Tp orang sini mana mau kalau dia tau beli mobil resale valuenya 0 alias dibuang itu mobil pada akhir masa pakai & jika mobil listrik murah pun, gmn dengan batterynya? semurah2nya battery mkgn uda account bagian besar dari sebuah mobil listrik?Herman7103 wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 7:39
Unquote
Menurut saya sebenarnya Mobil Listrik itu harusnya bukan cuma buat orang kaya doang wkwkwk
tapi semua orang yg membutuhkan alat transportasi untuk keluarga yang lebih bebas polusi karena ngak ada asap buangan dari knalpotnya wkwkwk dan cost operationalnya lebih Murah daripada Mobil diesel atau Mobil Bensin yg berbahan bakar fossil fuel
yang dalam jangka panjang tidak suistinable karena bisa habis, selain itu saat ini sebagian Negara khususnya di Eropa sudah menetapkan target pelarangan Mobil ICE di Negara mereka karena iklim Global saat ini cenderung mengalami peningkatan suhu panas bumi dari tahun ke tahunnya yang tentu membuat perubahan iklim Global serta peningkatan polusi di dunia yg berakibat peningkatan bencana alam di dunia ini
Saat ini memang harga Mobil Listrik yg dijual Indonesia sekarang harganya lebih tinggi dari Mobil Mobil ICE, tetapi di masa depan sih saya yakin bahwa harga Mobil ICE dan Mobil Listrik tidak akan berbeda jauh.
Toyota rupanya menggandeng BYD
untuk mendirikan perusahaan Joint Venture untuk produksi Mobil Listrik
https://global.toyota/en/newsroom/corpo ... 26024.html
Penjualan Mobil Listrik BYD terus meningkat dari Awal pelucuran nya sampai bulan Nov 2021
https://cnevpost.com/2021/12/04/byd-dol ... -from-oct/
BYD katanya akan masuk ke Indonesia tahun 2022. Semoga ini bisa terealisasi. Semoga BYD Dolphin juga bisa dijual di Indonesia
dengan harga yang terjangkau wkwkwk sehingga tahun depan bisa
beli Mobil Listrik wkwkwk.
[NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
nonton ini aja dia omongin masalah kabel di mobil listrik
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
nah itu kelemahan mobil listrik.... heat nya bikin wear ke komponen perkabelan...
apalagi yakin deh pasti nanti polanya tiap malem bakal di charge kayak smartphone....
klo mobil bensin fuel nya gak kepake ya diem aja di fueltank... makanya sampe hari ini saking robust dan worryfreenya combustion engine dari jaman taun kapan masih dipake cuma ditambahin sensor-sensor elektronik aja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Batam masuknya Kepulauan Riau Om.sintoni wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 6:02Lah, bukannya di Sumatra harusnya solar gampang om?YanuarS wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 4:00
di Batam malah solar subsidi masuk cuman 2 kali seminggu Om. dan langsung ludes, yang ngantri panjang dan dibatasi cuman 100 rb per pembelian kalau gak salah dan menggunakan kartu kendali. makanya Populasi Innova Diesel di Batm gak banyak. kalau fortuner VRZ masih banyak dan pada ngisi Dexlite.
Premium juga sama, Sekali datang yang ngantri bejibun.
Makanya mobil mobil diesel di Batam sudah pada gak kelihatan, Mitsubishi Storm (L200), Pajero, landcruiser tahun tahun 97 sampe 2000, udah jarang sekali lihat.
Apa karena Batam pulau sendiri ya?
Kalau ane yg tinggal di Batam sih pakenya mobil JDM terus om, puassssss... Hahaha
Betul om, kemarin sempat tergoda ada yang jual WRX 2012 new old stock dg harga dibawah 300jt... Tapi Menteri keuangan menolak mentah mentah kalau beli mobil bukan buat harian. Lahan buat memperlebar garasi pun sudah mepet dan gak bisa lebih dari 3 mobil.
