Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

kingpower wrote: 08 Aug 2022, 08:58 Nice sharing om.

Btw masa sih keyless entry cuma ada di pintu driver? Saya punya corolla cross ada di pintu depan kiri juga.

So far yang bikin iri sama altis hybrid adalah headunitnya. Rapi dan integrated ga kayak corolla cross mirip aftermarket.

Enjoy hybridnya om
Betul Om hanya di sisi driver saja. Udah say coba ga bisa. Dan memang ga ada triple garis sensor nya itu.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

peterming77 wrote: 08 Aug 2022, 09:05
kingpower wrote: 08 Aug 2022, 08:58 Nice sharing om.

Btw masa sih keyless entry cuma ada di pintu driver? Saya punya corolla cross ada di pintu depan kiri juga.

So far yang bikin iri sama altis hybrid adalah headunitnya. Rapi dan integrated ga kayak corolla cross mirip aftermarket.

Enjoy hybridnya om
Setuju, itu HU nya bikin illfeel soalnya full touch, mau naik turun volume, pindah ke Bluetooth juga ribetnya ampun apalagi kalo lagi nyetir + Toyota aneh sih taruh tombol di setir: volume di kiri, track di kanan, kalo mobil2 lain biasanya semua urusan media di satu sisi aja entah kiri atau kanan (chevy)
Hahaha, kirain saya aja yg kagok. Memang aneh tombol track dikanan dan volume dikiri. Posisi volune pun kiri dan kanan bukan atas dan bawah
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

ChZ wrote: 08 Aug 2022, 10:09 akhirnya jdnya pake jalan ninja beli tanpa test drive yah om :mky_03:

ada temen pake corcross hybrid emang katanya paling enak itu buat perkotaan low speed aja kebantu torsi motor listrik. kalau high speed udah jangan coba coba nantangin mobil lain. wkwkkwkwkww. emang mobil buat irit iritan.

yg menarik soal ban toyota ini rasanya lumayan royal utk lineup corolla. cross dan altis hybrid dikasih primacy 4. previous gen malah pilot sport 3. camry aja cuma dapet turanza.
Iya Chris. First time beli mobil (atau barang apapun) diatas 200 juta tanpa liat apalagi tes barangnya. Berbulan bulan liat ratusan review di youtube, luar dan dalam negri....baru berani ambil keputusan.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

McLaren wrote: 08 Aug 2022, 09:10 Om, klo altis hybrid ini udah low speed follow belum yaa ACCnya?
Saingannya si civic kn udah.. walo bensinnya 10 km perliter wkwkwk, separonya hybrid altis
Belum pernah coba sih Om. Belum sempat lewat toll, hehehe. Tapi kata salesnya sih karena sudah TSS 3.0, sudah bisa ngatur jarak dengan mobil depan sampai low speed
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

Sanasini wrote: 08 Aug 2022, 10:22 Halo Om,

Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.

Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.

Rgds,
Salam kenal, Om. Wah harganya bagus tuh. Di asri motor atau auto2000? Warna super white atau pearl white?
Sempat putus asa saya waktu dikasih tahu warna celestite grey bakal lama...sempat kepikiran ganti ke silver atau putih...tiba tiba ada pembeli lain yang cancel warna grey nya. Memang jodoh saya
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by pengendiesel »

hosea wrote: 08 Aug 2022, 11:44
Thanks Om. Memang galau sekali antara civic dan altis ini . Kalau harga sama dan pertamax turbo ga gila sekarang, mungkin saya ambil civic.
Masalah nya juga harga civic ini sudah 590 di surabaya.

Garansi 3 tahun or 100.000 km, tapi diperpanjang 4 tahun jika rutin servis di auto2000.
Garansi baterai 5 tahun Om
Big congratz mobil barunya om. Altis baru ini emang ganteng bener deh, bau2 lexus gitu belakangnya :big_biglaugh:
Di saat harga minyak gak karuan, emang paling tenang di hati pake mobil hybrid yah. 20km/l emejing bangetlah.
Btw, udah ada info harga batrenya berapaan om? Minimal 5 taon pake aman dulu. Kayaknya wajib mempertimbangkan mobil hybrid kalo ntar mau ganti gerobak di rumah.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

pengendiesel wrote: 08 Aug 2022, 12:01
hosea wrote: 08 Aug 2022, 11:44
Thanks Om. Memang galau sekali antara civic dan altis ini . Kalau harga sama dan pertamax turbo ga gila sekarang, mungkin saya ambil civic.
Masalah nya juga harga civic ini sudah 590 di surabaya.

Garansi 3 tahun or 100.000 km, tapi diperpanjang 4 tahun jika rutin servis di auto2000.
Garansi baterai 5 tahun Om
Big congratz mobil barunya om. Altis baru ini emang ganteng bener deh, bau2 lexus gitu belakangnya :big_biglaugh:
Di saat harga minyak gak karuan, emang paling tenang di hati pake mobil hybrid yah. 20km/l emejing bangetlah.
Btw, udah ada info harga batrenya berapaan om? Minimal 5 taon pake aman dulu. Kayaknya wajib mempertimbangkan mobil hybrid kalo ntar mau ganti gerobak di rumah.
Belum tahu harga baterai nya, om. Tanggal 15 agustus manti servis pertama, mau saya tanyakan sih.
Btw di amerika dan eropa sudah launching new altis.
Yang bensin pakai mesin 2.0 sama seperti Voxy baru, tenaga 169 hp.

Yang hybrid tetap 1.8 tapi baterainya ganti lithium ion dan kapasitas lebih besar, total output tenaga 138 hp (naik 17 hp dari yang sekarang).

Penasaran kalau ganti baterai apa compatible dengan yang generasi baru, atau harus ganti mobil nya juga
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by peterming77 »

hosea wrote: 08 Aug 2022, 11:49
peterming77 wrote: 08 Aug 2022, 08:56
hosea wrote: 07 Aug 2022, 13:15
Konsumsi BBM.
Ini point utama mobil hybrid, dan disini Altis memberikan hasil yang luar biasa. Setelah jarak tempuh 700 km, dari MID saya dapat 19 km/liter, pakai pertamax. Gaya mengemudi normal, sering kena macet, dan kadang agresif kalau jalanan lengang. Impresif. Kalau luar kota yakin bisa 25 km/liter. Saya masih akam tes dengan metode full tank, nanti saya update hasilnya. Jika benar diatas 18 km/liter, diisi pertamax turbo pun worthed, karena penghematan bbm nya lebih dari 50% dibanding mobil saya lainnya. Well done Toyota.

Catatan khusus :
1. Mobil ini ketika dalam posisi transmisi N dan mesin hidup, ketika lebih dari 10 menit muncul warning di MID bahwa transmisi panas dan energh baterai depleted, dan diminta segera pindah ke posisi P. Saya belum sempat tanya bengkelnya, tapi pernah baca di google bahwa ECVT hybrid ini beda dengan CVT biasa, dalam arti dia tidak punya rasio pulley variable sesungguhnya. Hanya ada 2 posisi : jalan (D , R dan N) atau stop (P). Jadi ketika posisi N, sebetulnya pulley tetap berputar tapi tidak terkoneksi ke roda. Dalam keadaan lama aka timbul panas di transmisi dan mengambil energy dari baterai tanpa ada charging.


Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.
Konsumsi BBM: dijamin dapat diatas 20km/ltr, saya pake CorCross dah jalan 7 bulan dan average stabil di angka 21km/ltr (belum pernah saya reset average sejak keluar dari dealer)

Soal posisi gigi di N, sepertinya kalau posisi N itu sistem recharge batre ga terkonek, jadi batre bakalan depleted terus, jadinya kita harus posisi D (dng injak rem) atau P, krn begitu pindah ke D/P keliatan grafis pengisian batre nya, kalau di N mesin bensinnya bisa jadi nyala tapi ga bisa charging batre. Harus biasakan diri di lampu merah tetap posisi D dng injak rem jadinya.
Terima kasih Om atas pencerahan nya. Jadi nambah ilmu lagi nih. Tapi kalai di lampu merah hanya bentar 1 sampai 3 menit mungkin ga ngaruh kalau di N ya? Saya soalnya ga gitu merasa safe kalau posisi di D saat mobil berhenti
Ga ngaruh sih, biasanya kalo brenti lama gitu baru notif ting tung ting tung, tergantung juga posisi batre, istilahnya 'traction battery needs charging' atau apa semacam gitu, begitu saya pindah P atau D beneran mesin bensinnya nge charge batre.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by Omnibus »

congrats mobil barunya :big_okay:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by peterming77 »

hosea wrote: 08 Aug 2022, 12:06
pengendiesel wrote: 08 Aug 2022, 12:01
hosea wrote: 08 Aug 2022, 11:44
Thanks Om. Memang galau sekali antara civic dan altis ini . Kalau harga sama dan pertamax turbo ga gila sekarang, mungkin saya ambil civic.
Masalah nya juga harga civic ini sudah 590 di surabaya.

Garansi 3 tahun or 100.000 km, tapi diperpanjang 4 tahun jika rutin servis di auto2000.
Garansi baterai 5 tahun Om
Big congratz mobil barunya om. Altis baru ini emang ganteng bener deh, bau2 lexus gitu belakangnya :big_biglaugh:
Di saat harga minyak gak karuan, emang paling tenang di hati pake mobil hybrid yah. 20km/l emejing bangetlah.
Btw, udah ada info harga batrenya berapaan om? Minimal 5 taon pake aman dulu. Kayaknya wajib mempertimbangkan mobil hybrid kalo ntar mau ganti gerobak di rumah.
Belum tahu harga baterai nya, om. Tanggal 15 agustus manti servis pertama, mau saya tanyakan sih.
Btw di amerika dan eropa sudah launching new altis.
Yang bensin pakai mesin 2.0 sama seperti Voxy baru, tenaga 169 hp.

Yang hybrid tetap 1.8 tapi baterainya ganti lithium ion dan kapasitas lebih besar, total output tenaga 138 hp (naik 17 hp dari yang sekarang).

Penasaran kalau ganti baterai apa compatible dengan yang generasi baru, atau harus ganti mobil nya juga
Ya kayak CHR improvement kan, motor listriknya nambah power. Kalo cuma ganti batre ga ngaruh ke output HP nya.
Sanasini
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 27 Jun 2018, 20:35

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by Sanasini »

hosea wrote: 08 Aug 2022, 11:59
Sanasini wrote: 08 Aug 2022, 10:22 Halo Om,

Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.

Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.

Rgds,
Salam kenal, Om. Wah harganya bagus tuh. Di asri motor atau auto2000? Warna super white atau pearl white?
Sempat putus asa saya waktu dikasih tahu warna celestite grey bakal lama...sempat kepikiran ganti ke silver atau putih...tiba tiba ada pembeli lain yang cancel warna grey nya. Memang jodoh saya
Di Auto2000 Om, warna Pearl White. Udah coba cruise control sampai mobil berhenti kah Om? Saya belum pernah sih, kemarin waktu jalan agak jauh pas di tol set cruise 80kmh, begitu depan ngelambat sampe 50an kmh, mayan halus deselerasi nya.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

Belum sempat lewat toll sama sekali sih. Karena mobil sering dipakai istri untuk dalam kota saja
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by yaseinotulip »

Wah selamat om.. :big_exellent:

Pingin rasanya sunroof co cross dituker head unit oem, TSS, electric brake n auto hold haha..
Di cocross gw rata2 21.5 km/ liter si.. klo rajin2 ngeglide pas cruising di tol bisa di 23 an km/l, cm skrg jarang lakuin jd turun..

Dan sama minus nya auto head light nya ga bisa di off, kadang sampe masukin ke lampu kecil supaya ga silau cm kadang lupa balikin lagi.. satu lagi klakson nya cupu klo di cocross hehe..

Suara audio klo di cocross si jelek ya padal kekedapan udah bagus, gmn klo di altis?
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

yaseinotulip wrote: 08 Aug 2022, 18:41 Wah selamat om.. :big_exellent:

Pingin rasanya sunroof co cross dituker head unit oem, TSS, electric brake n auto hold haha..
Di cocross gw rata2 21.5 km/ liter si.. klo rajin2 ngeglide pas cruising di tol bisa di 23 an km/l, cm skrg jarang lakuin jd turun..

Dan sama minus nya auto head light nya ga bisa di off, kadang sampe masukin ke lampu kecil supaya ga silau cm kadang lupa balikin lagi.. satu lagi klakson nya cupu klo di cocross hehe..

Suara audio klo di cocross si jelek ya padal kekedapan udah bagus, gmn klo di altis?
Suara audio nya lumayan kalau pakai bluetooth atau android auto. Kalau dari flash disk agak kurang nendang bass nya. Overall not bad, tidak se "sampah" hyundai santa fe saya, tapi masih kalah dengan subaru impreza dan swift sport yang keduanya CBU Jepang.

Memang audio bawaan CBU jepang ga bisa dikalahkan atau disamai dengan rakitan thailand, filipina, apalagi Indo :mky_03:

Kalau di cocross mungkin karena headunit nya after market ya Om? Bukan bawaan dari pabrik?
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by sherryandkez »

AbdulHakim wrote: 08 Aug 2022, 07:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.

kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.

kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by AbdulHakim »

sherryandkez wrote: 09 Aug 2022, 12:21
AbdulHakim wrote: 08 Aug 2022, 07:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.

kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.

kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.
Makasih tips-nya om sherryandkez :big_deal:
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by sherryandkez »

AbdulHakim wrote: 09 Aug 2022, 13:06
sherryandkez wrote: 09 Aug 2022, 12:21
AbdulHakim wrote: 08 Aug 2022, 07:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.

kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.

kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.
Makasih tips-nya om sherryandkez :big_deal:
betul om, saya sering gini juga. dari rumah sampe keluar tol ngecharge terus, keluar tol sampe kantor full ev. pas pulang dari kantor sampe keluar tol ngecharge terus, dari keluar tol sampe rumah full ev. hasilnya 2 bulan baru isi bensin :big_biglaugh:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by peterming77 »

sherryandkez wrote: 09 Aug 2022, 13:24
AbdulHakim wrote: 09 Aug 2022, 13:06
sherryandkez wrote: 09 Aug 2022, 12:21

ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.

kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.

kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.
Makasih tips-nya om sherryandkez :big_deal:
betul om, saya sering gini juga. dari rumah sampe keluar tol ngecharge terus, keluar tol sampe kantor full ev. pas pulang dari kantor sampe keluar tol ngecharge terus, dari keluar tol sampe rumah full ev. hasilnya 2 bulan baru isi bensin :big_biglaugh:
Tapi kalo full EV kan 1) jaraknya ga bisa jauh, 2) ada speed limit (belum pernah coba pake full EV dng speed tinggi, soalnya jarang bisa dapat kondisi full EV, mesti tet tet - batre ga cukup terus kalo dipencet full EV)
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by yaseinotulip »

hosea wrote: 08 Aug 2022, 22:29

Suara audio nya lumayan kalau pakai bluetooth atau android auto. Kalau dari flash disk agak kurang nendang bass nya. Overall not bad, tidak se "sampah" hyundai santa fe saya, tapi masih kalah dengan subaru impreza dan swift sport yang keduanya CBU Jepang.

Memang audio bawaan CBU jepang ga bisa dikalahkan atau disamai dengan rakitan thailand, filipina, apalagi Indo :mky_03:

Kalau di cocross mungkin karena headunit nya after market ya Om? Bukan bawaan dari pabrik?
Head unit nya sm dengan venturer dan fortuner klo ga salah ya..
AbdulHakim wrote: 09 Aug 2022, 13:06
sherryandkez wrote: 09 Aug 2022, 12:21
AbdulHakim wrote: 08 Aug 2022, 07:58 User CorCross Hybrid, bole ikut nimbrung om?
izin nanya, ini cara mengemudi biar battery bar-nya banyak nambah gimana ya? dari awal 3 bar, dipake bisa naik 1 bar jadi 4 bar, trus turun lagi ke 3 bar.
ijin nimbrung jg om, pake hybrid juga.

kalo batere sedikit (2-3 bar) injek gas agak dalem sampe mesin nyala, trus biarin mesin nyala dulu (sampe batere hampir full) dengan cara injek gas ttp di atas ECO. ngerem agak dalem biar charging kenceng dari regenerative. jadi deh batere full.

kalo gak mau repot ya jalan aja highspeed di tol penuh kok (toyota pasti sisain 1 bar sebelum full supaya regenerative ttp bisa masuk, kalo udah sisa 2 bar mesin pasti nyala. kejadian batere full atau sisa 1 bar sangat jarang)
ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.
Makasih tips-nya om sherryandkez :big_deal:
Klo ga salah ya emg batere akan diposisi 3-4 bar terus normal nya kok.. kecuali emg lagi jalan turunan jd regenerative nya ngisi bisa sampe full kurang 1 bar.. ga perlu dikuatirkan gan haha..
peterming77 wrote: 09 Aug 2022, 14:00
sherryandkez wrote: 09 Aug 2022, 13:24
AbdulHakim wrote: 09 Aug 2022, 13:06 ahh i see, jadi tipsnya adalah kondisikan agar mesin bensinnya nyala terus, ibarat nyalain genset, untuk ngecharge batere ampe nambah banyak battery bar-nya dan kondisi seperti itu bisa dicapai di tol.
Makasih tips-nya om sherryandkez :big_deal:
betul om, saya sering gini juga. dari rumah sampe keluar tol ngecharge terus, keluar tol sampe kantor full ev. pas pulang dari kantor sampe keluar tol ngecharge terus, dari keluar tol sampe rumah full ev. hasilnya 2 bulan baru isi bensin :big_biglaugh:
Tapi kalo full EV kan 1) jaraknya ga bisa jauh, 2) ada speed limit (belum pernah coba pake full EV dng speed tinggi, soalnya jarang bisa dapat kondisi full EV, mesti tet tet - batre ga cukup terus kalo dipencet full EV)
Klo spped tinggi dipencet tombol full EV bs ga ya? Ga perna coba haha

Biasanya Speed tinggi full EV gw caranya di gas dulu sampe 80-100 km/h setelah stabil, trus lepas gas dikit sampe ev nyala trus tahan.. tp ga lama jg si karena tekan gas dikit aja lgsg jalan ICE nya
korzlet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 10 Apr 2018, 20:57
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Honda BRV

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by korzlet »

Sanasini wrote:Halo Om,

Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.

Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.

Rgds,
Halo om, harga 499jt itu setelah dapat diskon berapa? Cruise controlnya ada Low Speed Follow nya jg kah?
korzlet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 10 Apr 2018, 20:57
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Honda BRV

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by korzlet »

hosea wrote:
peterming77 wrote: 08 Aug 2022, 08:56
hosea wrote: 07 Aug 2022, 13:15
Konsumsi BBM.
Ini point utama mobil hybrid, dan disini Altis memberikan hasil yang luar biasa. Setelah jarak tempuh 700 km, dari MID saya dapat 19 km/liter, pakai pertamax. Gaya mengemudi normal, sering kena macet, dan kadang agresif kalau jalanan lengang. Impresif. Kalau luar kota yakin bisa 25 km/liter. Saya masih akam tes dengan metode full tank, nanti saya update hasilnya. Jika benar diatas 18 km/liter, diisi pertamax turbo pun worthed, karena penghematan bbm nya lebih dari 50% dibanding mobil saya lainnya. Well done Toyota.

Catatan khusus :
1. Mobil ini ketika dalam posisi transmisi N dan mesin hidup, ketika lebih dari 10 menit muncul warning di MID bahwa transmisi panas dan energh baterai depleted, dan diminta segera pindah ke posisi P. Saya belum sempat tanya bengkelnya, tapi pernah baca di google bahwa ECVT hybrid ini beda dengan CVT biasa, dalam arti dia tidak punya rasio pulley variable sesungguhnya. Hanya ada 2 posisi : jalan (D , R dan N) atau stop (P). Jadi ketika posisi N, sebetulnya pulley tetap berputar tapi tidak terkoneksi ke roda. Dalam keadaan lama aka timbul panas di transmisi dan mengambil energy dari baterai tanpa ada charging.


Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.
Konsumsi BBM: dijamin dapat diatas 20km/ltr, saya pake CorCross dah jalan 7 bulan dan average stabil di angka 21km/ltr (belum pernah saya reset average sejak keluar dari dealer)

Soal posisi gigi di N, sepertinya kalau posisi N itu sistem recharge batre ga terkonek, jadi batre bakalan depleted terus, jadinya kita harus posisi D (dng injak rem) atau P, krn begitu pindah ke D/P keliatan grafis pengisian batre nya, kalau di N mesin bensinnya bisa jadi nyala tapi ga bisa charging batre. Harus biasakan diri di lampu merah tetap posisi D dng injak rem jadinya.
Terima kasih Om atas pencerahan nya. Jadi nambah ilmu lagi nih. Tapi kalai di lampu merah hanya bentar 1 sampai 3 menit mungkin ga ngaruh kalau di N ya? Saya soalnya ga gitu merasa safe kalau posisi di D saat mobil berhenti
Tetap di D dan pasang auto hold brake tetap aman om. Di crv turbo saya selalu begitu...
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by hosea »

korzlet wrote: 09 Aug 2022, 17:55
hosea wrote:
peterming77 wrote: 08 Aug 2022, 08:56

Konsumsi BBM: dijamin dapat diatas 20km/ltr, saya pake CorCross dah jalan 7 bulan dan average stabil di angka 21km/ltr (belum pernah saya reset average sejak keluar dari dealer)

Soal posisi gigi di N, sepertinya kalau posisi N itu sistem recharge batre ga terkonek, jadi batre bakalan depleted terus, jadinya kita harus posisi D (dng injak rem) atau P, krn begitu pindah ke D/P keliatan grafis pengisian batre nya, kalau di N mesin bensinnya bisa jadi nyala tapi ga bisa charging batre. Harus biasakan diri di lampu merah tetap posisi D dng injak rem jadinya.
Terima kasih Om atas pencerahan nya. Jadi nambah ilmu lagi nih. Tapi kalai di lampu merah hanya bentar 1 sampai 3 menit mungkin ga ngaruh kalau di N ya? Saya soalnya ga gitu merasa safe kalau posisi di D saat mobil berhenti
Tetap di D dan pasang auto hold brake tetap aman om. Di crv turbo saya selalu begitu...
Oh gitu ya Om. Thanks pencerahan nya
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by arfs »

Nice review Om,
Dulu pernah nonton ini, cara berkemudi toyota lexus hybrid supaya bisa dimaksimalin jadi lebih irit lagi ada beberapa trick nya.
Mungkin bisa membantu supaya tambah irit lagi :mky_02:



Ngomongin soal baterai hybrid, pernah nonton ada 2019 prius plug in udah 341rb mile (548rb km)
Masih ok baterainya dan malah belum perlu ganti brakepad juga karena dibantu regenerative braking system nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by pengendiesel »

arfs wrote: 10 Aug 2022, 15:24 Nice review Om,
Dulu pernah nonton ini, cara berkemudi toyota lexus hybrid supaya bisa dimaksimalin jadi lebih irit lagi ada beberapa trick nya.
Mungkin bisa membantu supaya tambah irit lagi :mky_02:



Ngomongin soal baterai hybrid, pernah nonton ada 2019 prius plug in udah 341rb mile (548rb km)
Masih ok baterainya dan malah belum perlu ganti brakepad juga karena dibantu regenerative braking system nya
Buset odonya gila.
Reliability batrenya jempolan
Sanasini
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 27 Jun 2018, 20:35

Re: Owner review : Toyota Corolla Altis Hybrid

Post by Sanasini »

korzlet wrote: 09 Aug 2022, 17:53
Sanasini wrote:Halo Om,

Salam kenal, unit saya juga baru datang Juli kemarin, warna putih, nett di 499jt. Sekarang udah jalan 900km.
Tadinya mau ambil civic, tapi inden lebih lama dan harganya naik lagi. Cek2 ke bbrp dealer juga engga dikasih diskon.

Tapi puas lah pakai Altis Hybrid, tes jalan ke Bogor pakai cruise control + LKA, semi otonom. Pas pakai power mode juga berasa cukup tenaganya.

Rgds,
Halo om, harga 499jt itu setelah dapat diskon berapa? Cruise controlnya ada Low Speed Follow nya jg kah?
Disc 25 dikala harga masih 524 (OTR Jakarta). Cruise control tadi siang jajal di tol, turun smp ke 20an sih bisa. Tapi saya masih keder hahahah.. jadi engga lama lgsg saya matiin cruise nya
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post