All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
j008
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 13 Aug 2016, 14:13

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by j008 »

McLaren wrote:
j008 wrote: 23 Jan 2022, 13:21
nyotsaeba wrote:Sy jg gt di ANF om, tanya beres kt nya normal krn torsi nya besar, ya sudahlah biarin aja, paling injek rem aja yg kuat pas pindah ke N buat meredam
Baiklah. Agak kaget juga ada hentakan hehehe.

Kirain transmisi nya ada masalah.
Klo om ga suka, bisa dikomplain pas servis.
Nanti di fine tune ama mereka.
Saya juga gitu awalnya, sekarang ndak lg.
Siap om. Nanti pas service 1000km saya tanya.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

ginting wrote: 24 Jan 2022, 07:56
McLaren wrote: 24 Jan 2022, 05:45
ctopher7 wrote: 23 Jan 2022, 21:44
saya biasa kalo baru hidup mesinnya, dari p ke d biasa ada jedug

uda ganti oli atf ptt lv1 masih begitu (pake atf changer), cuman pas shifting jadi lebih halus sih

kalo kata om Wahdi @f272 "no jedug no life" wkwkwkwkwkwk
Iya Om, saya juga awalnya minta ganti oli transmisi.
Trus kata mereka, "sayang Pak, dan itu tidak akan menyelesaikan masalah. Berikan kami waktu utk tuning ulang, nanti akan bisa kami perbaiki"

Habis itu beneran ilang jedug PRNDnya.

Pas servis berikutnya, "mas ini kok transmisinya kadang suka nahan yaa.. bisa ndak dibuat shiftingnya lebih direct dan terprediksi"
Mereka jawab, "baik pak"

Habis itu shiftingnya lebih cepet, ngga smooth si, tp sesuai keinginan saya. Ngga jedug juga yg penting.

Tapi yaa tetep.. 20 ribu km ganti oli transmisi.
Org bengkel geleng-geleng 😆
btw, oom tahun brp innovanya ?
edisi FL 2021 kayaknya udah gak jedug dan putu.
di mobil saya smooth terus ganti gigi dr P ke D, dll
semoga tetap aman sentosa.
Sy FL 2020 batch pertama bgt.
Wong awalnya mo beli innova lama, dapatnya yg baru.
Harganya dibuat mirip-mirip.. Yaa udah.

Om Ginting pernah pake Mux kn..
Nah bagi saya itu jedug om.
Pokoknya klo harus injek rem dalam2, itu namanya tetep jedug.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by pengendiesel »

j008 wrote: 23 Jan 2022, 12:18 Siang om,

Saya pengguna Reborn Diesel Matic, mau tanya setiap pindah dari D ke N, selalu ada hentakan.
Tapi tidak ada bunyi.

Apakah normal?

Km baru 180.
Berarti jedugnya itu pas dari D ke N om?
Kok agak aneh ya. Setau saya jedug biasanya sebaliknya, dari N ke D

2gd saya aman jaya. Ke N atau ke D smooth semuanya. Abis dari P ke R meskipun posisi miring juga masih aman meskipun rem tangan gak ditarik maksimal
Beda sama vnt dulu, dari N ke D mobil kayak mau lompat dikit
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by nyotsaeba »

pengendiesel wrote:
j008 wrote: 23 Jan 2022, 12:18 Siang om,

Saya pengguna Reborn Diesel Matic, mau tanya setiap pindah dari D ke N, selalu ada hentakan.
Tapi tidak ada bunyi.

Apakah normal?

Km baru 180.
Berarti jedugnya itu pas dari D ke N om?
Kok agak aneh ya. Setau saya jedug biasanya sebaliknya, dari N ke D

2gd saya aman jaya. Ke N atau ke D smooth semuanya. Abis dari P ke R meskipun posisi miring juga masih aman meskipun rem tangan gak ditarik maksimal
Beda sama vnt dulu, dari N ke D mobil kayak mau lompat dikit
Betul om, pas mindah dr D ke N kyk ada hentakan dikit, kl mau aman ya langsung ke P sekalian
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by pengendiesel »

nyotsaeba wrote: 24 Jan 2022, 11:29 Betul om, pas mindah dr D ke N kyk ada hentakan dikit, kl mau aman ya langsung ke P sekalian
Oooh gitu. Ntar coba saya lebih perhatikan lagi pas dari D ke N
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by romi10 »

