Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by romi10 »

tbr541 wrote: 30 Jun 2022, 05:52
ChZ wrote: 24 Jun 2022, 09:46
yg pake old innova ke ribon pasti berasa ribon keempukan ya.

nose dive mainnya di shock dan per dan ga cukup cm ganti depan, harus depan+belakang biar spring rate nya sama. ban jg diganti jangan tipe eko eko kayak bawaan. michelin primacy4 tuh :ngacir:

tp kalo mnurut saya costly ya krn itu set kaki kaki pasti ga murah, mending keep innova lama aja kalo mblnya gpp :mky_03:
Itu sebenarnya yg paling berpengaruh dominan terhadap keempukannya ada pada per atau shockbreaker ya?

Trus klo per innova reborn dipasang ke innova lama apakah nanti juga jadi empuk?
Shock breaker dan per saling berpengaruh terhadap keempukan mobil, ibarat takaran garem ama micin buat bikin nasi goreng yang gurih wkwkwk

Suspensi innova lama kynya udah pas cuma bannya aja pake yang bagusan supaya ga gubrak gubrak
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3905
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

KielConstantine wrote: 30 Jun 2022, 08:11 :big_think:

Kelemahan ladder frame emang begitu … nose dive ; bodyroll parah ; ngayun .. bisa sih di reduce w/ ganti shock + per aftermarket + ban bagusan . Tapi kaga bakal bisa ilangin banget tu karakteristik


Fortuner vrz/trd/gr mendingan lah dy setting suspensi ud rada firm dari pabrikan makanya berasa lebih keras bantingan & secara stability lebih enak … tapi lagi2 krn kodrat ladder frame ya masih berasa juga ngayun2 + nose dive


Apalagi yg mau ngejar bantingan empuk … bedeh makin menjadi2 .. macem anps tuh . :e-shifty:

Cuman standart konsumen beda2 . Ada yg maunya empuk nyaman dan segala macem . Bilangnya gini: “masa gw ud kluar duit 600jt lebih , naek mobil keras berasa kek gerobak” . Jadi pemikirannya tuh kluar duit makin gede mobil harus makin nyaman… biasanya sih modelan non car enthusiasts sama emak2 wkwkwkwk


Kalo maunya empuk, nyaman , enak tapi stabil ya larinya ke chasis monocoque macem santa-fe, cr-v, cx5, palisade, Lexus RX dan kawan2 … kalo itu baru deh sesuai.. kluar duit makin gede dapet mobil lebih nyaman lebih enak :big_grin:
betul om, kebetulan gw punya kedua jenis mobil itu. ya memang ada yg harus dikorbanin, gabisa dapet semua. mesti milih, mau yg enak disetir, handling oke, perawatan murah. tapi minim fitur, gak nyaman, walaupun sebenernya bisa di upgrade kaya yg om bilang, tapi tetep aja butuh biaya yg lumayan dan gabisa ngilanin karakterikstik bawannya, biasanya ya "lebih mendingan jauh" daripada standarnya, tapi tetep aja gabisa nyamain karakteristik mobil monokok, terutama kenyamanan di row 2 nya

atau mau yg nyaman, banyak fitur empuk, tapi minusnya driving feel sm handlingnya jadi biasa aja, tarikan biasa aja atau perawatan lebih mahal karena elektrikal dan teknologinya lebih banyak. ladder frame mah minusnya gitu dan tergantung biasa make mobil apa. kalo biasa make mobil kelas lcgc lmpv lsuv hatchback crossover atau sesama mobil ladder mah bakal berasa nyaman2 aja. tapi ya kalo biasa make mobil monokok kelas 450jt keatas kaya serena , voxy, cx5, crv ya gabakal berasa nyaman itu ladder. ada harga ada barang. keluar duit makin gede (termasuk perawatan) + rela ngorbanin salah 1 aspek misalkan driving feel or handling ya bakal dapet mobil yg lebih nyaman dan enak

dan cx5 gabisa dibilang empuk loh. gw pernah miara gen 1 selama 6 tahun dan gen 2 selama 3 tahun. dibanding crv, santa fe, palisade or lexus rx termasuk paling keras. tapi jangan lupa, cx5 itu paling fun to drive dibanding yg lain, kebetulan sekarang pake lexus rx, dan rasanya tetep enakkan cx5 gw dulu kalo bicara soal driving feel, walaupun ya diantara mobil monokok yg om sebutin cx5 paling gak nyaman buat row 2nya. kalo om mau bilang paling empuk ya lexus rx yg paling empuk diantara semua. tapi ya memang paling biasa driving feel dan handlingnya dibanding yg lain. kebetulan gw juga masih miara crv turbo pres 2019 dari baru, nyetirnya ya 11 12 sm crv, walaupun ya masih enakkan crv turbo dikit sih, tapi kalo soal kenyamanan jauh :big_biglaugh: (murni pengalaman pribadi). walaupun ya kalo dalam kondisi standar, mobil2 monokok yg om sebutin itu tetep lebih nyaman dibanding trio ladder (kebetulan cukup sering nyobain anps, pernah miara fortuner dan sekarang miara innova hehehe)
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV RW
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'15 Veloz MT / '19 Avanza G MT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3905
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Owning Experience : 1 Months with All New Kijang Innova (ANKI Reborn) G Diesel AT 2018 PFL

Post by Pboyz97 »

XMTdeluxe wrote: 30 Jun 2022, 10:24
Ini saya yang sampai sekarang penasaran Om, ada gak sih upgrade spek untuk ibon dari yg bensin ke 2GD? Saya ngerasanya kayak sama aja, baik dari rem maupun suspensi. Brio aja yg ngerubah dari Satya ke RS saja, suspensi dibuat lebih stiff dan ride nya jadi beda. Avanza ke Veloz cuma bedain kelas aja dibela2in ngerubah dari rear brake drum ke disc. Dua mobil itu padahal mesin dan tranny nya gak ada beda blas. Sedangkan ibon dari 1TR ke 2GD jauh sekali peningkatan powernya, saya merasakan gak ada beda di suspensi dan rem. Entah perasaan saya saja, bawa dieselnya jadi lebih terasa nosedive, rem lebih ngeloyor, belum lagi setir lebih berat. Fortuner pernah saya bawa lebih enak, cocok dengan mesinnya. Kaki2 dan rem mendukung, sehingga jadi mobil yang lebih proper.
Karena kita kan naik mobilnya, bukan hanya naik mesinnya. Ibon ganti mesin tapi lain2nya dibiarkan sama saja dan feelnya jadi gak pas, sedangkan merk lain cuma ganti emblem ada yg disetel ulang ridenya, ini kan jd tanda tanya utk toyota.
Jadi teringat thread 2GD pingin ganti Almaz, I exactly feels the same like he is :big_think:
emg sama aja om. kebetulan saya punya ibon g diesel matic dan om saya punya ibon g bensin matic, keduanya sama2 pfl, memang sama aja. kecuali antara G dan V ya, berasa lebih bagus kualitas joknya, dan lebih kedap + ridenya lebih enak dikit menurut saya. dan yg brio sm avanza veloz kan beda tipe. jadi memang wajar kalo ada differensiasi menurut saya. kalo ibon bensin ke 2gd tipe sama ya memang beda mesin aja oom, kecuali om comparenya antara bensin g ke bensin v. atau diesel g ke diesel v or venturer, baru om berasa upgrade speknya menurut saya. mohon dikoreksi kalo ada kesalahan :big_peace:
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV RW
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'15 Veloz MT / '19 Avanza G MT
Post Reply