Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

ginting wrote: Tue Mar 01, 2022 15:50 Prediksi saya maka yang punah duluan adalah mobil Bensin...migrasi ke EV atau hybrid...
yang terakhir nanti Diesel pindah ke EV karena alasan ekonomi (logistik, kapal banyak yg pakai diesel)..
tapi sebelum pemunahan diesel, mungkin akan ada fase dimana solar sudah hanya ada type mahal..
gak ada lagi laskar 5150 nantinya..
karena mungkin nanti sudah bio diesel semua 100% krn cadangan minyak habis sekitar 2050

btw, impian saya sih :
- pabrikan pada bikin convertion kit untuk rubah mobil dari ICE he EV, dimana bagian bagian mesin diganti oleh motor..tapi transmisi masih ada...sehingga beban motor bisa ditekan dengan rasio gigi..

- insentif pajak diberikan untuk konversi ini...
btw, sy pernah lihat ada LR Defender tapi versi sudah jadi EV..
gak pernah tau bisa jadi kebalik yang punah malah mobil listrik :big_biglaugh:

karena banyak juga yang berlomba2x nyari fuel alternatif dari minyak sawit yang di rnd mau dipake ke mesin bensin, sampe bensin syntetic fuelnya porsche atau malah hidrogen yang mau disi ke mesin combustion

selama kapal terbang mesinnya gitu2x selalu butuh bahan bakar ditambah shell sendiri ud test pesawat pake syntetic fuel :big_smile]

lagian hidrogen itu kalo teknologinya makin maju lama2x jgn kaget mobil bisa di isi sama aer lama2x conventernya bisa pindah makin mengecil dari pabrik ke pom bensin dan akhirnya ke mobilnya sendiri :mky_01:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ilhami »

https://finance.detik.com/energi/d-6000 ... a-berapa/2

ada yang komentar..

- klo data hyundai ioniq. baterai nya 40kWh bisa menempuh jarak 370 km tuh

- 858 rebu cuma bisa tempuh 435 km .. lha kalo pakai pertamax cuma abis 390 rban ..

- Rp. 2.000 per km. Kalau pertalite cuma Rp. 700 per km...

Bagaimana ini?
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

ilhami wrote: Fri Mar 25, 2022 9:46 https://finance.detik.com/energi/d-6000 ... a-berapa/2

ada yang komentar..

- klo data hyundai ioniq. baterai nya 40kWh bisa menempuh jarak 370 km tuh

- 858 rebu cuma bisa tempuh 435 km .. lha kalo pakai pertamax cuma abis 390 rban ..

- Rp. 2.000 per km. Kalau pertalite cuma Rp. 700 per km...

Bagaimana ini?
Hitung full charge nya Rp 2,246 x kapasitas baterei.
Kalau contoh di atas berarti Rp 2,246 x 40 = Rp 97,880.
Ya buletin Rp 100,000 lah.

Kalau detail spek full baterei bisa 370 km.
Berarti biaya per km Rp 100,000 / 370 = Rp 270 / km.

Murah ini sih. Tapi hati2 biaya pergantian baterei kalau uda depleted, dan depresiasi mobil nya sendiri.
Anggap lah sesuai slogan Hyundai yang d Creta harga 70% di tahun ketiga itu sama dengan Ioniq.
Ya Depresiasi per tahun 10% (Tinggi sih ini, kalau mobil Jepang T dan H paling max di 7%).
Jadi per tahun cost of wonership bisa Rp 70 juta dari depresiasi (kalau harganya Rp 700 juta)