Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: 30 Aug 2015, 19:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by fizrmen »

buakakak, selamat buat maenan barunya om, ane belom lama ini lepas FD2 padahal
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 04 Jul 2015, 14:43

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by mnugra »

Aripndut wrote: ↑26 Feb 2022, 22:15 Reviu perbandingan e46 dan fd dong om...
Oke om saya review perbedaan yang menurut saya kerasa aja ya hahaha

Dari mulai masuk mobil
Masuk E46 terasa auranya beda karena ada wangi BMW yang saya gatau asalnya darimana, posisi duduk juga lebih selonjoran, kalau suka nyetir harusnya suka posisi ini, kalau FD sebenernya masih mirip mirip juga posisi duduknya, kalau nemu posisi kursi dan setir yang pas sebenernya enak banget juga, cuma di saya entah kenapa belum bisa seenak di 3 series posisi duduknya.

Driving Impression
Putar kunci, starter, terasa bahwa E46 suaranya lebih berat & lebih berisik sedikit, namun pas pintu ditutup blek langsung kedap. FD kebalikannya, pas di starter mesin halus sekali, namun pas pintu ditutup suara mesin pas idle masih sedikit terasa, terutama pas motor fan nyala.

Lanjut pindah tuas transmisi ke D, di E46 bokong mobil berasa agak turun pas masuk D, namun perpindahan gigi dari 1-5 benar benar smooth, di FD kebalikannya, ketika masuk D atau R benar benar halus, namun perpindahan gigi berasa sedikit jerky, terutama 1 ke 2 ((tapi lebih cepat))

Dari segi mesin, FD untuk daily terasa sangat 'sruntulan', enak sekali buat stop n go, kalau E46 saya berhubung 4cyl (N42), karakter tenaganya menurut saya enak di mid RPM, keduanya sama sama flat di putaran atas. Berbeda dengan E46 6cyl (M54) yang pernah saya coba, putaran bawahnya terasa agak sedikit males, namun mid-high rpm nya nampol banget

Cruising di kecepatan 100kmh di FD didapat di rpm yang cukup rendah (1900-2000rpm), enak sehingga mesin terasa nyantai, tapi itu semua buyar karena road noisenya terasa sekali masuk ke kabin, ohiya ban di FD saya pakai LM705. Sedangkan di E46 meskipun RPM cruising lebih tinggi sedikit (2200-2300rpm), mobil terasa JAUH lebih kedap dan anteng, padahal ban nya cuma pake eco ecoan cap gajah

Berbelok di kecepatan tinggi, saya merasa bahwa settingan suspensi FD yang hard itu akan membuat mobil memang terasa stabil, ditambah feedback stir hydraulicnya itu memang enak sekali, tapi sayangnya FD ini terasa sedikit understeer kalau high speed cornering, ban sering terasa berdecit, next time maybe akan upgrade ban. Sedangkan di E46 meskipun lebih empuk, saya merasa mobil ini lebih natural dan napak ketika diajak belok. Untuk handling saya lebih suka E46 karena terasa balance, tapi kalau steering response saya lebih suka FD karena directness nya, ohiya stir E46 juga terasa lebih berat saat parkir

Comfort
Dari segi kenyamanan suspensi, E46 terasa jauh lebih nyaman, berbeda dengan FD yang memiliki suspensi sangat hard menurut saya. Tapi untuk urusan kenyamana akomodasi (kelegaan) honda menang telak disini, baik bangku penumpang depan maupun belakang, di FD menurut saya lega, untuk bangku belakang pun di FD diberikan armrest sehingga duduk di baris kedua FD bisa dibilang cukup nyaman. Warna interior FD yang beige juga turut memberikan kesan lapang pada kabin

Untuk pemilihan bahan interior, E46 hampir semuanya soft touch kecuali konsol tengah. Di FD masih terdapat campuran soft touch dan plastik. Namun itu memberikan kelebihan yaitu interior FD lebih awet dari E46

Lanjut segi audio, meskipun keduanya menurut saya bukan tipe audio yang cukup enak. Di E46 karakter audionya enak di mid nya dan staging dan detailnya bagus, sehingga masih bisa dinikmati untuk beberapa lagu yang mengedepankan vocal. Sedangkan di FD benar benar totally crap, bass kurang berani, detail juga tidak ada, benar benar wajib upgrade audio bagi saya FD ini.

Yang terakhir kekedapan, di FD peredamannya menurut saya buruk, baik road noise, suara motor saat di kemacetan dan bahkan suara hujan semuanya MASUK, di E46 suara suara tersebut tidak ada yang terlalu masuk ke kabin, yang ada malah suara rattle dari interior itu sendiri hahaha :big_biglaugh:

Maintenance
Untuk maintenance berupa penggantian oli sebenarnya tidak berbeda jauh, tergantung merk oli yang digunakan, hanya saja E46 olinya lebih banyak 1 Liter, jadi total 5L di E46 dan 4L di FD. Oli yang saya gunakan di FD adalah Amsoil Signature 5w30 sedangkan di E46 saya pakai Q8 5w40

Untuk reliability sepertinya jepangan tidak akan se merepotkan mobil eropa, sejauh ini saya pakai belum pernah ada kejadian merepotakan atau penggantian parts yang berulang di FD. Di E46 penggantian parts berulang biasanya ada pada reservoir radiator, dan sil sil mesin yang sering rembes.

Untuk spareparts mesin sepertinya, E46 lebih tersebar dan banyak merk third party nya, sedangkan honda hanya tersedia merk honda, contoh kemarin saya ganti coil E46 hanya 300k /pc, di FD hampir 4x lipatnya, baik di beres maupun di spesialis harganya 1.000-1.100k. Jauh bedanya

Segitu aja sih om perbedaan yang mendasar di saya
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: 19 Dec 2016, 07:19

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by mhbbi »

nice review om, rejeki banget dapet barang terawat kaya gini mengingat nyari mobil matic usia 10 tahun keatas yang masih sehat kaya nyari jarum dalam tumpukan jerami hehehe.

review ini jadi bukti kalau rajin ganti oli matic km berapapun transmisinya bakal no problem, so far dari pengalaman punya beberapa merk mobil, beres yang ganti oli maticnya terjadwal ada di honda dan suzuki,

merk lain kaya nissan, mazda, mitsu ada aja alasannya entah oli lifetime lah, nunggu 100ribu km lah atau cek deterioration point dulu πŸ˜‚πŸ˜‚
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 04 Jul 2015, 14:43

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by mnugra »

mhbbi wrote:nice review om, rejeki banget dapet barang terawat kaya gini mengingat nyari mobil matic usia 10 tahun keatas yang masih sehat kaya nyari jarum dalam tumpukan jerami hehehe.

review ini jadi bukti kalau rajin ganti oli matic km berapapun transmisinya bakal no problem, so far dari pengalaman punya beberapa merk mobil, beres yang ganti oli maticnya terjadwal ada di honda dan suzuki,

merk lain kaya nissan, mazda, mitsu ada aja alasannya entah oli lifetime lah, nunggu 100ribu km lah atau cek deterioration point dulu [emoji23][emoji23]
Thanks om, hahaha iya bener, walaupun atf z1 bawaannya ampas banget, tapi masih mending honda nyaranin penggantian tanpa flush itu max tiap 40rb km, malah sa nya yang bilang sendiri kalau mau dipercepat tiap 20rb km juga monggo. Hasilnya sampe sekarang atf nya masih bening merah di dipstick nya, banyak fd di youtube yang saya udah liat item banget atf nya
User avatar
Aripndut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 16 Mar 2010, 17:05

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by Aripndut »

mnugra wrote: ↑28 Feb 2022, 10:02
Aripndut wrote: ↑26 Feb 2022, 22:15 Reviu perbandingan e46 dan fd dong om...
Oke om saya review perbedaan yang menurut saya kerasa aja ya hahaha

Dari mulai masuk mobil
Masuk E46 terasa auranya beda karena ada wangi BMW yang saya gatau asalnya darimana, posisi duduk juga lebih selonjoran, kalau suka nyetir harusnya suka posisi ini, kalau FD sebenernya masih mirip mirip juga posisi duduknya, kalau nemu posisi kursi dan setir yang pas sebenernya enak banget juga, cuma di saya entah kenapa belum bisa seenak di 3 series posisi duduknya.

Driving Impression
Putar kunci, starter, terasa bahwa E46 suaranya lebih berat & lebih berisik sedikit, namun pas pintu ditutup blek langsung kedap. FD kebalikannya, pas di starter mesin halus sekali, namun pas pintu ditutup suara mesin pas idle masih sedikit terasa, terutama pas motor fan nyala.

Lanjut pindah tuas transmisi ke D, di E46 bokong mobil berasa agak turun pas masuk D, namun perpindahan gigi dari 1-5 benar benar smooth, di FD kebalikannya, ketika masuk D atau R benar benar halus, namun perpindahan gigi berasa sedikit jerky, terutama 1 ke 2 ((tapi lebih cepat))

Dari segi mesin, FD untuk daily terasa sangat 'sruntulan', enak sekali buat stop n go, kalau E46 saya berhubung 4cyl (N42), karakter tenaganya menurut saya enak di mid RPM, keduanya sama sama flat di putaran atas. Berbeda dengan E46 6cyl (M54) yang pernah saya coba, putaran bawahnya terasa agak sedikit males, namun mid-high rpm nya nampol banget

Cruising di kecepatan 100kmh di FD didapat di rpm yang cukup rendah (1900-2000rpm), enak sehingga mesin terasa nyantai, tapi itu semua buyar karena road noisenya terasa sekali masuk ke kabin, ohiya ban di FD saya pakai LM705. Sedangkan di E46 meskipun RPM cruising lebih tinggi sedikit (2200-2300rpm), mobil terasa JAUH lebih kedap dan anteng, padahal ban nya cuma pake eco ecoan cap gajah

Berbelok di kecepatan tinggi, saya merasa bahwa settingan suspensi FD yang hard itu akan membuat mobil memang terasa stabil, ditambah feedback stir hydraulicnya itu memang enak sekali, tapi sayangnya FD ini terasa sedikit understeer kalau high speed cornering, ban sering terasa berdecit, next time maybe akan upgrade ban. Sedangkan di E46 meskipun lebih empuk, saya merasa mobil ini lebih natural dan napak ketika diajak belok. Untuk handling saya lebih suka E46 karena terasa balance, tapi kalau steering response saya lebih suka FD karena directness nya, ohiya stir E46 juga terasa lebih berat saat parkir

Comfort
Dari segi kenyamanan suspensi, E46 terasa jauh lebih nyaman, berbeda dengan FD yang memiliki suspensi sangat hard menurut saya. Tapi untuk urusan kenyamana akomodasi (kelegaan) honda menang telak disini, baik bangku penumpang depan maupun belakang, di FD menurut saya lega, untuk bangku belakang pun di FD diberikan armrest sehingga duduk di baris kedua FD bisa dibilang cukup nyaman. Warna interior FD yang beige juga turut memberikan kesan lapang pada kabin

Untuk pemilihan bahan interior, E46 hampir semuanya soft touch kecuali konsol tengah. Di FD masih terdapat campuran soft touch dan plastik. Namun itu memberikan kelebihan yaitu interior FD lebih awet dari E46

Lanjut segi audio, meskipun keduanya menurut saya bukan tipe audio yang cukup enak. Di E46 karakter audionya enak di mid nya dan staging dan detailnya bagus, sehingga masih bisa dinikmati untuk beberapa lagu yang mengedepankan vocal. Sedangkan di FD benar benar totally crap, bass kurang berani, detail juga tidak ada, benar benar wajib upgrade audio bagi saya FD ini.

Yang terakhir kekedapan, di FD peredamannya menurut saya buruk, baik road noise, suara motor saat di kemacetan dan bahkan suara hujan semuanya MASUK, di E46 suara suara tersebut tidak ada yang terlalu masuk ke kabin, yang ada malah suara rattle dari interior itu sendiri hahaha :big_biglaugh:

Maintenance
Untuk maintenance berupa penggantian oli sebenarnya tidak berbeda jauh, tergantung merk oli yang digunakan, hanya saja E46 olinya lebih banyak 1 Liter, jadi total 5L di E46 dan 4L di FD. Oli yang saya gunakan di FD adalah Amsoil Signature 5w30 sedangkan di E46 saya pakai Q8 5w40

Untuk reliability sepertinya jepangan tidak akan se merepotkan mobil eropa, sejauh ini saya pakai belum pernah ada kejadian merepotakan atau penggantian parts yang berulang di FD. Di E46 penggantian parts berulang biasanya ada pada reservoir radiator, dan sil sil mesin yang sering rembes.

Untuk spareparts mesin sepertinya, E46 lebih tersebar dan banyak merk third party nya, sedangkan honda hanya tersedia merk honda, contoh kemarin saya ganti coil E46 hanya 300k /pc, di FD hampir 4x lipatnya, baik di beres maupun di spesialis harganya 1.000-1.100k. Jauh bedanya

Segitu aja sih om perbedaan yang mendasar di saya
Makasih reviunya om. Berarti kalau pelihara e46 mesti paham part subtitusinya ya biar dapat harga yang lebih terjangkau...
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 04 Jul 2015, 14:43

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by mnugra »

Aripndut wrote:
mnugra wrote: ↑28 Feb 2022, 10:02
Aripndut wrote: ↑26 Feb 2022, 22:15 Reviu perbandingan e46 dan fd dong om...
Oke om saya review perbedaan yang menurut saya kerasa aja ya hahaha

Dari mulai masuk mobil
Masuk E46 terasa auranya beda karena ada wangi BMW yang saya gatau asalnya darimana, posisi duduk juga lebih selonjoran, kalau suka nyetir harusnya suka posisi ini, kalau FD sebenernya masih mirip mirip juga posisi duduknya, kalau nemu posisi kursi dan setir yang pas sebenernya enak banget juga, cuma di saya entah kenapa belum bisa seenak di 3 series posisi duduknya.

Driving Impression
Putar kunci, starter, terasa bahwa E46 suaranya lebih berat & lebih berisik sedikit, namun pas pintu ditutup blek langsung kedap. FD kebalikannya, pas di starter mesin halus sekali, namun pas pintu ditutup suara mesin pas idle masih sedikit terasa, terutama pas motor fan nyala.

Lanjut pindah tuas transmisi ke D, di E46 bokong mobil berasa agak turun pas masuk D, namun perpindahan gigi dari 1-5 benar benar smooth, di FD kebalikannya, ketika masuk D atau R benar benar halus, namun perpindahan gigi berasa sedikit jerky, terutama 1 ke 2 ((tapi lebih cepat))

Dari segi mesin, FD untuk daily terasa sangat 'sruntulan', enak sekali buat stop n go, kalau E46 saya berhubung 4cyl (N42), karakter tenaganya menurut saya enak di mid RPM, keduanya sama sama flat di putaran atas. Berbeda dengan E46 6cyl (M54) yang pernah saya coba, putaran bawahnya terasa agak sedikit males, namun mid-high rpm nya nampol banget

Cruising di kecepatan 100kmh di FD didapat di rpm yang cukup rendah (1900-2000rpm), enak sehingga mesin terasa nyantai, tapi itu semua buyar karena road noisenya terasa sekali masuk ke kabin, ohiya ban di FD saya pakai LM705. Sedangkan di E46 meskipun RPM cruising lebih tinggi sedikit (2200-2300rpm), mobil terasa JAUH lebih kedap dan anteng, padahal ban nya cuma pake eco ecoan cap gajah

Berbelok di kecepatan tinggi, saya merasa bahwa settingan suspensi FD yang hard itu akan membuat mobil memang terasa stabil, ditambah feedback stir hydraulicnya itu memang enak sekali, tapi sayangnya FD ini terasa sedikit understeer kalau high speed cornering, ban sering terasa berdecit, next time maybe akan upgrade ban. Sedangkan di E46 meskipun lebih empuk, saya merasa mobil ini lebih natural dan napak ketika diajak belok. Untuk handling saya lebih suka E46 karena terasa balance, tapi kalau steering response saya lebih suka FD karena directness nya, ohiya stir E46 juga terasa lebih berat saat parkir

Comfort
Dari segi kenyamanan suspensi, E46 terasa jauh lebih nyaman, berbeda dengan FD yang memiliki suspensi sangat hard menurut saya. Tapi untuk urusan kenyamana akomodasi (kelegaan) honda menang telak disini, baik bangku penumpang depan maupun belakang, di FD menurut saya lega, untuk bangku belakang pun di FD diberikan armrest sehingga duduk di baris kedua FD bisa dibilang cukup nyaman. Warna interior FD yang beige juga turut memberikan kesan lapang pada kabin

Untuk pemilihan bahan interior, E46 hampir semuanya soft touch kecuali konsol tengah. Di FD masih terdapat campuran soft touch dan plastik. Namun itu memberikan kelebihan yaitu interior FD lebih awet dari E46

Lanjut segi audio, meskipun keduanya menurut saya bukan tipe audio yang cukup enak. Di E46 karakter audionya enak di mid nya dan staging dan detailnya bagus, sehingga masih bisa dinikmati untuk beberapa lagu yang mengedepankan vocal. Sedangkan di FD benar benar totally crap, bass kurang berani, detail juga tidak ada, benar benar wajib upgrade audio bagi saya FD ini.

Yang terakhir kekedapan, di FD peredamannya menurut saya buruk, baik road noise, suara motor saat di kemacetan dan bahkan suara hujan semuanya MASUK, di E46 suara suara tersebut tidak ada yang terlalu masuk ke kabin, yang ada malah suara rattle dari interior itu sendiri hahaha :big_biglaugh:

Maintenance
Untuk maintenance berupa penggantian oli sebenarnya tidak berbeda jauh, tergantung merk oli yang digunakan, hanya saja E46 olinya lebih banyak 1 Liter, jadi total 5L di E46 dan 4L di FD. Oli yang saya gunakan di FD adalah Amsoil Signature 5w30 sedangkan di E46 saya pakai Q8 5w40

Untuk reliability sepertinya jepangan tidak akan se merepotkan mobil eropa, sejauh ini saya pakai belum pernah ada kejadian merepotakan atau penggantian parts yang berulang di FD. Di E46 penggantian parts berulang biasanya ada pada reservoir radiator, dan sil sil mesin yang sering rembes.

Untuk spareparts mesin sepertinya, E46 lebih tersebar dan banyak merk third party nya, sedangkan honda hanya tersedia merk honda, contoh kemarin saya ganti coil E46 hanya 300k /pc, di FD hampir 4x lipatnya, baik di beres maupun di spesialis harganya 1.000-1.100k. Jauh bedanya

Segitu aja sih om perbedaan yang mendasar di saya
Makasih reviunya om. Berarti kalau pelihara e46 mesti paham part subtitusinya ya biar dapat harga yang lebih terjangkau...
Sama sama om, kalau di rawat di spesialis hampir pasti partnya bukan part number bmw sih, makanya untuk fast moving nya bisa saya bilang murah, fanbelt, filter udara 100rb an, filter oli 70rb an, brakepad 300-400rb
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by ChZ »

mhbbi wrote: ↑01 Mar 2022, 16:04 nice review om, rejeki banget dapet barang terawat kaya gini mengingat nyari mobil matic usia 10 tahun keatas yang masih sehat kaya nyari jarum dalam tumpukan jerami hehehe.

review ini jadi bukti kalau rajin ganti oli matic km berapapun transmisinya bakal no problem, so far dari pengalaman punya beberapa merk mobil, beres yang ganti oli maticnya terjadwal ada di honda dan suzuki,

merk lain kaya nissan, mazda, mitsu ada aja alasannya entah oli lifetime lah, nunggu 100ribu km lah atau cek deterioration point dulu πŸ˜‚πŸ˜‚
user mah seneng seneng aja gak disuruh kluar duit soalnya klo disuruh ganti oli metik tar bilangnya beresnya rampok :big_bored:

makanya saya tuh bingung klo liat tabel servis berkala mitsu / nissan kok sampe 100 rebu kosong kosong kosong cm ganti oli ama bersihin rem (itupun klo inget)....

pantesan byk yang bilang nissan mitsu murah orang gak diganti apa apa. partnya semua lifetime. ganti segelondong waktu mampus maksudnya.

ya gak bilang beres honda paling oke juga sih, honda toyota rate jasa nya ngehek :big_bored: rawat toyota di bengkel resmi tuh gak seindah koar koar yg bilang rawat toyota murah :big_biglaugh: tapi minimal they done the job well.

emang gak salah klo laku dan terkenal durable mobil mobilnya, beresnya aja sangat kooperatif buat item servis. suzuki jg gak salah carry jd pikap nomer satu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Tuna
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 17 Nov 2020, 22:12
Location: Kediri
Daily Vehicle: Suzuki ignis

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by Tuna »

skyline38 wrote: ↑25 Feb 2022, 21:08
levofloxacine wrote: ↑21 Feb 2022, 09:46
Pboyz97 wrote: ↑21 Feb 2022, 09:38

betul oom, fd manual juga enak, yg maticnya aja udh fun to drive apalagi manual hehehe, blm lg populasinya juga agak jarang karena fd1 yg laku varian maticnya hehehe. dulu pas 2016 lalu sempet naksir berat sm fd1 punya tetangga, manual tahun 2009, warna hitam, kondisi bagus pake bgt alias mind cond, masih tangan pertama dari baru, km juga masih under 55rb service record beres honda, dan full ori luar dalam sampe2 HU nya juga masih pake bawaannya, yg punya pasutri pensiunan yg udh berumur diatas 60 tahun dan tiap hari disopirin, mobilnya cuma dipake jarak deket dan buat kepasar aja hehehe, sayang udh keburu dibayarin orang duluan :big_biglaugh:
iya om, saya dari awal memang cari yg manual karena tujuannya memang nyari driving experiencenya, tapi memang harus diakui tenaga yang dihasilkan R18A tidak istimewa meskipun dikombinasikan dengan transmisi manual, untuk low rpm nya terasa agak "kopong", sweet spotnya di middle rpm. Kalo manualnya dikawinin sama K20 pasti sedap rasanya, sayang tidak ada varian mesin 2.0 yang bertransmisi manual kecuali FD2R, entah mitos yang beredar kalo ada beberapa FD 2.0 manual yang dimasukkan ke Indonesia itu benar atau tidak.....
Jadi penasaran, apakah transmisi FD2 matic (K20Z) bisa diganti pake transmisinya FD1 (R18). Atau pake transmisinya Civic Type R (FD2R). Kira-kira bakal habis biaya berapa ya?
nah saya juga terus terang penasaran om.
kalo printilan2 luar non mesin kaya kaki2, engine mounting, link stabilizer dll, bisa ga sih fd1 langsung ditancepin punya fd2r?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by kendibocor »

Up thread lama, om ts masi aktif ga ya? Mau nanya perawatan dari awal beli sampe skrng apa aja sama part2nya masih gampang ga ya nyarinya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 04 Jul 2015, 14:43

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by mnugra »

kendibocor wrote: ↑16 Jul 2023, 19:25 Up thread lama, om ts masi aktif ga ya? Mau nanya perawatan dari awal beli sampe skrng apa aja sama part2nya masih gampang ga ya nyarinya.
Maap um baru online lagi, ini perawatan & penggantian part setelah mobil dibeli sampe hari ini.

Engine:
- Bardahl XTC 5w30 per 4-5rb km & filternya
- Oli Matic ATF Z1 per 10rb km
- Filter udara per 10rb km
- Flush Power Steering
- Busi Laser Iridium HONDA
- 4pcs Ignition Coil
- Seal Kruk as belakang & transmisi
- Seal VTEC
- Motor fan radiator
- Auto Tensioner
- Fanbelt
- Tune Up (valve clearance adjust, bongkar EGR, throttle body, injector, intake manifold + cleaning ruang bakar, catalytic converter & ganti saringan bensin)

Rem:
- Brakepad belakang
- Bleeding & kuras minyak rem

AC:
- Maintenance (kuras oli compressor, vaccum / refill freon)
- Filter drier
- Motor fan radiator
- Evaporator cleaning
- Filter kabin

Overall masalah part nggak ada yang terlalu gimana, karena beberapa ada yang sharing sama HRV 1.8. Buat beli partnya saya biasa ke Sinar Jaya Motor cipete kolong / Honda Fatmawati. Setelah 2 tahunan pakai kaki kaki nampaknya belum ada masalah sama sekali, still sharp & gaada bunyi bunyi, cuma kayanya engine mounting depan supir udah mulai bersuara dikit hehe
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 22 Feb 2021, 02:11

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by midrpm »

Mantap om reviewnya, dari penjelasan dan detail2 perawatan yang dijabarin keliatan bgt om nya paham mobil. Btw biasa beli sparepart apa aja om di sinar jaya motor? dan pemasangan part apakah dilakukan di Honda Fatmawati?
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 04 Jul 2015, 14:43

Re: Review 5 Bulan Owning Expirience Honda Civic FD1 2006

Post by mnugra »

midrpm wrote: ↑24 Mar 2024, 03:53 Mantap om reviewnya, dari penjelasan dan detail2 perawatan yang dijabarin keliatan bgt om nya paham mobil. Btw biasa beli sparepart apa aja om di sinar jaya motor? dan pemasangan part apakah dilakukan di Honda Fatmawati?
Thankyou omm, belum pernah nyoba begitu om, biasanya part yg dibeli di sinar jaya part yg bisa DIY, kalo ke honda fatmawati beli disana pasang disana meski agak lumayan jasanya.

Minggu lalu akhirnya engine mounting depan supir tewas, ganti di City Motor BTC Bintaro @1.6jt /pcs ori honda, jasa 150. Untung cuma satu yg jebol, kalo harus diganti 4 agak berasa hahaha
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post