Wah owe dah pake setahun... Tp sebelum n sesudah pake ga berasa beda ya ..marzoochi wrote: ↑Sun May 15, 2022 7:03 Oom Kemuning, penasaran dengan aditif Freon berikut iji, klaim nya dapat memperpanjang umur freon dan kompressor, membuat suhu udara lebih dingin.
Ditambahkan di low side service port
Mohon info dan arahannya mengenai aditif ini, dan berapa lama bertahan efeknya jika sistem AC dalam keadaan sehat.
6DFBE371-36AE-45BE-BCF6-954167628CE4.jpeg
Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 575
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Wah terima kasih info nya Oomjosomba wrote: ↑Sun May 15, 2022 9:09Wah owe dah pake setahun... Tp sebelum n sesudah pake ga berasa beda ya ..marzoochi wrote: ↑Sun May 15, 2022 7:03 Oom Kemuning, penasaran dengan aditif Freon berikut iji, klaim nya dapat memperpanjang umur freon dan kompressor, membuat suhu udara lebih dingin.
Ditambahkan di low side service port
Mohon info dan arahannya mengenai aditif ini, dan berapa lama bertahan efeknya jika sistem AC dalam keadaan sehat.
6DFBE371-36AE-45BE-BCF6-954167628CE4.jpeg
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 76
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 504
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Setuju..saya jg gitu, yg penting jaga kebersihan filter AC dan kabin mobilJordiansyah007 wrote: ↑Sun May 15, 2022 12:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 846
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
bgmn dgn oli kompresor? apa tidak perlu di tambah paling tidak?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Halo om kemuning mau tanya,
Barusan pake innova bensin matic 2012 punya sepupu, dipake buat jalan rasa sruntulan (kadang kickdown, lalu rem, lalu kickdown lagi) itu kenapa otomatis ac nya gak jalan ya? Jd sempat lama, hampir 10 menit ac mati hanyak angin doang (kompresor gak engaged) lalu kurangin gas, kalemin lagi, terus nyalain knop ac, baru nyala lagi itu kompresor
Tapi klo dibuat rpm rendah, driving santai, rpm sering di 1000-1800, ini ac masih dingin pake banget
Malah digeber rpm tinggi gak dingin dan tidak ada tanda kompresor engage
Tapi kadang klo digeber di tol rpm konstan di 2500-3000 masih dingin, hanya ketika sering gas agak dalam, rem, lalu gas lagi (rada sruntulan) problemnya muncul
Kira2 ada masalah dimana yah, filter ac rutin ganti, tidak
Oh iya kadang ketika suara mendesis dr kisi muncul, ac kerja tapi gak begitu dingin, kudu matiin ac dulu sedetik, lalu dinyalain lagi langsung dingin lagi, suara mendesis juga hilang
Barusan pake innova bensin matic 2012 punya sepupu, dipake buat jalan rasa sruntulan (kadang kickdown, lalu rem, lalu kickdown lagi) itu kenapa otomatis ac nya gak jalan ya? Jd sempat lama, hampir 10 menit ac mati hanyak angin doang (kompresor gak engaged) lalu kurangin gas, kalemin lagi, terus nyalain knop ac, baru nyala lagi itu kompresor
Tapi klo dibuat rpm rendah, driving santai, rpm sering di 1000-1800, ini ac masih dingin pake banget
Malah digeber rpm tinggi gak dingin dan tidak ada tanda kompresor engage
Tapi kadang klo digeber di tol rpm konstan di 2500-3000 masih dingin, hanya ketika sering gas agak dalam, rem, lalu gas lagi (rada sruntulan) problemnya muncul
Kira2 ada masalah dimana yah, filter ac rutin ganti, tidak
Oh iya kadang ketika suara mendesis dr kisi muncul, ac kerja tapi gak begitu dingin, kudu matiin ac dulu sedetik, lalu dinyalain lagi langsung dingin lagi, suara mendesis juga hilang
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 846
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Cb cek magnet clutch kompresor acnya.. kemungkinan setengah rusak..ariswp wrote: ↑Tue May 17, 2022 13:01 Halo om kemuning mau tanya,
Barusan pake innova bensin matic 2012 punya sepupu, dipake buat jalan rasa sruntulan (kadang kickdown, lalu rem, lalu kickdown lagi) itu kenapa otomatis ac nya gak jalan ya? Jd sempat lama, hampir 10 menit ac mati hanyak angin doang (kompresor gak engaged) lalu kurangin gas, kalemin lagi, terus nyalain knop ac, baru nyala lagi itu kompresor
Tapi klo dibuat rpm rendah, driving santai, rpm sering di 1000-1800, ini ac masih dingin pake banget
Malah digeber rpm tinggi gak dingin dan tidak ada tanda kompresor engage
Tapi kadang klo digeber di tol rpm konstan di 2500-3000 masih dingin, hanya ketika sering gas agak dalam, rem, lalu gas lagi (rada sruntulan) problemnya muncul
Kira2 ada masalah dimana yah, filter ac rutin ganti, tidak
Oh iya kadang ketika suara mendesis dr kisi muncul, ac kerja tapi gak begitu dingin, kudu matiin ac dulu sedetik, lalu dinyalain lagi langsung dingin lagi, suara mendesis juga hilang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3411
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.Jordiansyah007 wrote: ↑Sun May 15, 2022 12:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mobil saya jg yg pernah bongkar turun evap ya great corolla aja, karena emang ngga ada filter kabin nya, otomatis lebih kotor meskipun udah jaga kebersihan jg sih.kendibocor wrote: ↑Tue May 17, 2022 13:35Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.Jordiansyah007 wrote: ↑Sun May 15, 2022 12:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Innova udah 9 tahun lebih, CRV 6 tahun so far cuma ganti filter kabin aja sama cuci blower. Belom pernah yg namanya 'servis' AC, tambah freon, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1924
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Bentar Om...kl rutin Vacuum artinya rutin buang dan isi Freon baru ya?kendibocor wrote: ↑Tue May 17, 2022 13:35Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.Jordiansyah007 wrote: ↑Sun May 15, 2022 12:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Kl di AC Rumah Tangga itu oli kompresor bertahan kurang lebih 3-10 tahun tergantung warranty si pabrikan u kompresor.
Selama tdk ada kebocoran di kompresor mestinya oli aman2 aja..
Tp kayanha ada beda jenis antara kompresor ac rumah tangga dan beberapa ac mobil juga jd ngga tau mana yg lifetime dan mana yg perlu direplace olinya even kl ngga ada bocor
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Yang dimaksud om kendibocor keknya vacuum lantai dan karpet mobil mbah....blloewy wrote: ↑Wed May 18, 2022 1:33Bentar Om...kl rutin Vacuum artinya rutin buang dan isi Freon baru ya?kendibocor wrote: ↑Tue May 17, 2022 13:35Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.Jordiansyah007 wrote: ↑Sun May 15, 2022 12:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Kl di AC Rumah Tangga itu oli kompresor bertahan kurang lebih 3-10 tahun tergantung warranty si pabrikan u kompresor.
Selama tdk ada kebocoran di kompresor mestinya oli aman2 aja..
Tp kayanha ada beda jenis antara kompresor ac rumah tangga dan beberapa ac mobil juga jd ngga tau mana yg lifetime dan mana yg perlu direplace olinya even kl ngga ada bocor
Kalau ga rutin vacuum, debu2 keisep nyangkut di filter AC.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3411
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Maksudnya vakum, vakum daleman mobil om kayak karpet etcblloewy wrote: ↑Wed May 18, 2022 1:33Bentar Om...kl rutin Vacuum artinya rutin buang dan isi Freon baru ya?kendibocor wrote: ↑Tue May 17, 2022 13:35Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.Jordiansyah007 wrote: ↑Sun May 15, 2022 12:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,
yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan
karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh
lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener
kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu
baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2
skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,
pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb
kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Kl di AC Rumah Tangga itu oli kompresor bertahan kurang lebih 3-10 tahun tergantung warranty si pabrikan u kompresor.
Selama tdk ada kebocoran di kompresor mestinya oli aman2 aja..
Tp kayanha ada beda jenis antara kompresor ac rumah tangga dan beberapa ac mobil juga jd ngga tau mana yg lifetime dan mana yg perlu direplace olinya even kl ngga ada bocor
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1924
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Owh kirain kompresornya divacuum mulu...
Btw kl ini mah wajib apalagi.kl hbs jalan jauh atau pny bocil...
Dijamin auto sisa makanan dan bekas tanah di sepatu pada sisa...
Selain rutin ganti filter cabin juga
Btw kl ini mah wajib apalagi.kl hbs jalan jauh atau pny bocil...
Dijamin auto sisa makanan dan bekas tanah di sepatu pada sisa...
Selain rutin ganti filter cabin juga
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.
Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...
Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.
Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.
Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.
Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...
Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.
Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.
Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.
Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Wed May 06, 2015 18:58
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Saya juga pengalaman gini nih… mau cek ac aja perawatan. Periksa2 kuras freon… bersihin evap (kagak kotor amat). Sebulan kemudian ac ngedrop kalo rpm rendah hahaha…. Dasar gendeng tu AC. Kalo kt pencet tombol A/C trus normal lagi.benzz89 wrote:Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.
Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...
Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.
Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.
Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.
Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
Mobil satu lagi mau periksa AC, disuruh pulang aja. Ngapain dibersihin kalo masih dingin..
Baca-baca thread ini sungguh bergizi.
Thanks for sharing
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?
hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.
histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.
histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ijin sharing om
Karena selama punya mobil ini (keluaran 2008 tp ambil seken tahun 2016) belum pernah ganti oli kompresor, perawatan hanya rutin ganti filter ac dan tahun 2020 akhir lalu ganti motor fan + extra fan saja
Akhirnya minggu kemarin memberanikan diri untuk flushing ac, harapannya kalo positif maka brio dan hrv dirumah juga bakal saya kuras
Kurasnya di bengkel ac biasa (non authorized denso), karena sebelumnya ganti motor+extra fan di authorized denso kurang puas sama ownernya, semacam nyari2 excuse buat saya mengiyakan untuk bongkar ac sekalian, bersih2 evap, dll pdhl saya tidak ada keluhan dengan ac, bahkan filter ac masi baru dan bersih disuruh ganti (yg ini yaudahlah buat obat kecut dia)
Lanjut aja, yg mengenai flushing ac ini, pertama tama diukur temperatur di kisi2 sebelum kuras terukur sekitar 7.3 derajat
Lalu proses flushing dimulai, pakai alat LAX dan estimasi satu jam kurang lebih
Oli kompresor yg keluar sudah keruh sih dan ada kekuningan dikit di buihnya
Setelah selesai, ac dinyalakan, diukur temperatur kisi2 turun ke 4.9 derajat artinya masih sangat dingin menurut bengkelnya
Analisis visual oli kompresor juga tidak mencurigakan, keruh coklat tapi disenter masih tembus cahaya, dan gram minimal
Lalu kompresor di tembak thermogun dan temperatur masih kompresor masih normal, bengkel hanya ngasi saran pergantian magnetic clutch 2-3 tahun lagi (preventive), sekalian expan valve dan dryer, overall sistem ac masi bagus katanya
Yg saya rasakan seminggu ini memang ac lebih dingin, sampai2 saya menyetel suhu yg 1-2 klik menjelang heater,
Hanya saja anomali lain yg saya rasakan, untuk mwncapai temperatur dingin sedikit lebih lama dari sebelum flushing, tapi ketika sudah dingin ya dingin banget, set suhu tidak pernah lebih dari 3 klik puteran (tidak sampai 1/2)
Cetekkan/engaging magnet clutch juga lebih halus, dan beban mesin sedikit lebih enteng ketika ac nyala
DC : 550rb
Sekian
Karena selama punya mobil ini (keluaran 2008 tp ambil seken tahun 2016) belum pernah ganti oli kompresor, perawatan hanya rutin ganti filter ac dan tahun 2020 akhir lalu ganti motor fan + extra fan saja
Akhirnya minggu kemarin memberanikan diri untuk flushing ac, harapannya kalo positif maka brio dan hrv dirumah juga bakal saya kuras
Kurasnya di bengkel ac biasa (non authorized denso), karena sebelumnya ganti motor+extra fan di authorized denso kurang puas sama ownernya, semacam nyari2 excuse buat saya mengiyakan untuk bongkar ac sekalian, bersih2 evap, dll pdhl saya tidak ada keluhan dengan ac, bahkan filter ac masi baru dan bersih disuruh ganti (yg ini yaudahlah buat obat kecut dia)
Lanjut aja, yg mengenai flushing ac ini, pertama tama diukur temperatur di kisi2 sebelum kuras terukur sekitar 7.3 derajat
Lalu proses flushing dimulai, pakai alat LAX dan estimasi satu jam kurang lebih
Oli kompresor yg keluar sudah keruh sih dan ada kekuningan dikit di buihnya
Setelah selesai, ac dinyalakan, diukur temperatur kisi2 turun ke 4.9 derajat artinya masih sangat dingin menurut bengkelnya
Analisis visual oli kompresor juga tidak mencurigakan, keruh coklat tapi disenter masih tembus cahaya, dan gram minimal
Lalu kompresor di tembak thermogun dan temperatur masih kompresor masih normal, bengkel hanya ngasi saran pergantian magnetic clutch 2-3 tahun lagi (preventive), sekalian expan valve dan dryer, overall sistem ac masi bagus katanya
Yg saya rasakan seminggu ini memang ac lebih dingin, sampai2 saya menyetel suhu yg 1-2 klik menjelang heater,
Hanya saja anomali lain yg saya rasakan, untuk mwncapai temperatur dingin sedikit lebih lama dari sebelum flushing, tapi ketika sudah dingin ya dingin banget, set suhu tidak pernah lebih dari 3 klik puteran (tidak sampai 1/2)
Cetekkan/engaging magnet clutch juga lebih halus, dan beban mesin sedikit lebih enteng ketika ac nyala
DC : 550rb
Sekian
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Coba dicek Expansion Valve nya, kemungkinan bermasalah di situ.r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?
hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.
histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ini cuma buat UV Dye, sama ada tambahan oli compressor sedikit, ga guna sih senenernya.marzoochi wrote:Oom Kemuning, penasaran dengan aditif Freon berikut iji, klaim nya dapat memperpanjang umur freon dan kompressor, membuat suhu udara lebih dingin.
Ditambahkan di low side service port
Mohon info dan arahannya mengenai aditif ini, dan berapa lama bertahan efeknya jika sistem AC dalam keadaan sehat.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kapasitas Oli nya dikasih brp ml? Pake Oli merk dan tipe apa? Freon merk apa? Uda sesuai kapasitas? Itu doang yg perlu diperhatiin kalo flushing dan yg nentuin performanya. (Dengan catatan semua parts bagus).ariswp wrote:Ijin sharing om
Karena selama punya mobil ini (keluaran 2008 tp ambil seken tahun 2016) belum pernah ganti oli kompresor, perawatan hanya rutin ganti filter ac dan tahun 2020 akhir lalu ganti motor fan + extra fan saja
Akhirnya minggu kemarin memberanikan diri untuk flushing ac, harapannya kalo positif maka brio dan hrv dirumah juga bakal saya kuras
Kurasnya di bengkel ac biasa (non authorized denso), karena sebelumnya ganti motor+extra fan di authorized denso kurang puas sama ownernya, semacam nyari2 excuse buat saya mengiyakan untuk bongkar ac sekalian, bersih2 evap, dll pdhl saya tidak ada keluhan dengan ac, bahkan filter ac masi baru dan bersih disuruh ganti (yg ini yaudahlah buat obat kecut dia)
Lanjut aja, yg mengenai flushing ac ini, pertama tama diukur temperatur di kisi2 sebelum kuras terukur sekitar 7.3 derajat
Lalu proses flushing dimulai, pakai alat LAX dan estimasi satu jam kurang lebih
Oli kompresor yg keluar sudah keruh sih dan ada kekuningan dikit di buihnya
Setelah selesai, ac dinyalakan, diukur temperatur kisi2 turun ke 4.9 derajat artinya masih sangat dingin menurut bengkelnya
Analisis visual oli kompresor juga tidak mencurigakan, keruh coklat tapi disenter masih tembus cahaya, dan gram minimal
Lalu kompresor di tembak thermogun dan temperatur masih kompresor masih normal, bengkel hanya ngasi saran pergantian magnetic clutch 2-3 tahun lagi (preventive), sekalian expan valve dan dryer, overall sistem ac masi bagus katanya
Yg saya rasakan seminggu ini memang ac lebih dingin, sampai2 saya menyetel suhu yg 1-2 klik menjelang heater,
Hanya saja anomali lain yg saya rasakan, untuk mwncapai temperatur dingin sedikit lebih lama dari sebelum flushing, tapi ketika sudah dingin ya dingin banget, set suhu tidak pernah lebih dari 3 klik puteran (tidak sampai 1/2)
Cetekkan/engaging magnet clutch juga lebih halus, dan beban mesin sedikit lebih enteng ketika ac nyala
DC : 550rb
Sekian
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalo secara teori setiap 40rb KM penggantian Oli Comp. Tapi sebenernya banyak faktornya yg menentukan harus ganti apa ngga, yg jelas sesuai pemakaian selama ini gimana.benzz89 wrote:Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.
Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...
Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.
Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.
Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.
Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
Contoh:
Mobil Jazz, tarolah tahun 2012. Mobil dipake tiap hari rutin sekitar 50 KM / hari. Jazz pake 2 motor fan, motor fan AC dan Radiator, pas salah satu motor fan mati, mesin ngga akan overheat karena masih ada 1 yang hidup, cuma kerjanya jadi extra berat, owner pun ngga akan tau mati atau tidak kalo ga pernah ngecek, karena suara motor fan masih ada yg hidup.
Mobil dipake sebulan dengan keadaan 1 motor fan mati, ini otomatis tekanan High Pressure AC jadi tinggi karena ada 1 motor fan yg mati. Apalagi kalo suka pake blower AC di speed tinggi (2-3), makin tinggi High Pressure nya, lama2 Oli compressor berkurang dan jadi problem buat mobil.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26912
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Dah lama ga muncul d marih, kmane aj mbah
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Iya nih, kemarin2 lg sibuk [emoji13]DOHC wrote:Dah lama ga muncul d marih, kmane aj mbah
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
misi om mau tny om, sy ada inofa bensin 2013. dr baru blm pernah perawatan ac, cuma rutin ganti oli kompresor sama filter kabin aja. waktu itu pernah awal 2021 mobil ga dipake sebulan tiba2 AC ga dingin, trus ditambah freon, sampe skrg dingin lg sih. cuma sekarang kalo pas idle fan nya di 2 bar, magnet clutch ga main, lock terus. tp kalo stel fan di 1 bar main tuh magnet clutch nya on-off 1-2 menit sekali. trus kalo diliat di sight glass, udah keliatan busa2nya gitu pas AC nyala. itu apa normal apa ga ya?
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 509
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ortu ane punya Altis 2006 di jual 2020, itu dari 2006-2018 kagak pake filter AC sama sekali Om, kagak pernah service AC sama sekali. AC tetap dingin kulkas trouble free. Di 2018 pas ane bersih2 tu mobil ane beli in filter kabin emang dalaman nya keliatan berdebu banget. Emang badak bgt AC Toyota.benzz89 wrote: ↑Wed May 18, 2022 3:33 Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.
Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...
Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.
Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.
Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.
Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.