Wta volvo s80 2.3t

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Wta volvo s80 2.3t

Post by trebla88 »

Sore smuanya
Mau bertanya apakah volvo s80 2.3t sparepartnya masih umum dicari? Tahun 2004 generasi 1

Ada yg prngLaman meliharanya bagaimana, terutama maticnya?
Nyusahin ga buat daily drive?

Atau ada rekomen sedan tua fun to drive
Budget 60-90 di luar biaya rawat
Terima kasih
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Wta volvo s80 2.3t

Post by Taufiq6210 »

trebla88 wrote:Atau ada rekomen sedan tua fun to drive
Budget 60-90 di luar biaya rawat
Terima kasih
Kalau seneng mainan rpm tinggi boleh pertimbangkan Peugeot 406 om. Kelemahannya dibawah 2500 rpm berasa kayak pas-pasan tenaganya.

Suspensi termasuk empuk, tapi dibawa nikung masih enak, dan ketika high speed tetep berasa stabil.

Asal hati-hati pas cari unitnya sih harusnya ga rewel ya. Kalau kondisi unitnya beneran bagus sih cukup maintenance rutin aja. Karena dulu saya dapetnya yang kondisi "jorok" jadi ya ada aja masalahnya, tapi sekarang setelah hampir semua diberesin sih udah jarang muncul masalah lagi (sekarang tinggal maticnya yang belum diberesin sampe tuntas).

Spare part gampang dicari asal tau dimana aja toko onderdil Peugeot. Kecuali untuk part yang jarang banget rusak, baru agak susah nyarinya (misalnya sensor suhu evaporator, selang reservoir radiator).
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by trebla88 »

Taufiq6210 wrote: Fri Sep 23, 2022 11:11
trebla88 wrote:Atau ada rekomen sedan tua fun to drive
Budget 60-90 di luar biaya rawat
Terima kasih
Kalau seneng mainan rpm tinggi boleh pertimbangkan Peugeot 406 om. Kelemahannya dibawah 2500 rpm berasa kayak pas-pasan tenaganya.

Suspensi termasuk empuk, tapi dibawa nikung masih enak, dan ketika high speed tetep berasa stabil.

Asal hati-hati pas cari unitnya sih harusnya ga rewel ya. Kalau kondisi unitnya beneran bagus sih cukup maintenance rutin aja. Karena dulu saya dapetnya yang kondisi "jorok" jadi ya ada aja masalahnya, tapi sekarang setelah hampir semua diberesin sih udah jarang muncul masalah lagi (sekarang tinggal maticnya yang belum diberesin sampe tuntas).

Spare part gampang dicari asal tau dimana aja toko onderdil Peugeot. Kecuali untuk part yang jarang banget rusak, baru agak susah nyarinya (misalnya sensor suhu evaporator, selang reservoir radiator).
Ok om
406 sering lihat bbrp kali di trit2 lain
Cuma musti dipelajari tipe2nya ada bbrp ya d8 d9 :mky_01:
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by Bean06 »

trebla88 wrote: Fri Sep 23, 2022 9:44 Sore smuanya
Mau bertanya apakah volvo s80 2.3t sparepartnya masih umum dicari? Tahun 2004 generasi 1

Ada yg prngLaman meliharanya bagaimana, terutama maticnya?
Nyusahin ga buat daily drive?

Atau ada rekomen sedan tua fun to drive
Budget 60-90 di luar biaya rawat
Terima kasih
Saran follow garasi_volvo hampir setiap akhir pekan ada QnA about Volvo(s)
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by dsign1990 »

sedan tua yg fun to drive palingan e39 diluar 525/ 530 budget 90jt bisa dpt yg oke ... 525 dan 530 nya kalau mulus udah kena gorengan api kecil :upss:
w202 c230 non kompre kalau yg trim elegance oke juga kayaknya
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by farizfsa »

Cari nya yang 2.9 twin turbo dong om biar to the max.
Kilik2 dikit wah sleeper itu mbl, dpt lah 350 hp torsi 450nm

Kalo fun to drive lah tentu tidak, mungkin kaki2 dan chassis harus di upgrade biar belok2 enak
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by trebla88 »

dsign1990 wrote: Sat Sep 24, 2022 2:23 sedan tua yg fun to drive palingan e39 diluar 525/ 530 budget 90jt bisa dpt yg oke ... 525 dan 530 nya kalau mulus udah kena gorengan api kecil :upss:
w202 c230 non kompre kalau yg trim elegance oke juga kayaknya
Pajak pada off smua langsung coret
Harus pelan carinya
Banyakan pajak off sedan2 tua bgini :big_think:
Blm kalau ditanya kpn terakhir servis pd lupa atau asal bilangnya
Kayanya skrg banyakan penjual yg nampung buat dijual lagi :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by ChZ »

sedan tua fun to drive coba E36 323i manual :mky_03: dapet itu 90 jutaan kayanya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1087
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by t105erd »

Info soal volvo banyak tuh di ig @garasivolvo kalo ga salah, informatif bgt soal volvo. Kalo saya sih lebih suka S60 yang lebih kecil. S80 ini panjang bgt, tapi emang volvo itu mobil kharismatik bgt.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by marmut »

kalo bersedia beli parts di luar negri macem fcp euro silaken saja. tapi kalo ngarepin dateng ke toko onderdil kaya mau belanja part toyota, lupakan.

saya nggak pengalaman pelihara s80, hanya pernah ikut membantu urus s60 punya salah satu warga sini.
spion kanan, beli di marketplace jepang.
lampu kanan belakang, beli di marketplace jepang.
filter oli mesin, liat sendiri harganya di toped.
ckp sensor saya lupa beli dimana tapi kalau disini, para primata itu menjual dengan harga seperti di saudi.

ganti ckp sensor, yang ideal ya ngelepas transmisi. nggak percaya, cobain aja sendiri.

beberapa waktu pakai, langsung jual karena indikasi head gasket keropos. penyebabnya, dahulu kala ada mat pinter yang masukin air kali ke radiator.
selain musti overhaul setengah, semua gasket tanpa kecuali musti diganti supaya aman dijalan. belum lagi waterpump sudah senin-kamis.
untuk ganti waterpump ada 3 pilihan, lepas exhaust manifold+turbo, atau lepas head, atau lepas mesin utuh.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by rendr »

trebla88 wrote: Fri Sep 23, 2022 9:44 Sore smuanya
Mau bertanya apakah volvo s80 2.3t sparepartnya masih umum dicari? Tahun 2004 generasi 1

Ada yg prngLaman meliharanya bagaimana, terutama maticnya?
Nyusahin ga buat daily drive?

Atau ada rekomen sedan tua fun to drive
Budget 60-90 di luar biaya rawat
Terima kasih
kalo domisili msh deket jakarta sih enak om miaranya ga pusing... bengkel ama parts bertebaran, asal owner sblmnya ga jorok ya... dan Volvo selain T6 maticnya relaible ya, Aisin punya... kalo sampe jedug sih jorok ownernya... yg T6 itu pake GM mirip2 captiva NFL2 lah reliabilitynya...

kyknya lebih cocok kalo cari nyaman deh S80 ini.. fun to drive kurang hahahaha, lebih fun bawa S60 2.3t / T5 atau S70 T5...

budget segitu saya ada alternatif lain, infiniti i30 A32 / A33 mana yg seger aja... ini mobil underated makanya murah hahah
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by trebla88 »

Terima kasih teman2
Volvo saya tutup dulu, sekilas kurang terawat karet2 dan printilana dari unit yg sudha saya survey
Ngeri jg slow moving printilan sampe pesen kluar

S60 2.3t fullscpec tapi sulit cari yg seger

Mau beli sedan2 tua mercy bmw pada kegoreng harganya

Camry jg tadi mau ambil 3.5q atau 3.0v cuma harganya naik2

Infiniti dulu tertarik cuma jarang yg jual dan lebih ngeri ga sih dari volvo karena unitnya rare
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by ginting »

trebla88 wrote: Sat Sep 24, 2022 11:04 Terima kasih teman2
Volvo saya tutup dulu, sekilas kurang terawat karet2 dan printilana dari unit yg sudha saya survey
Ngeri jg slow moving printilan sampe pesen kluar

S60 2.3t fullscpec tapi sulit cari yg seger

Mau beli sedan2 tua mercy bmw pada kegoreng harganya

Camry jg tadi mau ambil 3.5q atau 3.0v cuma harganya naik2

Infiniti dulu tertarik cuma jarang yg jual dan lebih ngeri ga sih dari volvo karena unitnya rare
coba pantengin penjual Volvo di IG spt Dennygarage (Pdk Cabe), atau Volvoria di yutub(Salatiga).
itu oom pemilik MUX kawan saya roadtrip SMRT aja sampe bela belain beli Volvo Wagon dari Jkt ke Salatiga.

Btw,kayaknya Volvo paling cakep yg pernah saya lihat adalah di IG Garasipejabat. ada V70 T5 waktu itu,tp sudah laku..
walau saya masih takut miara volvo but still I admire it ..kharismanya Volvo itu seolah olah bicara "Ini mobil buat yang ngerti aja boss..."
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Wta volvo s80 2.3t

Post by thestoneroses »

Oom, tanggung yang tuaan aja.
900 itu gerak belakang, part pengalaman saya engga pernah susah, dan aman di pinggang.
Kalau pengalaman ngerawat:
406 d9: ini dari baru, jadi merem, paling tahun ke-5 mulai jajan. Standar. Saya pegang dulu 2005 tapi masih xu belum yang ew. Mobil enak banget, saya baru nemu yang lebih enak di w140. D8 engga pernah pegang, cuman kentang, cari d9 aja. Empuug
S90: ini langsiran keluarga dulu, kursi yang 2+2, enak lah pinggang aman, tapi ya opa opa sekali. Dulu sih di belokan kuburan jeruk purut part ada terus.
V70: kalau ini saya nyesel jualnya, dijual ganti w140, salam atap panjang lah pokoknya.
W140: ini enak, lari boyo di bawah, part gampang tp lebih mahal dari polpoh dan singo

Kalau ada yang bisa saya jawab, mangga
Ron Asheton Forever