Hadeehh binun pilih ribon dijel ato muk..
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

pengendiesel wrote: 24 Jan 2022, 11:12 Berarti jedugnya itu pas dari D ke N om?
Kok agak aneh ya. Setau saya jedug biasanya sebaliknya, dari N ke D
FYI saya reborn 2019 juga sama, jedug dikit pas dari D ke N. kalo N ke D aman.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by pengendiesel »

Barusan coba

Ya memang ada gerakan dikit sekali pas dari D ke N. Tapi menurut saya sih normal dan jauh dari definisi jeduk. Mirip banget sama dari N ke D. Kayak mesin kedapetan/kelepasan beban transmisi.

Semoga gak aneh2 deh maticnya ini
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by nyotsaeba »

pengendiesel wrote:Barusan coba

Ya memang ada gerakan dikit sekali pas dari D ke N. Tapi menurut saya sih normal dan jauh dari definisi jeduk. Mirip banget sama dari N ke D. Kayak mesin kedapetan/kelepasan beban transmisi.

Semoga gak aneh2 deh maticnya ini
Memang dikit, kl ga diperhatiin ya ga gitu berasa, makanya saya biarin aja, uda 3,5 thn fine2 aja tuh
j008
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 13 Aug 2016, 14:13

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by j008 »

pengendiesel wrote:Barusan coba

Ya memang ada gerakan dikit sekali pas dari D ke N. Tapi menurut saya sih normal dan jauh dari definisi jeduk. Mirip banget sama dari N ke D. Kayak mesin kedapetan/kelepasan beban transmisi.

Semoga gak aneh2 deh maticnya ini
Nah iya benar om, seperti kelepasan beban transmisi.
j008
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 13 Aug 2016, 14:13

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by j008 »

Om mau tanya.

2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.

Apakah normal?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

j008 wrote: 27 Jan 2022, 08:38 Om mau tanya.

2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.

Apakah normal?
Warning apa om? gambar apa?
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by nyotsaeba »

j008 wrote:Om mau tanya.

2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.

Apakah normal?
Warning oli low pressure?. Kadang2 begitu sih, mungkin oli belum naik.

Minimalisasinya jgn langsung nyalain mesin, biarin di acc dulu sampe lampu cek engine mati.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

nyotsaeba wrote:
j008 wrote:Om mau tanya.

2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.

Apakah normal?
Warning oli low pressure?. Kadang2 begitu sih, mungkin oli belum naik.

Minimalisasinya jgn langsung nyalain mesin, biarin di acc dulu sampe lampu cek engine mati.
yup bener ini fortuner saya juga gitu, ini biasa kalo abis nyalain lgsg shift gigi muncul warning ini ngedip dikit

kykny sih menurut kesotoyan saya, ini cmn karna komputer di midnya aja baru boot up, bukan karna mesinnya beneran kenapa napa
pecinta bio solar
Trepe
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 13 Feb 2022, 17:47
Location: tangerang
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel Facelift 2021

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Trepe »

selamat malam, dan salam kenal dengan serayamotor.com

saya masih member baru dsini, dan baru menebus ANKI Facelift baru November 2021 (karna ppnbm jg)
sebelumnya menggunakan small sedan merk sebelah selama 15 tahun...

Nah,d air pengalaman itu, saya berencana menggunakan mobil ini jg dalam waktu yang sangat panjang (10-15 tahun).
Nah, baru saja negara api menyerang (Dexlite-Pertadex naik harga), membuat saya harus pindah dari Dexlite ke biosolar.
Sejauh ini km sudah 4k, dan waktu 1k, saya sudah ganti oli TMO 0w30.

Beberapa pertanyaan saya adalah sebagai berikut:
1. Apakah aman menggunakan biosolar tanpa aditif? atau better pake aditif aja?
2. kalau harus pake aditif, better mana yang PSDK/PTT yang dicampur total dengan fuel atau yang one time macam liquimoly?
3. saya berencana ganti filter tiap 5k km, better original (yang mahal gila), atau aspira/merk lain?
4. filter solar bawah diganti tiap berapa km yah?
5. filter solar yang lebih dahulu dilewati itu filter solar atas atau bawah dulu yah?
6. saya berencana purging tiap 20rb km dimulai nanti di km 25rb. apakah terlalu cepat/lama?
7. sekarang masih gratis barang dan jasa selama 4tahun/50rb km. Better menggunakan Oli TMO bawaan (gratisan) 10w40 atau upgrade jadi 0w30 yah?


Terima Kasih jawaban pakbos pakbos dsini...

Note: Orientasi saya adalah awet, soal power bawaan ANKI ini udah mantap. Mahal dikit gpp, yang penting awet. tapi klo disuruh permanen dexlite/pertadex, sepertinya dompet saya akan teriak.
Last edited by Trepe on 13 Feb 2022, 21:48, edited 1 time in total.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

Trepe wrote: 13 Feb 2022, 21:38
Beberapa pertanyaan saya adalah sebagai berikut:
1. Apakah aman menggunakan biosolar tanpa aditif? atau better pake aditif aja?
pny saya km sdh 50K 98% pk biosolar om dan 99% pk additif (PSDK/PTT/STP/2hn) dan kadang sy campur2. penting utk jaga Bio ga muncul organisme - maklum inikan ada unsur tumbuh2annya
2. kalau harus pake aditif, better mana yang PSDK/PTT yang dicampur total dengan fuel atau yang one time macam liquimoly?
3. saya berencana ganti filter tiap 5k km, better original (yang mahal gila), atau aspira/merk lain?
sy ganti filter solar di km 40k om pk yg mahal gila itu.
4. filter solar bawah diganti tiap berapa km yah?
5. filter solar yang lebih dahulu dilewati itu filter solar atas atau bawah dulu yah?
6. saya berencana purging tiap 20rb km dimulai nanti di km 25rb. apakah terlalu cepat/lama?
7. sekarang masih gratis barang dan jasa selama 4tahun/50rb km. Better menggunakan Oli TMO bawaan (gratisan) 10w40 atau upgrade jadi 0w30 yah?
saya sll bawa oli sendiri rekomen dari mbah2 SM (10w30, 5w30 dg brbgai merk). setahu saya kalau di beres dikasihnya 15w40 bukan 10w40
yg saya highlight yg pernah saya lakukan om. benar atau salah itu ada peran mbah2 dan suhu di mari...wkwkw... :mky_01:
yg lain nunggu para suhu kasih wejangannya
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
Trepe
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 13 Feb 2022, 17:47
Location: tangerang
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel Facelift 2021

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Trepe »

dori2802 wrote: 14 Feb 2022, 09:25
Trepe wrote: 13 Feb 2022, 21:38
Beberapa pertanyaan saya adalah sebagai berikut:
1. Apakah aman menggunakan biosolar tanpa aditif? atau better pake aditif aja?
pny saya km sdh 50K 98% pk biosolar om dan 99% pk additif (PSDK/PTT/STP/2hn) dan kadang sy campur2. penting utk jaga Bio ga muncul organisme - maklum inikan ada unsur tumbuh2annya
2. kalau harus pake aditif, better mana yang PSDK/PTT yang dicampur total dengan fuel atau yang one time macam liquimoly?
3. saya berencana ganti filter tiap 5k km, better original (yang mahal gila), atau aspira/merk lain?
sy ganti filter solar di km 40k om pk yg mahal gila itu.
4. filter solar bawah diganti tiap berapa km yah?
5. filter solar yang lebih dahulu dilewati itu filter solar atas atau bawah dulu yah?
6. saya berencana purging tiap 20rb km dimulai nanti di km 25rb. apakah terlalu cepat/lama?
7. sekarang masih gratis barang dan jasa selama 4tahun/50rb km. Better menggunakan Oli TMO bawaan (gratisan) 10w40 atau upgrade jadi 0w30 yah?
saya sll bawa oli sendiri rekomen dari mbah2 SM (10w30, 5w30 dg brbgai merk). setahu saya kalau di beres dikasihnya 15w40 bukan 10w40
yg saya highlight yg pernah saya lakukan om. benar atau salah itu ada peran mbah2 dan suhu di mari...wkwkw... :mky_01:
yg lain nunggu para suhu kasih wejangannya
1.dominan nya pake aditif yang mana yah? Psdk atau ptt? Saya bingung antara 2 itu paling
2. Oke klo gitu saya akan ganti filter solar lebih lama, paling rutin dibersihkan
3. Oh iya saya tertukar sama mobil lama saya... Tmo adanya 10w30 dan 15w40,kemarin saya pakai 10w30.lepas garansi beres saya jg akan ganti merk lain pasti...
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: 17 Aug 2007, 16:03

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by B 0 YZ »

Kebetulan lagi bahas aditif, skrg harga dex yang naik banyak.

Lagi timbang2 kalo pake bisol + aditif yang bisa cegah pengendapan apa ya krn kadar bio yang tinggi? Krn mobil agak jarang dipake sekitar 2 bulan baru habia setangki.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

Trepe wrote: 14 Feb 2022, 09:31
1.dominan nya pake aditif yang mana yah? Psdk atau ptt? Saya bingung antara 2 itu paling
kalau saya yg ready stok saja dan murmer, kalau mnrt mbah2 sini PSDK lebih bagus vs PTT. cobain smua aja om. drpd penasaran. dosisnya kalau PSDK biasanya 1ltr : 2-3ml
2. Oke klo gitu saya akan ganti filter solar lebih lama, paling rutin dibersihkan
3. Oh iya saya tertukar sama mobil lama saya... Tmo adanya 10w30 dan 15w40,kemarin saya pakai 10w30.lepas garansi beres saya jg akan ganti merk lain pasti...
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.
Trepe
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 13 Feb 2022, 17:47
Location: tangerang
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel Facelift 2021

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Trepe »

sintoni wrote: 15 Feb 2022, 08:30 Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.
Saya kan masih mobil baru, dapet tmo 15w40 gratis... Atau upgrade 480rb/8l dapet 5w30....daripada gratisan nya sia2, mending pake tmo 5w30 aja...
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

Trepe wrote: 15 Feb 2022, 09:36
sintoni wrote: 15 Feb 2022, 08:30 Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.
Saya kan masih mobil baru, dapet tmo 15w40 gratis... Atau upgrade 480rb/8l dapet 5w30....daripada gratisan nya sia2, mending pake tmo 5w30 aja...
antara upgrade atau kalo boleh bawa oli sendiri, trus TMO 15W40nya bawa pulang :big_grin:
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

forzanetti wrote: 15 Feb 2022, 12:27
antara upgrade atau kalo boleh bawa oli sendiri, trus TMO 15W40nya bawa pulang :big_grin:
wah... saya ga pernah bwa pulang itu oli..karena sy pikir yg free kan cuma jasa-nya sja. kalau sparepart+lendir ttp bayar
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

Trepe wrote: 15 Feb 2022, 09:36
sintoni wrote: 15 Feb 2022, 08:30 Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.
Saya kan masih mobil baru, dapet tmo 15w40 gratis... Atau upgrade 480rb/8l dapet 5w30....daripada gratisan nya sia2, mending pake tmo 5w30 aja...
Iya udah bener itu upgrade aja ke 5W30, buat apa jg bawa oli sendiri terus oli yg free buat apa? Kecuali punya L300 atau mobil diesel tua dirumah.

8 liter kepake 7.5 aja, simpn 500ml nya buat next ganti oli beli 7 liter aja.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by osbertc0ol »

McLaren wrote: 24 Jan 2022, 05:45
ctopher7 wrote: 23 Jan 2022, 21:44
McLaren wrote:
Klo om ga suka, bisa dikomplain pas servis.
Nanti di fine tune ama mereka.
Saya juga gitu awalnya, sekarang ndak lg.
saya biasa kalo baru hidup mesinnya, dari p ke d biasa ada jedug

uda ganti oli atf ptt lv1 masih begitu (pake atf changer), cuman pas shifting jadi lebih halus sih

kalo kata om Wahdi @f272 "no jedug no life" wkwkwkwkwkwk
Iya Om, saya juga awalnya minta ganti oli transmisi.
Trus kata mereka, "sayang Pak, dan itu tidak akan menyelesaikan masalah. Berikan kami waktu utk tuning ulang, nanti akan bisa kami perbaiki"

Habis itu beneran ilang jedug PRNDnya.

Pas servis berikutnya, "mas ini kok transmisinya kadang suka nahan yaa.. bisa ndak dibuat shiftingnya lebih direct dan terprediksi"
Mereka jawab, "baik pak"

Habis itu shiftingnya lebih cepet, ngga smooth si, tp sesuai keinginan saya. Ngga jedug juga yg penting.

Tapi yaa tetep.. 20 ribu km ganti oli transmisi.
Org bengkel geleng-geleng 😆
widih keren ini bengkel nya om.
di tempat lain sih cuman "emang gitu pak"
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post