Mau jual satu mobil buat diganti WRX, anak yang gak mau... maunya yang kabinnya lega... yah.. nasib lah ....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Sayangnya mobil hybrid tidak dapat insentif dari pemerintah.McLaren wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 0:14ChZ wrote: ↑Thu Dec 23, 2021 7:02rekomen HPM sih ron92 boleh om...
tp yaa dengan kondisi stock engine ya. klo saya ron92 gak rekomen kl di modif. berhubung saya emang gak puas aja jd pake pertabo terus sekali kena ron92 kesel digaspol mesinnya gak semangat. dan emang rencana di modif.
walaupun buat saya obatnya CRV irit itu di modif sih... ganti catless malah irit konsumsinya skrg 10 lebih terus. civic di modif tambah boros malah jd kalap ngegas enak bgt
Kayanya hybrid emg way to go yaa klo mo hemat…
Mobil hybrid baru kerasa hemat(duit) kalau jadi mobil tempur & rutenya kebanyakan city driving.
Kalau jadi garage queen yah jadi tidak berasa penghematan duitnya & baterai bisa tidak awet umurnya.
Semua mobil nganggur pasti irit bahan bakar
Last edited by bungle on Fri Dec 24, 2021 12:13, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
WKWKWKWKKWKW.ChZ wrote: ↑Thu Dec 23, 2021 2:39
yaa paling jelas di sektor otomotif si bayangin pabrikan tuh harus se repot apa jualan di sini semua serba harus disesuaikan dengan kualitas BBM sini dengan sales number yang tidak signifikan dibanding market china atau india. repot-repot downgrade yang malah bikin tambah mahal
Di mana mobil2 di belahan dunia lain semua diset untuk PON 87/RON 92....di sini toh diabaikan oleh user. Tetep dicekokin pertalite (atau premium kalo aliran ekstrim). Yang ada kalo infonya mobil X wajib pake pertamax/dexlite malah ga laku ntar, kecuali klo emang targetnya upmarket.
What do I know, toh ada aja yang punya kemri up dicekokin selang kuning
Btw soal mobil listrik sih insentif dkk emang gencar, tp infrastruktur yang sangat ga memadai. Jangankan di sini, di US aja jaringan supercharger Tesla masih merambat belum booming. Apalagi di sini, dan di daerah, yang PLN nya ajib suka mati lampu ga jelas juntrungnya tanpa tedeng aling-aling.
Masih mending kalo 1) batere EV pake model per cell yang mudah replacement dan calibrationnya (biar ga melulu ke dealer dan/atau ganti segelondong --mempermudah penetrasi pasar), dan 2) pemasaran HEV gencar duluan, biar mudah transisinya ke full EV. Kita aja suka lupa charge HP ato laptop pas di rumah, apalagi EV. Kalo HEV kan chargingnya sambil jalan, toh ntar ngisinya di pom bensin juga yang mana orang awam sudah luar kepala. Ga perlu merubah kebiasaan menganggap EV sebagai one more gadget yang perlu dicas tiap malem.
Another concern: Indo iklimnya panas, batre basis Litium keok kalo kena panas. Yakali orang kita mau ngeluarin duit xx juta buat replacement tiap 5-8 taun, wong gantol di bawah 1 jt aja suka diolor-olor.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4584
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Bener ganti oli aja diolor olor om ...g36 wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 12:12WKWKWKWKKWKW.ChZ wrote: ↑Thu Dec 23, 2021 2:39
yaa paling jelas di sektor otomotif si bayangin pabrikan tuh harus se repot apa jualan di sini semua serba harus disesuaikan dengan kualitas BBM sini dengan sales number yang tidak signifikan dibanding market china atau india. repot-repot downgrade yang malah bikin tambah mahal
Di mana mobil2 di belahan dunia lain semua diset untuk PON 87/RON 92....di sini toh diabaikan oleh user. Tetep dicekokin pertalite (atau premium kalo aliran ekstrim). Yang ada kalo infonya mobil X wajib pake pertamax/dexlite malah ga laku ntar, kecuali klo emang targetnya upmarket.
What do I know, toh ada aja yang punya kemri up dicekokin selang kuning
Btw soal mobil listrik sih insentif dkk emang gencar, tp infrastruktur yang sangat ga memadai. Jangankan di sini, di US aja jaringan supercharger Tesla masih merambat belum booming. Apalagi di sini, dan di daerah, yang PLN nya ajib suka mati lampu ga jelas juntrungnya tanpa tedeng aling-aling.
Masih mending kalo 1) batere EV pake model per cell yang mudah replacement dan calibrationnya (biar ga melulu ke dealer dan/atau ganti segelondong --mempermudah penetrasi pasar), dan 2) pemasaran HEV gencar duluan, biar mudah transisinya ke full EV. Kita aja suka lupa charge HP ato laptop pas di rumah, apalagi EV. Kalo HEV kan chargingnya sambil jalan, toh ntar ngisinya di pom bensin juga yang mana orang awam sudah luar kepala. Ga perlu merubah kebiasaan menganggap EV sebagai one more gadget yang perlu dicas tiap malem.
Another concern: Indo iklimnya panas, batre basis Litium keok kalo kena panas. Yakali orang kita mau ngeluarin duit xx juta buat replacement tiap 5-8 taun, wong gantol di bawah 1 jt aja suka diolor-olor.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
seru nih topiknya, izin nimbrung
negara2 yg sudah aware dan melek tentang climate change saya yakin banget masyarakat nya sudah ampir nggak ada yang mikirin tentang besok bisa beli makan apa nggak.
saya juga yakin kalo saya sendiri memang sangat kurang, boro2 mikirin climate change.
Kalo pakai harian dalkot sehari 100 - 150km sih aman banget lah..
cuman ya itu kalo untuk ke luar kota ya sulit sih masih, perlu banget itu supercharger. or at least tempat istirahat punya charging station udah sufficient.
Kalo indo ilkim panas, iya benar sih batre Lithium kurang ok di cuaca terlalu panas atau terlalu dingin. makanya ada warmer / cooler kaya radiator gitu um setau saya hehe.
CMIIW
ini mesti di compare sih emission bikin bensin vs batre gmn, gw ga ada insight sama sekali.
dan powerplant emission yang nonrenewable energy vs gasoline di mobil gmn pollution nya.
yg pasti waste batre mesti di pikirin sih, kalo mobil listrik udah banyak banget, setau saya engineer masih lagi research buat recycle or decomposte battery waste.
------
ok balik lagi ke economical dari sisi pemakai.
asumsi sebulan bensin 1jt (111L per bulan / +- 1000km/mo) pake pertamax, kita anggap listrik gratis karena murah banget sekali isi (200k / 1000km based on fitra eri punya kona)
setahun bensin 12jt, 8 tahun 96jt.
service ganti oli 1jt setahun, jadi total 104jt untuk pemakaian 8 tahun
kita anggap 8 tahun kedepan harga batre sudah bisa lebih murah dan asumsi rata2 mobil yang ada disini kapasitas batrenya tidak sebesar tesla yang di bahas 200jt itu.
let say dalam 8thn production cost dll turun 50% tapi tambah inflasi dll, asumsi batre nya di angka 150jt untuk tesla model S, dan 100 - 120jt untuk mobil listrik asia.
masih sedikit lebih mahal sih di hitung2 tapi sepertinya cost nya nggak jauh berbeda.
irit di depan, di tagih di belakang wkwkw.
Please CMIIW
sifat dasar manusia om survival dulu. dimana2 pasti gitu.
negara2 yg sudah aware dan melek tentang climate change saya yakin banget masyarakat nya sudah ampir nggak ada yang mikirin tentang besok bisa beli makan apa nggak.
saya juga yakin kalo saya sendiri memang sangat kurang, boro2 mikirin climate change.
Batere EV nanti charge nya dirumah, gpp kan di tinggal 8 jam, paginya udah at least 80%, nanti paling dari PLN harus kerjasama untuk kasih insentif khusus pemasangan baru untuk EV gitu misalnya.g36 wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 12:12
Cut...
