tanya soal transmisi

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
mjieffect0909
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 14 Mar 2022, 13:39
Location: Jakarta

tanya soal transmisi

Post by mjieffect0909 »

Pagi om2 dan suhu2 smua, jadi gini, Teana J31 ane (VQ23DE) pas lebaran lg pulkam lewat jalur puncak nglamin tiba2 transmisi nyangkut di transmisi rendah, padahal posisi tuas D, tp speed mentok di 40-50kpj dengan rpm 3000-4000rpm (padahal klo normal kecepatan sgitu paling 2000an rpm. Tuasnya sih ga macet atau keras, cuma klo di pindah ke gigi manapun rasanya sama. Ane coba lah berhenti di pinggir jalan, buka kap, ruang mesin panas.... nah ane tunggu dingin bentar, coba jalan lg ,,, sempet normal sekitar beberapa menit... trus gitu lg .... sampe rumah ane cek level oli transmisi (kondisi hot) normal. Besoknya cek lagi kondisi cold agak kurang. Okelah pikir ane tambah atf aja (karena kondisi atf juga ga berbau dan warna masih pink cerah gaada serbuk2 aneh dll). OK normal.... (Pas dibawa ke bengkel buat servis rutin pun mekanik cek atf normal cuma emg kurang dikit)

Nah minggu kemaren ane jalanin lg buat JJS dari pas pulang dikit lg mo sampe tiba2 kejadian ky gitu lg, Ane pun bingung.... nah
ada beberapa hal yg mo ane konfirmin (iya tau pasti dibawa ke bengkel cuma at least biar lebih tau klo ada ky2 gini)

1. Penggunaan ane saat di jalur puncak itu ane pake ke Posisi 2, karena ini posisi paling enak buat nanjak , dapetin momentum dan bisa nahan pas turunan (engine brake), ane blom coba pake kickdown karena klo asumsi ane jadi kaya maksa transmisi, so apakah usage ane salah ? apakah yg bener kickdown. Jika salah apakah ini penyebab itu terjadi ?

2. Asumsi ane penyebabny dan solusiny mungkin
2.1. Mild case : perlu kuras dan ganti oli matic seluruhnya (karena pas liat service record owner sebelumnya ganti atf sekitar 1-2 thun yg lalu. Sanggahan : kondisi atf masih ok, dan walau sudah 1-2 thun yg lalu, pemakaian owner sblmnya cuma dipanasin sama ortunya tiap bbrp hari sekali. Karena doinya rantau.
2.2. Worst case : ada komponen transmisi yg perlu diganti mengingat ini mobil 2005 dan belum pernah turun matic samsek.
Sanggahan : Kalau nanti ternyata dibongkar trnyata g knp2 dan cuma harus ganti kuras oli aja , jadinya ga efisien dan makan waktu wkwkwk :mky_01:
2.3. Nyeleneh : apakah patut dicoba aditif2 matic (macem GC m*xp*o) yg sliweran di yutub2 buat mencegah/ ngobatin problem matic ringan.
Sanggahan : even if use that kayanya cuma solusi temporary sih dan khawatir akan not good for long term or even ngerusak seal2 matic.
2.4. Asumsi baru kemaren : apakah karena overheat ? kemaren pas iseng buka tutup radiator ada sludge/lumpur gitu .. apa bisa jadi penyebbabnya karena coolingnya ga optimal ? hmmm
Sanggahan : tp suara mesin normal, dan indikator overheat pun ga nyala kok

Jadi klo menurut experience, insting/feeling atau naluri atau apapun itulah wkwkw suhu2 di mari, manakah poin yg patut di lakukan ?
Karena misal : klo emg perlunya poin 2.2. kan berarti ga harus nglakuin 2.1. ... wong skalian... :mky_01: :mky_01:

Terimakasih suhu2 SM
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: tanya soal transmisi

Post by racho »

kalo dari gejala yang disebutkan... potensi masalah antara di valve body (mungkin agak mampet ato seal rembes) atau kanvas kopling maticnya selip waktu panas; karena gak mau masuk gigi tinggi.

poin 2.3 cobain aja. murah ini... tapi ya memang hanya akan mengobati sementara gejala selip2. ato bisa juga semacam lucas transmission fix (ini buat bikin kental oli matic = nambah tekanan di kopling). tapi kalo bener kanvas kopling selip ya memang perlu turun matic.

btw, odo udah berapa?
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: tanya soal transmisi

Post by ariswp »

