Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Fri Dec 24, 2021 12:48 BYD gawsa maen mesin ICE karena sulit lawan jepang. Lineupnya full electric car dengan harga afforable (start 300 jutaan). Saya rasa bisa sukses.

Kalo maen mesin bensin/diesel kayanya rada susah goyang mbl2 jepang disini, wuling yg uda full feature dengan showroom dan bengkel dimana2 aja penjualannya gitu2 aja. Mending full electric sekalian yg harganya masih tinggi di produsen jepang/korea/eropa.
setuju sekali om, mobcin mesin ICEnya klo ga boros ya boyo :big_biglaugh:

tapi mereka jago sekali klo udah urusan EV, ga main". disaat eropa masih sibuk charger, mereka udah battery swap :big_biglaugh:

nih sedan BYD, BYD Han.
model termahalnya bisa 550km, 480hp, 0-100 3.9dtk. baru luncur di 2020 sudah laku 100rb unit.
Image
Image
Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Dec 27, 2021 8:19
riisesky wrote: Mon Dec 27, 2021 8:07 terakhir liat almaz di pameran, otr nya 420 dikasi diskon jadi 380....dalam hati ngomong "siapa yang mau beli ya"
hah serius almaz udah 420 skrg ? ya udah ini sih pelan pelan aja nanti juga 500 sendiri :big_biglaugh:

yang aneh tuh dari semua kontak marketing mobil yang saya simpen... yg paling cepet ilang update an nya itu marketing wuling dan dfsk :big_bored: terus tau-tau resign pindah merek lain atau jualan barang lain :big_biglaugh:
klo udah segitu apa ga mending crv & cx5 yak um :big_biglaugh:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by grimjow »

Tertarik ikut pembahasan topik ini.
Kalau melihat di short term sebetulnya depresiasi mobil Cina itu tinggi, terutama yang range di atas Rp. 250 juta. Jadi kalau ada uang cukup seakan akan lebih baik beli brand Jepang yang sudah lebih refined di driving experience, mesin tuning,dll.

Kalau liat review Chery baik Chery Tiggo 4 sd 8 , reviewer baik yang di Philipines (karena review pakai Bahasa Inggris) dan Rusia (marketnya besar di sana sd ampe web chinamobil.ru lengkap dengan data sales dll), review nya mirip dengan pabrikan China 'umumnya' yaitu fuel cons ga bisa hemat, perpindahan transmisi kurang 'familliar' , akselerasi ga spesial dan intinya driving experience kurang.

BYD sih baru lihat beberapa review BYD Han , BYD Tang. Nah ini sebetulnya cukup menjanjikan karena EV maka bawaan hal2 yang disebut di atas bisa lebih di toleransi. Fuel cons jelas ga worry karena EV, akselerasi juga bisa under 8 detik kalau EV kali. Tapi tetap aja nih mobil ga murah2 amat untuk pabrikan China . Dan kalau infrastruktur charger station dll belum komplit akan susah juga recharge nya. BYD Han di reviewer Norwegia bisa charge 10 sd 80% dalam waktu 30 menit - tapi ga tau kwh charger nya berapa.

Menarik juga kalau ada pabrikan China yang main di hybrid contohnya Haval. Brand ini pas launching Haval H6 dan Jolion hybrid di Thailand , langsung bikin heboh karena as always Interior uda top notch , fitur lengkap (sampai bisa self parking segala, mau paralel, mundur biasa bisa tuh - mungkin cuman valet aja kali belum bisa kaya di Mercy) . Harganya juga ya under pabrikan Jepang. Tapi tetap pas liat reviewer Thailand (sayang nya banyak video Thailand nya ga ada subtitle, jadi bingung ini ngomong apaan) pasti ada kelemahan nya.

Ya mungkin balik lagi ke kebutuhan masing-masing orang ya fokus nya mobil untuk apa.
:big_smile]
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by mobilover »

riisesky wrote: Mon Dec 27, 2021 8:07 terakhir liat almaz di pameran, otr nya 420 dikasi diskon jadi 380....dalam hati ngomong "siapa yang mau beli ya"
Mau menambahkan aja. Almaz yg otr 420 jt itu almaz RS, line up tertinggi wuling saat ini yg udah dilengkapi fitur radar semi autonomous. Blind spot monitoring, automatic emergency brake, line keep assist, adaptive cruise control termasuk di bagian sistem radarnya. Jadi yah wajar kl harganya segitu. Kl mau mesin turbo 1500 cc yg ekonomis ada cortez tipe S yg harganya 200 juta kecil kok.

Intinya yah liat objektif aja gak usah stereotipe ke merek non jepang. Yg penting banyak pilihan utk konsumen di pasaran. Bosen lah kl isinya jepang melulu yg harganya udah mahal banget skrg. Pajero dakar aja sekarang udah 600 juta tinggi banget harganya.......
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by KielConstantine »

Buat market indo seh menurut gw, yg paling bikin nyesek pelihara mobil cina sebenernya pas dijual lagi harga nyungsep terjun bebas .

