Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
BanZai_1111
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 06 Jul 2009, 02:41

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by BanZai_1111 »

Turboman wrote:AFAIK
Sistem Height adjustment di suspensi mobil2 kelas premium biasanya menggunakan sistem tekanan udara (Pneumatic) yg disebut "Air Spring"

Kalo sudah lama biasanya yg bermasalah adalah karet utama pada sistem air spring tsb., menjadi getas lalu retak2 en akhirnya rembes, karena memang beban kerja karet tsb sgt berat. Monggo di cek karet tsb. Kalo kondisi masih bagus lanjut cek shock arbsorber-nya.

Shock :
Shock terletak di tengah air spring, nah ini biasanya juga shock-nya ada pengontrol-nya di bagian atasnya, ada electro motor yg memutar shaft tengah utk mengatur gerbang jalur di dalam shock, jadi bisa diatur kekerasannya.

Well jika sistem ini mulai rusak memang biayanya akan sgt mahal.

IMHO & CMIIW

silahkan yg lebih paham utk sharing.

Terima kasih share nya Om Turboman. :)
Nanti akan coba sy share dgn mekaniknya..

:big_peace:
User avatar
BanZai_1111
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 06 Jul 2009, 02:41

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by BanZai_1111 »

roadtrain99 wrote:@banzai

coba hub. ke auto service di 021 4213335.

waktu itu mereka bilang utk lc ini, mungkin krn jalan di indonesia kurang mulus spt di japan, jadi shock nya ga bisa seawet di jap sana.

semoga membantu.

:beer:

Ok Om Roadtrain99

Nanti akan coba sy hubungi bengkelnya.

Sy baru inget klo Om Roadtrain pernah bantu sy di topic sebelah dlm masalah tempat gantungan jok belakang LC VX100 ya. :)

Thanks alot ya Om...

:big_peace:
User avatar
BanZai_1111
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 06 Jul 2009, 02:41

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by BanZai_1111 »

solar_kerosen wrote:Kalau sudah rusak gitu dan mobilnya keluaran 2001 berarti udah lebih 5 tahun yah mana sistem suspensi Air + electronic control yah sudahlah

pilihan jelas cuma 2 :

- ganti semua air suspensionnya berikut shocknya , gak mungkin cuma satu yg diganti ntar rusak lagi masalah lagi

- Lembiru lempar beli yg baru lagi

Ok Boss..
Thanks anyway buat comment nya..

Share/comment yg sangat bijak n tepat utk sebuah topic konsultasi...
Masalah dlm topic ini langsung bisa terjawab n terselesaikan...
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 11 Aug 2009, 15:11
Location: Medan

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by firawan6275 »

Om Banzai,

Saya ada sih pdf file factory service manual TLC LC100 ini, sayangnya bagian AHC system ini nggak ada dalam manual tersebut.

Saya pikir penjelasan gamblang Om Turboman bisa ditindaklanjuti..Apa sudah coba cek ke Auto2000 yang di seberang ulu? Harusnya mereka bisa diagnosa dan temukan problemnya mengingat mereka dealer yg tentu dilengkapi dengan literatur dan tools untuk memperbaiki.

Apa benar harganya sebiji sekitar 11 jt? LC100nya VINnya brp Om? Coba masuk ke link ini :
http://www.toyodiy.com/parts/p_G_2001_T ... 805.5.html Klo nggak salah P/N nya accumulator depan 49141-60010. dan coba cek link ini
http://autopart.co.id/?page=products&kat=TOYOTA&num=57. Harganya sekitar Rp. 4,1 juta/biji. Hanya belum tahu apakah memang original Toyota?
Klo dari toyodiy refrensinya (dirupiahkan) sekitar Rp. 6,5 jt/biji (belum ongkir).

Mudah2an problemnya bisa diselesaikan, Thanks.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 11 Aug 2009, 15:11
Location: Medan

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by firawan6275 »

firawan6275 wrote:Om Banzai,

Saya ada sih pdf file factory service manual TLC LC100 ini, sayangnya bagian AHC system ini nggak ada dalam manual tersebut.

Saya pikir penjelasan gamblang Om Turboman bisa ditindaklanjuti..Apa sudah coba cek ke Auto2000 yang di seberang ulu? Harusnya mereka bisa diagnosa dan temukan problemnya mengingat mereka dealer yg tentu dilengkapi dengan literatur dan tools untuk memperbaiki.

Apa benar harganya sebiji sekitar 11 jt? LC100nya VINnya brp Om? Coba masuk ke link ini :
http://www.toyodiy.com/parts/p_G_2001_T ... 805.5.html Klo nggak salah P/N nya accumulator depan 49141-60010. dan coba cek link ini
http://autopart.co.id/?page=products&kat=TOYOTA&num=57. Harganya sekitar Rp. 4,1 juta/biji. Hanya belum tahu apakah memang original Toyota?
Klo dari toyodiy refrensinya (dirupiahkan) sekitar Rp. 6,5 jt/biji (belum ongkir).

Mudah2an problemnya bisa diselesaikan, Thanks.
Ini ada link lagi mengenai AHC Om..klo Om bisa join di milis forum ini mungkin mereka bisa bantu atau malah kasih copy service manual kayak yg mereka posting utk troubleshooting AHC.
http://forum.ih8mud.com/100-series-crui ... ota-2.html

Di milis ini ada link manual tapi punya TLC Amazon, kayaknya ada bagian tentang AHCnya :
http://www.tlocuk.co.uk/forums/viewtopi ... 6c4040397d
Ini link donlot manualnya :
http://www.mudtoys.com/manuals/100/05rm.pdf

Di milis ini juga banyak bahasan tentang AHC, siapa tahu beberapa poin cek diantaranya bisa dicoba. Thanks.
User avatar
BanZai_1111
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 06 Jul 2009, 02:41

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by BanZai_1111 »

firawan6275 wrote:
firawan6275 wrote:Om Banzai,

Saya ada sih pdf file factory service manual TLC LC100 ini, sayangnya bagian AHC system ini nggak ada dalam manual tersebut.

Saya pikir penjelasan gamblang Om Turboman bisa ditindaklanjuti..Apa sudah coba cek ke Auto2000 yang di seberang ulu? Harusnya mereka bisa diagnosa dan temukan problemnya mengingat mereka dealer yg tentu dilengkapi dengan literatur dan tools untuk memperbaiki.

Apa benar harganya sebiji sekitar 11 jt? LC100nya VINnya brp Om? Coba masuk ke link ini :
http://www.toyodiy.com/parts/p_G_2001_T ... 805.5.html Klo nggak salah P/N nya accumulator depan 49141-60010. dan coba cek link ini
http://autopart.co.id/?page=products&kat=TOYOTA&num=57. Harganya sekitar Rp. 4,1 juta/biji. Hanya belum tahu apakah memang original Toyota?
Klo dari toyodiy refrensinya (dirupiahkan) sekitar Rp. 6,5 jt/biji (belum ongkir).

Mudah2an problemnya bisa diselesaikan, Thanks.
Ini ada link lagi mengenai AHC Om..klo Om bisa join di milis forum ini mungkin mereka bisa bantu atau malah kasih copy service manual kayak yg mereka posting utk troubleshooting AHC.
http://forum.ih8mud.com/100-series-crui ... ota-2.html

Di milis ini ada link manual tapi punya TLC Amazon, kayaknya ada bagian tentang AHCnya :
http://www.tlocuk.co.uk/forums/viewtopi ... 6c4040397d
Ini link donlot manualnya :
http://www.mudtoys.com/manuals/100/05rm.pdf

Di milis ini juga banyak bahasan tentang AHC, siapa tahu beberapa poin cek diantaranya bisa dicoba. Thanks.

Om Firawan, terima kasih banyak atas share & link2 yg sdh di share, yg sangat byk bermanfaat dlm masalah yg sedang dihadapi.
Mudah2an masalah mobil kami ini bisa segera teratasi.

Sekali lg terima kasih dan maaf sudah ikutan repot...hehe

Salam utk keluarga ya Om..

:big_peace:
CarPort
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 05 Mar 2009, 12:39

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by CarPort »

hi, mau nanya dimana bisa cari sokbeker buat LC VX 87 turbo.. udah nanya ke pusat, mesti order ke jepang sekitar 2 bulan.. katanya siy agak lama karena tsunami..
ada alternatif ga cari sokbekernya di jakarta?
flame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: 23 Jan 2009, 18:21

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by flame »

@BanZai_1111, salam kenal. Gimana kelanjutannya?
mau sharing pengalaman, pernah mengalami masalah hidrolik suspension pada LC VX100 limited nya saudara aku.
5 thn yll, gejalanya: suspensi yang keras, bouncing2, tidak ada peredaman sama sekali. Diamati ke kolong, ternyata setiap SA nya terhubung ke satu accumulator.

Coba cari info di situs LC luar negeri, dan ada link seperti SMers sarankan di atas.
Jadi coba2 kuras hidrolik sendiri, karna warna oli hidroliknya sudah putih (seperti tercampur air). Hitung2 paling habis 1 kaleng AHC liquid yg diorder dari toyota, (harga waktu itu: 200rb-an per 2,5 liter).
Setelah selesai kuras dan diisi oli baru, tes mobil sejauh 300 meter pertama, suspensi normal, lebih dari itu, kambuh lagi.

Akhirnya aku bawa ke Auto2K. Setelah dites ama mekaniknya, dikasi kesimpulan bahwa hidrolik suspension nya dah "kena".
Yg perlu diganti adalah accumulator (yg berbentuk seperti bola), karna tidak bisa diperbaiki. Kalo ga salah di parts tsb tertulis "DO NOT TRY TO CUT OR TO PUNCTURE OR TO REPAIR THIS UNIT."
Kira2 tertulis demikian. Dari Beres tsb, tidak dapat dipastikan parts tsb ada dan berapa harganya, sebab LC tsb built up. Tetapi disarankan supaya mencari parts tersebut sendiri. Ada customer yg beli sendiri dari Aussie, harga pada waktu itu belasan juta rupiah per buah x 4 = 50~60jt-an.
Karena mau hemat, maka pilihan di atas dikesampingkan dulu.

Langkah selanjutnya, menghilangkan fitur mewah "hidrolik" atau height controlnya. Yaitu: order suspension system buatan Old Man Emu.
Satu set per dan SA muka dan belakang yg berbanderol Rp7jt-an. Ini menjadi solusinya sampai sekarang.
Copot AHC controller berserta tangki oli (yg terbuat dari plastik), copot semua accumulator. Sementara pipa hidrolik dibiarkan pada tempatnya karena tidak mengganggu dan tentunya disumbat plug plastik pada ujung2nya.
Hasil akhir: suspensi mantap berkelas offroad.

Om BanZai_1111, gimana kondisi oli hidroliknya? Kalo warnanya putih, berarti accumulatornya dah rusak, alias gas nitrogen sudah bercampur dengan oli hidrolik, akibat seal pemisahnya ruang gas dan oli pecah/bocor.

Sekian. :frm_salut:
User avatar
BanZai_1111
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 06 Jul 2009, 02:41

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by BanZai_1111 »

Selamat malam semua,..
Maaf beribu maaf saya baru sempat kasih testi ttg LC VX100 saya.

Setelah baca2 share dari Om-Om disini, dan hasilnya saya komunikasikan dengan mekanik, akhirnya masalah pada LC saya terselesaikan.

Ternyata, sesuai dgn link2 yg di share disini (terutama oleh Om Firawan), penyebab utama kerusakannya adalah pada Accumulator.

Diawal, kami sempat ganti dgn shockbreaker, tapi masalah tetap ada.
Kemudian kami coba utk memindahkan Accumulator yg di belakang ke depan, hasilnya bagian belakang jadi bouncing2 ga karuan, sedangkan bagian depan (yang dipasang Accumulator belakang), menjadi normal.

Dan secara kebetulan pula kami mendapatkan Accumulator ini tidak terlalu susah (ada penjual kenalan mekanik yg ready stock), dan tidak terlalu mahal seperti yg ada di benak kami selama ini..

Alhasil, setelah Accumulator diganti yg baru dan Olienya di kuras, mobil kembali normal.

Sekedar info (siapa tau ada Om yg ketemu masalah yg sama), total biaya perbaikan (ganti 2 Accumulator) masih hitungan dibawah 20 jt.

Demikian testi dari saya..
Maaf atas terlambatnya kasih testi..

Terakhir saya mau ucapkan terima kasih kepada Om Firawan6275, Om Turboman, Om Roadtrain99 dan Om-Om yang lain yang sudah bersusah payah bantu cariin link dan sharing disini...

Buat SM, saya ucapkan terima kasih atas "space" yang sudah diberikan yang sangat membantu saya dalam mencari solusi kerusakan mobil saya, semoga SM lebih sukses..

:big_peace:
User avatar
BanZai_1111
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 06 Jul 2009, 02:41

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by BanZai_1111 »

CarPort wrote:hi, mau nanya dimana bisa cari sokbeker buat LC VX 87 turbo.. udah nanya ke pusat, mesti order ke jepang sekitar 2 bulan.. katanya siy agak lama karena tsunami..
ada alternatif ga cari sokbekernya di jakarta?

Hallo Om Carport, sekedar info kemaren saya sempat tanya ke bengkel langganan saya di Palembang, mereka bilang shockbreaker utk VX80 merk Billstein harganya Rp. 8 jt/set (depan dan belakang), belum termasuk per.
Mungkin klo Om Carport beli langsung di jakarta bisa agak murah..

Tapi klo mau cari yang asli seperti bawaan mobil, mungkin aja memang harus order dulu.

Tapi menurut saya justru lebih enak pake Billstein ini dibandingin yg asli, krn sy jg sdh pake.
Kata mekaniknya sdh double action.. imho

:big_peace:
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 11 Aug 2009, 15:11
Location: Medan

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by firawan6275 »

BanZai_1111 wrote:Selamat malam semua,..
Maaf beribu maaf saya baru sempat kasih testi ttg LC VX100 saya.

Setelah baca2 share dari Om-Om disini, dan hasilnya saya komunikasikan dengan mekanik, akhirnya masalah pada LC saya terselesaikan.

Ternyata, sesuai dgn link2 yg di share disini (terutama oleh Om Firawan), penyebab utama kerusakannya adalah pada Accumulator.

Diawal, kami sempat ganti dgn shockbreaker, tapi masalah tetap ada.
Kemudian kami coba utk memindahkan Accumulator yg di belakang ke depan, hasilnya bagian belakang jadi bouncing2 ga karuan, sedangkan bagian depan (yang dipasang Accumulator belakang), menjadi normal.

Dan secara kebetulan pula kami mendapatkan Accumulator ini tidak terlalu susah (ada penjual kenalan mekanik yg ready stock), dan tidak terlalu mahal seperti yg ada di benak kami selama ini..

Alhasil, setelah Accumulator diganti yg baru dan Olienya di kuras, mobil kembali normal.

Sekedar info (siapa tau ada Om yg ketemu masalah yg sama), total biaya perbaikan (ganti 2 Accumulator) masih hitungan dibawah 20 jt.

Demikian testi dari saya..
Maaf atas terlambatnya kasih testi..

Terakhir saya mau ucapkan terima kasih kepada Om Firawan6275, Om Turboman, Om Roadtrain99 dan Om-Om yang lain yang sudah bersusah payah bantu cariin link dan sharing disini...

Buat SM, saya ucapkan terima kasih atas "space" yang sudah diberikan yang sangat membantu saya dalam mencari solusi kerusakan mobil saya, semoga SM lebih sukses..

:big_peace:
Alhamdulillah..buah sabar bisa selesai juga ya Om problemnya..bagusnya problem ini disharing sehingga klo ada yang punya problem sama paling tidak ada referensi untuk mutusin mau ngambil solusi yang mana. Klo mau tetap kayak asli atau tetap bisa berfungsi baik hanya tidak sama seperti aslinya.
Mudah-mudahan solusinya bisa awet. Thanks..
User avatar
BanZai_1111
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 06 Jul 2009, 02:41

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by BanZai_1111 »

firawan6275 wrote:
Alhamdulillah..buah sabar bisa selesai juga ya Om problemnya..bagusnya problem ini disharing sehingga klo ada yang punya problem sama paling tidak ada referensi untuk mutusin mau ngambil solusi yang mana. Klo mau tetap kayak asli atau tetap bisa berfungsi baik hanya tidak sama seperti aslinya.
Mudah-mudahan solusinya bisa awet. Thanks..

Iya Om Firawan, Alhamdulillah... sesuatu .. :lol:

Mudah-mudahan solusinya bisa bertahan lama..

Sekali lagi terima kasih byk ya Om Firawan & Om-Om yg lain yg sdh bantu share....

:big_peace:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by asudarsono »

Maaf bos, baru masuk tret ini. Syukurlah masalahnya sudah selesai.

Kalau suspensi udara, bila terjadi bouncing dan keras, memang bola2 (akumulator) yang kena. Saya belum pernah lihat punyanya Land Cruiser, tapi kalau ada persamaannya dengan Citroen, satu bola harganya cuma 400 ribu rupiah. Yang perlu diketahui adalah tekanannya berapa bar, tertulis di leher bola2nya.

Bola2 itu jangan dibalik depan belakang, soalnya tekanannya berlainan

Kalau yang ada tulisan "Do not try to .....", di dunia Citroen artinya ini buatan Cina, kalau yg buatan Perancis bisa disuntik ulang beberapa kali. Bedanya, yg buatan Perancis ada lubangnya, seperti di bola basket. Biaya suntik ulang Rp 150 ribu. Kekuatannya sih sama saja, 3 - 4 tahun. Gak masalah kok jalanan rusak, libas aja. Faktor jebol biasanya krn usia, dan oli yg jelek.
Ready to Race
indrafarni
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 30 Jul 2014, 14:54

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by indrafarni »

Salam kenal semua SMers
Saya juga mempunyai masalah dengan Suspensi belakang Land Cruiser 100 tahun 2001. Setelah diganti Shock Absorber (rekomentasi/diganti oleh Auto 2000) dengan yang Original tetap terasa seperti Shock mati (memantul mantul melewati tanggul, lobang, dan jalan yang tidak rata). Mekanik berusaha untuk menelurusi masalah di Hidroliknya. Sudah seminggu di bengkel. Apakah masalah ini juga di Accumulator seperti diskusi diatas ?. Mohon pencerahan, pengalaman dan rekomendasi solusi permasalahan ini maupun ketersediaan Partnya untuk saya diskusikan balik di Auto 2000 Padang.
Ricky22
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 14 Nov 2015, 23:01

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by Ricky22 »

BanZai_1111 wrote:Selamat malam semua,..
Maaf beribu maaf saya baru sempat kasih testi ttg LC VX100 saya.

Setelah baca2 share dari Om-Om disini, dan hasilnya saya komunikasikan dengan mekanik, akhirnya masalah pada LC saya terselesaikan.

Ternyata, sesuai dgn link2 yg di share disini (terutama oleh Om Firawan), penyebab utama kerusakannya adalah pada Accumulator.

Diawal, kami sempat ganti dgn shockbreaker, tapi masalah tetap ada.
Kemudian kami coba utk memindahkan Accumulator yg di belakang ke depan, hasilnya bagian belakang jadi bouncing2 ga karuan, sedangkan bagian depan (yang dipasang Accumulator belakang), menjadi normal.

Dan secara kebetulan pula kami mendapatkan Accumulator ini tidak terlalu susah (ada penjual kenalan mekanik yg ready stock), dan tidak terlalu mahal seperti yg ada di benak kami selama ini..

Alhasil, setelah Accumulator diganti yg baru dan Olienya di kuras, mobil kembali normal.

Sekedar info (siapa tau ada Om yg ketemu masalah yg sama), total biaya perbaikan (ganti 2 Accumulator) masih hitungan dibawah 20 jt.

Demikian testi dari saya..
Maaf atas terlambatnya kasih testi..

Terakhir saya mau ucapkan terima kasih kepada Om Firawan6275, Om Turboman, Om Roadtrain99 dan Om-Om yang lain yang sudah bersusah payah bantu cariin link dan sharing disini...

Buat SM, saya ucapkan terima kasih atas "space" yang sudah diberikan yang sangat membantu saya dalam mencari solusi kerusakan mobil saya, semoga SM lebih sukses..

