ud pernah liat isinya belom om??? tukang gulung dinamo sakit kepala liat PCB boardnya
yang simple biasa yang kayak wuling EV atau mobil 75jt itu paling pake motornya kayak yang di pake forklift atau caddy
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ud pernah liat isinya belom om??? tukang gulung dinamo sakit kepala liat PCB boardnya
pabrikan jepang paling bangun batre buat hybrid innova kan mau dibikin hybrid kalo.......laku.....Michaelktp wrote: ↑Thu Aug 04, 2022 9:43 https://m.liputan6.com/amp/5028382/pabr ... ndustri-ev
As predicted ternyata Jepangan akhirnya minder juga. Jiper juga keras kepala ngotot manufacturing ICE sampai kiamat
Motornya Brushless DC macam motor drone, jd mestinya yang kalah bukan gulungannya tapi elektroniknya atau lahernya. Kalo liat ampernya gede gitu, kontrollernya si mestinya pake cip IGBT bukan MOSFET macam drone. Kesempatan aftermarketnya si di ganti board chipset ini, jd ndak perlu ganti segelondong, terus tinggal pake merek apa, kalo mau ex Infineon mahal.. kalo mo cungkuo-an murah..... Bisa jadi besok2 betulin EV bekas umur 10 taun keatas ndak ke Asem Reges tapi ke Harco...
nah ini butuh PC malah buat ngecek boardnyaBibieight wrote: ↑Thu Aug 04, 2022 11:03 Motornya Brushless DC macam motor drone, jd mestinya yang kalah bukan gulungannya tapi elektroniknya atau lahernya. Kalo liat ampernya gede gitu, kontrollernya si mestinya pake cip IGBT bukan MOSFET macam drone. Kesempatan aftermarketnya si di ganti board chipset ini, jd ndak perlu ganti segelondong, terus tinggal pake merek apa, kalo mau ex Infineon mahal.. kalo mo cungkuo-an murah..... Bisa jadi besok2 betulin EV bekas umur 10 taun keatas ndak ke Asem Reges tapi ke Harco...
hidrogen sekarang juga gak bakalan praktis om ribet di tabungnya terlalu gede emang saya ngebet ke hidrogen, cuma hidrogen dimana isi aer terus di mobil ada onboard buat katalisnya nyatanya buat sekarang keknya gak mungkin
iya saya juga pernah denger ini.b0ku wrote: ↑Wed Aug 03, 2022 10:32masalahnya juga BBM sekarang ud bisa di bikin polusi juga bisa di sedot dan di daur ulang tinggal milih aja mau yang manaaspsilver wrote: ↑Wed Aug 03, 2022 8:35 tehnologi akan makin maju,
Kendaraan listrik 20 tahun lalu beda sama yang hari ini.
tidak usah jauh, Hyundai Ionic dan Ionic 5 saja beda jauh, padahal harganya tidak beda jauh.
tahun 90 an, pecaya gak kalo dibilang pembantu elo bakalan punya HP.
tukang sayur punya HP.
dan sekarang HP itu bukan cuma buat nelepon. bisa buat segala macam.
HP jaman dulu yang segede batu bata, kalah segalanya daripada HP jaman sekarang, padahal harganya lebih mahal HP jaman dulu.
nokia 5110 sebagai pelopor HP murah itu harganya kalo gak salah 2 jutaan. HP 2 jutaan jaman sekarang kan udah jauh beda,
mobil listrik juga akan gitu.
batere nya akan makin murah, makin ringan.
ngecharge nya juga akan makin singkat.
sekarang populasi mobil listrik dunia itu baru CMMIW 2% dari seluruh mobil yang ada, masi kecil sekali. tapi tumbuh pesat.
Harga BBM makin mahal dan persediaan makin sedikit, ya pilihannya listrik akan menjadi alternatif.
dan melihat kondisi sekarang, yang paling mungkin itu kendaraan listrik.
yang beli beli listrik sekarang itu pionir, dimana masi banyak kendala.
ya pelan pelan kendala itu akan diatasi
bener sekali, saat ini mobil listrik masi early adopter.Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 03, 2022 23:46 The future is here.