Anggeplah kita diposisi masyarakat mainstream yg kg ngerti bgt soal mobil apalagi urusan driving experience dan lainnya. Mobil jepang jg banyak yg kg enak driving experiencenya. Seengaknya pas dijual harga masih mayan bertahan . Apalagi the legendary kijang diesel :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon Dec 27, 2021 8:47
klo udah segitu apa ga mending crv & cx5 yak um :big_biglaugh:
grimjow wrote: Mon Dec 27, 2021 14:37 Tertarik ikut pembahasan topik ini.
Kalau melihat di short term sebetulnya depresiasi mobil Cina itu tinggi, terutama yang range di atas Rp. 250 juta. Jadi kalau ada uang cukup seakan akan lebih baik beli brand Jepang yang sudah lebih refined di driving experience, mesin tuning,dll.
betul banget. artinya kl kita ngitung depresiasi saja kan selisih 80-100juta di kompetitor japanese akan terdengar lebih make sense. kl mocin pake 5 thn udah scrap value kan ancur bgt.
mobilover wrote: Mon Dec 27, 2021 15:30
Mau menambahkan aja. Almaz yg otr 420 jt itu almaz RS, line up tertinggi wuling saat ini yg udah dilengkapi fitur radar semi autonomous. Blind spot monitoring, automatic emergency brake, line keep assist, adaptive cruise control termasuk di bagian sistem radarnya. Jadi yah wajar kl harganya segitu. Kl mau mesin turbo 1500 cc yg ekonomis ada cortez tipe S yg harganya 200 juta kecil kok.

Intinya yah liat objektif aja gak usah stereotipe ke merek non jepang. Yg penting banyak pilihan utk konsumen di pasaran. Bosen lah kl isinya jepang melulu yg harganya udah mahal banget skrg. Pajero dakar aja sekarang udah 600 juta tinggi banget harganya.......
ya mau gimanapun dibilang fiturnya banyak... untuk harga 420jt for a chinese car itu sangat gak market-able. pertanyaan "siapa yang mau beli" ini kan kayak dulu hyundai era 2000s awal. siapa yang mau beli hyundai harga 500jt?

tapi skrg hyundai 800jt malah jadi best selling. wkwkwkwkw.

ya yang beli mobil jepang juga rasional kok objektif2 aja kan aftersales dan resale value itu juga fakta objektif yang tidak kalah penting. gak ada yang salah dgn orang beli mobil krn cocok sama satu brand. mobil kan gak melulu gadgets (yang mostly 80% useless on day to day basis), krn pada akhirnya kl bicara long term kita bicara soal banyak hal : durability, ride, fuel cons... dan figures never lie.

bbm boros itu udah kartu mati, kartu mati keduanya resale value dropping (yang kaitannya lagi dengan low demand on market, low liquidity juga di 2nd units). kartu mati ketiganya ? mechanical/electrical issue. dan ini ketiganya si wolenk ngalamin semua.

kl hal fundamental itu tdk bisa dipenuhi dalam long term ya sdh seleksi market aja yang menentukan.

bisakah wolenk (dan chinese cars lain) seperti hyundai yang turnover dr image murahan nan rewel malah sukses jual suv 800jt? time will tell.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by b0ku »

darrelund wrote: Mon Dec 27, 2021 8:33 setuju sekali om, mobcin mesin ICEnya klo ga boros ya boyo :big_biglaugh:

tapi mereka jago sekali klo udah urusan EV, ga main". disaat eropa masih sibuk charger, mereka udah battery swap :big_biglaugh:

nih sedan BYD, BYD Han.
model termahalnya bisa 550km, 480hp, 0-100 3.9dtk. baru luncur di 2020 sudah laku 100rb unit.
Image
Image
Image
orang tesla masih jualan model S sama X mobil mereka ud sliweran di china jadi taxi :big_biglaugh: harga 300jt 0-100 8 det top speed 160kmh sekarang sliweran jadi blue bird :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by darrelund »

ChZ wrote: Tue Dec 28, 2021 2:53 ya mau gimanapun dibilang fiturnya banyak... untuk harga 420jt for a chinese car itu sangat gak market-able. pertanyaan "siapa yang mau beli" ini kan kayak dulu hyundai era 2000s awal. siapa yang mau beli hyundai harga 500jt?

tapi skrg hyundai 800jt malah jadi best selling. wkwkwkwkw.

ya yang beli mobil jepang juga rasional kok objektif2 aja kan aftersales dan resale value itu juga fakta objektif yang tidak kalah penting. gak ada yang salah dgn orang beli mobil krn cocok sama satu brand. mobil kan gak melulu gadgets (yang mostly 80% useless on day to day basis), krn pada akhirnya kl bicara long term kita bicara soal banyak hal : durability, ride, fuel cons... dan figures never lie.

bbm boros itu udah kartu mati, kartu mati keduanya resale value dropping (yang kaitannya lagi dengan low demand on market, low liquidity juga di 2nd units). kartu mati ketiganya ? mechanical/electrical issue. dan ini ketiganya si wolenk ngalamin semua.

kl hal fundamental itu tdk bisa dipenuhi dalam long term ya sdh seleksi market aja yang menentukan.

bisakah wolenk (dan chinese cars lain) seperti hyundai yang turnover dr image murahan nan rewel malah sukses jual suv 800jt? time will tell.
stuju om, bukan mejelekkan mobcin, tapi pengalaman orang jepang dalam membangun mobil memang tidak bohong.

klo fitur mah sekelas Raize juga punya ADAS kan?, electronic mah klo 1 platform tinggal comot sana sini & modif beres.

tapi yg mahal tuh biaya engineeringnya (design & refinement) & hire orang" yg berbakat tuh nga murah juga. justru klo mobil tuh yg mahal malah di barang yg ga keliatan mata.

pernah kepikiran ga kenapa crv/cx5 yg 190ps lebih irit dibanding almaz yg 140ps?, itulah engineering :big_biglaugh:

hyundai & kia juga ga sebentar transformnya, sejak peter schreyer baru mulai mau berbenah, yg dimana itu 2010an awal. belom ditambah mereka comot sana sini engineer bmw & audi, termasuk albert biermann yg jadi head M division.

wuling bisa berubah, asal tekadnya kuat :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Dec 28, 2021 3:42
stuju om, bukan mejelekkan mobcin, tapi pengalaman orang jepang dalam membangun mobil memang tidak bohong.

