Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Turboman »

CATL & LG Chem adu cepat memgembangkan Batere Ultra Fast charged

CATL dgn QILIN battery, di claim dalam 10 menit charge bisa 80% Full

Dan target jarak konon mencapai 1000 km dalam sekali isi

CATL QILIN


LG Chem bersama GM dengan ULTIUM battery

ULTIUM


Walau mungkin kinerja batere2 ini baru akan benar2 sempurna di 2023....tetap ini adalah sebuah "Game Changer" utk EV

Catatan
Jarak tempuh & kecepatan pengisian tentu tergantung Kapasitas Batere & Jenis Charger nya

Charger terkuat sejauh ini adalah kelas 350 Kw spt IONITY

Kalo di Indo spt nya Charger terkuat di kelas 200 Kw ?

Disclemer
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Bibieight »

Betul oom... tapi adanya di Nusa Dua Bali
Screenshot_20220711-103703_ChargeIN.jpg
Belun sampe sana dah abis stroom dulu di Banyuwangi.. :big_bored: .
Jakarta sd. Surabaya aman jaya, Palikanci ada 50 kW
Screenshot_20220711-103858_ChargeIN.jpg
, terus di Solo-Ngawi 50 kW juga
Screenshot_20220711-104015_ChargeIN.jpg
. Surabaya kelas 50kW bejibun.....
Naaaaaah dari Surabaya ke Ketapang kagak ada sama sekali, ada juga kelas liliput AC 7kW.... kecuali mau buang waktu semalem di banyuwangi buat ngecas. Ngecas 7 kW sejam cuma dapet 40-50 km, taruh istirahat di Ketapang 2 jam cuma dapet 80an km, masih harus berhenti di Negara
Screenshot_20220711-104518_ChargeIN.jpg
biar aman sampai Nusa Dua.
Blank spot setrum2an ini antara Surabaya-Banyuwangi, pasang 1 kelas 50an kW di Banyuwangi baru feasible road trip ke Bali.....

PS : di manualnya Ioniq dibilang, kalo mo baterenya awet jangan sering2 digenjot pake fast charging (terusterang saya jenis orang yg gampang diperbudak mobil, Innova saya aja dr baru diempanin Dex.. :big_peace: , gampang kepikiran sayah)....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Turboman »

Bibieight wrote:Betul oom... tapi adanya di Nusa Dua Bali
Screenshot_20220711-103703_ChargeIN.jpg
Belun sampe sana dah abis stroom dulu di Banyuwangi.. :big_bored: .
Jakarta sd. Surabaya aman jaya, Palikanci ada 50 kW
Screenshot_20220711-103858_ChargeIN.jpg
, terus di Solo-Ngawi 50 kW juga
Screenshot_20220711-104015_ChargeIN.jpg
. Surabaya kelas 50kW bejibun.....
Naaaaaah dari Surabaya ke Ketapang kagak ada sama sekali, ada juga kelas liliput AC 7kW.... kecuali mau buang waktu semalem di banyuwangi buat ngecas. Ngecas 7 kW sejam cuma dapet 40-50 km, taruh istirahat di Ketapang 2 jam cuma dapet 80an km, masih harus berhenti di Negara
Screenshot_20220711-104518_ChargeIN.jpg
biar aman sampai Nusa Dua.
Blank spot setrum2an ini antara Surabaya-Banyuwangi, pasang 1 kelas 50an kW di Banyuwangi baru feasible road trip ke Bali.....

PS : di manualnya Ioniq dibilang, kalo mo baterenya awet jangan sering2 digenjot pake fast charging (terusterang saya jenis orang yg gampang diperbudak mobil, Innova saya aja dr baru diempanin Dex.. :big_peace: , gampang kepikiran sayah)....
Bener banget om

Saat dihajar Super F Charge at full power, batere jadi panas sebetulnya

Superfast Charge hanya saat di luar kota aja

kalo Dalkot nge cass pake yg 32 Amp - Type 2 AC aja di rumah....atau yg portable......alon2 tinggal tidur semalaman

om pake IONIQ5 ?


Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Bibieight »

Pake, dah 2500 km, berhubung jaringan stroom di kompleks sy bawah tanah narik kabel baru buat level 2 7kwh-nya ndak selesai2, tapi malah jadi terbukti bahkan dengan charger portable 10 Ah (2.2 kWh) ternyata ndak bermasalah sama sekali, yg penting tertib disiplin. Lagi pingin coba luar kota jauhan dikit, mumpung populasi I5-nya belun banyak…..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by y_anjasrana »

apa ini penyebab munculnya hotel2 di rest area ya? drpd tidur dlm mobil yg lagi dicass, mending tidur di hotel. tapi kalau ngecass bisa cepat, ga perlu hotel lagi ya? :big_bored:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by grimjow »

Bibieight wrote: Mon Jul 11, 2022 3:49 Betul oom... tapi adanya di Nusa Dua Bali
Screenshot_20220711-103703_ChargeIN.jpg
Belun sampe sana dah abis stroom dulu di Banyuwangi.. :big_bored: .
Jakarta sd. Surabaya aman jaya, Palikanci ada 50 kW Screenshot_20220711-103858_ChargeIN.jpg , terus di Solo-Ngawi 50 kW juga Screenshot_20220711-104015_ChargeIN.jpg. Surabaya kelas 50kW bejibun.....
Naaaaaah dari Surabaya ke Ketapang kagak ada sama sekali, ada juga kelas liliput AC 7kW.... kecuali mau buang waktu semalem di banyuwangi buat ngecas. Ngecas 7 kW sejam cuma dapet 40-50 km, taruh istirahat di Ketapang 2 jam cuma dapet 80an km, masih harus berhenti di Negara Screenshot_20220711-104518_ChargeIN.jpg biar aman sampai Nusa Dua.
Blank spot setrum2an ini antara Surabaya-Banyuwangi, pasang 1 kelas 50an kW di Banyuwangi baru feasible road trip ke Bali.....

PS : di manualnya Ioniq dibilang, kalo mo baterenya awet jangan sering2 digenjot pake fast charging (terusterang saya jenis orang yg gampang diperbudak mobil, Innova saya aja dr baru diempanin Dex.. :big_peace: , gampang kepikiran sayah)....
Turun3% kalo fast charging 300 kali.
Kuncinya di EV heat management.kalau panas ga keluar sensor2 akan error /rusak dan worst case kebakaran.

Recent research by the University of Oxford found that ‘ultra-rapid charging causes ‘more degradation of the most common electric vehicle batteries than fast charging’, though your EV’s heat management system works hard to counter the effects.

The experts noted around a 3% battery ‘degradation’ rate after 300 ultra-rapid charging cycles compared with home charging.
https://ora.ox.ac.uk/objects/uuid:ac087 ... ee0c7afbab
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Bibieight »

Yang saya penasaran pingin ngukur malah Ioniq 38 kWh yg dipakai Grab, itu kan mau ndak mau harus DC fast charging terus, nah dari 2018 sd sekarang, dah 4 taun konstan terus2an di hajar fast charging degradasinya jadi berapa ya ?. Kira2 bole ndak ya naik Grab dari Soetta hanya untuk sekedar nyolok OBD.. :big_think: :big_think: Kalo bisa kepegang datanya bisa menuntaskan rasa penasaran degradasi batere nih…..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Turboman »

Bibieight wrote:Yang saya penasaran pingin ngukur malah Ioniq 38 kWh yg dipakai Grab, itu kan mau ndak mau harus DC fast charging terus, nah dari 2018 sd sekarang, dah 4 taun konstan terus2an di hajar fast charging degradasinya jadi berapa ya ?. Kira2 bole ndak ya naik Grab dari Soetta hanya untuk sekedar nyolok OBD.. :big_think: :big_think: Kalo bisa kepegang datanya bisa menuntaskan rasa penasaran degradasi batere nih…..
beda generasi batere

beda juga ketahanan battere

makin ke sini harusnya batere2 makin long lasting

Disclemer
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by mastom »

Topic yg sangat menarik, talking about future,

10 thn lagi liat treat ini, pasti pada mesem....
saat itu mungkin semua sudah electric

atau masih inopah diesel ttp jd raja seraya hehehe
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by timbermaniac123 »

Ngomong ngomons sola ev, wuling air udah bisa dipesan per hari ini. 200km di harga 250 dan 300km di harga 300. Buat pemakaian ngantor dalam kota, harga yang 250 lumayan menarik. Garansi 8 tahun juga
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by grimjow »

timbermaniac123 wrote: Mon Jul 11, 2022 12:17 Ngomong ngomons sola ev, wuling air udah bisa dipesan per hari ini. 200km di harga 250 dan 300km di harga 300. Buat pemakaian ngantor dalam kota, harga yang 250 lumayan menarik. Garansi 8 tahun juga
Masih bingung ama harga di Indo kenapa bisa mahal di Rp 250 juta
Di China generasi sebelum Air EV itu kisaran 60-90juta doang.
Air EV baru akan launching di China semester 2 ini infonya.
Jangan2 lebih murah impor langsung dari China.
CBU tuh bea masuk 50% kan ya, dan pajak ev murah.
:big_think:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by timbermaniac123 »

grimjow wrote: Mon Jul 11, 2022 14:04
timbermaniac123 wrote: Mon Jul 11, 2022 12:17 Ngomong ngomons sola ev, wuling air udah bisa dipesan per hari ini. 200km di harga 250 dan 300km di harga 300. Buat pemakaian ngantor dalam kota, harga yang 250 lumayan menarik. Garansi 8 tahun juga
Masih bingung ama harga di Indo kenapa bisa mahal di Rp 250 juta
Di China generasi sebelum Air EV itu kisaran 60-90juta doang.
Air EV baru akan launching di China semester 2 ini infonya.
Jangan2 lebih murah impor langsung dari China.
CBU tuh bea masuk 50% kan ya, dan pajak ev murah.
:big_think:
Sama dengan pertanyaan yang jual honda n one di indonesia harga 700 jutaan. padahal harga disana sekitar 210an juta.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by ilhami »

ya kebijakan pajak salah satunya supaya kita berpikir maju, bagaimana supaya kita bisa bikin mobil tersebut di dalam negeri :ngacir:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Bibieight »

grimjow wrote: Mon Jul 11, 2022 14:04
timbermaniac123 wrote: Mon Jul 11, 2022 12:17 Ngomong ngomons sola ev, wuling air udah bisa dipesan per hari ini. 200km di harga 250 dan 300km di harga 300. Buat pemakaian ngantor dalam kota, harga yang 250 lumayan menarik. Garansi 8 tahun juga
Masih bingung ama harga di Indo kenapa bisa mahal di Rp 250 juta
Di China generasi sebelum Air EV itu kisaran 60-90juta doang.
Air EV baru akan launching di China semester 2 ini infonya.
Jangan2 lebih murah impor langsung dari China.
CBU tuh bea masuk 50% kan ya, dan pajak ev murah.
:big_think:
Kalo liat bocoran interiornya sih beda jauh dengan yg pernah dipamerin di GIIAS tahun lalu, ini full LCD panel macam kayak Ioniq gitu, belun bisa ukur harga segitu waras enggak sampai spek aslinya bener2 keluar sih. Kalo yg Wuling Hongguang EV 100 jt-an itu kan yg dipamerin di GIIAS tahun lalu ya ?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by kendibocor »

grimjow wrote: Mon Jul 11, 2022 14:04
timbermaniac123 wrote: Mon Jul 11, 2022 12:17 Ngomong ngomons sola ev, wuling air udah bisa dipesan per hari ini. 200km di harga 250 dan 300km di harga 300. Buat pemakaian ngantor dalam kota, harga yang 250 lumayan menarik. Garansi 8 tahun juga
Masih bingung ama harga di Indo kenapa bisa mahal di Rp 250 juta
Di China generasi sebelum Air EV itu kisaran 60-90juta doang.
Air EV baru akan launching di China semester 2 ini infonya.
Jangan2 lebih murah impor langsung dari China.
CBU tuh bea masuk 50% kan ya, dan pajak ev murah.
:big_think:
Pemerintah ada insentif pajak apa aja sih utuk mbl EV gini? Ga bisa nol kah pajaknya? Itung2 ambil duitnya dari penurunan subsidi bbm kalob anyak yg pake EV. Apa atpm ambil profit margin yg terlalu tinggi? Harganya edun sih 250-300jt. Apa ga survey harga dlu ya? Menurut ane mayoritas bakalan mundur perlahan dari yg tdnya mau minang kalo harga segini.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by grimjow »

kendibocor wrote: Tue Jul 12, 2022 0:59
grimjow wrote: Mon Jul 11, 2022 14:04
timbermaniac123 wrote: Mon Jul 11, 2022 12:17 Ngomong ngomons sola ev, wuling air udah bisa dipesan per hari ini. 200km di harga 250 dan 300km di harga 300. Buat pemakaian ngantor dalam kota, harga yang 250 lumayan menarik. Garansi 8 tahun juga
Masih bingung ama harga di Indo kenapa bisa mahal di Rp 250 juta
Di China generasi sebelum Air EV itu kisaran 60-90juta doang.
Air EV baru akan launching di China semester 2 ini infonya.
Jangan2 lebih murah impor langsung dari China.
CBU tuh bea masuk 50% kan ya, dan pajak ev murah.
:big_think:
Pemerintah ada insentif pajak apa aja sih utuk mbl EV gini? Ga bisa nol kah pajaknya? Itung2 ambil duitnya dari penurunan subsidi bbm kalob anyak yg pake EV. Apa atpm ambil profit margin yg terlalu tinggi? Harganya edun sih 250-300jt. Apa ga survey harga dlu ya? Menurut ane mayoritas bakalan mundur perlahan dari yg tdnya mau minang kalo harga segini.
Setau saya PKB tahunan yang dijadiin insentif cuman 10% pkb mobil ICE. Jadi kalau njkb 150 juta bayar pkb nya cuman Rp 300 rb / tahun(tarif 0,2%).
Masih penasaran ama harganya kenapa ga bisa murah.
Anggap lah impor langsung trus kena valuasi njkb CBU nya 100 juta.
Kena bea masuk 50% 50 juta
Ppnbm 15% 15 juta
Itu jadinya cuman Rp 165 juta.
Ini jual CKD ampe Rp 250 juta gimana ceritanya ya
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by black2345 »

grimjow wrote: Tue Jul 12, 2022 5:57
kendibocor wrote: Tue Jul 12, 2022 0:59
grimjow wrote: Mon Jul 11, 2022 14:04

Masih bingung ama harga di Indo kenapa bisa mahal di Rp 250 juta
Di China generasi sebelum Air EV itu kisaran 60-90juta doang.
Air EV baru akan launching di China semester 2 ini infonya.
Jangan2 lebih murah impor langsung dari China.
CBU tuh bea masuk 50% kan ya, dan pajak ev murah.
:big_think:
Pemerintah ada insentif pajak apa aja sih utuk mbl EV gini? Ga bisa nol kah pajaknya? Itung2 ambil duitnya dari penurunan subsidi bbm kalob anyak yg pake EV. Apa atpm ambil profit margin yg terlalu tinggi? Harganya edun sih 250-300jt. Apa ga survey harga dlu ya? Menurut ane mayoritas bakalan mundur perlahan dari yg tdnya mau minang kalo harga segini.
Setau saya PKB tahunan yang dijadiin insentif cuman 10% pkb mobil ICE. Jadi kalau njkb 150 juta bayar pkb nya cuman Rp 300 rb / tahun(tarif 0,2%).
Masih penasaran ama harganya kenapa ga bisa murah.
Anggap lah impor langsung trus kena valuasi njkb CBU nya 100 juta.
Kena bea masuk 50% 50 juta
Ppnbm 15% 15 juta
Itu jadinya cuman Rp 165 juta.
Ini jual CKD ampe Rp 250 juta gimana ceritanya ya
Kalo saya lihatnya ini pure target marketnya ev untuk saat ini ya..
Saat ini ev blm jadi pilihan utama, liat aja yg beli ev di rmh uda pasti ada mobil lain. Blm lagi masalah daya listrik di rmh. Mayoritas disini org yg baru punya 1 mobil daya listriknya 1300-2200, jarang yg 5500 kecuali dia ada usaha di rmhnya. Blm lagi issue harga batrai, masy kelas menengah kebawah pasti kaget kalo tau harga batrai waktu rusak & harus diganti, beda dgn kelas menengah atas yg biasanya ‘ya sudahlah yg penting beres’ kalau dihadapkan hanya pada 1 pilihan..

Atpm nampaknya belajar dr motor listrik, liat aja viar & gesits.. seberapa bnyk mrk di jalan dibanding vario (dgn rentang harga yg sama)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by kunaskun »

kendibocor wrote: Tue Jul 12, 2022 0:59 Pemerintah ada insentif pajak apa aja sih utuk mbl EV gini? Ga bisa nol kah pajaknya? Itung2 ambil duitnya dari penurunan subsidi bbm kalob anyak yg pake EV. Apa atpm ambil profit margin yg terlalu tinggi? Harganya edun sih 250-300jt. Apa ga survey harga dlu ya? Menurut ane mayoritas bakalan mundur perlahan dari yg tdnya mau minang kalo harga segini.
karena CBU, sepertinya tetap dianggap sama dengan mobil ICE.

ya test the water dulu dengan jualan mahal, kan konsumen indo maunya yg mahal, ga laku ya coba2 sambil liat apa yang rusak duluan di konsumen. apalagi garansi batere 8 tahun.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by kendibocor »

kunaskun wrote: Wed Jul 13, 2022 2:58
kendibocor wrote: Tue Jul 12, 2022 0:59 Pemerintah ada insentif pajak apa aja sih utuk mbl EV gini? Ga bisa nol kah pajaknya? Itung2 ambil duitnya dari penurunan subsidi bbm kalob anyak yg pake EV. Apa atpm ambil profit margin yg terlalu tinggi? Harganya edun sih 250-300jt. Apa ga survey harga dlu ya? Menurut ane mayoritas bakalan mundur perlahan dari yg tdnya mau minang kalo harga segini.
karena CBU, sepertinya tetap dianggap sama dengan mobil ICE.

ya test the water dulu dengan jualan mahal, kan konsumen indo maunya yg mahal, ga laku ya coba2 sambil liat apa yang rusak duluan di konsumen. apalagi garansi batere 8 tahun.
Bukannya ini ckd ya om?
Nunggu jandanya aja kali ya 1-2 thn siapa tau dpt 150an :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by vincewonk »

Bibieight wrote: Mon Jul 11, 2022 6:18 Yang saya penasaran pingin ngukur malah Ioniq 38 kWh yg dipakai Grab, itu kan mau ndak mau harus DC fast charging terus, nah dari 2018 sd sekarang, dah 4 taun konstan terus2an di hajar fast charging degradasinya jadi berapa ya ?. Kira2 bole ndak ya naik Grab dari Soetta hanya untuk sekedar nyolok OBD.. :big_think: :big_think: Kalo bisa kepegang datanya bisa menuntaskan rasa penasaran degradasi batere nih…..
saya pakai ioniq "polos" udah 2thn. dan sudah pernah ke palembang dan bali. so far aman2 aj om (2thn batere kapasitasnya menciut 5% dr awal, skrg kilometernya sudah mau 68rb km) sbenernya kalau dr pengalaman saya, dia charging ratenya makin kecil dayanya ketika melewati 80%. yg paling cepat itu biasanya dari 25% ke 60%. jd no worries sih om mengenai kekhawatiran om mengenai baterai rusak. ada garansi juga mestinya no issue.

ketika ke bali, saya ada ingat beberapa tempat saya charging. (sisanya jalan tol)
- di kantor PLN Situbondo
- kantor PLN Banyuwangi
- kantor PLN Malang
sumatera saya inget di bandar lampung ada didepan cafe sama di palembang demang rivai.

umumnya kantor PLN setau saya udah ada SPKLU sih, cuma saya ga pernah cari berapa ampere apa itu fast charging atau ngga. yg penting bisa setrum dan sampai tujuan.
Saya juga pernah charge di hotel sheraton yogya dan beberapa hotel lain juga cukup helpful walaupun saya perlu 8 jam untuk charge dari 20% ke 100% (cuma ga masalah sih ditinggal tidur). tips saya sih lebih baik telpon hotline PLN daripada andalkan navigasi bawaan ataupun appsnya, sering mereka belum update dan ternyata kantor PLN UP3 didaerah udah banyak yg punya SPKLU. karena PLN sendiri mobil dinasnya itu ioniq, makanya mereka rajin bangun SPKLU :big_exellent:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Bibieight »

vincewonk wrote: Thu Jul 14, 2022 2:44
Bibieight wrote: Mon Jul 11, 2022 6:18 Yang saya penasaran pingin ngukur malah Ioniq 38 kWh yg dipakai Grab, itu kan mau ndak mau harus DC fast charging terus, nah dari 2018 sd sekarang, dah 4 taun konstan terus2an di hajar fast charging degradasinya jadi berapa ya ?. Kira2 bole ndak ya naik Grab dari Soetta hanya untuk sekedar nyolok OBD.. :big_think: :big_think: Kalo bisa kepegang datanya bisa menuntaskan rasa penasaran degradasi batere nih…..
saya pakai ioniq "polos" udah 2thn. dan sudah pernah ke palembang dan bali. so far aman2 aj om (2thn batere kapasitasnya menciut 5% dr awal, skrg kilometernya sudah mau 68rb km) sbenernya kalau dr pengalaman saya, dia charging ratenya makin kecil dayanya ketika melewati 80%. yg paling cepat itu biasanya dari 25% ke 60%. jd no worries sih om mengenai kekhawatiran om mengenai baterai rusak. ada garansi juga mestinya no issue.

ketika ke bali, saya ada ingat beberapa tempat saya charging. (sisanya jalan tol)
- di kantor PLN Situbondo
- kantor PLN Banyuwangi
- kantor PLN Malang
sumatera saya inget di bandar lampung ada didepan cafe sama di palembang demang rivai.

umumnya kantor PLN setau saya udah ada SPKLU sih, cuma saya ga pernah cari berapa ampere apa itu fast charging atau ngga. yg penting bisa setrum dan sampai tujuan.
Saya juga pernah charge di hotel sheraton yogya dan beberapa hotel lain juga cukup helpful walaupun saya perlu 8 jam untuk charge dari 20% ke 100% (cuma ga masalah sih ditinggal tidur). tips saya sih lebih baik telpon hotline PLN daripada andalkan navigasi bawaan ataupun appsnya, sering mereka belum update dan ternyata kantor PLN UP3 didaerah udah banyak yg punya SPKLU. karena PLN sendiri mobil dinasnya itu ioniq, makanya mereka rajin bangun SPKLU :big_exellent:
Kalo dicek di charge.in, PLN Situbondo & Banyuwangi itu kan cuma 7 kw ya, berarti pas ke Bali berenti minimal 2 kali @1 jam ya ?, Ionic Classic enak, irit banget, bisa 1:10, masuk 7 kw bisa 70 km, lha I5 kan mentok 1:7 masuk 7 kw cuma 45-50 km, harusnya antara SBY-Banyuwangi minimal ada 1 tempat buat SPKLU Fast Charging, min 30 kW lah…..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Turboman »

OOT

toko2 oli di masa depan mungkin nanti jualannya :
Screenshot_2022-07-12-23-02-41-763_com.android.chrome.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by grimjow »

Turboman wrote: Thu Jul 14, 2022 5:58 OOT

toko2 oli di masa depan mungkin nanti jualannya :

Screenshot_2022-07-12-23-02-41-763_com.android.chrome.jpg
Yang saya masih belum kebayang cara mastiin baterei nya ori , daya nya masih 100%, dll. Oli yang pernah Om review kan uda kreatif bener itu, kemasan luar mirip cuman isi nya Zonk.
Oli sih kalo ketauan kuras ganti yang bener. Kalo baterei misal amit2 keburu meledak yang repot.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by Bibieight »

grimjow wrote: Thu Jul 14, 2022 9:49
Turboman wrote: Thu Jul 14, 2022 5:58 OOT

toko2 oli di masa depan mungkin nanti jualannya :

Screenshot_2022-07-12-23-02-41-763_com.android.chrome.jpg
Yang saya masih belum kebayang cara mastiin baterei nya ori , daya nya masih 100%, dll. Oli yang pernah Om review kan uda kreatif bener itu, kemasan luar mirip cuman isi nya Zonk.
Oli sih kalo ketauan kuras ganti yang bener. Kalo baterei misal amit2 keburu meledak yang repot.
Nah itu saya juga lagi mikir, kalo masih tangan pertama dan lsg beli dari pemilik pertama si aman, nah kalo beli dah tangan entah keberapa itu yang bingung cara memastikan, kecuali sengaja batere diturunin dan dibuka. Soalnya kalo cuma modal OBD kan cuman kebaca data batere doang, enggak kebaca itu asli apa enggak. Apalagi kalo yg jual pdg tukang mundurin odo, mana tau berapa modul yg ori berapa yg kw… :big_think: :big_think: :big_think: .
Kalo mo liat betapa mudahnya swap modul bisa cek disini :


Satu2nya yang susah dijebol cuma tesla, cuma artinya juga kalo rusak sama dengan tidak bisa dioerbaiki. Seperti ini :

Itu Sandy Munro ahli bongkar mobil aja naga2nya bakal angkat tangan.
Masa iya besok2 tiap beli mobkas harus turunin baterenya ya ?, atau kalo enggak memang dimasa depan dealer mobkas jualnya dalam kondisi batere tray-nya kebuka, taruh akuarium gitu…. :big_bored:
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Post by 34lee »

Baru ja lihat Youtubenya RH,, jarak tempuh sebenarnya hyundai ioniq5 hampiir 500 km,