bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by DOHC »

maastricht889 wrote: Mon Aug 08, 2022 16:00
DOHC wrote: Mon Aug 08, 2022 9:16
ChZ wrote: Mon Aug 08, 2022 6:26

Hahahaha bener ini. D15B itu byk yang bilang the closest thing to real vtec, 1-1nya 3stage vtec yang pernah masuk indo secara resmi.

Bisa dibilang ini salah satu experimental engine honda cikal bakalnya L series. Basisnya economy engine tp dibuat bisa rev tinggi. Makanya L series vtec/ivtec tuh aneh, economy engine kok peak torque nya tinggi banget. Dimana mana mau irit ya peak torque rpm bawah ini malah disimpen di 4800.



Kadang kadang gearing berpengaruh. Saya kurang research soal final gear tp seinget saya coba city GN cvt emang gearing nya lebih alus. Takeoff lebih smooth. Torsi lebih flat dibanding GK yang aga lompat.

Rasa lemotnya jg didukung faktor city yang lebih berat.

Makanya karakter city GN lebih enak buat tourer luar kota ketimbang agresif.

Sebenernya kerasa banget L15ZF itu specnya impoten kalau liat fuel req yang cuma ron90. Timing atasnya seakan ditahan biar advance ga terlalu jauh
Haa the honda D series enjin

Beruntung kita orang masi sempet punya sendiri (bukan katanya2 si anu ini ono) dan cobain sendiri, kaka beradik D15 ama D16,

Btw kl dibandingin ama L15, itu both D15 ama 16 sebenernya utk putaran bawah nya loyo loh, yg D15 ndut2an bawahnya, yg D16 kedodoran ngisi tenaga nya.. tapi 2 2 nya, pas ud masup 3000 rpm keatas, wuohhhh vitek kik in yoo, suara kombinasi resonasi dr header dan intek manipol nya jg bkin nagih pas puteran tinggi

Makanya jg utk jenis mahluk ini wajip transmisi manual, kl metik yah tuh vitek nyaris ga kepake, wong rpm baru masup 3000 ud shifting

Dann satu lagi

Seri honda kasta terbawah terakhir yg bunyi starter mesin nya ikonik banget, beda ama suara starter mesin nya L15A, sounds so cheapo, sperti outsourcing ke daihatsu bunyi nya, untung sejak gen hrv, jazz GK, palagi yg L15 DoHC ud lebi enak bunyi starter mesin nya
Mbahh, saya nda bakal lupa kalo kita orang pernah punya stream D17 manual 2002. Ini mobil mpv semi low slung yg bener2 enak dr performance, desain jepang, handlingnya. Gerung D17 VTECnya mantappu.

Sampe hari ini blm pernah ada mpv non sliding agak medium yg bs seenak stream S7A
D17 konon katanya (ga perna punya , apalagi ngaku2 perna coba) d beberapa kes bsa kena ke liner nya ya mbah, mirip2 kes liner gentong d captiva.. D17 mbah aman liner nya ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by marmut »

DOHC wrote: Tue Aug 09, 2022 1:28

:mky_04: :mky_06: :mky_06: asemm

Btw

Itu ferio ama cityZ SOHC loh mbah, tp knapa puteran bawah nya ga enak banget yah (ini beneran dulu punya loh, bukannya kata2nya, apalagi kebetulan kebetulan), enaknya justru kl ud masup 3000 rpm ke atas, berasa banget kaya smua segel mesin kebuka


single cam tapi kalo vtec ya terjawap sudah pertanyaannya....

:big_weee:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

DOHC wrote: Tue Aug 09, 2022 1:28


:mky_04: :mky_06: :mky_06: asemm

Btw

Itu ferio ama cityZ SOHC loh mbah, tp knapa puteran bawah nya ga enak banget yah (ini beneran dulu punya loh, bukannya kata2nya, apalagi kebetulan kebetulan), enaknya justru kl ud masup 3000 rpm ke atas, berasa banget kaya smua segel mesin kebuka
itu karena high rev om kelemahannya puteran bawah makanya cocoknya manual kalo matic apalagi 4AT apa gak ngap2xan larinya :big_biglaugh:

