T-Cross meluncur di indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by grimjow »

Lagi iseng cari seberapa laku VW di India.
Hebat juga ternyata bisa jual hampir 30 ribu unit dengan growth 2021 di atas 70% vs 2020.
Sadis..
:big_chicken:
https://www.rushlane.com/volkswagen-ind ... 21981.html
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
Location: Tangerang Selatan

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by sbm22 »

T-cross made in India ini dimasukkan ke Indonesia krn (1) mungkin pabrik di India-nya punya excess capacity, (2) market & infrastruktur di India mirip dgn Indonesia, dan (3) sama-sama setir kanan. Sama dengan VW Polo 1.2 TSI yang berkeliaran di Indonesia saat ini. Agak beda dengan All new tiguan yang sudah dirakit di Cikarang.

Positioning harganya yg terasa overprais (bila dibanding dgn rival sekelasnya) bisa jadi karena pajak CBU-nya atau pricing strateginya VW yang agak... gimana gitu, atau dua-duanya. Padahal Indomobil mestinya sudah pengalaman panjang bermain di market indonesia, atau mereka punya strategi yg berbeda. Atau VW Pusatnya yg ga kasih harga kompetitif, hehe.

Dari sisi mesin, T-cross ini di India punya beberapa varian. Apakah yang masuk ke Indonesia hanya versi yg 3 silinder 1000cc AT?
Soal teknis/mesin, ambil contoh VW Polo 1.0 GTI yg baru (di India) torsinya lebih besar ketimbang Polo 1.2 TSI yang lama dan lebih irit. Jadi mungkin memang ada keunggulan tersendiri di T-cross ini. Termasuk platform MQB-nya yang katanya share dengan VW Golf terbaru.

Kalau di India, VW termasuk mobil yang laris jualannya dan Polo 1.2 TSI-nya beradu dengan Suzuki Maruti Baleno hatchback dan Hyundai i20. Coba lihat-lihat forum diskusi VW Polo India. Mungkin di sana strategi pricing VW sesuai dengan marketnya.
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by wekiweko »

b0ku wrote: Sat Feb 26, 2022 13:10
Pboyz97 wrote: Sat Feb 26, 2022 8:13 betul oom, dulu jaman 2010-2017 itu tiguan, golf mk6 , scirocco lumayan banyak dijalan, jadi mobil eropa favorit anak muda pada masanya , tapi sekarang udh jarang bener ada di jalanan, kalopun ada rata2 kondisinya udh acak2an atau ancur2an :big_biglaugh: , jarang yg masih mulus wkwkwk. kalo dulu kelebihan vw jaman itu brand eropa, dengan spek + driving feel, tarikkan , handling mobil eropa juga tapi harganya gajauh beda sm mobil jepang wkwkw, atau lebih murah dibanding mobil eropa lain kaya mercy or bmw saat itu, cuma ya namanya atpmnya gak jelas, malas inovasi, malas update produk dan males juga maintain produknya ya akhirnya tenggelam, aftersalesnya juga menurut saya agak kurang (apalagi jumlah beresnya masih tergolong jarang di jakarta dan juga promosinya menurut saya jg kurang + biaya servicenya juga gak murah buat ukuran mobil yg di negara asalnya di eropa sana dijuluki sebagai "mobil rakyat" :big_biglaugh: ) , kalo sekarang ya menurut saya diisi lebih ke hyundai kia, kalo jaman 2012-2019 sih iya diisi mazda, cuma kalo skrg entah knp sebagai ex user mazda selama 9 tahun promosinya mazda udh ga seniat dulu, dan update produknya cenderung agak kurang, walaupun secara spek mobil mazda memang bagus, mobil jepang, perawatan juga khas mobil jepang, harga mobil jepang tapi driving feel, desain, fitur, teknologi, tarikan dan handlingnya rasa eropa wkwkw, beda sm hyundai yg sekarang udh all out, dengan bangun pabrik di Indo, ngembangin jaringan dealer dll, bukan tidak mungkin kalo segmen yg om bilang bakal dikuasain sm hyundai sepenuhnya di Indo kalo hyundai konsisten garap market Indo seperti sekarang
JD inget dulu di komporin temen beli TSI suruh test drive di VW pik kebetulan dia lagi service GTI disitu abis itu dia ajak saya ngbrol sama kabengnya pik saya tanya penyakitnya apa aja biasanya eh lsg ngomong paling mecatronicnya suka rusak harganya 35jt :big_slap:

abis itu ngobrol di kantornya si kabeng denger cerita horor yang laen terutama di bagian AUDI waktu itu lagi banyak yang beli R8 denger cerita2x horor R8 rusak ada yang ampe abis 200jt, ada r8 yang di pake belanja di pasar bagasinya di taro ikan tau2x gak bisa di buka karena di makassar akhirnya VW ngirim teknisi ke sana pas di buka ud busuk tuh ikan :big_biglaugh:
truth be told jaman Mk.6 dan Mk.7 kemarin itu mereka punya goodwill program jadi lo ga keluar cost samsek kalo transmisi lo kena. Memang ada periode waktunya, tapi kalo lo beli mobilnya baru at least selama periode warranty idup tersebut lo ga pusing keluar duit, selain pusing mobilnya jadi nginep seminggu di bengkel.

sekarang beli VW malah dapet 5 tahun free service.

ngomong soal biaya ke bengkel kayanya gue selama ngidupin Mk.7 gue selama 5 tahun biaya yang gue keluarin kalo ke beres ga lebih mahal dari biaya gue bawa T-31 gue ke bengkel.

terlepas apa yang gue sampaikan di atas, gue akuin kalo beli VW mending beli baru daripada beli second karena masih dicover warranty. Tapi itu sepertinya problematika yang harus ditelen kalo memutuskan usil beli brand apapun asal eropa
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by wekiweko »

darrelund wrote: Sun Feb 27, 2022 16:00
ChZ wrote: Sun Feb 27, 2022 13:16
Jose wrote: Sun Feb 27, 2022 11:13 mereka nggak berkaca dari renault yang gagal karena kasih high pricetag ke triber dengan modal doktrin "ini mobil eropa, wajar mahal" ke masyarakat dan sales-salesnya. Ujung-ujungnya produknya jadi bahan bully reviewer dan salesnya dibully dimedsos
Yg gak berhasil mobil mobil eropa kasta sudra a.k.a india domestic market :mky_03:

Ya tetep mau dipoles sebagus apa materialnya berasa cheapo. Doktrin mobil eropa bagus nya gak mempan. Wkwkwkkwkwk

Gw liat mobkor india domestic market macem sonet aja males biarpun naikannya enak. Sampe skrg klo disuruh beli ogah.
dah gitu taktiknya yg dimasukin, sorry-to-say. mobil kelas bawah semua

begimana imagenya mau kebentuk.

VW kan di indo salah satu ikonnya ntuh si Golf. skrg Golf dah mokad disini

Renault yg dimasukin macem Kwid, Triber, bahkan dulu Dacia Duster juga dimasukin kesini :big_biglaugh:

ni gada yg belajar taktik marketing hyundei apa ya, dulu jualan kelayapan. bahkan sekelas i20 & i10 aja kesulitan buat mereka jual. skrg palisade yg 800jt bisa laku ribuan unit :big_biglaugh:

skrg yg yurop macem Renault, VW malah kebalik.
coba dia masukin yang dirakit di Malaysia, arguably masih bisa sedikit klaim "premium" nya not by significant margin tapi masih bisa karena model2 yang di Malaysia ga se cheap model India looks nya. Di dunia emang VW sebenernya ada di realm yang sama dengan Toyota Honda dll walau dia ada di batas atasnya, karena untuk realm yang sama di batas bawah mereka ada SEAT, Skoda dll.
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by wekiweko »

hosea wrote: Fri Feb 25, 2022 12:32
darrelund wrote: Fri Feb 25, 2022 7:02
wekiweko wrote: Fri Feb 25, 2022 4:06 dan iya, yang gue tangkap dari beberapa kali diskusi dengan sales VW, mindset mereka VW being a european brand is a premium brand (yang dalam hati gue cuma bilang, man di Eropa ini mobil anak kuliahan, gue make VW karena di gue enak rasanya bukan karena gue nganggep dia brand premium wkwkwkwk), makanya gue termasuk yang menyesalkan kenapa VW Indonesia ga bisa lagi kaya jaman Mk.6, Mk.7, Tiguan gen 1 yang bisa jualan barang menarik harga masuk akal.
betul oom, kok rasanya sejak mereka keluarin si mk7.5 itu kek freefall mereka

padahal dulu 2010an awal laku bgt tuh VW, bahkan Audi juga

dulu liat Tiguan, Golf, A4, A6 itu mudah sekali, dimana kita jalan pasti ketemu

skrg dah lenyap semuanya, market yg dulu mereka ciptakan (affordable & fun to drive) skrg udah diisi sama mazda hyundai :big_biglaugh:
Saya pengalaman juga ilfil sama sikap salah satu sales senior VW di surabaya, 2 tahun lalu. Karena saya sempat mempertimbangkan Tiguan allspace, bahkan sempat TD tapi akhirnya putuskan ambil santa fe karena beberapa pertimbangan salah satunya kuatir dual clutch rewel, bangku belakang sempit dan bengkel cuma 1 . Bukan soal harga, karena budget ada.
Juga karena saya waktu itu sudah punya feeling, hyundai bakal all out di indo dan lebih aman secara masa depan drpd VW yang makin menyusut.

Trus waktu dia tahu saya ambil santa fe, komentar nya ga enak didengar : "wah dari subaru pindah ke santa fe, penurunan kelas. Apalagi kalau dr VW ke santa fe kauh turun kelasnya".

Busyet, emang dia gajinya berapa sombong banget. Dia juga bilang hyundai masa depan suram.....mungkin ga pernah baca berita bahwa hyundai makin maju dan laris di eropa dan amerika.
ini nyebelin banget sih om, untung saya dua kali punya vw dua kali dapet sales yang ngopenin banget. walau dua2nya kemudian keluar apa mereka udah feeling masa depan brand nya suram wakakakak.

Tapi saya juga notice sales2 dari dealer tertentu yang tinggi hati yang kaya sebut di postingan sebelumnya, yang nganggep brand mereka itu brand premium wkwkwk
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by AbdulHakim »

btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by Lolol »

sbm22 wrote: Tue Mar 01, 2022 8:02 T-cross made in India ini dimasukkan ke Indonesia krn (1) mungkin pabrik di India-nya punya excess capacity, (2) market & infrastruktur di India mirip dgn Indonesia, dan (3) sama-sama setir kanan. Sama dengan VW Polo 1.2 TSI yang berkeliaran di Indonesia saat ini. Agak beda dengan All new tiguan yang sudah dirakit di Cikarang.

Positioning harganya yg terasa overprais (bila dibanding dgn rival sekelasnya) bisa jadi karena pajak CBU-nya atau pricing strateginya VW yang agak... gimana gitu, atau dua-duanya. Padahal Indomobil mestinya sudah pengalaman panjang bermain di market indonesia, atau mereka punya strategi yg berbeda. Atau VW Pusatnya yg ga kasih harga kompetitif, hehe.

Dari sisi mesin, T-cross ini di India punya beberapa varian. Apakah yang masuk ke Indonesia hanya versi yg 3 silinder 1000cc AT?
Soal teknis/mesin, ambil contoh VW Polo 1.0 GTI yg baru (di India) torsinya lebih besar ketimbang Polo 1.2 TSI yang lama dan lebih irit. Jadi mungkin memang ada keunggulan tersendiri di T-cross ini. Termasuk platform MQB-nya yang katanya share dengan VW Golf terbaru.

Kalau di India, VW termasuk mobil yang laris jualannya dan Polo 1.2 TSI-nya beradu dengan Suzuki Maruti Baleno hatchback dan Hyundai i20. Coba lihat-lihat forum diskusi VW Polo India. Mungkin di sana strategi pricing VW sesuai dengan marketnya.
Kalo karena pajak CBU kaya nya ngga juga, soal nya suzuki aja bisa ngasih harga yang kompetitif..

Polo juga kalo gasalah harga nya lebih murah kan dibanding jazz yang ckd ? tapi itu karena tipe bawah juga sih polo nya..
AbdulHakim wrote: Tue Mar 01, 2022 10:42 btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
Kaya nya die hard VW juga ngga minat mobil ginian.. kecuali kaya pas Golf sama scirocco fl kemaren harga naik jauh mungkin dia masih bisa harepin die hard fans nya..
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by KielConstantine »

darrelund wrote: Sun Feb 27, 2022 16:04
b0ku wrote: Sat Feb 26, 2022 13:10 JD inget dulu di komporin temen beli TSI suruh test drive di VW pik kebetulan dia lagi service GTI disitu abis itu dia ajak saya ngbrol sama kabengnya pik saya tanya penyakitnya apa aja biasanya eh lsg ngomong paling mecatronicnya suka rusak harganya 35jt :big_slap:

abis itu ngobrol di kantornya si kabeng denger cerita horor yang laen terutama di bagian AUDI waktu itu lagi banyak yang beli R8 denger cerita2x horor R8 rusak ada yang ampe abis 200jt, ada r8 yang di pake belanja di pasar bagasinya di taro ikan tau2x gak bisa di buka karena di makassar akhirnya VW ngirim teknisi ke sana pas di buka ud busuk tuh ikan :big_biglaugh:
35jt bisa ganti oli mesin & ATF berapa kali tuh :big_biglaugh:
:wkkk:

Itu baru perihal DSG . Belom lagi rack steer , sama satu lagi ABS Module … itu 3 item kalo meleduk dahsyat daya destruktifnya ke rekening ATM sang owner :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by KielConstantine »

AbdulHakim wrote: Tue Mar 01, 2022 10:42 btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
Kayanya sih enggak nyasar ke diehard fan deh om .

Secara spek engine aja begitu wkwkwkwk . Kcuali yg masuk trim 1.5 TSI + transmisi 7-Speed DSG mungkin masih bisa mancing minat VW enthusiast

Btw, kalo jadi team mendang mending yg kg bakal beli . Gw lebih prefer KIA seltos 1.4 turbo bensin + dct sih . Keknya kg sampe 400jt ud dapet complete package ada sunroof pula, fitur kebanggaan rakyat indonesia bahaha
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
Location: Bogor

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by jazzretro7 »

evolution21 wrote: Wed Feb 23, 2022 17:09
KielConstantine wrote: Wed Feb 23, 2022 16:57
wekiweko wrote: Wed Feb 23, 2022 5:14 sedih sih liat VW dari yang tadinya punya line up yang vibrant jadi ATPM yang lemes kaya sekarang :big_cry:
Begitulah indomobil .. paling kita doain aj biar indomobil ngelepas ATPM VW , ganti aja yg megang let’s say Eurocars . Mereka lebih berani ambil tindakan & lebih niat jualan sih ..

Mazda semenjak dipegang eurocars aja jd lumayan lho peformanya. Hampir semua lineup CBU japan high quality harga jg affordable, walaupun sempet ada kasus stnk lama terbit hahaha … terlalu aggressive :big_biglaugh:

Semoga brand VW bangkit lg di indo market . Dari dulu yg megang cuman mercedes / bmw terus. Audi jg melempem . Belom lagi digempur Lexus … habis sudah :e-wall:

Satu2nya VAG group yg lumayan kuat di indo malah Porsche , dan itu jg dipegang sama Eurocars kan :)
Kalo dipegabg eurokars kayanya golf tsi, gti masuk
T roc masuk
Passat masuk
Touareq masuk
Polo new model masuk
Transporter masuk
Touran masuk

:big_love:
hmm kek apa yak bawa golf 8 r di transjawa ato lintas selatan bandung ciamis jogya wkwkwkw :big_grin:
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: T-Cross meluncur di indonesia

Post by wekiweko »

AbdulHakim wrote: Tue Mar 01, 2022 10:42 btw, VW ini ngarep adanya penjualan dari die-hard fannya yang existing? atau optimis mau menciduk fan-fan pemula?
kalo liat pricingnya yang "agak-agak" siy, feeling saya menyosor ke die-hard fannya, apakah benar demikian?
ragu om kalo nyasar die hard fans, pengguna VW aja kayanya mungkin juga mikir2 wkwkwkwk. Dulu pas awal2 denger T-Cross mau dimasukin harga 400an dari mantan salesnya masih kepikiran lucu juga nih buat mobil kedua sekelas HRV, harganya juga mungkin deket2 HRV prestige (bayanginnya T-Cross kaya di australia yang emang sekelas HRV). Tapi abis liat bentukannya Taigun dan harganya 488 antara mending cari mobil sekelas yang lebih murah atau naik kelas sekalian :big_biglaugh: