Vespa Modern

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Vespa Modern

Post by r12qiSonH4ji »

Ikut nimbrung ya
memang vesmod yg angkatan lama kyk LX 150 ie lbh banyak masalahnya dibandingkan dgn generasi 150 3Vie (primavera, sprint, dll)...
dari getarannya aja udh beda. lbh halus yg 150 3V ie.

Vespa modern torsi bawahnya sangat enak untuk nanjak2an jadi gak ada masalah klo lg bawa beban berat. Yang jadi masalah untuk vesmod adalah untuk mencapai 80 km/jam harus punya kesabaran yg tinggi. Menurut pengalaman ane tiap hari naik primavera, untuk mencapai 60 km/jam sangatlah mudah malah cenderung meledak-ledak tenaganya dibanding skuter sejenis yg lain. tp untuk mencapai kecepatan yg lbh tinggi harus diurut bukaan gasnya (soalnya tarikannya lemot bgt). jadi memang cocok vespa ini dibawa santai.

Klo untuk scooter peugeot Django benar kata om diatas, memang basisnya long slung, jadi sangat rawan mentok. Vespa modern aja sering mentok di poldur apalagi django ini. pasti bakalan bermasalah klo tinggal di perumahan yg banyak poldur. oia menurut pengalaman ane jg, django ini dimensinya terlalu panjang. jadi agak susah untuk meliuk-liuk di kemacetan. menurut ane kekurangan terbesarnya adalah bodinya masih plastik (tdk seperti vesmod yg dari besi). memang lbh ringan tp jadi kesannya agak murahan (soalnya sama kyk bodi skutik jepang)

untuk modifikasi vesmod, banyak sekali yg tidak memperhatikan masalah kelistrikan klo lg masang asesoris. soalnya vesmod ini sangat rentan sm yg namanya saklar. jadi harus hati2, klo misalkan mau modif kelistrikan ya mending ke bengkel vespa aja. klo cuman buat masang bracket pelindung atau kaca depan bolehlah dipasang sendiri. karena masangnya mudah2 aja.

semua ini hanya opini pribadi ane, cmiiw
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Vespa Modern

Post by Yusaku »

Salken Om r12qi

wah serius Primavera masih bisa gasruk di polisi tidur ? kirain sudah lebih aman dari Django

Barusan kemarin Sprint ama Primavera sudah dapat mesin i-Get dan penambahan beberapa perintilan seperti buka jok eletrik dan socket USB buat charging denger denger sih mangkuk clutch nya sudah ada penyempurnaan jadi ndak grenjel grenjel lagi.

Cuma katanya yang Sprint suspensinya downgrade kaya primavera cmiiw , kira kira atos banget ya Primavera Om r12qi?
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Vespa Modern

Post by Yusaku »

maaf dopost Mod muhun kalau isa di joinkan aja

Positif Sprint baru ini tambah 2 kurang 4 :big_cry:

kaliper dan suspensi depan berubah total menjadi sama denga Primavera di mana engsel dekat poros roda hilang, dan menurut Agan Kuskus Tiyangsae itu selang rem dongred dari braided ke rubber, serta piston rem dari 2 menjadi satu, lebih kejam dari John peace :big_childish:
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Vespa Modern

Post by r12qiSonH4ji »

Yusaku wrote:Salken Om r12qi

wah serius Primavera masih bisa gasruk di polisi tidur ? kirain sudah lebih aman dari Django

Barusan kemarin Sprint ama Primavera sudah dapat mesin i-Get dan penambahan beberapa perintilan seperti buka jok eletrik dan socket USB buat charging denger denger sih mangkuk clutch nya sudah ada penyempurnaan jadi ndak grenjel grenjel lagi.

Cuma katanya yang Sprint suspensinya downgrade kaya primavera cmiiw , kira kira atos banget ya Primavera Om r12qi?
sorry bgt om Yusaku, ane baru bales,,,,
baru ngeh soalnya ada om yusaku nanya,
salam kenal jg om yusaku,

oia skrg memang sudah jadi mesin i-Get, memang ada perbaikan di sisi clutchnya lebih halus lagi. tp ya seperti om yusaku bilang, gregel berkurang tp suspensinya malah downgrade, jadi banyak yg beli sprint i-Get langsung ganti suspensinya sama sprint lama.
klo ane kebetulan memang udh biasa pake suspensi primavera, biarpun keras tp udh kebiasaan. jadi no problem :mky_03:
>
>
>
>
>
>
>
oia sekalian berbagi pengetahuan, ane ada permasalahan di primavera ane pas awal puasa kmren,
sebagai informasi bagi temen2 yg lain yg mempunyai permasalahan yg sama dgn ane,

pada senin pagi kmren, primavera ane gak bisa di starter, trs ane coba liat kelistrikan, ternyata semua normal. dari mulai sekring, klakson, injector pump, sein. lalu ane periksa aki di bawah injekan kaki, dan ternyata ane tes api, akinya pun masih sehat walafiat.

posisi motor ane ada di daerah curug (tangerang) dan beres paling deket di Serpong (jarak lurleb 10 km), jadi gak mungkin di stood motor lain sejauh 10 km. Lalu langsung telp beres dan ternyata untuk mekanik yg bisa dateng ke rmh, bisanya minggu dpn, minggu ini jadwal penuh.

lalu ane gak keabisan akal, ane googling aja permasalah di internet, dan ada permasalahan yg mirip sm ane, dan pelakunya adalah relay starter. termia kasih buat blogger jurnalsabda. doi punya masalah kyk gini jg cuman doi di vespa lx. punya ane primavera.

dengan bermodal info dari agan keilix dan dari mekanik di serpong, bahwa posisi relaynya ada di sisi kanan injekan kaki. yang jadi masalah adalah bagaimana cara ngebuka body primavera, berbekal info dari mekanik, ane coba ngelakuinnya sendiri keesokan harinya.

pagi2 ane langsung buka aki lalu ane buka bagian depan deket kunci
Image

lalu setelah itu, ketika sudah kebuka semua baut di saku dan deket lampu sein, bisa dibuka pelan2, dengan catatan kotak sekring harus didorong ke dalam sedikit, biar lebih memudahkan dalam pembukaan body,
Image
disitu ada dua baut lagi yg harus dibuka supaya bagian injekan kaki tidak terjepit.

lalu setelah membuka baut2 di bawah injekan kaki ternyata ada baut tersembunyi di daerah karet paling luar,
Image
setelah semua bisa dibuka, barulah keliatan posisi relaynya, dan ane langsung aja buka itu relay (ane ingetin posisi kabel ke relay biar gak kebolak-balik pas masangnya lagi). dan inilah penampakan elaynya
Image
selain ada karat, ternyata di dalam relay banyak ditemukan semut merah, ane lupa moto.
lalu ane bersihin dlu relaynya siapa tau bisa dipake, dicoba lagi dan ternyata starternya gak jalan jg,

lalu ane ke beres, beli relay baru harganya Rp. 55,000. ane balik lg ke rmh, langsung coba pasang lg.
Image
dan akhirnya ane coba starter dan alhamdulillah bisa nyala lagi. ane cek semua kelistrikan dlu sebelum ane pasang lg body primaveranya.

dan vespa primavera ane kembali seperti sedia kala, pengetahuan ini sangat membantu buat ane dimasa depan, jikalau ada apa2 lg.
terima kasih buat semua pihak yg membantu,
dan akhir kata semoga bermanfaat, salam vesmod :big_peace: :big_peace: :big_peace:


Image
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
cim_out
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Dec 02, 2011 6:15
Location: Surabaya
Daily Vehicle: X125aja

Re: Vespa Modern

Post by cim_out »

Bro/sis...

Tahu tempat service vespa modern (LX, Primavera, S, dkk) rekomendasi selain BERES kah ???
Lokasi di Surabaya.