makannya orang pada suka ngoceh honda mesinnya butut ud jaman milenium masih SOHC padahal bisa aja itu honda pake SOHC buat ngakalin low end torquenya itu aja masih di bantu pake busi laser sama torque boost resonator bahkan di GE8 aja saya gak berani otak atik intakenya soalnya punya saya matic itu aja bikin racikan exhaust yang pas buat maticnya GE8 aja saya ud buang 1 downpipe, 1 front pipe sama satu muffler yang ujung2xnya paling enak pake muffler bawaan :big_biglaugh:

belom lagi saya juga akalin pake oli 5w30 biar enteng tarikan bawahnya :big_bored:

makannya saya kalo denger B atau H series tapi matic lsg kagak nafsu :big_biglaugh:

kalo K series baru seru soalnya 5ATnya mulai enak :mky_03:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

b0ku wrote: Mon Aug 08, 2022 8:47
Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 7:10
VTEC DOHC jadul memang ganas-ganas engine-nya, sayang gak masuk ke pasar domestik Indonesia.
Engine VTEC DOHC ( B series & H series) dibilang real VTEC karena fokusnya memang ke power, gak ada actuator VTEC switch ke VTEC-E
Engine B series & H series beda powernya cukup jauh dengan engine D series, CC nya juga beda juga :big_biglaugh:
berasa ganas karena jaman segitu ngerasainnya manual di tambah suaranya emang lebih garang di banding k series cuma kalo dipasangin gearbox maticnya gak yakin saya masih ganas yang ada kena ratio panjang belom VTEC keburu ngerem lagi :big_biglaugh:
Memang ganas kebantu dengan transmisi M/T, saat push ke RPM dimana VTEC (5000-an RPM - 60000-an RPM) engage langsung nampol.
VTEC kick in yooo di RPM tinggi, beda banget dengan VTEC di engine econobox SOHC Honda.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

b0ku wrote: Tue Aug 09, 2022 1:51
DOHC wrote: Tue Aug 09, 2022 1:28


:mky_04: :mky_06: :mky_06: asemm

Btw

Itu ferio ama cityZ SOHC loh mbah, tp knapa puteran bawah nya ga enak banget yah (ini beneran dulu punya loh, bukannya kata2nya, apalagi kebetulan kebetulan), enaknya justru kl ud masup 3000 rpm ke atas, berasa banget kaya smua segel mesin kebuka
itu karena high rev om kelemahannya puteran bawah makanya cocoknya manual kalo matic apalagi 4AT apa gak ngap2xan larinya :big_biglaugh:

makannya orang pada suka ngoceh honda mesinnya butut ud jaman milenium masih SOHC padahal bisa aja itu honda pake SOHC buat ngakalin low end torquenya itu aja masih di bantu pake busi laser sama torque boost resonator bahkan di GE8 aja saya gak berani otak atik intakenya soalnya punya saya matic itu aja bikin racikan exhaust yang pas buat maticnya GE8 aja saya ud buang 1 downpipe, 1 front pipe sama satu muffler yang ujung2xnya paling enak pake muffler bawaan :big_biglaugh:

belom lagi saya juga akalin pake oli 5w30 biar enteng tarikan bawahnya :big_bored:

makannya saya kalo denger B atau H series tapi matic lsg kagak nafsu :big_biglaugh:

kalo K series baru seru soalnya 5ATnya mulai enak :mky_03:
Ini cara kerja 3-stage VTEC di engine D15 SOHC :

The 3-stage VTEC D15B represents the pinnacle of development on the D15B engine. From the same configuration as the previous generation VTEC D15B; 1493cc SOHC PGM-Fi but now with the 3-stage VTEC system; it generates the same 130ps at a higher 7000rpm with a max torque of 14.2kgm at 5300rpm. The amazing thing is that now it also offers an incredible 30km/l mileage ! In the flesh, the 3-stage VTEC D15B is a sleeper. The valve cover does not have any 'VTEC' wording and only the sharp eyed will recognize the engine as VTEC by noting the VTEC switches (yes, two of them) located on top of the intake runners and the high 7200rpm red-line of the tach. The 3-stage VTEC engine runs in 12-valve mode up to around 3000rpm. In this range, running in ideal conditions will activate the 'lean-burn' mode, where air-fuel ratios as high as 20:1 can be used to take advantage of the intake swirl induced by the 12-valve operation. This lean-burn mode is what makes the 30km/l mileage (for constant 60kmh speed) possible. A green 'ECONO' LED lights up on the dash when lean-burn mode is engaged.

