Saran LMPV dibawah 310jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Saran LMPV dibawah 310jt

Post by loid »

Halo, kebetulan ini thread pertama saya di SM, jd mohon maaf bila ada salah kata
As subject, saya sedang mencari LMPV 1500cc baru karena mobil yg skrng dipakai sudah mulai berumur

Kriteria saya:
  • Kabin lapang dan nyaman
  • Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
  • Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
  • Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
  • Irit BBM
  • Bengkel resmi dekat rumah
  • Wajib ada cruise control
  • Budget <310 jt
Dari kriteria diatas akhirnya didapat dua opsi sebagai berikut
  • Mitsubishi Xpander Ultimate CVT
    Pros: Desain eksterior dan interior lebih pas utk selera saya pribadi, kapasitas bagasi lumayan besar, EPB dengan auto hold
    Cons: AC belum auto climate control, CVT jatconya punya track record yg horror dan entah di xpander ini sudah ada improvement atau belum, jok masih fabric
  • Hyundai Stargazer Prime IVT
    Pros: Mesin paling bertenaga di kelasnya, captain seat, ADAS, legroom cukup lega, jok kulit, kenyamanan sepertinya 11-12 dengan xpander, ruang penyimpanan lebih banyak, ACnya sudah auto climate control
    Cons: Desain eksterior dan interior agak sulit dicerna utamanya pada tudung speedometer, bagasi lebih sempit dibandingkan xpander, rem tangan mekanikal dan tidak ada autohold
Menurut rekan2 semua manakah yang lebih worth it?
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by nyotnyet »

Kriterianya apa ya om? Kok ga muncul di tmpt saya

Soul Red zoom zoom
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by pradit_d »

Jawabannya mesti test drive sih. Seandainya fiturnya ada tertulis di atas kertas pun, blm tentu sesuai ama apa yg diharapkan. Build quality, ride quality, performance, kenyamanan, kekedapan jg subyektif tergantung selera pengguna, ga bisa cuman minta pendapat orang lain atau baca spek di brosur, harus coba langsung. Lokasi bengkel dekat rumah, yg tau jg TS pastinya. Reliable atau ga, jg susah dibandingkan, karena salah 1nya adalah produk baru yg emang blm ketahuan ada problem spt apa n itu jg tergantung cara user ngerawat mobilnya. Nah yg bisa diminta pendapat kira2 bagaimana kualitas after sales berdasarkan pengalaman user2 mrek tersebut disini, atau pandangan mengenai estimasi resale value ke depannya walau blm tentu valid jg sih
:big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by Suryaputra »

Test Drive aja..
Plus BRV Prestige non honda sensing (ini udh jaminan reliable), proven keluarganya mobilio jd mbl rental dan taxi jg.
Yg CVT banyak yg tembus sampai 200rb KM sampai dijual lagih :big_biglaugh:

Dan Ertiga trim tertinggi.

Jd on par sm xpander fiturnya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: Fri Aug 05, 2022 11:56 Test Drive aja..
Plus BRV Prestige non honda sensing (ini udh jaminan reliable), proven keluarganya mobilio jd mbl rental dan taxi jg.
Yg CVT banyak yg tembus sampai 200rb KM sampai dijual lagih :big_biglaugh:

Jd on par sm xpander fiturnya.
Hampir gak pernah liat nih makhluk di jalanan. Kemahalan kali ya? Padahal pas loncing avxenloz, xp, brv, perkiraan saya bakal saingan sengit ketiganya.
Eh ternyata punya ahond melempem sendirian.
Didihasnaasri83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Zafira

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by Didihasnaasri83 »

loid wrote: Fri Aug 05, 2022 9:25 Halo, kebetulan ini thread pertama saya di SM, jd mohon maaf bila ada salah kata
As subject, saya sedang mencari LMPV 1500cc baru karena mobil yg skrng dipakai sudah mulai berumur

Kriteria saya:
  • Kabin lapang dan nyaman
  • Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
  • Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
  • Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
  • Irit BBM
  • Bengkel resmi dekat rumah
  • Wajib ada cruise control
  • Budget <310 jt
Dari kriteria diatas akhirnya didapat dua opsi sebagai berikut
  • Mitsubishi Xpander Ultimate CVT
    Pros: Desain eksterior dan interior lebih pas utk selera saya pribadi, kapasitas bagasi lumayan besar, EPB dengan auto hold
    Cons: AC belum auto climate control, CVT jatconya punya track record yg horror dan entah di xpander ini sudah ada improvement atau belum, jok masih fabric
  • Hyundai Stargazer Prime IVT
    Pros: Mesin paling bertenaga di kelasnya, captain seat, ADAS, legroom cukup lega, jok kulit, kenyamanan sepertinya 11-12 dengan xpander, ruang penyimpanan lebih banyak, ACnya sudah auto climate control
    Cons: Desain eksterior dan interior agak sulit dicerna utamanya pada tudung speedometer, bagasi lebih sempit dibandingkan xpander, rem tangan mekanikal dan tidak ada autohold
Menurut rekan2 semua manakah yang lebih worth it?
Kalau perlu EPB, Auto Hold pilih XPANDER Ultimate,
ADAS Stargazer sayang belum Adaptive, BRV HS fitur ADAS nya udah Adaptive lebih lengkap tp harga jauh dari budget,
Xenia R ASA kayaknya worth juga om
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by quyquy »

Kok pada seneng ya pake parking brake elektrik..

Pengalaman pake parking brake elektrik:
Engage releasenya parking brake elektrik itu pake motor -> ada delay dikit utk engage release -> pake autohold di lalu lintad padat jd malah sering bekerja motornya..
Sekarang malah gak pernah dipake autoholdnya biar motornya awet.. Jujur sih masih enakan handbrake biasa daripada epb. Pake handbrake tradisional bisa buat ngatur tenaga pas di tanjakan supaya jng terlalu over yg membuat spin di tempat.

Utk tudung saji speedometer stargaser klo diamati itu kyk yg dipake sama KIA Sonet. Hanya saja di Sonet ada panel blackgossynya sedangkan di stargaser ilang shg berkesan bulky kalo di stargeser.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by timbermaniac123 »

Masih ada veloz dengan budget segitu.

Atau... selama bisa minum solar... innova diesel.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Fri Aug 05, 2022 12:11
Suryaputra wrote: Fri Aug 05, 2022 11:56 Test Drive aja..
Plus BRV Prestige non honda sensing (ini udh jaminan reliable), proven keluarganya mobilio jd mbl rental dan taxi jg.
Yg CVT banyak yg tembus sampai 200rb KM sampai dijual lagih :big_biglaugh:

Jd on par sm xpander fiturnya.
Hampir gak pernah liat nih makhluk di jalanan. Kemahalan kali ya? Padahal pas loncing avxenloz, xp, brv, perkiraan saya bakal saingan sengit ketiganya.
Eh ternyata punya ahond melempem sendirian.
Nah... di area rumah saya malah seringnya ketemu New HRV dibanding BRV :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by Venturtle »

test drive saja dulu, om.. dua duanya bagus kok, tergantung selera pribadi saja :big_okay:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by MSU »

Cuma penasaran...kalo matik cvt apa butuh autohold di tanjakan?
Krn kijang kapsul matik tua sy di tanjakan perasaan ga melorot koq
Fitur EPB kl utk sy malah ga butuh...pake dalkot cm sekali release & sekali tarik...malah mending yg biasa aja
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by ariswp »

vote BRV prestige non sensing sih
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by loid »

quyquy wrote: Fri Aug 05, 2022 12:22 Kok pada seneng ya pake parking brake elektrik..

Pengalaman pake parking brake elektrik:
Engage releasenya parking brake elektrik itu pake motor -> ada delay dikit utk engage release -> pake autohold di lalu lintad padat jd malah sering bekerja motornya..
Sekarang malah gak pernah dipake autoholdnya biar motornya awet.. Jujur sih masih enakan handbrake biasa daripada epb. Pake handbrake tradisional bisa buat ngatur tenaga pas di tanjakan supaya jng terlalu over yg membuat spin di tempat.