Masih mending kalo 1) batere EV pake model per cell yang mudah replacement dan calibrationnya (biar ga melulu ke dealer dan/atau ganti segelondong --mempermudah penetrasi pasar), dan 2) pemasaran HEV gencar duluan, biar mudah transisinya ke full EV. Kita aja suka lupa charge HP ato laptop pas di rumah, apalagi EV. Kalo HEV kan chargingnya sambil jalan, toh ntar ngisinya di pom bensin juga yang mana orang awam sudah luar kepala. Ga perlu merubah kebiasaan menganggap EV sebagai one more gadget yang perlu dicas tiap malem.
Another concern: Indo iklimnya panas, batre basis Litium keok kalo kena panas. Yakali orang kita mau ngeluarin duit xx juta buat replacement tiap 5-8 taun, wong gantol di bawah 1 jt aja suka diolor-olor.
Kalo pakai harian dalkot sehari 100 - 150km sih aman banget lah..
cuman ya itu kalo untuk ke luar kota ya sulit sih masih, perlu banget itu supercharger. or at least tempat istirahat punya charging station udah sufficient.
Kalo indo ilkim panas, iya benar sih batre Lithium kurang ok di cuaca terlalu panas atau terlalu dingin. makanya ada warmer / cooler kaya radiator gitu um setau saya hehe.
CMIIW
mobil listrik sih buat economical kyknya masih sedikit lebih mahal dari mobil bensin, tapi bonus zero emission aja dari mobilnya, bukan production line batre nya.ChZ wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 7:07
mobil listrik masa depannya musti diliat 5 thn lagi minimal gimana nasib mobil yang skrg udh beredar macem kona dan ioniq. camry hybrid aja banyak yang kapok miara kena ganti batre nya mahal. nissan leaf 1st gen battery degradationnya jg ngeri euy... sampe skrg sih blom terbukti robust ini mobil batre. walaupun katanya warranty batre 8 taun sekalipun lha ganti batrenya sendiri itu kan downtime... punya mobil bensin 8 taon mah msh blom perlu turun mesin.
klo mobil listrik secara economical aja gagal ya udah... musti cari cara selain electric dong. bener pabrikan jepang mereka gak kemakan hype offer banyak alternatif gak pure elektrik : hydrogen EV, bahkan terakhir GR yaris dites pake hydrogen fuel.
krn ada masa juga mobil diesel hit market sampe skrg downfall krn pabrikan ketauan cheat emission test dan banyak masalah juga di sistem kontrol emisi...
ini mesti di compare sih emission bikin bensin vs batre gmn, gw ga ada insight sama sekali.
dan powerplant emission yang nonrenewable energy vs gasoline di mobil gmn pollution nya.
yg pasti waste batre mesti di pikirin sih, kalo mobil listrik udah banyak banget, setau saya engineer masih lagi research buat recycle or decomposte battery waste.
------
ok balik lagi ke economical dari sisi pemakai.
asumsi sebulan bensin 1jt (111L per bulan / +- 1000km/mo) pake pertamax, kita anggap listrik gratis karena murah banget sekali isi (200k / 1000km based on fitra eri punya kona)
setahun bensin 12jt, 8 tahun 96jt.
service ganti oli 1jt setahun, jadi total 104jt untuk pemakaian 8 tahun
kita anggap 8 tahun kedepan harga batre sudah bisa lebih murah dan asumsi rata2 mobil yang ada disini kapasitas batrenya tidak sebesar tesla yang di bahas 200jt itu.
let say dalam 8thn production cost dll turun 50% tapi tambah inflasi dll, asumsi batre nya di angka 150jt untuk tesla model S, dan 100 - 120jt untuk mobil listrik asia.
masih sedikit lebih mahal sih di hitung2 tapi sepertinya cost nya nggak jauh berbeda.
irit di depan, di tagih di belakang wkwkw.
Please CMIIW
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
osbertc0ol wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 14:23 seru nih topiknya, izin nimbrung
Batere EV nanti charge nya dirumah, gpp kan di tinggal 8 jam, paginya udah at least 80%, nanti paling dari PLN harus kerjasama untuk kasih insentif khusus pemasangan baru untuk EV gitu misalnya.
Kalo pakai harian dalkot sehari 100 - 150km sih aman banget lah..
cuman ya itu kalo untuk ke luar kota ya sulit sih masih, perlu banget itu supercharger. or at least tempat istirahat punya charging station udah sufficient.
Kalo indo ilkim panas, iya benar sih batre Lithium kurang ok di cuaca terlalu panas atau terlalu dingin. makanya ada warmer / cooler kaya radiator gitu um setau saya hehe.
CMIIW
mobil listrik sih buat economical kyknya masih sedikit lebih mahal dari mobil bensin, tapi bonus zero emission aja dari mobilnya, bukan production line batre nya.ChZ wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 7:07
mobil listrik masa depannya musti diliat 5 thn lagi minimal gimana nasib mobil yang skrg udh beredar macem kona dan ioniq. camry hybrid aja banyak yang kapok miara kena ganti batre nya mahal. nissan leaf 1st gen battery degradationnya jg ngeri euy... sampe skrg sih blom terbukti robust ini mobil batre. walaupun katanya warranty batre 8 taun sekalipun lha ganti batrenya sendiri itu kan downtime... punya mobil bensin 8 taon mah msh blom perlu turun mesin.
klo mobil listrik secara economical aja gagal ya udah... musti cari cara selain electric dong. bener pabrikan jepang mereka gak kemakan hype offer banyak alternatif gak pure elektrik : hydrogen EV, bahkan terakhir GR yaris dites pake hydrogen fuel.
krn ada masa juga mobil diesel hit market sampe skrg downfall krn pabrikan ketauan cheat emission test dan banyak masalah juga di sistem kontrol emisi...
ini mesti di compare sih emission bikin bensin vs batre gmn, gw ga ada insight sama sekali.
dan powerplant emission yang nonrenewable energy vs gasoline di mobil gmn pollution nya.
yg pasti waste batre mesti di pikirin sih, kalo mobil listrik udah banyak banget, setau saya engineer masih lagi research buat recycle or decomposte battery waste.
------
ok balik lagi ke economical dari sisi pemakai.
asumsi sebulan bensin 1jt (111L per bulan / +- 1000km/mo) pake pertamax, kita anggap listrik gratis karena murah banget sekali isi (200k / 1000km based on fitra eri punya kona)
setahun bensin 12jt, 8 tahun 96jt.
service ganti oli 1jt setahun, jadi total 104jt untuk pemakaian 8 tahun
kita anggap 8 tahun kedepan harga batre sudah bisa lebih murah dan asumsi rata2 mobil yang ada disini kapasitas batrenya tidak sebesar tesla yang di bahas 200jt itu.
let say dalam 8thn production cost dll turun 50% tapi tambah inflasi dll, asumsi batre nya di angka 150jt untuk tesla model S, dan 100 - 120jt untuk mobil listrik asia.
masih sedikit lebih mahal sih di hitung2 tapi sepertinya cost nya nggak jauh berbeda.
irit di depan, di tagih di belakang wkwkw.
Please CMIIW
Ngisi batre di supercharger kynya ga secepet isi bensin ya om? IIRC klo pake Supercharger 15 menitan buat full. Lupa persisnya, cuma inget saya mikir "masih menang ICE nih buat praktis, ngisi bensin mo berapa liter aja ga ada 5 minit".
Soal batre....dulu ada SMer yg review Camry hybrid punya beliau. Kalo ga salah di umur 5th ganti batre 80jt.
Hence kalo pabrikan bisa develop sistem battery per cell kecil2 ala Tesla (vs Prius yg per cell nya gede) dan repair-friendly...itu menyelesaikan salah satu PR besar buat EV.
Soal carbon footprint, saya pernah lihat video saran salah satu pakar dan aktivis lingkungan soal ini. Beliau saran buat go green yang betul, mobil ICE yg udah ada dirawat aja dan dipakai dengan cara yg carbon friendly (irit bensin, pake oli bagus biar ga buang sering2 dsb). Baru deh ketika mulai ga ekonomis dan/atau ga eco friendly, diganti EV (idealnya full EV, tp PHEV masih ok).
Kenapa kok gitu? Soalnya salah satu penyumbang emisi besar ya produksi tiap unit mobil barunya. Mau ICE, HEV, EV, sama aja.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1299
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Jual sebelum garansi abis biar ga kena tagihan di belakang.osbertc0ol wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 14:23
masih sedikit lebih mahal sih di hitung2 tapi sepertinya cost nya nggak jauh berbeda.
irit di depan, di tagih di belakang wkwkw.
Please CMIIW
kl harganya ga nyungsep.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Kata mbah Kilmer di US Tesla seken udah nyungsep ommr_mytplx wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 16:38Jual sebelum garansi abis biar ga kena tagihan di belakang.osbertc0ol wrote: ↑Fri Dec 24, 2021 14:23
masih sedikit lebih mahal sih di hitung2 tapi sepertinya cost nya nggak jauh berbeda.
irit di depan, di tagih di belakang wkwkw.
Please CMIIW
kl harganya ga nyungsep.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
gimane kagak nyungsep beli second kalo gak salah 20rb usd eh batre rusak 20rb usd mendingan beli tesla baru makannya saya bilang makin boros material yang lama gak laku di buang bikin lagi yang baru, makanya saya bilang edan go greeen tapi buang sampahnya banyak bener cuma gara2x belain ilangiin CO2 yang bisa di saring pake alat atau nanem pohon sebanyak2xnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2532
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Kan memang digiring kesitu… disaat ICE ud jadi mesin purba . Baru bisa total control “mereka”.b0ku wrote: ↑Sat Dec 25, 2021 5:33gimane kagak nyungsep beli second kalo gak salah 20rb usd eh batre rusak 20rb usd mendingan beli tesla baru makannya saya bilang makin boros material yang lama gak laku di buang bikin lagi yang baru, makanya saya bilang edan go greeen tapi buang sampahnya banyak bener cuma gara2x belain ilangiin CO2 yang bisa di saring pake alat atau nanem pohon sebanyak2xnya
Mau perang gampang banget, pake EMP bomb aja . Mobil listrik keok smua. Warga sipil kg ada yg bisa kabur..
Yang masih bisa jalan ya military vehicles. Pada pake mesin diesel palingan ..
Gw sih bakal nyimpen mobil ICE teknologi purba biar bisa kabur kalo ada world war
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
kudu nyimpen diesel om biar bisa disi minyak goreng kalo kepepetKielConstantine wrote: ↑Sat Dec 25, 2021 5:46
Kan memang digiring kesitu… disaat ICE ud jadi mesin purba . Baru bisa total control “mereka”.
Mau perang gampang banget, pake EMP bomb aja . Mobil listrik keok smua. Warga sipil kg ada yg bisa kabur..
Yang masih bisa jalan ya military vehicles. Pada pake mesin diesel palingan ..
Gw sih bakal nyimpen mobil ICE teknologi purba biar bisa kabur kalo ada world war
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Kalo kata beliau IIRC karena banyak yg ga puas sm build quality seh om, kayanya orang US agak bodo amat soal batre yg mihul. Toh Prius dari jaman dulu juga laris manis tanjung kimpul di sono....b0ku wrote: ↑Sat Dec 25, 2021 5:33 gimane kagak nyungsep beli second kalo gak salah 20rb usd eh batre rusak 20rb usd mendingan beli tesla baru makannya saya bilang makin boros material yang lama gak laku di buang bikin lagi yang baru, makanya saya bilang edan go greeen tapi buang sampahnya banyak bener cuma gara2x belain ilangiin CO2 yang bisa di saring pake alat atau nanem pohon sebanyak2xnya
Jadi Mad Max dehKielConstantine wrote: ↑Sat Dec 25, 2021 5:46
Yang masih bisa jalan ya military vehicles. Pada pake mesin diesel palingan ..
Gw sih bakal nyimpen mobil ICE teknologi purba biar bisa kabur kalo ada world war
BTT, saya sendiri agak skeptis soal improvement di carbon footprint ato metrik apalah yang mereka pake buat klaim xx % lebih bagus Pertamax vs Pertalite.