From around 3000rpm up to about 6000rpm, the first VTEC actuator switch engages and the previously inactive intake valve now goes into operation. The engine now runs in 16-valve mode behaves just like any of Honda's highly spec'ed 16valve PGM-Fi engines. After 6000rpm the second VTEC actuator switch engages the wild cam/rocker arm pair for the intake valves. This switches the engine into the wild-cam mode where it goes bonkers delivering 130ps at 7000rpm. With the proper driving style, one can actually enjoy mileage as high as 16 or 18km/l in town driving while at the same time frequently indulging in VTEC-inspired sprints to overtake slower vehicles.

WongKN
Temple of VTEC Asia - May 2000
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Tue Aug 09, 2022 1:51
DOHC wrote: Tue Aug 09, 2022 1:28


:mky_04: :mky_06: :mky_06: asemm

Btw

Itu ferio ama cityZ SOHC loh mbah, tp knapa puteran bawah nya ga enak banget yah (ini beneran dulu punya loh, bukannya kata2nya, apalagi kebetulan kebetulan), enaknya justru kl ud masup 3000 rpm ke atas, berasa banget kaya smua segel mesin kebuka
itu karena high rev om kelemahannya puteran bawah makanya cocoknya manual kalo matic apalagi 4AT apa gak ngap2xan larinya :big_biglaugh:

makannya orang pada suka ngoceh honda mesinnya butut ud jaman milenium masih SOHC padahal bisa aja itu honda pake SOHC buat ngakalin low end torquenya itu aja masih di bantu pake busi laser sama torque boost resonator bahkan di GE8 aja saya gak berani otak atik intakenya soalnya punya saya matic itu aja bikin racikan exhaust yang pas buat maticnya GE8 aja saya ud buang 1 downpipe, 1 front pipe sama satu muffler yang ujung2xnya paling enak pake muffler bawaan :big_biglaugh:

belom lagi saya juga akalin pake oli 5w30 biar enteng tarikan bawahnya :big_bored:

makannya saya kalo denger B atau H series tapi matic lsg kagak nafsu :big_biglaugh:

kalo K series baru seru soalnya 5ATnya mulai enak :mky_03:
Mau gimana lagi sekarang jalanan macet banyak orang beli mobil entah bisa entah ga bisa nyetir kalo bawa mobil sukanya nyetir di tengah2 kaya jalanan punya nenek moyangnya,
Jazz GE kan solusi mobil kompak yang diharapkan lincah iya,kenceng di tol juga iya hari gini klo ga di tol mana bisa kenceng?
Berarti civic FD2 enak ya putaran bawah sampe atasnya? K20 enjin 5AT kan?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 7:28 Main K-series masih jauhh risetnya kalau di indo
Parts kompetisi K series bejibun tapi gak kuat di harganya, bangun K series full specs bisa dapat satu mobil LCGC baru :big_biglaugh:
cm kalo ada duitnya, main Kswap itu lebih enak daripada B. swappable partsnya banyak euy. frankenstein build K24 block + K20 type R head :mky_03:

d indo kalo gak salah K paling gila itu yg brio supernova :mky_03:
DOHC wrote: Mon Aug 08, 2022 9:16
Haa the honda D series enjin

Beruntung kita orang masi sempet punya sendiri (bukan katanya2 si anu ini ono) dan cobain sendiri, kaka beradik D15 ama D16,

Btw kl dibandingin ama L15, itu both D15 ama 16 sebenernya utk putaran bawah nya loyo loh, yg D15 ndut2an bawahnya, yg D16 kedodoran ngisi tenaga nya.. tapi 2 2 nya, pas ud masup 3000 rpm keatas, wuohhhh vitek kik in yoo, suara kombinasi resonasi dr header dan intek manipol nya jg bkin nagih pas puteran tinggi

Makanya jg utk jenis mahluk ini wajip transmisi manual, kl metik yah tuh vitek nyaris ga kepake, wong rpm baru masup 3000 ud shifting

Dann satu lagi

Seri honda kasta terbawah terakhir yg bunyi starter mesin nya ikonik banget, beda ama suara starter mesin nya L15A, sounds so cheapo, sperti outsourcing ke daihatsu bunyi nya, untung sejak gen hrv, jazz GK, palagi yg L15 DoHC ud lebi enak bunyi starter mesin nya
yang nyenengin krn jaman D series B series masi besi cor coran semua jd intake exhaust note nya enak bener. L15A ke L15Z1 ganti intake runner plastik aj langsung jadi gilingan tebu suaranya. exhaust note header pipa terpisah jg suaranya lebih glorious. yg langsung downpipe lebih keredam.

VTEC B series sama K series aj beda. B suaranya jauh lebih mekanikal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Tue Aug 09, 2022 3:42 Mau gimana lagi sekarang jalanan macet banyak orang beli mobil entah bisa entah ga bisa nyetir kalo bawa mobil sukanya nyetir di tengah2 kaya jalanan punya nenek moyangnya,
Jazz GE kan solusi mobil kompak yang diharapkan lincah iya,kenceng di tol juga iya hari gini klo ga di tol mana bisa kenceng?
Berarti civic FD2 enak ya putaran bawah sampe atasnya? K20 enjin 5AT kan?
5 speed honda itu enak nya kl dipake buat touring jarak jauh. gearingnya panjang. tp 0-100 nya suffer. makanya bisa beda jauh antara MT dan AT. yang MT bisa close ratio.

POV
0-100 kph
accord 2.4 MT 8 detikan, 2.4 AT 10 detikan.
civic FB 1.8 MT 9 detikan 2.0 AT 10 detikan.

FD2 pernah coba waktu sy pake FB2 transmisinya tetep lebih refine di FB. FD2 masih agak lama mikirnya. clutch plate nya lebih di improve design nya di FB. cuma kl udah bejek bejekan power curve nya jauh enakan FD2 K20.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Or4cle wrote: Tue Aug 09, 2022 2:34 Memang ganas kebantu dengan transmisi M/T, saat push ke RPM dimana VTEC (5000-an RPM - 60000-an RPM) engage langsung nampol.
VTEC kick in yooo di RPM tinggi, beda banget dengan VTEC di engine econobox SOHC Honda.
yaa jgnkan vtec om itu mesin bawaan estilo aja mindblowing buat saya ud 10th setelah terakhir saya bawa estilo temen saya 2x pertama takjub sama nafasnya pas RPM tinggi naek kedua takjub sama fell drivingnya street racingnya kental banget sampe sekarang masih terngiang2x di kepala tuh mobil padahal jaman segitu saya suka bawa maserati sama modena boss saya tetep paling berkesan estilo, :mky_01:

gara2x estilo saya nyari mobil yang mirip2x tapi dengan matic dan interior yang lebih nyaman ya larinya ke ge8 bisa dibilang ge8 pelarian dari estilo saya karena ud gak sanggup bawa manual buat harian, cuma tetep REVnya gak bisa kek estilo biar gimana mesin lama lebih galak suara sama mekanikal fellnya kek b sama k series aja kalo buat nyari sensasi sih saya lebih milih B series pegel2x deh pake kopling :big_biglaugh:
zonepublic wrote: Tue Aug 09, 2022 3:42 Mau gimana lagi sekarang jalanan macet banyak orang beli mobil entah bisa entah ga bisa nyetir kalo bawa mobil sukanya nyetir di tengah2 kaya jalanan punya nenek moyangnya,
Jazz GE kan solusi mobil kompak yang diharapkan lincah iya,kenceng di tol juga iya hari gini klo ga di tol mana bisa kenceng?
Berarti civic FD2 enak ya putaran bawah sampe atasnya? K20 enjin 5AT kan?
salah satu kelebihan GE8 emang bisa dipake ngebut dimana2x sih mau jalan sempit aja enak manuvernya, ditambah visibilty kayak aquarium makin gampang aja bawanya, buat saya sih so far GE8 mobil terbaik yang saya punya :mky_03:

