Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
acil08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 22 Jan 2019, 18:57
Location: Tangerang
Daily Vehicle: CB150R K15
Contact:

Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by acil08 »

Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
  • Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
  • Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:

  • Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
  • Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?


Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman :big_exellent:
KNWOLEDGE=HORSPOWER :big_comfort:
Please visit https://www.instagram.com/garasi.gaxi/
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by Frenzyking »

Selisih harga yg krg make sense di dompet membuat warga Pertamax utk consider hijrah ke Pertalite ya Pak πŸ˜†

Sama disini oe juga selama ini Pertamax karna sesuai anjuran utk LCGC. Namun sepertinya hrus hijrah ke Pertalite karna selisih harga yg membuat dompet menipis 🀣

Dengan kompresi di bawah 10, seharusnya aman ya Pak bila berkaca sekadar pada kompresi mesin. Mungkin para senior atau owner Captiva bisa kasi pendapat
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by evanbngdor »

Coba aja pake pertalite + Aditif.

Aditif ada macem2, salah satunya sih redline CFSC, lumayan OK menurut saya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by ChZ »

Waktu mobil ini muncul blom ada pertalite gak nutup kemungkinan pasti ada yg isi premium malah.

Rasa rasanya yg bensin malah relatif lbh gak rewel dari diesel
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by silentIm2 »

acil08 wrote: ↑05 Apr 2022, 15:24 Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
  • Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
  • Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:

  • Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
  • Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?


Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman :big_exellent:
Dicoba saja dulu pake pertalite. Kompresi rendah ga jaminan bebas knocking. Semua tergantung tuning pabrik. Tapi kalo kata thread di forum Captiva ada yg dari dulu pake pertalite okew saja. Yg penting waktu beban, start dari berhenti tidak terdengar suara kretak2 tanda knocking. Karena kalo dibiarkan kompresi bisa bocor, makan bibir / seat valve, bikin kropos silinder atau piston retak, tergantung titik knockingnya.
Alternatif lain bisa liat di thread sebelah campur pertalite-pertabo 3:1 untuk RON 92, atau 7:1 untuk RON 91.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
acil08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 22 Jan 2019, 18:57
Location: Tangerang
Daily Vehicle: CB150R K15
Contact:

Re: Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by acil08 »

Frenzyking wrote: ↑05 Apr 2022, 15:54 Selisih harga yg krg make sense di dompet membuat warga Pertamax utk consider hijrah ke Pertalite ya Pak πŸ˜†

Sama disini oe juga selama ini Pertamax karna sesuai anjuran utk LCGC. Namun sepertinya hrus hijrah ke Pertalite karna selisih harga yg membuat dompet menipis 🀣

Dengan kompresi di bawah 10, seharusnya aman ya Pak bila berkaca sekadar pada kompresi mesin. Mungkin para senior atau owner Captiva bisa kasi pendapat
Iya betul lumayan signifikan naiknya jadinya mau ga mau harus ke pertalite om, btw terima kasih infonya om.
evanbngdor wrote: ↑05 Apr 2022, 16:49 Coba aja pake pertalite + Aditif.

Aditif ada macem2, salah satunya sih redline CFSC, lumayan OK menurut saya
Untuk aditifnya pakai CR Max bagus ga om?
ChZ wrote: ↑05 Apr 2022, 17:10 Waktu mobil ini muncul blom ada pertalite gak nutup kemungkinan pasti ada yg isi premium malah.

Rasa rasanya yg bensin malah relatif lbh gak rewel dari diesel
betul om pertalite belum ada, tapi kalo diliat secara teknikal dengan kompresi 9.6 harusnya aman kan ya diisi pertalite om?
silentIm2 wrote: ↑06 Apr 2022, 02:19
acil08 wrote: ↑05 Apr 2022, 15:24 Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
  • Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
  • Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:

  • Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
  • Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?


Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman :big_exellent:
Dicoba saja dulu pake pertalite. Kompresi rendah ga jaminan bebas knocking. Semua tergantung tuning pabrik. Tapi kalo kata thread di forum Captiva ada yg dari dulu pake pertalite okew saja. Yg penting waktu beban, start dari berhenti tidak terdengar suara kretak2 tanda knocking. Karena kalo dibiarkan kompresi bisa bocor, makan bibir / seat valve, bikin kropos silinder atau piston retak, tergantung titik knockingnya.
Alternatif lain bisa liat di thread sebelah campur pertalite-pertabo 3:1 untuk RON 92, atau 7:1 untuk RON 91.
Oke om terima kasih masukannya
KNWOLEDGE=HORSPOWER :big_comfort:
Please visit https://www.instagram.com/garasi.gaxi/
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by pradit_d »

Aman om pake pertalite. Ini bbrp kenalan udah pada pindah ke pertalite sejak pertamax naik ke 12.5rb, salah 1 nya user captiva. Ga ngelitik sih. Yg lain jg ada tmn pake accord n crv mesin k24 jg aman2 aja. Yg agak ngelitik itu malah yg sebangsa juke n jazz gk5, tapi jg ga parah. Denger2 yg pake revvo 89 malah lebih bagus dari pertalite, tapi ane ga bisa buktikan jg, soalnya di daerah ane ga ada spbu selain pertamina
:big_peace:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Hijrah Dari Pertamax Ke Pertalite

Post by qushay20019 »

acil08 wrote: ↑05 Apr 2022, 15:24 Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
  • Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
  • Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:

  • Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
  • Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?


Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman :big_exellent:
Ane jg beralih dari pmax ke plite di City GD8 sm SX4 gen1. Tapi plite nya ane tambain aditip 2-3 ml per liter bensin. Dulu aditipnya pake Redline CFSC, tp kurang berasa di tarikan, & cenderung malah lebih boros dikiiit FC nya dibanding pake plite doang. Skarang ane lagi ngetes Amsoil PI yg botol merah (bukan botol bening kayaknya yg dijual di ACE). Ini sih lebih mahal daripada Redline CFSC tp emang lebih berasa bedanya di tarikan
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post