Trimz
Timo
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Vespa Modern

Post by akbrn »

Ikut nimbrung ah

Baru dtg primavera nih di rumah, ngegantiin vario old yang udah 14 thn....

Suhu suhu sekalian mau tanya, untuk oli mesin primavera iget yg paling enak pake merek & SAE brp?

Liat di buku manual disaranin pake castrol 10w40, baca2 di kamar sebelah ada yg pake motul 5w40 LE.

Mohon pencerahannya suhu. Terima kasih
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Vespa Modern

Post by Ibet »

akbrn wrote: Tue Sep 22, 2020 15:28 Ikut nimbrung ah

Baru dtg primavera nih di rumah, ngegantiin vario old yang udah 14 thn....

Suhu suhu sekalian mau tanya, untuk oli mesin primavera iget yg paling enak pake merek & SAE brp?

Liat di buku manual disaranin pake castrol 10w40, baca2 di kamar sebelah ada yg pake motul 5w40 LE.

Mohon pencerahannya suhu. Terima kasih
Kebetulan saya pemakai Primavera lalu ke Sprint i-get.
Biasanya saya malah pakai Enduro 4T 10w-40, lebih kental sedikit dari 5w-40 tapi sudah API SL dan JASO MA2.
Beli 2 botol, sisanya simpen buat oil change berikutnya.

Sebenarnya mintanya seri 5w-40 API SL JASO MA2 dan volume 1.34L.
MrBroco
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 02, 2023 11:34
Location: Indonesia

Re: Vespa Modern

Post by MrBroco »

Vespa yg baru skrg hrg nya brp ya gan?
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Vespa Modern

Post by akbrn »

Ibet wrote:
Kebetulan saya pemakai Primavera lalu ke Sprint i-get.
Biasanya saya malah pakai Enduro 4T 10w-40, lebih kental sedikit dari 5w-40 tapi sudah API SL dan JASO MA2.
Beli 2 botol, sisanya simpen buat oil change berikutnya.

Sebenarnya mintanya seri 5w-40 API SL JASO MA2 dan volume 1.34L.
sorry notifikasi baru muncul beres update tapatalk, padahal udah setaun lebih.

selama pake enduro aman ngga ada noise ngeletrek & mesin tiba2 mati?

pengalaman dulu di mio punya partner, pake enduro mesin suka overheat & tiba2 mati kl udah dipake lumayan jauh.
MrBroco wrote:Vespa yg baru skrg hrg nya brp ya gan?
entry level LX150 start 33.5 wil jabar
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Vespa Modern

Post by Ibet »

akbrn wrote: Thu Feb 09, 2023 15:59
Ibet wrote:
Kebetulan saya pemakai Primavera lalu ke Sprint i-get.
Biasanya saya malah pakai Enduro 4T 10w-40, lebih kental sedikit dari 5w-40 tapi sudah API SL dan JASO MA2.
Beli 2 botol, sisanya simpen buat oil change berikutnya.

Sebenarnya mintanya seri 5w-40 API SL JASO MA2 dan volume 1.34L.
sorry notifikasi baru muncul beres update tapatalk, padahal udah setaun lebih.

selama pake enduro aman ngga ada noise ngeletrek & mesin tiba2 mati?

pengalaman dulu di mio punya partner, pake enduro mesin suka overheat & tiba2 mati kl udah dipake lumayan jauh.
Aman om no problem.
Ga ada gejala penguapan yang berlebihan sih, pas banget awal feb kemarin baru ganti ..
Sudah jalan 1500 km / 4 bulan dari terakhir ganti .. Masih enak ..

I see, saya tahun 2009 pakai Mio gen awal (karbu) memang penguapannya dahsyat sih .. sampai dikomplain sama mekanik pas ganti oli, padahal saya ngikutin interval 2000 km .. Apa memang engine nya panas berlebih karena ngumpet di balik cover .. saya kurang tau jg om.

saya mau coba PTT di next interval ..