klo fitur mah sekelas Raize juga punya ADAS kan?, electronic mah klo 1 platform tinggal comot sana sini & modif beres.

tapi yg mahal tuh biaya engineeringnya (design & refinement) & hire orang" yg berbakat tuh nga murah juga. justru klo mobil tuh yg mahal malah di barang yg ga keliatan mata.

pernah kepikiran ga kenapa crv/cx5 yg 190ps lebih irit dibanding almaz yg 140ps?, itulah engineering :big_biglaugh:

hyundai & kia juga ga sebentar transformnya, sejak peter schreyer baru mulai mau berbenah, yg dimana itu 2010an awal. belom ditambah mereka comot sana sini engineer bmw & audi, termasuk albert biermann yg jadi head M division.

wuling bisa berubah, asal tekadnya kuat :big_biglaugh:
kl suka liat documentary dan presentasi dari technical team pabrikan, fitur-fitur tersebut hanyalah tip of the iceberg yang sebenernya kurang signifikan di engineering concept mobil secara keseluruhan. saya kalo bikin review aja berusaha baca dulu technical overview nya, walaupun gak semua mobil tersedia sih, especially kl localized model.

klo pernah liat workshop manual suatu model, lebih kaget lagi kl ternyata mobil yang kita kira sama dalemannya ternyata bisa berbeda.

dgn kata lain mata awam kita tuh cuma terbatas liat permukaannya aja.

hari ini kita gibahin mobil A, dia udah mikir buat new generation. udah bahkan tahap test prototype bisa-bisa. minimal dari mechanical drivetrain dipasang ke current model.

apalagi kl bicara japanese brand macem toyota yang memang filosofi kaizen nya oke punya dan banyak ditiru. tiap taun bisa ada revisi tuh di sisi mekanikal-elektrikal.

makanya sy heran kalo hanya krn gak pake cover mesin aja ribut. dulu ford fiesta gak ada cover mesin aja pada diem. kenapa? krn marketingnya pinter jualan kalo "ford ecoboost" ini sesuatu yang baru, keren, canggih. sama kaya gimana mazda jualan skyactiv yang sebenernya cuma naturally aspirated engine biasa dan 6-speed automatic. orang jadi gak ribut tiny details.

dan sayangnya iya tim marketing merek mainstream itu kurang niat bikin presentasi produk yang catchy (mentang2 laku) jadi netizen tim mendang-mending tuh ya cuma taunya fitur-fitur dan fitur.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by NYoman »

ChZ wrote: Tue Dec 28, 2021 2:53 ya mau gimanapun dibilang fiturnya banyak... untuk harga 420jt for a chinese car itu sangat gak market-able. pertanyaan "siapa yang mau beli" ini kan kayak dulu hyundai era 2000s awal. siapa yang mau beli hyundai harga 500jt?

tapi skrg hyundai 800jt malah jadi best selling. wkwkwkwkw.

ya yang beli mobil jepang juga rasional kok objektif2 aja kan aftersales dan resale value itu juga fakta objektif yang tidak kalah penting. gak ada yang salah dgn orang beli mobil krn cocok sama satu brand. mobil kan gak melulu gadgets (yang mostly 80% useless on day to day basis), krn pada akhirnya kl bicara long term kita bicara soal banyak hal : durability, ride, fuel cons... dan figures never lie.

bbm boros itu udah kartu mati, kartu mati keduanya resale value dropping (yang kaitannya lagi dengan low demand on market, low liquidity juga di 2nd units). kartu mati ketiganya ? mechanical/electrical issue. dan ini ketiganya si wolenk ngalamin semua.

kl hal fundamental itu tdk bisa dipenuhi dalam long term ya sdh seleksi market aja yang menentukan.

bisakah wolenk (dan chinese cars lain) seperti hyundai yang turnover dr image murahan nan rewel malah sukses jual suv 800jt? time will tell.
Yap, ini yg mau saya tegaskan sama beberapa teman2 saya..
It's like chinese phone yg di incer adalah fitur dan spek dengan harga yg miring.. Kalau mau h2h ya coba macam oppo find, oppo reno, Mi series nya Xiaomi.. Yg punya price point diatas 15jt apakah selaku itu? Tidak kan, selain karena depresiasi nya luar biasa.. Oppo Reno 6 pro yg dibanderol 11xx kalau di jual bisa cuma 5-6jt an aja..

Dan BBM boros ini juga sama hal nya dengan Cortez turbo yg di gadang2 irit nyatanya juga tidak lebih irit dari CRV 2.0 dan Innova 2.0 (dual vvti) yg artinya ya emg engineering mereka kalah dengan 2 produk Jepang yg walaupun itu mesin tua tapi masih bisa diadu untuk saat ini..
*CRV1.5 sy pun msh lbh irit dari Almaz buat dalkot btw dengan berat++ dari Almaz.. So harga emg ga bohong setelah sekian lama dipakai..

Unit Cortez dan ALmaz dengan plat L dan 3 Huruf dibelakang yg mana ini mobil masih sangat baru sudah banyak di pasar mobil bekas seperti mob88 dan OLX so, ya begitu lah..

dan yg terakhir, Hyundai merupakan pemain lama yg sudah dapat hati di masyarakat.. produknya pun jujur bagus, mesin bagus dan jelas kualitasnya juga premium.. Org ga akan ragu untuk beli Palisade (yg mana udah banyak banget di Surabaya, ngiler juga) untuk di pakai longterm..