Kalo metriknya dari konsumsi BBM, yakali dobel digit. Udah jamak yang tes baik di SM maupun di luaran yang tes, hasilnya ngga ada yg se-wow itu iritnya.
Menurut saya kok kalo soal gas buang yang bikin parah itu Premium sama kendaraan niaga (bus, truk tronton) yang asepnya kaya cumi-cumi. Mobil pribadi yang remap cumi mah ga sebanding emisinya, KM tempuh dan jam operasional jauh dibanding niaga, plus volume kentutnya ga sengawur yang niaga.
Apalagi mobil pribadi yang binsin. Asal mobil sehat mau copot CC pun emisi bersih thanks to manufacturers.
Plus lagi: standar binsin kita yg ampas wkwkwkw. Yg masih memenuhi standar agak kekinian Euro IV cuma Turbo yang harganya manjiw (read: volum penjualan minim).
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Catless itu maksudnya ga pakai Cat Con ya?ChZ wrote: ↑Thu Dec 23, 2021 7:02rekomen HPM sih ron92 boleh om...
tp yaa dengan kondisi stock engine ya. klo saya ron92 gak rekomen kl di modif. berhubung saya emang gak puas aja jd pake pertabo terus sekali kena ron92 kesel digaspol mesinnya gak semangat. dan emang rencana di modif.
walaupun buat saya obatnya CRV irit itu di modif sih... ganti catless malah irit konsumsinya skrg 10 lebih terus. civic di modif tambah boros malah jd kalap ngegas enak bgt
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Sep 28, 2021 23:28
- Location: ciputat
- Daily Vehicle: soluna
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
hmm, gw sih kurang setuju ya..
mikir dampak sistemik lebih luas ke arah logistik, pengantaran barang, transportasi umum, dll akan membengkak.. otomatis harga sembako dll bakal melambung tinggi.. sementara mayoritas ekonomi warga negara masih pada kurang..
perihal peralihan mobil listrik untuk pengurangan emisi [cencored] lah, disini listrik masih pake batubara yg polusinya juga parah banget.. opung makin kaya deh..
mikir dampak sistemik lebih luas ke arah logistik, pengantaran barang, transportasi umum, dll akan membengkak.. otomatis harga sembako dll bakal melambung tinggi.. sementara mayoritas ekonomi warga negara masih pada kurang..
perihal peralihan mobil listrik untuk pengurangan emisi [cencored] lah, disini listrik masih pake batubara yg polusinya juga parah banget.. opung makin kaya deh..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
jgn salah hybrid pas batre rusak tinggal pilih benerin apa kacangin?? kalo kacangin mobil jalan normal tanpa motor listrik aja gak bakalan mogok sudah banyak kejadian di camry hybrid di kota2x besar di indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Exactly....makanya saya lebih condong ke HEV aja drpd EV om.
Cuma paling ya boilnya jd lemot apalagi kalo ICE nya yg Atkinson cycle.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
gak ngepek karena logistik rata2x pake solar malah biosolar pabriknya baru buka lagi di kalimantan palingan kena imbasnya yang pake grand max carry lama2x di ganti diesel semua mitsbishi sama isuzu wangsit nih jualan panther pickup sama L300nyamrtq wrote: ↑Sat Dec 25, 2021 7:59 hmm, gw sih kurang setuju ya..
mikir dampak sistemik lebih luas ke arah logistik, pengantaran barang, transportasi umum, dll akan membengkak.. otomatis harga sembako dll bakal melambung tinggi.. sementara mayoritas ekonomi warga negara masih pada kurang..
perihal peralihan mobil listrik untuk pengurangan emisi [cencored] lah, disini listrik masih pake batubara yg polusinya juga parah banget.. opung makin kaya deh..
hev paling bagus sih buat 2 sisi tapi di bilang lemot juga engak sih dapet instant torque nya tapi pas ud nafas atas dapet dari mesinnya
tapi balik lagi kalo saya demennya konvensional biar gampang di otak atik
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
EV opreknya kaya Tamiya kali om ganti kawat dinamo sama gir resing WKWKWKWKW.
Just kidding, masih bisa dioprek kok om, buktinya ada tuner US mainin Tesla n ada balap EV. Yaa meskipun emang suaranya kaya mesin cukur jenggot sie...tapi kenchang.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jan 04, 2021 14:00
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
wahhh cilaka iniii....
saya belain pakai pertamax karna biar gak lama ngantri nya,,,
lah kalo gini apa kudu ganti ke perta turbo
sekalian nanya kalo mesin kompresi 1:10 apakah kuat di kasih pertamax turbo / ron 95++
saya belain pakai pertamax karna biar gak lama ngantri nya,,,
lah kalo gini apa kudu ganti ke perta turbo
sekalian nanya kalo mesin kompresi 1:10 apakah kuat di kasih pertamax turbo / ron 95++
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
tapi keliatannya size akan selalu jadi masalah buat ev coba aja tesla plaid vs formula E pasti kencengan plaid
masalahnya ada di batre batre formula E terlalu kecil sedangkan tesla dengan enaknya pasang batre gede otomatis lebih kenceng
ngopreknya gampang toh tinggal sambungin ke sutet saya rasa gak bakalan ada yang ngalahin acclnya
ge8 saya ud dari 2017 pake turbo so far sih larinya enak cuma kemaren uji emisi emang gak lulus ntah karena catalic dicabut, atau gara2x setelan bukaan gas terlalu kenceng atau saya dari beli tuh mobil 2016 gak pernah cabon clean mentang2x isi turbo
soalnya kena di hidrocarbonnya tinggi jadi bisa karena bukaan gasnya gede jd terlalu banyak bensin masuk, atau gak pernah di carbon clean jd banyak numpuk kerak di pistonya
yang pasti sih aman2x aja sih malah suara mesinnya sama liat tacometer enak bener ngerevnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Selama kita masih stuck di basis Lithium sih gitu um. Batre berat, kurang cocok di balap track yg clinical kaya Formula. Kalo autocross atau rally mungkin lebih ok. Kalo ada LeMans EV menarik tuh....bisa tau kalo EV digempor endurance race kaya gimana...meskipun kita ga dapet sensasi denger raungan mesin cem 787B rotary hehehe. Maklum kita enthusiast makin jaman kayanya makin terpojok, V10 NA jadul udah didownsize mulu, sekarang sekalian EV wkwkwkwk.b0ku wrote: ↑Sat Dec 25, 2021 14:37
tapi keliatannya size akan selalu jadi masalah buat ev coba aja tesla plaid vs formula E pasti kencengan plaid
masalahnya ada di batre batre formula E terlalu kecil sedangkan tesla dengan enaknya pasang batre gede otomatis lebih kenceng
ngopreknya gampang toh tinggal sambungin ke sutet saya rasa gak bakalan ada yang ngalahin acclnya
Kuatnya sih kuat om. Faedah apa ngga nya yang lain cerita. Ada mesin yang sensi ada yang engga, kalo L15 kayanya ga begitu sensi deh.
Kalo kata om jeskoneng malah kompresi 10.0 and up harusnya min RON 95
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
makannya mustinya ganti ke arc reactor basedg36 wrote: ↑Sat Dec 25, 2021 15:24
Selama kita masih stuck di basis Lithium sih gitu um. Batre berat, kurang cocok di balap track yg clinical kaya Formula. Kalo autocross atau rally mungkin lebih ok. Kalo ada LeMans EV menarik tuh....bisa tau kalo EV digempor endurance race kaya gimana...meskipun kita ga dapet sensasi denger raungan mesin cem 787B rotary hehehe. Maklum kita enthusiast makin jaman kayanya makin terpojok, V10 NA jadul udah didownsize mulu, sekarang sekalian EV wkwkwkwk.
kalo balap gak bakalan laku om kalo mobil listrik formula E itu sebenernya strugling banget
ud gigi cuma 1 suara juga kayak vacuum cleaner lama2x ganti aja balapan formula drone aja pake remote supirnya di paddock semua
kalo lari sih gak tau ya gak terlalu berasa cuma pake turbo liatin rev di tacometernya itu asik banget jarum rpmnya cepet naek sama berasa naek mobil balap