Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

sekondel wrote: Mon Jan 24, 2022 5:01 Masukan dunk suhu2 sekalian oli ekonomis untuk mobilio 2016, owner sebelumya pake xteen 5w30, kilometer masih 28 rb an.. Thanks all
Merk Xten mahal loh.

Mau ganti 5rb atau 10rb?
sekondel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Jan 08, 2014 3:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sekondel »

sintoni wrote: Mon Jan 24, 2022 5:14
sekondel wrote: Mon Jan 24, 2022 5:01 Masukan dunk suhu2 sekalian oli ekonomis untuk mobilio 2016, owner sebelumya pake xteen 5w30, kilometer masih 28 rb an.. Thanks all
Merk Xten mahal loh.

Mau ganti 5rb atau 10rb?
Owner sebelumya yg pake xteen gan. Ane taunya dari gantungan record ganti oli hehe
Boleh rekomen utk 5rb km gan
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Mon Jan 24, 2022 5:07
Suryaputra wrote:
sahabatq8 wrote: Sun Jan 23, 2022 10:40
Saya setuju sih, setiap kali ganti gak usah pake bilas. Kalo saya sih mending oci di perpendek ato olinya naik kelas. Gak rela keluarin duit sepeserpun untuk bilas, malah mendingan oli sultan bekas + kotorannya kecampur dengan oli baru.
Kalo kebanyakan duit ya lain cerita, isi aja 2x, yang pertama jalanin 15 menit lalu buang :big_biglaugh:
Ya makanya jgn nyalain mesin.
Fungsinya tuang oli baru 1 liter buat numpang lewat & ngeflush oil-pan aja.

Jd yg nempel di camshaft dkk tetep oli keraton.

Sebetulnya sy bisa komen gini krn dah nyoba lgs bbrp kali.
Jd bukan berdasarkan asumsi, atau hipotesa sendiri :mky_03:

Klo mau bagus juga ya opsi ke-2;
OCI diperpendek, ganti tiap 5rb km / 6 bln tp pk oli keraton
















+ margarin :ngacir:
boncos juga om kalo ganti 2gd tiap 5000km pake oli keraton.. tiap ganti ampir 2 jt kalo pake ams signature wkwkwkwk
Lah mbah omni kan pk opsi ke 2.
Ams max duty ganti di 5rb an Km :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1748
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

sekondel wrote: Mon Jan 24, 2022 5:01 Masukan dunk suhu2 sekalian oli ekonomis untuk mobilio 2016, owner sebelumya pake xteen 5w30, kilometer masih 28 rb an.. Thanks all
Upgrade ke Q8 G/d1 ganti di 10rb/1tahun lumayan ekonomis
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mkamil »

rendr wrote: Sun Dec 12, 2021 4:28
KSG88 wrote: Sun Dec 12, 2021 3:50
rendr wrote: oli honda epro 0w20? skip aja om.. mana mahal pulak 150rb seliter apa...
nih oli honda baru 150km dari ngambil unit...

WhatsApp Image 2021-11-17 at 11.34.42.jpeg

Gitu amit ya, padahal oem punya, apa standarnya terlalu dibawah tuk ngejar Harga atau bagaimana?
yah biasalah namanya jg oli beres yg di branding sama atpm.... oli2 ala kadar aja yg penting untung maksimal... belinya kalo ga ke idemitsu, jx nippon, ya pertamina...

kecuali MB oil / BMW LL oil... yg jadi referensi produsen oli.. baru lain

jadi mindset oli beres adalah yg terbaik itu sebenernya ga 100% bener, cuman doktrin yg udh tertanam di masyarakat kita begitu... taunya apapun di beres yg paling bagus, trus nyari oli bawaannya di toko luar biar murah, terciptalah oli palsu...
Setahu saya juga Honda itu ambil ke idemitsu/jx nippon/eneos tetapi ternyata sekarang dari Shell Indonesia (untuk Gold 0W-20 kemasan 4L).

Apakah ini rebranding Shell Helix Astra/Eco 0w-20 yg banyak dijual di jaringan bengkel SnD? :big_biglaugh:
BA25963A-4692-4F96-9533-184C03F2076C.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

sekondel wrote: Mon Jan 24, 2022 5:39 Owner sebelumya yg pake xteen gan. Ane taunya dari gantungan record ganti oli hehe
Boleh rekomen utk 5rb km gan
Harusnya kalau cuma jalan 5rb mah gampang aja, semua oli asli mah bisa.

Cari aja 0W20 yg sesuai kntong, kalau ane saranin Eneos atau Aisin cuma 70-80rb/liter, jalan 6rb masih aman kalau ga lebih dari 6-7 bulan.

Yang penting ganti filter oli jg setiap x ganti oli mesin.
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by jnkr »

Shell HX8 buat yasir bakpao pemakaian dalam kota, kuat 10rb km gak ya?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

jnkr wrote: Mon Jan 24, 2022 9:54 Shell HX8 buat yasir bakpao pemakaian dalam kota, kuat 10rb km gak ya?
Kalau cuma dalam 4-5 bulan terus ga kena jalan macet sih ane bilang hajar aja. Haha.
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by jnkr »

sintoni wrote:
jnkr wrote: Mon Jan 24, 2022 9:54 Shell HX8 buat yasir bakpao pemakaian dalam kota, kuat 10rb km gak ya?
Kalau cuma dalam 4-5 bulan terus ga kena jalan macet sih ane bilang hajar aja. Haha.
Macet ala jogja om.. siap om thanks. Kalo sama fastron gold baik mana om?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

jnkr wrote: Mon Jan 24, 2022 12:29
sintoni wrote:
jnkr wrote: Mon Jan 24, 2022 9:54 Shell HX8 buat yasir bakpao pemakaian dalam kota, kuat 10rb km gak ya?
Kalau cuma dalam 4-5 bulan terus ga kena jalan macet sih ane bilang hajar aja. Haha.
Macet ala jogja om.. siap om thanks. Kalo sama fastron gold baik mana om?
Sama aja.

Kalau mau yang beneran bisa 10rb ya pake Q8 aja, maks setaun.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

ctopher7 wrote: Mon Jan 24, 2022 5:07
boncos juga om kalo ganti 2gd tiap 5000km pake oli keraton.. tiap ganti ampir 2 jt kalo pake ams signature wkwkwkwk
sy biasa 7000km kok, cuma kemaren aja gatel
lagian kurang seceng km doang om

jangan ikutin kl odo larinya kuda, bisa boncos. kl sy kan setaun cuma jalan cebanan.

btw ss max duty 5w40 lebih enak dipake di 2gd. apalagi kl diremap lbh cocok pake 5w40 drpd 5w30, std tingting aja ini enak. ini skrg mesin berasa kaya mesin bensin, nvh mantap banget improved nya. power lbh berisi, fuel cons juga hampir sama.
kacau deh kemaren ngikut bukman, untung nyari referensi dr sumber lain.

skrg pake oli apa n sae brp om?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sun Jan 23, 2022 6:51
Mesin 2GD.
mbah, kalau saya di ANKI asalanya pakai PTT 10W30 ganti ke Amsoil 5w40 yang tulisannya 4x.
Suara mesin terasa jauh2x lebih adem. Jauh banget suaranya. Sudah pakai 2rb KM selama 2 bulan tetap adem
Tapi memang mesin tidak seringan waktu pakai PTT10w30.

mbah profith, sy baca tulisan mbah lagi terutama yg disebut mesin ga seringan waktu pakai ptt10w30.
kl gitu next nya cobain lah ss max duty 5w40 mbah, sy penasaran ada bedanya ngga sama yg turbo truck. harusnya sih beda kan harga ga boong ya. beda 8x70rb cincai lah buat sultan jatim. :big_okay: oke mbah demi menjawab rasa penasaran. :big_grin:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »

Hmm... Penasaran nih ama 5W-40 nya si ams ss max duty...

