Tentu saja hanya mobil yang dilengkapi dengan Power SteeringRisol1 wrote: Thanks bro penyu untuk tipsnya...gw mao coba ah di mobil gw weekend ini....
ini berlaku disemua mobil kan pak?
Kapan harus ganti oli power steering??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
thx pak penyu.. weekend ini mau coba juga ah..haha gak mau kalah gini ama bro risol..
jadi yang saya bisa simpulkan, rasa berdesir di setir itu akibat ada kotoran ya di olinya?
berarti kalo abis dikuras harusnya rasa berdesir ini ilang donk yah?kalo misalnya masih berasa apa ada kemungkinan kalo pompanya udah kena pak?
jadi yang saya bisa simpulkan, rasa berdesir di setir itu akibat ada kotoran ya di olinya?
berarti kalo abis dikuras harusnya rasa berdesir ini ilang donk yah?kalo misalnya masih berasa apa ada kemungkinan kalo pompanya udah kena pak?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Konsekwensi kalau terlambat ganti oli PS secara teratur dan kontinu ... yaitu tadi PS Pump nya yang kena ... mudah mudahan kasus Bung Calvin99 ... cuman kotor aja ... harapannya begitu.calvin99 wrote:thx pak penyu.. weekend ini mau coba juga ah..haha gak mau kalah gini ama bro risol..
jadi yang saya bisa simpulkan, rasa berdesir di setir itu akibat ada kotoran ya di olinya?
berarti kalo abis dikuras harusnya rasa berdesir ini ilang donk yah?kalo misalnya masih berasa apa ada kemungkinan kalo pompanya udah kena pak?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
Bung penyu...PenyuTurbo wrote: Caranya nguras DIY :
1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.
Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.
Semoga membantu ..... dan bermanfaat.
Saya kemarin ini liat cara nguras oleh montir berbeda...
1. Buka tutup reservoir
2. Buka baut pengikat reservoir
3. Sebelumnya diberi penampung dibawahnya, lalu salah satu selang dilepaskan, yang menuju ke pompa P/S
4. Setelah semua lewat atau keluar, ambil ATF baru, masukin 1/2 nya, selang yang kebuka disumbat pake tangan
reservoir dimiringkan biar ATF baru masuk ke selang satunya.
5. Setir ke kiri kanan tapi ga banyak
6. Buang lagi
7. Pasang selang satunya
8. Isi dikit2 ATFnya
9. Setir dibantai habis kiri kanan, ATF dihabiskan.
Wah olinya yang lama hitam sekali, kayaknya ga pernah ganti sejak beli = 10th.. ga tau juga..
Sebelumnya kalo belok mentok, ada bunyi "deg".. Itu apa ya?
Tapi sejak ganti, ga pernah lagi begitu..
Setir lebih enteng..
Nah saya dah pelajari cara2nya, lalu mau saya coba sendiri di mobil satunya..
Yang saya mau tanya
1. Di reservoir ada 2 selang, yang mana yang dicabut ya? Selang yang 1 kmn? yang lain kmn? gmn cara bedainnya?
kalo pada mobil yang telah dikerjakan, terliha pompa P/Snya... Nah satu lagi mobil Honda yg ga kliatan pompanya dmn.
2. Cairannya ga apa2 kena tangan?
3. Mengapa sasis di bawah reservoir dan reservoir yang terkena oli bekas P/S, yg tadinya debunya tebal malah jadi bersih dan mengkilap? Apakah ini ga apa2? Koq bisa gitu ya? Terutama bagian bawah yang ga kena di lap..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re:
Jadi sebaiknya tiap 20.000 km atau setahun ya afdolnya gantinyay_anjasrana wrote:Berarti tiap berapa kali ganti oli mesin mesti ikutan ganti oli p/s tuh?
Wah... berarti kyknya oli p/s gw dah musti ganti kali ya.. Dah setaun lebih blom pernah ganti. Tapi masih enak sih...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
- Location: Jakarta Timur
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
Mau nanya oli power steering yang bagus pakai apa ya untuk avanza gen 1? Terus butuh berapa liter? Terima kasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
Numpang tanya om..PenyuTurbo wrote: ↑Wed Oct 03, 2007 15:58Oli PS itu juga akan mengalami degradasi ... ada satu waktu oli PS ini kepanasan dan akan teroksidasi membentuk kotoran (kerak) ... Supaya PS pump Awet dan stir tuned terus ... ada baiknya dikuras setiap 20.000 km ... paling banter hanya menggunakan 1 liter untuk menguras.calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
Jika menggunakan ATF sebagai oli PS ... maka pilih ATF dengan spec DEXRON III ... oli ATF ini cukup murah ... sekitar 27rb s/d 30rb ... gak perlu yang mahal-mahal.
Caranya nguras DIY :
1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.
Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.
Semoga membantu ..... dan bermanfaat.
Step no 6, ini berarti butuh 2 L kalo kuras?
Rencana pake Prestone PS Fluid sekitar 50k/pcs(946cc
Buat avnza, warna putih/merah/merah lama?
=> ini bedanya cuma d warna aja/gimana?
Apakah ada pilihan lain d harga segitu?
Sekalian tanya, kalo Brake Oil, mau ambil Prestone juga, +/- 65k, Udah cukup kah?
Butuh 2L buat kuras?
Haturnuhun
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.suketcell wrote: ↑Thu Sep 29, 2022 4:15Numpang tanya om..PenyuTurbo wrote: ↑Wed Oct 03, 2007 15:58Oli PS itu juga akan mengalami degradasi ... ada satu waktu oli PS ini kepanasan dan akan teroksidasi membentuk kotoran (kerak) ... Supaya PS pump Awet dan stir tuned terus ... ada baiknya dikuras setiap 20.000 km ... paling banter hanya menggunakan 1 liter untuk menguras.calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?
thx
Jika menggunakan ATF sebagai oli PS ... maka pilih ATF dengan spec DEXRON III ... oli ATF ini cukup murah ... sekitar 27rb s/d 30rb ... gak perlu yang mahal-mahal.
Caranya nguras DIY :
1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.
Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.
Semoga membantu ..... dan bermanfaat.
Step no 6, ini berarti butuh 2 L kalo kuras?
Rencana pake Prestone PS Fluid sekitar 50k/pcs(946cc
Buat avnza, warna putih/merah/merah lama?
=> ini bedanya cuma d warna aja/gimana?
Apakah ada pilihan lain d harga segitu?
Sekalian tanya, kalo Brake Oil, mau ambil Prestone juga, +/- 65k, Udah cukup kah?
Butuh 2L buat kuras?
Haturnuhun
kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).
brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
kalo avanza 05 manual, pake Power Steering Fluid bisa yak?semarnanjak wrote: ↑Thu Sep 29, 2022 4:58 numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.
kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).
brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.
Apa harus ATF dexron III?
ga tau pemilik sebelume pake apa
Siap om, 1 botol Brake Fluid
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
kalau power steering fluid harusnya bisa bisa aja om. kalo saya pake atf dexron III semata mata cuma ngikut di buku manualnya. kalau mau yakin coba cek aja di bku manualnya avanza om. tapi feeling saya sih harusnya sama speknya.suketcell wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 2:58kalo avanza 05 manual, pake Power Steering Fluid bisa yak?semarnanjak wrote: ↑Thu Sep 29, 2022 4:58 numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.
kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).
brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.
Apa harus ATF dexron III?
ga tau pemilik sebelume pake apa
Siap om, 1 botol Brake Fluid
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
Masalahnya kagak punya buku manual...semarnanjak wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 4:03kalau power steering fluid harusnya bisa bisa aja om. kalo saya pake atf dexron III semata mata cuma ngikut di buku manualnya. kalau mau yakin coba cek aja di bku manualnya avanza om. tapi feeling saya sih harusnya sama speknya.suketcell wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 2:58kalo avanza 05 manual, pake Power Steering Fluid bisa yak?semarnanjak wrote: ↑Thu Sep 29, 2022 4:58 numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.
kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).
brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.
Apa harus ATF dexron III?
ga tau pemilik sebelume pake apa
Siap om, 1 botol Brake Fluid
Rekom warna merah / bening om?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08
Re: Kapan harus ganti oli power steering??
menurut saya aman-aman aja om kalau pake PSF yang merknya jelas.suketcell wrote: ↑Mon Nov 07, 2022 5:50Masalahnya kagak punya buku manual...semarnanjak wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 4:03kalau power steering fluid harusnya bisa bisa aja om. kalo saya pake atf dexron III semata mata cuma ngikut di buku manualnya. kalau mau yakin coba cek aja di bku manualnya avanza om. tapi feeling saya sih harusnya sama speknya.
Rekom warna merah / bening om?
warna sesuai selera om. kalo saya sih kemarin merah, pertimbangannya biar warnanya sama kayak oli bawaannya.