2022 Honda BR-V Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by pendoli »

Kemaren liat di jalanan, putihnya cakep yak pearl effect gitu
Attachments
D24EB54B-7399-4749-B3CF-E64DD7A58083.jpeg
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

vipere wrote: 05 Feb 2022, 22:02
nah justru kalo tancep gas gak ada masalah, tarikan nya enak. kalo jalan di bawah 40 km aja..kalo lepas gas , mobil langsung ketahan.
terus kita injek gas dikit kayak loncat gitu.
akhirnya penasaran, tadi baca2 di komunitas rocky raize, ternyata banyak yang ngalamin gitu, jadi ternyata engine break nya rocky
karakternya emang gitu kalo di low speed , mendadak kayak ketahan gitu, kayak bensin nya di cut off, mungkin mau bikin irit bbm atau apa gak tau lah.hehe.

Dan karena baca2 tadi, ternyata rocky yg gak bisa nanjak yg rame itu, udah ketemu juga masalahnya,
katanya jalur intakenya rapet banget ,kayak orang pake double masker,
setelah dilonggarin , dicobain di tanjakan yg sama berkali kali, nanjak dengan lancar.
Jangan2 veloz karena ini juga, apa jalur intake nya sama kayak rocky juga ?

Berikut detail jalur intake rocky :
engine brake biasanya sih berasa efeknya dari karena giginya diturunin sih, mesinnya ngeden karena gigi yang bawah kaget kena speed diluar rationya dia, bisa jadi karena dia pindah rationya kebanyakan mungkin dari 7 bisa tau2x ke 4 atau 3 ya ngedennya jadi parah, tapi emang dari jaman saya bawa yaris bakpao emang kacau sih setelan maticnya toyota kek ngasal gitu, dulu yaris kek gak ada engine brake akhirnya saya maen tangan sendiri turunin dari D KE O/D - 2 kadang ke 1 itu mobil kalo saya pake terus bisa rontok keknya maticnya :big_bored:

kalo liat di video sih intakenya aneh bener ud dinaekin ngapain di buang ke bawah kek sengaja buat nyedot aer jadinya :big_biglaugh:

dia bandingin sama mobilio ada di samping gitu kan??? faktanya BRV lama sih pindah ke bawah kap belalainya makannya saya bilang BRV nerabas banjir bisa lebih dalem karena intakenya ditingiin juga makannya BRV sama mobilio kalo orang awam sih liat sama aja saya ud ngecek detail teknisnya sebenernya banyak bedanya kalo ngerti mah pasti lari ke BRV apalagi kalo tujuannya angkut 7 orang :big_biglaugh:

kalo intake di bikin belalai muter2x gitu biasanya tujuannya biar udarannya ke kompress dulu sebelom masuk ke throttle body efeknya torsi bawahnya lebih dapet, jeleknya biasanya nafasnya jadi lebih pendek :big_smile]

ya mungkin intakenya rocky terlalu lebay dan muter2x gak jelas akhirnya udara yang masuk jd gak maksimal :big_bored:

tapi kalo mobilnya matic butuh torsi bawah makannya karena mobil saya matic saya gak berani ganti2x filter model kebuka biasanya saya ganti replacement aja takut bawahnya ngempos, biarpun pake open di dyno mungkin hpnya keliatan naek tapi curva torsinya gak bagus buat matic :big_bored:
Suryaputra wrote: 05 Feb 2022, 22:25
Itu desain kyk gtu, biar klo banjir, gak gampang kemasukan air kali ya :big_childish:
malah ngurang2xin kemampuan nerabas aernya sih malah bahaya itu pas mesin nyedot udara pas dia mulai kena aer jd aernya ikut2xan kesedot dulu ada kasus CRV GEN 1 dinyalain pas banjir ud dalem banget taDiannya gak kenapa2x karena yang nyalain cewe gak ngerti malah di gas sama dia ya yang ada itu mesin nyedot aer akhirnya bukan water hamer lagi tapi water tsunami ke mesin :big_biglaugh:

Image

Image

yang bener ya kayak gini mbah ini mesinnya BRV :big_smile]

Image

kalo gak ini pajero lobangnya bener2x diatas :mky_01:
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Mercer29 »

vipere wrote: 05 Feb 2022, 15:10
saya lagi komplain ke bengkel, mau dicek lagi..rocky saya di kecepatan rendah, kalo kita lepas gas tiba2 ..mobilnya kayak nahan gitu, terus tiba tiba agak nyentak maju, kayak ndut ndutan, ada hubungannya ama dcvt ini gak ya ?
masa cvt gak mulus gitu, sedangkan mobil saya yang pake konvensional AT aja mulus mau lepas gas kek.

Sepertinya emang gini sih karakter nya, dia begitu engine brake kalo liat di meter instantaneous fuel cons langsung mentok kanan bar nya. Begitu dia tiba" release engine brake nya dan nge-loss sendiri langsung turun tuh fuel cons bar, dan ketika dia gini kadang jadi ada ndut" an khas mesin kecil.

Accel nya sih emang undoubtedly mulus, cuma decel nya aja yang kadang bikin bingung. Saya biasanya sih kalo udah mulai low speed gitu nghindarin coasting, gas tipis aja terus rem kalo perlu. Oh tapi kadang kalo on off pedal gitu begitu di gas agak dalem bisa kerasa agak kaget gitu.

Tapi betul, apapun yang bisa jadi komplain an, di komplain aja ke mereka :big_biglaugh:

vipere wrote: 05 Feb 2022, 22:02
Dan karena baca2 tadi, ternyata rocky yg gak bisa nanjak yg rame itu, udah ketemu juga masalahnya,
katanya jalur intakenya rapet banget ,kayak orang pake double masker,
setelah dilonggarin , dicobain di tanjakan yg sama berkali kali, nanjak dengan lancar.
Jangan2 veloz karena ini juga, apa jalur intake nya sama kayak rocky juga ?

Kalo menurut respon mereka di artikel ini sih sepertinya emang intake design nya ada kaitan juga sama intake air temp nya yah...

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... u?page=all
2021 W101RE LBVFJ
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by kunaskun »

Mercer29 wrote: 07 Feb 2022, 18:55 Sepertinya emang gini sih karakter nya, dia begitu engine brake kalo liat di meter instantaneous fuel cons langsung mentok kanan bar nya. Begitu dia tiba" release engine brake nya dan nge-loss sendiri langsung turun tuh fuel cons bar, dan ketika dia gini kadang jadi ada ndut" an khas mesin kecil.

Accel nya sih emang undoubtedly mulus, cuma decel nya aja yang kadang bikin bingung. Saya biasanya sih kalo udah mulai low speed gitu nghindarin coasting, gas tipis aja terus rem kalo perlu. Oh tapi kadang kalo on off pedal gitu begitu di gas agak dalem bisa kerasa agak kaget gitu.

Tapi betul, apapun yang bisa jadi komplain an, di komplain aja ke mereka :big_biglaugh:
di Rocky 1.2 CVT saya juga gitu. Paling nyebelin itu kaya dikit2 heavy braking, padahal niat remnya dikit eh karena tetiba kaya ga ada tahanan engine brake jadi malah kebanyakan.

feeling si engine cut-off kelewat agresif dan ditunjang dengan setelah baca2 Technical Manual Service Toyota ada temuan menarik:
1. Ada 2 Forward Clutch, untuk Split Gear System. Jadi sepertinya yang pertama untuk Belt, yg kedua untuk Split Gear.
Image

2. Split Gear System at lower speed. Jadi dari grafik terlihat kalau sebenernya split gear system ini sebisanya dipake untuk "fuel economy + dynamic"
Image

3. Lock Up Clutch expanded to lower speed. Nah ini jadi ketambahan lagi satu faktor. coasting at lower speed with lock up clutch.
Image

nah tebakan saya, sepertinya programming TCM belum maksimal jadi kurang pas dengan city traffic indo, makanya jadi ndut2an, karena dikit2 split gear, dikit2 lock up clutch, jadi kebingungan dan sepertinya ketambahan lagi itu engine cut-off kelewatan agresifnya. istilah kerennya "erratic" alias ga ketebak ini mobil kenapa. Semoga bisa diperbaiki dengan update software saja

sementara ini kalau baca2 di FB Group Rocky Raize ada yang klaim pake "velocity stack ring" bisa bantu, saya selama ini ga mau cobain karena selama ini sudah pake filter udara K&N. Tapi karena penasaran akhirnya order juga :big_slap:
Kalo menurut respon mereka di artikel ini sih sepertinya emang intake design nya ada kaitan juga sama intake air temp nya yah...

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... u?page=all
kayanya less likely ya dari intake air temperature, karena saya iseng ukur suhu air intake itu di ruang mesin macet2an siang hari hanya 66C dengan thermometer gun murahan. katakan meleset sampe jadi 70C saja masa iya sudah ganggu kinerja mesin?
tapi memang air intake assy Rocky 1.2 ini rada aneh, dibikin panjang dan muter2 mungkin tujuan kasihnya efek low torque tapi intake inlet-nya ditaro di belakang grill pas diatas Condensor. Udah kecil banget, dan di dalemnya ada dirt trap lagi. karena bentuknya gini, tebakan saya Wadding Depth sebelum itu intake nyedot air dan air masuk kabin bisa sampe setinggi Ban, karena ada water drain hole di Air Filter Assy (seperti biasanya)
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Mercer29 »

kunaskun wrote: 19 Mar 2022, 16:23

di Rocky 1.2 CVT saya juga gitu. Paling nyebelin itu kaya dikit2 heavy braking, padahal niat remnya dikit eh karena tetiba kaya ga ada tahanan engine brake jadi malah kebanyakan.

nah tebakan saya, sepertinya programming TCM belum maksimal jadi kurang pas dengan city traffic indo, makanya jadi ndut2an, karena dikit2 split gear, dikit2 lock up clutch, jadi kebingungan dan sepertinya ketambahan lagi itu engine cut-off kelewatan agresifnya. istilah kerennya "erratic" alias ga ketebak ini mobil kenapa. Semoga bisa diperbaiki dengan update software saja

sementara ini kalau baca2 di FB Group Rocky Raize ada yang klaim pake "velocity stack ring" bisa bantu, saya selama ini ga mau cobain karena selama ini sudah pake filter udara K&N. Tapi karena penasaran akhirnya order juga :big_slap:

Bukannya split gear system engage nya waktu udah pick-up pace di kecepatan medium sampe tinggi ya om? Harusnya waktu low-speed yang bermain cuma lockup clutch nya aja sih, split gear system nya hanya ngandalin belt mode buat transfer tenaga.

Tapi memang lockup nya agresif sih, di Veloz saya kerasa banget kalo mau gerak cepat dari lampu merah gitu rpm awal naik sampai 2.5rb rpm kemudian ngga lama lockup engage dan rpm jadi turun jauh ke 1.5rb aja dan tarikannya jadi menurun meskipun boleh dibilang halus proses lock nya.

Ngomong" velocity stack ring ini apaan ya om? Buat apa ya fungsi nya?
2021 W101RE LBVFJ
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by kunaskun »

Mercer29 wrote: 23 Mar 2022, 11:49 Bukannya split gear system engage nya waktu udah pick-up pace di kecepatan medium sampe tinggi ya om? Harusnya waktu low-speed yang bermain cuma lockup clutch nya aja sih, split gear system nya hanya ngandalin belt mode buat transfer tenaga.
nah harusnya seperti itu ya, tapi dari grafik yang saya lihat, walau tidak jelas di kecepatan berapa, terlihat kalau split gear bisa engage di kecepatan rendah.
dan ada hint: fuel economy dan performance dynamics. Fuel econ: tentu saja dengan gigi konstan akan lebih irit. Begitu juga Performance Dynamics: mechanical feel dari Stepped Gear/Geared AT tentu unggul dari CVT.
Tapi memang lockup nya agresif sih, di Veloz saya kerasa banget kalo mau gerak cepat dari lampu merah gitu rpm awal naik sampai 2.5rb rpm kemudian ngga lama lockup engage dan rpm jadi turun jauh ke 1.5rb aja dan tarikannya jadi menurun meskipun boleh dibilang halus proses lock nya.
nah ini lock-up bisa jadi dari Split Gear bisa jadi juga dari lockup clutch. karena logisnya lockup clutch kayanya drop rpm ga sebesar, biasanya kan hanya berasa kalau pas lepas gas dikit terasa meluncur = coasting.
Ngomong" velocity stack ring ini apaan ya om? Buat apa ya fungsi nya?
nah ini saya ketemu ada yg review secara teknis:
https://id.quora.com/Apakah-dengan-mena ... -meningkat

kalau di Rocky 1.2 CVT saya cobain beberapa km utuk dalkot, yg berasa:
1. power delivery lebih rata, respon pedal gas lebih masuk akal, ga ndut2an "jerky" / "erratic" gitu.
2. lepas gas di kecepatan rendah biasa ndut2an ini berkurang banget, mungkin 50-70%, dan kalau ndut2an ga sampe ganggu, paling berasa saja ada seperti engine brake dan bisa dikontrol dengan atur irama gas dikit.
kebetulan saya sudah pakai filter udara K&N dan pasang Ground Cable dari Throttle Body langsung ke sub frame, tapi velocity ring ini pengaruhnya lebih berasa bukan sugesti, lumayan ga nyebelin terutama di nomor 2.

memang seperti link diatas, ini benda "aneh" karena aslinya buat mesin mekanis kuno dan design kotak udaranya emang sudah dibikinin sama engineer jepang ada gituan jadi buat apa ditambahin but it works :big_biglaugh:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by alvin23 »

kunaskun wrote:
Mercer29 wrote: 23 Mar 2022, 11:49 Bukannya split gear system engage nya waktu udah pick-up pace di kecepatan medium sampe tinggi ya om? Harusnya waktu low-speed yang bermain cuma lockup clutch nya aja sih, split gear system nya hanya ngandalin belt mode buat transfer tenaga.
nah harusnya seperti itu ya, tapi dari grafik yang saya lihat, walau tidak jelas di kecepatan berapa, terlihat kalau split gear bisa engage di kecepatan rendah.
dan ada hint: fuel economy dan performance dynamics. Fuel econ: tentu saja dengan gigi konstan akan lebih irit. Begitu juga Performance Dynamics: mechanical feel dari Stepped Gear/Geared AT tentu unggul dari CVT.
Tapi memang lockup nya agresif sih, di Veloz saya kerasa banget kalo mau gerak cepat dari lampu merah gitu rpm awal naik sampai 2.5rb rpm kemudian ngga lama lockup engage dan rpm jadi turun jauh ke 1.5rb aja dan tarikannya jadi menurun meskipun boleh dibilang halus proses lock nya.
nah ini lock-up bisa jadi dari Split Gear bisa jadi juga dari lockup clutch. karena logisnya lockup clutch kayanya drop rpm ga sebesar, biasanya kan hanya berasa kalau pas lepas gas dikit terasa meluncur = coasting.
Ngomong" velocity stack ring ini apaan ya om? Buat apa ya fungsi nya?
nah ini saya ketemu ada yg review secara teknis:
https://id.quora.com/Apakah-dengan-mena ... -meningkat

kalau di Rocky 1.2 CVT saya cobain beberapa km utuk dalkot, yg berasa:
1. power delivery lebih rata, respon pedal gas lebih masuk akal, ga ndut2an "jerky" / "erratic" gitu.
2. lepas gas di kecepatan rendah biasa ndut2an ini berkurang banget, mungkin 50-70%, dan kalau ndut2an ga sampe ganggu, paling berasa saja ada seperti engine brake dan bisa dikontrol dengan atur irama gas dikit.
kebetulan saya sudah pakai filter udara K&N dan pasang Ground Cable dari Throttle Body langsung ke sub frame, tapi velocity ring ini pengaruhnya lebih berasa bukan sugesti, lumayan ga nyebelin terutama di nomor 2.

memang seperti link diatas, ini benda "aneh" karena aslinya buat mesin mekanis kuno dan design kotak udaranya emang sudah dibikinin sama engineer jepang ada gituan jadi buat apa ditambahin but it works :big_biglaugh:
Ternyata pak kunaskun rockynya yg 1.2 toh

Kl 1.2, si velocity stack ngaruh om? Saya rocky 1.0 turbo, ngaruh ga ya wkwkk
Rocky R ADS CVT 2021
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by kunaskun »

alvin23 wrote: 26 Mar 2022, 11:18 Kl 1.2, si velocity stack ngaruh om? Saya rocky 1.0 turbo, ngaruh ga ya wkwkk
sellernya malah blg ini diciptakan buat Rocky Raize Turbo. :big_grin:
cuma saya saja yang jahil pasang karena di marketplace tsb ada yang review pake di mesin 1.2 dengan hasil yang positif.
ini sudah hari ketiga cobain, rasanya di pedal gas ga "ndut2an" seperti sebelumnya, pedal gas juga lebih halus delivery-nya. ibarat kalau sebelumnya kalau di Throttle Controller set ke Sport +7 ini berkurang jadi Sport +3/+4 :mky_03:
Didihasnaasri83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 11 Aug 2020, 16:53
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Zafira

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Didihasnaasri83 »

ChZ wrote: 17 Jan 2022, 13:00 Jujur ngeliat mobil sekarang dan harga mobil yang makin aduhai apalagi duo market leader, ane sebenernya udah ilang minat liat mobil baru :big_bored: awalnya sama sekali gak berminat buat liat BRV baru.

"ah, another unreasonably priced econobox. 340jt for this?"

tapi semalam tiba-tiba nyokap nyeletuk

"eh Honda BRV baru ya bentuknya, kayaknya ngga terlalu gede. tinggi pula enak. harganya berapa?"

mengingat toyota sienta operasional kami yang mulai banyak maintenance, sepertinya mak ane sudah mulai tertarik ama nih benda 1. tapi atas nama objektivitas, ane pun browsing berapa dimensi BRV ini :

4490mm .......

yak gak usah panjang panjang bahas lebar dan tinggi, krn panjang ampir 4.5m itu udah jadi deal breaker buat mak ane. Hampir 30cm lebih panjang dari Toyota Sienta. doi selalu gak mau mobil yang lebih gede dari Xpander :ungg:

Tapi berbekal rasa penasaran, sabtu siang kemarin ane meluncur ke diler ahond, dan makin diyakinkan liat ntu unit test udah terpampang depan dealer. Sebenernya niat awal mau jejerin ama CRV tapi parkiran dilernya sempit jadi cuma bisa jejer miring....

Unreasonably Big (?)

Honestly menurut ane perkembangan ukuran LMPV/LSUV belakangan ini tuh ngga masuk akal banget. Sejak muncul Xpander, rasanya bener tuh mobil sesuai namanya "Xpand", LMPV jadi lomba gede-gedean ukuran.

Dan mimpi buruknya : Xpander baru sekarang sudah lebih panjang dari Honda CR-V. Toyota Avanza panjangnya sudah mirip Xpander lama, yang artinya ini sudah bukan compact MPV. Bayangin aja gimana kagetnya orang yang ada rezeki beli avanza baru buat upgrade avanza lama nya, musti upgrade juga kapasitas garasi / carport yang dulu parkirin old avanza aja udah mepet gerbang. Nambah 30cm dalam rentang 10 taun itu no joke sama sekali. Apalagi kalau upgrade nya dari avanza gen 1, yang sangat likely karena tipikal pengguna avanza/innova yang selalu lompat 2 generasi.

dan Honda BR-V.... secara size sebenarnya "hanya" nambah 35mm. 3.5 sentimeter kalo dijejerin juga ngga keliatan. Tapi makin mempertegas kalo BRV lama juga bukan mobil yang kecil-kecil amat.

IMG20220115132222.jpg

Tapi visually BR-V baru ini memang "menipu". Shell kabin nya dari pilar A ke belakang itu memang gak gede banget. cuma ane ngerti apa yang bikin dia panjang : moncongnya. Sayangnya panjang moncong ini juga tersamarkan karena body posture mobil ini memang tinggi.

IMG20220115131942.jpg

Tetapi kalau tidak bermasalah dengan ukuran kayak mak ane, mobil ini dari segala sisi : estetika dan proporsi, jauh lebih baik daripada previous BR-V, dan dari beberapa sisi, feels premium. ane sangat sulit ngeliat jejak old BR-V atau bahkan jejak Honda Mobilio / Brio di mobil ini.

IMG20220115132233.jpg

Bahkan saya berani bilang ini adalah not-so-small SUV di kelas ini yang desainnya paling keliatan mahal dan ngga terkesan abomination macem old BR-V atau Xpander Cross, atau Toyota Rush yang ngga jelas bentuknya mau jadi SUV tapi cungkring banget.

BR-V memberi kombinasi yang bagus bahkan dengan ukuran roda besar dengan ban 215/55/17 dan offset velg yang sepertinya agak keluar krn kesannya ruang roda BR-V ini padat. Nggak seperti pseudo-SUV pada umumnya. Ban juga lagi-lagi diberi Turanza T005a biarpun ini hanya tipe Prestige ya, yang tipe bawahnya pakai velg single tone ban tetep Dunlop Enash*t :big_weee:

IMG20220115134840.jpg

Hanya sedikit minusnya, bagian belakang a bit off. Sepertinya tim product planning lupa kalo bagian rear-end ini punya tipe paling basic jadi ngga ditambahin aksesoris apapun. Spoiler pun enggak ada di tipe Prestige Sensing seharga 340juta. Plain vanilla.

IMG20220115132212.jpg

Atau simply penjualan Mugen / Modulo kit sedikit berkurang jadi diprotes "ah loe mah jangan pasang spoiler as standard dong, kasih gw dikit nape"

Walaupun satu hal yang positif dari bagian belakang : nggak lagi jadi guyonan "pantatpenyok" macem old Mobilio/BR-V. Mulai nyadar kalo sepertinya crumple zone harusnya di bumper, bukan di bagasi.

Interior : Full of Afterthought and Recycled Parts

Sayangnya ini bagian paling bikin dahi mengkerut.

Man, Honda, c'mon. Kalian punya resource desain salam satu dasbor banyak banget. Bisa kali jangan gini banget. Honda tuh kaya udah kesel dibully salam satu dasbor tapi desain barunya nggak bagus-bagus banget juga. Malah jadi aneh.

Image

Visually saya sangat terganggu dengan bentuk ventilasi AC tengahnya. Sama sekali nggak in-line dengan bentuk dasbor keseluruhan, nggak ada garis flow dasbor yang mengarah ke sana, dia tiba-tiba aja nongol. Ini lebih buruk daripada layar touch screen di tengah dasbor.

Panel instrumennya nggak jelek sebenernya karena ketolong display MID nya yang harus comply ke Honda Sensing, tapi full color MID nya nggak nyambung sama warna panel instrumen yang lain. Kesannya seperti afterthought.

IMG20220115133901.jpg

Lalu bagian interior yang penuh dengan recycled parts dari older Hondas. Panel trim pintunya mengingatkan saya pada Jazz GK. Yes walaupun nggak se-cheapo yang lama sih setidaknya.

IMG20220115133921.jpg

Handbrake ? Masih recycled dari old BRV, walaupun plusnya ia masih handbrake mekanis, sesuai fungsi handbrake sebagai last resort untuk keamanan. Tapi bisalah kali Honda bikin yang lebih bagus?

IMG20220115133915.jpg

Satu-satunya hal yang bisa saya apresiasi adalah penggunaan bahan yang lebih baik dari BR-V sebelumnya. Setir juga terasa lebih mahal. Panel-panel interior rasanya lebih solid. Tapi balik lagi, kalau bandingannya Xpander baru, jelas masih beda kelas.

Intinya, liat interior BRV ini bisa jadi sebuah deal breaker. Apalagi kalo tipikal orang yang beli mobil tanpa test drive. Mungkin nanti tiba-tiba muncul versi dash-lift seperti Mobilio dulu.

Yang membawa kita pada poin berikutnya....

Driving : Honda, as always.

Honda low-end, walaupun sangat terkenal dengan disaster pada interior, tapi saya selalu punya good faith pada Honda urusan mengemudi. It never fails. Sama seperti bagaimana Mobilio 1st generation walaupun dasbornya seperti Chinese cars tapi drivingnya 1 level di atas Toyota Avanza seangkatannya.

Untuk permulaan, mobil ini dibekali dengan mesin L15ZF DOHC sama seperti Honda City dengan figur tenaga yang mirip. 121PS. Mated dengan transmisi CVT, yang lagi-lagi Honda sangat jenius krn tidak hajar pukul rata semua powertrainnya disamain lalu gak dituning ulang.

IMG20220115134745.jpg

Masuk ke mobil yang paling terasa adalah : BR-V ini tinggi banget. 220mm ground clearance nya bukan kaleng-kaleng. Naik ke mobil abis dari CR-V rasanya malah saya punya kesan tinggian BR-V. Walaupun driving positionnya tetap khas Honda : rendah, tapi sayang aja ntah kenapa paha ane nggak tertopang dengan benar. 1/4 bagian ke depan masih terlalu pendek. Ini juga problem di seat BR-V dan mobilio lama.

Coba jalankan mobil dan wow.... ini yang saya maksud tadi kalau CVTnya di-tuning sesuai peruntukan. Honda menyadari bahwa extra bobot di BR-V akan bikin mobilnya kedodoran jadi CVT dan throttle response dibuat lebih responsif di awal bahkan dibanding City. Untuk mencapai cruise speed, BR-V tidak kesulitan sama sekali. CVTnya bisa lock-up di speed segini untuk keperluan cruise jadi nggak terasa selip-selip nggak jelas.

Walaupun pada saat uji performance, memang baru keliatan bahwa mesin ini punya ruang lebih buat di improve. Timing pada high-RPMnya ketahan, persis dengan City waktu saya coba. Di BR-V dengan bobot lebih berat lebih terasa lagi. Walaupun saya yakin ini sih masih lebih cepet daripada Xpander baru.

Lalu soal comfort. Saat pengujian mobil ini hanya saya berdua dengan salesman. Bantingannya lebih ke arah firm. Saya malah ngerasa agak mirip feel bantingan CR-V saya walau BR-V pasti terasa di bawahnya, tapi mirip. Mungkin jika dibanding CR-V gen 4 ini masih lebih baik. NVH di kaki-kaki juga berkurang banyak dari old BR-V biarpun kalau atap yah udah keliatan lah dari video yang beredar. Hanya kalau bandingannya suspensi ngayun a la Innova atau Xpander lama, ya BR-V akan terasa sangat keras.

Yang membawa kita ke poin berikutnya : Handling. Steering feedback jelas tidak perlu dibahas, sudah sangat obvious pasti nol, walau yang baru ini masih ada rasanya sedikit.... sedikiiiiiit sekali. Tapi saya sangat impressed dengan behavior BR-V baru ini di tikungan. Kalau ingat ini mobil dengan ground clearance 220mm dan saya agak ngerasa tinggi waktu naik, minimnya body roll dan betapa nurutnya bagian depan saat menghajar roundabout dengan kecepatan sedang 40-60 km/h, safe to say bahwa pengendalian BR-V sangat baik, minimal dibanding Xpander lama, tapi on-par lah dengan New Xpander, malah sepertinya masih lebih nurut BR-V.

Yang perlu digarisbawahi : impresinya bisa berbeda dengan yang tipe bawahnya krn pengalaman Dunlop Enash*t di Xpander pun terasa keras seiring pemakaian.

Verdict : If you don't mind the interior then....

Kita ada di waktu yang aneh, dan dunia otomotif pun makin aneh kalau tidak mau dibilang kacau.

Sekarang kesan saya sudah tidak ada lagi perbedaan antara low-SUV atau low-MPV karena keduanya hanya menawarkan formula yang makin kesini makin mirip. Low-MPV makin hari makin menawarkan sesuatu yang justru dulu hanya dimiliki low-SUV dan vice-versa.

Maka dari itu walaupun nanti ada yang ngotot "lho, BR-V itu kan low-SUV harusnya lawannya Toyota Rush bukan Veloz". Mau sekeras apapun marketing HPM berusaha menjajakan mobil ini sebagai "SUV", tetap saja publik akan membandingkan mobil ini dengan Veloz dan Xpander baru. Ditambah, timing rilisnya berbarengan.

Jadi antara Veloz-Xpander-BRV, pertandingan semakin sengit. Apalagi HPM walaupun blunder besar dengan harga CR-V (yang nantinya tentu saja akan mereka akali dengan diskon besar besaran ala jualan pakaian di matahari :upss: ), tapi untuk BR-V mereka sangat cermat soal timing. Menghindari efek seperti Veloz yang kesannya langsung naik 30 juta dari awal peluncuran, dan ini menurut saya membuat BR-V terasa murah karena semua yang diberikannya. Veloz di angka 320 juta-an dan BR-V di angka 340 juta-an untuk tipe Prestige with Honda Sensing, dan saya yakin HPM memang ingin boost penjualan tipe Honda Sensing karena di luar tipe Prestige / Prestige Honda Sensing tampilannya trondol sekali.

Lagi-lagi, Honda seperti biasa unggul di urusan powertrain, dan saya selalu value engineering dan fine tuning di atas gimmicks. Karena itu selisih 20 juta nya BR-V ini buat saya murah karena memang rasanya sangat fine-tuned di powertrain, dan saya sangat yakin blunder ga bisa nanjak gak terjadi di mobil ini, powertrainnya sudah proven di older models :upss:

Tapi lagi-lagi ini soal preference, BR-V hanya layak dibeli kalau anda nggak sakit mata liat interiornya. Kalo sakit mata, just pick Xpander or Veloz.

Kalo saya sendiri dari ketiganya akan pick BR-V tapi tipe Prestige non-Sensing atau E CVT krn saya gak terlalu suka abisin berpuluh puluh juta buat sesuatu yang nggak akan banyak saya gunakan...
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by biznatch »

dikabarin sales honda kalo yg prestige sensing diskonnya 30jt+. Gede amat, baru setengah tahun juga.

Apa gak laku karena terlalu harganya nanggung ya? Mau keren sekalian HRV, kalo mau hemat bisa ke xpander atau avanza yang trim bawahnya lebih OK. :big_think:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by pendoli »

biznatch wrote: 22 Jun 2022, 23:11 dikabarin sales honda kalo yg prestige sensing diskonnya 30jt+. Gede amat, baru setengah tahun juga.

Apa gak laku karena terlalu harganya nanggung ya? Mau keren sekalian HRV, kalo mau hemat bisa ke xpander atau avanza yang trim bawahnya lebih OK. :big_think:
Jadi 316 juta yak
Yg E juga segituan diskonnya? Mungkin ya biar harganya bersaing ama Lmpv/lsuv laennya… abis gimanah, interiornya kok ngenes buat mobil 300 juta+ :big_childish:
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

biznatch wrote: 22 Jun 2022, 23:11 dikabarin sales honda kalo yg prestige sensing diskonnya 30jt+. Gede amat, baru setengah tahun juga.

Apa gak laku karena terlalu harganya nanggung ya? Mau keren sekalian HRV, kalo mau hemat bisa ke xpander atau avanza yang trim bawahnya lebih OK. :big_think:
biasa, masalah overstock wkwkwkw abis keluar HRV pada lari ke HRV semua.

baguslah, ayo akhir taun tembus 50 lagi kayak dulu :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 24 Jan 2017, 19:04

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by themo »

om om.. brv yg baru kalo pas ujan trus buka pintu masih suka masuk gak air ujannya?
di brv yg lama kan gitu tuh, air dari sekitaran roof rail kalo pas buka pintu langsung masuk ke dalem
mobilianisme
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 05 Sep 2017, 12:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: vios

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by mobilianisme »

Jadi bagaimana? Apakah worth mengganti sienta ke brv dengan biaya tambahan yang cukup besar?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by alvin23 »

mobilianisme wrote: 25 Sep 2022, 06:59 Jadi bagaimana? Apakah worth mengganti sienta ke brv dengan biaya tambahan yang cukup besar?
Ya tergantung apa yg dicari. Kalau kenyamanan, ya lbh nyaman Sienta. Sensing2 menang Honda, Ground Clearance menang Honda juga.

Udah sih. Kalau saya pribadi jarang mau nambah cukup besar kecuali buat 2 hal: Mobilnya naik kelas, atau peremajaan mobil yg signifikan (misal mobil saya umurnya udh diatas 7 tahun dan slow moving mulai minta ganti)
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

mobilianisme wrote: 25 Sep 2022, 06:59 Jadi bagaimana? Apakah worth mengganti sienta ke brv dengan biaya tambahan yang cukup besar?
saya gak jadi ganti sih :mky_01: krn mengingat dimensi BRV yang mirip espander di rumah. sementara sienta ini kan enak karena dimensinya compact (4.2m).

tapi kalau mobil 1-1nya, saya BRV aja deh. kaki kakinya kok saya lebih yakin BRV lebih awet dibanding sienta buat disiksa.

kebetulan cm pake buat operasional nyokap aja jalan deket deket. ini aja rencana mau dijual sepertinya thn depan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 26 Sep 2022, 09:50
mobilianisme wrote: 25 Sep 2022, 06:59 Jadi bagaimana? Apakah worth mengganti sienta ke brv dengan biaya tambahan yang cukup besar?
saya gak jadi ganti sih :mky_01: krn mengingat dimensi BRV yang mirip espander di rumah. sementara sienta ini kan enak karena dimensinya compact (4.2m).

tapi kalau mobil 1-1nya, saya BRV aja deh. kaki kakinya kok saya lebih yakin BRV lebih awet dibanding sienta buat disiksa.

kebetulan cm pake buat operasional nyokap aja jalan deket deket. ini aja rencana mau dijual sepertinya thn depan.
Sienta peredaman NVH ok punya loh.
Mirip xpander.
Suspensi jg lbh firm dan dewasa si sienta, dibanding xpander
Klo xpander soft dan cenderung mentul"

Cuma dari driving position, xpander lbh enak.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 26 Sep 2022, 10:17 Sienta peredaman NVH ok punya loh.
Mirip xpander.
Suspensi jg lbh firm dan dewasa si sienta, dibanding xpander
Klo xpander soft dan cenderung mentul"

Cuma dari driving position, xpander lbh enak.
yang penting jangan sienta tipe V. either G atau Q

ban standarnya keras amit-amit. 205/50/16. lewat pavingblock nyiksa bener.

V ganti ban tebel itu radius puter makin makin juga.

espander skrg posisi mobil perang sih. secara form factor jg lebih ok buat perang :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

Biasa lah
Bug batch awal :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote:
Biasa lah
Bug batch awal :big_peace:
Wajar itu mbah... pan diskonnya lg besar skrng, dpt bonusnya karat.

Mobil baru sdh di obok2 body repair, kaya habis kena tabrakan aja judulnya, balik2 itu interior sdh gak enak baunya, jok2 jd pada kotor, pengalaman ane claim garansi dpt bonus jg pd ngasal kerjaan finishingnya

Ngeri yah kualitas mobil2 baru jaman now, harga sdh naik tp kualitas makin menurun.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: 26 Oct 2022, 07:39
Suryaputra wrote:
Biasa lah
Bug batch awal :big_peace:
Wajar itu mbah... pan diskonnya lg besar skrng, dpt bonusnya karat.

Mobil baru sdh di obok2 body repair, kaya habis kena tabrakan aja judulnya, balik2 itu interior sdh gak enak baunya, jok2 jd pada kotor, pengalaman ane claim garansi dpt bonus jg pd ngasal kerjaan finishingnya

Ngeri yah kualitas mobil2 baru jaman now, harga sdh naik tp kualitas makin menurun.
:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

benzz89 wrote: 26 Oct 2022, 07:39 Wajar itu mbah... pan diskonnya lg besar skrng, dpt bonusnya karat.

Mobil baru sdh di obok2 body repair, kaya habis kena tabrakan aja judulnya, balik2 itu interior sdh gak enak baunya, jok2 jd pada kotor, pengalaman ane claim garansi dpt bonus jg pd ngasal kerjaan finishingnya

Ngeri yah kualitas mobil2 baru jaman now, harga sdh naik tp kualitas makin menurun.

beli mobil baru malah ribet ya apalagi kalo apes kena defect, ipar saya baru beli creta aja kena sama sales DP bisa di 2 dealer padahal ud jelas2x mobil lagi kagak laku disc aja bisa 26jt, ud dp di dealer a sales dealer B bilang ntar saya bilang atasannya si sales dealer A buat balikin DPnya gak bener banget itu ethos kerja hyundai masa maen nyerobot customer orang dengan nyuruh atasannya balikin dp, belom ntar mobil dateng pake apes lagi kena defect :big_bored:

enakan beli bekas dah cek liat tau plus minus bayar bungkuss......... apalagi ud tahunan tuh mobil di pake kalo gak ada apa2x jadi ud kebukti no defect rusak ya tinggal benerin aja :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 26 Oct 2022, 08:34
benzz89 wrote: 26 Oct 2022, 07:39 Wajar itu mbah... pan diskonnya lg besar skrng, dpt bonusnya karat.

Mobil baru sdh di obok2 body repair, kaya habis kena tabrakan aja judulnya, balik2 itu interior sdh gak enak baunya, jok2 jd pada kotor, pengalaman ane claim garansi dpt bonus jg pd ngasal kerjaan finishingnya

Ngeri yah kualitas mobil2 baru jaman now, harga sdh naik tp kualitas makin menurun.

beli mobil baru malah ribet ya apalagi kalo apes kena defect, ipar saya baru beli creta aja kena sama sales DP bisa di 2 dealer padahal ud jelas2x mobil lagi kagak laku disc aja bisa 26jt, ud dp di dealer a sales dealer B bilang ntar saya bilang atasannya si sales dealer A buat balikin DPnya gak bener banget itu ethos kerja hyundai masa maen nyerobot customer orang dengan nyuruh atasannya balikin dp, belom ntar mobil dateng pake apes lagi kena defect :big_bored:

enakan beli bekas dah cek liat tau plus minus bayar bungkuss......... apalagi ud tahunan tuh mobil di pake kalo gak ada apa2x jadi ud kebukti no defect rusak ya tinggal benerin aja :ngacir:


Tergantung dealer dan batch mobilnya jugaa.

Saya selama beli Brand New merk T dan H tegak, dan batch mendekati akhir, gak prnh ada masalah aneh".

Bakpao
Ipah
Brio
Mobilio

Semua fine dan bikin happy sesuai kebutuhan.

Apalagi pas beli lio 2017 akhir.. ini udh deket batch akhir, plg hobinya suka jajan link stabil tiap 30rb KM :big_biglaugh:

Beli baru tu merk yg pasti" aja, dan batch ke sekian lah

T dan H tegak still debest lah :big_biglaugh:

Ada bbrp teman Klopun ada masalah defect dan terbukti, cepet beres gak pakai lama sm diler.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2022 Honda BR-V Test Drive

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 26 Oct 2022, 08:57

Tergantung dealer dan batch mobilnya jugaa.

Saya selama beli Brand New merk T dan H tegak, dan batch mendekati akhir, gak prnh ada masalah aneh".

Bakpao
Ipah
Brio
Mobilio

Semua fine dan bikin happy sesuai kebutuhan.

Apalagi pas beli lio 2017 akhir.. ini udh deket batch akhir, plg hobinya suka jajan link stabil tiap 30rb KM :big_biglaugh:

Beli baru tu merk yg pasti" aja, dan batch ke sekian lah

T dan H tegak still debest lah :big_biglaugh:

Ada bbrp teman Klopun ada masalah defect dan terbukti, cepet beres gak pakai lama sm diler.
keknya mobil saya yang dari baru cuma bakpao sama freed dua2xnya lahir sehat :mky_01:

oh iya sama taruna :big_biglaugh:

yang freed aja dulu yang make sebelom saya adek saya dia pake ngawur akhirnya ya agak2x ancur :big_slap:

itu lio masih ada om??? gila aja link stabil rusak mulu saya punya nungguin rusak kagk rusak2x ud gatel soalnya mau ganti hardrace :mky_03:

Image

https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... %3D1666408

tuh om coba tanya aja bisa gak buat mobilio
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post