All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

loetoeye
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Feb 08, 2017 5:11
Location: Semarang - Yogyakarta - Ngawi

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by loetoeye »

iwansiagian wrote: Fri May 06, 2022 3:55
winnertrollino wrote:Hallo Rekan2 Semua,

Saya ada rencana mau upgrade kaki2 Innova V Diesel 2021. Saat ini Odo 9000 KM

1. Pasang shock profender
2. Ganti ban ke Michelin primacy 4 / Continental UC 6 / Brigestone Turanza T005.. dari ban2 ini ada yang direcommend berdasarkan pengalaman?


Pemakaian harian dalam kota Jakarta dan sesekali rute tol ke Bandung / Semarang. Menurut Om2 semua apakah oke untuk upgrade kaki2 diatas dengan rute saya (tidak untuk ngebut lebih untuk kenyamanan)?

Terima kasih :big_smile]
Iya om seperti kata kata Om di atas konsep nyaman nya apa.
Kalo saya keluhannya ngayun ngayun kalo di tol jadi ga nyaman versi saya.
Nah saya coba ikutin saran saran om disini. Saya ganti yang agak keras shock nya, saya ganti shock belakang pake jamex depan masih standar, dan saya ganti ban yang OEM 205/65/16 jadi 215/65/16 jadi lebih tebal. Ban lebih tebal diameter naik 1.3 cm untuk meredam keras shock. Sampe saat ini puas banget di tol ga godek godek pantatnya dan ga ngayun kayak kapal.
ijin om, ini make jamex yg twitube ya?
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by iwansiagian »

loetoeye wrote:
iwansiagian wrote: Fri May 06, 2022 3:55
winnertrollino wrote:Hallo Rekan2 Semua,

Saya ada rencana mau upgrade kaki2 Innova V Diesel 2021. Saat ini Odo 9000 KM

1. Pasang shock profender
2. Ganti ban ke Michelin primacy 4 / Continental UC 6 / Brigestone Turanza T005.. dari ban2 ini ada yang direcommend berdasarkan pengalaman?


Pemakaian harian dalam kota Jakarta dan sesekali rute tol ke Bandung / Semarang. Menurut Om2 semua apakah oke untuk upgrade kaki2 diatas dengan rute saya (tidak untuk ngebut lebih untuk kenyamanan)?

Terima kasih :big_smile]
Iya om seperti kata kata Om di atas konsep nyaman nya apa.
Kalo saya keluhannya ngayun ngayun kalo di tol jadi ga nyaman versi saya.
Nah saya coba ikutin saran saran om disini. Saya ganti yang agak keras shock nya, saya ganti shock belakang pake jamex depan masih standar, dan saya ganti ban yang OEM 205/65/16 jadi 215/65/16 jadi lebih tebal. Ban lebih tebal diameter naik 1.3 cm untuk meredam keras shock. Sampe saat ini puas banget di tol ga godek godek pantatnya dan ga ngayun kayak kapal.
ijin om, ini make jamex yg twitube ya?
Iya Om twin tube
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Apakah sudah pernah ada yang bahas ini?
Habis jalan makadam banyak kerikil dan batu besar, pelan saja sejauh 1.5 KM tapi 3x PP. Ceritanya ke Bali.
Saya jalan kecepatan 5 sd 10 KM per jam

Saya pemakai Innova reborn G matic 2017 KM 38rb.
Setelah saya menempuh jalan spt diatas dan pulang ke Surabaya, terasa jalan perumahan lebih kasar (harsh).
Jalan perumahan ada paving yang pemasangan tidak bagus.
Terasa beda sebelum ke Bali dan setelah pulang dari Bali.
Kenapa yah kira kira.

Kalau jalan lurus kena gelomabang atau lobang sesekali gapapa, tidak ada terasa yang kocak.
Tapi kena jalan keriting terasa getaran lebih terasa dari sebelum ke Bali. Kenapa yah?
Ada yang mengalami hal yang sama?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

Profith83 wrote:Apakah sudah pernah ada yang bahas ini?
Habis jalan makadam banyak kerikil dan batu besar, pelan saja sejauh 1.5 KM tapi 3x PP. Ceritanya ke Bali.
Saya jalan kecepatan 5 sd 10 KM per jam

Saya pemakai Innova reborn G matic 2017 KM 38rb.
Setelah saya menempuh jalan spt diatas dan pulang ke Surabaya, terasa jalan perumahan lebih kasar (harsh).
Jalan perumahan ada paving yang pemasangan tidak bagus.
Terasa beda sebelum ke Bali dan setelah pulang dari Bali.
Kenapa yah kira kira.

Kalau jalan lurus kena gelomabang atau lobang sesekali gapapa, tidak ada terasa yang kocak.
Tapi kena jalan keriting terasa getaran lebih terasa dari sebelum ke Bali. Kenapa yah?
Ada yang mengalami hal yang sama?
shock uda perna ganti dari 2017 om?
pecinta bio solar
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

ctopher7 wrote: Thu May 26, 2022 12:06
Profith83 wrote:Apakah sudah pernah ada yang bahas ini?
Habis jalan makadam banyak kerikil dan batu besar, pelan saja sejauh 1.5 KM tapi 3x PP. Ceritanya ke Bali.
Saya jalan kecepatan 5 sd 10 KM per jam

Saya pemakai Innova reborn G matic 2017 KM 38rb.
Setelah saya menempuh jalan spt diatas dan pulang ke Surabaya, terasa jalan perumahan lebih kasar (harsh).
Jalan perumahan ada paving yang pemasangan tidak bagus.
Terasa beda sebelum ke Bali dan setelah pulang dari Bali.
Kenapa yah kira kira.

Kalau jalan lurus kena gelomabang atau lobang sesekali gapapa, tidak ada terasa yang kocak.
Tapi kena jalan keriting terasa getaran lebih terasa dari sebelum ke Bali. Kenapa yah?
Ada yang mengalami hal yang sama?
shock uda perna ganti dari 2017 om?
Sudah om baru 3 bulan lalu
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

winnertrollino wrote:Hallo Rekan2 Semua,

Saya ada rencana mau upgrade kaki2 Innova V Diesel 2021. Saat ini Odo 9000 KM

1. Pasang shock profender
2. Ganti ban ke Michelin primacy 4 / Continental UC 6 / Brigestone Turanza T005.. dari ban2 ini ada yang direcommend berdasarkan pengalaman?


Pemakaian harian dalam kota Jakarta dan sesekali rute tol ke Bandung / Semarang. Menurut Om2 semua apakah oke untuk upgrade kaki2 diatas dengan rute saya (tidak untuk ngebut lebih untuk kenyamanan)?

Terima kasih :big_smile]
Ikut nimbrung.
Reborn saya ganti kaki2nya seperti ini sekarang:
Per eibach venturer (buat ngurangin limbung dan nose dive)

Shock monroe depan belakang ( nambahin ngurangin mantul2 dan limbung)

Velg ring 17 lebar 7.5 offset 38

Ban 215 60 r17 (sedikit mengurangi ketrbalan dr ban standart)

Impresi:
Udah setup paling cocok dan budget minim buat saya. Nggak perlu beli shock yg mahal2, semakin mahal biasanya semakin firm n keras [emoji28]
Setup ini bikin limbung dan nose dive minim, walaupun masih ada. Bodi mobil lebih nurut waktu diajak manuver
Bantingan lebih firm drpd kaki2 bawaan, tp minim mantul2, dan masih oke untuk luar kota dan harian.
Untuk speed trap yg rapet2 memang harus agak pelan dikit karena karakter per dan shock yg lebih keras dari standart, jadi mantulnya lebih kerasa.

Dan bener kata suhu2 di atas, reborn ini harus milih, bener2 anteng ga bisa, harus ngorbanin empuknya kalau mobil minta anteng.
Kalau minta empuk, ga bisa terlalu anteng [emoji28]

*Sebelumnya saya pake michelin primacy4, ban top abis ini. Silent sigap, ngerem jadi pendek, ga bikin bbm boros. Cuman waktu itu pake ring 18, jadi keras.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

Profith83 wrote:
ctopher7 wrote: Thu May 26, 2022 12:06
Profith83 wrote:Apakah sudah pernah ada yang bahas ini?
Habis jalan makadam banyak kerikil dan batu besar, pelan saja sejauh 1.5 KM tapi 3x PP. Ceritanya ke Bali.
Saya jalan kecepatan 5 sd 10 KM per jam

Saya pemakai Innova reborn G matic 2017 KM 38rb.
Setelah saya menempuh jalan spt diatas dan pulang ke Surabaya, terasa jalan perumahan lebih kasar (harsh).
Jalan perumahan ada paving yang pemasangan tidak bagus.
Terasa beda sebelum ke Bali dan setelah pulang dari Bali.
Kenapa yah kira kira.

Kalau jalan lurus kena gelomabang atau lobang sesekali gapapa, tidak ada terasa yang kocak.
Tapi kena jalan keriting terasa getaran lebih terasa dari sebelum ke Bali. Kenapa yah?
Ada yang mengalami hal yang sama?
shock uda perna ganti dari 2017 om?
Sudah om baru 3 bulan lalu
hmm kalo gitu apa kena di bushing nya ya om? reborn temen saya kalo lewat jalan rada kriting depannya bunyi gluduk gluduk, pas di cek bushingnya retak ternyata. abis diganti gejala hilang langsung
pecinta bio solar
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

ctopher7 wrote: Fri May 27, 2022 12:04
Profith83 wrote:
ctopher7 wrote: Thu May 26, 2022 12:06
shock uda perna ganti dari 2017 om?
Sudah om baru 3 bulan lalu
hmm kalo gitu apa kena di bushing nya ya om? reborn temen saya kalo lewat jalan rada kriting depannya bunyi gluduk gluduk, pas di cek bushingnya retak ternyata. abis diganti gejala hilang langsung
Gak bunyi sama sekali, tapi di setir berasa harsh/kasar.
Kontur jalan yang keriting terasa di setir dan setir ada kocak dikit. Khusus jalan keriting yang parah yah.

Reborn temen dari baru thn 2021 juga gitu.
Punya saya lebih berasa. Apa memang begitu
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Tolong tanya tentang kampas rem belakang innova.
Berapa tahun atau KM harua ganti?
Apakah kalau tidak diganti, kampas jadi keras dan merusak tromol


Punya saya Innova thn 2012 jalan 80rb KM sampai sekarang belum ganti
ceknash
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Jun 28, 2020 8:32

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ceknash »

Profith83 wrote: Sun May 29, 2022 1:20 Tolong tanya tentang kampas rem belakang innova.
Berapa tahun atau KM harua ganti?
Apakah kalau tidak diganti, kampas jadi keras dan merusak tromol


Punya saya Innova thn 2012 jalan 80rb KM sampai sekarang belum ganti
kalo mobil th 2012 harusnya sudah bisa ganti, secara udah 10 tahun ya. biarpun ga terpakai banyak tp secara mutu mgkin sudah habis masa nya.
Pengalaman sy klo anki kampas bawaan pabrik tahan sampe 60-70rb km (tergantung gaya mengemudi juga)
CMIIW
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by benzz89 »


Profith83 wrote:Tolong tanya tentang kampas rem belakang innova.
Berapa tahun atau KM harua ganti?
Apakah kalau tidak diganti, kampas jadi keras dan merusak tromol


Punya saya Innova thn 2012 jalan 80rb KM sampai sekarang belum ganti
Lama itu om habisnya, di fortuner ane dr baru smp KM 148 ribu/12 taon, buru aja di ganti bulan lalu, kondisi blom habis banget sih tp sdh masuk kategori tipis sisa sekitar 30-an% deh.

Brake shoe nya pasti sdh agak mengeras tp tdk smp merusak tromol kok, cuman agak kurang gigit aja pengeremannya. Perbandingan di fortuner ane sih 3x ganti brake pad depan, baru 1x ganti brake shoe belakang.

Kl mau di pake jangka panjang & pengeremannya lebih gigit yah boleh aja di ganti om. Kemarin ane beli di BeRes sekitar 800 ribuan kl tdk salah. Awet dah bisa dipake 10 taon/150 ribu KM lg itu brake shoe.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

ceknash wrote: Sun May 29, 2022 4:10
Profith83 wrote: Sun May 29, 2022 1:20 Tolong tanya tentang kampas rem belakang innova.
Berapa tahun atau KM harua ganti?
Apakah kalau tidak diganti, kampas jadi keras dan merusak tromol


Punya saya Innova thn 2012 jalan 80rb KM sampai sekarang belum ganti
kalo mobil th 2012 harusnya sudah bisa ganti, secara udah 10 tahun ya. biarpun ga terpakai banyak tp secara mutu mgkin sudah habis masa nya.
Pengalaman sy klo anki kampas bawaan pabrik tahan sampe 60-70rb km (tergantung gaya mengemudi juga)
CMIIW
Siap, makasih sarannya om
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

benzz89 wrote: Sun May 29, 2022 6:00
Profith83 wrote:Tolong tanya tentang kampas rem belakang innova.
Berapa tahun atau KM harua ganti?
Apakah kalau tidak diganti, kampas jadi keras dan merusak tromol


Punya saya Innova thn 2012 jalan 80rb KM sampai sekarang belum ganti
Lama itu om habisnya, di fortuner ane dr baru smp KM 148 ribu/12 taon, buru aja di ganti bulan lalu, kondisi blom habis banget sih tp sdh masuk kategori tipis sisa sekitar 30-an% deh.

Brake shoe nya pasti sdh agak mengeras tp tdk smp merusak tromol kok, cuman agak kurang gigit aja pengeremannya. Perbandingan di fortuner ane sih 3x ganti brake pad depan, baru 1x ganti brake shoe belakang.

Kl mau di pake jangka panjang & pengeremannya lebih gigit yah boleh aja di ganti om. Kemarin ane beli di BeRes sekitar 800 ribuan kl tdk salah. Awet dah bisa dipake 10 taon/150 ribu KM lg itu brake shoe.
Wow 148rb KM selama 12 thn.
Habis ganti ada perbedaan performance pengereman? Apakah lebih gigit?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by benzz89 »

Profith83 wrote:
benzz89 wrote: Sun May 29, 2022 6:00
Profith83 wrote:Tolong tanya tentang kampas rem belakang innova.
Berapa tahun atau KM harua ganti?
Apakah kalau tidak diganti, kampas jadi keras dan merusak tromol


Punya saya Innova thn 2012 jalan 80rb KM sampai sekarang belum ganti
Lama itu om habisnya, di fortuner ane dr baru smp KM 148 ribu/12 taon, buru aja di ganti bulan lalu, kondisi blom habis banget sih tp sdh masuk kategori tipis sisa sekitar 30-an% deh.

Brake shoe nya pasti sdh agak mengeras tp tdk smp merusak tromol kok, cuman agak kurang gigit aja pengeremannya. Perbandingan di fortuner ane sih 3x ganti brake pad depan, baru 1x ganti brake shoe belakang.

Kl mau di pake jangka panjang & pengeremannya lebih gigit yah boleh aja di ganti om. Kemarin ane beli di BeRes sekitar 800 ribuan kl tdk salah. Awet dah bisa dipake 10 taon/150 ribu KM lg itu brake shoe.
Wow 148rb KM selama 12 thn.
Habis ganti ada perbedaan performance pengereman? Apakah lebih gigit?
Pasti jauh lebih improve sih om pengeremannya, apalagi kemarin ane barengin ama ganti pad depan + minyak rem nya sekalian.

Kl sdh 10 taon gitu selang rem coba di cek tuh om, sdh pernah ganti blom? Biasanya sdh mekar selangnya shg pengereman jg jd kurang pakem.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 1:11
Profith83 wrote:
benzz89 wrote: Sun May 29, 2022 6:00

Lama itu om habisnya, di fortuner ane dr baru smp KM 148 ribu/12 taon, buru aja di ganti bulan lalu, kondisi blom habis banget sih tp sdh masuk kategori tipis sisa sekitar 30-an% deh.

Brake shoe nya pasti sdh agak mengeras tp tdk smp merusak tromol kok, cuman agak kurang gigit aja pengeremannya. Perbandingan di fortuner ane sih 3x ganti brake pad depan, baru 1x ganti brake shoe belakang.

Kl mau di pake jangka panjang & pengeremannya lebih gigit yah boleh aja di ganti om. Kemarin ane beli di BeRes sekitar 800 ribuan kl tdk salah. Awet dah bisa dipake 10 taon/150 ribu KM lg itu brake shoe.
Wow 148rb KM selama 12 thn.
Habis ganti ada perbedaan performance pengereman? Apakah lebih gigit?
Pasti jauh lebih improve sih om pengeremannya, apalagi kemarin ane barengin ama ganti pad depan + minyak rem nya sekalian.

Kl sdh 10 taon gitu selang rem coba di cek tuh om, sdh pernah ganti blom? Biasanya sdh mekar selangnya shg pengereman jg jd kurang pakem.
Kalau oli rem selalu ganti tiap 2 tahun om.
Oli rem diganti tiap 2 tahun, selang rem nya bisa mekar yah?
Btw selang rem dimana? ingat saya jalur rem pakai pipa kecil dari depan ke belakang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Turboman »

Eksmud89 wrote:Saya tanya ke SA nya toyota nasmoco kok harga turbonya 2gd ori mahal banget ya om,ampir 30jt,apa emng iya semahal itu turbo orinya?
cari di toko parts Toyota langganan anda lah
r0JAK
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Apr 09, 2021 4:29

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by r0JAK »

Profith83 wrote: Mon May 30, 2022 1:36
benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 1:11
Profith83 wrote:
Wow 148rb KM selama 12 thn.
Habis ganti ada perbedaan performance pengereman? Apakah lebih gigit?
Pasti jauh lebih improve sih om pengeremannya, apalagi kemarin ane barengin ama ganti pad depan + minyak rem nya sekalian.

Kl sdh 10 taon gitu selang rem coba di cek tuh om, sdh pernah ganti blom? Biasanya sdh mekar selangnya shg pengereman jg jd kurang pakem.
Kalau oli rem selalu ganti tiap 2 tahun om.
Oli rem diganti tiap 2 tahun, selang rem nya bisa mekar yah?
Btw selang rem dimana? ingat saya jalur rem pakai pipa kecil dari depan ke belakang.
Sama, kemaren cek rem belakang reborn ane...disaranin ganti juga kanvas remnya yang belakang..karena agak tipis yang bagian bawahnya....tapi depabn aja belum pernah diganti dan masih ok....KM cepek ceng
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by benzz89 »


Profith83 wrote:
benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 1:11
Profith83 wrote: Wow 148rb KM selama 12 thn.
Habis ganti ada perbedaan performance pengereman? Apakah lebih gigit?
Pasti jauh lebih improve sih om pengeremannya, apalagi kemarin ane barengin ama ganti pad depan + minyak rem nya sekalian.

Kl sdh 10 taon gitu selang rem coba di cek tuh om, sdh pernah ganti blom? Biasanya sdh mekar selangnya shg pengereman jg jd kurang pakem.
Kalau oli rem selalu ganti tiap 2 tahun om.
Oli rem diganti tiap 2 tahun, selang rem nya bisa mekar yah?
Btw selang rem dimana? ingat saya jalur rem pakai pipa kecil dari depan ke belakang.
Brake line ini bukan jalur rem yg pakai pipa kecil, tp karet yg menghubungkan ke kaliper rem, posisinya dekat roda ban, cb di googling aja om bentuknya spt apa pst tau deh.

Selang rem dr pabrikan biasanya kan terbuat dr karet (rubber brake line) lama2 dia akan mengembang seiring waktu pemakaian krn kena tekanan tinggi terus menerus ke kaliper, jd bukan pengaruh dr rentang waktu pergantian minyak remnya.

Jd saat kita injak rem, tekanan ke kaliper rem jd berkurang, sebagian tekanan "lari" ke karet yg ngembang tadi.

Saat emergency brake yg perlu kecepatan pengereman sepersekian detik & pedal rem di injak sekuat2nya, rubber brake line yg sdh berumur ini akan lebih mengembang lg cmiiw.

Waktu ane service di BeRes KM 80/90 ribuan (lupa tepatnya) sdh disarankan utk di ganti, katanya sdh mulai lemah/lentur/mengembang brake linenya yg berakibat performa pengereman menurun.

Akhirnya ane ganti pake stainless steel braided line aja deh banding yg rubber lg. Habis ganti memang improve sih sekitar 30% dr rubber line & yg pst stabil tekanannya ke kaliper krn bahannya bukan dr karet lg tp stainless steel, intial bite jg jauh membaik.

Ane ganti pake stainless steel braided line krn di fortuner ini payah rem nya om, body tinggi, ban besar, remnya jd kedodoran.

Kl innova sih rem jauh lebih pakem yah, pake rubber brake line std rasanya sih sdh cukup lah, yg penting kalau karet/line nya sdh berumur yah diganti aja, toh rem ini adalah nyawa kita & yg rubber harganya jg tdk semahal stainless steel.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 5:52
Profith83 wrote:
benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 1:11 Pasti jauh lebih improve sih om pengeremannya, apalagi kemarin ane barengin ama ganti pad depan + minyak rem nya sekalian.

Kl sdh 10 taon gitu selang rem coba di cek tuh om, sdh pernah ganti blom? Biasanya sdh mekar selangnya shg pengereman jg jd kurang pakem.
Kalau oli rem selalu ganti tiap 2 tahun om.
Oli rem diganti tiap 2 tahun, selang rem nya bisa mekar yah?
Btw selang rem dimana? ingat saya jalur rem pakai pipa kecil dari depan ke belakang.
Brake line ini bukan jalur rem yg pakai pipa kecil, tp karet yg menghubungkan ke kaliper rem, posisinya dekat roda ban, cb di googling aja om bentuknya spt apa pst tau deh.

Selang rem dr pabrikan biasanya kan terbuat dr karet (rubber brake line) lama2 dia akan mengembang seiring waktu pemakaian krn kena tekanan tinggi terus menerus ke kaliper, jd bukan pengaruh dr rentang waktu pergantian minyak remnya.

Jd saat kita injak rem, tekanan ke kaliper rem jd berkurang, sebagian tekanan "lari" ke karet yg ngembang tadi.

Saat emergency brake yg perlu kecepatan pengereman sepersekian detik & pedal rem di injak sekuat2nya, rubber brake line yg sdh berumur ini akan lebih mengembang lg cmiiw.

Waktu ane service di BeRes KM 80/90 ribuan (lupa tepatnya) sdh disarankan utk di ganti, katanya sdh mulai lemah/lentur/mengembang brake linenya yg berakibat performa pengereman menurun.

Akhirnya ane ganti pake stainless steel braided line aja deh banding yg rubber lg. Habis ganti memang improve sih sekitar 30% dr rubber line & yg pst stabil tekanannya ke kaliper krn bahannya bukan dr karet lg tp stainless steel, intial bite jg jauh membaik.

Ane ganti pake stainless steel braided line krn di fortuner ini payah rem nya om, body tinggi, ban besar, remnya jd kedodoran.

Kl innova sih rem jauh lebih pakem yah, pake rubber brake line std rasanya sih sdh cukup lah, yg penting kalau karet/line nya sdh berumur yah diganti aja, toh rem ini adalah nyawa kita & yg rubber harganya jg tdk semahal stainless steel.
yang perlu diganti selang rem depan atau belakang atau kedua duanya?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by benzz89 »


well wrote:
benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 5:52
Profith83 wrote: Kalau oli rem selalu ganti tiap 2 tahun om.
Oli rem diganti tiap 2 tahun, selang rem nya bisa mekar yah?
Btw selang rem dimana? ingat saya jalur rem pakai pipa kecil dari depan ke belakang.
Brake line ini bukan jalur rem yg pakai pipa kecil, tp karet yg menghubungkan ke kaliper rem, posisinya dekat roda ban, cb di googling aja om bentuknya spt apa pst tau deh.

Selang rem dr pabrikan biasanya kan terbuat dr karet (rubber brake line) lama2 dia akan mengembang seiring waktu pemakaian krn kena tekanan tinggi terus menerus ke kaliper, jd bukan pengaruh dr rentang waktu pergantian minyak remnya.

Jd saat kita injak rem, tekanan ke kaliper rem jd berkurang, sebagian tekanan "lari" ke karet yg ngembang tadi.

Saat emergency brake yg perlu kecepatan pengereman sepersekian detik & pedal rem di injak sekuat2nya, rubber brake line yg sdh berumur ini akan lebih mengembang lg cmiiw.

Waktu ane service di BeRes KM 80/90 ribuan (lupa tepatnya) sdh disarankan utk di ganti, katanya sdh mulai lemah/lentur/mengembang brake linenya yg berakibat performa pengereman menurun.

Akhirnya ane ganti pake stainless steel braided line aja deh banding yg rubber lg. Habis ganti memang improve sih sekitar 30% dr rubber line & yg pst stabil tekanannya ke kaliper krn bahannya bukan dr karet lg tp stainless steel, intial bite jg jauh membaik.

Ane ganti pake stainless steel braided line krn di fortuner ini payah rem nya om, body tinggi, ban besar, remnya jd kedodoran.

Kl innova sih rem jauh lebih pakem yah, pake rubber brake line std rasanya sih sdh cukup lah, yg penting kalau karet/line nya sdh berumur yah diganti aja, toh rem ini adalah nyawa kita & yg rubber harganya jg tdk semahal stainless steel.
yang perlu diganti selang rem depan atau belakang atau kedua duanya?
Ganti kedua2nya om, depan & belakang. Biasanya jualannya 1 set jg buat depan & belakang.

2 pcs buat depan kiri & kanan, 1 pc buat di belakang. Buat gnki & anf perlunya 3 pcs yah kalau tidak salah ingat.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 7:11
well wrote:
benzz89 wrote: Mon May 30, 2022 5:52

Brake line ini bukan jalur rem yg pakai pipa kecil, tp karet yg menghubungkan ke kaliper rem, posisinya dekat roda ban, cb di googling aja om bentuknya spt apa pst tau deh.

Selang rem dr pabrikan biasanya kan terbuat dr karet (rubber brake line) lama2 dia akan mengembang seiring waktu pemakaian krn kena tekanan tinggi terus menerus ke kaliper, jd bukan pengaruh dr rentang waktu pergantian minyak remnya.

Jd saat kita injak rem, tekanan ke kaliper rem jd berkurang, sebagian tekanan "lari" ke karet yg ngembang tadi.

Saat emergency brake yg perlu kecepatan pengereman sepersekian detik & pedal rem di injak sekuat2nya, rubber brake line yg sdh berumur ini akan lebih mengembang lg cmiiw.

Waktu ane service di BeRes KM 80/90 ribuan (lupa tepatnya) sdh disarankan utk di ganti, katanya sdh mulai lemah/lentur/mengembang brake linenya yg berakibat performa pengereman menurun.

Akhirnya ane ganti pake stainless steel braided line aja deh banding yg rubber lg. Habis ganti memang improve sih sekitar 30% dr rubber line & yg pst stabil tekanannya ke kaliper krn bahannya bukan dr karet lg tp stainless steel, intial bite jg jauh membaik.

Ane ganti pake stainless steel braided line krn di fortuner ini payah rem nya om, body tinggi, ban besar, remnya jd kedodoran.

Kl innova sih rem jauh lebih pakem yah, pake rubber brake line std rasanya sih sdh cukup lah, yg penting kalau karet/line nya sdh berumur yah diganti aja, toh rem ini adalah nyawa kita & yg rubber harganya jg tdk semahal stainless steel.
yang perlu diganti selang rem depan atau belakang atau kedua duanya?
Ganti kedua2nya om, depan & belakang. Biasanya jualannya 1 set jg buat depan & belakang.

2 pcs buat depan kiri & kanan, 1 pc buat di belakang. Buat gnki & anf perlunya 3 pcs yah kalau tidak salah ingat.
mantab om...
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by 3mul »

Profith83 wrote: Fri May 27, 2022 13:41
Gak bunyi sama sekali, tapi di setir berasa harsh/kasar.
Kontur jalan yang keriting terasa di setir dan setir ada kocak dikit. Khusus jalan keriting yang parah yah.

Reborn temen dari baru thn 2021 juga gitu.
Punya saya lebih berasa. Apa memang begitu
Coba cek ban depan Om, barangkali kemakan sebelah / gak rata gara2 camber kebesaran. Camber ANKI emang standarnya negatif tp gak boleh kebesaran. Coba cek spooring (jangan di beres), usahakan angka roda kiri dan kanan sama. selama ini mungkin gak kerasa, tapi karena habis jalan jauh, ban jadi aus sampai ke limitnya.
ANKI ane sempat aneh feel setirnya setelah dipake road trip jarak jauh, dicek beres trus divonis ganti rack stir :big_slap: :big_slap: tapi ane gak ganti
setelah ane cek2 sendiri ternyata ban depan kemakan sebelah dalam. fixed setelah spooring (ane minta camber -0.5 derajat ki-ka, sebelumnya -0.5 derajat ki & -1.x derajat ka) trus rolling ban depan ke belakang.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

3mul wrote: Tue May 31, 2022 6:11
Profith83 wrote: Fri May 27, 2022 13:41
Gak bunyi sama sekali, tapi di setir berasa harsh/kasar.
Kontur jalan yang keriting terasa di setir dan setir ada kocak dikit. Khusus jalan keriting yang parah yah.

Reborn temen dari baru thn 2021 juga gitu.
Punya saya lebih berasa. Apa memang begitu
Coba cek ban depan Om, barangkali kemakan sebelah / gak rata gara2 camber kebesaran. Camber ANKI emang standarnya negatif tp gak boleh kebesaran. Coba cek spooring (jangan di beres), usahakan angka roda kiri dan kanan sama. selama ini mungkin gak kerasa, tapi karena habis jalan jauh, ban jadi aus sampai ke limitnya.
ANKI ane sempat aneh feel setirnya setelah dipake road trip jarak jauh, dicek beres trus divonis ganti rack stir :big_slap: :big_slap: tapi ane gak ganti
setelah ane cek2 sendiri ternyata ban depan kemakan sebelah dalam. fixed setelah spooring (ane minta camber -0.5 derajat ki-ka, sebelumnya -0.5 derajat ki & -1.x derajat ka) trus rolling ban depan ke belakang.
Ternyata saya coba coba lagi menemukan sesuatu yang baru.
Kalau di gas pelan kira kira RPM 1000 atau 1100 karena jalan perumahan kan pelan.

Nah waktu di gas pelan di jalan keriting terasa getar ke setir (biarpun dikit tapi terasa, saya rada sensitif kalau getaran ke setir)
Waktu TIDAK gas di jalan keriting getaran hampir tak terasa (normal)

Curiga getaran mesin ikut menggetar bagian2x kaki
Kalau dalam keadaan netral memang getaran/vibration kan terasa di RPM 1000 atau 1100, diatas itu sudah tidak terasa.

Curiga mungkin pangkon mesin sudah waktunya ganti ... mobil dipakai 5 thn 38rb KM
Arssaputra99
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jun 04, 2022 8:31
Location: Sby
Daily Vehicle: Innova reborn

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Arssaputra99 »

Mau tanya
Skr pake 225 45 r18 kondisi mobil standart ga rubah per dll, rasanya keras ga nyaman
Nah disini ada ga yg pakai ban 225 60 r18
Kira” natap g?
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Sinclaire »

Arssaputra99 wrote: Sat Jun 04, 2022 8:37 Mau tanya
Skr pake 225 45 r18 kondisi mobil standart ga rubah per dll, rasanya keras ga nyaman
Nah disini ada ga yg pakai ban 225 60 r18
Kira” natap g?
Lebar velg skrg brp?