Utk tudung saji speedometer stargaser klo diamati itu kyk yg dipake sama KIA Sonet. Hanya saja di Sonet ada panel blackgossynya sedangkan di stargaser ilang shg berkesan bulky kalo di stargeser.
MSU wrote: Fri Aug 05, 2022 12:57 Cuma penasaran...kalo matik cvt apa butuh autohold di tanjakan?
Krn kijang kapsul matik tua sy di tanjakan perasaan ga melorot koq
Fitur EPB kl utk sy malah ga butuh...pake dalkot cm sekali release & sekali tarik...malah mending yg biasa aja
Nah ini jga yg jd pemikiran saya om, sepertinya tudung speedonya bisa tersamarkan dengan sticker black glossy, bikin feelnya jauh lebih premium dari yg skrng. Emg fitur EPB+AVH ini nice to have but not necessary sih, krn rute yg biasa saya lalui jarang macet parah, paling sesekali-dua kali ngalamin macet parah pas mudik doang
Didihasnaasri83 wrote: Fri Aug 05, 2022 12:16 Kalau perlu EPB, Auto Hold pilih XPANDER Ultimate,
ADAS Stargazer sayang belum Adaptive, BRV HS fitur ADAS nya udah Adaptive lebih lengkap tp harga jauh dari budget,
Xenia R ASA kayaknya worth juga om
Nice to have sih, krn udh terbiasa juga ama rem tangan mekanik di jazz yg skrng, Mungkin plusnya EPB+AVH ngurangin lelah aja pas macet utamanya situasi padat merayap
Nah sebenernya duo astra masuk consideration, cuman abis liat videonya gridoto soal veloz susah nanjak somehow bikin parno, dan ketiadaan cruise control jd poin minus jga. Maybe tuningan ecu ama cvtnya udh fixed utk batch terbaru? Dan apakah fitur cruise controlnya bisa dipasang sendiri krn setirnya common part dgn raize?
pradit_d wrote: Fri Aug 05, 2022 11:34 Jawabannya mesti test drive sih. Seandainya fiturnya ada tertulis di atas kertas pun, blm tentu sesuai ama apa yg diharapkan. Build quality, ride quality, performance, kenyamanan, kekedapan jg subyektif tergantung selera pengguna, ga bisa cuman minta pendapat orang lain atau baca spek di brosur, harus coba langsung. Lokasi bengkel dekat rumah, yg tau jg TS pastinya. Reliable atau ga, jg susah dibandingkan, karena salah 1nya adalah produk baru yg emang blm ketahuan ada problem spt apa n itu jg tergantung cara user ngerawat mobilnya. Nah yg bisa diminta pendapat kira2 bagaimana kualitas after sales berdasarkan pengalaman user2 mrek tersebut disini, atau pandangan mengenai estimasi resale value ke depannya walau blm tentu valid jg sih
Sip2, weekend minggu kemaren emg sempet liat2 unit display stargeser cuman blm sempet TD krn slotnya kepenuhan waktu itu, impresi awalnya emg cukup positif sih diluar desain tudungnya yg sebenernya bisa diakalin ama tukang cutting sticker. BQ ama material interior obviously ga semewah xpander tp ga jd dealbreaker jga

Kalo xpander emg udh coba punya sepupu, tp versi pre-FL, dan itu nyaman banget dari semua aspek yg om sebutin

Mungkin klo ada user creta/sonet yg mau sharing soal performance, perawatan dan issue pada mesin dan trannynya boleh ikut nimbrung juga, secara mesinnya sama plek ama setargeser jdnya bs kasih gambaran umum

Fyi dealernya Hyundai Andalan ama Mitsu Srikandi om
nyotnyet wrote: Fri Aug 05, 2022 10:36 Kriterianya apa ya om? Kok ga muncul di tmpt saya
Maaf om, ini kriterianya:

Kabin lapang dan nyaman
Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
Irit BBM
Bengkel resmi dekat rumah
Wajib ada cruise control
Budget <310 jt
Last edited by loid on Fri Aug 05, 2022 14:20, edited 1 time in total.
Surpadelisa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sat Aug 04, 2018 4:06
Location: Kabupaten Deli Serdang
Daily Vehicle: Honda Vario

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by Surpadelisa »

