Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by pendoli »

Ntabs om, ganti lampu jadi lebih terang ga?
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

pendoli wrote: Thu Aug 25, 2022 8:48 Ntabs om, ganti lampu jadi lebih terang ga?
Mayan om tambah mini projie Pro7 mp 88 buat bantu penerangan juga
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by well »

ajimartin wrote: Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by satriakarisma »

Karawangnya belah mana om?
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Pilatypus »

well wrote: Thu Aug 25, 2022 9:38
ajimartin wrote: Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

well wrote: Thu Aug 25, 2022 9:38
ajimartin wrote: Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Aman aman aja sih saya om
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

satriakarisma wrote: Thu Aug 25, 2022 9:47 Karawangnya belah mana om?
Galuh mas om
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by t105erd »

Resing banget om ertiganya. Itu diceperin yah om? Pakai ukuran ban berapa? Ini mobil enak bgt dipakai, irit, senyap dan empuk dikelasnya, cuma joknya gampang kotor harus rajin bersihin
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

t105erd wrote: Thu Aug 25, 2022 12:09 Resing banget om ertiganya. Itu diceperin yah om? Pakai ukuran ban berapa? Ini mobil enak bgt dipakai, irit, senyap dan empuk dikelasnya, cuma joknya gampang kotor harus rajin bersihin
Ceperin dikit om, velg R16 lebar 7 et40, ban 205x50.
Enak om apalagi kalo udah tambah peredam + custok 3 way, upgrade tenaga nya sedikit biar makin enak, di tahun keempat cover jok saya udah nyerah om buluk akhirnya diganti MBtech paten 😂
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by well »

Pilatypus wrote: Thu Aug 25, 2022 10:06
well wrote: Thu Aug 25, 2022 9:38
ajimartin wrote: Thu Aug 25, 2022 8:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

well wrote: Fri Aug 26, 2022 2:03
Pilatypus wrote: Thu Aug 25, 2022 10:06
well wrote: Thu Aug 25, 2022 9:38

om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
kalo ga salah beda kompresi deh om walaupun mesin sama
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by PRBS »

di porting-polish, keiritannya tetap terjaga om?
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

PRBS wrote: Fri Aug 26, 2022 3:42 di porting-polish, keiritannya tetap terjaga om?
mirip mirip standar soal keiritan om, pp karawang padang 1500km abis 1.2jt full pertamax
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by evanbngdor »

Kopling msh standar kah Om? Udah pernah ganti kopling?

Pengalaman saya kopling ertiga itu lama kelamaan jd keras
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by daimler »

Wih mantap pakenya oli kelas keraton, biasa ganti tiap berapa km om olinya?
Menurit pabrikan mobil jaman now celah2 mesin semakin presisi dan rapat, cuma dengan kondisi iklim di indo yg tropis cenderung panas pakai oli yg encer 0w-20 gimana?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

evanbngdor wrote: Fri Aug 26, 2022 7:43 Kopling msh standar kah Om? Udah pernah ganti kopling?

Pengalaman saya kopling ertiga itu lama kelamaan jd keras
:mky_01:
Kopling ganti pake racing om :big_peace:
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

daimler wrote: Fri Aug 26, 2022 10:58 Wih mantap pakenya oli kelas keraton, biasa ganti tiap berapa km om olinya?
Menurit pabrikan mobil jaman now celah2 mesin semakin presisi dan rapat, cuma dengan kondisi iklim di indo yg tropis cenderung panas pakai oli yg encer 0w-20 gimana?
Yg saya rasa sih ngga ada kendala di mesin, ada penguapan sedikit di km 7000an, saya biasa pakai 8-9rb
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by black2345 »

well wrote: Fri Aug 26, 2022 2:03
Pilatypus wrote: Thu Aug 25, 2022 10:06
well wrote: Thu Aug 25, 2022 9:38

om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
Bantu jawab
Meskipun sama2 berkode k14b, ternyata ertiga pernah ada improvement di mesin tanpa gembar gembor. Ertiga gen 1 dari awal hingga pre fl olienya pakai 5w-30, setelah fl hingga all new & xl7 pakai olie 0w-30(atau 20, lupa pastinya)

Btw sy ngerasa ertiga gen ini yg paling pas bentuknya 😅
Tambahin roofbox model slim bakal lebih cakep lahi nih om
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

black2345 wrote: Fri Aug 26, 2022 12:33
well wrote: Fri Aug 26, 2022 2:03
Pilatypus wrote: Thu Aug 25, 2022 10:06
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
Bantu jawab
Meskipun sama2 berkode k14b, ternyata ertiga pernah ada improvement di mesin tanpa gembar gembor. Ertiga gen 1 dari awal hingga pre fl olienya pakai 5w-30, setelah fl hingga all new & xl7 pakai olie 0w-30(atau 20, lupa pastinya)

Btw sy ngerasa ertiga gen ini yg paling pas bentuknya 😅
Tambahin roofbox model slim bakal lebih cakep lahi nih om
Betul om ada improve di mesin yg bertujuan untuk efisiensi bahan bakar cuma mengorbankan tenaga yg dipangkas 😂
Yup bener pasangin roofbox otorack limitless cakep 🙈
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Pboyz97 »

nice review om. ertiga ini memang salah 1 lmpv favorit saya karena fiturnya yg cukup lengkap + salah 1 yg paling nyaman dikelasnya dan desainnya masih enak dilihat sampai sekarang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Otomania
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Wed Aug 19, 2020 3:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Otomania »

Dlu smpet udh hampir spk type ini,tp apa daya blm ksanpean,mlah dpt nya yg allnew batch awal,kdang suka ngerasa mobil klo di pake keseringan setiap hari kyak ada rasa jd kurang enak,pas 2-3hari ga megang mobil,gliran nyetir lg jd terasa enak lg,apa bhasa teknikal nya ya perasaan kyak gtu
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Bean06 »

Sayang rumah rear fog lamp dieliminasi model FL ini
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Aug 25, 2022 5:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

Bean06 wrote: Sat Aug 27, 2022 0:28 Sayang rumah rear fog lamp dieliminasi model FL ini
Saya malah lebih suka om lebih clean walaupun ngorbanin fungsi 😂
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Bean06 »

ajimartin wrote: Sat Aug 27, 2022 2:48
Bean06 wrote: Sat Aug 27, 2022 0:28 Sayang rumah rear fog lamp dieliminasi model FL ini
Saya malah lebih suka om lebih clean walaupun ngorbanin fungsi 😂
Iya kalau ga dipasang mending polosan. Satu lagi desain wheel spoke lebih suka subjektif yang awal elegan, mirip crown 90 atau Teana JM.