:big_peace:
Pak Banzai, masalah Bapak ini terjadi pada mobil saya sekarang, bahkan dengan kondisi yang lebih parah. Mobil saya ada di Pekanbaru. Dipakai sehari-hari ke ladang, dengan kondisi jalan tanah lumpur. Suatu ketika saya menabrak lubang dengan diameter sekitar 100 cm, kedalaman 10 cm, dalam kecepatan 110km/jam. Akibatnya, keempat suspensi mobil saya turun, persis seperti mobil tanpa per / air spring. Masih bisa jalan dan belok, karena ban tidak menyentuh fender. Namun sangat tidak nyaman, karena pantulan mobil hanya mengandalkan tebal / tingginya ban saja. Sudah di diagnosa di bengkel Auto Service, daerah Cempaka Putih, Jakarta, menurut mereka permasalahannya terletak di accumulator dan sa, pada keempat roda (disini saya baru ketahui bahwa mulai tipe LC100 atau yang menggunakan AHC tidak direkomendasikan oleh Toyota/Lexus digunakan dijalan offroad). Saya juga sudah baca semua artikel muncul di room ini, maka saya yakin dengan diagnose tersebut.

Pertanyaan saya, bisakah Bapak membantu saya dimana saya bisa mendapatkan accumulator tersebut Pak? Saya mohon informasinya disini atau dengan email saya : [email protected]. Sangat berterimakasih atas waktu dan informasinya Pak.
Ricky22
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 14 Nov 2015, 23:01

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by Ricky22 »

flame wrote:@BanZai_1111, salam kenal. Gimana kelanjutannya?
mau sharing pengalaman, pernah mengalami masalah hidrolik suspension pada LC VX100 limited nya saudara aku.
5 thn yll, gejalanya: suspensi yang keras, bouncing2, tidak ada peredaman sama sekali. Diamati ke kolong, ternyata setiap SA nya terhubung ke satu accumulator.

Coba cari info di situs LC luar negeri, dan ada link seperti SMers sarankan di atas.
Jadi coba2 kuras hidrolik sendiri, karna warna oli hidroliknya sudah putih (seperti tercampur air). Hitung2 paling habis 1 kaleng AHC liquid yg diorder dari toyota, (harga waktu itu: 200rb-an per 2,5 liter).
Setelah selesai kuras dan diisi oli baru, tes mobil sejauh 300 meter pertama, suspensi normal, lebih dari itu, kambuh lagi.

Akhirnya aku bawa ke Auto2K. Setelah dites ama mekaniknya, dikasi kesimpulan bahwa hidrolik suspension nya dah "kena".
Yg perlu diganti adalah accumulator (yg berbentuk seperti bola), karna tidak bisa diperbaiki. Kalo ga salah di parts tsb tertulis "DO NOT TRY TO CUT OR TO PUNCTURE OR TO REPAIR THIS UNIT."
Kira2 tertulis demikian. Dari Beres tsb, tidak dapat dipastikan parts tsb ada dan berapa harganya, sebab LC tsb built up. Tetapi disarankan supaya mencari parts tersebut sendiri. Ada customer yg beli sendiri dari Aussie, harga pada waktu itu belasan juta rupiah per buah x 4 = 50~60jt-an.
Karena mau hemat, maka pilihan di atas dikesampingkan dulu.

Langkah selanjutnya, menghilangkan fitur mewah "hidrolik" atau height controlnya. Yaitu: order suspension system buatan Old Man Emu.
Satu set per dan SA muka dan belakang yg berbanderol Rp7jt-an. Ini menjadi solusinya sampai sekarang.
Copot AHC controller berserta tangki oli (yg terbuat dari plastik), copot semua accumulator. Sementara pipa hidrolik dibiarkan pada tempatnya karena tidak mengganggu dan tentunya disumbat plug plastik pada ujung2nya.
Hasil akhir: suspensi mantap berkelas offroad.


Om BanZai_1111, gimana kondisi oli hidroliknya? Kalo warnanya putih, berarti accumulatornya dah rusak, alias gas nitrogen sudah bercampur dengan oli hidrolik, akibat seal pemisahnya ruang gas dan oli pecah/bocor.

Sekian. :frm_salut:
Selamat malam Pak, saya mau tanya soal penggantian dari AHC menjadi suspensi manual (spring+sa) dengan merk Old Man Emu. Dimana saya bisa mendapatkannya ya? dan apakah mencopot semua part AHC adalah hal yang sulit? Mohon rekomendasi bengkelnya di Palembang. Mobil saya bermasalah persis sama dengan Pak Banzai. Suspensi pada keempat rodanya amblas.
undertaker2011
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 26 Nov 2013, 08:35

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by undertaker2011 »

gimana upodate-na om ricky?
apakah udah selesai masalah di LC-na? and trus jadi pake si EMu ngga?

abis semua-na brp om?
Nathan4195
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 11 May 2019, 10:30
Location: Surabaya Indonesia
Daily Vehicle: LC VX 100

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by Nathan4195 »

Selamat siang...

Saya mohon bantuannya kepada SMers.

Saya ada masalah pada LC VX 100 th 2001.
Mobil ini kalo sedang jalan, sering ada hentakan/jedug2 pada saat tekan atau lepas gas... Kondisi ini membuat tidak nyaman saat dikendarai pada saat dijalan akan mendahului kendaraan lain atau cepat... Situasi ini juga terjadi pada saat mengurangi kecepatan dengan melepas gas... Saya sudah pernah konsul dan tanyakan kpd teknisi/montir di bebrp bengkel bahkan AUTO 2000 sunter yg mengatakan bhw memang demikian ciri/karakter dari VX 100 yg memiliki power mesin yg besar... Disamping itu tarikannya terasa lambat dan berat (turbo sdh ganti baru 1 set dan tidak ada kebocoran oli ataupun yg lain disekitar mesin), Di siasati dengan merubah stasioner boshpomp... Alhasil akselerasi tarikan ada perubahan meningkat sedikit terasa lebih cepat dibandingkan sebelumnya, namun terjadi getaran di mesin pada putaran rendah rpm 2000...

Kalo seandainya ada SMers yg pernah punya pengalaman atau mengerti tentang masalah ini, saya mohon bantuan dan pencerahan-nya.

Terima kasih untuk Moderator dan rekan2 SMers...
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 24 Jun 2011, 22:20

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by Gl4cier »

jedug2 itu spelleng nya mesti di benerin, kynya ngak ada urusan sama ipump itu
Ricky22
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 14 Nov 2015, 23:01

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by Ricky22 »

undertaker2011 wrote: 17 Feb 2016, 12:34 gimana upodate-na om ricky?
apakah udah selesai masalah di LC-na? and trus jadi pake si EMu ngga?

abis semua-na brp om?
Terhadap masalah saya, sekitar akhir tahun 2016, akhirnya driver saya ketemu dengan seorang mekanik rumahan di pekanbaru yang bisa perbaiki airsusnya jadi bisa aktif kembali. Menurut mekanik tersebut masalahnya ada di elektrikal bukan mekanikal. Biayanya 250 ribu. Tapi menurut saya masih tetap ada yang harus diperiksa kembali karena setelah naik selama sekitar 2 jam, suspensi turun sendiri ke level dibawahnya (high-normal / normal-low) secara berangsur-angsur. Proses penurunan tingkat suspensi tidak terasa apalagi jika mobil sambil jalan. Jadi penurunannya tidak secepat seperti kita ubah tinggi suspensi melalui tombol ya. Sepertinya ada yang bocor halus pada balon, sehingga tekanan udara berkurang sedikit demi sedikit. Bagi teman teman yang alami seperti saya dan tinggal di pekanbaru nanti saya bisa kesih alamat bengkelnya. Jadi saya belum mengubah kaki kaki ke EMU / konvensional nih Om. Kalau sudah ganti nanti saya update kembali. Thankyou.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: 14 Apr 2009, 04:56

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by agathos »

Ricky22 wrote: 11 Mar 2020, 20:38
undertaker2011 wrote: 17 Feb 2016, 12:34 gimana upodate-na om ricky?
apakah udah selesai masalah di LC-na? and trus jadi pake si EMu ngga?

abis semua-na brp om?
Terhadap masalah saya, sekitar akhir tahun 2016, akhirnya driver saya ketemu dengan seorang mekanik rumahan di pekanbaru yang bisa perbaiki airsusnya jadi bisa aktif kembali. Menurut mekanik tersebut masalahnya ada di elektrikal bukan mekanikal. Biayanya 250 ribu. Tapi menurut saya masih tetap ada yang harus diperiksa kembali karena setelah naik selama sekitar 2 jam, suspensi turun sendiri ke level dibawahnya (high-normal / normal-low) secara berangsur-angsur. Proses penurunan tingkat suspensi tidak terasa apalagi jika mobil sambil jalan. Jadi penurunannya tidak secepat seperti kita ubah tinggi suspensi melalui tombol ya. Sepertinya ada yang bocor halus pada balon, sehingga tekanan udara berkurang sedikit demi sedikit. Bagi teman teman yang alami seperti saya dan tinggal di pekanbaru nanti saya bisa kesih alamat bengkelnya. Jadi saya belum mengubah kaki kaki ke EMU / konvensional nih Om. Kalau sudah ganti nanti saya update kembali. Thankyou.
Land cruiser 100 pakai hydraulics suspension om bukan air suspension. Jadi gak ada balon udara dan pompa udara. Yang ada shock, actuators, dan pompa hydraulics. Common problem adalah leaking shocks atau actuators yang udah tewas jadi gak bisa sustain height nya. Ini biasanya karena bad hydraulics oil servicing, biasa nya setelah lepas service atpm oli hydraulics gak pernah di ganti jadi masalah.

Kalau mau ganti shock biasa bisa pakai old man emu kit tapi tetap harus disable hydraulic suspension syst nya. 100 series depan pakai torsion bar jadi kalau mau di ajdust tinggi depan bisa, tapi belakang harus ganti spring atau pakai spring spacer kalau mau tambah tinggi.

Dari sisi electrical, saya pernah sensor height nya kendur baut nya dan jadi error, setelah di benerin normal lagi tapi haris cek secara menyeluruh
Ricky22
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 14 Nov 2015, 23:01

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by Ricky22 »

agathos wrote: 11 Mar 2020, 20:53
Ricky22 wrote: 11 Mar 2020, 20:38
undertaker2011 wrote: 17 Feb 2016, 12:34 gimana upodate-na om ricky?
apakah udah selesai masalah di LC-na? and trus jadi pake si EMu ngga?

abis semua-na brp om?
Terhadap masalah saya, sekitar akhir tahun 2016, akhirnya driver saya ketemu dengan seorang mekanik rumahan di pekanbaru yang bisa perbaiki airsusnya jadi bisa aktif kembali. Menurut mekanik tersebut masalahnya ada di elektrikal bukan mekanikal. Biayanya 250 ribu. Tapi menurut saya masih tetap ada yang harus diperiksa kembali karena setelah naik selama sekitar 2 jam, suspensi turun sendiri ke level dibawahnya (high-normal / normal-low) secara berangsur-angsur. Proses penurunan tingkat suspensi tidak terasa apalagi jika mobil sambil jalan. Jadi penurunannya tidak secepat seperti kita ubah tinggi suspensi melalui tombol ya. Sepertinya ada yang bocor halus pada balon, sehingga tekanan udara berkurang sedikit demi sedikit. Bagi teman teman yang alami seperti saya dan tinggal di pekanbaru nanti saya bisa kesih alamat bengkelnya. Jadi saya belum mengubah kaki kaki ke EMU / konvensional nih Om. Kalau sudah ganti nanti saya update kembali. Thankyou.
Land cruiser 100 pakai hydraulics suspension om bukan air suspension. Jadi gak ada balon udara dan pompa udara. Yang ada shock, actuators, dan pompa hydraulics. Common problem adalah leaking shocks atau actuators yang udah tewas jadi gak bisa sustain height nya. Ini biasanya karena bad hydraulics oil servicing, biasa nya setelah lepas service atpm oli hydraulics gak pernah di ganti jadi masalah.

Kalau mau ganti shock biasa bisa pakai old man emu kit tapi tetap harus disable hydraulic suspension syst nya. 100 series depan pakai torsion bar jadi kalau mau di ajdust tinggi depan bisa, tapi belakang harus ganti spring atau pakai spring spacer kalau mau tambah tinggi.

Dari sisi electrical, saya pernah sensor height nya kendur baut nya dan jadi error, setelah di benerin normal lagi tapi haris cek secara menyeluruh
Noted, om.
gardamc2000
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 05 Jul 2022, 08:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Tanya: Masalah pada Toyota Landcruiser (LC100)

Post by gardamc2000 »

Slm pagi ijin info jika ( T Cygnus 2001 VX100) mengalami:
1.Posisi AHC berubah dgn sendirinya dari H-N dan L-N .
2. Apakah bila AHC pada posisi off bantingan akan berkurang bounching nya?
3. Dimana ( jakarta) tempat memperbaikan yg sekalian menyediakan suku cadangnya
Terima kasih ya teman teman saya sangat berharap bantuan informasi ini tksh salam R Sulaiman 0818154125
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post