Koleksi hand tools [Part 10]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Dat510 »

Pengen pamer habis ganti ICV M54 BMW tapi lupa foto2..
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Dat510 »

Saya izin share ya mbah2 barangkali berguna..

Jadi ceritanya hari sabtu kemarin saya kondangan di Felfest UI Depok, pulang nya istri minta muter2 kampus dlu.. Lagi jalan pelan2 ngga kerasa gejala aneh apa2 tapi saya lihat dashboard kok ada lampu EML nyala, si lampu ELM ini dalam waktu 1 thn belakangan emang pernah nyala 3 atau 4 kali tapi ngga ada gejala apa2 di mesin, biasa saya melipir, restart engine, terus greng lagi & itu lampu EML mati..
indicator EML nya kaya gini:
Screenshot 2022-05-17 172859.png
Tapi ini pas saya melipir RPM tiba2 naik turun & mesin tiba2 mati.. Saya coba start engine, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..

=========================================================bersambung=======================================================
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by blloewy »

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31 Saya izin share ya mbah2 barangkali berguna..

Jadi ceritanya hari sabtu kemarin saya kondangan di Felfest UI Depok, pulang nya istri minta muter2 kampus dlu.. Lagi jalan pelan2 ngga kerasa gejala aneh apa2 tapi saya lihat dashboard kok ada lampu EML nyala, si lampu ELM ini dalam waktu 1 thn belakangan emang pernah nyala 3 atau 4 kali tapi ngga ada gejala apa2 di mesin, biasa saya melipir, restart engine, terus greng lagi & itu lampu EML mati..
indicator EML nya kaya gini:

Screenshot 2022-05-17 172859.png

Tapi ini pas saya melipir RPM tiba2 naik turun & mesin tiba2 mati.. Saya coba start engine, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..

=========================================================bersambung=======================================================
Nyimak...
Apakah sensor yg error atau gmn ini nanti ceritanya... :big_think:
nubie in all things - still need to learn
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1258
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by singachu »

yanuarra wrote: Tue May 17, 2022 5:46 Fotonya ky gmn tu mbah? :big_think:
Screenshot_2022-05-17-19-05-46-785_com.miui.gallery.jpg
Screenshot_2022-05-17-19-06-11-957_com.miui.gallery.jpg
itu kondisi belum diapa2in, aslinya buat cabinet gantung2 dokumen kertas, mirip rak besi buat kantoran, cuman ini tingginya cuman nakas aja bisa masuk bawah meja kantor mestinya. Bedanya ini bahan besi bukan partikel
DOHC wrote: Tue May 17, 2022 7:04
Hmmmm ide baguss

Minta mulustrasi nya donk mbah
ini mulustrasinya, sebenernya ada safetynya kalau 1 laci belum ditutup ga bakalan laci lain bisa ditarik, cuman foto ini akal2an sistem safetynya aja 😹
Screenshot_2022-05-17-19-07-12-359_com.miui.gallery.jpg
kelemahannya ga ada latch untuk buka, jadi kalau kondisi ga dikunci terus didorong bisa kebuka tanpa sengaja... ya bisa diakal2 atau kunci dulu sebelum didorong



toolcart hip hip hura ya....

regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by k1493nk »

singachu wrote:
yanuarra wrote: Tue May 17, 2022 5:46 Fotonya ky gmn tu mbah? :big_think:
Screenshot_2022-05-17-19-05-46-785_com.miui.gallery.jpg
Screenshot_2022-05-17-19-06-11-957_com.miui.gallery.jpg
itu kondisi belum diapa2in, aslinya buat cabinet gantung2 dokumen kertas, mirip rak besi buat kantoran, cuman ini tingginya cuman nakas aja bisa masuk bawah meja kantor mestinya. Bedanya ini bahan besi bukan partikel
DOHC wrote: Tue May 17, 2022 7:04
Hmmmm ide baguss

Minta mulustrasi nya donk mbah
ini mulustrasinya, sebenernya ada safetynya kalau 1 laci belum ditutup ga bakalan laci lain bisa ditarik, cuman foto ini akal2an sistem safetynya aja [emoji81]
Screenshot_2022-05-17-19-07-12-359_com.miui.gallery.jpg
kelemahannya ga ada latch untuk buka, jadi kalau kondisi ga dikunci terus didorong bisa kebuka tanpa sengaja... ya bisa diakal2 atau kunci dulu sebelum didorong



toolcart hip hip hura ya....

regards,
singachu
Keren...
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 12:26
Profith83 wrote: Mon May 16, 2022 12:15
Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 7:30

jangan disetel2 kl ga perlu om. iseng nanti malah tambah bunyi.
Ceritanya habis ke Bali nginep di The menjangan. Jalannya makadam masuk hutan 1.5 KM jalan cuma 5 sd 10 km per jam. Apalagi bannya pakai yang keras dindingnya turanza t005a dilebarin lagi tapak bannyake 215, jadinya tambah keras.

Iya mau bongkar ban dulu, kayanya tie road bisa kena nih atas bawah.
Ada saran mbah?
tie rod ga ada atas bawah, ball joint yg ada atas bawah krn ada lower n upper control arm

cobain aja test bagian tie rod nya, itu ada suhu yg udah ksh tau, lepasin tie rod dr knuckle (roda kiri dan kanan) lalu tarik dorong tie rod nya ada bunyi atau oblak ga di steering rack nya.

jujurly ribet om, tontonin aja dulu semua cenel yutup ttg understel buat nambah2.
Memang ribet sih. Curiga ke arah
1. Tie rod
2. Atau long tie rod
3. Atau link stabil
4. Atau steering rack

Lepas tie rod dari kunckle, mesti pakai alat, atau bisa getok pelan2x kayanya
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 12:44
DOHC wrote: Mon May 16, 2022 12:35
Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 11:42

kok malingnya bisa pilih2 begitu sih.

tp emang iya sih, kita aja kl liat yg kita cari pas nemu langsung mata berubah ungu kan (maksudnya kl lg showing) :upss: :upss:
makin ngerasa penting nya perlu rollcab mbah

tools brantakan bener ini kita orang,

atauuuu

ngikutin mbah 69 aj kl yah, beli cantilever susun 3 ?? :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:
beli roll cab lah kan naronya ga perlu di garasi. jij msh single kan bawa aja ke kamar buat menemani ketika galau. :big_grin:
Hah masi single mbah delko? :big_think: brti rename username aja jadi sohc :big_biglaugh:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Dat510 »

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31 Saya izin share ya mbah2 barangkali berguna..

Jadi ceritanya hari sabtu kemarin saya kondangan di Felfest UI Depok, pulang nya istri minta muter2 kampus dlu.. Lagi jalan pelan2 ngga kerasa gejala aneh apa2 tapi saya lihat dashboard kok ada lampu EML nyala, si lampu ELM ini dalam waktu 1 thn belakangan emang pernah nyala 3 atau 4 kali tapi ngga ada gejala apa2 di mesin, biasa saya melipir, restart engine, terus greng lagi & itu lampu EML mati..
indicator EML nya kaya gini:

Screenshot 2022-05-17 172859.png

Tapi ini pas saya melipir RPM tiba2 naik turun & mesin tiba2 mati.. Saya coba start engine, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..

=========================================================bersambung=======================================================
Lanjut....

Akhirnya saya bilang ini kondisi undrivable, pertama2 tanya temen yg tinggal di depok montir sekitaran lokasi (enaknya punya komunitas), +- 1 jam kemudian datang si montir bawa tools & scanner. Saya udah curiga idle-up / ICV nya yg trouble, soalnya beberapa temen ada yg pernah ngalamin kejadian mirip. Dan betul, setelah di scan muncul error idle-up, MAF, dan misfire cyl 1..

Kutak kutik kutak kutik, beberapa kali coba start belum berhasil, akhir nya si montir clear semua error code di ECU, coba start, vrooommmm vrrrrrrr mobil berhasil idle smooth, rescan dan semua error code lenyap.. :mky_02:

PELAJARAN 1
Mesin bisa ngga mau start cuma karena fault code nya kepenuhan, mungkin mobil tua selama ini ada error2 yang muncul/hilang jadi memory penuh, di beberapa post di forum luar juga nemu case yang bilang simply karena fault code nya kepenuhan ngga mau start, solved dengan clear si fault code nya..

Eitss tapi belum selesai sodara2, drama masih berlanjut..

=========================================================bersambung=======================================================
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by DOHC »

singachu wrote: Tue May 17, 2022 12:14
yanuarra wrote: Tue May 17, 2022 5:46 Fotonya ky gmn tu mbah? :big_think:
Screenshot_2022-05-17-19-05-46-785_com.miui.gallery.jpg

Screenshot_2022-05-17-19-06-11-957_com.miui.gallery.jpg

itu kondisi belum diapa2in, aslinya buat cabinet gantung2 dokumen kertas, mirip rak besi buat kantoran, cuman ini tingginya cuman nakas aja bisa masuk bawah meja kantor mestinya. Bedanya ini bahan besi bukan partikel
DOHC wrote: Tue May 17, 2022 7:04
Hmmmm ide baguss

Minta mulustrasi nya donk mbah
ini mulustrasinya, sebenernya ada safetynya kalau 1 laci belum ditutup ga bakalan laci lain bisa ditarik, cuman foto ini akal2an sistem safetynya aja 😹
Screenshot_2022-05-17-19-07-12-359_com.miui.gallery.jpg

kelemahannya ga ada latch untuk buka, jadi kalau kondisi ga dikunci terus didorong bisa kebuka tanpa sengaja... ya bisa diakal2 atau kunci dulu sebelum didorong



toolcart hip hip hura ya....

regards,
singachu
tjakep mbah :big_love: :big_love:

asemm

tau gini pas 3 taon lallu sblom resign, ta colong dulu tuh lemari arsip di kantor lama, mana banyak banget lg di onggokin di gudang ga kepake
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Tue May 17, 2022 13:45

Hah masi single mbah delko? :big_think: brti rename username aja jadi sohc :big_biglaugh:


:big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Dat510 »

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 13:48
Lanjut....

Akhirnya saya bilang ini kondisi undrivable, pertama2 tanya temen yg tinggal di depok montir sekitaran lokasi (enaknya punya komunitas), +- 1 jam kemudian datang si montir bawa tools & scanner. Saya udah curiga idle-up / ICV nya yg trouble, soalnya beberapa temen ada yg pernah ngalamin kejadian mirip. Dan betul, setelah di scan muncul error idle-up, MAF, dan misfire cyl 1..

Kutak kutik kutak kutik, beberapa kali coba start belum berhasil, akhir nya si montir clear semua error code di ECU, coba start, vrooommmm vrrrrrrr mobil berhasil idle smooth, rescan dan semua error code lenyap.. :mky_02:

PELAJARAN 1
Mesin bisa ngga mau start cuma karena fault code nya kepenuhan, mungkin mobil tua selama ini ada error2 yang muncul/hilang jadi memory penuh, di beberapa post di forum luar juga nemu case yang bilang simply karena fault code nya kepenuhan ngga mau start, solved dengan clear si fault code nya..

Eitss tapi belum selesai sodara2, drama masih berlanjut..

=========================================================bersambung=======================================================
Lanjut....

Karena tau ICV bermasalah (dari hasil scan & sebelumnya indikator EML bbrp kali nyala) akhir nya bawa ke bengkel si montir, pas jalan ke bengkel ngga ada apa2 semua lancar like nothing's happened. Di bengkel dibawain part copotan karena si bengkel nya ngga ada part baru, dikasih tau bedanya yang copotan itu pas dikocok bunyi kletek2 sedangkan punya saya yg lama ngga, pertanda macet.. Akhir nya dipasanglah part copotan itu.. selesai dipasang semua, test start, vroomm vrvrvrvrvrvrvrvrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr, pas start RPM drop dlu sampe 300an, naik ke 1000, baru turun & stabil di 600an..

Di scan lagi sama si montir, kebaca Signal MAF sensor, vonis si montir ini sebener nya si MAF yang kena, idle up nya itu next effect karena error idle-up udah ngga kebaca.. saya ngerasa aneh, soalnya sebelum diganti mobil fine2 aja idle nya.. si bengkel sayangnya (atau untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..

Akhir nya saya pulang, kondisi traffic depok stop & go, tiap stop RPM drop ke 500, bikin was2, dan yang lebih ngeri pas di lampu merah ragunan arah fatmawati, itu macet + nanjak kayanya ada mobil tiba2 mati 10x pas di apply gas halus, terpaksa gas agak kenceng kaya orang baru belajar manual di tanjakan.. akhirnya masuk tol bisa gas terus agak tenang, selama di tol RPM si agak aneh pola nya, terutama pas downshift suka loncat / turun jauh tiba2.. Syukurnya bisa sampai rumah dengan selamat, cuma deg2an pas mati2 di tanjakan lamer ragunan ajah..

=========================================================bersambung=======================================================
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31

, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..

=========================================================bersambung=======================================================



kalo di kabilator, ini solenoid yang buat atur idle mampet. cukup semprot kompresor atau kabilator kliner pasti beres.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11315
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 15:31 untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..

cmiiw. kl kejadian lagi maf ngaco, lepas socket nya dr maf nya. maka ecu akan beralih ke safe mode fuel strategy. ecu akan ambil basis data dr MAP dan TPS utk mencegah engine stall (mati2). mobil punya power cukupan buat pulang tp bensin sedikit boros n tenaga berkurang.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Tue May 17, 2022 15:50
Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 15:31 untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..

cmiiw. kl kejadian lagi maf ngaco, lepas socket nya dr maf nya. maka ecu akan beralih ke safe mode fuel strategy. ecu akan ambil basis data dr MAP dan TPS utk mencegah engine stall (mati2). mobil punya power cukupan buat pulang tp bensin sedikit boros n tenaga berkurang.
Luar biasa suhu :emo-big_love:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Dat510 »

marmut wrote: Tue May 17, 2022 15:33
Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31

, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..

=========================================================bersambung=======================================================



kalo di kabilator, ini solenoid yang buat atur idle mampet. cukup semprot kompresor atau kabilator kliner pasti beres.
Nah ini kunci nya..

Saya penasaran mobil yg sebelum ICV nya diganti baik2 aja, pas setelah diganti malah oglek. Besokannya saya bongkar lagi

1. Copot air filter box, cabin filter housing, sama shield ECU buat mempermudah akses
2. Copot MAF, bersihin pake MAF cleaner
3. Copot intake boot buat periksa klo ada crack
4. Copot DISA valve supaya bisa akses ICV nya
5. Terakhir copot ICV

Mulustrasi
420602588_o6SF8-L.jpg
DSC00730.jpg
Si ICV nyempil dibawah si DISA Valve.
Pas acara copot mencopot itu baut2 pada dikencengin pake tenaga setan semua, saya sampe harus pake JTC 1201 yg lebih panjang buat ngebuka, pake ratchet 1/4 biasa ngga kuat.

Setelah dicopot ada yang aneh, ada tulisan di part yang lama 292, di part yang copotan 268, saya ngga tau arti angka itu tapi dari situ yakin something is different, untungnya part lama saya bawa pulang, tadinya niat tinggal aja dibuang pikir toh udah rusak.

PELAJARAN 2
Unless kita 100% yakin itu part rusak, better jangan dibuang dlu incase needed.

Saya lihat video di youtube ternyata ICV itu gampang dibersihin, orang2 pake brake cleaner, tapi kemarin saya adanya WD yaudah jadi pake itu aja, abis di semprot2 itu ICV langsung lancar lagi dong bunyi klotak2.. Akhir nya saya pake lagi itu ICV lama, pasang semua, dan pas di start vroom vrrrrrrrrrr, idle halusss normal kaya biasa, scan > clear shadow memory, rescan, normal no fault code from engine.. :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Diagnose Dat510, fixed it again...! :mky_02:

Sebener nya agak disayangkan pas ICV lama saya macet kenapa bengkel nyaranin pakai copotan, kenapa ngga nyaranin dibersihin aja padahal cuma 5-10 detik itu semprot2 ICV.. Tapi saya no hard feeling sama si bengkel karena klo ngga ada dia pun mungkin saya ngga bisa pulang.
Disayangkan juga part penggantinya ngga teliti 100% exactly the same..

Side note:
Saya pakai socket set 1/4 kenmaster buat bongkar2 itu semua, wkwkwk
cuma ketambahan magnetic tray mnotaro, JTC 1201, & beberapa tools non socket / torx lain.
Magnetic pickup tools sangat bermanfaat, tools/baut kecil2 sering jatoh. Korbannya ext 2" sama bit obeng minus saya jatoh terus ngga ketemu, wkwk, entah nyelip dimana..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Dat510 »

Omnibus wrote: Tue May 17, 2022 15:50
Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 15:31 untung?) ngga punya MAF, karena udah sore yauda saya cut "yang penting bisa dibawa pulang dlu"..

cmiiw. kl kejadian lagi maf ngaco, lepas socket nya dr maf nya. maka ecu akan beralih ke safe mode fuel strategy. ecu akan ambil basis data dr MAP dan TPS utk mencegah engine stall (mati2). mobil punya power cukupan buat pulang tp bensin sedikit boros n tenaga berkurang.
Oh ya mbah, pernah dapet trik ini juga dari bengkel langganan di kemayoran, klo MAF ngaco coba copot aja socket nya. Tapi kemarin ngga kepikiran..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 16:12


karena lokasinya yang dikolong intake, jarang yang mau buka. padahal kalau di menu tune up itu harusnya sekalian dibersihin karena ngisep udara yang mengandung uap oli mesin.

saya pernah bersihin ICV yang isinya jelaga yang sudah mengeras. mau nggak mau musti disemprot kliner yang foam trus diemin 15 menitan, bilas, semprot foam lagi, beberapa kali kaya gitu sampe bersih.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

selesai sudah tugas saya beli tools karena nggak mungkin lagi untuk beli, mau taruh dimana? liat sendiri, penuh kan?


IMG20220518003254.jpg


kiri-kanan :
ph1 - ph2 - ph2 - ph3 - ph4 - pz1 - pz2 - slotted 3,5 - slotted 4 - slotted 5
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1258
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by singachu »

DOHC wrote: Tue May 17, 2022 14:35 tjakep mbah :big_love: :big_love:

asemm

tau gini pas 3 taon lallu sblom resign, ta colong dulu tuh lemari arsip di kantor lama, mana banyak banget lg di onggokin di gudang ga kepake
coba ditanya aja dilego harga brp. Soalnya office cab gini baru kerasa murah kalau bekas, kalau baru mahal juga 😅 ama ongkir juga berasa soalnya gede, kalau bisa ambil sendiri mayan hemat

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 16:12 Side note:
Saya pakai socket set 1/4 kenmaster buat bongkar2 itu semua, wkwkwk
cuma ketambahan magnetic tray mnotaro, JTC 1201, & beberapa tools non socket / torx lain.
Magnetic pickup tools sangat bermanfaat, tools/baut kecil2 sering jatoh. Korbannya ext 2" sama bit obeng minus saya jatoh terus ngga ketemu, wkwk, entah nyelip dimana..
side note nya foto dan pajang di sini dong, biar pas ama judul tread hentul
😁
marmut wrote: Tue May 17, 2022 17:40 selesai sudah tugas saya beli tools karena nggak mungkin lagi untuk beli, mau taruh dimana? liat sendiri, penuh kan?



IMG20220518003254.jpg



kiri-kanan :
ph1 - ph2 - ph2 - ph3 - ph4 - pz1 - pz2 - slotted 3,5 - slotted 4 - slotted 5

keren mbah, yang ph4 kayak semut soldier kepala gede badan kecil....

wah tempat bit holdernya aja vessel, mau nawarin tempat bit generic china ngeper....


regards,
singachu
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by marmut »

singachu wrote: Tue May 17, 2022 18:29


keren mbah, yang ph4 kayak semut soldier kepala gede badan kecil....

wah tempat bit holdernya aja vessel, mau nawarin tempat bit generic china ngeper....


regards,
singachu



saya tu kerehore mbah, alias pemburu barang bermerk dengan harga miring. kalo nggak miring nggak mau....

:mky_01:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by blloewy »

Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 16:12
marmut wrote: Tue May 17, 2022 15:33
Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 10:31

, masin mau start tapi ngga mau idle, langsung RPM drop sampe mati. Dia mau nahan kalo saya injek pedal gas..

=========================================================bersambung=======================================================



kalo di kabilator, ini solenoid yang buat atur idle mampet. cukup semprot kompresor atau kabilator kliner pasti beres.
Nah ini kunci nya..

Saya penasaran mobil yg sebelum ICV nya diganti baik2 aja, pas setelah diganti malah oglek. Besokannya saya bongkar lagi

1. Copot air filter box, cabin filter housing, sama shield ECU buat mempermudah akses
2. Copot MAF, bersihin pake MAF cleaner
3. Copot intake boot buat periksa klo ada crack
4. Copot DISA valve supaya bisa akses ICV nya
5. Terakhir copot ICV

Mulustrasi

420602588_o6SF8-L.jpg

DSC00730.jpg

Si ICV nyempil dibawah si DISA Valve.
Pas acara copot mencopot itu baut2 pada dikencengin pake tenaga setan semua, saya sampe harus pake JTC 1201 yg lebih panjang buat ngebuka, pake ratchet 1/4 biasa ngga kuat.

Setelah dicopot ada yang aneh, ada tulisan di part yang lama 292, di part yang copotan 268, saya ngga tau arti angka itu tapi dari situ yakin something is different, untungnya part lama saya bawa pulang, tadinya niat tinggal aja dibuang pikir toh udah rusak.

PELAJARAN 2
Unless kita 100% yakin itu part rusak, better jangan dibuang dlu incase needed.

Saya lihat video di youtube ternyata ICV itu gampang dibersihin, orang2 pake brake cleaner, tapi kemarin saya adanya WD yaudah jadi pake itu aja, abis di semprot2 itu ICV langsung lancar lagi dong bunyi klotak2.. Akhir nya saya pake lagi itu ICV lama, pasang semua, dan pas di start vroom vrrrrrrrrrr, idle halusss normal kaya biasa, scan > clear shadow memory, rescan, normal no fault code from engine.. :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Diagnose Dat510, fixed it again...! :mky_02:

Sebener nya agak disayangkan pas ICV lama saya macet kenapa bengkel nyaranin pakai copotan, kenapa ngga nyaranin dibersihin aja padahal cuma 5-10 detik itu semprot2 ICV.. Tapi saya no hard feeling sama si bengkel karena klo ngga ada dia pun mungkin saya ngga bisa pulang.
Disayangkan juga part penggantinya ngga teliti 100% exactly the same..

Side note:
Saya pakai socket set 1/4 kenmaster buat bongkar2 itu semua, wkwkwk
cuma ketambahan magnetic tray mnotaro, JTC 1201, & beberapa tools non socket / torx lain.
Magnetic pickup tools sangat bermanfaat, tools/baut kecil2 sering jatoh. Korbannya ext 2" sama bit obeng minus saya jatoh terus ngga ketemu, wkwk, entah nyelip dimana..
Jadi ini karena sensor Idlenya yg error sementara ya Om?
Cukup bersihkan saja dan akhirnya normal lagi?
Hmmm....beginilah antara suka dan dukanya pny mobil dgn teknologi terbarukan :big_grin:
Dia sdh ks info di awal hei something wrong with this sensor reading tp kdg kita clear2 aja begitu ya? :big_think:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Dat510 »

marmut wrote: Tue May 17, 2022 17:00
Dat510 wrote: Tue May 17, 2022 16:12


karena lokasinya yang dikolong intake, jarang yang mau buka. padahal kalau di menu tune up itu harusnya sekalian dibersihin karena ngisep udara yang mengandung uap oli mesin.

saya pernah bersihin ICV yang isinya jelaga yang sudah mengeras. mau nggak mau musti disemprot kliner yang foam trus diemin 15 menitan, bilas, semprot foam lagi, beberapa kali kaya gitu sampe bersih.
Iya mbah, kayanya tiap 80k perlu dibersihin si ICV ini..
singachu wrote: Tue May 17, 2022 18:29
side note nya foto dan pajang di sini dong, biar pas ama judul tread hentul
😁

regards,
singachu
Siap mbah, ntar saya fotoin ya.. hehe
blloewy wrote: Wed May 18, 2022 1:30 Jadi ini karena sensor Idlenya yg error sementara ya Om?
Cukup bersihkan saja dan akhirnya normal lagi?
ICV = Idle Air Control Valve aka idle-up bentukannya valve gtu mbah bukan sensor, hehe..

kaya gni
BMW-13411744713-13-41-1-744-713-SF-Bosch-Idle-Control-Valve-1.jpg
As mbah marmut said dia nyedot udara yang mengandung uap oli, over time akan ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
blloewy wrote: Wed May 18, 2022 1:30 Hmmm....beginilah antara suka dan dukanya pny mobil dgn teknologi terbarukan :big_grin:
Dia sdh ks info di awal hei something wrong with this sensor reading tp kdg kita clear2 aja begitu ya? :big_think:
Ya mbah enak sebener nya mobil yg banyak indicator light, klo ada apa2 mobil nya ngasih tau, tinggal kita nya mau ngeberesin apa ngga, di case saya ini saya bandel karena tiap EML muncul cuma restart mesin beres jadi root cause nya ngga dicari sampe akhirnya fatal effect.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11315
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

Dat510 wrote: Wed May 18, 2022 2:13 ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
yg tepat pakai brake cleaner atau intake cleaner dan disemprot kompresor. hindari pakai carb cleaner krn tdk compatible dgn plastik mat'l

pakai wd kurang tepat krn itu utk penetrant bukan cleaning action (kotorannya msh ada di dalam).
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1258
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by singachu »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 2:34
Dat510 wrote: Wed May 18, 2022 2:13 ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
yg tepat pakai brake cleaner atau intake cleaner dan disemprot kompresor. hindari pakai carb cleaner krn tdk compatible dgn plastik mat'l

pakai wd kurang tepat krn itu utk penetrant bukan cleaning action (kotorannya msh ada di dalam).
aku yang heran si alimech sering pakai carb cleaner buat injector, o2 sensor, intake valve....
https://www.youtube.com/c/AliMECH

regards,
singachu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11315
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 10]

Post by Omnibus »

singachu wrote: Wed May 18, 2022 2:51
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 2:34
Dat510 wrote: Wed May 18, 2022 2:13 ada carbon build up yang bikin flap nya macet, tinggal semprot2 brake cleaner / WD (saya ngga tau yg tepat pake cairan apa) beres..
yg tepat pakai brake cleaner atau intake cleaner dan disemprot kompresor. hindari pakai carb cleaner krn tdk compatible dgn plastik mat'l

pakai wd kurang tepat krn itu utk penetrant bukan cleaning action (kotorannya msh ada di dalam).
aku yang heran si alimech sering pakai carb cleaner buat injector, o2 sensor, intake valve....
https://www.youtube.com/c/AliMECH

regards,
singachu
kl ai dah ketemu sweet spot nya om, pake brake cleaner merk nganu lancar jaya ga pernah mengecewakan. cuma harganya 80rb sekaleng rada mehong. :big_bored: