Turboman wrote: ↑Mon Mar 13, 2017 17:08
Pugman wrote:Setahu saya memang VS itu untuk mobil-mobil sekarang memang ga perlu2 amat.
Saya juga masih bingung gimana caranya VS Naikkan tegangan ke mesin? Apalagi ecu mobil hari ini yang ordonya sudah sampai micro bahkan nano second.
Setahu saya, hal berkaitan dengan elektronik dalam memengaruhi keluaran tenaga itu harus
1. Mengubah timing pengapian
2. Memanipulasi sensor-sensor berkaitan AFR agar menambah/mengurangi Bahan Bakar (piggyback)
3. Mengganti tipe busi
Hal lain sudah mulai masuk dalam ranah mekanis.
IMHO
Voltage regulation yg paling berperan pada kelistrikan mobil ya adalah Volt Regulator si alternator itu sendiri
dan rata2 mobil2 modern volt reg alternatornya dah bagus2 lah
Nah itu dia Om, VS dan VR itu bagian dari komponen power supply unit (PSU), dan ECU itu ibarat CPUnya, power supply yang bagus itu hanya menjamin program yang ada pada CPU dalam ECU berjalan dengan baik, tanpa mempengaruhi clock speed maupun respon time.
Power supply adalah rangkaian analog sedang ecu adalah rangkaian digital. Mobil2 hari ini sudah memiliki unit power supply yang lebih baik dan bisa dikontrol secara digital melalui ECU.
Kenapa saya bilang memperbaiki kelistrikan dapat meningkatkan performa mobil itu tidak masuk akal?
1. Ibarat kita punya sebuah PC dengan CPU core i5 menggunakan PSU 400watt yang efisiensinya 60% lalu kita ganti PSU dengan 400watt namun efisiensinya 85% maka ya tetap saja cpu speed secepat i5 dan ga jadi i7 kecuali clock cycle speed dan respon time kita Naikkan.
2. Kalau ada yang bilang berpengaruh maka ada 2 kemungkinan, yang pertama sugesti yang kedua sebenarnya mobilnya yang performanya menurun namun tidak dirasakan karena saking biasanya dengan mobil sendiri dan begitu kelistrikan diperbaiki performanya kembali mendekati tapi tidak lebih tinggi dari keadaan baru.
Indera manusia tingkat sensitivitas masih dalam ordo miliseken, sedang cpu sanggup hingga nanoseken. Seorang pembalap motor yang terlatih dan berpengalaman saja hanya mampu melakukan shift gear up dalam 0,3seken dan barulah dengan bantuan Quick shifter, clutch assist serta SSG yang dikontrol melalui ECU shifting speed bisa secepat 0,09seken.