Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: 23 Jun 2022, 17:08
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FB
Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: 02 Jul 2020, 10:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Supaya ban habisnya rata maka pada saat kilometer 15 rb -20 rb sekali harus di rotasi. Kalau ban belakang beli yg biasa, otomatis nanti pada saat rotasi akan jd ban depan.bristol406 wrote: ↑23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Ban belakang walaupun pasif juga sebagai penyeimbang ban depan. Kalau depan bagus belakang biasa ya pas cornering ekornya gak bisa ngimbangin nanti. Ban biasa saya asumsikan ban simetris ya.. Ban simetris itu rata2 memang senyap dan ekonomis awet tapi kemampuan belah air di jalan basah & gripnya ke jalan ga begitu bagus.bristol406 wrote: ↑23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Mending ganti dengan ban yg sama ke4 bannya. Pilih ban simetris, asimetris atau directional seragam semua bannya. Jangan belang, misal 2 depan asimetris 2 belakang directional.. Performa, nyaman & senyapnya gak akan maksimal.
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
bristol406 wrote: ↑23 Jun 2022, 19:32
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
berarti, merk dan/atau tipe ban depan dengan belakang berbeda?
kalau anda awam, saran saya jangan mau dibikin pusing mikirin ban depan belakang, diseragamkan saja keempatnya beli yang ukurannya sesuai dengan standar mobil.
lebih baik mikir hal lain yang lebih penting.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: 06 Dec 2016, 03:50
- Location: Makassar
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
+1 sama om wicaksono. Mau FWD ato RWD, sebaiknya ganti ban yang sama depan belakang. Kalo dana kepepet sih bisa aja ganti 2 dulu, ntar baru yg belakang (u. FWD), tapi tetap pake jenis yg sama. Ane barusan kayak gini, eh malah ban terlanjur kepake gak di jual di toko di kota ane. Terpaksa buat ganti 2 nya lagi harus pesen onlen dr Jkt.
Yang penggerak AWD malah harus ganti 4 sisi ban di waktu yg sama, gak bisa 2 dulu. Kalo gak langsung 4 diganti, sistem AWD yg bakal cepet rusak krn mendeteksi & mengkompensasi traksi yg gak imbang antara ban lama dgn ban baru sepanjang waktu, jadinya cepet rusak
Yang penggerak AWD malah harus ganti 4 sisi ban di waktu yg sama, gak bisa 2 dulu. Kalo gak langsung 4 diganti, sistem AWD yg bakal cepet rusak krn mendeteksi & mengkompensasi traksi yg gak imbang antara ban lama dgn ban baru sepanjang waktu, jadinya cepet rusak
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Numpang sharing sikit pengalaman nubie soal ganti2 ban sepasang beda kualitet jauh dpan blakang
Dl perna konfigurasi blakang rada grippy (yokohama c drive 2) depan ampas (dunlop sp 300 bawaan lipindut) yg ud agak tipis dan grepes.. lari d tol pas ujan2 iseng hajar genangan ga pake ngerem tau2 bagian depan mobil mendadak ngebuang ampe sikit lg hajar beton, cuman waktu itu berasa mobil masi lebi bsa d kontrol
Skali lg d mobil yg berbeda, kali ini ban depan grippy (toyo nano energy 3 bawaan masda cbu), blakang ban merk kapsen (sila gugel buatan mana), kjadian highway bukan di indo, cuaca lg ujan deres pake banget, kontur agak menikung kaya di exit tol alsut cuman ini lebi gede lg, kec cuman 60 kph tau2 mendadak berasa geter2 dan sepersekian detik mobil ud melintir nyaris 180 drajat, masi untung saat itu dikasi kesempatan utk idup krn mobil2 d blakang pd sempet ngindarin ampe ad yg naek ke gravel
Sjak saat itu kl ganti ban usahain sama merk dan kl ampe beda2 merk harus yg agak mendingan grip nya, atauu kl ampe ban eco2an, pas 50 % tread ud d ganti
Dl perna konfigurasi blakang rada grippy (yokohama c drive 2) depan ampas (dunlop sp 300 bawaan lipindut) yg ud agak tipis dan grepes.. lari d tol pas ujan2 iseng hajar genangan ga pake ngerem tau2 bagian depan mobil mendadak ngebuang ampe sikit lg hajar beton, cuman waktu itu berasa mobil masi lebi bsa d kontrol
Skali lg d mobil yg berbeda, kali ini ban depan grippy (toyo nano energy 3 bawaan masda cbu), blakang ban merk kapsen (sila gugel buatan mana), kjadian highway bukan di indo, cuaca lg ujan deres pake banget, kontur agak menikung kaya di exit tol alsut cuman ini lebi gede lg, kec cuman 60 kph tau2 mendadak berasa geter2 dan sepersekian detik mobil ud melintir nyaris 180 drajat, masi untung saat itu dikasi kesempatan utk idup krn mobil2 d blakang pd sempet ngindarin ampe ad yg naek ke gravel
Sjak saat itu kl ganti ban usahain sama merk dan kl ampe beda2 merk harus yg agak mendingan grip nya, atauu kl ampe ban eco2an, pas 50 % tread ud d ganti
numpang lewat aja....
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: 23 Jun 2022, 17:08
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FB
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
DOHC wrote: ↑23 Jun 2022, 22:43 Numpang sharing sikit pengalaman nubie soal ganti2 ban sepasang beda kualitet jauh dpan blakang
Dl perna konfigurasi blakang rada grippy (yokohama c drive 2) depan ampas (dunlop sp 300 bawaan lipindut) yg ud agak tipis dan grepes.. lari d tol pas ujan2 iseng hajar genangan ga pake ngerem tau2 bagian depan mobil mendadak ngebuang ampe sikit lg hajar beton, cuman waktu itu berasa mobil masi lebi bsa d kontrol
Skali lg d mobil yg berbeda, kali ini ban depan grippy (toyo nano energy 3 bawaan masda cbu), blakang ban merk kapsen (sila gugel buatan mana), kjadian highway bukan di indo, cuaca lg ujan deres pake banget, kontur agak menikung kaya di exit tol alsut cuman ini lebi gede lg, kec cuman 60 kph tau2 mendadak berasa geter2 dan sepersekian detik mobil ud melintir nyaris 180 drajat, masi untung saat itu dikasi kesempatan utk idup krn mobil2 d blakang pd sempet ngindarin ampe ad yg naek ke gravel
Sjak saat itu kl ganti ban usahain sama merk dan kl ampe beda2 merk harus yg agak mendingan grip nya, atauu kl ampe ban eco2an, pas 50 % tread ud d ganti
qushay20019 wrote: ↑23 Jun 2022, 22:26 +1 sama om wicaksono. Mau FWD ato RWD, sebaiknya ganti ban yang sama depan belakang. Kalo dana kepepet sih bisa aja ganti 2 dulu, ntar baru yg belakang (u. FWD), tapi tetap pake jenis yg sama. Ane barusan kayak gini, eh malah ban terlanjur kepake gak di jual di toko di kota ane. Terpaksa buat ganti 2 nya lagi harus pesen onlen dr Jkt.
Yang penggerak AWD malah harus ganti 4 sisi ban di waktu yg sama, gak bisa 2 dulu. Kalo gak langsung 4 diganti, sistem AWD yg bakal cepet rusak krn mendeteksi & mengkompensasi traksi yg gak imbang antara ban lama dgn ban baru sepanjang waktu, jadinya cepet rusak
marmut wrote: ↑23 Jun 2022, 22:24bristol406 wrote: ↑23 Jun 2022, 19:32
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
berarti, merk dan/atau tipe ban depan dengan belakang berbeda?
kalau anda awam, saran saya jangan mau dibikin pusing mikirin ban depan belakang, diseragamkan saja keempatnya beli yang ukurannya sesuai dengan standar mobil.
lebih baik mikir hal lain yang lebih penting.
Makasih om atas semua saran dan masukannya. Saya putuskan untuk ganti ke 4 ban dengan ban yang sama .wicaksono99 wrote: ↑23 Jun 2022, 21:13Ban belakang walaupun pasif juga sebagai penyeimbang ban depan. Kalau depan bagus belakang biasa ya pas cornering ekornya gak bisa ngimbangin nanti. Ban biasa saya asumsikan ban simetris ya.. Ban simetris itu rata2 memang senyap dan ekonomis awet tapi kemampuan belah air di jalan basah & gripnya ke jalan ga begitu bagus.
Mending ganti dengan ban yg sama ke4 bannya. Pilih ban simetris, asimetris atau directional seragam semua bannya. Jangan belang, misal 2 depan asimetris 2 belakang directional.. Performa, nyaman & senyapnya gak akan maksimal.
Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
Btw saya barusan buka kompasdotcom ketemu artikel ini, yang logikanya berbeda dari teman saya:
"Tetapi kalau yang tiga sudah tipis, ya kenapa juga tidak ganti minimal dua sekaligus yang baru, dan pemasangannya tetap yang baru ditaruh di belakang," ucap Zulpata.
Pemakaian ban baru di bagian belakang bukan tanpa alasan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi.
“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,”
On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
dengan asumsi safe driving (urban speed, 40-60 km/h), jika hanya ganti 2 ban, yang bagus pasang di belakang. ban yang belakang pasang ke depan.bristol406 wrote: ↑23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
krn roda depan kalau slip (rare occassion kalau gak sering nyetir kenceng), masih ada setir buat gerakin. sementara bagian belakang mobil fwd itu loose paling kalau slip cm bergantung sama tekanan rem.
rear wheel drive pun malah lebih krusial untuk pasang ban yang bagus di belakang dulu.
tp sebisa mungkin pasang 4-4nya sama persis sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: 23 Jan 2013, 17:18
- Location: Indonesia
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Kl menurut nubie sih baiknya 4 4 nya dipasang ban yang seragam meskipun ban nya yang mediocre sekalipun. Biar performa n ride qualitynya bisa maksimal.bristol406 wrote: ↑23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Ga lucu entar kalo misal depan masih ada grip, belakangnya malah ngebuang or depannya compound empuk tp blkgnya compound keras kaya batu
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: 24 Nov 2019, 13:23
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Bagusnya 4 sekaligus baru.
Klo terpaksa cuman beli 2, taruh di depan yg bagus.
Ban depan jelek, understeer dan kebuang di tikungan.
Makanya klo ada ban pecah, akan lebih fatal ban depan yg pecah drpd belakang.
Klo terpaksa cuman beli 2, taruh di depan yg bagus.
Ban depan jelek, understeer dan kebuang di tikungan.
Makanya klo ada ban pecah, akan lebih fatal ban depan yg pecah drpd belakang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1064
- Joined: 07 Dec 2016, 16:34
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Dulu pas kuliah,ganti ban 2 baru taro di depan aja
Biar ngerem lebih gigit daripada ban botak yg di depan
Biar ngerem lebih gigit daripada ban botak yg di depan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2507
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Buat Civic . Pake UHP tyres iz a mustbristol406 wrote: ↑24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
So the choice should be Adrenaline Re003
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Tanggung mbahKielConstantine wrote: ↑24 Jun 2022, 19:12Buat Civic . Pake UHP tyres iz a mustbristol406 wrote: ↑24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
So the choice should be Adrenaline Re003
Yokohama advan neova iz the best
numpang lewat aja....
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Oversteer vs understeer ini mah.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: 23 Jun 2022, 17:08
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FB
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
DOHC wrote: ↑24 Jun 2022, 21:46Tanggung mbahKielConstantine wrote: ↑24 Jun 2022, 19:12Buat Civic . Pake UHP tyres iz a mustbristol406 wrote: ↑24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
So the choice should be Adrenaline Re003
Yokohama advan neova iz the best
Siap om, siang ini rencana mau ganti 4 ban sekaligus saja. Dan karena antara T005a dan Re003 hanya selisih puluhan ribu saya pilih saja Re003KielConstantine wrote: ↑24 Jun 2022, 19:12Buat Civic . Pake UHP tyres iz a mustbristol406 wrote: ↑24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
So the choice should be Adrenaline Re003
ricz wrote: ↑24 Jun 2022, 10:29Kl menurut nubie sih baiknya 4 4 nya dipasang ban yang seragam meskipun ban nya yang mediocre sekalipun. Biar performa n ride qualitynya bisa maksimal.
Ga lucu entar kalo misal depan masih ada grip, belakangnya malah ngebuang or depannya compound empuk tp blkgnya compound keras kaya batu
Ini kemarin saya googling ketemu artikel di kompasdotcom, menurut orangnya gajah tunggal:ChZ wrote: ↑24 Jun 2022, 09:32dengan asumsi safe driving (urban speed, 40-60 km/h), jika hanya ganti 2 ban, yang bagus pasang di belakang. ban yang belakang pasang ke depan.
krn roda depan kalau slip (rare occassion kalau gak sering nyetir kenceng), masih ada setir buat gerakin. sementara bagian belakang mobil fwd itu loose paling kalau slip cm bergantung sama tekanan rem.
rear wheel drive pun malah lebih krusial untuk pasang ban yang bagus di belakang dulu.
tp sebisa mungkin pasang 4-4nya sama persis sih.
"Tetapi kalau yang tiga sudah tipis, ya kenapa juga tidak ganti minimal dua sekaligus yang baru, dan pemasangannya tetap yang baru ditaruh di belakang," ucap Zulpata.
Pemakaian ban baru di bagian belakang bukan tanpa alasan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi.
“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,”
- 3mul
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: 03 Apr 2011, 21:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
Barangkali masih ada yg penasaran ban baru better pasang di depan atau di belakang
https://youtu.be/gSz7cm6MwH0
https://youtu.be/gSz7cm6MwH0
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
yep, understeer itu jarang terjadi kalau urban speed. biasa kalau mobil fwd + push to the limit baru ketauan understeer. asal tau diri ban depan rada tipis gak gaspol rempol mulu mahh ga akan kenapa2.3mul wrote: ↑25 Jun 2022, 11:26 Barangkali masih ada yg penasaran ban baru better pasang di depan atau di belakang
https://youtu.be/gSz7cm6MwH0
utk urban driving jauh lebih mudah dikendalikan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban
bristol406 wrote: ↑23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,
Saya newbie di SM, salam kenal.
Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun . Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.
Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.
Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih
Civic?
Pakai rekomen warga SM Michelin Primacy 4
Pilihan lbh terjangkau
- Good Year triplemax 2
- Dunlop LM705
Pakai seragam.
Tiap 10rb KM rotasi ban dari depan ke belakang dan sebaliknya.
Jadi habisnya rata.
Lanjutkan di sini aja mbah
viewtopic.php?t=29750&start=2300
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 27 Replies
- 2503 Views
-
Last post by mejaterbang
-
- 87 Replies
- 10123 Views
-
Last post by ChZ
-
- 8 Replies
- 975 Views
-
Last post by McLaren
-
- 8 Replies
- 944 Views
-
Last post by daimler
-
- 30 Replies
- 5028 Views
-
Last post by tleonardo0798
-
- 6 Replies
- 1250 Views
-
Last post by ricz
-
- 17 Replies
- 1445 Views
-
Last post by vanosz
-
- 36 Replies
- 2815 Views
-
Last post by S13rra
-
- 36 Replies
- 1873 Views
-
Last post by ricz
-
- 12 Replies
- 1075 Views
-
Last post by darrelund