Saat ini EV masih early adopter, tapi semakin dibutuhkan dan demand makin tinggi untuk kaum perkotaan, maka teknologi pun akan mencapai prinsip ekonomis.
Untuk bbrp adventurer ke luar kota dan naik turun gunung dan hutan, pilihan mobil ber BBM tetap paling praktis.
Dan bisa jadi di masa depan akan saling melengkapi.
Mobil bensin ada, mobil listrik jg lalu lalang oleh pengguna dalkot dan pinggiran kota.
LUCUNYA dia ngomong ganti batre VS ganti mesin padahal mobil combustion kan cuma butuh overhaulhenbob wrote: ↑Fri Aug 05, 2022 9:08
Nah ini gw baru tau jg kalo batere kalo ada yg rusak itu bukan yg rusak semuanya, tapi cellnya. setelah diganti baru bisa balek lg. itu katanya si om ada dividio tersebut yak, bukan kata gw. kalo sebelumnya gw jg mikir, ganti baterenya smuanya itu brp duit? nah mangkanya gw nemu vidio ini bener2 dipraktekin ama dia, n mereka ada dokumentasi di FB mereka di ev clinic, bahasa norway tp wkwkwkw. gampang, tinggal di translate aja walopun ga 100% nyambung tp keywordnya udah nyambung..
hmmm semakin menarique
ga nyambung om tulisan om, yg gw bahas itu cara mereka sampek detect cellnya. Yg pernah terjadi disana, jadi bukan ganti seluruh cellnya. di kasus mereka ada 2 cell bermasalah setelah 150.000km. Dengan pengerjaan 2 jam :b0ku wrote: ↑Fri Aug 05, 2022 13:01LUCUNYA dia ngomong ganti batre VS ganti mesin padahal mobil combustion kan cuma butuh overhaulhenbob wrote: ↑Fri Aug 05, 2022 9:08
Nah ini gw baru tau jg kalo batere kalo ada yg rusak itu bukan yg rusak semuanya, tapi cellnya. setelah diganti baru bisa balek lg. itu katanya si om ada dividio tersebut yak, bukan kata gw. kalo sebelumnya gw jg mikir, ganti baterenya smuanya itu brp duit? nah mangkanya gw nemu vidio ini bener2 dipraktekin ama dia, n mereka ada dokumentasi di FB mereka di ev clinic, bahasa norway tp wkwkwkw. gampang, tinggal di translate aja walopun ga 100% nyambung tp keywordnya udah nyambung..
hmmm semakin menarique
maksudnya kek tesla celnya banyak ganti beberapa misalnya rusak 1000 cell ganti 1000 cell besok rusak lagi 1000 celll bongkar lagi dari chasis ongkos lagi
kalo ke tesla sih keknya lsg di ganti semua makanya mahal
https://www.drive.com.au/news/tesla-mod ... ion-miles/
mobil ini aja saya hitung sudah abis 300.000usd buat ganti batre sama motor listriknya
pinteran hyundai tuh om dari inoniq dia satu assy di kona dia bikin jadi 5 assy jadi kalo ganti 1 1 dulu jd ya kalo misalnya trouble jelek2xnya bongkar 5 kali
sama satu lagi susahnya bikin bengkel EV di us ada satu bengkel setaon kebakaran aja ud 3x
bengkel umumn disana udah pada siap jg om.grimjow wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 1:57 Ikutan nimbrung, dan akhirnya coba baca2 artikel negara yang penjualan EV nya sudah mengalahkan ICE yaitu Norwegia dimana EV menyumbang 64,5% penjualan mobil di 2021.
Intinya sih it's a long journey dan banyak peran Pemerintah dengan tax reduction, insentif2, dll yang akhirnya membuat harga EV vs ICE jadi benar2 comparable. Bisa dilihat di saat China, USA dan rest of Europe average price ICE masih lebih rendah dari EV, eh Di Norwegia lain sediri bisa tuh EV avg nya 43 ribuan vs ICE yang 46 ribuan.
Selain itu ada insentif tarif parkir, tarif pajak jalan, dll yang membuat running cost nya EV jadi lebih rendah lagi.
Timeline nya dimulai dari 1990, dan dapat nice reading dari sini :
https://blog.wallbox.com/how-norway-bec ... ev-leader/
makanya daripada hydrogen mah mending e-fuel aja dahb0ku wrote: ↑Thu Aug 04, 2022 14:11 hidrogen sekarang juga gak bakalan praktis om ribet di tabungnya terlalu gede emang saya ngebet ke hidrogen, cuma hidrogen dimana isi aer terus di mobil ada onboard buat katalisnya nyatanya buat sekarang keknya gak mungkin
malah E FUEL itu bisa di bilang kayak hidrogen karena bahannya campuran aer sama co2, bisa di bilang kalo menurut saya 50-100th kedepan bakalan tetep combustion liatin aja,
porsche pabrik e fuel satu belom jadi aja ud bikin lagi di ausie
om ngerti arti kata Biased gak??henbob wrote: ↑Sun Aug 07, 2022 9:14ga nyambung om tulisan om, yg gw bahas itu cara mereka sampek detect cellnya. Yg pernah terjadi disana, jadi bukan ganti seluruh cellnya. di kasus mereka ada 2 cell bermasalah setelah 150.000km. Dengan pengerjaan 2 jam :b0ku wrote: ↑Fri Aug 05, 2022 13:01LUCUNYA dia ngomong ganti batre VS ganti mesin padahal mobil combustion kan cuma butuh overhaulhenbob wrote: ↑Fri Aug 05, 2022 9:08
Nah ini gw baru tau jg kalo batere kalo ada yg rusak itu bukan yg rusak semuanya, tapi cellnya. setelah diganti baru bisa balek lg. itu katanya si om ada dividio tersebut yak, bukan kata gw. kalo sebelumnya gw jg mikir, ganti baterenya smuanya itu brp duit? nah mangkanya gw nemu vidio ini bener2 dipraktekin ama dia, n mereka ada dokumentasi di FB mereka di ev clinic, bahasa norway tp wkwkwkw. gampang, tinggal di translate aja walopun ga 100% nyambung tp keywordnya udah nyambung..
hmmm semakin menarique
maksudnya kek tesla celnya banyak ganti beberapa misalnya rusak 1000 cell ganti 1000 cell besok rusak lagi 1000 celll bongkar lagi dari chasis ongkos lagi
kalo ke tesla sih keknya lsg di ganti semua makanya mahal
https://www.drive.com.au/news/tesla-mod ... ion-miles/
mobil ini aja saya hitung sudah abis 300.000usd buat ganti batre sama motor listriknya
pinteran hyundai tuh om dari inoniq dia satu assy di kona dia bikin jadi 5 assy jadi kalo ganti 1 1 dulu jd ya kalo misalnya trouble jelek2xnya bongkar 5 kali
sama satu lagi susahnya bikin bengkel EV di us ada satu bengkel setaon kebakaran aja ud 3x
ini studi kasus utk mobil K*a.
ini utk biaya ganti 2 cellnya 100euro (termasuk jasa).
people need to know the knowledge,
Jadi yg menarik itu cara mereka belajarnya, si om kanan itu malah sampe beli tesla utk dipraktekin demi keingin tauan mereka dalam belajar diworkshop mereka. Ini keren utk belajar hal baru. kalo emang males ya... diskip aja
hidrogen sebenernya bisa di terapin di mesin combustion om cuma ya gitu belom dapet formula yang bagus juga cuma emang paling enak e fuel banyak benefitnya kalo menurut saya cuma kata ev fanboy gak energi efisien, kayak solusi dia praktis ajadarrelund wrote: ↑Sun Aug 07, 2022 9:54makanya daripada hydrogen mah mending e-fuel aja dahb0ku wrote: ↑Thu Aug 04, 2022 14:11 hidrogen sekarang juga gak bakalan praktis om ribet di tabungnya terlalu gede emang saya ngebet ke hidrogen, cuma hidrogen dimana isi aer terus di mobil ada onboard buat katalisnya nyatanya buat sekarang keknya gak mungkin
malah E FUEL itu bisa di bilang kayak hidrogen karena bahannya campuran aer sama co2, bisa di bilang kalo menurut saya 50-100th kedepan bakalan tetep combustion liatin aja,
porsche pabrik e fuel satu belom jadi aja ud bikin lagi di ausie
udah nyimpennya susah krn butuh special storage etc etc, bikinnya juga susah
90s-2000 kan populer tuh hydrogen, sampe pabrikan eropa juga ikutan
skrg mana tuh hydrogen? udah puluan taun tapi zonk, secanggihnya EU aja cuma ada 200an hydrogen station. lebi nyusahin dari EV
makanya udah bener tuh BEV & E-fuel jadi future, soalnya seiring teknologi progess keduanya bisa jadi lebi murah
hydrogen emg bisa om di masukin ke combustion, cuma dari dulu kendalanya di ngontrol pembakarannya itu. mesin jadi boros krn hydrogennya cepet kebakar. toyota dah berhasil tuh mesin GR Yaris dicolok hydrogen. cuma borosnya bukan maen, balap 24h ngepit 40 kali .b0ku wrote: ↑Sun Aug 07, 2022 12:09
hidrogen sebenernya bisa di terapin di mesin combustion om cuma ya gitu belom dapet formula yang bagus juga cuma emang paling enak e fuel banyak benefitnya kalo menurut saya cuma kata ev fanboy gak energi efisien, kayak solusi dia praktis aja
kita sih mau 2 2nya apalagi honda e sama taycan sebenernya menarik cuma berhubung ada yang egois dunia mau buat dia doank kalo bisa mendingan punah aja sekalian yang bev
DIESEL ud pasti survive om susah di kalahin kepraktisan sama loadnya mobil listrik aja ud pada kena masalah range kalo lagi ngehaul gimana mau disuruh jadi kuli odolBibieight wrote: ↑Mon Aug 08, 2022 0:24 Si Toyota Mirai hidrogennya ndak dibakar, tapi dipake buat fuel cell, jadi ya ujung2nya ketemu dinamo listrik lagi, alias sama dengan BEV minus B, si B diganti fuel cell. Motor controller masih ada, power management system masih ada, HVIL masih ada. Jualan kalo ndak salah ndak sampe 20.000 unit, jadi kayaknya mampetnya di infra hidrogennya, harus bikin tangki, harus ada delivery, kalo stroom kan tinggal tarik kabel.
Kalo diliat posisi Indonesia yg full batubara dan sawit, jangan2 kedepan ICE yang slamet malah duo cumi2 darat (asal bisa makan B100 ya)....
Orang sana ga mikir apa ya kalo nyetir ke outback trus abis batre gimana tuh cas nyahenbob wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 6:27 https://www.theguardian.com/environment ... m-category
Electric vehicle sales in Australia overtake petrol-driven cars in medium category for first time
ganti partai dan ketum nyakendibocor wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 18:05 https://www.cnbcindonesia.com/news/2023 ... TUdjSFB6bQ..
Kenapa terkesan "agak maksa" banget ya majuin moblis sedangkan buying power masyarakatnya blm sekuat itu bwat afford moblis yg proper karena harganya paling murah masih 700an jt dan supplynya ga jelas (opini ane, moblis yg 200an blm bisa dianggap proper karena blm ada crash testnya)
Mungkin dia punya 2 mobil ice dan evZaxis wrote: ↑Thu Jun 15, 2023 2:53Orang sana ga mikir apa ya kalo nyetir ke outback trus abis batre gimana tuh cas nyahenbob wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 6:27 https://www.theguardian.com/environment ... m-category
Electric vehicle sales in Australia overtake petrol-driven cars in medium category for first time
Wkwkwkwk
lho jelas dong motifnya apa, kalo moblis laku pada pake listrik trs tambang batubara beliau punya cvvan... sebodo amat itu langit jakarta udah gak tau gimana gegara pembangkit batubarakendibocor wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 18:05 https://www.cnbcindonesia.com/news/2023 ... TUdjSFB6bQ..
Kenapa terkesan "agak maksa" banget ya majuin moblis sedangkan buying power masyarakatnya blm sekuat itu bwat afford moblis yg proper karena harganya paling murah masih 700an jt dan supplynya ga jelas (opini ane, moblis yg 200an blm bisa dianggap proper karena blm ada crash testnya)
si presiden juga cuma koar2x sedikit cuma tindakannya kek gak terlalu support