Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

Review Pribadi 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Prolog:
Awalnya saya pemakai Santa Fe 2014 DM CRDI sejak Oktober 2019, dulunya memang diniatkan mau pakai mobil ini untuk minimal 3-5 tahun, sampe pada saat launching TM FL 2021 ini tiba2 jadi sangat tertarik karena deretan fiturnya yang terbilang "nyaris" ga ada downgrade dibanding generasi2 pendahulunya.

Pas hari launching April 2021 langsung diajak bareng temen juga ke MKG liat sekalian TD, waktu itu udah malem dan untungnya masih bisa muter. Impresi pertama memang cukup berkesan, mulai dari mesinnya yang senyap, dctnya yang halus, interiornya yang menurut saya sangat mewah buat harganya, headlamp yang terang lebih dari cukup, sampai feeling driving dynamicnya yang gesit banget mengingat ukuran bodinya yang besar, yang paling berkesan itu memang rigid bodinya jauh lebih kaku dibanding TM preFL sebelumnya, tapi secara suspensi cukup firm tapi masih lebih empuk dan nyaman dibanding yang lama kadang kena poldur dadakan pun bisa bikin loncat.

Nah sepulang dari situ, singkat cerita, ajakin bini juga tes besok siangnya, sebetulnya cuma maksudnya iseng aja karena dia juga penasaran mau liat dan kebetulan lagi mau keluar rumah juga, nah disini salahnya saya, TD 2 hari berurutan dan bareng bini itu bener2 bikin nyamannya ini mobil meresap sampe bikin susah tidur saking impresifnya driving experiencenya :upss: akhirnya sejak saat ini diniatkan deh beneran nabung extra untuk bisa ganti ke TM FL 2021 ini, tentunya yang CRDI lagi :big_okay:

Waktu bulan Juli 2021 sebenarnya sudah sempat mau SPK, tapi berhubung covid delta lagi tinggi2nya, akhirnya dibatalkan dan mundur ke awal Oktober 2021. Diluar dugaan proses SPK berjalan lancar dan diinfokan unitnya baru pada berdatangan dari pelabuhan jadi bisa terima unit dalam 1-2 minggu. Terima unit 26 Oktober 2021 dan plat sementara 2 bulan berhubung ngurus nopil pilihannya rada lama pake jasa diluaran.

Berikut ini review dan temuan saya selama 4 bulan pemakaian, silakan dikoreksi kalau memang ada yang kurang sesuai :mky_03:

Note: gambar2 akan ditambahkan berkala, masih bingung cara uploadnya :big_bored:

Desain Luar
+ Desain luar bagian fasia depan termasuk agak nyeleneh kalau di foto, saya termasuk ragu pas awalnya liat di brosur dan sosmed, tapi setelah lihat aslinya ternyata jauh lebih bisa diterima mata, elegan tapi sekaligus sedikit mengintimidasi terutama kalau terlihat dari spion, belum lagi bentuk DRLnya yang khas seperti huruf T itu memang bikin beda banget.
+ Grill besar bahannya satin chrome jadinya tidak bikin silau norak, tapi efek sampingnya klo uda kena dent atau baret karena kerikil susah benerinnya. Di grill saya udah ada 2 titik kena kerikil. Buat bersihin grill ini juga cukup Pe eR karena banyaknya lubang :big_dunno:
+ Headlamp full projector putih, sangat terang dan memadai di jalan gelap. Saya suka juga cutoffnya yang tidak terlalu tegas karena pengalaman retrofit santafe sebelumnya hal ini malah bikin mata cepat cape karena perbedaan terang/gelapnya yang signifikan antara area cutoff dan diluarnya.
+ Lampu sein depan menyatu manis dengan DRL bagian atas, kalau sein nyala, maka DRL bagian yang sama juga mati.
+ Lampu rem belakang kiri kanan menyatu denagn reflektor bar merah seperti veloz, awalnya ngerasa aneh karena ga nyala sama sekali, tapi setelah lihat implementasinya di veloz, akhirnya setuju memang lebih baik tidak nyala karena tampilannya jadi aneh kalau malam.
+ Posisi spion sangat baik dari dalam, sangat minim blindspot karena tangkai spionnya nempel ke bodi pintu. Kalau dulu di gen3 DM area segitiga spion dan pilar sangat mengganggu karena blindspotnya besar sekali.
- Desain lampu rem belakang ala 3D yang otentik di TM preFL malah hilang dan diganti model blok LED, sama kasusnya seperti DM preFL ke DM FL.
- Lampu sein belakang masih menjengkelkan posisinya malah di bumper, seharusnya bisa tukar posisi dengan lampu mundur, kalau dari sisi driver truk maka posisi lampu sein di bumpernya ini agak susah terlihat.
- Tidak punya foglamp.

Mesin, Transmisi dan Sasis
+ Blok mesin alumunium baru, pakai oli lebih sedikit 5.6L vs 6.7L sebelumnya.
+ Sangat senyap untuk ukuran mobil diesel.
+ Power mesin tidak pernah berasa kurang, hampir selalu linear dengan injakan gasnya, paling baru agak berkurang responnya sekitar 160+ kpj keatas, tapi itu pun naik ke 200 masih sangat2 cepat.
+ DSG sangat cepat, Tarikan D2 keatas sangat halus dan gigit.
+ Crawling 5-10kpj harus jaga pedal rem konsisten supaya ga terlalu ndut2an.
+ Tidak bisa mode D langsung kalau tidak pakai seatbelt saat EPB ON buat proteksi kepencet.
+ Sangat irit, rute standar saya di DM preFL sebelumnya sekitar 11kpl, disini 13.5kpl, dan tol mau mencapai diatas 15kpl sangat mudah, kalo rekor pribadi saya 22kpl
+ Tanjakan dengan mode smart sulit smooth karena standarnya adalah mode ECO, kalau turunan juga terlalu meluncur. Wajib ganti mode sport untuk tanjakan/turunan panjang supaya DSGnya paham kita perlu shifting poin lebih tinggi supaya lebih halus & turunan tidak meluncur.
+ Ireyen DSG 1500km sesuai manual, setelah itu jauh lebih smooth.
+ Naik gigi per 10kpj
+ Mode smart cukup pintar, nyaris ga pernah masuk mode Sport kecuali beneran gaspol, dan selama ini mode smart maksimal narik hanya injek gas setengah dan mobil sudah kenceng banget nariknya, lebih dari cukup untuk sekedar take over biasa. Standar smart pakai eco, cruise masuk comfort, gaspol masuk sport.
+ Bunyi fuel pump/fuel heater lumayan berisik setelah unlock remote.
- Gear patokan untuk speed berkendara diatas 70kpj itu benar2 sudah di titik minimum rpm optimal, karena kalau kita injak gas lebih dalam sedikit dan gearnya belum turun akan sedikit terdengar bunyi ngelitik khas gearbox manual karena ga pas rasionya. Untungnya cukup cepat DSGnya merespon ini untuk melakukan downshift.
- Paddle shift agak kurang berguna karena ada idle timer 8 detik sebelum balik auto, kadang perlu lebih lama untuk turunan panjang dan sempit. Tapi anehnya kadang juga ga balik auto sendiri.
- Tidak bisa parkir paralel.
- Oli mesin rekomendasi beres masih belum sesuai standar mesin barunya, terakhir masih SHU 0w20 yang lebih cenderung untuk mesin bensin, speknya ngawur semua untuk mesin diesel canggih begini. Akhirnya saya ganti sendiri SHU 5w40 buat 2x 7000, nanti setelah 15rb kemungkinan balik ke amsoil lagi.
- Lepas gas pada rpm/speed tertentu cenderung bikin badan 'ndelep' kedepan khas gearbox manual.
- DCT ajrut2an nanjak kecuali diset Sport berkurang banyak 80%, penyebabnya karena di ECO settingan cutoff gas ketika pedal gasnya diangkat sangat cepat, jadinya bikin ajrutan parah.
- Suhu coolant nanjak padalarang 80-90kpj terbilang tinggi 103-104c, tapi ini cuma sekali sih, setelah itu ga pernah lagi lewat 100c di rute yang sama.
- Sempat sekali anomali DSG pas turunan mbz 80kpj dari D7 mendadak ke D4 beberapa detik lalu balik lagi D7


Suspensi
+ Sangat nyaman, condong firm & stabil.
+ 150kpj padalarang sangat stabil dan di kabin tenang .
+ Nikung 120kpj padalarang sangat stabil dengan 4 dewasa + 2 anak.
+ Tidak terlalu goyang di jalan jelek, bantingannya sangat terasa premium dan mantep, kalau di tol pun juga sangat gesit gerakan bodinya mengikuti setir.
+ Ban sangat berpengaruh stabilitas kabin, ganti conti UC6 SUV langsung jauh lebih tenang dan empuk, grip semakin kuat dan jarang spin, dulu pakai kumho sangat rawan spin kalau gas injak mendadak.
- Ban bawaan Kumho wajib ganti, terlalu keras mentul dan gripnya sangat kurang memadai, cenderung berisik juga di jalan jelek dan di tol.


Safety
+ Sudah autolock 20kpj
+ Collision Warning cukup sensitif tapi ga cocok buat yang hobinya serudukan/salip mepet2
+ Rear cross alert berfungsi baik tapi sering bikin kagetan kalo ada tukang parkir dadakan deket bemper, diakalin sedikit dengan lambatkan mobil sangat pelan kalau sudah dekat objek bergeraknya.
+ Blind spot camera di spido sangat membantu untuk ngintip sudut mati dan malam hari, jadi bikin malas nengok spion kiri.
+ Child lock door row2 diganti tombol elektronik di driver, sangat membantu untuk safety anak2, sudah sekaligus kunci power window.
+ Rear Passenger Detection berfungsi baik dan sensitif.
+ Highway Assist dari 0kpj minim drifting, cenderung agak kekiri, tapi kalau speed diatas 60kpj bisa cenderung tengah.
+ Lane Keep Assist start dari 60kpj.
+ Lead Departure Warning sangat bermanfaat buat driver yang tipenya suka merem sebentar istirahat mata di lampu merah karena ada alarmnya kalau mobil depan sudah jalan :D
- Blind spot warning tidak bisa dimatikan hanya suaranya.
- Highway assist bisa dari 0kpj menandakan kolaborasinya dengan fitur auto cruise/adaptive cruise supaya bisa stop-n-go, sayangnya tidak ada fitur acc.
- Highway assist sangat sensitif dengan hasil spooring, kalau setirnya dalam keadaan normal sudah tidak lurus, fitur koreksi setir di highway assist juga agak terganggu, efeknya kalau jalan seperti oleng kiri dan kanan tergantung seberapa parah kondisi kaki2.
- Parking Assist Warning mengganggu di jalanan padat macet kalau diset auto karena bentar2 nyala kalau ada motor mepet2 lewat, disable via tombol hanya bisa sebentar, untungnya bisa dimatikan permanen fitur ini, baru aktif otomatis kalau di R saja.
- TPMS tidak bisa diset warning tekanannya.

Interior
+ Peredam bagian mesin dan underside sangat baik
+ Switch udara luar/dalam sinkron dengan kondisi sunroof buka/tutup
+ Remote start membuat AC otomatis hidup dengan udara luar dan fan medium (hampir setara settingan auto 1)
+ Material kulit setir, dashboard dan doortrim sangat halus & premium
+ Material kulit jok sangat bagus dan empuk, terutama headrestnya. Jok sangat memegang badan ketika manuver. Sayang tidak cooler seat padahal bahan kulit joknya sudah ready perforated.
+ Semua tombol pencetan sangat empuk dan impresi premium
+ Spion Electrochromatic sempat belum dapat, akhirnya terpasang setelah menunggu 3 bulan, tidak ada biaya tambahan. Sayang cakupan dimmer otomatisnya hanya sekitar 80%, jadi ada efek bingkai di kacanya kalau sedang dimmer maksimal.
+ Lampu dan wiper sudah full otomatis, khusus wiper juga lengkap dengan setelah speed intermittenya.
- Lingkar setir samping jam 9 & 3 agak terlalu kurus, sedikit kurang mantap digengam
- Dialer untuk mode berkendara agak ringkih/goyang
- Tidak ada Cooler Seat
- Tidak ada Holder kacamata
- Headrest terlalu rebah, kena downspec seharusnya bisa disetel 3 level seperti santa fe lama (DM preFL), terpaksa diakali tambah bantalan
- Material Busa jok sangat lambat untuk forming (ngebentuk) ke posisi yang enak dengan postur mengemudi, efeknya ketika awal adjust sudah enak, sekitar 20-30 menit malah jadi ga enak, jadi ngeraba posisinya yang benar2 enak untuk before & after sangat butuh waktu trial dan error karena efek perubahan busa joknya yang lambat ini.
- Sirip AC tidak ada slider takaran angin, hanya bisa slide ke kiri mentok untuk tutup
- Peredam bagian belakang terasa agak kurang, mungkin dari daerah fender atau pintu belakang yang kurang.
- 360cam terpotong di setiap 4 sudut, ada informasi gambar yang hilang, hati2 kalau terlalu mengandalkan kamera bisa nyeruduk.
- Kualitas audio terbilang pas2an, penyanyi suara tinggi pasti kedengeran seperti tercekik
- Slot USB di upper console posisinya rawan kena tumpahan air dari cupholder sebelahnya, lebih baik pasang usb rubber cap (tutup karet) biar aman
- Mode suara di carplay kadang ngebug ga ada suara, maps ga ngomong atau hanya suara navigasi saja, bisa juga karena pengaruh bug ios. Harus restart iphone baru normal. Kalau android auto hanya bisa voice search, kecuali lagi park Cenderung bermasalah kalau hpnya keluar/masuk mobil.
- Cupholder console hanya ada 2 per pengencang, cenderung botol bergetar kalau mobil sudah jalan
- Bentuk cupholder pintu tidak lurus kebawah dan agak kecil, tiap taruh botol pasti menggesek doortrimnya, kalau botol minum diatas 600ml sudah pasti ga muat.
- Sambungan sayap doortrim atas ga pas ke dashboard.
- Spion tengah seharusnya sudah Electrochromatic (ECM) sesuai brosur, tapi ternyata belum, infonya nanti ada penggantian part manual di beres setelah tersedia.
- Wireless charger tidak berguna karena modul fan didalamnya tidak ada, otomatis selalu bikin overheat dan baterai sudah pasti cepat rusak. Sekarang cuma dipakai untuk storage tambahan saja buat dompet/taruh hp.

Minor issue:
- Engsel pintu semuanya bunyi tuk tuk kalau dibuka.
- Kaki2 bagian belakang ada bunyi tuk klutuk kalau kena poldur tertentu.
- Steering column sempat dibongkar di servis 1000 karena setiap diputar ada bunyi tak tak, sekarang sudah sembuh tapi ada bunyi baru di kaki kanan depan kalau abis kena belokan patah dan diputar balik.

Temuan akan diupdate berkala nantinya :D
Last edited by yohanesw on Wed Mar 02, 2022 5:13, edited 2 times in total.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Ini mobil emang mantep banget, coba kalau merknya H atau T atau M, sudah pasti buanyak yg pake.
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

sintoni wrote:Nais ripiu om.

Ini mobil emang mantep banget, coba kalau merknya H atau T atau M, sudah pasti buanyak yg pake.
he eh uda kadung bosen om, soalnya ortu sudah pakai juga merek T puluhan tahun [emoji28]
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

Wah... congratz om buat mobil baru nya.. kita sama2 pengguna Santa Fe 2021 neh.. cuma punya saya yang tipe prime saja.

Sangat setuju sekali dengan review2 nya om.. hampir semuaaa yg ditulis di atas saya ngalamin jg. Utk bunyi "tak tuk" ketika pintu dibuka saya pernah coba semprot engsel2 nya pake silicone spray jg ga ada efek. Agak annoying cuma belum nemu buat hilangin nya gimana.

Utk bunyi "ngiinggg" waktu unlock pintu itu bukan bunyi dari motor spion ya?

Terus panoramic sunroof nya om bunyi kretek kretek ga kalo lewat jalan keriting?
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:Wah... congratz om buat mobil baru nya.. kita sama2 pengguna Santa Fe 2021 neh.. cuma punya saya yang tipe prime saja.

Sangat setuju sekali dengan review2 nya om.. hampir semuaaa yg ditulis di atas saya ngalamin jg. Utk bunyi "tak tuk" ketika pintu dibuka saya pernah coba semprot engsel2 nya pake silicone spray jg ga ada efek. Agak annoying cuma belum nemu buat hilangin nya gimana.

Utk bunyi "ngiinggg" waktu unlock pintu itu bukan bunyi dari motor spion ya?

Terus panoramic sunroof nya om bunyi kretek kretek ga kalo lewat jalan keriting?
thanks om [emoji1317][emoji1317]

iya itu di engsel pintu saya amati radanya bunyinya dari bagian dalam doortrim, kemaren udah tanya beres juga katanya doortrim kudu dibongkar buat cek, tapi ga saya lanjutin soalnya makan waktu.

Bunyi ngiing itu dari bagian mesin koq om, sama seperti DM sebelumnya tapi yg baru ini bunyinya lebih nyaring.

Untuk panoramic untungnya aman semua om ga bunyi [emoji1317]

Sudah jalan odo berapa om?
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

Odo sudah jalan 10 ribu an.. oh ya suhu coolant sampe 103 itu kebaca darimana? OBD atau di indicator speedo lebih dari setengah?
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:Odo sudah jalan 10 ribu an.. oh ya suhu coolant sampe 103 itu kebaca darimana? OBD atau di indicator speedo lebih dari setengah?
uda 10rb masih lancar semua om? iya saya baca pakai obd reader suhu coolantnya
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

Lancar kok so far ga ada apa2
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sahabatq8 »

Compare ke xtrail gmn om, penasaran. Ane sempet coba mesin sante fe ini sih halus bgt ya buat diesel.
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

sahabatq8 wrote:Compare ke xtrail gmn om, penasaran. Ane sempet coba mesin sante fe ini sih halus bgt ya buat diesel.
wah jauh bener om, menurut saya xtrail cuma menang harganya saja yang memang value banget udah dapet lengkap terutama yg T32 facelift, sisanya masih jauh lebih unggul santa fe dari luar-dalam
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 7:05
vhar7 wrote:Odo sudah jalan 10 ribu an.. oh ya suhu coolant sampe 103 itu kebaca darimana? OBD atau di indicator speedo lebih dari setengah?
uda 10rb masih lancar semua om? iya saya baca pakai obd reader suhu coolantnya
OBD scanner nya yg compatible sama Santa Fe pake apa and beli di mana? Jd pengen coba nih haha
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:
yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 7:05
vhar7 wrote:Odo sudah jalan 10 ribu an.. oh ya suhu coolant sampe 103 itu kebaca darimana? OBD atau di indicator speedo lebih dari setengah?
uda 10rb masih lancar semua om? iya saya baca pakai obd reader suhu coolantnya
OBD scanner nya yg compatible sama Santa Fe pake apa and beli di mana? Jd pengen coba nih haha
belinya merek Viecar yg bentuknya kotak putih om, agak banyak sensor yang belum kebaca, padahal di santa fe DM sebelumnya hampir semua yg penting kebaca hehe
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by darrelund »

vhar7 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:55 Wah... congratz om buat mobil baru nya.. kita sama2 pengguna Santa Fe 2021 neh.. cuma punya saya yang tipe prime saja.

Sangat setuju sekali dengan review2 nya om.. hampir semuaaa yg ditulis di atas saya ngalamin jg. Utk bunyi "tak tuk" ketika pintu dibuka saya pernah coba semprot engsel2 nya pake silicone spray jg ga ada efek. Agak annoying cuma belum nemu buat hilangin nya gimana.

Utk bunyi "ngiinggg" waktu unlock pintu itu bukan bunyi dari motor spion ya?

Terus panoramic sunroof nya om bunyi kretek kretek ga kalo lewat jalan keriting?
saya penasaran, sebenernya perlu ga sih beli tipe signature? apa prime saja sudah cukup?
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

darrelund wrote:
vhar7 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:55 Wah... congratz om buat mobil baru nya.. kita sama2 pengguna Santa Fe 2021 neh.. cuma punya saya yang tipe prime saja.

Sangat setuju sekali dengan review2 nya om.. hampir semuaaa yg ditulis di atas saya ngalamin jg. Utk bunyi "tak tuk" ketika pintu dibuka saya pernah coba semprot engsel2 nya pake silicone spray jg ga ada efek. Agak annoying cuma belum nemu buat hilangin nya gimana.

Utk bunyi "ngiinggg" waktu unlock pintu itu bukan bunyi dari motor spion ya?

Terus panoramic sunroof nya om bunyi kretek kretek ga kalo lewat jalan keriting?
saya penasaran, sebenernya perlu ga sih beli tipe signature? apa prime saja sudah cukup?
tergantung kebutuhan om, kalo saya pribadi memang incer steering otomatisnya buat bantu menghindari micro sleep di tol. Kemaren desember juga tes tol panjang jkt - malang pun sangat terbantu ga terlalu letih pas sampe tujuan karena setirnya sebagian besar dipegang komputernya, tangan kita cuma gantung ringan saja.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 14:58
belinya merek Viecar yg bentuknya kotak putih om, agak banyak sensor yang belum kebaca, padahal di santa fe DM sebelumnya hampir semua yg penting kebaca hehe
ini OBD nya yang connect ke HP atau konvensional kayak kotak ada layar nya gt?

https://www.tokopedia.com/jmssurabaya/v ... tik-obd-ii
ini bukan om?
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:
yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 14:58
belinya merek Viecar yg bentuknya kotak putih om, agak banyak sensor yang belum kebaca, padahal di santa fe DM sebelumnya hampir semua yg penting kebaca hehe
ini OBD nya yang connect ke HP atau konvensional kayak kotak ada layar nya gt?

https://www.tokopedia.com/jmssurabaya/v ... tik-obd-ii
ini bukan om?
bukan om, bentuknya begini:

https://s.lazada.co.id/s.TCXHb

Sambungnya ke hp nantinya via bluetooth
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

darrelund wrote: Wed Mar 02, 2022 15:07
vhar7 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:55 Wah... congratz om buat mobil baru nya.. kita sama2 pengguna Santa Fe 2021 neh.. cuma punya saya yang tipe prime saja.

Sangat setuju sekali dengan review2 nya om.. hampir semuaaa yg ditulis di atas saya ngalamin jg. Utk bunyi "tak tuk" ketika pintu dibuka saya pernah coba semprot engsel2 nya pake silicone spray jg ga ada efek. Agak annoying cuma belum nemu buat hilangin nya gimana.

Utk bunyi "ngiinggg" waktu unlock pintu itu bukan bunyi dari motor spion ya?

Terus panoramic sunroof nya om bunyi kretek kretek ga kalo lewat jalan keriting?
saya penasaran, sebenernya perlu ga sih beli tipe signature? apa prime saja sudah cukup?
kalo bicara sekedar cukup aja si ya cukup, cuma memang sekarang kerasa kayak "mestinya waktu itu beli yg signature aja ya" hahaha.. kenapa gitu? ada beberapa hal yang saya kerasa miss dan buat saya lumayan berarti:
1. Lampu nya prime belum projector - keliatan kurang bagus. Cahaya nya kalo di projector lebih lebar dan cut off lebih bagus
2. Tidak ada rain sensing wiper
3. Leather seat di signature warna saddle brown - lebih terlihat mewah daripada hitam (tapi ini selera sih)
4. No power back door
5. No 360 camera

tapi balik lagi kebutuhan and budget.. hehe
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 15:14
bukan om, bentuknya begini:

https://s.lazada.co.id/s.TCXHb

Sambungnya ke hp nantinya via bluetooth
oh ok2... thanks a lot :big_deal:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:
darrelund wrote: Wed Mar 02, 2022 15:07
vhar7 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:55 Wah... congratz om buat mobil baru nya.. kita sama2 pengguna Santa Fe 2021 neh.. cuma punya saya yang tipe prime saja.

Sangat setuju sekali dengan review2 nya om.. hampir semuaaa yg ditulis di atas saya ngalamin jg. Utk bunyi "tak tuk" ketika pintu dibuka saya pernah coba semprot engsel2 nya pake silicone spray jg ga ada efek. Agak annoying cuma belum nemu buat hilangin nya gimana.

Utk bunyi "ngiinggg" waktu unlock pintu itu bukan bunyi dari motor spion ya?

Terus panoramic sunroof nya om bunyi kretek kretek ga kalo lewat jalan keriting?
saya penasaran, sebenernya perlu ga sih beli tipe signature? apa prime saja sudah cukup?
kalo bicara sekedar cukup aja si ya cukup, cuma memang sekarang kerasa kayak "mestinya waktu itu beli yg signature aja ya" hahaha.. kenapa gitu? ada beberapa hal yang saya kerasa miss dan buat saya lumayan berarti:
1. Lampu nya prime belum projector - keliatan kurang bagus. Cahaya nya kalo di projector lebih lebar dan cut off lebih bagus
2. Tidak ada rain sensing wiper
3. Leather seat di signature warna saddle brown - lebih terlihat mewah daripada hitam (tapi ini selera sih)
4. No power back door
5. No 360 camera

tapi balik lagi kebutuhan and budget.. hehe
nah dari ini yg bisa di tambahin cuma 360cam dan power backdoor saja, itu di dharma audio ada paketnya, sama speaker bose juga ada

Modif lampu bisa juga sih retrofit, cuma takutnya riskan sensor2 saja.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 15:28
nah dari ini yg bisa di tambahin cuma 360cam dan power backdoor saja, itu di dharma audio ada paketnya, sama speaker bose juga ada

Modif lampu bisa juga sih retrofit, cuma takutnya riskan sensor2 saja.
iyes.. bisa ditambahin emang cuma rada males lumayan mahal haha 360 cam sekitar 7 or 8 juta. Terus power back door ya 7 juta an kalo ga salah.

Audio kemarin uda upgrade semua dari pake processor terus ganti speaker & tweeter sama pasang subwoofer. Setelah 3x bolak balik bengkel tunang tuning terus akhirnya bisa dapet suara yg enak dan pas

Lampu sempet iseng2 tanya ke bengkel modif, mereka ga berani buat utak atik haha
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

vhar7 wrote:
yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 15:28
nah dari ini yg bisa di tambahin cuma 360cam dan power backdoor saja, itu di dharma audio ada paketnya, sama speaker bose juga ada

Modif lampu bisa juga sih retrofit, cuma takutnya riskan sensor2 saja.
iyes.. bisa ditambahin emang cuma rada males lumayan mahal haha 360 cam sekitar 7 or 8 juta. Terus power back door ya 7 juta an kalo ga salah.

Audio kemarin uda upgrade semua dari pake processor terus ganti speaker & tweeter sama pasang subwoofer. Setelah 3x bolak balik bengkel tunang tuning terus akhirnya bisa dapet suara yg enak dan pas

Lampu sempet iseng2 tanya ke bengkel modif, mereka ga berani buat utak atik haha
wah menarik hehe, abis budget berapa om buat audio? Sub apa pake yg model bawah jok?
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 15:55
wah menarik hehe, abis budget berapa om buat audio? Sub apa pake yg model bawah jok?
kemarin habis 22 juta an.. sub nya pertama pake dibawah jok yg venom 6 inch (8 inch udah ga ada space). Hasilnya sangat2 ga memuaskan, terus akhirnya refund ganti subwoofer 10 inch tapi ditanem di belakang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Pboyz97 »

nice review om dan congrats untuk mobil barunya, santa fe ini memang salah 1 mobil yg cakep menurut saya. selain itu fitur + driving feel, tarikan dan handlingnya juga worth sm harganya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by KielConstantine »

vhar7 wrote: Wed Mar 02, 2022 15:21 ……. cuma memang sekarang kerasa kayak "mestinya waktu itu beli yg signature aja ya" hahaha..
Ya memang begitulah om wkwkwkwk … klo ane sih lebih milih ngumpulin duit extra which is take longer time. buat beli something type tertinggi . Tapi balik lg beda2 orang jg sihh ehehehe
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

yohanesw wrote: Wed Mar 02, 2022 15:08
darrelund wrote:
vhar7 wrote: Wed Mar 02, 2022 5:55 Wah... congratz om buat mobil baru nya.. kita sama2 pengguna Santa Fe 2021 neh.. cuma punya saya yang tipe prime saja.

Sangat setuju sekali dengan review2 nya om.. hampir semuaaa yg ditulis di atas saya ngalamin jg. Utk bunyi "tak tuk" ketika pintu dibuka saya pernah coba semprot engsel2 nya pake silicone spray jg ga ada efek. Agak annoying cuma belum nemu buat hilangin nya gimana.

Utk bunyi "ngiinggg" waktu unlock pintu itu bukan bunyi dari motor spion ya?

Terus panoramic sunroof nya om bunyi kretek kretek ga kalo lewat jalan keriting?
saya penasaran, sebenernya perlu ga sih beli tipe signature? apa prime saja sudah cukup?
tergantung kebutuhan om, kalo saya pribadi memang incer steering otomatisnya buat bantu menghindari micro sleep di tol. Kemaren desember juga tes tol panjang jkt - malang pun sangat terbantu ga terlalu letih pas sampe tujuan karena setirnya sebagian besar dipegang komputernya, tangan kita cuma gantung ringan saja.
Gak sekalian sambil sarapan om biar tambah tenaganya? :upss: