ini setu bekasi Om?
jauh banget
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Pengen sih kerja sesuai daerah asal, tapi daerah saya kalo mau cari kerja pilihannya antara PNS, wirausaha/tani atau swasta tapi kenal sama orang dalem, akhirnya lari ke ibu kota juga buat cari kerja berhubung gaada kenalan orang dalemnyaOr4cle wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 3:10Saatnya kerja diatur berdasarkan sistem Zonasi, seperti sekolahSyauqi wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 2:55Yang saya perhatikan juga begitu. Untuk transport sehari-hari ke tempat kerja, kalo kita cari kombinasi antara murah, nyaman & cepat terkadang angkutan kota bukan pilihan yang terbaik.fl4b1e wrote: ↑Thu Jun 16, 2022 16:10 Nimbrung deh..
Kebetulan saya gonta-ganti moda transportasi. Cipedak-setiabudi sekitar 22km sekali jalan atau 44km pp. data pasca ppkm level 1
1, mobil BBM: 50ribu (pertabo 14,500x3.5 literan) + parkir 44 ribu.+ tol 15 ribu total 109 ribu.(pas genap bawa mobil saya krn nomor genap)
2. motor BBM 15ribu (1l liter lebih pertamax turbo) + parkir 24 ribu . total 39 ribu (ganjil bawa motor)
3 taksi idr 120 ribu sekali jalan + tol 15 ribu = 255 ribu pp, susahnya adalah suka ga dapet taksi atau gocar
4. mrt, PP 28 ribu + gojek 35 ribu dari Lebak bulus ke cipedak total 98 ribu.. parahnya banyak waktu ga dapet gojek pas pagi atau pas pulang. pernah nunggu 1 jam di stasiun ga dapet gojek pulang ke rumah..
5 kombinasi motor mrt: mrt 28 ribu + BBM 7500 (jarak pp rumah Lebak bulus sekitar 10 km, pertabo butuh setengah liter pp), parkir motor 20 ribu. Total 55 ribu..
Alhasil, pas genap jelas lebih murah naik mobil drpd naik taksi atau gocar. ps mau naik motor, mending dibawa ke kantor sekalian drpd naik mrt.
parkiran mrt kejemur tuh motor, parkir kantor teduh.. sayang cat..
Mau naik mrt dan gojek, selain selisihnya dikit sama bawa mobil, ya ga reliable pas naik gojek.. suka nunggu lama..
kadang ga selalu transportasi umum lebih murah,
Oh, knp ga naik trans Jakarta atau angkot, jawabnya karena saya masih sayang keluarga.. kalau naik angkot waktu tempuh jadi lebih melar lagi waktu tempuhnya
Makanya ga heran banyak yg naik kendaraan pribadi di jakarta..
Apalagi buat yang harus oper moda transportasi (misal gojek - busway - mrt), itu biaya & waktunya lumayan juga lho..
Kalau di kantor ada fasilitas parkir gratis / tunjangan transport, kombinasi terbaik antara cepat-irit-nyaman menurut saya adalah naik kendaraan sendiri, terutama motor. Apalagi kalo beli motor seken yang masih seger, biaya (depresiasi + perawatan + bensin + pajak) selama setahun mungkin jatuhnya ga jauh beda kalo kita oper2an naik transportasi umum
IMHO kenapa di jakarta banyak yang naik kendaraan pribadi ya karena penduduknya aja udah berapa juta.. pengguna transportasi umum udah membeludak, itu busway & krl kalo rush hour orang didalem udah kaya sarden.. berdiri doang aja susah.. walaupun transportasi umum sudah sepenuh itu eh jalanan tetep aja macet.. ga heran jakarta bisa sepadat ini, orang mayoritas freshgrad kalo berkarir ya larinya ke jakarta.. termasuk saya
Iya om, indahnya saat ppkm awal dahulu tapi macet yg semakin menjadi skrg. Alhamdulillah dapat kerja lain yg kondisinya lebih manusiawisatriakarisma wrote: ↑Mon Jun 20, 2022 4:54ini setu bekasi Om?
jauh banget
kalo reimburse gaboleh dex ya om? wkwkwkwadibonny wrote:Ijin ikutan sharing juga ya.
Rumah: Daerah BSD (Bandara Sonoan Dikit) alias pinggiran Jakarta dan Tangerang.
Kantor : Bitung Tangerang.
Jarak PP: 32 KM X 2 = 64 KM
Hari Kerja: 20 hari
Biosolar: 4 kali fulltank x Rp. 230.000 = Rp. 920.000 / bulan
Additif solar: HSS EDT = Rp. 515.000 / 16 oz = Rp. 32.000 x 4 kali fulltank = Rp. 128.000 / bulan
Toll : Benda - Kunciran - Bitung = Rp. 25.500 + Rp. 8000 = Rp 33.500 x 2 = Rp. 67.000/hari = Rp. 1.340.000/ bulan
Parkir: gratis karena tersedia di kantor
Total = Rp. 2.260.000
BBM dan Tol bisa direimburse ke kantor. Jadi pengeluaran cuma beli additif solar aja.
Soalnya dikasih pakai mobil kantor juga om buat aktivitas saya sehari2. Dari jaman masih pakai innova diesel gen 1 2006 sampai ganti ke venturer minumnya biosolar terus.ctopher7 wrote: ↑Tue Jun 21, 2022 1:30kalo reimburse gaboleh dex ya om? wkwkwkwadibonny wrote:Ijin ikutan sharing juga ya.
Rumah: Daerah BSD (Bandara Sonoan Dikit) alias pinggiran Jakarta dan Tangerang.
Kantor : Bitung Tangerang.
Jarak PP: 32 KM X 2 = 64 KM
Hari Kerja: 20 hari
Biosolar: 4 kali fulltank x Rp. 230.000 = Rp. 920.000 / bulan
Additif solar: HSS EDT = Rp. 515.000 / 16 oz = Rp. 32.000 x 4 kali fulltank = Rp. 128.000 / bulan
Toll : Benda - Kunciran - Bitung = Rp. 25.500 + Rp. 8000 = Rp 33.500 x 2 = Rp. 67.000/hari = Rp. 1.340.000/ bulan
Parkir: gratis karena tersedia di kantor
Total = Rp. 2.260.000
BBM dan Tol bisa direimburse ke kantor. Jadi pengeluaran cuma beli additif solar aja.
Nah, masalah transportasi ini kalo mau dibreakdown solusinya sih bisa beda-beda yah tergantung dari sudut pandang siapa kita ngeliat..fl4b1e wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 23:21
Yup bener Om. Setuju!
Ini aja sudah beeangkat jam 6 pulang smpai eumah jam 8 malaman..
Kadang harus bersyukur dunia pernah pandemi COVID. Membantu kewarasan pekerja di ibukota. apalagi kantor yang memberlakukan WFH. kayak saya sih 3 WFO, 2 WFH dalam seminggu sudah terbantu sekali.
Jadi kadang yg harus diperhatikan bukam cuma ongkos perjalanan, atau kenyamanan, tapi biaya termahal yg dibayar adalah waktu dalam perjalanan. Karena waktu perjalanan mengurangi waktu bersama keluarga.
Yup, MRT does help. tapi kalau geser ke moda lain itu belum tentu cepet. For instance: setiabudi- fatmawati memang 30 menit sampai. Tapi pas nyaei hojek, gocaar atau taksi, atau kendaraan umum, bisa jadi 1 jam travel and waiting time. Maka banyak colleague yg punya sopir atau pasangan yg menunggu di stasium mrt atay , tuk mengurangi waiting time perpindahan ke moda lain.
Alternatif Pemkot, sama kayak Malysia yg saya liat dah bener, disediakan fasilitas park and ride. Tapi kadang buat saya, kalau park and ridenya bermandi debu dan matahari, dengan total biaya yg relatif ga jauh biayanya sama bawa ke kantor yg parkirannya ketutup, dan selisih travel time yg ga beda jauh, jadinya mending bawa kanyor sekalian. Sayang cat euy...
Diluat itu, baru kepikiran ini setelah liat thread mobil listrik di thread sebelah, kalau beneran ada kendaraan listrik yg plat biru bebas ganjil genap nanti yg harganya bersaing dengan LMPV atau mudah2an LCGV, mungkin yg harus dipertimbangkan bukan cuma harga batere atau ongkos charge listrik.
Tapi juga penurunan opportunity cost dengan tidak harus punya 2 mobil ganjil genap, penurunan biaya pemeliharaan gak harus punya 2 mobil, misalkan dibanding niatan punya 2 mobil Internal Combustion Engine tuk ganjil dan genap yang bakal bisa jadi cukup 1 mobil listrik saja..
Namun, kalau liat ke perilaku mayoritas orang Indonesia khususnya di ibukota, perkotaan khususnya wqrga lekerja menengah, dalam 1 keluataga bakalan shift ke 1 LMPV/LSUV tuk mobil mudik atau jalan keluar kota sekalian tuk dibawa wira wiri antar anak sekolah (yg tadinya mobil hatchback, atau lcgc, atamobil kayak Raize, Rocky) dan 1 mobil listrik tuk commute sehari2 menerobos hanjil genap.. hahahaha... let see..
just my 2 cents.
di pabrik biasanya dapat makan siang… menang banyak donkkrniawnhdr wrote: ↑Thu Jun 23, 2022 8:17 Ikut share cost transport ke tempat kerja dari seorang kuli pabrik di sebuah kota Industri di Banten.
Bensin: 0
Tol: 0
Parkir: 0
Soalnya berangkatnya dijemput shuttle dari depan rumah dan pulangnya diantar sampai depan rumah juga.
*kabuurrr
Iya om betul, senilai 35rb makan siangnyaDogies wrote: ↑Thu Jun 23, 2022 8:26di pabrik biasanya dapat makan siang… menang banyak donkkrniawnhdr wrote: ↑Thu Jun 23, 2022 8:17 Ikut share cost transport ke tempat kerja dari seorang kuli pabrik di sebuah kota Industri di Banten.
Bensin: 0
Tol: 0
Parkir: 0
Soalnya berangkatnya dijemput shuttle dari depan rumah dan pulangnya diantar sampai depan rumah juga.
*kabuurrr
Siap Om, tks infonyaromi10 wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 4:33Kalo nnt pengen cari suasana baru sewa apartmen saya aja om harganya juga segitu full furnish daerah cawangIriawans wrote: ↑Wed Jun 15, 2022 10:03 mau nimbrung sharing pas tinggal di Bogor kerja di Jakarta PP Senin-Sabtu atau 25 hari/bln (sebelum thn 2020)
parkir : gratis
Tol : 17.500 x 2 x 25 = 875.000
bensin: 10l x 9.000 x 25 = 2.250.000
Driver : incl lembur +/- 4.000.000
Total: 7.125.000
akhirnya putusin pindah ke Jkt, uang sopir buat sewa apartemen; seminggu sekali pulang, cost transport lgs turun drastis krn dianter jemput mobil Ktr. Badan lebih segar pula karena tidur cukup
Naik angkutan umum malah lebih cape kalo aneblybly2 wrote: ↑Tue Jun 21, 2022 7:41 izin ikut sharing
tinggal di kemprat bekasi, jarak rumah-kantor tanabang 33km
tanggal ganjil naik mobil, tanggal genap naik bis komplek+TJ atau KRL gimana mood.
kalo lg naik mobil
bensin: dpt 1:11 di MID w204 anggap aja akurat, total bensin 1 hari +- 6 liter x 12500 = 75b
tol PP: (dalkot 10500 + bekasi barat 7000)x 2 = 35rb
parkir kantor gratis
naik bis
bis komplek: 20000x2 = 40rb
TJ: 3500x2 = 7rb
parkir motor di ruko komplek : 5rb/hari
naik krl
krl : 3500x2 = 7rb
parkir stasiun : 5rb
kalo full naik krl seger bgt dompet sehari cuma keluar 12rb ,tp kadang lelah di dempet2nya aja
Jaraknya hampir sama nih
sebenernya kalo naik bus kemprat lsg sampe kantor sih enak, tinggal tidur aja ituJambangan wrote: ↑Sun Jun 26, 2022 12:22Naik angkutan umum malah lebih cape kalo aneblybly2 wrote: ↑Tue Jun 21, 2022 7:41 izin ikut sharing
tinggal di kemprat bekasi, jarak rumah-kantor tanabang 33km
tanggal ganjil naik mobil, tanggal genap naik bis komplek+TJ atau KRL gimana mood.
kalo lg naik mobil
bensin: dpt 1:11 di MID w204 anggap aja akurat, total bensin 1 hari +- 6 liter x 12500 = 75b
tol PP: (dalkot 10500 + bekasi barat 7000)x 2 = 35rb
parkir kantor gratis
naik bis
bis komplek: 20000x2 = 40rb
TJ: 3500x2 = 7rb
parkir motor di ruko komplek : 5rb/hari
naik krl
krl : 3500x2 = 7rb
parkir stasiun : 5rb
kalo full naik krl seger bgt dompet sehari cuma keluar 12rb ,tp kadang lelah di dempet2nya aja
Nunggunya dan dempet2an di bus/kereta
Mendingan naik motor kalo ngindarin ganjil genap kalo ane sih
Kebetulan sama2 di kemprat juga
Kantor di semanggi
Kalo tanggal genap naik mobil kalo tanggal ganjil naik motor
Tapi kebetulan sekarang udah ada mobil ganjil jadi full naik mobil sekarang
iya sih omblybly2 wrote: ↑Fri Jul 01, 2022 3:42sebenernya kalo naik bus kemprat lsg sampe kantor sih enak, tinggal tidur aja ituJambangan wrote: ↑Sun Jun 26, 2022 12:22Naik angkutan umum malah lebih cape kalo aneblybly2 wrote: ↑Tue Jun 21, 2022 7:41 izin ikut sharing
tinggal di kemprat bekasi, jarak rumah-kantor tanabang 33km
tanggal ganjil naik mobil, tanggal genap naik bis komplek+TJ atau KRL gimana mood.
kalo lg naik mobil
bensin: dpt 1:11 di MID w204 anggap aja akurat, total bensin 1 hari +- 6 liter x 12500 = 75b
tol PP: (dalkot 10500 + bekasi barat 7000)x 2 = 35rb
parkir kantor gratis
naik bis
bis komplek: 20000x2 = 40rb
TJ: 3500x2 = 7rb
parkir motor di ruko komplek : 5rb/hari
naik krl
krl : 3500x2 = 7rb
parkir stasiun : 5rb
kalo full naik krl seger bgt dompet sehari cuma keluar 12rb ,tp kadang lelah di dempet2nya aja
Nunggunya dan dempet2an di bus/kereta
Mendingan naik motor kalo ngindarin ganjil genap kalo ane sih
Kebetulan sama2 di kemprat juga
Kantor di semanggi
Kalo tanggal genap naik mobil kalo tanggal ganjil naik motor
Tapi kebetulan sekarang udah ada mobil ganjil jadi full naik mobil sekarang
kalo naik kereta emg ada perjuangan lebihnya sih...high effort high gain
udah nyoba ke kantor PP pake motor via xmalang-gatsu ...pulang2 badan pegel semua, motor ane honda beat dipake PP 66km + macet sih agak ga pas kayaknya
sekarang masih wfh om?alexdonovan wrote: ↑Fri Jul 08, 2022 21:43 Asumsi kerja di JKT full WFO.... Lenteng Agung - Simatupang PP sehari < 10 km --> 1 liter Pertalite. Parkir gratis, ga pake toll.
Sebulan +/- 150 ribu aja
Selama pandemi saya belum pernah merasakan WFH. Malah adanya kerja lembur waktu libur