka bakar malah tambah melimpah kita cuma gigit jari kayak california ud sering pemadaman bergilir malah mau ngeban penjualan genset pula ud deh ntar makin lumpuh aja tuh mobil listrik :big_bored:

sama jangan lupa hutan di tembangin mulu tapi gak ada yang ngeributin sama ada tindakan salah satu nya juga buat penambangan bahan baku batre :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Electric Vehicle. Globalism Mega Propaganda or Petrolhead's Ugly Truth?

Post by Suryaputra »

Gile masih idup aja ni thread
Kwkwkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post