Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by bm9792ct »

mj2005 wrote:
bm9792ct wrote: 04 Oct 2019, 18:11
newcity_vtec wrote:Pernah ngalamin gara2 radiator pecah ndak ketahuan kena ke mesin.
Ada rembesan oli keluar di tutup oli mesin.
Kl mesin nyala, keluar asap (lp warna apa) dr tutup oli, tiap berapa saat rajin isi oli.
Dan seinget saya kena ke glow plug juga. Mesin susah nyalanya.
Kl tenaga masih oke buat bawa barang.
Setiap abis service, mesin nyala gampang, tp ya ujung2-nya susah nyala lagi.
Akhirnya glow plugnya pun kena.
Akhir kata setelah ada waktu, turun mesin.
Bener. Overhaul dipending dulu krn nunggu waktu kosong.biasanya lama pengerjaan 1minggu ya ??
Maklum kendaraan angkutan gk nambang kelamaan ya dapur kacau.
Ane tinggal di Riau. Pekanbaru.
Masih nyari2 bengkel yang reputasi bagus. Apa sebaiknya ke bengkel resmi ya? Takut stroke biayanya. suruh ganti ini itu.
Coba dikonsultasilan dulu di bengkel attiyah, jl dirgantara pekanbaru, disitu langganan PSF (pajero sport family). Lokasi silahkan lihat mbah google.
Makasih om kebetulan gk jauh dari lokasi map. Nanti saya sempatkan konsultasi bengkel tsb.
Trims referensi nya.
Salam 3 pedal tapi belum turbo :3
GT888
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 22 Apr 2017, 09:04

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by GT888 »

Givrun wrote: 05 Oct 2019, 14:16
GT888 wrote: 05 Oct 2019, 08:04
Givrun wrote: 04 Oct 2019, 19:29

Yg ini kayak nya Blow by gas om , oli nya gak berkurang byk kan..?
Coba cek PCV nya .. apa kluar asap yg sama.
Imho masih aman dan lama baru turun mesin

Kasih oli yang bagusan
atau nano energizer juga boleh.

blow by gas sih kata nya di ukur nya beda lagi sama tes kompresi. Belum prnah ketemu yg punya alatnya d tempat ane.
Terima kasih om pencerahannya. Oli berkurang sedikit sekali om. Benar dari pcv keluar asap yang sama. Oli sekarang kebetulan pakai y*cco transpro 10-40. BBM full bio solar tanpa racun. Jadi masih aman ya om kalo kondisi begini?
Aman om , blow by gas tinggi karna kompresi tinggi , mungkin ada keausan / gap di part mesin jadi mengalir keluar dari sela2 part mesin. Gak kerasa perbedaan tenaga, Beda sama ring piston aus di barengi oli berkurang dan asap putih karna ini oli masuk ruang bakar.
Terima kasih om penjelasannya. Kalo untuk mencegah asap berarti coba ganti oli nya dan kasih nano energizer ya om? Ada refrensi merk kah? Saya dikasih tau orang bengkel katanya coba ganti BBM pakai dex dulu. Apakah ada efek dari penggunaan bio solar juga om?
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by Givrun »

GT888 wrote: 06 Oct 2019, 07:47

Ane jga dlu lmayan nampung oli om. Walau selang pcv nya buang ke bawah gak balik ke turbo. tetap ane pakai in OCT biar bisa liat brapa banyak oli yg tertampung.

Blow by sih imho pasti ada karna parts baru pun mnrut ane gak bisa mnyekat 100% , tinggal besaran yg d ijinkan seberapa. Kcuali d balapan nah mereka coba2 terus gonta ganti parts sampai dapet blow by paling minim. Jadi ya ane coba minimalisir gap nya aja pakai nano2.
Kalau ane kmaren pakai nano energizer kasih oli murah , sayang oli mahal campur aditif , :big_blushing:

Ane pakai nya CAT DEO 15w40 beli d trakindo .. kisaran 55-60 ribu/ liter. Cat DEO = mobil delvac MX 15w40. Tapi agak susah d tempat ane delvac mx. Takut dapat palsu juga.

Stelah 3000 km lebih ane drain .. oli yg keluar hitam keabuan bekas nano2, karna liat gitu ane dorong sisa oli d mesin dgn 1 liter oli murah atau mau lebih ok. pakai oli murah beberapa ratus km drain lagi. Skalian cuci2 jeroan mesin maksudnya. Tetap sebelum ganti oli yang bagus ane dorong dlu sisa oli pakai oli murah 1 liter. Filter oli ganti tiap ganti oli jadi ane stok filter oli yg murah2 aja. Pakai wixx rekomen d sini.

Biosolar ane campur aditif PSDK om. kadang kalau kehabisan oplos 50.000 dex.

Prnah juga pakai aditif PTT 1 kaleng rp 50.000 an buat 1 x full tank Tapi ane kalau kurang dikit udh isi lagi. rada sayang pakai ptt mnurut ane karna Itu kaleng nya skali d buka gak bisa d tutup lagi hehe.

https://www.blibli.com/p/dijaminmurah-p ... 0050-00001

ane pakai itu di 2kd , bisa sampai 15.000 km atau 1 tahun
brdasarkan rekomen suhu2 d SM

ane pakai itu karna mobil nya sering luar kota. Jadi 15.000 km kurang dari setahun.
Spek oli yacco ane krg tau .. masih nubie soal oli2 , baru kenal bbrp merk oli juga stelah knal forum ini.. :big_childish:
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by Givrun »

Ini ada beberapa youtuber yg ngetest penggunaan nano ceramic engine coating om.. kayak yg dpakai nano energizer.

LIQUIMOLY CERATEC TEST

https://youtu.be/Nz7L1JQrxVs

piotr tester

https://youtu.be/5H_mZTh5bHY

farm project


NANO ENERGIZER TEST

https://youtu.be/Cp7_EOmRpfU

piotr tester

XADO TEST
Xado AMC Maximum Diesel Truck
https://youtu.be/sa4tuzNY2d0

Piotr tester
bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by bm9792ct »

Hallo semuanya. L300 saya jadi turun mesin. Hasil bongkarnya di piston ke 3 ring pecah. Dan dinding silinder/boringnya mengalami keretakan. Sehingga dinding harus digrinda untuk mengeluarkan piston karena macet. Retak.
Part yang dibeli
1 set ring piston. 920k.
1 set kepala piston. 940 k.
Ganti boring 1 set. Est 2.400k.
Sisanya belum dibeli :packing1 set. Metal duduk dan jalan 1 set.
Btw part piston dan ringnya merk mitsubishi indonesia(lokal) apa sama bagusnya dengan yang bawaan pabrik?
Montirnya bilang sih ini gk asli jepang/ktb.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by MSU »

bm9792ct wrote: 08 Oct 2019, 18:16 Hallo semuanya. L300 saya jadi turun mesin. Hasil bongkarnya di piston ke 3 ring pecah. Dan dinding silinder/boringnya mengalami keretakan. Sehingga dinding harus digrinda untuk mengeluarkan piston karena macet. Retak.
Part yang dibeli
1 set ring piston. 920k.
1 set kepala piston. 940 k.
Ganti boring 1 set. Est 2.400k.
Sisanya belum dibeli :packing1 set. Metal duduk dan jalan 1 set.
Btw part piston dan ringnya merk mitsubishi indonesia(lokal) apa sama bagusnya dengan yang bawaan pabrik?
Montirnya bilang sih ini gk asli jepang/ktb.
Kalo belinya barang asli KTB walaupun lokal harusnya kualitas bisa dipertanggungjawabkan..setahun lalu sy turun..tp parts gado2...piston kl ga salah izumi..ring NPR..ya mekanik ada kepercayaan masing2...packing set mending asli aja..mumpung udh turun koin2 air mending cek sekalian krn kl perlu ganti posisi sulit
bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by bm9792ct »

Koin air mksdnya bagian yg mana ya om.
Ini boring sama pistonnya baru. Berarti pemakaian awal nanti klo dihajar angkat berat gpp?
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by Givrun »

Koin blok mesin om , salah satu penyebab air radiator berkurang. Bisa bikin overheat


Imho better sih , inreyen dlu om..
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by MSU »

koin air di dinding blok mesin om...kalo biasa pake air non coolant biasa gampang tergerus krn karat
untuk pemakaian awal inreyen dulu mendingan..supaya awet & semua komponen mesin "duduk" dl.
dulu abis turmes kuda diesel..besoknya saya pake ngantor (via tol)..lari 100km/h..montirnya yg ngomel2...abis turmes koq lsg ngebut wkwk..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by marmut »

bm9792ct wrote: 09 Oct 2019, 11:08 Koin air mksdnya bagian yg mana ya om.
Ini boring sama pistonnya baru. Berarti pemakaian awal nanti klo dihajar angkat berat gpp?

core plug bahasa resminya.
atau bilang saja plug buat air yang di blok mesin. ada beberapa mesin yang pakai lebih dari 1 ukuran plug, tinggal dilihat sebelah mana yang mau diganti.
kalau malas ganti, biasa tambal pakai lem epoxy.

setelah mesin nyala, jangan lupa inrijden atau break in dulu, ada yang saran 500 KM cukup, ada pula penganut musti 1000 KM.
dan sebaiknya tidak bawa beban berat saat inreyen.


*geser mic ke suhu yang ahli mesin untuk keterangan lebih lanjut.
goldenprojector
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 01 Sep 2019, 23:26
Location: Medan
Daily Vehicle: Ford Ranger

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by goldenprojector »

Om turbo..maaf oot..Unggul Jaya Diesel bisa ngerjain injector dan injeksi pump commonrail??
Ada contact yg bs dihubungi di UJD...
Thks
bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by bm9792ct »

marmut wrote:
bm9792ct wrote: 09 Oct 2019, 11:08 Koin air mksdnya bagian yg mana ya om.
Ini boring sama pistonnya baru. Berarti pemakaian awal nanti klo dihajar angkat berat gpp?

core plug bahasa resminya.
atau bilang saja plug buat air yang di blok mesin. ada beberapa mesin yang pakai lebih dari 1 ukuran plug, tinggal dilihat sebelah mana yang mau diganti.
kalau malas ganti, biasa tambal pakai lem epoxy.

setelah mesin nyala, jangan lupa inrijden atau break in dulu, ada yang saran 500 KM cukup, ada pula penganut musti 1000 KM.
dan sebaiknya tidak bawa beban berat saat inreyen.


*geser mic ke suhu yang ahli mesin untuk keterangan lebih lanjut.
Ok udah diproses bang.
Costnya 5.5jt untuk parts. Jasa 2jt.
Semua hampir 8jt.
Mesin sudah ga nglitik semoga awet.
Dan masukan buat kendaraan niaga yang lain filter udara rutin min 1minggu sekali. Tergantung rute lokasi berdebu.
Kalau habis inrejen baiknya ganti oli baru lagi ya ?

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by marmut »

bm9792ct wrote: 15 Oct 2019, 16:29
-

Kalau habis inrejen baiknya ganti oli baru lagi ya ?

ya, betul.
dhiya
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Jan 2022, 15:28
Daily Vehicle: Fortuner 2KD

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by dhiya »

bm9792ct wrote: 15 Oct 2019, 16:29
marmut wrote:
bm9792ct wrote: 09 Oct 2019, 11:08 Koin air mksdnya bagian yg mana ya om.
Ini boring sama pistonnya baru. Berarti pemakaian awal nanti klo dihajar angkat berat gpp?

core plug bahasa resminya.
atau bilang saja plug buat air yang di blok mesin. ada beberapa mesin yang pakai lebih dari 1 ukuran plug, tinggal dilihat sebelah mana yang mau diganti.
kalau malas ganti, biasa tambal pakai lem epoxy.

setelah mesin nyala, jangan lupa inrijden atau break in dulu, ada yang saran 500 KM cukup, ada pula penganut musti 1000 KM.
dan sebaiknya tidak bawa beban berat saat inreyen.


*geser mic ke suhu yang ahli mesin untuk keterangan lebih lanjut.
Ok udah diproses bang.
Costnya 5.5jt untuk parts. Jasa 2jt.
Semua hampir 8jt.
Mesin sudah ga nglitik semoga awet.
Dan masukan buat kendaraan niaga yang lain filter udara rutin min 1minggu sekali. Tergantung rute lokasi berdebu.
Kalau habis inrejen baiknya ganti oli baru lagi ya ?
Bengkel turunnya dimana om bm9792ct?
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by silentIm2 »

Coba filter solar diganti dulu om. Kalo ga ya baru dicek bospom + nozzle sekalian turun mesin. Kalo biaya rasanya ga sampe 10 juta, kemahalan bgt itu. Saya turunin fuso 220 ps saja cuma 5-6 juta. Kalo mobil beban mah oli ga boleh lama2 om, maks 5000 km saja, apalagi overload kayak gitu sampe 2 ton.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
dhiya
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Jan 2022, 15:28
Daily Vehicle: Fortuner 2KD

Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus

Post by dhiya »

silentIm2 wrote: 10 Jan 2022, 19:15 Coba filter solar diganti dulu om. Kalo ga ya baru dicek bospom + nozzle sekalian turun mesin. Kalo biaya rasanya ga sampe 10 juta, kemahalan bgt itu. Saya turunin fuso 220 ps saja cuma 5-6 juta. Kalo mobil beban mah oli ga boleh lama2 om, maks 5000 km saja, apalagi overload kayak gitu sampe 2 ton.
Nurunin fuso nya dimana om? lagi cari bengkel diesel yg ga serakah :)
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post