T-Cross meluncur di indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: T-Cross meluncur di indonesia
Lagi iseng cari seberapa laku VW di India.
Hebat juga ternyata bisa jual hampir 30 ribu unit dengan growth 2021 di atas 70% vs 2020.
Sadis..
https://www.rushlane.com/volkswagen-ind ... 21981.html
Hebat juga ternyata bisa jual hampir 30 ribu unit dengan growth 2021 di atas 70% vs 2020.
Sadis..
https://www.rushlane.com/volkswagen-ind ... 21981.html
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: T-Cross meluncur di indonesia
T-cross made in India ini dimasukkan ke Indonesia krn (1) mungkin pabrik di India-nya punya excess capacity, (2) market & infrastruktur di India mirip dgn Indonesia, dan (3) sama-sama setir kanan. Sama dengan VW Polo 1.2 TSI yang berkeliaran di Indonesia saat ini. Agak beda dengan All new tiguan yang sudah dirakit di Cikarang.
Positioning harganya yg terasa overprais (bila dibanding dgn rival sekelasnya) bisa jadi karena pajak CBU-nya atau pricing strateginya VW yang agak... gimana gitu, atau dua-duanya. Padahal Indomobil mestinya sudah pengalaman panjang bermain di market indonesia, atau mereka punya strategi yg berbeda. Atau VW Pusatnya yg ga kasih harga kompetitif, hehe.
Dari sisi mesin, T-cross ini di India punya beberapa varian. Apakah yang masuk ke Indonesia hanya versi yg 3 silinder 1000cc AT?
Soal teknis/mesin, ambil contoh VW Polo 1.0 GTI yg baru (di India) torsinya lebih besar ketimbang Polo 1.2 TSI yang lama dan lebih irit. Jadi mungkin memang ada keunggulan tersendiri di T-cross ini. Termasuk platform MQB-nya yang katanya share dengan VW Golf terbaru.
Kalau di India, VW termasuk mobil yang laris jualannya dan Polo 1.2 TSI-nya beradu dengan Suzuki Maruti Baleno hatchback dan Hyundai i20. Coba lihat-lihat forum diskusi VW Polo India. Mungkin di sana strategi pricing VW sesuai dengan marketnya.
Positioning harganya yg terasa overprais (bila dibanding dgn rival sekelasnya) bisa jadi karena pajak CBU-nya atau pricing strateginya VW yang agak... gimana gitu, atau dua-duanya. Padahal Indomobil mestinya sudah pengalaman panjang bermain di market indonesia, atau mereka punya strategi yg berbeda. Atau VW Pusatnya yg ga kasih harga kompetitif, hehe.
Dari sisi mesin, T-cross ini di India punya beberapa varian. Apakah yang masuk ke Indonesia hanya versi yg 3 silinder 1000cc AT?
Soal teknis/mesin, ambil contoh VW Polo 1.0 GTI yg baru (di India) torsinya lebih besar ketimbang Polo 1.2 TSI yang lama dan lebih irit. Jadi mungkin memang ada keunggulan tersendiri di T-cross ini. Termasuk platform MQB-nya yang katanya share dengan VW Golf terbaru.
Kalau di India, VW termasuk mobil yang laris jualannya dan Polo 1.2 TSI-nya beradu dengan Suzuki Maruti Baleno hatchback dan Hyundai i20. Coba lihat-lihat forum diskusi VW Polo India. Mungkin di sana strategi pricing VW sesuai dengan marketnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: T-Cross meluncur di indonesia
truth be told jaman Mk.6 dan Mk.7 kemarin itu mereka punya goodwill program jadi lo ga keluar cost samsek kalo transmisi lo kena. Memang ada periode waktunya, tapi kalo lo beli mobilnya baru at least selama periode warranty idup tersebut lo ga pusing keluar duit, selain pusing mobilnya jadi nginep seminggu di bengkel.b0ku wrote: ↑Sat Feb 26, 2022 13:10JD inget dulu di komporin temen beli TSI suruh test drive di VW pik kebetulan dia lagi service GTI disitu abis itu dia ajak saya ngbrol sama kabengnya pik saya tanya penyakitnya apa aja biasanya eh lsg ngomong paling mecatronicnya suka rusak harganya 35jtPboyz97 wrote: ↑Sat Feb 26, 2022 8:13 betul oom, dulu jaman 2010-2017 itu tiguan, golf mk6 , scirocco lumayan banyak dijalan, jadi mobil eropa favorit anak muda pada masanya , tapi sekarang udh jarang bener ada di jalanan, kalopun ada rata2 kondisinya udh acak2an atau ancur2an , jarang yg masih mulus wkwkwk. kalo dulu kelebihan vw jaman itu brand eropa, dengan spek + driving feel, tarikkan , handling mobil eropa juga tapi harganya gajauh beda sm mobil jepang wkwkw, atau lebih murah dibanding mobil eropa lain kaya mercy or bmw saat itu, cuma ya namanya atpmnya gak jelas, malas inovasi, malas update produk dan males juga maintain produknya ya akhirnya tenggelam, aftersalesnya juga menurut saya agak kurang (apalagi jumlah beresnya masih tergolong jarang di jakarta dan juga promosinya menurut saya jg kurang + biaya servicenya juga gak murah buat ukuran mobil yg di negara asalnya di eropa sana dijuluki sebagai "mobil rakyat" ) , kalo sekarang ya menurut saya diisi lebih ke hyundai kia, kalo jaman 2012-2019 sih iya diisi mazda, cuma kalo skrg entah knp sebagai ex user mazda selama 9 tahun promosinya mazda udh ga seniat dulu, dan update produknya cenderung agak kurang, walaupun secara spek mobil mazda memang bagus, mobil jepang, perawatan juga khas mobil jepang, harga mobil jepang tapi driving feel, desain, fitur, teknologi, tarikan dan handlingnya rasa eropa wkwkw, beda sm hyundai yg sekarang udh all out, dengan bangun pabrik di Indo, ngembangin jaringan dealer dll, bukan tidak mungkin kalo segmen yg om bilang bakal dikuasain sm hyundai sepenuhnya di Indo kalo hyundai konsisten garap market Indo seperti sekarang
abis itu ngobrol di kantornya si kabeng denger cerita horor yang laen terutama di bagian AUDI waktu itu lagi banyak yang beli R8 denger cerita2x horor R8 rusak ada yang ampe abis 200jt, ada r8 yang di pake belanja di pasar bagasinya di taro ikan tau2x gak bisa di buka karena di makassar akhirnya VW ngirim teknisi ke sana pas di buka ud busuk tuh ikan
sekarang beli VW malah dapet 5 tahun free service.
ngomong soal biaya ke bengkel kayanya gue selama ngidupin Mk.7 gue selama 5 tahun biaya yang gue keluarin kalo ke beres ga lebih mahal dari biaya gue bawa T-31 gue ke bengkel.
terlepas apa yang gue sampaikan di atas, gue akuin kalo beli VW mending beli baru daripada beli second karena masih dicover warranty. Tapi itu sepertinya problematika yang harus ditelen kalo memutuskan usil beli brand apapun asal eropa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: T-Cross meluncur di indonesia
coba dia masukin yang dirakit di Malaysia, arguably masih bisa sedikit klaim "premium" nya not by significant margin tapi masih bisa karena model2 yang di Malaysia ga se cheap model India looks nya. Di dunia emang VW sebenernya ada di realm yang sama dengan Toyota Honda dll walau dia ada di batas atasnya, karena untuk realm yang sama di batas bawah mereka ada SEAT, Skoda dll.darrelund wrote: ↑Sun Feb 27, 2022 16:00dah gitu taktiknya yg dimasukin, sorry-to-say. mobil kelas bawah semuaChZ wrote: ↑Sun Feb 27, 2022 13:16Yg gak berhasil mobil mobil eropa kasta sudra a.k.a india domestic market
Ya tetep mau dipoles sebagus apa materialnya berasa cheapo. Doktrin mobil eropa bagus nya gak mempan. Wkwkwkkwkwk
Gw liat mobkor india domestic market macem sonet aja males biarpun naikannya enak. Sampe skrg klo disuruh beli ogah.
begimana imagenya mau kebentuk.
VW kan di indo salah satu ikonnya ntuh si Golf. skrg Golf dah mokad disini
Renault yg dimasukin macem Kwid, Triber, bahkan dulu Dacia Duster juga dimasukin kesini
ni gada yg belajar taktik marketing hyundei apa ya, dulu jualan kelayapan. bahkan sekelas i20 & i10 aja kesulitan buat mereka jual. skrg palisade yg 800jt bisa laku ribuan unit
skrg yg yurop macem Renault, VW malah kebalik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: T-Cross meluncur di indonesia
ini nyebelin banget sih om, untung saya dua kali punya vw dua kali dapet sales yang ngopenin banget. walau dua2nya kemudian keluar apa mereka udah feeling masa depan brand nya suram wakakakak.hosea wrote: ↑Fri Feb 25, 2022 12:32Saya pengalaman juga ilfil sama sikap salah satu sales senior VW di surabaya, 2 tahun lalu. Karena saya sempat mempertimbangkan Tiguan allspace, bahkan sempat TD tapi akhirnya putuskan ambil santa fe karena beberapa pertimbangan salah satunya kuatir dual clutch rewel, bangku belakang sempit dan bengkel cuma 1 . Bukan soal harga, karena budget ada.darrelund wrote: ↑Fri Feb 25, 2022 7:02betul oom, kok rasanya sejak mereka keluarin si mk7.5 itu kek freefall merekawekiweko wrote: ↑Fri Feb 25, 2022 4:06 dan iya, yang gue tangkap dari beberapa kali diskusi dengan sales VW, mindset mereka VW being a european brand is a premium brand (yang dalam hati gue cuma bilang, man di Eropa ini mobil anak kuliahan, gue make VW karena di gue enak rasanya bukan karena gue nganggep dia brand premium wkwkwkwk), makanya gue termasuk yang menyesalkan kenapa VW Indonesia ga bisa lagi kaya jaman Mk.6, Mk.7, Tiguan gen 1 yang bisa jualan barang menarik harga masuk akal.
padahal dulu 2010an awal laku bgt tuh VW, bahkan Audi juga
dulu liat Tiguan, Golf, A4, A6 itu mudah sekali, dimana kita jalan pasti ketemu
skrg dah lenyap semuanya, market yg dulu mereka ciptakan (affordable & fun to drive) skrg udah diisi sama mazda hyundai
Juga karena saya waktu itu sudah punya feeling, hyundai bakal all out di indo dan lebih aman secara masa depan drpd VW yang makin menyusut.
Trus waktu dia tahu saya ambil santa fe, komentar nya ga enak didengar : "wah dari subaru pindah ke santa fe, penurunan kelas. Apalagi kalau dr VW ke santa fe kauh turun kelasnya".
Busyet, emang dia gajinya berapa sombong banget. Dia juga bilang hyundai masa depan suram.....mungkin ga pernah baca berita bahwa hyundai makin maju dan laris di eropa dan amerika.
Tapi saya juga notice sales2 dari dealer tertentu yang tinggi hati yang kaya sebut di postingan sebelumnya, yang nganggep brand mereka itu brand premium wkwkwk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1400
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: T-Cross meluncur di indonesia
btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46
Re: T-Cross meluncur di indonesia
Kalo karena pajak CBU kaya nya ngga juga, soal nya suzuki aja bisa ngasih harga yang kompetitif..sbm22 wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 8:02 T-cross made in India ini dimasukkan ke Indonesia krn (1) mungkin pabrik di India-nya punya excess capacity, (2) market & infrastruktur di India mirip dgn Indonesia, dan (3) sama-sama setir kanan. Sama dengan VW Polo 1.2 TSI yang berkeliaran di Indonesia saat ini. Agak beda dengan All new tiguan yang sudah dirakit di Cikarang.
Positioning harganya yg terasa overprais (bila dibanding dgn rival sekelasnya) bisa jadi karena pajak CBU-nya atau pricing strateginya VW yang agak... gimana gitu, atau dua-duanya. Padahal Indomobil mestinya sudah pengalaman panjang bermain di market indonesia, atau mereka punya strategi yg berbeda. Atau VW Pusatnya yg ga kasih harga kompetitif, hehe.
Dari sisi mesin, T-cross ini di India punya beberapa varian. Apakah yang masuk ke Indonesia hanya versi yg 3 silinder 1000cc AT?
Soal teknis/mesin, ambil contoh VW Polo 1.0 GTI yg baru (di India) torsinya lebih besar ketimbang Polo 1.2 TSI yang lama dan lebih irit. Jadi mungkin memang ada keunggulan tersendiri di T-cross ini. Termasuk platform MQB-nya yang katanya share dengan VW Golf terbaru.
Kalau di India, VW termasuk mobil yang laris jualannya dan Polo 1.2 TSI-nya beradu dengan Suzuki Maruti Baleno hatchback dan Hyundai i20. Coba lihat-lihat forum diskusi VW Polo India. Mungkin di sana strategi pricing VW sesuai dengan marketnya.
Polo juga kalo gasalah harga nya lebih murah kan dibanding jazz yang ckd ? tapi itu karena tipe bawah juga sih polo nya..
Kaya nya die hard VW juga ngga minat mobil ginian.. kecuali kaya pas Golf sama scirocco fl kemaren harga naik jauh mungkin dia masih bisa harepin die hard fans nya..AbdulHakim wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 10:42 btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2533
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: T-Cross meluncur di indonesia
darrelund wrote: ↑Sun Feb 27, 2022 16:0435jt bisa ganti oli mesin & ATF berapa kali tuhb0ku wrote: ↑Sat Feb 26, 2022 13:10 JD inget dulu di komporin temen beli TSI suruh test drive di VW pik kebetulan dia lagi service GTI disitu abis itu dia ajak saya ngbrol sama kabengnya pik saya tanya penyakitnya apa aja biasanya eh lsg ngomong paling mecatronicnya suka rusak harganya 35jt
abis itu ngobrol di kantornya si kabeng denger cerita horor yang laen terutama di bagian AUDI waktu itu lagi banyak yang beli R8 denger cerita2x horor R8 rusak ada yang ampe abis 200jt, ada r8 yang di pake belanja di pasar bagasinya di taro ikan tau2x gak bisa di buka karena di makassar akhirnya VW ngirim teknisi ke sana pas di buka ud busuk tuh ikan
Itu baru perihal DSG . Belom lagi rack steer , sama satu lagi ABS Module … itu 3 item kalo meleduk dahsyat daya destruktifnya ke rekening ATM sang owner
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2533
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: T-Cross meluncur di indonesia
Kayanya sih enggak nyasar ke diehard fan deh om .AbdulHakim wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 10:42 btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
Secara spek engine aja begitu wkwkwkwk . Kcuali yg masuk trim 1.5 TSI + transmisi 7-Speed DSG mungkin masih bisa mancing minat VW enthusiast
Btw, kalo jadi team mendang mending yg kg bakal beli . Gw lebih prefer KIA seltos 1.4 turbo bensin + dct sih . Keknya kg sampe 400jt ud dapet complete package ada sunroof pula, fitur kebanggaan rakyat indonesia bahaha
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: T-Cross meluncur di indonesia
hmm kek apa yak bawa golf 8 r di transjawa ato lintas selatan bandung ciamis jogya wkwkwkwevolution21 wrote: ↑Wed Feb 23, 2022 17:09Kalo dipegabg eurokars kayanya golf tsi, gti masukKielConstantine wrote: ↑Wed Feb 23, 2022 16:57Begitulah indomobil .. paling kita doain aj biar indomobil ngelepas ATPM VW , ganti aja yg megang let’s say Eurocars . Mereka lebih berani ambil tindakan & lebih niat jualan sih ..
Mazda semenjak dipegang eurocars aja jd lumayan lho peformanya. Hampir semua lineup CBU japan high quality harga jg affordable, walaupun sempet ada kasus stnk lama terbit hahaha … terlalu aggressive
Semoga brand VW bangkit lg di indo market . Dari dulu yg megang cuman mercedes / bmw terus. Audi jg melempem . Belom lagi digempur Lexus … habis sudah
Satu2nya VAG group yg lumayan kuat di indo malah Porsche , dan itu jg dipegang sama Eurocars kan
T roc masuk
Passat masuk
Touareq masuk
Polo new model masuk
Transporter masuk
Touran masuk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: T-Cross meluncur di indonesia
ragu om kalo nyasar die hard fans, pengguna VW aja kayanya mungkin juga mikir2 wkwkwkwk. Dulu pas awal2 denger T-Cross mau dimasukin harga 400an dari mantan salesnya masih kepikiran lucu juga nih buat mobil kedua sekelas HRV, harganya juga mungkin deket2 HRV prestige (bayanginnya T-Cross kaya di australia yang emang sekelas HRV). Tapi abis liat bentukannya Taigun dan harganya 488 antara mending cari mobil sekelas yang lebih murah atau naik kelas sekalianAbdulHakim wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 10:42 btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?