Pake 5W-40 sih sdh pst suara mesin lebih teredam (tidak garing) & vibrasi berkurang.

Ane pake ams ss max duty 5W-30 di 2KD itu jg sdh ganti thermo yg lebih dingin 76° asumsi spy mesin gak terlalu panas & berharap suara mesin tidak terlalu garing.

Awalnya berasa sih dr Schaeffer Supreme 5W-40 (jagoannya suara mesin halusss) pindah ke Ams ss md 5W-30... tetap garing suara mesin, lalu ane pakein SDT 2K lumayan agak sedikit teredam suaranya.

Lalu pas kemarin oci pake 5W-30 ams ss md lg + ceratec lebih teredam lg suara mesin & vibrasinya (berdasarkan butt-o-meter). Cold start jg enak gak ada suara tek, tek, tek atau aneh2 gitu.

5W-30 ngangenin sih, rpm naiknya cepat effortless gitu apalagi + ceratec makin enak. Cuman yah pas lg idle emang gak bohong 5W-40 lebih senyap & getaran mesin tetap lebih minim. Hanya Kl sdh jalan mah 5W-30 tetap halus sih suara mesinnya, enak, gak bohong emang ini oli.

Ams ss md 5W-30 + Ceratec so far sdh jalan 4 ribu KM/5 bulan msh enak. Ke jogja bio solar dpt 1:16 mentok, jalan santai sih 100-120 kpj aja, mau coba diatas 1:16 gak bs krn 4 speed jadul [emoji16]

Mau ganti ams ss md 5W-40 takut nyesel aja nih hahahah... pasti suara mesin & getaran jauh lebih enak, cuman trade off nya sensasi rpm naiknya cepet (rev happy) takut gak bisa lg [emoji1]

Nunggu wangsit dr mbah suhu Omnibus dulu aje deh.

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Jan 24, 2022 13:26
ctopher7 wrote: Mon Jan 24, 2022 5:07
boncos juga om kalo ganti 2gd tiap 5000km pake oli keraton.. tiap ganti ampir 2 jt kalo pake ams signature wkwkwkwk
sy biasa 7000km kok, cuma kemaren aja gatel
lagian kurang seceng km doang om

jangan ikutin kl odo larinya kuda, bisa boncos. kl sy kan setaun cuma jalan cebanan.

btw ss max duty 5w40 lebih enak dipake di 2gd. apalagi kl diremap lbh cocok pake 5w40 drpd 5w30, std tingting aja ini enak. ini skrg mesin berasa kaya mesin bensin, nvh mantap banget improved nya. power lbh berisi, fuel cons juga hampir sama.
kacau deh kemaren ngikut bukman, untung nyari referensi dr sumber lain.

skrg pake oli apa n sae brp om?
Bukman kan boleh w40 jg sbg alternatif.
Jd ya gpp.

Masih masuk rentang visco yg diperbolehkan.

Kyk honda bisa w20 dan w30.
Klo xpander bs w20 - w50
Rocky raize yg gak kuat nanjak, bisa w16 sampai w30 :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Mon Jan 24, 2022 16:14
Omnibus wrote: Mon Jan 24, 2022 13:26
sy biasa 7000km kok, cuma kemaren aja gatel
lagian kurang seceng km doang om

jangan ikutin kl odo larinya kuda, bisa boncos. kl sy kan setaun cuma jalan cebanan.

btw ss max duty 5w40 lebih enak dipake di 2gd. apalagi kl diremap lbh cocok pake 5w40 drpd 5w30, std tingting aja ini enak. ini skrg mesin berasa kaya mesin bensin, nvh mantap banget improved nya. power lbh berisi, fuel cons juga hampir sama.
kacau deh kemaren ngikut bukman, untung nyari referensi dr sumber lain.

skrg pake oli apa n sae brp om?
Bukman kan boleh w40 jg sbg alternatif.
Jd ya gpp.

Masih masuk rentang visco yg diperbolehkan.

Kyk honda bisa w20 dan w30.
Klo xpander bs w20 - w50
Rocky raize yg gak kuat nanjak, bisa w16 sampai w30 :mky_03:
maksudnya krn ada tulisan yg dilingkari itu, itu yg bikin misleading. preferred vs recommended kan bedanya preferred lbh persuasive.

IMG_20220125_073805.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Jan 25, 2022 0:42
Suryaputra wrote: Mon Jan 24, 2022 16:14
Omnibus wrote: Mon Jan 24, 2022 13:26
sy biasa 7000km kok, cuma kemaren aja gatel
lagian kurang seceng km doang om

jangan ikutin kl odo larinya kuda, bisa boncos. kl sy kan setaun cuma jalan cebanan.

btw ss max duty 5w40 lebih enak dipake di 2gd. apalagi kl diremap lbh cocok pake 5w40 drpd 5w30, std tingting aja ini enak. ini skrg mesin berasa kaya mesin bensin, nvh mantap banget improved nya. power lbh berisi, fuel cons juga hampir sama.
kacau deh kemaren ngikut bukman, untung nyari referensi dr sumber lain.

skrg pake oli apa n sae brp om?
Bukman kan boleh w40 jg sbg alternatif.
Jd ya gpp.

Masih masuk rentang visco yg diperbolehkan.

Kyk honda bisa w20 dan w30.
Klo xpander bs w20 - w50
Rocky raize yg gak kuat nanjak, bisa w16 sampai w30 :mky_03:
maksudnya krn ada tulisan yg dilingkari itu, itu yg bikin misleading. preferred vs recommended kan bedanya preferred lbh persuasive.


IMG_20220125_073805.jpg
Sama mbah.
Honda jg gtu.
Wkwkwkwkw.

W30 vs W20 kelas middle, overall enakan w20 di L15z1
Less knocking jg.

Tapi gaktau ya klo w30 vs w20 Q8 enak mana overall.
Lom prnh coba q8 w30.
Ntar lah sekali kali coba yg w30 dex1 gen2 nya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 454
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Spies »

Omnibus wrote: Tue Jan 25, 2022 0:42
Suryaputra wrote: Mon Jan 24, 2022 16:14
Omnibus wrote: Mon Jan 24, 2022 13:26
sy biasa 7000km kok, cuma kemaren aja gatel
lagian kurang seceng km doang om

jangan ikutin kl odo larinya kuda, bisa boncos. kl sy kan setaun cuma jalan cebanan.

btw ss max duty 5w40 lebih enak dipake di 2gd. apalagi kl diremap lbh cocok pake 5w40 drpd 5w30, std tingting aja ini enak. ini skrg mesin berasa kaya mesin bensin, nvh mantap banget improved nya. power lbh berisi, fuel cons juga hampir sama.
kacau deh kemaren ngikut bukman, untung nyari referensi dr sumber lain.

skrg pake oli apa n sae brp om?
Bukman kan boleh w40 jg sbg alternatif.
Jd ya gpp.

Masih masuk rentang visco yg diperbolehkan.

Kyk honda bisa w20 dan w30.
Klo xpander bs w20 - w50
Rocky raize yg gak kuat nanjak, bisa w16 sampai w30 :mky_03:
maksudnya krn ada tulisan yg dilingkari itu, itu yg bikin misleading. preferred vs recommended kan bedanya preferred lbh persuasive.


IMG_20220125_073805.jpg
5w40 ternyata nggak direkomendasikan pabrik ya mbah, langsung lompat ke 15w40 :upss:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Spies wrote: Tue Jan 25, 2022 1:26
5w40 ternyata nggak direkomendasikan pabrik ya mbah, langsung lompat ke 15w40 :upss:
haha banyak rekomendasi pabrik yg rada2. urusan busi ahond di fsm minta 18Nm sy kasih segitu msh ada bocor kompresi di ulir. ngk minta 25Nm sy kasih segitu malah aman. oli juga sama, bos besar amsowell bilang ss max duty 5w40 yg jd andalan ternyata benar.
kesimpulan yg sy ambil, omongan expert dr masing2 bagian yg cenderung lbh valid :big_grin:

tp tetep sy msh hrs monitor penyusutannya pakai ss 5w40 ini. jd belum conclusive.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Mon Jan 24, 2022 13:51
Profith83 wrote: Sun Jan 23, 2022 6:51
Mesin 2GD.
mbah, kalau saya di ANKI asalanya pakai PTT 10W30 ganti ke Amsoil 5w40 yang tulisannya 4x.
Suara mesin terasa jauh2x lebih adem. Jauh banget suaranya. Sudah pakai 2rb KM selama 2 bulan tetap adem
Tapi memang mesin tidak seringan waktu pakai PTT10w30.

mbah profith, sy baca tulisan mbah lagi terutama yg disebut mesin ga seringan waktu pakai ptt10w30.
kl gitu next nya cobain lah ss max duty 5w40 mbah, sy penasaran ada bedanya ngga sama yg turbo truck. harusnya sih beda kan harga ga boong ya. beda 8x70rb cincai lah buat sultan jatim. :big_okay: oke mbah demi menjawab rasa penasaran. :big_grin:
Ampun ..... om
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Jan 25, 2022 2:58
Spies wrote: Tue Jan 25, 2022 1:26
5w40 ternyata nggak direkomendasikan pabrik ya mbah, langsung lompat ke 15w40 :upss:
haha banyak rekomendasi pabrik yg rada2. urusan busi ahond di fsm minta 18Nm sy kasih segitu msh ada bocor kompresi di ulir. ngk minta 25Nm sy kasih segitu malah aman. oli juga sama, bos besar amsowell bilang ss max duty 5w40 yg jd andalan ternyata benar.
kesimpulan yg sy ambil, omongan expert dr masing2 bagian yg cenderung lbh valid :big_grin:

tp tetep sy msh hrs monitor penyusutannya pakai ss 5w40 ini. jd belum conclusive.
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30

Image

knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13

klo gak puas, ya buang aja @5K Km :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

Suryaputra wrote: Tue Jan 25, 2022 3:40
Omnibus wrote: Tue Jan 25, 2022 2:58
Spies wrote: Tue Jan 25, 2022 1:26
5w40 ternyata nggak direkomendasikan pabrik ya mbah, langsung lompat ke 15w40 :upss:
haha banyak rekomendasi pabrik yg rada2. urusan busi ahond di fsm minta 18Nm sy kasih segitu msh ada bocor kompresi di ulir. ngk minta 25Nm sy kasih segitu malah aman. oli juga sama, bos besar amsowell bilang ss max duty 5w40 yg jd andalan ternyata benar.
kesimpulan yg sy ambil, omongan expert dr masing2 bagian yg cenderung lbh valid :big_grin:

tp tetep sy msh hrs monitor penyusutannya pakai ss 5w40 ini. jd belum conclusive.
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30

Image

knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13

klo gak puas, ya buang aja @5K Km :ngacir:
Sumber: onesolution.pertamina.com ttg sulfur bbm

Klo ngomongin teori, tbn 13 mgkn cocok klo bbm nya pake dexlite yg sulfur nya 1200ppm

Tp untuk biosolar yg sulfur nya 500ppm (kyk pertalite, pertamax), mending cari oli yg tbn 8-9

Nanti mulai thn 2025, biosolar sulfurnya 50 ppm, tentu cocoknya pake tbn yg lbh rendah lg, mgkn sekitar 5 doank
Jd kyk gas engine yg tipe oli nya low ash
Last edited by Mesinanak on Tue Jan 25, 2022 4:26, edited 1 time in total.
Solidarität für immer
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Tue Jan 25, 2022 3:40
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30

Image

knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13

klo gak puas, ya buang aja @5K Km :ngacir:
sy sdh tau dr sebelum ganti. bahwa penyusutan 5w40 lbh banyak by noack astm d5800 on paper. tp itu test nya dipanaskan 250°C selama 60 menit. nah dr yg ai cari tau kebanyakan penguapan di diesel justru ketika warming up period. cSt 40°C 5w30 72.3 vs 94.5 5w40 bedanya cukup jauh itu yg jd pertimbangan sy. ketika warming up oilnya masuk lewat PRL (piston-ring-liner) ke combustion chamber n got burned. dan extreme kedua ketika digeber rpm tinggi, kl yg ini kesedot vacuum tinggi dr turbo via breather hose (CCV), olinya ga langsung got burned di combustion chamber dan terbuang ke knalpot melainkan stuck dimana2 antara lain: charge hose, intercooler, TB, intake, dan sebagian masuk chamber n got burned juga.
makanya sy mau test real nya nih, bukan on paper mbah.

sebetulnya angka penyusutan yg sy post kemarin itu amat normal utk ukuran mesin dizel. secara performance pun ga ada komplen kecuali nvh. yg sy mau kejar adalah spy oli yg ada di catch tank dan di jalur2 sepanjang intake bisa jauh berkurang. ga ada alasan yg urgent juga krn dasarnya dizel kan memang oil burner dan krn grup iv intake sy jg dilihat borescope bersih secara olinya tdk meninggalkan residu terlalu banyak, even tercampur dgn exhaust particulate dr egr di bagian intake. kedua, sy pengen nvh lbh better aja.

kl utk coba 8800 itu ga perlu sebab ai kan full pertadex. justru 8900 yg lbh cocok. ada bedanya soft tbn vs hard tbn tuh coba dicari inpoh nya mbah. tbn tinggi juga punya efek samping, kl ga salah byproduct nya itu ash build-up.
soft tbn, initial tinggi tp depletes jg cepat. hard tbn initial sekitar 10an bahkan 8an tp depletes lambat. ss max duty itu tipe hard tbn.

melihat mesin dizel vs benzene emang cukup berbeda, dr segi desain PCV vs CCV aja udah beda. tingkat blowby nya beda krn high compression + ada turbo.

Screenshot_20220125_105235.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1748
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Mesinanak wrote: Tue Jan 25, 2022 4:10
Suryaputra wrote: Tue Jan 25, 2022 3:40
Omnibus wrote: Tue Jan 25, 2022 2:58

haha banyak rekomendasi pabrik yg rada2. urusan busi ahond di fsm minta 18Nm sy kasih segitu msh ada bocor kompresi di ulir. ngk minta 25Nm sy kasih segitu malah aman. oli juga sama, bos besar amsowell bilang ss max duty 5w40 yg jd andalan ternyata benar.
kesimpulan yg sy ambil, omongan expert dr masing2 bagian yg cenderung lbh valid :big_grin:

tp tetep sy msh hrs monitor penyusutannya pakai ss 5w40 ini. jd belum conclusive.
scr teoritis,
tingkat penguapan maxduty 5w40 > 5w30

Image

knp gak coba Q8 FT8800 5w30, mbah?
TBN 13

klo gak puas, ya buang aja @5K Km :ngacir:
Sumber: onesolution.pertamina.com ttg tbn bbm

Klo ngomongin teori, tbn 13 mgkn cocok klo bbm nya pake dexlite yg sulfur nya 1200ppm

Tp untuk biosolar yg sulfur nya 500ppm (kyk pertalite, pertamax), mending cari oli yg tbn 8-9

Nanti mulai thn 2025, biosolar sulfurnya 50 ppm, tentu cocoknya pake tbn yg lbh rendah lg, mgkn sekitar 5 doank
Jd kyk gas engine yg tipe oli nya low ash
Pertalite pertamax mah tbn 7 gak masalah, yang masalah biosolar 5150 , dexlite itu kalo tbn dibawah 10 kurang tahan dipake 10rb/1 tahun
Sebenernya TBN juga bukan segalanya dalam ketahanan suatu oli diesel, rate turunnya tbn juga beda oli beda.
Imo kalo Q8 yang seri Formula truck itu gak main-main kuatnya karena emang sudah di formulasi biar gak cepet degrade. Contohnya kita punya ft7000 aja gak kalah sama oli merek lain yang tbnnya 11-12 padahal secara nominal tbn kalah tinggi, tapi pas di tes akhirnya malah lebih tinggi tbnnya.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

benzz89 wrote: Mon Jan 24, 2022 16:03 Hmm... Penasaran nih ama 5W-40 nya si ams ss max duty...

Pake 5W-40 sih sdh pst suara mesin lebih teredam (tidak garing) & vibrasi berkurang.

Ane pake ams ss max duty 5W-30 di 2KD itu jg sdh ganti thermo yg lebih dingin 76° asumsi spy mesin gak terlalu panas & berharap suara mesin tidak terlalu garing.

Awalnya berasa sih dr Schaeffer Supreme 5W-40 (jagoannya suara mesin halusss) pindah ke Ams ss md 5W-30... tetap garing suara mesin, lalu ane pakein SDT 2K lumayan agak sedikit teredam suaranya.

Lalu pas kemarin oci pake 5W-30 ams ss md lg + ceratec lebih teredam lg suara mesin & vibrasinya (berdasarkan butt-o-meter). Cold start jg enak gak ada suara tek, tek, tek atau aneh2 gitu.

5W-30 ngangenin sih, rpm naiknya cepat effortless gitu apalagi + ceratec makin enak. Cuman yah pas lg idle emang gak bohong 5W-40 lebih senyap & getaran mesin tetap lebih minim. Hanya Kl sdh jalan mah 5W-30 tetap halus sih suara mesinnya, enak, gak bohong emang ini oli.

Ams ss md 5W-30 + Ceratec so far sdh jalan 4 ribu KM/5 bulan msh enak. Ke jogja bio solar dpt 1:16 mentok, jalan santai sih 100-120 kpj aja, mau coba diatas 1:16 gak bs krn 4 speed jadul [emoji16]

Mau ganti ams ss md 5W-40 takut nyesel aja nih hahahah... pasti suara mesin & getaran jauh lebih enak, cuman trade off nya sensasi rpm naiknya cepet (rev happy) takut gak bisa lg [emoji1]

Nunggu wangsit dr mbah suhu Omnibus dulu aje deh.
om rahasianya bisa 1:16 apa? 2kd bisa dapet segitu bagus banget. apa sudah remap? denger2 di remap bisa lbh irit jg efek positifnya
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

Omnibus wrote:
ctopher7 wrote: Mon Jan 24, 2022 5:07
boncos juga om kalo ganti 2gd tiap 5000km pake oli keraton.. tiap ganti ampir 2 jt kalo pake ams signature wkwkwkwk
sy biasa 7000km kok, cuma kemaren aja gatel
lagian kurang seceng km doang om

jangan ikutin kl odo larinya kuda, bisa boncos. kl sy kan setaun cuma jalan cebanan.

btw ss max duty 5w40 lebih enak dipake di 2gd. apalagi kl diremap lbh cocok pake 5w40 drpd 5w30, std tingting aja ini enak. ini skrg mesin berasa kaya mesin bensin, nvh mantap banget improved nya. power lbh berisi, fuel cons juga hampir sama.
kacau deh kemaren ngikut bukman, untung nyari referensi dr sumber lain.

skrg pake oli apa n sae brp om?
lagi pake oli murmer ptt dynamic 10w30

uda nyetok 15 botol sih q8 ft7000

next nya mau nyobain kelas atasnya ahh wkwkw, mungkin sesuai saran om
pecinta bio solar