kalo k series saya biasa bawa CRV sih body gede emang berasa bawahnya boyo kadang kudu kickdown dia rev sampe rpm tinggi baru enak powernya kalo di banding xtrail xtrail lebih galak tarikan bawahnya xtrail, cuma crv kalo dah rpm tinggi kencengnya itu enak banget :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Tue Aug 09, 2022 4:59, edited 1 time in total.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Tue Aug 09, 2022 4:50
Or4cle wrote: Tue Aug 09, 2022 2:34 Memang ganas kebantu dengan transmisi M/T, saat push ke RPM dimana VTEC (5000-an RPM - 60000-an RPM) engage langsung nampol.
VTEC kick in yooo di RPM tinggi, beda banget dengan VTEC di engine econobox SOHC Honda.
yaa jgnkan vtec om itu mesin bawaan estilo aja mindblowing buat saya ud 10th setelah terakhir saya bawa estilo temen saya 2x pertama takjub sama nafasnya pas RPM tinggi naek kedua takjub sama fell drivingnya street racingnya kental banget sampe sekarang masih terngiang2x di kepala tuh mobil padahal jaman segitu saya suka bawa maserati sama modena boss saya tetep paling berkesan estilo, :mky_01:

gara2x estilo saya nyari mobil yang mirip2x tapi dengan matic dan interior yang lebih nyaman ya larinya ke ge8 bisa dibilang ge8 pelarian dari estilo saya karena ud gak sanggup bawa manual buat harian, cuma tetep REVnya gak bisa kek estilo biar gimana mesin lama lebih galak suara sama mekanikal fellnya kek b sama k series aja kalo buat nyari sensasi sih saya lebih milih B series pegel2x deh pake kopling :big_biglaugh:
zonepublic wrote: Tue Aug 09, 2022 3:42 Mau gimana lagi sekarang jalanan macet banyak orang beli mobil entah bisa entah ga bisa nyetir kalo bawa mobil sukanya nyetir di tengah2 kaya jalanan punya nenek moyangnya,
Jazz GE kan solusi mobil kompak yang diharapkan lincah iya,kenceng di tol juga iya hari gini klo ga di tol mana bisa kenceng?
Berarti civic FD2 enak ya putaran bawah sampe atasnya? K20 enjin 5AT kan?
salah satu kelebihan GE8 emang bisa dipake ngebut dimana2x sih mau jalan sempit aja enak manuvernya, ditambah visibilty kayak aquarium makin gampang aja bawanya, buat saya sih so far GE8 mobil terbaik yang saya punya :mky_03:

kalo k series saya biasa bawa CRV sih body gede emang berasa bawahnya boyo kadang kudu kickdown dia rev sampe rpm tinggi baru enak powernya kalo di banding xtrail xtrail lebih galak tarikan bawahnya xtrail, cuma crv kalo dah rpm tinggi kencengnya itu enak banget :big_biglaugh:

Pernah punya estilo juga cuma klo estilo sama ge8 kayanya dudukan dan feel nyetirnya juga beda jauh deh bukan cuma enginenenya
Dulu pas jazz gd3 keluar sempet ditawarin bokap tuker estilo ke jazz GD tp ogah krn meskipun jazz GD lebih baru tp rasanya kok kecil gitu dan ga sekenceng estilo
Cuma estilo dibawa kenceng rentan overheat,dulu cuma 1x bawa kenceng di tol surabaya-gempol lgs besoknya masuk bengkel
Cuma jazz GE8 saking kaya aquariumnya dengan windshield yg segede gaban dipasang miring gitu kabinnya jadi paling panas dibanding jazz gen lain dijemur sebentar langsung berasa di pabrik roti
Last edited by zonepublic on Tue Aug 09, 2022 5:04, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Tue Aug 09, 2022 4:57
Pernah punya estilo juga cuma klo estilo sama ge8 kayanya dudukan dan feel nyetirnya juga beda jauh deh bukan cuma enginenenya
Dulu pas jazz gd3 keluar sempet ditawarin bokap tuker estilo ke jazz GD tp ogah krn meskipun jazz GD lebih baru tp rasanya kok kecil gitu dan ga sekenceng estilo
Cuma estilo dibawa kenceng rentan overheat,dulu cuma 1x bawa kenceng di tol surabaya-gempol lgs besoknya masuk bengkel
dulu punya temen saya gak std sih yang keliatan radiaornya ud alumunium juga terus pake open ditamabah keknya gak ada rev limiter di estilo makannya nafasnya panjang :big_biglaugh:

emang beda jauh om enakan estilo cuma ge8 interior lebih nyaman sama modern aja ditambah maticnya lebih pinter tapi masih konvensional biar berasa mechanical fellnya pas narik biarpun lemot :big_biglaugh: makanya saya milih ge8 :mky_01:

makannya kadang saya kepikiran mau swap mesin CRV RM sama matic2xnya ke estilo sih :mky_03:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Tue Aug 09, 2022 5:03
zonepublic wrote: Tue Aug 09, 2022 4:57
Pernah punya estilo juga cuma klo estilo sama ge8 kayanya dudukan dan feel nyetirnya juga beda jauh deh bukan cuma enginenenya
Dulu pas jazz gd3 keluar sempet ditawarin bokap tuker estilo ke jazz GD tp ogah krn meskipun jazz GD lebih baru tp rasanya kok kecil gitu dan ga sekenceng estilo
Cuma estilo dibawa kenceng rentan overheat,dulu cuma 1x bawa kenceng di tol surabaya-gempol lgs besoknya masuk bengkel
dulu punya temen saya gak std sih yang keliatan radiaornya ud alumunium juga terus pake open ditamabah keknya gak ada rev limiter di estilo makannya nafasnya panjang :big_biglaugh:

emang beda jauh om enakan estilo cuma ge8 interior lebih nyaman sama modern aja ditambah maticnya lebih pinter tapi masih konvensional biar berasa mechanical fellnya pas narik biarpun lemot :big_biglaugh: makanya saya milih ge8 :mky_01:

makannya kadang saya kepikiran mau swap mesin CRV RM sama matic2xnya ke estilo sih :mky_03:
Emang part2nya estilo masih ada ya?
Dulu taun 2005 nyari lampu belakang estilo aja susah lo seingat saya,pully juga pernah kena mau ga mau ganti ex singapore krn ori baru ga ada
Banyak rusaknya deh estilo taun itu sampe akhirnya cape sendiri ganti ferio
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Tue Aug 09, 2022 5:07 Emang part2nya estilo masih ada ya?
Dulu taun 2005 nyari lampu belakang estilo aja susah lo seingat saya,pully juga pernah kena mau ga mau ganti ex singapore krn ori baru ga ada
Banyak rusaknya deh estilo taun itu sampe akhirnya cape sendiri ganti ferio
temen saya juga taon segituan ngeluhnya sama om kalo urusan body parts kalo mesin kaki2x banyak malah saya ada temen piara genio ud ampir semua kaki2xnya aftermarket :big_biglaugh:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by AbdulHakim »

Honda CRV Turbo RW ini kode mesinnya L15BE atau L15BJ ya? atau sebenarnya kode engine BE dan BJ adalah engine yang sama tapi tuningannya saja yang berbeda?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 12, 2022 2:52 Honda CRV Turbo RW ini kode mesinnya L15BE atau L15BJ ya? atau sebenarnya kode engine BE dan BJ adalah engine yang sama tapi tuningannya saja yang berbeda?
L15BE : CRV, accord CV. hanya accord CV punya bigger boost dan VTEC ex. CRV ga punya.

L15BG : civic FE thai spec / HRV RS. udah equipped dengan VTEC ex.

L15BJ punya civic FE spec singapore. powernya lbh kecil cuma 127hp.

biasa ada minor minor design changes sih. turbo beda ukuran, kadang conrod dan exhaust/intake design jg beda. lucu jg spek honda 1.5t ini bener bener kayak VW 1.4 engine. luas bgt.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by arinugroho14 »

Salam rekan rekan forum SM

Sya ada uneg2 yg sejak dlu ingin sya smpaikan.
Kebetulan saya cukup lama menggunakan mobil dgn mesin L15.

Berawal dari Jazz GE8 manual, Freed AT 2014, dan yg terakhir HRV 2021. Ingin tanya, mengapa konsumsi BBM mesin HRV dengan Freed bisa berbeda jauh ya? apakah murni karena transmisinya?

Di jalanan kota Semarang yg berkontur variatif, Freed 1:10 pertamax. HRV bisa 1:14. Apakah emg Freed bobotnya lebih berat drpda HRV?

Apakah memungkinkan swap engine HRV ke honda Freed 2014?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by DOHC »

arinugroho14 wrote: Fri Aug 12, 2022 3:30 Salam rekan rekan forum SM

Sya ada uneg2 yg sejak dlu ingin sya smpaikan.
Kebetulan saya cukup lama menggunakan mobil dgn mesin L15.

