Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by Turboman »

Dear all

Mobil2 modern rata rata menggunakan 1 belt lebar yang panjang utk memutar semua puli pada komponen2 sekitar mesin spt Alternator / AC / pompa power steering dll

Yuk mari kita mengenal bahan material Serpentine Belt

Umumnya material yang banyak digunakan adalah

1. EPDM = Ethylene Propylene Diene Monomer

Serp Belt bawaan pabrik umumnya jenis EPDM (utk mobil2 kelas menengah - mewah)

Usia pakai EPDM belt =
90 - 100 rb Km atau 4 - 5 tahun

EPDM ini kita katakan Serp Belt kelas premium

EPDM belt tidak akan mengalami pecah2 seiring berjalannya waktu pemakaian, dia akan aus spt halnya ban dan jika sudah mulai selip (bunyi) maka saatnya belt diganti


2. CR = Choloprene Rubber

CR rubber umumnya utk Serp Belt aftermarket yg kelas ekonomi & Serp Belt bawaan pabrik utk mobil2 kelas ekonomi / entry level

Usia pakai CR belt
50 - 60 rb km atau 2 - 3 tahun

Ciri khas CR belt jika sudah waktunya diganti akan terlihat retak2


Jadi pada saat membeli Serp Belt, lebih baik kita mengetahui Material Belt yg akan kita beli, utk faktor merek adalah faktor kedua sejauh bukan buatan pabrikan abal abal

Salam



1544243326124.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by marmut »

orang-orang itu tetap bilangnya fan belt, padahal sudah jelas terlihat fan-nya tidak terhubung dengan belt.


*tepokjidat
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by levofloxacine »

Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas.... :big_think:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by michaelgiri93 »

Wih makasih infonya om
Dulu saya kira serpentine belt cuma 1 jenis/1 bahan aja.

Kalau cairan yang katanya bisa memperpanjang umur belt itu bener berguna atau tidak ya? (Belt conditioner kalo gak salah namanya)
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
bedidi
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Mar 03, 2016 9:16

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by bedidi »

V belt ipah termasuk yg mana om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by Turboman »

bedidi wrote:V belt ipah termasuk yg mana om
kalo bawaan pabrik = EPDM
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by josomba »

Om turbo... Untuk serpentine belt ini ada kah yg interchangeable antar merk mobil? Lalu xx PK itu menunjukkan kekuatan/beban yg dapat diterima oleh si belt?
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by Turboman »

josomba wrote:Om turbo... Untuk serpentine belt ini ada kah yg interchangeable antar merk mobil? Lalu xx PK itu menunjukkan kekuatan/beban yg dapat diterima oleh si belt?
kalo ada yg panjang belt nya sama dan lebar belt nya sama ya bisa aja

Cuman saya gak paham yg mana2 aja yg bisa tukar pakai
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by arfs »

Kondisi V Belt / Serpentine Belt sx4 saya 78rb km - 7 tahun dari baru:

Dari main crankshaft pulley gerakin waterpump dan altenator:
Image

Dari main crankshaft pulley gerakin kompressor ac dan tension pulley:
Image
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by coklatMetalik »

Kira2 knp ya mobil jaman skrg beltnya cuma 1 dipake utk semua?
Bukankah dgn pake 3 belt kyk mobil jaman 2000an awal lbh aman ya? 1 putus tdk mematikan komponen lain....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by iwing »

levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas.... :big_think:
ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by Turboman »

iwing wrote:
levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas.... :big_think:
ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)
shock pake om

itu Per Torsion Beam.....kayak Panther / MU-7

iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by iwing »

Turboman wrote: Mon Jan 21, 2019 1:55
iwing wrote:
levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas.... :big_think:
ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)
shock pake om

itu Per Torsion Beam.....kayak Panther / MU-7
oalah, thx om turbo
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by coklatMetalik »

iwing wrote: Mon Jan 21, 2019 1:47
levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas.... :big_think:
ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)
Klo gk salah diatas 1990 udh pake visco deh
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by iwing »

coklatMetalik wrote: Mon Jan 21, 2019 2:39
iwing wrote: Mon Jan 21, 2019 1:47
levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas.... :big_think:
ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)
Klo gk salah diatas 1990 udh pake visco deh
waktu saya tanya saudara, katanya itu kijang tahun 92. soal kipas radiator yang ikut muter bersamaan dengan mesin itu beneran saya lihat sendiri
bedidi
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Mar 03, 2016 9:16

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by bedidi »

Turboman wrote: Sun Dec 09, 2018 0:42
bedidi wrote:V belt ipah termasuk yg mana om
kalo bawaan pabrik = EPDM
Terimakasih om turbo sudah sudi jawab pertanyaan saya
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt

Post by Duvebriliant0 »

halo om sori bangkitin thread lama, mobil sy altis 2.0 blon lama ganti v belt merek mitsuboshi skrg udh decit +- 10k km an nah sy mau ganti ori mereknya mitsuboshi jg ternyata.. apa beda kualiti yah walau sama sama mitsuboshi? sebelum ganti yg mitsuboshi awal masih pake ori malah ngga decit tp udh getas aja.. tks
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R