Kalo Saya pribadi pilih Ertiga trim tertinggi.
kenapa Ertiga? karena begitulah :mky_01: :mky_01:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by AbdulHakim »

fitur autohold itu sangat minim effort saat merayap di kemacetan, tanpa bermaksud mengajari..
injak rem - tekan autohold (posisi persneling ga perlu diubah tetap di D) mobil akan berhenti
saat mau jalan cukup injak rem lalu tekan autohold, maka mobil tidak akan terasa sentakan dan langsung merayap

ketimbang foot-parking brake
1. injak rem - tekan foot P brake - tuas pindah ke N
saat mobil depan udah maju
2. injak rem - tekan foot P brake - tuas pindah ke D
saat mobil depan cuma bergeser 1 meter trus berhenti ulangi poin 1.
gesit sih emang, sat set sat set, tapi capek juga dengkul lama-lama :big_peace:

itu siy pendapat saya, mohon maaf jika kurang berkenan :big_deal:
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by Bean06 »

pengendiesel wrote: Fri Aug 05, 2022 12:11
Suryaputra wrote: Fri Aug 05, 2022 11:56 Test Drive aja..
Plus BRV Prestige non honda sensing (ini udh jaminan reliable), proven keluarganya mobilio jd mbl rental dan taxi jg.
Yg CVT banyak yg tembus sampai 200rb KM sampai dijual lagih :big_biglaugh:

Jd on par sm xpander fiturnya.
Hampir gak pernah liat nih makhluk di jalanan. Kemahalan kali ya? Padahal pas loncing avxenloz, xp, brv, perkiraan saya bakal saingan sengit ketiganya.
Eh ternyata punya ahond melempem sendirian.
Iya rata rata lebih mahal 25an mio dari kompetitor. Tapi prediksi akhir tahun diskon bisa 35up. Karena cenderung sepi antusias masyarakat.
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by nyotnyet »

loid wrote:
quyquy wrote: Fri Aug 05, 2022 12:22 Kok pada seneng ya pake parking brake elektrik..

Pengalaman pake parking brake elektrik:
Engage releasenya parking brake elektrik itu pake motor -> ada delay dikit utk engage release -> pake autohold di lalu lintad padat jd malah sering bekerja motornya..
Sekarang malah gak pernah dipake autoholdnya biar motornya awet.. Jujur sih masih enakan handbrake biasa daripada epb. Pake handbrake tradisional bisa buat ngatur tenaga pas di tanjakan supaya jng terlalu over yg membuat spin di tempat.

Utk tudung saji speedometer stargaser klo diamati itu kyk yg dipake sama KIA Sonet. Hanya saja di Sonet ada panel blackgossynya sedangkan di stargaser ilang shg berkesan bulky kalo di stargeser.
MSU wrote: Fri Aug 05, 2022 12:57 Cuma penasaran...kalo matik cvt apa butuh autohold di tanjakan?
Krn kijang kapsul matik tua sy di tanjakan perasaan ga melorot koq
Fitur EPB kl utk sy malah ga butuh...pake dalkot cm sekali release & sekali tarik...malah mending yg biasa aja
Nah ini jga yg jd pemikiran saya om, sepertinya tudung speedonya bisa tersamarkan dengan sticker black glossy, bikin feelnya jauh lebih premium dari yg skrng. Emg fitur EPB+AVH ini nice to have but not necessary sih, krn rute yg biasa saya lalui jarang macet parah, paling sesekali-dua kali ngalamin macet parah pas mudik doang
Didihasnaasri83 wrote: Fri Aug 05, 2022 12:16 Kalau perlu EPB, Auto Hold pilih XPANDER Ultimate,
ADAS Stargazer sayang belum Adaptive, BRV HS fitur ADAS nya udah Adaptive lebih lengkap tp harga jauh dari budget,
Xenia R ASA kayaknya worth juga om
Nice to have sih, krn udh terbiasa juga ama rem tangan mekanik di jazz yg skrng, Mungkin plusnya EPB+AVH ngurangin lelah aja pas macet utamanya situasi padat merayap
Nah sebenernya duo astra masuk consideration, cuman abis liat videonya gridoto soal veloz susah nanjak somehow bikin parno, dan ketiadaan cruise control jd poin minus jga. Maybe tuningan ecu ama cvtnya udh fixed utk batch terbaru? Dan apakah fitur cruise controlnya bisa dipasang sendiri krn setirnya common part dgn raize?
pradit_d wrote: Fri Aug 05, 2022 11:34 Jawabannya mesti test drive sih. Seandainya fiturnya ada tertulis di atas kertas pun, blm tentu sesuai ama apa yg diharapkan. Build quality, ride quality, performance, kenyamanan, kekedapan jg subyektif tergantung selera pengguna, ga bisa cuman minta pendapat orang lain atau baca spek di brosur, harus coba langsung. Lokasi bengkel dekat rumah, yg tau jg TS pastinya. Reliable atau ga, jg susah dibandingkan, karena salah 1nya adalah produk baru yg emang blm ketahuan ada problem spt apa n itu jg tergantung cara user ngerawat mobilnya. Nah yg bisa diminta pendapat kira2 bagaimana kualitas after sales berdasarkan pengalaman user2 mrek tersebut disini, atau pandangan mengenai estimasi resale value ke depannya walau blm tentu valid jg sih
Sip2, weekend minggu kemaren emg sempet liat2 unit display stargeser cuman blm sempet TD krn slotnya kepenuhan waktu itu, impresi awalnya emg cukup positif sih diluar desain tudungnya yg sebenernya bisa diakalin ama tukang cutting sticker. BQ ama material interior obviously ga semewah xpander tp ga jd dealbreaker jga

Kalo xpander emg udh coba punya sepupu, tp versi pre-FL, dan itu nyaman banget dari semua aspek yg om sebutin

Mungkin klo ada user creta/sonet yg mau sharing soal performance, perawatan dan issue pada mesin dan trannynya boleh ikut nimbrung juga, secara mesinnya sama plek ama setargeser jdnya bs kasih gambaran umum

Fyi dealernya Hyundai Andalan ama Mitsu Srikandi om
nyotnyet wrote: Fri Aug 05, 2022 10:36 Kriterianya apa ya om? Kok ga muncul di tmpt saya
Maaf om, ini kriterianya:

Kabin lapang dan nyaman
Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
Irit BBM
Bengkel resmi dekat rumah
Wajib ada cruise control
Budget <310 jt
Saya sendiri kmrn udah SPK stargeser om, kandidat sebelumnya veloz Q tss dan xpander sport (ga suka interior yg ultimate), akhirnya ambil stargeser karna dia tengah2 diantara veloz dan xpander, harga mirip xpander dia udah dapet sensing dan 6 airbags, deal breaker di kami waktu itu xpander sampe type tertinggi airbag cuma2, HU belum support AACP, harus biaya lagi ganti HU nanti.
Oh ya 1 lagi yg bikin ambil stargeser, ada meja di row keduanya haha, kayanya hal simpel, tp kalo pergi sama anak, meja lipat itu berguna.
Kalo veloz simply jadi plg kemahalan diantara semuanya, walaupun dia dpt rear discbrake dan 360 kamera.

Soul Red zoom zoom
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by Pboyz97 »

loid wrote: Fri Aug 05, 2022 9:25 Halo, kebetulan ini thread pertama saya di SM, jd mohon maaf bila ada salah kata
As subject, saya sedang mencari LMPV 1500cc baru karena mobil yg skrng dipakai sudah mulai berumur

Kriteria saya:
  • Kabin lapang dan nyaman
  • Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
  • Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
  • Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
  • Irit BBM
  • Bengkel resmi dekat rumah
  • Wajib ada cruise control
  • Budget <310 jt
Dari kriteria diatas akhirnya didapat dua opsi sebagai berikut
  • Mitsubishi Xpander Ultimate CVT
    Pros: Desain eksterior dan interior lebih pas utk selera saya pribadi, kapasitas bagasi lumayan besar, EPB dengan auto hold
    Cons: AC belum auto climate control, CVT jatconya punya track record yg horror dan entah di xpander ini sudah ada improvement atau belum, jok masih fabric
  • Hyundai Stargazer Prime IVT
    Pros: Mesin paling bertenaga di kelasnya, captain seat, ADAS, legroom cukup lega, jok kulit, kenyamanan sepertinya 11-12 dengan xpander, ruang penyimpanan lebih banyak, ACnya sudah auto climate control
    Cons: Desain eksterior dan interior agak sulit dicerna utamanya pada tudung speedometer, bagasi lebih sempit dibandingkan xpander, rem tangan mekanikal dan tidak ada autohold
Menurut rekan2 semua manakah yang lebih worth it?
kebetulan saya pernah pake GE8 selama 9 tahun dan xpander ultimate yg batch awal 4 at selama 3 tahun. kalo dari jazz ke xpander menurut saya kurang worthed ya. bakal berasa downgrade dari sisi driving feel sm handlingnya. gatau yg fl ini udh improve apa blm. gatau knp masih enakkan jazz lama saya biarpun selisihnya 9 tahun lebih tua dari si xpander. tapi kalo om nyari desain yg lebih fresh, akomodasi yg lebih lapang karena 7 seater, gc tinggi, worry free karena baru , konsumsi bbm yg lebih irit , fitur yg lebih lengkap cukup worthed . hampir memenuhi semua kriteria kecuali no 4. punya saya dulu yg 4AT entah kenapa agak kurang tarikan bawahnya. dipake nanjak full load berasa boyo kalo dibandingin jazz saya sebelumnya (gatau yg fl ini kek gmn karena pake cvt, bukan pake 4AT lg) , walaupun putaran tengah - atasnya lumayan ngisi + driving feel dan handlingnya lumayan enak buat ukuran LMPV walaupun gak seenak jazz lama saya

kalo stargazer kurang tau karena blm test duduk maupun test drive

untuk alternatif bisa lirik brv prestige atau E non Honda sensing atau kalo mau seken bisa lirik innova diesel matic hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by maastricht889 »

loid wrote: Fri Aug 05, 2022 9:25 Halo, kebetulan ini thread pertama saya di SM, jd mohon maaf bila ada salah kata
As subject, saya sedang mencari LMPV 1500cc baru karena mobil yg skrng dipakai sudah mulai berumur

Kriteria saya:
  • Kabin lapang dan nyaman
  • Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
  • Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
  • Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
  • Irit BBM
  • Bengkel resmi dekat rumah
  • Wajib ada cruise control
  • Budget <310 jt
Dari kriteria diatas akhirnya didapat dua opsi sebagai berikut
  • Mitsubishi Xpander Ultimate CVT
    Pros: Desain eksterior dan interior lebih pas utk selera saya pribadi, kapasitas bagasi lumayan besar, EPB dengan auto hold
    Cons: AC belum auto climate control, CVT jatconya punya track record yg horror dan entah di xpander ini sudah ada improvement atau belum, jok masih fabric
  • Hyundai Stargazer Prime IVT
    Pros: Mesin paling bertenaga di kelasnya, captain seat, ADAS, legroom cukup lega, jok kulit, kenyamanan sepertinya 11-12 dengan xpander, ruang penyimpanan lebih banyak, ACnya sudah auto climate control
    Cons: Desain eksterior dan interior agak sulit dicerna utamanya pada tudung speedometer, bagasi lebih sempit dibandingkan xpander, rem tangan mekanikal dan tidak ada autohold
Menurut rekan2 semua manakah yang lebih worth it?
Pak, ini sdh bulat scopenya mau lmpv dan harus beli baru ya sblm saya komennya lbh dalem lagi?

Maksud saya, biar ga nyeleweng ke mana2 komen2/usulnya, lbh fair dan comparenya lebih apple to apple

Krn saya breakdown, needsnya:
1. Brand new
2. Budget 310
3. Butuh akomodasi besar
4. Commit unt rawat di bengkel resmi terus buat 5-8th ke depan
5. Naksir lmpv = irit bengsin
6. Fitur kekinian kaya safety sense, desain kekinian
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by mike22 »

Dengan budget segitu saya merem stargazer. Buruan spk om sbelum indennya lama.
.
Atau bisa jg brv sih kayanya diskonnya mayan.
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by loid »

maastricht889 wrote: Sat Aug 06, 2022 6:11
loid wrote: Fri Aug 05, 2022 9:25 Halo, kebetulan ini thread pertama saya di SM, jd mohon maaf bila ada salah kata
As subject, saya sedang mencari LMPV 1500cc baru karena mobil yg skrng dipakai sudah mulai berumur

Kriteria saya:
  • Kabin lapang dan nyaman
  • Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
  • Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
  • Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
  • Irit BBM
  • Bengkel resmi dekat rumah
  • Wajib ada cruise control
  • Budget <310 jt
Dari kriteria diatas akhirnya didapat dua opsi sebagai berikut
  • Mitsubishi Xpander Ultimate CVT
    Pros: Desain eksterior dan interior lebih pas utk selera saya pribadi, kapasitas bagasi lumayan besar, EPB dengan auto hold
    Cons: AC belum auto climate control, CVT jatconya punya track record yg horror dan entah di xpander ini sudah ada improvement atau belum, jok masih fabric
  • Hyundai Stargazer Prime IVT
    Pros: Mesin paling bertenaga di kelasnya, captain seat, ADAS, legroom cukup lega, jok kulit, kenyamanan sepertinya 11-12 dengan xpander, ruang penyimpanan lebih banyak, ACnya sudah auto climate control
    Cons: Desain eksterior dan interior agak sulit dicerna utamanya pada tudung speedometer, bagasi lebih sempit dibandingkan xpander, rem tangan mekanikal dan tidak ada autohold
Menurut rekan2 semua manakah yang lebih worth it?
Pak, ini sdh bulat scopenya mau lmpv dan harus beli baru ya sblm saya komennya lbh dalem lagi?

Maksud saya, biar ga nyeleweng ke mana2 komen2/usulnya, lbh fair dan comparenya lebih apple to apple

Krn saya breakdown, needsnya:
1. Brand new
2. Budget 310
3. Butuh akomodasi besar
4. Commit unt rawat di bengkel resmi terus buat 5-8th ke depan
5. Naksir lmpv = irit bengsin
6. Fitur kekinian kaya safety sense, desain kekinian
iya betul, lmpv om hehe. soalnya butuh akomodasi yg lebih lapang buat angkut2 keluarga ama barang bawaan
Last edited by loid on Sat Aug 06, 2022 6:36, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by maastricht889 »

loid wrote: Sat Aug 06, 2022 6:30
maastricht889 wrote: Sat Aug 06, 2022 6:11
loid wrote: Fri Aug 05, 2022 9:25 Halo, kebetulan ini thread pertama saya di SM, jd mohon maaf bila ada salah kata
As subject, saya sedang mencari LMPV 1500cc baru karena mobil yg skrng dipakai sudah mulai berumur

Kriteria saya:
  • Kabin lapang dan nyaman
  • Fitur safety memadai, VSC is a must but ADAS is nice to have
  • Reliable setidaknya untuk pemakaian 5-8 tahun dengan perawatan rutin di BeRes
  • Mesin bertenaga, setidaknya dipakai nanjak dengan muatan full tidak terlalu boyo
  • Irit BBM
  • Bengkel resmi dekat rumah
  • Wajib ada cruise control
  • Budget <310 jt
Dari kriteria diatas akhirnya didapat dua opsi sebagai berikut
  • Mitsubishi Xpander Ultimate CVT
    Pros: Desain eksterior dan interior lebih pas utk selera saya pribadi, kapasitas bagasi lumayan besar, EPB dengan auto hold
    Cons: AC belum auto climate control, CVT jatconya punya track record yg horror dan entah di xpander ini sudah ada improvement atau belum, jok masih fabric
  • Hyundai Stargazer Prime IVT
    Pros: Mesin paling bertenaga di kelasnya, captain seat, ADAS, legroom cukup lega, jok kulit, kenyamanan sepertinya 11-12 dengan xpander, ruang penyimpanan lebih banyak, ACnya sudah auto climate control
    Cons: Desain eksterior dan interior agak sulit dicerna utamanya pada tudung speedometer, bagasi lebih sempit dibandingkan xpander, rem tangan mekanikal dan tidak ada autohold
Menurut rekan2 semua manakah yang lebih worth it?
Pak, ini sdh bulat scopenya mau lmpv dan harus beli baru ya sblm saya komennya lbh dalem lagi?

Maksud saya, biar ga nyeleweng ke mana2 komen2/usulnya, lbh fair dan comparenya lebih apple to apple

Krn saya breakdown, needsnya:
1. Brand new
2. Budget 310
3. Butuh akomodasi besar
4. Commit unt rawat di bengkel resmi terus buat 5-8th ke depan
5. Naksir lmpv = irit bengsin
6. Fitur kekinian kaya safety sense, desain kekinian
iya betul, lmpv om hehe. soalnya butuh akomodasi yg lebih lapang buat angkut2 keluarga ama barang bawaan
Ok kalo gitu antara stargazer prime dan brv prestige HS yg lagi diskon (budget nambah dikit gr2 butuh cruise control, non HS ga ada cruise control).

- Dua2nya sama2 barang yg launchnya barusan bs dibilang.

- Dua2nya dapet free jasa servis+part 4th

Stargazer jujur saya blm coba, tp krn ini creta versi mpv tuningan mesinnya di creta sih enak. Tinggal di dealer hyundai bandung request aja test drive di tanjakan dago pakar/bengkok sama tanjakan lembang. BRV sih proven di tanjakan2, tuningan mesin honda udah pasti enak. Cmn perlu diperhatiin kalo hyundai kasih free servis+part 4th, harus dicermatin rincian penggantian partnya di bengkel resmi apa aja. Dan harus bener2 diliat oli cvtnya diganti apa enggak kl ikut free servis-part 4th itu.

Saya berkaca dr xpander, memang ni mobil cukup menarik dr tongkrongannya. Tp platformnya udh 5th (mulai kuno)+guidance oli cvtnya mitsubishi ngawur krn baru penggantian oli CVT di 120rb km. Saya udah denger beberapa issue xpender non FL yang gearboxnya jebol apalagi ini xpender sekarang CVT yg ke depannya ga tau gmn kalo treatment ganti oli cvtnya jg sama

Di sudut pandang sy, handrem mekanis di brv/stargazer sih saya malah suka, less trouble. Biasa di kelas gini2 tuh barang2 "wow" kaya electronic park brake suka nanggung jatuhnya.

Driving experience, ya sdh lah ini hal yg harus dikesampingin. Gimana pun ini MPV yg beda sama hatchback kaya honda jazz. Yg penting selama disetir apalg jalan jauh ga capek (stir dah tilt telescopic di stargazer), dan bawa lmpv ga mungkin buat ugal2an jg. Trs perhatiin tangkinya stargazer ini berapa, krn simpang siur di web 40L, di kertas fotokopi speknya 65L. Minimal kl tangki 45L sih buat jarak jauh pasti enak krn bs irit dari segi range BBMnya
banagher
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Wed Jun 01, 2016 15:09

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by banagher »

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by MSU »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 05, 2022 14:32 fitur autohold itu sangat minim effort saat merayap di kemacetan, tanpa bermaksud mengajari..
injak rem - tekan autohold (posisi persneling ga perlu diubah tetap di D) mobil akan berhenti
saat mau jalan cukup injak rem lalu tekan autohold, maka mobil tidak akan terasa sentakan dan langsung merayap

ketimbang foot-parking brake
1. injak rem - tekan foot P brake - tuas pindah ke N
saat mobil depan udah maju
2. injak rem - tekan foot P brake - tuas pindah ke D
saat mobil depan cuma bergeser 1 meter trus berhenti ulangi poin 1.
gesit sih emang, sat set sat set, tapi capek juga dengkul lama-lama :big_peace:

itu siy pendapat saya, mohon maaf jika kurang berkenan :big_deal:
Macet kalo saya ttp ngerayap tuas di D & kaki injek pedal rem sih om...paling kalo macet lama baru pindah N & kaki ttp injek rem
Autohold ni kayaknya paling mantep utk trans manual apalg kl ktm tanjakan..jd ga ribet ngopling & lepas parking brake
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran LMPV dibawah 310jt

Post by AbdulHakim »

MSU wrote: Sat Aug 06, 2022 7:44
AbdulHakim wrote: Fri Aug 05, 2022 14:32 fitur autohold itu sangat minim effort saat merayap di kemacetan, tanpa bermaksud mengajari..
injak rem - tekan autohold (posisi persneling ga perlu diubah tetap di D) mobil akan berhenti
saat mau jalan cukup injak rem lalu tekan autohold, maka mobil tidak akan terasa sentakan dan langsung merayap

ketimbang foot-parking brake
1. injak rem - tekan foot P brake - tuas pindah ke N
saat mobil depan udah maju
2. injak rem - tekan foot P brake - tuas pindah ke D
saat mobil depan cuma bergeser 1 meter trus berhenti ulangi poin 1.
gesit sih emang, sat set sat set, tapi capek juga dengkul lama-lama :big_peace:

itu siy pendapat saya, mohon maaf jika kurang berkenan :big_deal:
Macet kalo saya ttp ngerayap tuas di D & kaki injek pedal rem sih om...paling kalo macet lama baru pindah N & kaki ttp injek rem
Autohold ni kayaknya paling mantep utk trans manual apalg kl ktm tanjakan..jd ga ribet ngopling & lepas parking brake
iya, style nyetir orang beda-beda, saya ama istri aja beda :big_biglaugh: