Ertiga hybrid baru launching

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by black2345 »

j4niS wrote: 12 Jun 2022, 17:57

salah 1 video yg ada state FC....18KM/L

cuma masih question...apakah worth it beda segitu dengan parts parts mahal yg pasti harus ganti
- aki mahal (karena start stop)
- alternator mahal
-li ion 12v 6a yg aduhai.....

any thoughts? :ungg:
Iya dr kmrn nyari di yutub yg bahas FC kok ga ada ya, penasaran ama FC & akselerasinya..

Dan kalau ternyata strategi ini failed, ga memungkinkan ertiga gen sebelumnya (gx & ss) harga sekennya bakal lebih nahan drpd yg hybrid

Lagian sis bebal amat sih, apa susahnya ganti lampu depan, bumper & grill biar bisa ngikutin pesaingnya, plus upgrade velg ke ring 16 :big_think:

Atau nunggu ga laku dulu baru diupgrade jor2an generasi berikutnya?
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by vipere »

Daripada 15 juta dipake buat bukin hybrid hybridan kayak gitu..mendingan suzuki pake buat bikin sense sensean.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by rakyatwkwkland »

wicaksono99 wrote: 14 Jun 2022, 05:21
Itu kalau pedal rem diinjek trus gigi transmisi dioper ke N dan kita handbrake habis itu pedal rem dilepas EASS (engine autostart stop)nya tetep aktif gak ya? Soalnya pernah bawa Xpander cross cvt enak tuh startstopnya.. Mungkin karna ada auto brake hold ya, jadi injek rem berenti trus pedal rem dilepas autostart stopnya masih aktif jadi gak cape.

Regenerative brakenya aktif kalau mobil ngerem dikecepatan minimal 30kpj. Dibawah itu ga ngecas. Makanya agak bingung ini batre utilitasnya kecil sekali. Dibawah 3bar EASS gak bisa aktif, mobil ngerem kecepatan dibawah 30kpj batre gak ngecas apalagi macet2an lama. Kapan bisa keisi penuh tuh batre.
Pokonya asal pedal rem dilepas pasti mesin idup lagi. Kalo pedal rem msh diinjek mesin tetep mati.

Wah, seinget ane baterai udah tinggal 2 bar mesin masih bisa mati oom. Kemaren kayanya ane ada sempet coba juga pas baterainya di bawah 2 bar.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by rakyatwkwkland »

MSU wrote: 14 Jun 2022, 12:17
rakyatwkwkland wrote: 13 Jun 2022, 23:30 Nubi gamao kalah :ngacir:

Kemaren nyerpis si K15B yg masih tanpa embel2 haebrit apa pun di beres SBT PIK jakarta utara. Kebetulan serpis agak besar jadi agak lama, main2lah ke dealer. Udah dipajang aja si er3 FL smart hybrid ini. Kebetulan yang dipajang adalah tipe gx

Penampakannya :
52158.jpg
52159.jpg
52160.jpg

Baterai kecil di bawah korsi penumpang depan :
52161.jpg

Dari sisi kosmetik yg positip sih ESP dah turun ke tipe gx dan dapet CC jg. Kayanya secara fitur antara tipe GX dan SS podo wae, cmn beda di bodykit yg gak terlalu penting. Terus plafonnya ternyata ikut berubah warna jadi silver2 grey gitu, kalo yg lama kan walau interiornya hitam tapi plafonnya tetep beige jadi gak nyambung...

Sepik2 sikit sama sales nya, baru2 nongol benar adanya bahwa udah didiskon 20 juta. Ane nanya, masih bisa digoyang gak? Gabisa katanya udah harga bagus banget itu :big_weee: Malah katanya diskon 20 juta ini cuma harga perkenalan, nanti kalo masa perkenalannya udah lewat turun jadi 17 juta doang.

Iseng2 nanya ada unit test drive gak, ternyata ada tapi cuma boleh keliling dealer doang. Kebetulan itu dealer berupa komplek yg isinya dealer2 merk2 lain yang jualannya indomobil juga macam kia, pewe, batumakam, hino. Jadi track test drive sangat terbatas, tapi ya gak pendek2 amat juga. Kebetulan unit test drive tipe gx juga dan transmisi yang automatic.

Ambil kunci dan buka pintu lewat remote, ternyata spionnya udah otomatis ngebuka lewat remote. Kalo yang punya ane masih harus pencet dari dalem. Start mesin, impresinya starternya masih mirip dgn yang lama, tapi kayanya yg ini agak lebih halus. Mesin menyala, dan langsung coba aja bawa muter.

Kondisi baterai pas jalan kalo gasalah inget ada sekitar 3 kotak dari 5. Coba mulai muter2 dikit, gak terlalu berasa beda apa2. Cari trek lurus yang agak panjangan. Coba ane geber dari 0-40 km/h, impresinya hampir sama persis dengan yang non-hybrid. Mungkin iya ada berasa lebih enteng aja tarikan awalnya, tapi gak terlalu noticeable lah. Singkatnya, untuk urusan performa sudah pasti tidak usah berharap perubahan yang gimana2 karena namanya aja mild hybrid, gak ada motor listriknya cuma pake ISG doang.

Berikutnya ane test idling start-stop nya. Caranya cukup hentikan mobil sambil pedal rem tetap ditahan. Tuas transmisi boleh dikeep di D atau dipindah ke N juga boleh, yang penting pedal rem jangan dilepas karena mesin akan nyala kalo kita lepas rem. Setelah kira2 4-5 detik lah nanti mesin akan mati sendiri. Untuk proses mati-nyala nya bukan yang paling halus, tapi masih okelah. Saat proses mati dan nyala masih terasa ada getarannya sedikit, tapi rasanya masih cukup acceptable. Setelah mesin mati, kompresor AC tentu ikut mati. Awal2 angin AC masih dingin tapi2 lama2 mulai ilang dinginnya. Dan ternyata durasi mati nya lumayan bisa agak lamaan. Mungkin karena sekarang dapet baterai dedicated tambahan. Cuma karena AC sudah mulai panas ya ane gak sabaran, langsung lanjut gas lagi aja.

Kalo ane pribadi mungkin bakal matiin aja sistem idling start-stop nya karena jujur cukup annoying kalo di siang hari. Kalo malam hari mungkin masih dapat dipertimbangkan buat diidupin karena malam kan udah gak panas. Cuma emang denger2 dari user2 mobil dan motor yang ada idling start stop nya konon ngidupin idling start-stop sangat mereduksi umur aki, ya jadi mikir2 lagi :upss:

Jadinya ya singkat cerita emang fitur yang satu ini antara berguna dan gak berguna sih. Mungkin berguna bagi pabrikan buat memunculkan klaim angka konsumsi bahan bakar yang lebih baik, seraya biar mobil jualannya bisa masuk bracket PPNBM yang persentasenya lebih rendah karena konsumsi BBM dan CO2 nya lebih bagus.

Oh ya, kebetulan selama muter2 MID ane posisikan terus di bagian informasi power meter nya. Sepemantauan mata ane, selama ane bawa muter2 kok gak ada sama sekali dia ngerecharge itu baterai ya, even saat kita berdeselerasi? Kalo ane tanya sales nya sih karena dia baru ngerecharge kalo baterainya udah di bawah 2 kotak. Entah bener gak begitu. Kalo bener, hebat juga ini baterai karena selama ane pakai muter2 beberapa puteran, listriknya cuma turun dari 3 kotak ke 2 kotak doang.

Untuk konsumsi BBM, kebetulan ane lupa foto MID nya, di situ menunjukkan angka 7 km/L. Ya gausah heran karena itu unit test drive dipake geber2 dan muternya cuma dalem komplek dealer doang. Baru akurat kalo udah dibawa ke jalan raya.

Last2, kesimpulan ane sih ya smart hybrid begini ya cukup nice to have. Ada ya sukur karena harga toh juga gak naik banyak, gak ada juga gak apa2 karena selisih konsumsi BBM nya juga gak seberapa. Buat yang khawatir ganti itu baterai imut harganya mahal, ya gausah ambil pusing, kalo mati ya tinggal dibiarin aja kalo gak mau keluar uang buat ganti baterainya. Harusnya gak akan bikin masalah apa pun pada mobilnya. Untuk performa ya jangan pernah berharap ada perbedaan apapun karena lagi2 ini cuma mild hybrid yang gak punya motor listrik, cuma ngandelin ISG! Ini aja sijuki masih bagus gak klaim penambahan horsepower atau torsi. Kalau brand yang tjap tiga bintang itu udah ngeklaim +sekian HP dan +sekian Nm itu...

Oh ya, buat media yang ngetest konsumsi BBM bisa sampe 18 km/L, yang pertama harus diselidiki adalah bagaimana kondisi pengujiannya?? Ertiga ane kalo ane bawa jalan2 dalam kota jakarta di malam hari yang udah gak ada macet lagi dan traffic udah lengan mah juga gampang nyetak 17-18 km/L dalam kota :ngacir:
konsumsi bensin 1:18 ni actual full to full atau by MID om?
setuju start stop reduksi umur aki, ama motor stater cpt KO kl ya
jd baca2 dr hasil test itu rasanya mild hybrid kurang perlu
By MID oom, kalo full to full gamungkin bisa jalan jarak jauh di dalam kota jkt tanpa kena macet :big_biglaugh:

Ya lagi2 sperti yg ane bilang di atas, mild hybrid ini perlu ga perlu. Kalo ada nice to have dan gausah diperotes karena toh ga ada sisi negatifnya juga. Kalo ga ada pun juga ga masalah.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 14 Jun 2022, 14:14
wicaksono99 wrote: 14 Jun 2022, 13:57 Salesnya ditanya harga batrenya aja ga tau brp, udh berapa tahun tuh produk dijual masih aja ga tau harganya.. Kan kocak.
Semua atpm yang mau (niat) jualan mobil EV atau dual power / hybrid itu harusnya ter edukasi mengenai harga batre. sales yoyota aja udah berapa taun jualan hybrid juga masih gak ngerti harga batre hybrid berapa. konsumen uda mulai kritis bener gak nih mobil irit jangan2 irit di awal terus nebusnya nanti se batrenya puluhan juta.
Ente mau liat harga batre ?


Nihhh batre

Image

Image

Enjoyyyy your hybriddd / EV / whatever :wkkk:
:drinking: :drinking: :drinking: :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 14 Jun 2022, 22:50

Ente mau liat harga batre ?


Nihhh batre

Image

Image

Enjoyyyy your hybriddd / EV / whatever :wkkk:
:drinking: :drinking: :drinking: :drinking:
saya rangkum aja om harga batre yang ud saya tau

ERTIGA hybrid = 15jt DISC jadi 12jt
CAMRY hyrbrid = 60jt versi beres nonresmi 30jt ganti batrenya aja tok pake case lama
KONA EV = 80jt per module isinya ada 5 per unit jadi kalo rontok semua total 400jt so far itu asumsi harga USD indo bisa lebih mahal :mky_04:
LEXUS ES300H = 80jt versi beres
PRIUS 1ST GEN = sekitar 30-40jt saya lupa :big_think:

ngajak miskin....... :ngacir:

mau ngehujat takut dibilang NOKIA :ngacir:

sama si mental gratisan

https://jalopnik.com/north-carolina-rep ... hTi6t1hgFw
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by osbertc0ol »

pengen nambahin dikit ajaa, batere LI-ION memang 3x lebih mahal dari Lead Acid (thn 2015). pengalaman dulu di china motor listriknya ada pilihan batere premium LI-ION, berat dan ukurannya cuman 20-30% nya kyknya, yang lead acid ampun beratnya.

Dan LI-ION jauh lebih awet.

but setuju sih dengan itung2an batere hybrid, rata2 kalo di itung memang kurang lebih bisa mirip2 aja sama biaya mesin konvensional.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 14 Jun 2022, 22:50
Enjoyyyy your hybriddd / EV / whatever :wkkk:
:drinking: :drinking: :drinking: :drinking:
b0ku wrote: 15 Jun 2022, 07:41
ERTIGA hybrid = 15jt DISC jadi 12jt
CAMRY hyrbrid = 60jt versi beres nonresmi 30jt ganti batrenya aja tok pake case lama
KONA EV = 80jt per module isinya ada 5 per unit jadi kalo rontok semua total 400jt so far itu asumsi harga USD indo bisa lebih mahal :mky_04:
LEXUS ES300H = 80jt versi beres
PRIUS 1ST GEN = sekitar 30-40jt saya lupa :big_think:

ngajak miskin....... :ngacir:

mau ngehujat takut dibilang NOKIA :ngacir:

sama si mental gratisan

https://jalopnik.com/north-carolina-rep ... hTi6t1hgFw
mobil keluaran 2014 ganti batre 80juta. artinya kalau dibagi pemakaian extra 10juta per tahun. dulu camry lebih parah dong 12jt per tahun.

ES300h harga baru kepala 8 kan? camry hybrid 700jt batre 60jt. harga batrenya kurang lebih 10% harga mobil berarti wkwkwkwkkwkw.

meanwhile petrol turbo 1.5 liter biasa setaun blom tentu keluar 5juta juga buat regular maintenance :mky_03: bensin katakan 50% lebih boros tapi ngga ada ritual ganti batre di taun ke delapan.

serba salah, hybrid keseringan charging jadi batre gak awet, EV mungkin kalo jarang2 charging batre awet tapi luar kota agak was-was :big_bored:

best of both worlds, ya gasoline turbo atau diesel turbo. :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by b0ku »

ChZ wrote: 15 Jun 2022, 10:00
mobil keluaran 2014 ganti batre 80juta. artinya kalau dibagi pemakaian extra 10juta per tahun. dulu camry lebih parah dong 12jt per tahun.

ES300h harga baru kepala 8 kan? camry hybrid 700jt batre 60jt. harga batrenya kurang lebih 10% harga mobil berarti wkwkwkwkkwkw.

meanwhile petrol turbo 1.5 liter biasa setaun blom tentu keluar 5juta juga buat regular maintenance :mky_03: bensin katakan 50% lebih boros tapi ngga ada ritual ganti batre di taun ke delapan.

serba salah, hybrid keseringan charging jadi batre gak awet, EV mungkin kalo jarang2 charging batre awet tapi luar kota agak was-was :big_bored:

best of both worlds, ya gasoline turbo atau diesel turbo. :upss:
dulu sih banyak di instagram yang banggain FC camry hybrid :mky_03:

pengen tau mukanya pas tagihan batre keluar :wkkk:
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 11 Jan 2016, 12:09

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by mastom »

Iya dr kmrn nyari di yutub yg bahas FC kok ga ada ya, penasaran ama FC & akselerasinya..


Akselarsi ini yg menarik; dari yutub2 yg dah ngetes...klo ga salah yah;
BRV ; 11.7
XL7/ertiga : 12.6
Xpander : 13.x
avanza; mirip2 12-13

ertiga hybrid; 11.7
artinya mirip dg BRV yg power lbh gede di 122 vs 103,

sy pernah miara macem2 mobil rakyat jelata dari BRV, livina, avanza, mobilio,: BRV itu dah best banget untuk urusan akselrasi, lincah dan enak bt nyalip2
ertiga hybrid klo betul sama dg BRV, jd menarik

klo urusan irit2an, yg non hybrid aja dah irit......brv saya dl 1:10-11, kaki bejek
dapet 1:15 aja dah keren, aplg klo dalam kota 1:18, mantep bgt tuh...
batere rusak, 5 thn an aja, kebayar dg akselrasinya, toh mobil murah, 15 jt batere mah msh kebayang, ...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by b0ku »

mastom wrote: 15 Jun 2022, 10:58 Iya dr kmrn nyari di yutub yg bahas FC kok ga ada ya, penasaran ama FC & akselerasinya..


Akselarsi ini yg menarik; dari yutub2 yg dah ngetes...klo ga salah yah;
BRV ; 11.7
XL7/ertiga : 12.6
Xpander : 13.x
avanza; mirip2 12-13

ertiga hybrid; 11.7
artinya mirip dg BRV yg power lbh gede di 122 vs 103,

sy pernah miara macem2 mobil rakyat jelata dari BRV, livina, avanza, mobilio,: BRV itu dah best banget untuk urusan akselrasi, lincah dan enak bt nyalip2
ertiga hybrid klo betul sama dg BRV, jd menarik

klo urusan irit2an, yg non hybrid aja dah irit......brv saya dl 1:10-11, kaki bejek
dapet 1:15 aja dah keren, aplg klo dalam kota 1:18, mantep bgt tuh...
batere rusak, 5 thn an aja, kebayar dg akselrasinya, toh mobil murah, 15 jt batere mah msh kebayang, ...
mending test drive dulu mau dia cepetnya sama tapi beda kualitas chasis dan suspensi ditambah bobot batre itu juga ganggu kemampuan dia buat manuver, salah satu alesan NSX baru flop karena dia terlalu berat di banding nsx lama malahan di bantai di jalanan gunung sama old nsx yang tenaganya aja cuma separo power dia :big_bored:
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 01 May 2012, 10:55

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by j4niS »

mastom wrote: 15 Jun 2022, 10:58 Iya dr kmrn nyari di yutub yg bahas FC kok ga ada ya, penasaran ama FC & akselerasinya..


Akselarsi ini yg menarik; dari yutub2 yg dah ngetes...klo ga salah yah;
BRV ; 11.7
XL7/ertiga : 12.6
Xpander : 13.x
avanza; mirip2 12-13

ertiga hybrid; 11.7
artinya mirip dg BRV yg power lbh gede di 122 vs 103,

sy pernah miara macem2 mobil rakyat jelata dari BRV, livina, avanza, mobilio,: BRV itu dah best banget untuk urusan akselrasi, lincah dan enak bt nyalip2
ertiga hybrid klo betul sama dg BRV, jd menarik

klo urusan irit2an, yg non hybrid aja dah irit......brv saya dl 1:10-11, kaki bejek
dapet 1:15 aja dah keren, aplg klo dalam kota 1:18, mantep bgt tuh...
batere rusak, 5 thn an aja, kebayar dg akselrasinya, toh mobil murah, 15 jt batere mah msh kebayang, ...
yes ini juga menarik...di jaman lmpv smua udah "dibiasakan*" performance = gak perlu bahas.

*influencer

cuma selain itu :
- durability tu engine k15b start stop gimana ya ? assume buat long term (eg: pake sampe diatas 10 tahun)

tentu slain hidden cost
1. (resiko) altenator lebih cepet koit, walau heavy duty (dengan kekejaman traffic jakarta) ??? thn ~ 13jt an
2. (resio) aki start stop yg pasti mesti ganti range 2-3 thn ~ 3,x jt an
3. (resiko) li ion 5 thn teoritis ~ 15jt
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by sandal »

Walaupun ertiga hybrid udah launching tetep prefer new ertiga GL non hybrid :big_weee: (malah tipe yg paling sering sy lihat akhir2 ini)
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax
Contact:

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by leogalih »

kalau cuma di angka 1:18 XL7 saya juga bisa (luar kota di tol pakai pertamax)..
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by AbdulHakim »

leogalih wrote: 19 Jun 2022, 16:59 kalau cuma di angka 1:18 XL7 saya juga bisa (luar kota di tol pakai pertamax)..
hehe.. please have mercy on ANE hybrid ini om, kesian kena bully mulu
kalo Ind*Mobil ngambek, ntar ga dijual lagi lho, jualan carry doang aja yg jelas-jelas tanpa promo udah auto-cuan :big_biglaugh:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by trebla88 »

leogalih wrote: 19 Jun 2022, 16:59 kalau cuma di angka 1:18 XL7 saya juga bisa (luar kota di tol pakai pertamax)..
Yaris saya 1:22-23.6 jkt-tangerang :big_biglaugh:

Temen pake corolla cross 1:25

Cuma bedanya saya sesuai speed limit 80-100 dan alus injek rem,dan kalau bejek2 bisa drop cepet ke 1:17-18
Kalau hybrid itu bejek2 effortles tetep bisa 1:25

Ni "hybrid" ertiga gimmick ah makanya pada ga berani kan influencer bandingin konsumsi
Masa hybrid tapi ga dipromosiin iritnya :big_weee:
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: 25 Jan 2017, 23:43

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by Mz175 »

j4niS wrote: 15 Jun 2022, 17:11
mastom wrote: 15 Jun 2022, 10:58 Iya dr kmrn nyari di yutub yg bahas FC kok ga ada ya, penasaran ama FC & akselerasinya..


Akselarsi ini yg menarik; dari yutub2 yg dah ngetes...klo ga salah yah;
BRV ; 11.7
XL7/ertiga : 12.6
Xpander : 13.x
avanza; mirip2 12-13

ertiga hybrid; 11.7
artinya mirip dg BRV yg power lbh gede di 122 vs 103,

sy pernah miara macem2 mobil rakyat jelata dari BRV, livina, avanza, mobilio,: BRV itu dah best banget untuk urusan akselrasi, lincah dan enak bt nyalip2
ertiga hybrid klo betul sama dg BRV, jd menarik

klo urusan irit2an, yg non hybrid aja dah irit......brv saya dl 1:10-11, kaki bejek
dapet 1:15 aja dah keren, aplg klo dalam kota 1:18, mantep bgt tuh...
batere rusak, 5 thn an aja, kebayar dg akselrasinya, toh mobil murah, 15 jt batere mah msh kebayang, ...
yes ini juga menarik...di jaman lmpv smua udah "dibiasakan*" performance = gak perlu bahas.

*influencer

cuma selain itu :
- durability tu engine k15b start stop gimana ya ? assume buat long term (eg: pake sampe diatas 10 tahun)

tentu slain hidden cost
1. (resiko) altenator lebih cepet koit, walau heavy duty (dengan kekejaman traffic jakarta) ??? thn ~ 13jt an
2. (resio) aki start stop yg pasti mesti ganti range 2-3 thn ~ 3,x jt an
3. (resiko) li ion 5 thn teoritis ~ 15jt
Saya punya mazda skyactiv aja fitur i-stop selalu saya matiin. Fitur nggak berguna :big_weee:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by McLaren »

leogalih wrote: 19 Jun 2022, 16:59 kalau cuma di angka 1:18 XL7 saya juga bisa (luar kota di tol pakai pertamax)..
Klo pake pertalite dapat berapa om..
Heheh
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by yaseinotulip »

Wah ini sih harusnya cuma start stop ya.. gt emblem nya hybrid wkwk
Ngerusak nama hybrid aja :big_slap:
ini mesti pake Batere ya? Bknnya Mazda dl ada start stop juga? Klo batere soak ga diganti cm start stop nya ga jalan atau ga bs di starter nanti nya ? Atau bakal makan aki nya terus dan bikin tekor?

Btw Hybrid plg bener Toyota lah dah teruji lama, dan perpindahan ev ke ice nya ga berasa sama sekali..
Yang protes batere mahal ya namanya jg teknologi ada tambahan nya udah resiko lah.. lagian ini teknologi yg bikin hemat biaya bensin..
Lagian ya ganti Handphone top of the line setaun sekali atau 2 th sekali bisa masa ganti batere Mobil hybrid ga bs ?

Klo bagi gw, bagus lah klo automaker pada masukin teknologi.. tar dikasi old school car, Tech nya itu2 aja jg protes haha
Bener nya kaya Honda gt gw malah kecewa HRV yg dimasukin bkn e:Hev, karena japan, europe, bahkan Thai aja dpt e:hev..
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by Salvanost »

li-on itu.... life cycle cuma 500-800an mentok2 1000

bayangin aja ya, kapasitas batrenya kecil...
itu jaminan bakalan cepat habis batrenya dan langsung diisi lagi dalam waktu yang sangat cepat

jadi SANGAT BEDA JAUH sama yang murni EV, 1 batre 1 minggu bisa isi 1-2x doank kalau ekspetasi life cycle 1000 ya 1000/2 = 500 minggu = kurang lebih 10 tahun

makanya kaya Nissan E-kick aja saya ngeri... bagus tapi ngeri, kecuali emang ada system didesain buat memperpanjang umur batrenya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by ChZ »

Salvanost wrote: 20 Jun 2022, 09:09 li-on itu.... life cycle cuma 500-800an mentok2 1000

bayangin aja ya, kapasitas batrenya kecil...
itu jaminan bakalan cepat habis batrenya dan langsung diisi lagi dalam waktu yang sangat cepat

jadi SANGAT BEDA JAUH sama yang murni EV, 1 batre 1 minggu bisa isi 1-2x doank kalau ekspetasi life cycle 1000 ya 1000/2 = 500 minggu = kurang lebih 10 tahun

makanya kaya Nissan E-kick aja saya ngeri... bagus tapi ngeri, kecuali emang ada system didesain buat memperpanjang umur batrenya
masalahnya kicks itu .... begitu batere udah abis ya udah deh tamat riwayat. padahal doi punya mesin bensin. generatornya jadi sia-sia kalo batrenya rusak. ya gak salah emang pure EV kalo rusak juga kayak pure EV : mogok total. wkwkwkkwkw.

beda ama toyota hybrid itu bensin masih bisa dipake jalan.

analoginya kyk kite punya henpon disambung ke portable charger yang otomatis charging begitu kita pake buat nge-game yg bikin batre panas dan cepet turun. siklus batrenya jadi cepet banget muter.

masalahnya batre henpon paling cuma ratusan rebu, batre mobil setara harga skutik baru :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax
Contact:

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by leogalih »

McLaren wrote: 19 Jun 2022, 23:48
leogalih wrote: 19 Jun 2022, 16:59 kalau cuma di angka 1:18 XL7 saya juga bisa (luar kota di tol pakai pertamax)..
Klo pake pertalite dapat berapa om..
Heheh
semenjak pertamax naik ke 12.500, terpaksa hijrah ke pertalite demi keberlangsungan hidup..
toh kalau jadi ga enak mobilnya gara-gara make bensin pertalite tinggal gurah, 3-4 tahun lagi, itu pun kalau ga keburu kejual mobilnya...

sejak pindah ke pertalite benar-benar berasa jadi boros.. hasil MID dalam kota selama pertamax dari baru selalu di angka 1:14an.. sekarang ga pernah lebih dari 1:12.. kalau dulu pertamax beli bensin 100rb bisa kepake 2 hari .. sekarang 100rb pertalite cuma tahan 1,5 hari aja.

pun juga begitu ketika dipakai mudik.
pertamax tol trans jawa sekitar 1:17-18an, pernah bawa ngebut ruas tol sragen-nganjuk lari konstan 170kpj FC manteng di 1:7,5.. lalu pas keluar tol nganjuk rute jalan propinsi sampe tulungagung langsung normal lagi ke 1:17..
Mudik ke Ibukota rute ponorogo-wonogiri-jogja-banyumas-nagrek-bandung-jakarta, rute perbukitan dan ada macet di tasik gara-gara truk adu banteng di tanjakan juga akhirnya dapat 1:17..

nah sejak pakai pertalite kemarin mudik full tol jalan max 100 cuma bisa dapat 1:14-15 :big_cry:
itu pun sangat terasa ngedennya, kick down terasa ngelag..
walaupun ga sampe ngelitik ya..
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by lemonadelovers »

batrenya 12v klo kemahalan bsa beli aki deep-cycle aja (biasa dipake d mobil golf) 2-3jt ampere lbh besar :big_smoking:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by 3mul »

b0ku wrote: 14 Jun 2022, 12:41
masalahnya EV 800jt juga top speed cuma 180kmh muatan cuma 5 orang :big_bored: beli HRV bisa 220kmh akhirnya mikir lagi 800jt ioniq 5 atau beli BMW atau golf gti bisa 200kmh ++ di remap bisa 5 sec car juga :big_bored: ujung2xnya akhirnya mendingan beli LCGC aja :wkkk:

ngomong sih gak bakalan lari 180kmh juga cuma tetep aja kalo dah mau beli bisa mikir keras karena rugi bandar :mky_04:

ujung2xnya beli duo gajah diesel bisa 7 orang + remap :wkkk:
Itu sih pola pikirnya kaum mendang mending :big_peace:
Beli mobil itu kan pilihan, gitu jg dgn jenis mesinnya, diesel, bensin atau ev. Pilih yg kita suka atau sesuai kebutuhan.
Kalo dah jatuhkan pilihan, nikmatin aja
Syukur2 kalo duitnya ga berseri, bisa beli semuanya :big_peace: :big_peace:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by McLaren »

leogalih wrote: 20 Jun 2022, 09:57
McLaren wrote: 19 Jun 2022, 23:48
leogalih wrote: 19 Jun 2022, 16:59 kalau cuma di angka 1:18 XL7 saya juga bisa (luar kota di tol pakai pertamax)..
Klo pake pertalite dapat berapa om..
Heheh
semenjak pertamax naik ke 12.500, terpaksa hijrah ke pertalite demi keberlangsungan hidup..
toh kalau jadi ga enak mobilnya gara-gara make bensin pertalite tinggal gurah, 3-4 tahun lagi, itu pun kalau ga keburu kejual mobilnya...

sejak pindah ke pertalite benar-benar berasa jadi boros.. hasil MID dalam kota selama pertamax dari baru selalu di angka 1:14an.. sekarang ga pernah lebih dari 1:12.. kalau dulu pertamax beli bensin 100rb bisa kepake 2 hari .. sekarang 100rb pertalite cuma tahan 1,5 hari aja.

pun juga begitu ketika dipakai mudik.
pertamax tol trans jawa sekitar 1:17-18an, pernah bawa ngebut ruas tol sragen-nganjuk lari konstan 170kpj FC manteng di 1:7,5.. lalu pas keluar tol nganjuk rute jalan propinsi sampe tulungagung langsung normal lagi ke 1:17..
Mudik ke Ibukota rute ponorogo-wonogiri-jogja-banyumas-nagrek-bandung-jakarta, rute perbukitan dan ada macet di tasik gara-gara truk adu banteng di tanjakan juga akhirnya dapat 1:17..

nah sejak pakai pertalite kemarin mudik full tol jalan max 100 cuma bisa dapat 1:14-15 :big_cry:
itu pun sangat terasa ngedennya, kick down terasa ngelag..
walaupun ga sampe ngelitik ya..
Masih oke lah segitu om…
Pertalite pula kn 😁
Lebih irit dr avanza baru
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post