[NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by ChZ »

b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 8:50
kalo prototype kan ud ada versi jepang yang sini punya tinggal downgrade sama sesuain specnya aj mungkin gak detail2x banget testnya sampe kek versi jepang :big_bored:
ngejar deadline uji tipe bisa2 apalagi kejar kejaran sama aturan ppnbm 0% dulu buat kickstart penjualan :big_biglaugh:

"udah di pass-in aja dulu ntar gampang, klo ngikutin panduannya bisa bisa telat momentum kita"
kunaskun wrote: Mon Mar 14, 2022 14:03
mungkin yg ngetes kurang extreme. :big_think:
mestinya kirim dulu ke member SM, nah di roasting dulu abis itu kirim ke youtuber buat bikin hepi kaum mendang mending :big_biglaugh:

saya rasa ini sekedar assembling issue lah, bisa jadi unit prototype itu las2an bener semua, namanya saja prototype every mm counts. kalau di paultan ternyata rocky ini aslinya kerjaan keroyokan 3 negara sekaligus: Jepang, Malaysia dan Indonesia. ya engineering 3 negara masa iya gagal ngitung ginian.
apalagi ini platform totally all new yg akan jadi mesin duit DaiToyo kedepannya.
nah moga moga aja sih cuma assembling issue. waktu inspeksi pabrik sama teknisi2 nihonjin bisa bisa dibilang loh ini kenapa ngelasnya ngga bagus gini baru ketauan batch itu bermasalah :big_biglaugh:
b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 15:05
di marketing diajarin juga kalo jual mobil tuh pintunya ditutup mantep orang lebih berasa mewah :big_grin:

saya sih dulu bangga2xin punya chevy bobotnya berat di banding mobil laen ternyata eh ternyata kalo dah ngerti mah berat itu bisa jadi pertanda dia pake besi murah buat cutting cost yang bener itu materialnya makin lama makin ringan dan kuat biar handling makin presisi dan irit bbm kayak bmw belakangan mulai pake chasis alumunium makannya mobilnya makin kaleng compare aja E60 sama e39 e39 mah kayak tank berjalan :big_biglaugh:
insinyur otomotif tuh justru kebanyakan nggak suka excessive weight. karena more weight = less efficient. harus kasih mesin lebih kuat, lebih boros, tapi performa pas-pasan. udah gitu secara handling juga jelas banget nggak agile mobilnya. itu range rover sport skrg chassis aluminium hasilnya malah lap time nya bisa nyamain MINI Cooper JCW.

kebalikan sama konsumen yang justru malah gak suka krn mobilnya jadi kaleng rombeng.

padahal E36 kalo dibandingin sama modern F30 jg F30 kayak kaleng rombeng. begitu tabrakan strukturnya E36 ketauan kerupuk banget F30 masih intact semua. klo gak salah pernah ada yang ngetes E36 di crash test modern dan nggak lulus.

makanya klo ngaku "reviewer" atau "jurnalis" otomotif tp masih ketok ketok bodi sih kurang wawasan aja. klo orang awam msh wajar lah walau kadang dikasih tau ngeyel juga sih apalagi kl generasi oldies pokoknya mobil jaman dia lebih kokoh, lebih gagah, lebih awet, lebih segala galanya walau tabrakan jadi rempeyek juga dan handlingnya juga kayak perahu chassisnya belok flexing bodyroll kemana mana kenceng dikit keguling.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

lemonadelovers wrote: Tue Mar 15, 2022 3:37
Bedanya FD1 dan FD2 jg sama spot welding FD2 lebih banyak
INI fd2 nya maksudnya FD2 yang mana om kalo FD2R detailnya chasisnya mah banyak banget di banding FD biasa :big_biglaugh:

kalo FD1-FD2 mah ud kayak swap engine aja nambah fitur dikit :big_smile]
ChZ wrote: Tue Mar 15, 2022 3:45
ngejar deadline uji tipe bisa2 apalagi kejar kejaran sama aturan ppnbm 0% dulu buat kickstart penjualan :big_biglaugh:

"udah di pass-in aja dulu ntar gampang, klo ngikutin panduannya bisa bisa telat momentum kita"


insinyur otomotif tuh justru kebanyakan nggak suka excessive weight. karena more weight = less efficient. harus kasih mesin lebih kuat, lebih boros, tapi performa pas-pasan. udah gitu secara handling juga jelas banget nggak agile mobilnya. itu range rover sport skrg chassis aluminium hasilnya malah lap time nya bisa nyamain MINI Cooper JCW.

kebalikan sama konsumen yang justru malah gak suka krn mobilnya jadi kaleng rombeng.

padahal E36 kalo dibandingin sama modern F30 jg F30 kayak kaleng rombeng. begitu tabrakan strukturnya E36 ketauan kerupuk banget F30 masih intact semua. klo gak salah pernah ada yang ngetes E36 di crash test modern dan nggak lulus.

makanya klo ngaku "reviewer" atau "jurnalis" otomotif tp masih ketok ketok bodi sih kurang wawasan aja. klo orang awam msh wajar lah walau kadang dikasih tau ngeyel juga sih apalagi kl generasi oldies pokoknya mobil jaman dia lebih kokoh, lebih gagah, lebih awet, lebih segala galanya walau tabrakan jadi rempeyek juga dan handlingnya juga kayak perahu chassisnya belok flexing bodyroll kemana mana kenceng dikit keguling.
bisa jadi tuh ngejar setoran pas RND mayan buat gebukin HRV ud gerah soalnya liat HRV jualan sendirian :big_biglaugh:

nah itu konsumen kita banyak banget yang ketipu sama BQ dan fitur melimpah gak tau kalo chasisnya di cutting cost, ntar pas mobilnya ud kuno cuma bingung kok honda harga secondnya kuat sama kadang bisa naek kek property??? mobil dia nyungsep :big_biglaugh:

kayak hyundai aja lucu pas promosiin creta di indihe katanya bisa tahan ditiban 2 gajah lah truk juga kuat angkut tank cuma kalo dah nabrak resiko penumpang lewat malah lebih gede :big_biglaugh:



jd inget mobil amerika jadul liat aja video diatas olengnya parah banget :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Tue Mar 15, 2022 4:47, edited 1 time in total.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

Barusan abis nganter rocky bwt direpair.
Kata SAnya hanya 1 kejadian yg sampe lepas itu shock tower las lasannya di sumatra. Yg lain bwt precautions makanya direcall.
Untuk Daihatsu masuk di tangsel katanya pengerjaan di pusat body repair ciledug. Mobil saya yg pertama masuk di bengkel dia katanya. Lama pengerjaan 2 hari dan spare 1 hari bwt transportasi.

Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpg
IMG-20220315-WA0007.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by Bibieight »

hackers11 wrote: Tue Mar 15, 2022 6:37 Barusan abis nganter rocky bwt direpair.
Kata SAnya hanya 1 kejadian yg sampe lepas itu shock tower las lasannya di sumatra. Yg lain bwt precautions makanya direcall.
Untuk Daihatsu masuk di tangsel katanya pengerjaan di pusat body repair ciledug. Mobil saya yg pertama masuk di bengkel dia katanya. Lama pengerjaan 2 hari dan spare 1 hari bwt transportasi.

Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpgIMG-20220315-WA0007.jpg
Ini yg beli apes bener yak?, tadinya beli spot welding jadinya las litrik pager… :big_bored: :big_bored: :big_bored: , itu bekas las dihalusin dulu baru dicat atau langsung ditimpuk cat enggak ya ?, terus long termnya bakal jadi sumber karat enggak ya ?, berasa kayak punya mobil bekas tubrukan… :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Tue Mar 15, 2022 10:21
Ini yg beli apes bener yak?, tadinya beli spot welding jadinya las litrik pager… :big_bored: :big_bored: :big_bored: , itu bekas las dihalusin dulu baru dicat atau langsung ditimpuk cat enggak ya ?, terus long termnya bakal jadi sumber karat enggak ya ?, berasa kayak punya mobil bekas tubrukan… :big_peace: :big_peace: :big_peace:
keknya mendingan kerjain sendiri nyari body repair yang biasa ngelas chasis atau bikin mobil speed off road pake besi tubular :big_bored:

sekalian aja minta di reinforced chasisnya :big_biglaugh:
picker83
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by picker83 »

harusnya bikin surat terbuka ganti unit baru krn kualitas tetap jauh di bawah standar setelah di recall, berasa mbl bekas accident - -"
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by benzz89 »

hackers11 wrote:Barusan abis nganter rocky bwt direpair.
Kata SAnya hanya 1 kejadian yg sampe lepas itu shock tower las lasannya di sumatra. Yg lain bwt precautions makanya direcall.
Untuk Daihatsu masuk di tangsel katanya pengerjaan di pusat body repair ciledug. Mobil saya yg pertama masuk di bengkel dia katanya. Lama pengerjaan 2 hari dan spare 1 hari bwt transportasi.

Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpg
IMG-20220315-WA0007.jpg
Bujug buneng... hasil repair las2annya kok kaya begitu yah... farahhh ini mah, asal banget pengerjaannya.

Bener2 kaya bekas accident itu mobil jadinya, kl ane sbg ownernya sih gak sanggup deh tiap buka kap mesin liat begituan... rasanya geli pengen garuk aja itu las2an nya hahahaha [emoji16]
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by vipere »

Bekas las nya bikin gue jadi trypophobia, alias fobia melihat sekumpulan lobang
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by Bibieight »

picker83 wrote: Tue Mar 15, 2022 11:01 harusnya bikin surat terbuka ganti unit baru krn kualitas tetap jauh di bawah standar setelah di recall, berasa mbl bekas accident - -"
memungkinkan gak sih kalo error produksi model gini bisa minta tukar model baru ?, palingan juga ama ADM yang disalahin : kondisi jalan, cara mengemudi yang tidak benar dll..dsb…, yang gak abis pikir, masa solusinya dilas listrik macam pagar rumah gini ya ?, bukannya harusnya dari pabrik spot welding betulinnya spot welding ?, atau mata saya yg salah itu foto sdh spot welding ya ?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by MSU »

10 jam kerja claimnya...komponen terdekat ga dilepas...tar share lg hasil cat-nya ya om
Sy meragukan bs rapi kayak mobil baru
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by doge »

hackers11 wrote: Tue Mar 15, 2022 6:37 Barusan abis nganter rocky bwt direpair.
Kata SAnya hanya 1 kejadian yg sampe lepas itu shock tower las lasannya di sumatra. Yg lain bwt precautions makanya direcall.
Untuk Daihatsu masuk di tangsel katanya pengerjaan di pusat body repair ciledug. Mobil saya yg pertama masuk di bengkel dia katanya. Lama pengerjaan 2 hari dan spare 1 hari bwt transportasi.

Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpgIMG-20220315-WA0007.jpg
aku udh feeling repairnya g bakalan pke spot welding krn tmptnya agak sulit bwt manual spot weld; dan aku ykin tyt gmw invest mesin spot weld, krn mstinya bengkel jarang banget nerima repair yg smpe hrs spot weld

cmn buset dah wkwkwk

ntar update yg udh dicap kelar sm beres y om

untung blm jd beli duo rr th lalu...
:ngacir:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

Ada update(sepertinya mobil yg sama) sekarang jadi begini. Sekilas acceptable sih, pending dicat katanya.
FB_IMG_1647354235211.jpg
FB_IMG_1647354238492.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Cahmeneng
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Sun Feb 04, 2018 2:25
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Public_transport

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by Cahmeneng »

ChZ wrote: Mon Mar 14, 2022 2:56
kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:38
yg bikin repot itu lokasinya, dari pengamatan saya, mesti bongkar fender, bumper, front suspension dan kiri kanan. makanya waktu pekerjaan 7-8 jam kerja = seharian kalau kelar. berarti 2 hari baru kelar. dan sepertinya diganti itu fender apron-nya / dudukan sokbreker depan bagian atas. karena banyak member FB Grup diatas yang sharing spot weld yg meleset itu sesuai foto diatas yang "Pre Oktober" jadi tidak mungkin ditambah titik spot weld karena memang meleset banget. sepertinya tidak butuh repaint ya mungkin cukup di seal ulang saja agar tidak berkarat.

untung Rocky saya rakitan Desember 2021 dan cek VIN tidak termasuk. kalau iya sakit kepala dah itu bongkar part segitu banyak.
untungnya ini toyota/daihatsu mbah bengkel dmn2.

coba kalo hyundai atau mazda yg 1 kota 1 dealer. antri buat ngerjain beginian bisa sebulanan. langsung putus asa jual mobil :big_biglaugh:

tapi ya makan ati juga sih tetep aja dikali berapa ribu unit soalnya ini mobil laku banget. apalagi kl krusial gini pasti pada buru-buru juga kan. bisa bisa kepepet ada yang kerjain di bengkel luar urusan ngelas doank pikirnya :big_biglaugh:
b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 1:11
saya dulu pernah denger mekanik body repair bekas orang pabrik honda katanya honda tuh QC di chasisnya ketat banget kalo hasil las2xannya jelek pasti dibuang chasisnya :big_biglaugh:
gw yang bingung tuh gimana si duo astra ngetes ni mobil waktu tahap prototype. termasuk unit early batch yang lain koq kayaknya kurang mateng begitu udah sampe konsumen (duo 2gd, veloz/avanza). kalo honda sih glitch nya biasa di assembling bukan di mekanikal dan vendor partsnya kurang oke (karet karetnya HRV, tombol tuas transmisi CRV)

pdhl itu isu yang sebenernya kalo beneran isu, ketauan waktu tahap uji prototype. prototype unit kan udah dianggap final product. ngetes nya jg pasti lama lama sampe ratusan ribu kilo lah gak mungkin cuma muter di jakarta doank.

apa ya ngetesnya cuma ke luar kota naek tol beres gak ada masalah :big_bored:

Lho soal perbaikan nya memang dilimpahkan ke bengkel body repair rekanan (penunjukan) oleh astra om, jadi bukan auto2000 sendiri yg memperbaiki, setahu saya sih begitu pas baca beritanya kemarin di ig


Itu klo lepas trus ngga buru2 diperbaiki mungkin bisa bikin sasis jadi sedikit miring yang akan mempengaruhi feel berkendara
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by gadjahalphien »

Kalo lihat hasil las-an nya sih, sepertinya bukan las listrik biasa.
Apakah mungkin Arc Welding dengan filler tembaga dan CO gas shield?
hackers11 wrote: Tue Mar 15, 2022 6:37 Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpgIMG-20220315-WA0007.jpg
Terlepas dari problem las-an Raize-Rocky yg diduga jumlahnya kurang banyak.
Pabrik Mobil cenderung menggunakan 2 macam mesin las
- Spot welder (robot based maupun portable based)
- Arc Weld dg filler tembaga dan CO sebagai gas shield
Tinggal penggunaannya mau di bagian apa
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by vanosz »

klo ane pake lgsg copot lagi tuh las,

mending ane jual aja drpd jd beban hidup,selagi msh laku,
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by Bibieight »

gadjahalphien wrote: Tue Mar 15, 2022 17:35 Kalo lihat hasil las-an nya sih, sepertinya bukan las listrik biasa.
Apakah mungkin Arc Welding dengan filler tembaga dan CO gas shield?
hackers11 wrote: Tue Mar 15, 2022 6:37 Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpgIMG-20220315-WA0007.jpg
Terlepas dari problem las-an Raize-Rocky yg diduga jumlahnya kurang banyak.
Pabrik Mobil cenderung menggunakan 2 macam mesin las
- Spot welder (robot based maupun portable based)
- Arc Weld dg filler tembaga dan CO sebagai gas shield
Tinggal penggunaannya mau di bagian apa
Nah itu, fender apron las2an kurang, ntar cross member belakang las2an kurang, ntar cross member depan las2an kurang.... terus market treatment-nya cuman masukin body repair... lama2 mobil keluaran 2020 - Oktober 2021 chassisnya miring kiri-kanan semua... :big_bored: :big_bored: :big_bored: .
Ini pedagang mobkas sudah factoring kasus gini ndak ya ?, jadi kalo beli Raize/Rocky dengan VIN chassis miring harganya lebih murah, terus kira2 lebih murahnya berapa yak ?... ada sampe 10% gak ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by ChZ »

b0ku wrote: Tue Mar 15, 2022 4:39
INI fd2 nya maksudnya FD2 yang mana om kalo FD2R detailnya chasisnya mah banyak banget di banding FD biasa :big_biglaugh:

kalo FD1-FD2 mah ud kayak swap engine aja nambah fitur dikit :big_smile]

bisa jadi tuh ngejar setoran pas RND mayan buat gebukin HRV ud gerah soalnya liat HRV jualan sendirian :big_biglaugh:

nah itu konsumen kita banyak banget yang ketipu sama BQ dan fitur melimpah gak tau kalo chasisnya di cutting cost, ntar pas mobilnya ud kuno cuma bingung kok honda harga secondnya kuat sama kadang bisa naek kek property??? mobil dia nyungsep :big_biglaugh:
FD2 tapi track roda nya lebih lebar loh drpd FD1. dinaikin juga rasanya beda bgt.

emang FD2R itu kayaknya stripped down FD2 aja dikasih mesin lebih kuat kilik jeroannya mesin K20 standar. base engine nya udah sama base chassis tinggal ringanin bobot aja. klo udah R pasti weld spots nambah suspension bracingnya jg nambah :big_grin: tapi dari FD1 ke 2 itu udah lumayan byk juga harga partsnya jg beda euy.

ya mobil yang dulunya dibilang "value for money" skrg juga ngga kemana mana pada berhilangan semua di jalan atau berakhir di bengkel nunggu spare parts :upss: ud berdarah darah persaingan pemainnya sisa cuma mazda ama duo korea.

gw mah percaya kok kalo mobil emang bagus ketauannya setelah 5 thn masih beredar di jalanan gak. klo atpm kabur berakhir di bengkel doank mah....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by ChZ »

Cahmeneng wrote: Tue Mar 15, 2022 15:56

Lho soal perbaikan nya memang dilimpahkan ke bengkel body repair rekanan (penunjukan) oleh astra om, jadi bukan auto2000 sendiri yg memperbaiki, setahu saya sih begitu pas baca beritanya kemarin di ig


Itu klo lepas trus ngga buru2 diperbaiki mungkin bisa bikin sasis jadi sedikit miring yang akan mempengaruhi feel berkendara
ooo kirain di beres semua... klo beres disuruh nanganin segitu banyak unit sehh macem antrian vaksin di awal awal :big_biglaugh:

tp benernya kalo gak peduli garansi... bengkel yang non rekanan jg bisa repairnya sih. apalagi kl udah keliatan mata penyoknya. skalian buat chassis reinforce :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Mar 16, 2022 4:07
FD2 tapi track roda nya lebih lebar loh drpd FD1. dinaikin juga rasanya beda bgt.

emang FD2R itu kayaknya stripped down FD2 aja dikasih mesin lebih kuat kilik jeroannya mesin K20 standar. base engine nya udah sama base chassis tinggal ringanin bobot aja. klo udah R pasti weld spots nambah suspension bracingnya jg nambah :big_grin: tapi dari FD1 ke 2 itu udah lumayan byk juga harga partsnya jg beda euy.

ya mobil yang dulunya dibilang "value for money" skrg juga ngga kemana mana pada berhilangan semua di jalan atau berakhir di bengkel nunggu spare parts :upss: ud berdarah darah persaingan pemainnya sisa cuma mazda ama duo korea.

gw mah percaya kok kalo mobil emang bagus ketauannya setelah 5 thn masih beredar di jalanan gak. klo atpm kabur berakhir di bengkel doank mah....
setau saya sih chasisnya kaki2xnya sama aja cuma emang jaman segitu k series belom punya EPS jd kesannya lucu yang R18 eps yang K20 malah masih pake hidrolik dengan sistem minyak power sterringnya :big_biglaugh:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by vanosz »

mnrt ane,

klo masih mau pake nih mobil mending cari sokbreker yang lembek,klo ada cari lebih murah dr standar,


apalg ky yg ane pake kmrn br ganti,bahaya br dilas mungkin lgsg jeblos nanti :big_childish:


pilihan bijak adalah jual nih mobil,cacat sangat terlalu,

ganti brv baru aja,atau brio baru klo gak mau tambah duit,

itupun klo masih laku,



Screenshot_20220316-113424_Gallery.jpg
Screenshot_20220316-113003_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Mar 16, 2022 4:31
setau saya sih chasisnya kaki2xnya sama aja cuma emang jaman segitu k series belom punya EPS jd kesannya lucu yang R18 eps yang K20 malah masih pake hidrolik dengan sistem minyak power sterringnya :big_biglaugh:
gak kebalik bro yang K20 malah pake EPS di FD2 :upss: tp EPSnya enak sih, direct banget buat ukuran EPS jaman segitu. FB EPSnya gak bisa se direct itu. klo inget dulu selisih harganya lumayan, jadi berasa worth it begitu tau underneath spek teknikalnya jg beda
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by y_anjasrana »

akibat ngirit plat nama jadi jelek dah.... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by KielConstantine »

hackers11 wrote: Tue Mar 15, 2022 6:37 Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.

Image
Tempat ngurung rubah kyubi ekor 9
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Mar 16, 2022 5:09
gak kebalik bro yang K20 malah pake EPS di FD2 :upss: tp EPSnya enak sih, direct banget buat ukuran EPS jaman segitu. FB EPSnya gak bisa se direct itu. klo inget dulu selisih harganya lumayan, jadi berasa worth it begitu tau underneath spek teknikalnya jg beda
MASA sih kalo crv malah tebalik yang R malah eps k hidrolik :mky_01:
y_anjasrana wrote: Wed Mar 16, 2022 5:32 akibat ngirit plat nama jadi jelek dah.... :ngacir:
salah om mod lebih parah ngirit titik las :big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Wed Mar 16, 2022 5:09
b0ku wrote: Wed Mar 16, 2022 4:31
setau saya sih chasisnya kaki2xnya sama aja cuma emang jaman segitu k series belom punya EPS jd kesannya lucu yang R18 eps yang K20 malah masih pake hidrolik dengan sistem minyak power sterringnya :big_biglaugh:
gak kebalik bro yang K20 malah pake EPS di FD2 :upss: tp EPSnya enak sih, direct banget buat ukuran EPS jaman segitu. FB EPSnya gak bisa se direct itu. klo inget dulu selisih harganya lumayan, jadi berasa worth it begitu tau underneath spek teknikalnya jg beda
Kayanya memang tiap suatu unit model sama tapi engine beda . Ada beberapa parts berbeda laennya deh buat nunjang driving experience .

Beda sama mobil kluaran jaman now yg mesin + transmisi sama semua tapi kasta / type dibanyakin. Pdhl cuman banyakan gimmick

Tau nih blom ada yg riset aja bedanya fortuner 2.4 vs 2.8 . Sekilas orang awam kek ane cuman liat beda mesin aja . Yg laen masih hidden…

Mungkin jg nanti all new HR-V bisa begitu jg seh … dy ada pilihan engine turbo sama yg n/a biasa :e-think:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: