Check engine nyala, mesin mati mendadak

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Jambangan »

ane curiga kok sensor2 ya
mungkin crankshaft position sensor kah
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by evanbngdor »

Omnibus wrote: 23 Apr 2022, 14:25
sebelum sy punya DC Amp Clamp (tang ampere DC) juga itu selalu jd misteri. setelah punya alat itu yg harganya ga ada yg murah (kl tang ampere AC banyak yg murah) sy pernah ukur di kabel yg tadi sy bilang bottle neck, dgn semua load dinyalain (lampu, radio, ac, defogger) msh jauh bgt dr kemampuan AWG (american wire gauge) rating kabel standar yg terpasang. makanya cukup pelihara kondisi terminal yg bersinggungannya aja.
pabrik juga udah ngukur kali, mrk kan pasti menyesuaikan AWG yg diperlukan dgn kebutuhannya.

cara lain bisa ukur voltage drop antara alternator dan aki, dan antara grounding terminal di mesin atau ground point di body vs terminal min aki. ga boleh lbh dr:

200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections

selama itu passed, there's no need extra cables.

scientific mbah, jangan perasaan. :big_smile]
Nah yg saya bold itu, ada pabrikan mobil yg ngasih 'spare' ada yg pas2an banget. Kebetulan temen jg kerja di salah satu manufaktur ATPM, dia cuma bisa geleng2 aja dengan inisiatif2 cost reduction yang dijalankan, salah satunya terkait grounding itu. Kalo kondisinya pas2an itu yg perlu dipasang tambahan ground. Sukur2 bisa langsung install ground ke ECU asal paham diagram nya.

Meskipun kondisi terminal itu bersih, akan tetap berasa beda nya kalau grounding nya pas2an
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Omnibus »

evanbngdor wrote: 25 Apr 2022, 08:53
Omnibus wrote: 23 Apr 2022, 14:25
sebelum sy punya DC Amp Clamp (tang ampere DC) juga itu selalu jd misteri. setelah punya alat itu yg harganya ga ada yg murah (kl tang ampere AC banyak yg murah) sy pernah ukur di kabel yg tadi sy bilang bottle neck, dgn semua load dinyalain (lampu, radio, ac, defogger) msh jauh bgt dr kemampuan AWG (american wire gauge) rating kabel standar yg terpasang. makanya cukup pelihara kondisi terminal yg bersinggungannya aja.
pabrik juga udah ngukur kali, mrk kan pasti menyesuaikan AWG yg diperlukan dgn kebutuhannya.

cara lain bisa ukur voltage drop antara alternator dan aki, dan antara grounding terminal di mesin atau ground point di body vs terminal min aki. ga boleh lbh dr:

200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections

selama itu passed, there's no need extra cables.

scientific mbah, jangan perasaan. :big_smile]
Nah yg saya bold itu, ada pabrikan mobil yg ngasih 'spare' ada yg pas2an banget. Kebetulan temen jg kerja di salah satu manufaktur ATPM, dia cuma bisa geleng2 aja dengan inisiatif2 cost reduction yang dijalankan, salah satunya terkait grounding itu. Kalo kondisinya pas2an itu yg perlu dipasang tambahan ground. Sukur2 bisa langsung install ground ke ECU asal paham diagram nya.

Meskipun kondisi terminal itu bersih, akan tetap berasa beda nya kalau grounding nya pas2an
hmm apalagi ecu om. itu ga bisa main tambah grounding seenaknya krn sensor reading dan jg actuators itu sangat sensitif sm yg namanya voltage drop. sy udah mention ttg voltage drop di atas. lengkapnya disini by Haltech. salah nambah ground bisa2 mobil susah nyala krn berebut ground dgn motor starter. atau mesin jd ga normal krn sensor signalnya ngaco akibat voltage drop yg tdk seharusnya.

ecu grounding standar pabrikan pastinya udah diukur dan ditest berulang2 sebelum produksi sebab kl sampai ada masalah akibat kurang grounding di sektor ecu pasti berefek ke semua mobil jd masalah (design fault). dan di ecu ga ada istilah pas2an n ada spare krn mrk purpose-built meaning kl hasilnya oke ya oke.

beda sama kabel pendek yg dr body ke dekat aki yg berpotensi bottleneck disitu ketika ada penambahan aksesoris diluar standar. itupun yg very high amperage yg melewati awg rating kabel tsb.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by evanbngdor »

Omnibus wrote: 25 Apr 2022, 10:17
evanbngdor wrote: 25 Apr 2022, 08:53
Omnibus wrote: 23 Apr 2022, 14:25
sebelum sy punya DC Amp Clamp (tang ampere DC) juga itu selalu jd misteri. setelah punya alat itu yg harganya ga ada yg murah (kl tang ampere AC banyak yg murah) sy pernah ukur di kabel yg tadi sy bilang bottle neck, dgn semua load dinyalain (lampu, radio, ac, defogger) msh jauh bgt dr kemampuan AWG (american wire gauge) rating kabel standar yg terpasang. makanya cukup pelihara kondisi terminal yg bersinggungannya aja.
pabrik juga udah ngukur kali, mrk kan pasti menyesuaikan AWG yg diperlukan dgn kebutuhannya.

cara lain bisa ukur voltage drop antara alternator dan aki, dan antara grounding terminal di mesin atau ground point di body vs terminal min aki. ga boleh lbh dr:

200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections

selama itu passed, there's no need extra cables.

scientific mbah, jangan perasaan. :big_smile]
Nah yg saya bold itu, ada pabrikan mobil yg ngasih 'spare' ada yg pas2an banget. Kebetulan temen jg kerja di salah satu manufaktur ATPM, dia cuma bisa geleng2 aja dengan inisiatif2 cost reduction yang dijalankan, salah satunya terkait grounding itu. Kalo kondisinya pas2an itu yg perlu dipasang tambahan ground. Sukur2 bisa langsung install ground ke ECU asal paham diagram nya.

Meskipun kondisi terminal itu bersih, akan tetap berasa beda nya kalau grounding nya pas2an
hmm apalagi ecu om. itu ga bisa main tambah grounding seenaknya krn sensor reading dan jg actuators itu sangat sensitif sm yg namanya voltage drop. sy udah mention ttg voltage drop di atas. lengkapnya disini by Haltech. salah nambah ground bisa2 mobil susah nyala krn berebut ground dgn motor starter. atau mesin jd ga normal krn sensor signalnya ngaco akibat voltage drop yg tdk seharusnya.

ecu grounding standar pabrikan pastinya udah diukur dan ditest berulang2 sebelum produksi sebab kl sampai ada masalah akibat kurang grounding di sektor ecu pasti berefek ke semua mobil jd masalah (design fault). dan di ecu ga ada istilah pas2an n ada spare krn mrk purpose-built meaning kl hasilnya oke ya oke.

beda sama kabel pendek yg dr body ke dekat aki yg berpotensi bottleneck disitu ketika ada penambahan aksesoris diluar standar. itupun yg very high amperage yg melewati awg rating kabel tsb.
Betul, makanya ngga bisa sembarangan itu grounding ecu. Kebetulan sih kelistrikan di semua mobil saya dihandle sama Achien, udah sering diomongin jg di sini. Dan so far ngga pernah ada trouble dengan grounding yg dia bikin.

Termasuk kabel pendek yg dr body yg om bilang itu, Ngga main asal nambahin ground sih dia
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by thestoneroses »

Omnibus wrote: 20 Apr 2022, 11:08
thestoneroses wrote: 20 Apr 2022, 10:30 Aduh oom, semoga lekas ketemu penyakitnya ya.

Dulu saya ada beberapa lio, kebetulan 1 kmnya rendah, tahun 15. Tahun 19, 23ribuan, itu mulai muncul spt oom, check engine nyala, terus tanda mesin panas nyala. Terus sama suka tidak mau idup (Stop kontak diputer, tidak nyala), solusinya spt oom, cabut aki, pasang lagi, dia idup. Saya pernah tulis di thread lio sptnya. Intinya, itu lio sudah: ganti radiator baru, ganti fuel pump, ganti aki, ganti apa lagi ya, banyak, sampai sebulan di bengkel itu. Lucu aja mekanik muda-muda lah lebih muda dari mahasiswa2 saya pada bingung clueless atau entah berpikir kritisnya kurang, pas dibilang mau ganti ecu, saya ketawa-ketawa aja deh. Diambil pedagang dari Jawa akhirnya. Ha ha
Ohh iya bengkelnya di deket pasar jatinegara dulu tiga-tiganya di situ, cuma satu yang mereka angkat tangan.

Ini sharing ya oom, semoga lekas ketemu problemnya, mungkin coba ke non beres oom. Saya dulu lebih ke penasaran dan lucu-lucuan jadinya.
Ya mosok gampangan ngerawat w140, d9, gl turbo gede daripada lio sih, hahahaha. Betul-betul pengalaman unik
harusnya parkirin aja itu lio nya depan2an sama s600 om. langsung ciut sendiri dia ga bakal berulah lagi, langsung sehat lagi sambil bilang "ampuuunn mbaahh :big_cry:"

:big_biglaugh:
He he memang jauh parkirnya dong oom. Kan yang 1 untuk workhorse dulu. Parkirnya dengan sesamanya.
Tapi jujur, saya berarti ada mobil yang tidak selesai, tidak tuntas gitu. Ya mobilio ini, sampai sekarang keinget terus. Jadi becandaan gitu ya
Ron Asheton Forever
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by supriyadi »

Masih mending bisa reset CE dengan cara cabut kabel aki. Lha kemarin saya mudik pake Lipindut L11, sampe Merak lampu CE hidup. Tapi AC tetap dingin, gak ada overheat, gak ada ngempos. Udah dikasih tutorial cara reset CE, gak mempan.
Pas udah sampe Riau scan sama kawan, kiranya switch rem malfunction. Jadi mulai Merak-Riau lampu rem gak hidup😂😂
Reset CE pake itung2an injak oedal gas segala macam
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post