Poin nomer 1 itu agak tricky sih
Di generasi crv re saya, dimana persneling konfigurasinya : PRND21,
Awalnya saya kira gigi 2 itu artinya bermain di 1 dan 2, tapi ternyata hanya 2 saja, tidsk bisa pindah ke 1 ketika medan makin curam dan kecepatan menurun,
Saya kickdown pun gak nurunin gigi,
Jadi asumsi saya malah bikin stressful maticnya
Skrg klo nanjak ga cukup di D saja

2 hanya masuk di gigi 2
D2 gigi yang terpakai hanya di gigi 1-2 menyesuaikan medan
2 buat saya skrg hanya berguna buat membantu pemgereman di turunan curam nan panjang
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Balalaika
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 10 Mar 2019, 07:53
Location: Denpasar/Serpong
Daily Vehicle: E46 323i
Contact:

Re: tanya soal transmisi

Post by Balalaika »

Kuras radiator dulu, takutnya ATF cooler udah bermasalah sehingga air campur oli matic. Kuras radiator ini murah, tapi bisa memberitahu banyak hal.

Kalau air radiator dikuras dan tidak ada ciri ciri ATF nyebrang ke radiator atau serupa, cek seal-seal external matic. Kelihatannya ada jalur yang membuat oli maticnya berkurang, entah rembes keluar via gasket oil pan, atau rembes ke radiator lewat ATF cooler.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: tanya soal transmisi

Post by t105erd »

Yang paling gampang sih kiras oli matiknya dulu, kalo ga beres juga berarti emang body valve/selenoid nya udah rusak, mesti overhaul matik, kalo di sekitar bekasi yang terkenal ngurusin mobil matik di Rizki Auto.
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: 28 Dec 2013, 21:26

Re: tanya soal transmisi

Post by ddyta27 »

saya dulu pernah kasus kaya gini, transmisi matik nyangkut di gigi rendah, cek oli transmisi bagus bersih dan cukup levelnya, waktu dicek ke bengkel spesialis matik di vonis selenoid harus ganti, setelah ganti balik normal lagi, mobil eropa usia kurang lebih 5 tahunan..
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: tanya soal transmisi

Post by MSU »

Kalo misal ada filter oli maticnya...coba ganti atau bersihin filter dulu. Tar kalo udh filter bersih & oli baru masih begitu...baru mampir bengkel
Radiator kl lumpur naik itu bener mesti flush...mgkn owner dulu ga pake coolant
mjieffect0909
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 14 Mar 2022, 13:39
Location: Jakarta

Re: tanya soal transmisi

Post by mjieffect0909 »

racho wrote: 04 Jul 2022, 11:08 kalo dari gejala yang disebutkan... potensi masalah antara di valve body (mungkin agak mampet ato seal rembes) atau kanvas kopling maticnya selip waktu panas; karena gak mau masuk gigi tinggi.

poin 2.3 cobain aja. murah ini... tapi ya memang hanya akan mengobati sementara gejala selip2. ato bisa juga semacam lucas transmission fix (ini buat bikin kental oli matic = nambah tekanan di kopling). tapi kalo bener kanvas kopling selip ya memang perlu turun matic.

btw, odo udah berapa?
Hmm iya emg masuk plan sih worstcase valve body/selenoid. Odo sekitar 115rb an
Balalaika wrote: 04 Jul 2022, 15:33 Kuras radiator dulu, takutnya ATF cooler udah bermasalah sehingga air campur oli matic. Kuras radiator ini murah, tapi bisa memberitahu banyak hal.

Kalau air radiator dikuras dan tidak ada ciri ciri ATF nyebrang ke radiator atau serupa, cek seal-seal external matic. Kelihatannya ada jalur yang membuat oli maticnya berkurang, entah rembes keluar via gasket oil pan, atau rembes ke radiator lewat ATF cooler.
NAAAAH ini, kmren pas d cek lg pas posisi cold atfnya kurang lg dikit .... apakah bocor gitu tp gpernah liat tetesan gitu soalny
nanti pling mo coba radiator dlu kali.
MSU wrote: 04 Jul 2022, 18:33 Kalo misal ada filter oli maticnya...coba ganti atau bersihin filter dulu. Tar kalo udh filter bersih & oli baru masih begitu...baru mampir bengkel
Radiator kl lumpur naik itu bener mesti flush...mgkn owner dulu ga pake coolant
Owner dlu keknya suka ngisi aer biasa d coolant ....soalnya sub tanknya aja dah korengan WKWKKWWKW

Setelah baca2 saran2 dari agan2 kynya mw coba cek radiator dlu
pdhal radiator baru d flush kmren pas servis besar (ganti alternator, dinamo starter, adjustment fan)
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post