CMIWW
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by mobilover »

ChZ wrote: Tue Dec 28, 2021 2:53
darrelund wrote: Mon Dec 27, 2021 8:47
klo udah segitu apa ga mending crv & cx5 yak um :big_biglaugh:
grimjow wrote: Mon Dec 27, 2021 14:37 Tertarik ikut pembahasan topik ini.
Kalau melihat di short term sebetulnya depresiasi mobil Cina itu tinggi, terutama yang range di atas Rp. 250 juta. Jadi kalau ada uang cukup seakan akan lebih baik beli brand Jepang yang sudah lebih refined di driving experience, mesin tuning,dll.
betul banget. artinya kl kita ngitung depresiasi saja kan selisih 80-100juta di kompetitor japanese akan terdengar lebih make sense. kl mocin pake 5 thn udah scrap value kan ancur bgt.
mobilover wrote: Mon Dec 27, 2021 15:30
Mau menambahkan aja. Almaz yg otr 420 jt itu almaz RS, line up tertinggi wuling saat ini yg udah dilengkapi fitur radar semi autonomous. Blind spot monitoring, automatic emergency brake, line keep assist, adaptive cruise control termasuk di bagian sistem radarnya. Jadi yah wajar kl harganya segitu. Kl mau mesin turbo 1500 cc yg ekonomis ada cortez tipe S yg harganya 200 juta kecil kok.

Intinya yah liat objektif aja gak usah stereotipe ke merek non jepang. Yg penting banyak pilihan utk konsumen di pasaran. Bosen lah kl isinya jepang melulu yg harganya udah mahal banget skrg. Pajero dakar aja sekarang udah 600 juta tinggi banget harganya.......
ya mau gimanapun dibilang fiturnya banyak... untuk harga 420jt for a chinese car itu sangat gak market-able. pertanyaan "siapa yang mau beli" ini kan kayak dulu hyundai era 2000s awal. siapa yang mau beli hyundai harga 500jt?

tapi skrg hyundai 800jt malah jadi best selling. wkwkwkwkw.

ya yang beli mobil jepang juga rasional kok objektif2 aja kan aftersales dan resale value itu juga fakta objektif yang tidak kalah penting. gak ada yang salah dgn orang beli mobil krn cocok sama satu brand. mobil kan gak melulu gadgets (yang mostly 80% useless on day to day basis), krn pada akhirnya kl bicara long term kita bicara soal banyak hal : durability, ride, fuel cons... dan figures never lie.

bbm boros itu udah kartu mati, kartu mati keduanya resale value dropping (yang kaitannya lagi dengan low demand on market, low liquidity juga di 2nd units). kartu mati ketiganya ? mechanical/electrical issue. dan ini ketiganya si wolenk ngalamin semua.

kl hal fundamental itu tdk bisa dipenuhi dalam long term ya sdh seleksi market aja yang menentukan.

bisakah wolenk (dan chinese cars lain) seperti hyundai yang turnover dr image murahan nan rewel malah sukses jual suv 800jt? time will tell.
Kl patokan harga line up tertinggi mmg keliatannya mahal. Tp yah lineup wuling yg paling laku di range 200 - 300 jutaan sih. Almaz RS yg 400 jutaan itu dilaunching mnrt sy utamanya utk improve brand awareness konsumen kl wuling itu canggih juga loh. Sy yakin sales almaz rs gak banyak. Hanya utk bikin statement di pasar aja.

Tahun depan wuling mini EV jg rencana launch sebagai EV termurah di indonesia kisaran 200-300 juta denger2. Mnrt sy mereka tetap sadar kl kudu main di kelas 100 - 300 jutaan utk tetap eksis di pasar indonesia.

BBM boros mmg udah penyakit di mobcin cina. Mau wuling sm dfsk sama aja. Obatnya yah EV ini makanya pergerakan pabrikan cina R&D nya ke sana. Lagipula ICE mau diphase out di banyak negara dalam 20 tahun ke depan. Resale value faktornya banyak termasuk image brand jg pengaruh besar. Itu PR wuling utk gencar promosi utk naikin brand image mereka. Utk mechanical mmg jepang dan eropa top notch krn ini lbh ke know how engineering yg udah dikembangkan dari dulu. Korea mulai ngejar dgn bajak engineer dari eropa. Kl wuling kiblatnya ke GM group, well GM juga ga terkenal soal mechanicalnya jg sih.

Let's see gmn mereka bisa survive. Yg pasti brand mobcin macam MG, Haval, Geely masih bisa survive di negara seperti thailand dan malaysia di tengah kepungan brand jepang. Sy pribadi lbh senang banyak brand bersaing di pasar daripada dimonopoli brand itu2 aja. Supaya harga produk bisa dijaga dan gak overpriced karena gak ada kompetitor
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by ChZ »

NYoman wrote: Tue Dec 28, 2021 4:55 Yap, ini yg mau saya tegaskan sama beberapa teman2 saya..
It's like chinese phone yg di incer adalah fitur dan spek dengan harga yg miring.. Kalau mau h2h ya coba macam oppo find, oppo reno, Mi series nya Xiaomi.. Yg punya price point diatas 15jt apakah selaku itu? Tidak kan, selain karena depresiasi nya luar biasa.. Oppo Reno 6 pro yg dibanderol 11xx kalau di jual bisa cuma 5-6jt an aja..

Dan BBM boros ini juga sama hal nya dengan Cortez turbo yg di gadang2 irit nyatanya juga tidak lebih irit dari CRV 2.0 dan Innova 2.0 (dual vvti) yg artinya ya emg engineering mereka kalah dengan 2 produk Jepang yg walaupun itu mesin tua tapi masih bisa diadu untuk saat ini..
*CRV1.5 sy pun msh lbh irit dari Almaz buat dalkot btw dengan berat++ dari Almaz.. So harga emg ga bohong setelah sekian lama dipakai..