Berawal dari Jazz GE8 manual, Freed AT 2014, dan yg terakhir HRV 2021. Ingin tanya, mengapa konsumsi BBM mesin HRV dengan Freed bisa berbeda jauh ya? apakah murni karena transmisinya?

Di jalanan kota Semarang yg berkontur variatif, Freed 1:10 pertamax. HRV bisa 1:14. Apakah emg Freed bobotnya lebih berat drpda HRV?

Apakah memungkinkan swap engine HRV ke honda Freed 2014?
Masalah nya bukan enjin nya

Tp girbok nya

Freed pake metik 5 speed geared, hrv ud cvt, otomatis cvt pasti lebi irit
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

arinugroho14 wrote: Fri Aug 12, 2022 3:30 Salam rekan rekan forum SM

Sya ada uneg2 yg sejak dlu ingin sya smpaikan.
Kebetulan saya cukup lama menggunakan mobil dgn mesin L15.

Berawal dari Jazz GE8 manual, Freed AT 2014, dan yg terakhir HRV 2021. Ingin tanya, mengapa konsumsi BBM mesin HRV dengan Freed bisa berbeda jauh ya? apakah murni karena transmisinya?

Di jalanan kota Semarang yg berkontur variatif, Freed 1:10 pertamax. HRV bisa 1:14. Apakah emg Freed bobotnya lebih berat drpda HRV?

Apakah memungkinkan swap engine HRV ke honda Freed 2014?
culprit utamanya transmisi.

sebenarnya CVT dan 5AT nya punya kemauan yang sama : sama-sama mau ngirit. hanya krn programming dan design yang dibuat di waktu yang berbeda, akhirnya resultnya bisa beda. overall di CVT lebih pintar menerjemahkan kemauan user.

honda 5AT itu konsumsi dalam kotanya jelek banget rata-rata karena long gear ratio. tapi giliran luar kota dan speed konstan bisa irit sangat. top speed pun panjang. dulu honda kalau MT dan AT itu selisih konsumsi bbmnya lumayan jauh.

sementara grade logic honda itu kalau gak di WOT (wide open throttle) dia ga mau pindah ke gigi rendah. akan selalu prefer pakai gigi 2 atau 3. problemnya kalau sudah masuk gigi 3-4 itu seringnya kejauhan. sementara peak torque L15A itu di rpm tinggi sekali (4800 RPM). bawahnya sangat-sangat lemah syahwat.

surprise nya sebenarnya honda CVT itu logicnya hampir mirip. sangat cepat lock-up untuk menjaga konsumsi bbm. tapi karena setelan CVT itu secara design lebih fleksibel, rasio paling kasarnya bisa dimainin. tentu kl di design CVT lain biasa problemnya nanti jadi lemot kalo dari cruise ke WOT, tapi di honda mekanisme lock-releasenya pintar, diakalin dengan entah apa design dan programming yang dipake sama honda krn dia design inhouse transmisinya, transmisinya bener bener nurut sama injakan gas waktu gak butuh WOT dia langsung lock aja di situ. kl WOT dia release locknya ke hi rev biar dapet puncak torsi. cepet banget.

beda sama kyk saya punya sienta kemarin gak bisa bedain saya kalo accel dia release lock tapi gak ngelock2 jadi malah boros.

bahkan oli transmisi pun ga bisa pake sembarangan ini CVTF honda hrs pake HCF-2 comply.

tentu minusnya waktu dibejek ada suara ngegerung khas CVT tp krn kebanyakan user mobil ini akan pakai untuk urban dan jarang WOT , perbedaannya gak akan terasa. malah akan lebih terasa responsif dan irit bbm.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by bensinsolar »

Pernah setir L15 Jazz GD & Jazz GE (dipinjemin seharian) waktu service Accord Euro. Feel mobilnya light, tp ga begitu nampol dibanding K24 Euro. Engine note juga biasa aja & sampe red line ga berasa tampolan juga suara khas VTEC K24 Euro.. Honda ini sebenernya kalo tune Engine bisa beda banget rasanya (compared to K24 Accord Amrik) karena tune transmisinya juga beda. 5AT yg dihujat waktu di Accord Amrik tp di Euro very2 excellent tapi begitu coba 6MTnya enak banget/perfect low end torquenya & lmyn short throw pas dikasi pinjem waktu service juga..
chb
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Sep 23, 2022 1:12
Location: Bali
Daily Vehicle: 21 City Hatchback GN5 Manual

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by chb »

Om2, mau nanya, in kan saya pake City Hatchback, secara mesin, apakah L15ZF ini lbh memliki potensi atau lbh kuat drpd L15 SOHC yg ada di Jazz GK?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

chb wrote: Fri Sep 23, 2022 1:19 Om2, mau nanya, in kan saya pake City Hatchback, secara mesin, apakah L15ZF ini lbh memliki potensi atau lbh kuat drpd L15 SOHC yg ada di Jazz GK?
kelemahanya cuma putaran bawah om kalo yang DOHC lebih lemot dari yang SOHC ya kalo pakenya manual gak bakalan berasa sih :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by marmut »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 1:45

kelemahanya cuma putaran bawah om kalo yang DOHC lebih lemot dari yang SOHC ya kalo pakenya manual gak bakalan berasa sih :big_biglaugh:



sampe botak sariawan nggak bisa dibandingkan bung antara twin cam dengan single cam....
yang satu powerband lebar, satunya powerband sempit.

kalo ada yang bilang mobil mesin twin cam lemot di putaran bawah, berarti belum paham karakter mesin.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

marmut wrote: Fri Sep 23, 2022 2:48


sampe botak sariawan nggak bisa dibandingkan bung antara twin cam dengan single cam....
yang satu powerband lebar, satunya powerband sempit.

kalo ada yang bilang mobil mesin twin cam lemot di putaran bawah, berarti belum paham karakter mesin.
vtec itu mesin puteran atas om dengan pake DOHC malah bikin lemot puteran bawahnya makannya kenapa honda awet pak SOHC :big_bored:

ya kalo situ omongin engine in general ya sampe sariwan gak bisa di bandingin kayak toyota maen low end torque ya DOHC dia tarikan bawahnya lebih galak dari sohcnya honda tapi rpm tinggi dia ud berat gitu pula mazda sama aja maen torsi bawah mau dia DOHC tetep aja dia lebih galak rpm bawahnya di banding honda SOHC :big_bored:

kalo city hb ini jelas kok puteran atasnya lebih galak lari ke 220kmh juga cepet dan hasil test 0-100nya lebih lemot semua dari yang SOHC honda :big_bored:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 3:00
marmut wrote: Fri Sep 23, 2022 2:48


sampe botak sariawan nggak bisa dibandingkan bung antara twin cam dengan single cam....
yang satu powerband lebar, satunya powerband sempit.

kalo ada yang bilang mobil mesin twin cam lemot di putaran bawah, berarti belum paham karakter mesin.
vtec itu mesin puteran atas om dengan pake DOHC malah bikin lemot puteran bawahnya makannya kenapa honda awet pak SOHC :big_bored:

ya kalo situ omongin engine in general ya sampe sariwan gak bisa di bandingin kayak toyota maen low end torque ya DOHC dia tarikan bawahnya lebih galak dari sohcnya honda tapi rpm tinggi dia ud berat gitu pula mazda sama aja maen torsi bawah mau dia DOHC tetep aja dia lebih galak rpm bawahnya di banding honda SOHC :big_bored:

kalo city hb ini jelas kok puteran atasnya lebih galak lari ke 220kmh juga cepet dan hasil test 0-100nya lebih lemot semua dari yang SOHC honda :big_bored:
ya ini kan bisa jadi/ mungkin karena faktor final gear ratio juga mbah.
terus ditambah bobot juga mungkin, dan faktor lain.
gak hanya mesin klo 0-100 mah.

bobot BBM dan yg nyetir jg pengaruh :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:06 ya ini kan bisa jadi/ mungkin karena faktor final gear ratio juga mbah.
terus ditambah bobot juga mungkin, dan faktor lain.
gak hanya mesin klo 0-100 mah.

bobot BBM dan yg nyetir jg pengaruh :ngacir:
cuma ya pada keluhannya gitu om berat di bawah semua padahal puteran atasnya jauh lebih kenceng :big_biglaugh:

saya kan dulu pake DOHC double sproket emang kudu sampe RPM tinggi baru enak :mky_01: