Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

smgandi wrote:https://autonetmagz.com/toyota-luncurka ... an/108650/


AutonetMagz.com – Kawasan ASEAN telah menjadi pasar yang potensial bagi para produsen mobil. Alhasil, banyak produsen yang berusaha menembus dan merebut pangsa pasar di kawasan tersebut. Seperti yang lain, Toyota juga memiliki rencana besar untuk ASEAN, dan itu terutama melibatkan elektrifikasi. Dengan itu, diharapkan untuk melihat lebih banyak kendaraan hybrid dan bahkan baterai listrik di wilayah tersebut. Apalagi Toyota juga telah menanamkan invertasi sebesar Rp 28 triliun untuk proyek tesebut.


Diluncurkan Tahun Depan
Lupakan sejenak tentang rumor mengenai Toyota Innova Hybrid. Bila kita melihat ke Negara tetangga, ada informasi terbaru terkait proyek diesel-hybrid yang sedang dikerjakan Toyota. Menurut headlightmag.com, Toyota bersiap untuk meluncurkan Fortuner versi mild-hybrid tahun depan. SUV yang akan ditenagai oleh mild-hybrid turbo-diesel dan akan diluncurkan pada tahun 2023. Setelah diluncurkan, SUV tersebut mungkin akan menjadi yang pertama di kelasnya SUV dengan powertrain hybrid atau mild-hybrid.

Turbo-diesel mild-hybrid dilaporkan akan dicangkokan dengan mesin 2.8 liter berokde 1GD-FTV. Kemudian akan dipasangkan dengan alternator khusus, kemungkinan besar merupakan integrated starter generator (ISG) seperti yang ada pada model mild-hybridSuzuki. Dengan sistem mild-hybrid, Toyota Fortuner dapat mengumpulkan energi kinetik saat pengereman/perlambatan. Hal ini dapat memberikan torsi tambahan, serta mengurangi konsumsi bahan bakar melalui sistem auto-start/stop.


Untuk Generasi Terbaru?
Detail lain mengenai sistem GD Hybrid ini masih menjadi misteri yang simpang-siur. Tetapi mengingat bahwa Toyota masih mempersiapkannya, kombinasi mild-hybrid diesel ini bisa saja hadir pada Toyota Fortuner generasi terbaru yang menggunakan platform TNGA-F. Cukup masuk akal karena baru akan diluncurkan di tahun depan, apalagi mengingat Toyota Fortuner generasi sekarang sudah beredar sejak 2015 akhir. Terlapas dari semua itu, fakta bahwa Toyota sedang mengembangkan powertrain diesel dengan mild-hybrid bisa menjadi game-changer.

Karena 2023 masih beberapa bulan lagi, kami berharap lebih banyak informasi tentang mesin GD Hybrid akan terungkap termasuk tenaga, torsi, penghematan bahan bakar, dan range listrik yang bisa ditempuh. Mengingat Toyota Fortuner juga sebasis dengan Toyota Innova, tidak menutup kemungkinan bahwa Toyota Innova juga akan menggunakan kombinasi ini. Mungkin dengan kapasitas mesin yang lebih kecil (2.4)
untuk lebih menekan harga.
sempet baca baca kenapa jarang mobil diesel dibikin hybrid karna kurva torsinya ga komplementer. gimana ya diakalinnya, secara diesel kuat di putaran bawah, sedangkan kalo pake batre sama motor listrik juga torsi instant pas awal?
pecinta bio solar
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Turboman »

ctopher7 wrote:
smgandi wrote:https://autonetmagz.com/toyota-luncurka ... an/108650/


AutonetMagz.com – Kawasan ASEAN telah menjadi pasar yang potensial bagi para produsen mobil. Alhasil, banyak produsen yang berusaha menembus dan merebut pangsa pasar di kawasan tersebut. Seperti yang lain, Toyota juga memiliki rencana besar untuk ASEAN, dan itu terutama melibatkan elektrifikasi. Dengan itu, diharapkan untuk melihat lebih banyak kendaraan hybrid dan bahkan baterai listrik di wilayah tersebut. Apalagi Toyota juga telah menanamkan invertasi sebesar Rp 28 triliun untuk proyek tesebut.


Diluncurkan Tahun Depan
Lupakan sejenak tentang rumor mengenai Toyota Innova Hybrid. Bila kita melihat ke Negara tetangga, ada informasi terbaru terkait proyek diesel-hybrid yang sedang dikerjakan Toyota. Menurut headlightmag.com, Toyota bersiap untuk meluncurkan Fortuner versi mild-hybrid tahun depan. SUV yang akan ditenagai oleh mild-hybrid turbo-diesel dan akan diluncurkan pada tahun 2023. Setelah diluncurkan, SUV tersebut mungkin akan menjadi yang pertama di kelasnya SUV dengan powertrain hybrid atau mild-hybrid.

Turbo-diesel mild-hybrid dilaporkan akan dicangkokan dengan mesin 2.8 liter berokde 1GD-FTV. Kemudian akan dipasangkan dengan alternator khusus, kemungkinan besar merupakan integrated starter generator (ISG) seperti yang ada pada model mild-hybridSuzuki. Dengan sistem mild-hybrid, Toyota Fortuner dapat mengumpulkan energi kinetik saat pengereman/perlambatan. Hal ini dapat memberikan torsi tambahan, serta mengurangi konsumsi bahan bakar melalui sistem auto-start/stop.


Untuk Generasi Terbaru?
Detail lain mengenai sistem GD Hybrid ini masih menjadi misteri yang simpang-siur. Tetapi mengingat bahwa Toyota masih mempersiapkannya, kombinasi mild-hybrid diesel ini bisa saja hadir pada Toyota Fortuner generasi terbaru yang menggunakan platform TNGA-F. Cukup masuk akal karena baru akan diluncurkan di tahun depan, apalagi mengingat Toyota Fortuner generasi sekarang sudah beredar sejak 2015 akhir. Terlapas dari semua itu, fakta bahwa Toyota sedang mengembangkan powertrain diesel dengan mild-hybrid bisa menjadi game-changer.

Karena 2023 masih beberapa bulan lagi, kami berharap lebih banyak informasi tentang mesin GD Hybrid akan terungkap termasuk tenaga, torsi, penghematan bahan bakar, dan range listrik yang bisa ditempuh. Mengingat Toyota Fortuner juga sebasis dengan Toyota Innova, tidak menutup kemungkinan bahwa Toyota Innova juga akan menggunakan kombinasi ini. Mungkin dengan kapasitas mesin yang lebih kecil (2.4)
untuk lebih menekan harga.
sempet baca baca kenapa jarang mobil diesel dibikin hybrid karna kurva torsinya ga komplementer. gimana ya diakalinnya, secara diesel kuat di putaran bawah, sedangkan kalo pake batre sama motor listrik juga torsi instant pas awal?
Dieselnya pake cc cilik, jadi irit & gak berisik

wkwkwkkwkwk
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

sbelum dirubah jd hibrid mending beli 1GD skalian buat simpan,

tuh mesin enak,apalg stop dan go,semriwing

sedikit tuning murah meriah perbaiki bawahnya biar ky 2 GD,

percayalah ini barang bagus,

walopun solbus musnah tetap gak akan pernah kecewa dan bikin pusing pake ini mobil,
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Jordiansyah007 »

vanosz wrote: Fri Jun 03, 2022 12:41 sbelum dirubah jd hibrid mending beli 1GD skalian buat simpan,

tuh mesin enak,apalg stop dan go,semriwing

sedikit tuning murah meriah perbaiki bawahnya biar ky 2 GD,

percayalah ini barang bagus,

walopun solbus musnah tetap gak akan pernah kecewa dan bikin pusing pake ini mobil,
Kalo 4N15 gimana omm ?
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by gwsecretc »

Jordiansyah007 wrote: Fri Jun 03, 2022 14:36
vanosz wrote: Fri Jun 03, 2022 12:41 sbelum dirubah jd hibrid mending beli 1GD skalian buat simpan,

tuh mesin enak,apalg stop dan go,semriwing

sedikit tuning murah meriah perbaiki bawahnya biar ky 2 GD,

percayalah ini barang bagus,

walopun solbus musnah tetap gak akan pernah kecewa dan bikin pusing pake ini mobil,
Kalo 4N15 gimana omm ?
Saya bukan om panos, tapi..

Saya udah pernah piara anps 4n15 dan sekarang balik lagi ke anki 2gd, dan saya menyimpulkan tetap lebih enak 2gd dibanding 4n15 om. Ini berdasarkan subjektif pribadi saya ya om.

4n15 lebih mirip mobil bensin, enak mid hi rpm nya. Untuk rute dalkot jadi rada emosi kalo bawa 4n15. Menurut saya 4n15 ini lebih enak buat jalan tol atau lukot, kalo 2gd rasanya bisa lebih mengimbangi mau rute dalkot,tol, atau lukot. Dan 1 lagi, 2gd sedikit lebih irit solarnya dibanding 4n15 :big_peace:

Oh ya kondisi mobil 2” nya sudah diremap, ya walaupun low rpm 4n15 nya membaik, tapi rasanya tetap gak bisa nyamain low rpmnya 2gd yang joss.. :big_biglaugh:

Mungkin kalo 1gd after remap bakal lebih mantap lagi dibanding 2gd kali ya :big_think:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

Ex user 2kd vnt, sekarang pake forti 2gd.

Kondisi sama2 standar, 2kd vnt jauh lebih gigit low rpmnya dibanding forti 2gd. Pake 2kd vnt, nyalip cukup injek gas 30% udah ngacir, di 2gd perlu sampe 50% untuk kondisi yang sama. Kalo bawa ke lukot, saya masuk ke S terus, di D hopeless.
Maticnya apalagi, gigi sih boleh banyak, tapi bloonnya itu gak ketulungan.
Dan siapa bilang matic 2gd keluaran akhir udah beres? :big_bored: Punya saya produksi 2021. P ke R masih BLETAK kalo tanpa ritual sesuai edukasi yang disarankan. Downshift di gigi2 tertentu berasa banget.

2gd kalo mau cari jambakan setan dalam kondisi standar, cari yang m/t. Jaaaauuhhh lebih enak daripada yang a/t.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

pengendiesel wrote:Ex user 2kd vnt, sekarang pake forti 2gd.

Kondisi sama2 standar, 2kd vnt jauh lebih gigit low rpmnya dibanding forti 2gd. Pake 2kd vnt, nyalip cukup injek gas 30% udah ngacir, di 2gd perlu sampe 50% untuk kondisi yang sama. Kalo bawa ke lukot, saya masuk ke S terus, di D hopeless.
Maticnya apalagi, gigi sih boleh banyak, tapi bloonnya itu gak ketulungan.
Dan siapa bilang matic 2gd keluaran akhir udah beres? :big_bored: Punya saya produksi 2021. P ke R masih BLETAK kalo tanpa ritual sesuai edukasi yang disarankan. Downshift di gigi2 tertentu berasa banget.

2gd kalo mau cari jambakan setan dalam kondisi standar, cari yang m/t. Jaaaauuhhh lebih enak daripada yang a/t.
memang gitu om 6 a/t nya toyota. saya punya produksi tahun 2021 selipnya berasa bgt, abis itu kmrn sempet di tanjakan nge kick down gas, eh maticnya bingung nyari gigi dimana. alhasil 2 detik kali kayak ndut ndutan mobilnya. ngeri ngeri itu karna depannya kontener
pecinta bio solar
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by sintoni »

gwsecretc wrote: Fri Jun 03, 2022 15:17
Saya bukan om panos, tapi..

Saya udah pernah piara anps 4n15 dan sekarang balik lagi ke anki 2gd, dan saya menyimpulkan tetap lebih enak 2gd dibanding 4n15 om. Ini berdasarkan subjektif pribadi saya ya om.

4n15 lebih mirip mobil bensin, enak mid hi rpm nya. Untuk rute dalkot jadi rada emosi kalo bawa 4n15. Menurut saya 4n15 ini lebih enak buat jalan tol atau lukot, kalo 2gd rasanya bisa lebih mengimbangi mau rute dalkot,tol, atau lukot. Dan 1 lagi, 2gd sedikit lebih irit solarnya dibanding 4n15 :big_peace:

Oh ya kondisi mobil 2” nya sudah diremap, ya walaupun low rpm 4n15 nya membaik, tapi rasanya tetap gak bisa nyamain low rpmnya 2gd yang joss.. :big_biglaugh:

Mungkin kalo 1gd after remap bakal lebih mantap lagi dibanding 2gd kali ya :big_think:
Nah, ini setuju, 2GD enak banget untuk perkotaan.

Kalau 4N15 pernah bawa sebentar, bawahnya kalah, tapi emang putaran tengah ++ jauh lebih sadis.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

sintoni wrote:
gwsecretc wrote: Fri Jun 03, 2022 15:17
Saya bukan om panos, tapi..

Saya udah pernah piara anps 4n15 dan sekarang balik lagi ke anki 2gd, dan saya menyimpulkan tetap lebih enak 2gd dibanding 4n15 om. Ini berdasarkan subjektif pribadi saya ya om.

4n15 lebih mirip mobil bensin, enak mid hi rpm nya. Untuk rute dalkot jadi rada emosi kalo bawa 4n15. Menurut saya 4n15 ini lebih enak buat jalan tol atau lukot, kalo 2gd rasanya bisa lebih mengimbangi mau rute dalkot,tol, atau lukot. Dan 1 lagi, 2gd sedikit lebih irit solarnya dibanding 4n15 :big_peace:

Oh ya kondisi mobil 2” nya sudah diremap, ya walaupun low rpm 4n15 nya membaik, tapi rasanya tetap gak bisa nyamain low rpmnya 2gd yang joss.. :big_biglaugh:

Mungkin kalo 1gd after remap bakal lebih mantap lagi dibanding 2gd kali ya :big_think:
Nah, ini setuju, 2GD enak banget untuk perkotaan.

Kalau 4N15 pernah bawa sebentar, bawahnya kalah, tapi emang putaran tengah ++ jauh lebih sadis.
2gd turbo standar, rpm kalo uda 3500 lebih uda ngempos emang om wkwkwk saya punya pun gitu
padahal uda remap, replacement filter, sama exhaust full system

kalo bawahnya sih bikin lompat ya apalahi power mode
pecinta bio solar
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by b0ku »

sintoni wrote: Sat Jun 04, 2022 3:19

Nah, ini setuju, 2GD enak banget untuk perkotaan.

Kalau 4N15 pernah bawa sebentar, bawahnya kalah, tapi emang putaran tengah ++ jauh lebih sadis.
karena turbonya gede om jd lebih berasa lagnya soalnya saya ada dakar sama exced kalo low torque enakan exced mungkin karena exced turbonya kecil :mky_03:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: Sat Jun 04, 2022 2:09
memang gitu om 6 a/t nya toyota. saya punya produksi tahun 2021 selipnya berasa bgt, abis itu kmrn sempet di tanjakan nge kick down gas, eh maticnya bingung nyari gigi dimana. alhasil 2 detik kali kayak ndut ndutan mobilnya. ngeri ngeri itu karna depannya kontener
:big_think:

matik ndutan gimana gans,



gak was was putus matiknya gans,


hmmmm,

colokin pigibak aja,biar rasain enaknya GD,
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: Sat Jun 04, 2022 4:28
2gd turbo standar, rpm kalo uda 3500 lebih uda ngempos emang om wkwkwk saya punya pun gitu
padahal uda remap, replacement filter, sama exhaust full system

kalo bawahnya sih bikin lompat ya apalahi power mode
:big_biglaugh:

exhaust ganti ful ya,suaranya resing dong, :upss:

mending balik standar gans,fron pipe ganti yang plong,

trs uap oli buang kbelakang pake selang samping muffler,

2 GD turbo standar juga bisa dibikin rpm sampe 4100 gans,

biar gak lemah sahwat, :big_blushing:
Miracle9000
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Miracle9000 »

vanosz wrote: Fri Jun 03, 2022 12:41 sbelum dirubah jd hibrid mending beli 1GD skalian buat simpan,

tuh mesin enak,apalg stop dan go,semriwing

sedikit tuning murah meriah perbaiki bawahnya biar ky 2 GD,

percayalah ini barang bagus,

walopun solbus musnah tetap gak akan pernah kecewa dan bikin pusing pake ini mobil,
Bener nih wkwk. Gara2 isu solbus dihapus kepikiran jual 2gd ganti creta atau hrv. Tapi dipikir2 nih mobil enak, gk bikin pusing. Jalan 85rb km, gk ada masalah aneh2, paling ganti rack end sm kampas rem doang yg agak mahal, sisanya masih ok2 aja.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

vanosz wrote:
ctopher7 wrote: Sat Jun 04, 2022 2:09
memang gitu om 6 a/t nya toyota. saya punya produksi tahun 2021 selipnya berasa bgt, abis itu kmrn sempet di tanjakan nge kick down gas, eh maticnya bingung nyari gigi dimana. alhasil 2 detik kali kayak ndut ndutan mobilnya. ngeri ngeri itu karna depannya kontener
:big_think:

matik ndutan gimana gans,



gak was was putus matiknya gans,


hmmmm,

colokin pigibak aja,biar rasain enaknya GD,
ndut ndutan bingung nyari giginya yang pas dimana, kebetulan itu karna lagi nanjak di kick down sih

tapi biasa tiap kick down kalo lagi mau coba rolling race gitu emng suka telat masuk giginya juga

gatau apa yang bisa bikin sembuh, sofar sih ngeliat liat antara pasang piggyback transmisi atau remap tcu ya
belom nyoba dua duanya karna ngerasa uda cukup dulu modif mobilnya, lagi bosen wkwk
pecinta bio solar
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

vanosz wrote:
ctopher7 wrote: Sat Jun 04, 2022 4:28
2gd turbo standar, rpm kalo uda 3500 lebih uda ngempos emang om wkwkwk saya punya pun gitu
padahal uda remap, replacement filter, sama exhaust full system

kalo bawahnya sih bikin lompat ya apalahi power mode
:big_biglaugh:

exhaust ganti ful ya,suaranya resing dong, :upss:

mending balik standar gans,fron pipe ganti yang plong,

trs uap oli buang kbelakang pake selang samping muffler,

2 GD turbo standar juga bisa dibikin rpm sampe 4100 gans,

biar gak lemah sahwat, :big_blushing:
ke mbah bebonk ga disaranin buang buang uap oli, mau pake oil catch tank atau buang uap ke belakang. dibilang soalnya bisa bikin seal seal yang ada di mesin rusak

katanya kalo egr uda full ditutup harusnya intake ga cepet kotor. tapi emang sbnernya make sense sih soalnya gas buang yang nyampur uap oli ga diputer balik ke intake lagi, lgsg dibuang keluar
pecinta bio solar
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Mrvin »

Om disini udah ada yang pernah bandingin 1gd 2.8 sama 4n15?

Untuk stop n go turbo lag nya parah mana ya?

1gd kata bbrp orang juga ada lag nya dibanding 2gd untuk low rpm
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: Sun Jun 05, 2022 1:14
vanosz wrote:
ctopher7 wrote: Sat Jun 04, 2022 2:09
memang gitu om 6 a/t nya toyota. saya punya produksi tahun 2021 selipnya berasa bgt, abis itu kmrn sempet di tanjakan nge kick down gas, eh maticnya bingung nyari gigi dimana. alhasil 2 detik kali kayak ndut ndutan mobilnya. ngeri ngeri itu karna depannya kontener
:big_think:

matik ndutan gimana gans,



gak was was putus matiknya gans,


hmmmm,

colokin pigibak aja,biar rasain enaknya GD,
ndut ndutan bingung nyari giginya yang pas dimana, kebetulan itu karna lagi nanjak di kick down sih

tapi biasa tiap kick down kalo lagi mau coba rolling race gitu emng suka telat masuk giginya juga

gatau apa yang bisa bikin sembuh, sofar sih ngeliat liat antara pasang piggyback transmisi atau remap tcu ya
belom nyoba dua duanya karna ngerasa uda cukup dulu modif mobilnya, lagi bosen wkwk
:big_think:

sudah nyebur coba dicari enaknya gans,harusnya gak ndutan,

matiknya itu klo bejek lepas gas trs bejek biasanya bengong krn masih masuk gigi tinggi biasanya ane mainin manual turunin,biar gak kalah gans, :big_slap:


mobil ane gak ada tutup egr gans,gak pernah tune up dan cuci intek atau apalah,klo sudah mati tuh mobil br ane perbaiki,pemalas ane gans, :upss:


klo masih turbo std,exhausnya ganti yg fron pipe bolong orisinil toyota aja gans,jangan kegedean pipa,

beli di falindo atau toyota,1,1juta,

hening tapi lebih lompat bawahnya gans,atasnya juga dapat,

transmisi gak usah di apain,itu klo mau main kelas berat,

yg penting harian ngaspooiiiiilllllll gak pake perasaan lemah lembut penuh kasih sayang gak CE,

klo entusias sejati oonda manual harus tega rpm redline biar vtak kik in yo,
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Wed Feb 01, 2017 13:13

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Montero »

tadi dijalan berangkat kerja ketemu fortie 2.8 baru lagi macet2an, yang saya liat kenapa dari knalpot keluar asap putih banyak banget ya? bukan jelaga asap hitam kayak diesel umumnya. mirip mobil bensin yang mau overhaul, sayang ga sempet rekam :big_dunno:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

Montero wrote: Mon Jun 06, 2022 1:21 tadi dijalan berangkat kerja ketemu fortie 2.8 baru lagi macet2an, yang saya liat kenapa dari knalpot keluar asap putih banyak banget ya? bukan jelaga asap hitam kayak diesel umumnya. mirip mobil bensin yang mau overhaul, sayang ga sempet rekam :big_dunno:
tanda2 injector kena atau turbo jebol leak oil :big_grin:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by vanosz »

Montero wrote: Mon Jun 06, 2022 1:21 tadi dijalan berangkat kerja ketemu fortie 2.8 baru lagi macet2an, yang saya liat kenapa dari knalpot keluar asap putih banyak banget ya? bukan jelaga asap hitam kayak diesel umumnya. mirip mobil bensin yang mau overhaul, sayang ga sempet rekam :big_dunno:
:big_biglaugh:


sudah modif itu gans,buang uap oli kblakang,


jangan jangan 1 GD spek temannya famili man,

monster semua tuh,

sudah bi turbo atau kompon


mobil ane asap putih ngebul gans,kencang gans,


1 GD masih baru gak akan rusak,

spek mesinnya samson dr 2 GD, :wkkk:
jimmyprime
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jul 26, 2014 19:38

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by jimmyprime »

ongisnade wrote: Sat Sep 25, 2021 11:59
kompresorz wrote: Sat Sep 25, 2021 10:11
ongisnade wrote: Sat Sep 25, 2021 2:46
Siap, nanti saya cek ke bengkel rem
:big_biglaugh: ..
rem msh cukup lah...


sokbreker ganti bilstein kuning om...biar mentok spido gak ky kapal kena hantam ombak....
yah setidaknya masih bisa lah main klo ktemu santa fe...

nanti rasain naik truk tenaga brutal tapi anteng mantep gitu...nagih trs dah....:big_biglaugh:
OK siiaap, semua dicatat rekomendasinya akan benahi satu persatu. Kalau ketemu santafe mending melipir sen kiri mas bro, itu mobil edan 230 kph gas dan rpm belum mentok dan masih standard. Kecuali pake Innova nya Family Man.
saya baru tau santa fe standard sedahsyat ini :big_chicken:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by KielConstantine »

vanosz wrote: Mon Jun 06, 2022 1:44
Montero wrote: Mon Jun 06, 2022 1:21 tadi dijalan berangkat kerja ketemu fortie 2.8 baru lagi macet2an, yang saya liat kenapa dari knalpot keluar asap putih banyak banget ya? bukan jelaga asap hitam kayak diesel umumnya. mirip mobil bensin yang mau overhaul, sayang ga sempet rekam :big_dunno:
:big_biglaugh:


sudah modif itu gans,buang uap oli kblakang,


jangan jangan 1 GD spek temannya famili man,

monster semua tuh,

sudah bi turbo atau kompon


mobil ane asap putih ngebul gans,kencang gans,


1 GD masih baru gak akan rusak,

spek mesinnya samson dr 2 GD, :wkkk:
Kompon turbo apaan sih om ?

Yang di toel dikit pake jari langsung muter itu y? :big_think:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by well »

Montero wrote: Mon Jun 06, 2022 1:21 tadi dijalan berangkat kerja ketemu fortie 2.8 baru lagi macet2an, yang saya liat kenapa dari knalpot keluar asap putih banyak banget ya? bukan jelaga asap hitam kayak diesel umumnya. mirip mobil bensin yang mau overhaul, sayang ga sempet rekam :big_dunno:
kemungkinan besar itu blow by gas yg masuk ke saluran udara di bypass di keluarkan di dekat knalpot.
biasanya bukan di knalpotnya tp di deket2 knalpot.
pny sy juga sy bypass, sy keluarin di dekat ban depan
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Jose »

jimmyprime wrote: Mon Jun 06, 2022 4:43
ongisnade wrote: Sat Sep 25, 2021 11:59
kompresorz wrote: Sat Sep 25, 2021 10:11

:big_biglaugh: ..
rem msh cukup lah...


sokbreker ganti bilstein kuning om...biar mentok spido gak ky kapal kena hantam ombak....
yah setidaknya masih bisa lah main klo ktemu santa fe...

nanti rasain naik truk tenaga brutal tapi anteng mantep gitu...nagih trs dah....:big_biglaugh:
OK siiaap, semua dicatat rekomendasinya akan benahi satu persatu. Kalau ketemu santafe mending melipir sen kiri mas bro, itu mobil edan 230 kph gas dan rpm belum mentok dan masih standard. Kecuali pake Innova nya Family Man.
saya baru tau santa fe standard sedahsyat ini :big_chicken:
Santa fe standar top speednya 211 kmh, udah dites sama om botak carmudi
Increase speed = increase Risk
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by RezPrat »

ctopher7 wrote: Sun Jun 05, 2022 1:18
ke mbah bebonk ga disaranin buang buang uap oli, mau pake oil catch tank atau buang uap ke belakang. dibilang soalnya bisa bikin seal seal yang ada di mesin rusak

katanya kalo egr uda full ditutup harusnya intake ga cepet kotor. tapi emang sbnernya make sense sih soalnya gas buang yang nyampur uap oli ga diputer balik ke intake lagi, lgsg dibuang keluar
Seal yg rusak yg mana Om? Bukanya uap dibuang keluar lebih baik buat engine. Mobil tahun 70an kan dibuang keluar tuh breather nya Om, ini kan tujuannya buat kebersihan lingkungan aja ya, cmiiw.