Beng2 skrg ud 2000 om, dan nambah kecil lagiSuryaputra wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 9:19coklat beng-beng gansChZ wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 7:31jgn2 pertalite sekarang = premium.Suryaputra wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 5:28
Yes.
Me too.
Ngisi pertamax minggu2 belakangan ini, ngerasa gejala ngelitik lbh terdengar jadinya (Di spbu yg sama)
Padahal baru ganti oli, air filter, dsb.
Ngeliat pertamax merah harganya makin ngeri wkwkwkw
pertamax = pertalite
iya harga ngga naik, kualitas turun. macem tempe goreng di warteg kedelai naik harganya ngga berubah, porsinya aja tinggal 1/2
dr belasan thn lalu, harga tetap Rp 1000
ukurannya aja nambah kecil jauh
[NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9688
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
1000 ada mbahkenop wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 9:32Beng2 skrg ud 2000 om, dan nambah kecil lagiSuryaputra wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 9:19coklat beng-beng gans
dr belasan thn lalu, harga tetap Rp 1000
ukurannya aja nambah kecil jauh
Di indomaret dan alfah.
Ukuran mini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Oo yg cm segede jempol ya omSuryaputra wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 12:241000 ada mbahkenop wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 9:32Beng2 skrg ud 2000 om, dan nambah kecil lagiSuryaputra wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 9:19
coklat beng-beng gans
dr belasan thn lalu, harga tetap Rp 1000
ukurannya aja nambah kecil jauh
Di indomaret dan alfah.
Ukuran mini
Ane kira yg ukuran "normal" wkkwkw
Skrg harus beng2 maxx kl mau ukuran normal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9688
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Beng2 maxx harga 1000 itu mah jaman gulung pita kasetkenop wrote: ↑Fri Mar 11, 2022 12:26Oo yg cm segede jempol ya om
Ane kira yg ukuran "normal" wkkwkw
Skrg harus beng2 maxx kl mau ukuran normal
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
https://money.kompas.com/read/2022/03/3 ... -per-liter
wah ternyata yg naek cuma pertamax, berbahaya ini konsumen pertamax bisa jadi pada beralih ke pertalit, trus lama2 kuota subsidi cepet jebol, pertalit langka, trus semua orang terpaksa membantu keuangan pertamini dgn beli pertamax biar ga rugi besar. nice movee
anyway kenapa kemarin2 pas harga minyak $20an kok bbm ga turun yah? eh skrg giliran harga minyak naik cepet banget naikinnya. apa gak bisa ya subsidi silang gitu? apa om2 disini ada yg paham gimana skema bisnis pertamini?
sy bandingin sm pln aja nih yg juga konsumen batubara dan minyak yg harganya melambung jg, tp tarif listrik tetep aman2 aja tuh ga naek2
wah ternyata yg naek cuma pertamax, berbahaya ini konsumen pertamax bisa jadi pada beralih ke pertalit, trus lama2 kuota subsidi cepet jebol, pertalit langka, trus semua orang terpaksa membantu keuangan pertamini dgn beli pertamax biar ga rugi besar. nice movee
anyway kenapa kemarin2 pas harga minyak $20an kok bbm ga turun yah? eh skrg giliran harga minyak naik cepet banget naikinnya. apa gak bisa ya subsidi silang gitu? apa om2 disini ada yg paham gimana skema bisnis pertamini?
sy bandingin sm pln aja nih yg juga konsumen batubara dan minyak yg harganya melambung jg, tp tarif listrik tetep aman2 aja tuh ga naek2
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
sebenarnya tarif listrik juga mau naik.
Kalau batubara nggak dipakai langsung ke masyarakat jadi lebih mudah ngaturnya, cukup dicekal perusahaan nya
Kalau batubara nggak dipakai langsung ke masyarakat jadi lebih mudah ngaturnya, cukup dicekal perusahaan nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Efek perang harga minyak naek semua,uraa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.
Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.
Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4205
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
KALO orang kita sadar oktan sebenernya solusinya gampang banget LCGC 660CC turbo city car 1.0turbo pake pertamax dijamin irit bangeet torsi masih dapetOr4cle wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 5:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.
Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
gak butuh mobil yang pake batre yang ngurangin reability dan cuma nambah2xin masalah
masalahnya orang sini maunya bensin murah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
kalo katanya mau ngurangin emisi (bukan nyari cuan) yah gampang banget
hapus aja premium dan pertalite, tapi pertamaxnya di subsidi sampe jadi harga 8000
kalo masih muter2 ngomongnya ya berarti masih mau nyari cuan pake alibi emisi lingkungan
hapus aja premium dan pertalite, tapi pertamaxnya di subsidi sampe jadi harga 8000
kalo masih muter2 ngomongnya ya berarti masih mau nyari cuan pake alibi emisi lingkungan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Pagi ini mengisi tembus 1,1 haha.
Kayaknya kalau besok-besok diisi pertalite nda masalah nih, mobil 90an ini ya.
Jebol jual
Kayaknya kalau besok-besok diisi pertalite nda masalah nih, mobil 90an ini ya.
Jebol jual
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Orang kita maunya mobil murah, CC gede, kentjaang, irit pool, muat se RT, pajak murah, bensin murah, spareparts & service murah, dijual lagi MAHALb0ku wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 6:07KALO orang kita sadar oktan sebenernya solusinya gampang banget LCGC 660CC turbo city car 1.0turbo pake pertamax dijamin irit bangeet torsi masih dapetOr4cle wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 5:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.
Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
gak butuh mobil yang pake batre yang ngurangin reability dan cuma nambah2xin masalah
masalahnya orang sini maunya bensin murah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Ada tuh… jawabannya the one and only
Toyota Innova Diesel
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Mobil apaan om ? Mercedes V12 ya ?thestoneroses wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 6:24 Pagi ini mengisi tembus 1,1 haha.
Kayaknya kalau besok-besok diisi pertalite nda masalah nih, mobil 90an ini ya.
Jebol jual
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Dia lagi, dia lagiKielConstantine wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 6:30Ada tuh… jawabannya the one and only
Toyota Innova Diesel
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4205
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Luhut Beri Sinyal Harga Pertalite dan Gas 3 Kg Akan Naik
https://finance.detik.com/energi/d-6011 ... -akan-naik
https://finance.detik.com/energi/d-6011 ... -akan-naik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Ini mobil koleksi, rare item, yang jual buka harga suka-suka.
Dibayarin syukur, gak dibayarin di keep terus harganya gak turun juga. Memang cocok buat investasi, mbah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Sama aja oom, enam dan dua belas kan tangkinya 105 juga.KielConstantine wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 6:31Mobil apaan om ? Mercedes V12 ya ?thestoneroses wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 6:24 Pagi ini mengisi tembus 1,1 haha.
Kayaknya kalau besok-besok diisi pertalite nda masalah nih, mobil 90an ini ya.
Jebol jual
Diisi apapun sama-sama boyo juga ha ha ha
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 499
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Setuju nih,Or4cle wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 5:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.
Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.
Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h
Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,Syauqi wrote: ↑Wed Apr 06, 2022 6:40Setuju nih,Or4cle wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 5:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.
Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.
Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h
Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
CC kecil itu bisa irit, asal... kita ngikutin mesin bukan mesin ngikutin kita. Mobil apapun begitu sih kalo tenaga pas2an ya jangan [cencored] nyetirnya, kencengnya ngga dapet, borosnya selangitOr4cle wrote: ↑Wed Apr 06, 2022 9:27Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,Syauqi wrote: ↑Wed Apr 06, 2022 6:40Setuju nih,Or4cle wrote: ↑Fri Apr 01, 2022 5:58 IMHO, kapasitas mesin N/A ideal di Indo sekitar 1800cc - 2000cc.
Di angka segitu paling cocok untuk pemakaian kombinasi di dalkot dan tol. Mobil 1500cc lebih irit di dalkot, tapi di tol belum tentu lebih irit dari 1800cc - 2000cc. Perbedaan F/C 1500cc dgn mobil 1800cc -2000cc tidak terlalu signifikan.
Kalau di atas 2400cc akan terasa boros di jaman BBM mahal ini, dalkot paling sekitar 7-8 KM/liter. Kecuali Mazda CX5, dgn engine Skyactiv katanya bisa masuk 9-10/liter.
Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.
Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h
Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
Xenia 1.0 gen 2 itu ngga lebih irit drpd innova vvti kalo cruising di tol, karena xenia di 100 km/jam itu RPM nya 4000 lebih, innova ngga sampe 3000
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: [NEWS] Pemerintah Susun Roadmap Peralihan Pertalite ke Pertamax, yang mobilnya boros siap-siap tekor!
Kalau di tol Cipularang susah jaga torsi di sweet spot untuk mantain kecepatan. Mesti diurut dari jauh sebelum tanjakan, cilakanya di pertengahan tanjakan ada antrian padat merayap, hilang momentum, RPM drop dan mesti turunin gear dan ulangin dari awal.evanbngdor wrote: ↑Wed Apr 06, 2022 10:07CC kecil itu bisa irit, asal... kita ngikutin mesin bukan mesin ngikutin kita. Mobil apapun begitu sih kalo tenaga pas2an ya jangan [cencored] nyetirnya, kencengnya ngga dapet, borosnya selangitOr4cle wrote: ↑Wed Apr 06, 2022 9:27Saya kalau dari Jkt - Bandung lewat to Cipularang pakai Jazz tidak pernah irit,Syauqi wrote: ↑Wed Apr 06, 2022 6:40
Setuju nih,
Semakin besar cc mobil belum tentu mobil jadi makin boros, bisa-bisa malah lebih irit karena mesin lebih enteng untuk gerakin body mobil. Sama kaya innova 2000cc & 2700cc, malah justru lebih irit yang 2700cc wkwkwk padalah jauh lebih powerful.
Saya bawa agya 1000cc m/t naik tol sby-jkt dihitung full to full jatuhnya juga ga irit" banget, dapet 18km/l ngisi di rest area kendal. CC cuma seceng, 64hp/87nm jelas butuh effort lebih biar bisa keep di 100km/h
Kalo rute toll mah justru malah lebih irit santa fe 2.2D yang tenaganya 3X lipat dan torsinya 5X lipat lebih gede
F/C nya sama aja, gak beda jauh dengan pakai CRM RM. Pakai jazz gas mulu, maklum tanjakan, padahal gak efek malah bikin boros.
Xenia 1.0 gen 2 itu ngga lebih irit drpd innova vvti kalo cruising di tol, karena xenia di 100 km/jam itu RPM nya 4000 lebih, innova ngga sampe 3000
Untuk engine dgn kubikasi gede atau diesel, peak torsi range sudah keluar di RPM bawah, dan kubikasi gede otomatis power range lebih lebar, jadi toel gas dikit bisa nanjak tanpa banyak drama.
Mknya Jazz kalau lewat tol Cipularang F/C nya jeblok dibanding bawa CRV, apalagi dibanding 2KD/2GD, dkk.