Unit Cortez dan ALmaz dengan plat L dan 3 Huruf dibelakang yg mana ini mobil masih sangat baru sudah banyak di pasar mobil bekas seperti mob88 dan OLX so, ya begitu lah..

dan yg terakhir, Hyundai merupakan pemain lama yg sudah dapat hati di masyarakat.. produknya pun jujur bagus, mesin bagus dan jelas kualitasnya juga premium.. Org ga akan ragu untuk beli Palisade (yg mana udah banyak banget di Surabaya, ngiler juga) untuk di pakai longterm..

CMIWW
Lbh boros dari innova 2.0 itu udah bikin males, pdhl innova 2.0 aja terkenalnya boros :big_weee: blom CVT gampang overheat di tanjakan.

Hyundai menang banyak kyknya dari santafe DM. Banyak yang puas pake mobilnya kuat, makanya byk yang upgrade ke Palisade. Blom yang mau upgrade dari pajero fortuner juga banyak tapi di market harga range 600-1miliar gak ada big suv diesel 7 seats
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by NYoman »

ChZ wrote: Tue Dec 28, 2021 5:27
NYoman wrote: Tue Dec 28, 2021 4:55 Yap, ini yg mau saya tegaskan sama beberapa teman2 saya..
It's like chinese phone yg di incer adalah fitur dan spek dengan harga yg miring.. Kalau mau h2h ya coba macam oppo find, oppo reno, Mi series nya Xiaomi.. Yg punya price point diatas 15jt apakah selaku itu? Tidak kan, selain karena depresiasi nya luar biasa.. Oppo Reno 6 pro yg dibanderol 11xx kalau di jual bisa cuma 5-6jt an aja..

Dan BBM boros ini juga sama hal nya dengan Cortez turbo yg di gadang2 irit nyatanya juga tidak lebih irit dari CRV 2.0 dan Innova 2.0 (dual vvti) yg artinya ya emg engineering mereka kalah dengan 2 produk Jepang yg walaupun itu mesin tua tapi masih bisa diadu untuk saat ini..
*CRV1.5 sy pun msh lbh irit dari Almaz buat dalkot btw dengan berat++ dari Almaz.. So harga emg ga bohong setelah sekian lama dipakai..

Unit Cortez dan ALmaz dengan plat L dan 3 Huruf dibelakang yg mana ini mobil masih sangat baru sudah banyak di pasar mobil bekas seperti mob88 dan OLX so, ya begitu lah..

dan yg terakhir, Hyundai merupakan pemain lama yg sudah dapat hati di masyarakat.. produknya pun jujur bagus, mesin bagus dan jelas kualitasnya juga premium.. Org ga akan ragu untuk beli Palisade (yg mana udah banyak banget di Surabaya, ngiler juga) untuk di pakai longterm..

CMIWW
Lbh boros dari innova 2.0 itu udah bikin males, pdhl innova 2.0 aja terkenalnya boros :big_weee: blom CVT gampang overheat di tanjakan.

Hyundai menang banyak kyknya dari santafe DM. Banyak yang puas pake mobilnya kuat, makanya byk yang upgrade ke Palisade. Blom yang mau upgrade dari pajero fortuner juga banyak tapi di market harga range 600-1miliar gak ada big suv diesel 7 seats
Nah makanya itu, Innova itu udh king of the MPV masalah kepercayaan dr masyarakat.. Kalau bisa ngalahin aspek yg di tawarkan baru bisa diadu.. Masalahnya longterm use dr yg saya tanya sama teman² yg akhirnya jual dan menyesal tt dengan mobil sblmnya kesimpulan nya:

1. Kaga irit² amat bahkan boros sebetulnya, secara performa malah kalah sama mesin lawas dan AT biasa
2. Ride quality first of 3month is ok, lewat dari itu mulai kerasa gak nyaman nya, plg males waktu ditol dgn mobil yg cenderung lbh pendek justru lbh goyang dari mobil lader frame belum lagi habis turun dari mobil setelah perjalan agak jauh dikit kerasa melayang..
3. Kualitas interior yg ternyata setelah pemakaian baru kerasa, plastik juga tipis macam lcgc, bagian soft touch juga ga terlalu durrable
4. Begitu di jual harga bisa turun lbh dari 30% padahal blm 1 tahun penggunaan..

Kira² gitu sih..


Btw iya sih, SantaFe itu win-win solution kalau ambil baru.. Bahkan sbnrnya agak nyesel antara CRV1.5 atau SantaFe tapi ya karena balik lagi sama merk ya~
Org kalau dalam kota sy bilang mungkin akan beneran ambil Palisade deh bro, nyaman dan lbh mewah aja dari Pajero/Fortuner.. Cuma entah gimana setelah Legender launching nanti
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by ChZ »

NYoman wrote: Tue Dec 28, 2021 6:27 Nah makanya itu, Innova itu udh king of the MPV masalah kepercayaan dr masyarakat.. Kalau bisa ngalahin aspek yg di tawarkan baru bisa diadu.. Masalahnya longterm use dr yg saya tanya sama teman² yg akhirnya jual dan menyesal tt dengan mobil sblmnya kesimpulan nya:

1. Kaga irit² amat bahkan boros sebetulnya, secara performa malah kalah sama mesin lawas dan AT biasa
2. Ride quality first of 3month is ok, lewat dari itu mulai kerasa gak nyaman nya, plg males waktu ditol dgn mobil yg cenderung lbh pendek justru lbh goyang dari mobil lader frame belum lagi habis turun dari mobil setelah perjalan agak jauh dikit kerasa melayang..
3. Kualitas interior yg ternyata setelah pemakaian baru kerasa, plastik juga tipis macam lcgc, bagian soft touch juga ga terlalu durrable
4. Begitu di jual harga bisa turun lbh dari 30% padahal blm 1 tahun penggunaan..

Kira² gitu sih..


Btw iya sih, SantaFe itu win-win solution kalau ambil baru.. Bahkan sbnrnya agak nyesel antara CRV1.5 atau SantaFe tapi ya karena balik lagi sama merk ya~
Org kalau dalam kota sy bilang mungkin akan beneran ambil Palisade deh bro, nyaman dan lbh mewah aja dari Pajero/Fortuner.. Cuma entah gimana setelah Legender launching nanti
nah klo soal interior bener nih gw ngerasa juga TD cortez dan confero itu rasanya liat plasticnya berasa low quality banget walaupun secara kasat mata bagus desainnya. apalagi grip setir itu paling kerasa ngga enak, agak beda feelnya dengan pegang setir mobil jepang generik mau yang udah leather wrapped atau belum ya.

wkwkwkwk karena gw gak suka mobil gede ya jd rasanya CRV itu udah paling sweet spot sih. apalagi skrg LMPV melarnya makin bikin CRV itu ukurannya masih make sense :big_biglaugh:

santafe DM lama itu rasanya gede bgt apalagi yang TM sekarang. biarpun emang TM baru enak sih.
mobilover wrote: Tue Dec 28, 2021 5:16
BBM boros mmg udah penyakit di mobcin cina. Mau wuling sm dfsk sama aja. Obatnya yah EV ini makanya pergerakan pabrikan cina R&D nya ke sana. Lagipula ICE mau diphase out di banyak negara dalam 20 tahun ke depan. Resale value faktornya banyak termasuk image brand jg pengaruh besar. Itu PR wuling utk gencar promosi utk naikin brand image mereka. Utk mechanical mmg jepang dan eropa top notch krn ini lbh ke know how engineering yg udah dikembangkan dari dulu. Korea mulai ngejar dgn bajak engineer dari eropa. Kl wuling kiblatnya ke GM group, well GM juga ga terkenal soal mechanicalnya jg sih.

Let's see gmn mereka bisa survive. Yg pasti brand mobcin macam MG, Haval, Geely masih bisa survive di negara seperti thailand dan malaysia di tengah kepungan brand jepang. Sy pribadi lbh senang banyak brand bersaing di pasar daripada dimonopoli brand itu2 aja. Supaya harga produk bisa dijaga dan gak overpriced karena gak ada kompetitor
yang jd masalah semua case durability wuling atau DFSK itu left hanging gak ngerti juga kita penyelesaiannya gimana. jadi makin hari makin banyak pertanyaan tentang durability mobcin dan kredibilitas brand nya sendiri. CVT overheat dan BBM boros blom ada jawaban memuaskan atau resolved isu nya...

minimal toyota atau honda first batch problemsnya gak left hanging dan resolved walau dengan gebrak meja dan lawsuit...

ya kalau sekedar survive di indo jg survive udah 4 taon... masalahnya selling gak? krn kan sebenernya wuling gak butuh pasar indo dia di CDM udah established banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by Jose »

Mobil dari RRT itu yang kurang adalah Refinement, dimana justru ini yang paling penting dalam developing a car. Saya sudah pernah TD beberapa mobil China, bahkan model yang menurut saya paling refined yaitu MG-HS pun masih berasa ada yang kurang, padahal chassis & ride udah enak, eeh kombinasi engine & tranny nya masih berasa kurang pas, kurang fine tuning.

Ini yang bikin buah simalakama, pakai mesin kecil tapi tetap boros, pakai turbo tapi tetap nggak kencang..what a pointless move. Walaupun MG HS itu performanya bisa dibilang baik, tapi tetap saja ketinggalan kalau lari bareng CRV turbo atau Mazda CX5

Mobil China seakan ingin mengaplikasikan semua teknologi & trend terkini seperti memasukkan banyak fitur kekinian seperti voice command, sunroof, electric parking brake, Radar dll, maybe it's work, tapi begitu masuk ke teknis dan mekanikal mobil seperti penggunaan mesin kecil+turbo, transmisi CVT atau dual clutch itu terasa sekali ketika kita nyetir mobilnya, nggak ada kelebihan signifikan, tetep aja boyo & boros

semoga mereka bisa membenahi hal ini kedepannya
Increase speed = increase Risk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by darrelund »

NYoman wrote: Tue Dec 28, 2021 4:55 Dan BBM boros ini juga sama hal nya dengan Cortez turbo yg di gadang2 irit nyatanya juga tidak lebih irit dari CRV 2.0 dan Innova 2.0 (dual vvti) yg artinya ya emg engineering mereka kalah dengan 2 produk Jepang yg walaupun itu mesin tua tapi masih bisa diadu untuk saat ini..
*CRV1.5 sy pun msh lbh irit dari Almaz buat dalkot btw dengan berat++ dari Almaz.. So harga emg ga bohong setelah sekian lama dipakai..

Unit Cortez dan ALmaz dengan plat L dan 3 Huruf dibelakang yg mana ini mobil masih sangat baru sudah banyak di pasar mobil bekas seperti mob88 dan OLX so, ya begitu lah..

dan yg terakhir, Hyundai merupakan pemain lama yg sudah dapat hati di masyarakat.. produknya pun jujur bagus, mesin bagus dan jelas kualitasnya juga premium.. Org ga akan ragu untuk beli Palisade (yg mana udah banyak banget di Surabaya, ngiler juga) untuk di pakai longterm..

CMIWW
tapi emg borosnya agak becanda sih om :big_biglaugh:

komparasi ga apple-to-apple, cuma lucu aja. kok bisa 140hp borosnya sama kek 340hp :big_biglaugh:

Almaz : dalkot (8,3 kml), highway (12,8 kml)
740li : dalkot (8,2 kml), highway (14,8 kml)

fuel cons almaz 33:05


fuel cons 740li 19:30
beatlaws
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Dec 23, 2019 6:02
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Hyundai SantaFe CRDI 2021

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by beatlaws »

Tats wrote: Mon Dec 27, 2021 6:26 Byd oke lah menarik bgt
Tp kalo chery ko sy ngebayangin naik mobil design keren tp namanya chery
Berasa merek apaa gitu huahaha
wkwk Namanya kurang menjual om sama kaya DFSK, nama Chery tuh kurang tegas untuk jadi nama mobil :mky_07:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by kunaskun »

Jose wrote: Tue Dec 28, 2021 8:02 Mobil dari RRT itu yang kurang adalah Refinement, dimana justru ini yang paling penting dalam developing a car. Saya sudah pernah TD beberapa mobil China, bahkan model yang menurut saya paling refined yaitu MG-HS pun masih berasa ada yang kurang, padahal chassis & ride udah enak, eeh kombinasi engine & tranny nya masih berasa kurang pas, kurang fine tuning.

Ini yang bikin buah simalakama, pakai mesin kecil tapi tetap boros, pakai turbo tapi tetap nggak kencang..what a pointless move. Walaupun MG HS itu performanya bisa dibilang baik, tapi tetap saja ketinggalan kalau lari bareng CRV turbo atau Mazda CX5

Mobil China seakan ingin mengaplikasikan semua teknologi & trend terkini seperti memasukkan banyak fitur kekinian seperti voice command, sunroof, electric parking brake, Radar dll, maybe it's work, tapi begitu masuk ke teknis dan mekanikal mobil seperti penggunaan mesin kecil+turbo, transmisi CVT atau dual clutch itu terasa sekali ketika kita nyetir mobilnya, nggak ada kelebihan signifikan, tetep aja boyo & boros

semoga mereka bisa membenahi hal ini kedepannya
karena refinement ini mahal banget, mesti R&D satu2 sesuai market tujuan. makanya jadinya begitu. saya rasa bukan mechanical atau technical issue dari segi powertrain, gimana juga itu merek2 Tiongkok kan aslinya memang merek dunia semua, bukan kaya Tesla yang baru hitungan belasan tahun.
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by Jose »

kunaskun wrote: Tue Dec 28, 2021 14:08
Jose wrote: Tue Dec 28, 2021 8:02 Mobil dari RRT itu yang kurang adalah Refinement, dimana justru ini yang paling penting dalam developing a car. Saya sudah pernah TD beberapa mobil China, bahkan model yang menurut saya paling refined yaitu MG-HS pun masih berasa ada yang kurang, padahal chassis & ride udah enak, eeh kombinasi engine & tranny nya masih berasa kurang pas, kurang fine tuning.

Ini yang bikin buah simalakama, pakai mesin kecil tapi tetap boros, pakai turbo tapi tetap nggak kencang..what a pointless move. Walaupun MG HS itu performanya bisa dibilang baik, tapi tetap saja ketinggalan kalau lari bareng CRV turbo atau Mazda CX5

Mobil China seakan ingin mengaplikasikan semua teknologi & trend terkini seperti memasukkan banyak fitur kekinian seperti voice command, sunroof, electric parking brake, Radar dll, maybe it's work, tapi begitu masuk ke teknis dan mekanikal mobil seperti penggunaan mesin kecil+turbo, transmisi CVT atau dual clutch itu terasa sekali ketika kita nyetir mobilnya, nggak ada kelebihan signifikan, tetep aja boyo & boros

semoga mereka bisa membenahi hal ini kedepannya
karena refinement ini mahal banget, mesti R&D satu2 sesuai market tujuan. makanya jadinya begitu. saya rasa bukan mechanical atau technical issue dari segi powertrain, gimana juga itu merek2 Tiongkok kan aslinya memang merek dunia semua, bukan kaya Tesla yang baru hitungan belasan tahun.
betul om, bukan issue per komponen. Karena mereka rata2 udah pake transmisi dari merk ternama, contohnya MG ZS yang pake CVT buatan Aisin. Hanya kurang fine tuning untuk menyelaraskan kinerja gabungan komponen2 tsb untuk menggerakkan mobilnya
Increase speed = increase Risk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by ChZ »

Jose wrote: Tue Dec 28, 2021 20:22
kunaskun wrote: Tue Dec 28, 2021 14:08
Jose wrote: Tue Dec 28, 2021 8:02 Mobil dari RRT itu yang kurang adalah Refinement, dimana justru ini yang paling penting dalam developing a car. Saya sudah pernah TD beberapa mobil China, bahkan model yang menurut saya paling refined yaitu MG-HS pun masih berasa ada yang kurang, padahal chassis & ride udah enak, eeh kombinasi engine & tranny nya masih berasa kurang pas, kurang fine tuning.

Ini yang bikin buah simalakama, pakai mesin kecil tapi tetap boros, pakai turbo tapi tetap nggak kencang..what a pointless move. Walaupun MG HS itu performanya bisa dibilang baik, tapi tetap saja ketinggalan kalau lari bareng CRV turbo atau Mazda CX5

Mobil China seakan ingin mengaplikasikan semua teknologi & trend terkini seperti memasukkan banyak fitur kekinian seperti voice command, sunroof, electric parking brake, Radar dll, maybe it's work, tapi begitu masuk ke teknis dan mekanikal mobil seperti penggunaan mesin kecil+turbo, transmisi CVT atau dual clutch itu terasa sekali ketika kita nyetir mobilnya, nggak ada kelebihan signifikan, tetep aja boyo & boros

semoga mereka bisa membenahi hal ini kedepannya
karena refinement ini mahal banget, mesti R&D satu2 sesuai market tujuan. makanya jadinya begitu. saya rasa bukan mechanical atau technical issue dari segi powertrain, gimana juga itu merek2 Tiongkok kan aslinya memang merek dunia semua, bukan kaya Tesla yang baru hitungan belasan tahun.
betul om, bukan issue per komponen. Karena mereka rata2 udah pake transmisi dari merk ternama, contohnya MG ZS yang pake CVT buatan Aisin. Hanya kurang fine tuning untuk menyelaraskan kinerja gabungan komponen2 tsb untuk menggerakkan mobilnya
klo ada yang suka ngomong "mobil dibikin akuntan, bukan engineer", ya chinese cars ini.

krn fine tuning komponen itu emang costly, abis waktu dan duit banyak. jalan beratus-ribu atau jutaan kilometer hanya untuk membuktikan mobilnya memang durable, blom nanti kurang apa dikit di analisa, minta revisi komponen ke supplier komponennya, dll dst.

dan jelas untuk sekedar jualan mobil "asal jalan" macem mocin ini ya akan dicut habis-habisan supaya menekan harga dan mudah terjual.... kasih aja fitur dll yang penting terjual. buat chinese brands kaizen macem toyota itu sangat gak efisien biaya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Dec 29, 2021 2:31
klo ada yang suka ngomong "mobil dibikin akuntan, bukan engineer", ya chinese cars ini.

krn fine tuning komponen itu emang costly, abis waktu dan duit banyak. jalan beratus-ribu atau jutaan kilometer hanya untuk membuktikan mobilnya memang durable, blom nanti kurang apa dikit di analisa, minta revisi komponen ke supplier komponennya, dll dst.

dan jelas untuk sekedar jualan mobil "asal jalan" macem mocin ini ya akan dicut habis-habisan supaya menekan harga dan mudah terjual.... kasih aja fitur dll yang penting terjual. buat chinese brands kaizen macem toyota itu sangat gak efisien biaya...
tapi gak usah jauh2x sih kayak toyota aja biarpun cuma rebadge konon durabilitynya lebih kuat kalo ud pake cap triple elips contohnya supra bmw aja kalo gak salah itu juga dituning ulang sama toyota ujung2xnya Z4nya ikut2xan ranting reabilitynya tinggi :big_biglaugh:
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by Auanz »

Intinya kl menurut saya yaaa emang ada barang ada harga.

Contohnya Kenapa crv mendekati 550jtan sedangkan almaz kisaran di 340an ya karena honda / toyota hal detail di perhitungkan mereka dan di perbaiki.

Kl menurut saya mobcin masi di learning curva la. Kita liat aja kedepannya semoga di jalan yg baik. Jadinya consumer yg lbih di untungkan. Banyak variasi untuk di pilih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Dec 29, 2021 3:51
tapi gak usah jauh2x sih kayak toyota aja biarpun cuma rebadge konon durabilitynya lebih kuat kalo ud pake cap triple elips contohnya supra bmw aja kalo gak salah itu juga dituning ulang sama toyota ujung2xnya Z4nya ikut2xan ranting reabilitynya tinggi :big_biglaugh:
nah itu katanya ada yang nanya ke akio toyoda kayaknya mesin B58 nya BMW itu gimana kan BMW terkenal gak reliabel? dia jawab ah kita ud bongkar sendiri dan test sendiri ntu mesin sesuai standar kami.

menarik ni berarti klo mau BMW yang gak moneypit bisa beli Z4 :big_biglaugh:
Auanz wrote: Wed Dec 29, 2021 4:56 Intinya kl menurut saya yaaa emang ada barang ada harga.

Contohnya Kenapa crv mendekati 550jtan sedangkan almaz kisaran di 340an ya karena honda / toyota hal detail di perhitungkan mereka dan di perbaiki.

Kl menurut saya mobcin masi di learning curva la. Kita liat aja kedepannya semoga di jalan yg baik. Jadinya consumer yg lbih di untungkan. Banyak variasi untuk di pilih.
imho makanya mereka milih ngembangin electric car aja minimal gak perlu aspek driving experience yang penting asal jalan :big_biglaugh:

dari dulu khan china yang penting dagang untung the rest ngga terlalu penting produknya mau bisa tahan cuma sebulan atau setaun. makanya surganya barang kawe termasuk mobil kawe :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by kunaskun »

Jose wrote: Tue Dec 28, 2021 20:22 betul om, bukan issue per komponen. Karena mereka rata2 udah pake transmisi dari merk ternama, contohnya MG ZS yang pake CVT buatan Aisin. Hanya kurang fine tuning untuk menyelaraskan kinerja gabungan komponen2 tsb untuk menggerakkan mobilnya
ah iya fine tuning sampe skala mikro bahkan nano ya. selebihnya ya faktor reliability material untuk ketahanan cuaca dan lingkungan market tujuan.
bukan cuma butuh duit toh seperti Wuling sampe bikin pabrik disini, tapi waktu. siapa yang sabar retune sampe berbulan2, walau udah ada pabrik :big_biglaugh: mungkin riset sambil jalan kali si merek Tiongkok, yang jadi "korban" tentu pembeli pertama :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Chery dan BYD Masuk 2022, Invasi Mobil China Makin Kuat di Indonesia

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Wed Dec 29, 2021 6:29 ah iya fine tuning sampe skala mikro bahkan nano ya. selebihnya ya faktor reliability material untuk ketahanan cuaca dan lingkungan market tujuan.
bukan cuma butuh duit toh seperti Wuling sampe bikin pabrik disini, tapi waktu. siapa yang sabar retune sampe berbulan2, walau udah ada pabrik :big_biglaugh: mungkin riset sambil jalan kali si merek Tiongkok, yang jadi "korban" tentu pembeli pertama :big_biglaugh:
makannya kek honda satu seri mesin di pake sampe bego L series ud mau 20th k series ud mau 25th R series mesin paling muda malah kayaknya bakalan tewas duluan masih di pake sih di crv :big_biglaugh: