Tentang Hyundai Ioniq 5

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by r12qiSonH4ji »

Bibieight wrote: Mon Jun 13, 2022 5:11
Bpurna wrote: Sun Jun 12, 2022 8:08 Apakah sudah ada yg dapat unitnya? Bagaimana reviewnya?
Baru pegang kuncinya 2 hari, blm bisa cerita banyak. Ada satu komen aja sih, istri dulu pakai F30 sekarang G20, initial impression katanya, yaa naikan sama si, beda2 tipis, agak keempukan, kurangnya si Ioniq cuman satu, ndak ada raungan mesin kayak BMW…. :big_think:
ditunggu review nya nh om,
lagi bimbang antara ioniq 5 atau santa fe crdi ini
:big_biglaugh:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bpurna »

Salvanost wrote: Mon Jun 13, 2022 7:04 Gua keki juga sama ini berita Ionic 5
Minimal spec charger kasih tau lah...
4jam doank 1 jam doank maksudnya apaan coba

Ini udah telp customer service hyundai
Dikabarin kalau nantinya dikasih 2 charger

Dikasih 2 charge 2-2nya gratis dapat pas beli (kalau salah berarti info masih simpang siur ya ini dapat dari customer care hyundai langsung)

Charge portable bawaan 3500watt ini bisa dibawa kemana mana di dalam bagasi mobil juga bisa

Wall mount charging 7200-7700watt
Ini charger yg dipasang di rumah atau kantor
Setau saya memang akan dapat 2 macam charger. 1 portable yg dibawa2 dan 1 lagi yg akan diinstall oleh teknisi hyundai dirumah.

Utk portable charger itu bisa kita pilih mau brp ampere. Ada 8,10,12,14. Kalau 8x220v: 1800W, 10x220:2200W, dstnya sesuai daya yg available saja. 3500W max berarti pilih yg 16A, bisa kita ganti2 sendiri di chargernya. Ada tombolnya gitu.

Kalau mobil plg worth memang ioniq 5 ini sih.

Dari segi akselerasi, mercy or bmw yg 0-100 7detikan kyknya 900jt plus semua harganya.
Dari segi luas kursi, menyerupai e class or s class (harga 1m plus)
Dari segi irit, gak ada yg bs ngelawan.
Dari segi range sesama ev, tesla twice the price.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Salvanost »

Bpurna wrote: Mon Jun 13, 2022 15:31
Salvanost wrote: Mon Jun 13, 2022 7:04 Gua keki juga sama ini berita Ionic 5
Minimal spec charger kasih tau lah...
4jam doank 1 jam doank maksudnya apaan coba

Ini udah telp customer service hyundai
Dikabarin kalau nantinya dikasih 2 charger

Dikasih 2 charge 2-2nya gratis dapat pas beli (kalau salah berarti info masih simpang siur ya ini dapat dari customer care hyundai langsung)

Charge portable bawaan 3500watt ini bisa dibawa kemana mana di dalam bagasi mobil juga bisa

Wall mount charging 7200-7700watt
Ini charger yg dipasang di rumah atau kantor
Setau saya memang akan dapat 2 macam charger. 1 portable yg dibawa2 dan 1 lagi yg akan diinstall oleh teknisi hyundai dirumah.

Utk portable charger itu bisa kita pilih mau brp ampere. Ada 8,10,12,14. Kalau 8x220v: 1800W, 10x220:2200W, dstnya sesuai daya yg available saja. 3500W max berarti pilih yg 16A, bisa kita ganti2 sendiri di chargernya. Ada tombolnya gitu.

Kalau mobil plg worth memang ioniq 5 ini sih.

Dari segi akselerasi, mercy or bmw yg 0-100 7detikan kyknya 900jt plus semua harganya.
Dari segi luas kursi, menyerupai e class or s class (harga 1m plus)
Dari segi irit, gak ada yg bs ngelawan.
Dari segi range sesama ev, tesla twice the price.
tadi pagi bokap bilang tertarik sama Ioniq 5 gara2 bebas 3in 1 dan ganjil genap
cuma gua bilang harus tambah daya atau tarik meteran listrik baru

kebetulan udah mentok peak power sama meteran atau alat solar panel yg dipasang di rumah
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by marzoochi »

Penasaran setelah rame mobil listrik di jalan, dengan Wuling EV, apakah peraturan ganjil genap ini masih berlaku?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Turboman »

Serba sulit ya

1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil

2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit

Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan

Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)

Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya

CMIIW

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya

1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil

2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit

Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan

Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)

Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya

CMIIW
Masih mending klo cuman menurun,
klo kebakar ngeri2 sedap juga :big_dunno:

BBM iya mbah berasa bangett pertamax 12500 seliter
swasta Vivo yg paling murah aja udh sentuh 13900 seliter, naik Rp 1k dari 12900

pk pertalite, ngelitik pas nanjak cipularang
apa sy pasang produk ajaib BRQ aja yaa, secara sudah direkomen oleh mbah pembalap fitra :mky_04: :upss:

Solusi plg ekonomis, klo bepergian sendiri, pakai Skutik bisa dapat 40-an km/liter betul" hemat

_________________________________________________________________________ :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by ChZ »

Bpurna wrote: Mon Jun 13, 2022 15:31
Kalau mobil plg worth memang ioniq 5 ini sih.

Dari segi akselerasi, mercy or bmw yg 0-100 7detikan kyknya 900jt plus semua harganya.
Dari segi luas kursi, menyerupai e class or s class (harga 1m plus)
Dari segi irit, gak ada yg bs ngelawan.
Dari segi range sesama ev, tesla twice the price.
ummmm accel 7 detikan.... HRV turbo / honda civic turbo 500-600jtan koq :ngacir:

tp ya emang luas kabinnya kalah :mky_03:

size tuh buat ane deal breaker sebenarnya sih. gak kuat pake mobil sebesar ini buat dalem kotaan. :ungg: gak kebayang kalo mau ambil jalan tikus musti mikir 2x.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Turboman »

Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya

1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil

2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit

Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan

Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)

Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya

CMIIW
Masih mending klo cuman menurun,
klo kebakar ngeri2 sedap juga :big_dunno:

BBM iya mbah berasa bangett pertamax 12500 seliter
swasta Vivo yg paling murah aja udh sentuh 13900 seliter, naik Rp 1k dari 12900

pk pertalite, ngelitik pas nanjak cipularang
apa sy pasang produk ajaib BRQ aja yaa, secara sudah direkomen oleh mbah pembalap fitra :mky_04: :upss:

Solusi plg ekonomis, klo bepergian sendiri, pakai Skutik bisa dapat 40-an km/liter betul" hemat

_________________________________________________________________________ :ngacir:
Intinya semakin padat penduduk bumi = semakin mahal harga2 komoditas

gak hanya Minyak bumi

harga2 bahan baku batere spt Lithium / Cobalt / Nikel juga liat aja 15 tahun terakhir naiknya spt apa.......

Tarip listrik juga bisa naik terus jika Coal / Uranium / Gas makin lama makin mahal

Mungkinkah suatu hari nanti punya mobil pribadi = sesuatu yg sgt mewah ?

Mobil ICE = akan mahal di BBM

EV = sgt mahal di batere

CMIIW & Disclemer

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Sat Jun 18, 2022 3:17
Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya

1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil

2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit

Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan

Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)

Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya

CMIIW
Masih mending klo cuman menurun,
klo kebakar ngeri2 sedap juga :big_dunno:

BBM iya mbah berasa bangett pertamax 12500 seliter
swasta Vivo yg paling murah aja udh sentuh 13900 seliter, naik Rp 1k dari 12900

pk pertalite, ngelitik pas nanjak cipularang
apa sy pasang produk ajaib BRQ aja yaa, secara sudah direkomen oleh mbah pembalap fitra :mky_04: :upss:

Solusi plg ekonomis, klo bepergian sendiri, pakai Skutik bisa dapat 40-an km/liter betul" hemat

_________________________________________________________________________ :ngacir:
Intinya semakin padat penduduk bumi = semakin mahal harga2 komoditas

gak hanya Minyak bumi

harga2 bahan baku batere spt Lithium / Cobalt / Nikel juga liat aja 15 tahun terakhir naiknya spt apa.......

Tarip listrik juga bisa naik terus jika Coal / Uranium / Gas makin lama makin mahal

Mungkinkah suatu hari nanti punya mobil pribadi = sesuatu yg sgt mewah ?

Mobil ICE = akan mahal di BBM

EV = sgt mahal di batere

CMIIW & Disclemer
Setuju mbah.
Jaman generasi baby boomer tahap awal, punya rumah hal yg biasa

Makin ke sini, klo ada yg beli rumah jaman now, apalagi cash, itu bener2 sultan.

Bener mbah, klo dipikir2 yaa, mobil ICE pun, in the near future jd barang mewah.
Apalagi EV hahaha
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Jun 18, 2022 4:03
Setuju mbah.
Jaman generasi baby boomer tahap awal, punya rumah hal yg biasa

Makin ke sini, klo ada yg beli rumah jaman now, apalagi cash, itu bener2 sultan.

Bener mbah, klo dipikir2 yaa, mobil ICE pun, in the near future jd barang mewah.
Apalagi EV hahaha
sejarah berulang.

pernah dulu ada waktu punya mobil itu mewah, lama lama orang semua bisa punya mobil.

skrg inflasi makin gila, mobil pun balik jadi barang mewah.

ada om dari kanada, bulan lalu ada kesini cerita, saking housing di sana mahal, anaknya (sepupu ane) rent. dan katanya emang ini trend di sana anak muda saking gak mampu afford housing rata-rata ya ambil rent (yang gak murah juga).

diitung2 sampe mati pun gak bakal bisa beli rumah dengan bayaran UMR sono. rent nya aja mahal.

pension buat orang yang sudah gak bekerja dari negara pun cuma cukup buat bayar rent.

sialnya mobil di usa pun sekarang pada lebih suka sistem lease dibanding beli.

di indo kalau harga mobil makin ga waras, bisa aja nanti generasi muda lebih suka lease drpd beli. ga mikir pajak juga kan. orang kita sewa bukan beli. ga mikir penyusutan, ntar di akhir ownership milih mau ganti baru atau dimiliki, dan udah pasti enakan lease baru lagi.

bank senang, car company senang, kita yang gila hahahaha bayar leasing mobil terus terusan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kendibocor »

Sekarang pun harga mobil makin ga logis, dlm setahun bisa naek beberapa kali. 1-2 dekade lalu kayaknya ga sampe gini2 amat. Sekarang harga mobkas banyak yg mepet harga baru pas 2-3 thn lalu. Depresiasi mobilnya hampir mendekati kenaikan harganya sedangkan buying powernya ga bertambah signifikan. Makanya sekarang mending cepet2 beli mbl atau benda apa yg dimau, sukur2 barangnya bisa jadi barang investasi. Sblm inflasi gila2an dan 2-3 tahun lg ga mampu beli.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Jun 18, 2022 4:12
Suryaputra wrote: Sat Jun 18, 2022 4:03
Setuju mbah.
Jaman generasi baby boomer tahap awal, punya rumah hal yg biasa

Makin ke sini, klo ada yg beli rumah jaman now, apalagi cash, itu bener2 sultan.

Bener mbah, klo dipikir2 yaa, mobil ICE pun, in the near future jd barang mewah.
Apalagi EV hahaha
sejarah berulang.

pernah dulu ada waktu punya mobil itu mewah, lama lama orang semua bisa punya mobil.

skrg inflasi makin gila, mobil pun balik jadi barang mewah.

ada om dari kanada, bulan lalu ada kesini cerita, saking housing di sana mahal, anaknya (sepupu ane) rent. dan katanya emang ini trend di sana anak muda saking gak mampu afford housing rata-rata ya ambil rent (yang gak murah juga).

diitung2 sampe mati pun gak bakal bisa beli rumah dengan bayaran UMR sono. rent nya aja mahal.

pension buat orang yang sudah gak bekerja dari negara pun cuma cukup buat bayar rent.

sialnya mobil di usa pun sekarang pada lebih suka sistem lease dibanding beli.

di indo kalau harga mobil makin ga waras, bisa aja nanti generasi muda lebih suka lease drpd beli. ga mikir pajak juga kan. orang kita sewa bukan beli. ga mikir penyusutan, ntar di akhir ownership milih mau ganti baru atau dimiliki, dan udah pasti enakan lease baru lagi.

bank senang, car company senang, kita yang gila hahahaha bayar leasing mobil terus terusan.
Serba salah emang brother.
Tp ya pilihan dgn "mudhorot" terkecil emang di sana leasing.

Krn udh makin mahal jg pajaknya kan.

Memilih yg terbaik dari hal terburuk :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by sahabatq8 »

Turboman wrote: Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya

1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil

2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit

Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan

Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)

Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya

CMIIW
Kalo saya lebih mikir depresiasi sama advancement 3 tahun kedepan (pasti kyk hp cepet ketinggalan) , sekarang kena early adopter tax.

Kalo batere sih seharusnya gak usah terlalu worry kecuali memang rangenya udah pas pasan. Kalo kita liat data historical tesla yang udah 8 tahun baterenya masih ok bgt.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

Good to read,
https://content.fortune.com/wp-content/ ... y_2022.pdf

Adapting to Endure
ngeri dan sedapp ganss
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Salvanost »

kendibocor wrote: Sat Jun 18, 2022 4:20 Sekarang pun harga mobil makin ga logis, dlm setahun bisa naek beberapa kali. 1-2 dekade lalu kayaknya ga sampe gini2 amat. Sekarang harga mobkas banyak yg mepet harga baru pas 2-3 thn lalu. Depresiasi mobilnya hampir mendekati kenaikan harganya sedangkan buying powernya ga bertambah signifikan. Makanya sekarang mending cepet2 beli mbl atau benda apa yg dimau, sukur2 barangnya bisa jadi barang investasi. Sblm inflasi gila2an dan 2-3 tahun lg ga mampu beli.
gua pernah konsultasi gini di grup lain om...
ada mobil umur 10 tahun mau ganti mobil apa pertahanin aja

mereka2 rata2 jawab pertahanin aja, karena mobil lama lebih gampang dibenerin
kalau mobil baru = parts baru = inflasi terus harga parts naik pasti banyak toko ga mau nyetok, hasilnya partsnya susah didapat

tapi apa berlaku buat Ionicq 5? yang dirakit di Indonesia?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kendibocor »

Salvanost wrote: Sat Jun 18, 2022 12:55
kendibocor wrote: Sat Jun 18, 2022 4:20 Sekarang pun harga mobil makin ga logis, dlm setahun bisa naek beberapa kali. 1-2 dekade lalu kayaknya ga sampe gini2 amat. Sekarang harga mobkas banyak yg mepet harga baru pas 2-3 thn lalu. Depresiasi mobilnya hampir mendekati kenaikan harganya sedangkan buying powernya ga bertambah signifikan. Makanya sekarang mending cepet2 beli mbl atau benda apa yg dimau, sukur2 barangnya bisa jadi barang investasi. Sblm inflasi gila2an dan 2-3 tahun lg ga mampu beli.
gua pernah konsultasi gini di grup lain om...
ada mobil umur 10 tahun mau ganti mobil apa pertahanin aja

mereka2 rata2 jawab pertahanin aja, karena mobil lama lebih gampang dibenerin
kalau mobil baru = parts baru = inflasi terus harga parts naik pasti banyak toko ga mau nyetok, hasilnya partsnya susah didapat

walaupun saya yakin Indonesia ekonominya kuat sebelum pileg dan pilpres 2024
jadi mungkin ketakutan sekarang2 ini baru kelihatan nanti setelah 2024
Dari dlu prinsip bokap mobil jepang max 5 thn, mbl eropa max 7 thn harus ganti. Ya secara ekonomi emang bokap mendukung buat seperti itu. Kebanyakan orang jg ane rasa sama kaya gitu. mindsetnya mobil diatas 5 thn pasti uda bonyok karena emang dari dlu yg rawat mbl ya supir yg agak asal2an. Sebenernya dlu mbl keluarga hampir ga ada masalah sih, cuma emang dari eksterior, interior uda keliatan fatigues nya. Tp Sekarang kayaknya dengan perawatan yg bener mobil bisa kok beyond 5 years or 100k km. Interior eksterior butek tinggal dipoles aja kaya mobil baru lg.

Ane bahkan sekarang lebih demen beli mobkas yg uda depresiasi banyak. Cuman bini yg masih gamau beli mobkas. Sekarang beli mobil baru merasa berdosa begitu sampe rumah langsung depresiasi brp puluh jt, dulu waktu masih dibeliin sih ga mikir. Sekarang beli mobkas, pake brp bulan, bosen, jual kadang bisa untung :big_biglaugh:

Orang kebanyakan pake mbl patokannya 5 thn kayaknya karena lebih ke bosen aja ya. Atau ya model barunya uda keluar. Kalo kaya sekarang menurut ane pribadi lebih wise ganti mbl skip 1 generasi, kecuali emang duitnya unlimited atau near-unlimited :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Sat Jun 18, 2022 4:03
Turboman wrote: Sat Jun 18, 2022 3:17
Suryaputra wrote:
Masih mending klo cuman menurun,
klo kebakar ngeri2 sedap juga :big_dunno:

BBM iya mbah berasa bangett pertamax 12500 seliter
swasta Vivo yg paling murah aja udh sentuh 13900 seliter, naik Rp 1k dari 12900

pk pertalite, ngelitik pas nanjak cipularang
apa sy pasang produk ajaib BRQ aja yaa, secara sudah direkomen oleh mbah pembalap fitra :mky_04: :upss:

Solusi plg ekonomis, klo bepergian sendiri, pakai Skutik bisa dapat 40-an km/liter betul" hemat

_________________________________________________________________________ :ngacir:
Intinya semakin padat penduduk bumi = semakin mahal harga2 komoditas

gak hanya Minyak bumi

harga2 bahan baku batere spt Lithium / Cobalt / Nikel juga liat aja 15 tahun terakhir naiknya spt apa.......

Tarip listrik juga bisa naik terus jika Coal / Uranium / Gas makin lama makin mahal

Mungkinkah suatu hari nanti punya mobil pribadi = sesuatu yg sgt mewah ?

Mobil ICE = akan mahal di BBM

EV = sgt mahal di batere

CMIIW & Disclemer
Setuju mbah.
Jaman generasi baby boomer tahap awal, punya rumah hal yg biasa

Makin ke sini, klo ada yg beli rumah jaman now, apalagi cash, itu bener2 sultan.

Bener mbah, klo dipikir2 yaa, mobil ICE pun, in the near future jd barang mewah.
Apalagi EV hahaha
:big_think:

drpd berandai andai pikir di pikir agans agans,


beli aja ice dan ev,

tungguin akhirnya gimana,

jangan lupa reviw ulasan gans,



:ngacir:
gigarise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Apr 16, 2019 23:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by gigarise »

Paling top konsumsi ioniq 5 km/kwh dapat berapa ya?
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by teppey »

Katanya dalam kota 6-7 km/kwh, kalo di tol jalan 100 paling 5 km/kwh
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

20220702_162636.jpg
3 minggu pakai tol priuk-raya bekazi, sekali ke bogor pp, kena 6.3 km/kwh, pakai mode eco ya, kalo mode sport pedal to the karpet ala-ala tesla ya cuma 3-4 km/kwh. Tapi buat saya novelty gaya2an 0-100 km dibawah 5 detik cuma sesaat koq, sisanya malah coba cari 7km/kwh. :mky_01: :mky_01: :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

teppey wrote: Sat Jul 02, 2022 9:14 Katanya dalam kota 6-7 km/kwh, kalo di tol jalan 100 paling 5 km/kwh
Klo lukot ngeri2 sedap jg ya :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bpurna »

Bibieight wrote: Sat Jul 02, 2022 9:31 20220702_162636.jpg

3 minggu pakai tol priuk-raya bekazi, sekali ke bogor pp, kena 6.3 km/kwh, pakai mode eco ya, kalo mode sport pedal to the karpet ala-ala tesla ya cuma 3-4 km/kwh. Tapi buat saya novelty gaya2an 0-100 km dibawah 5 detik cuma sesaat koq, sisanya malah coba cari 7km/kwh. :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Saudara saya ioniq5 nya kena trouble di ac. Katanya kompresor musti diganti. Nunggu parts aja msh waranty juga. Semoga bukan cacat pabrik. Hrsnya kalo drive eco bisa 7km/kwh
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Bpurna wrote: Sat Jul 02, 2022 15:04
Bibieight wrote: Sat Jul 02, 2022 9:31 20220702_162636.jpg

3 minggu pakai tol priuk-raya bekazi, sekali ke bogor pp, kena 6.3 km/kwh, pakai mode eco ya, kalo mode sport pedal to the karpet ala-ala tesla ya cuma 3-4 km/kwh. Tapi buat saya novelty gaya2an 0-100 km dibawah 5 detik cuma sesaat koq, sisanya malah coba cari 7km/kwh. :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Saudara saya ioniq5 nya kena trouble di ac. Katanya kompresor musti diganti. Nunggu parts aja msh waranty juga. Semoga bukan cacat pabrik. Hrsnya kalo drive eco bisa 7km/kwh
Di Ioniq forum lagi rame ini, yg pada kena di US, rata2 diganti segelondong, masalahnya disana nunggu gelondongan itu bisa 2-3 bulan… :big_cry: :big_cry: :big_cry: . ACnya bukan model kompressor-kondensor biasa kayaknya, tapi model heatpump soalnya sekalian dipake buat ngademin batere juga. Nah kalo di Indonesia tinggal diliat ni, itu stock CKD tetep dipake buat bikin mobil baru atau dipake buat gantiin yg pada kena ACnya…. Besok mau saya ajak kenalan ama DC charger, sekalian liat apa pas dicharge emang kompressornya bener2 Nyasaland enggak…..
gigarise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Apr 16, 2019 23:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by gigarise »

teppey wrote: Sat Jul 02, 2022 9:14 Katanya dalam kota 6-7 km/kwh, kalo di tol jalan 100 paling 5 km/kwh
Bibieight wrote: Sat Jul 02, 2022 9:31 20220702_162636.jpg

3 minggu pakai tol priuk-raya bekazi, sekali ke bogor pp, kena 6.3 km/kwh, pakai mode eco ya, kalo mode sport pedal to the karpet ala-ala tesla ya cuma 3-4 km/kwh. Tapi buat saya novelty gaya2an 0-100 km dibawah 5 detik cuma sesaat koq, sisanya malah coba cari 7km/kwh. :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Wah range anxiety masih ada :big_childish:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by grimjow »

Yang Versi 6, enak di liat nya.

Image

Image

Just for curiosity aja, jadi untuk charge Ioniq 5 baiknya tetap tiap hari gitu? Kalo uda 100% apakah misal nge cut mati sendiri charging nya atau tetap nyala terus?